MATERI MENGAJAR KELAS JANIN


Tadinya semua materi kelas ibu hamil/ kelas janin itu saya posting di sini, sampai panjang sekali karna sudah mencapai materi sampai minggu ke XX lebih…

Akan tetapi, saya kini telah memecah-mecah semua tulisan menjadi judul-per judul. Mengapa demikian? Karna saya sekarang sedang aktiv lagi mengajar kelas ibu hamil yang terdiri dari 3 orang ibu, dan saya rindu jika ada tulisan terbaru, para pembaca materi ini bisa mengetahui judul-judul terbaru tersebut.

Saya harap anda dapat membaca beberapa tulisan dgn judul-judul yang ada dengan cara mencari judul-judul yang anda inginkan di KATEGORI di sayab kanan blog ini.

Kini saya masukkan secara umum TIPS IBU HAMIL, yang sebaiknya anda bagikan pada KELAS IBU HAMIL di awal sekali/ pada pertemuan pra. Dan jelaskan pada mereka, bahwa materi TIPS IBU HAMIL ini, akan sedikit-demi sedikit di bahas pada pertemuan-pertemuan berikutnya.

====================================

TIPS UNTUK IBU HAMIL

Inilah beberapa tips untuk ibu hamil:

1. Bacalah Alkitab secara bersuara, agar janin anda ikut mendengarkan
2. putarkan musik rohani dalam berbagai jenis musik ,serta musik klasik untuk memberi rangsangan pada janin anda
3. Beri belaian pada perut anda
4. Minta suami memberi doa berkat sambil menumpang tangan pada perut anda sebelum berangkat ke kantor
5. Minumlah air rebusan kacang hijau setiap hari ( tidak perlu menunggu kacang hijau pecah, hanya direbus saja sampai mendidih) agar memberi pengaruh yang baik bagi perteumbuhan janin anda
6. buatlah susu kedelai setiap hari dan minumlah secara teratur untuk memberi pertumbuhan yang baik bagi janin anda
7. kurangi karbohidrat, perbanyak protein, agar janin anda tidak terlalu besar untuk dilahirkan
8. oleskan baby oil di daerah perut sampai perut bagian bawah, agar keelastisitasan perut anda tetap terjaga. Dengan cara sehabis mandi jangan handukan dulu, dalam keadaan badan basah langsung dioleskan, lalu lap pakai handuk dengan cara ditepuk, bukan digores. (karna kalau tidak di lap akan meminyaki kostum anda..
9. bersihkan puting payudara anda secara rutin saat mandi dengan cara menaruh baby oil di telapak tangan dan mengusapnya dengan gerakan memutar di puting payudara, sehingga butiran-butiran kotoran dapat dibersihkan.
10. potong pendek kuku anda sehingga, jangan sampai tanpa sadar anda menggaruk perut yang gatal dan garukannya dapat melukai kulit anda dan bekasnya sulit hilang
11. ajak janin anda berbicara sebanyak mungkin, katakan perkataan positif
12. persiapkan warna netral dalam menyambut kehadiran baby anda.
13. kurangi kegiatan sehingga tidak terlalu lelah
14 banyak minum air degan hijau yang dapat menetralkan racun dalam tubuh
15 berhati-hati dengan setiap obat-obatan yang diminum, konsultasikan dengan dokter
16 gunakan waktu dengan baik untuk hal-hal positif, misalnya baca buku, belajar memasak, dll karna janin juga ikut belajar dengan ‘genius’ sejak dalam kandungan
17 ikuti kelas senam ibu hamil
18 berhati-hati dalam memilih shampo, karna beberapa zat dapat masuk melalui kulit kepala, konsultasikan dengan dokter kandungan anda, shampo yang anda pakai dan kandungan yang terkandung di dalamnya.
19 hindari stress dan trauma, hiduplah lebih intim dengan Tuhan
20 usahakan setiap hari mendengar kaset khotbah, bisa dari VCD, DVD, kaset rekaman, TV Kabel, radio, atau di http://www.tanahperjanjian.com agar janin bertumbuh Jenius secara Alkitab, rohnya bertumbuh dengan kuat.
21 hindari pertengkaran yang tidak perlu dengan teman, sahabat, dan keluarga
22. dirikan mezbah Keluarga untuk membangun suasana yang indah di dalam hadirat Tuhan
23. Persiapkan mental sang kakak untuk menyambut kehadiran adik
24. survey tempat melahirkan.
25. putuskan dokter cadangan bila sewaktu-saktu dokter anda ke luar kota
26 siapkan perlengkapan melahirkan saat kandungan menginjak usia ke 7
27 pelajari tanda-tanda melahirkan, yaitu bisa berupa darah, lendir atau pecahnya iar ketuban.
28 siapakan tukang pijit yang cocok dan aman untuk memijit anda setelah melahirkan
30 siapakan minuman kemasan dan kue kering untuk menyambut tamu-tamu yang datang
31 siapkan soufenir untuk tamu-tamu yang datang, yang dapat diseusaikan dengan ‘kocek’ anda
32 buatlah foto selagi anda hamil dan pastikan ada kenangan bersama janin anda
33 gunakan bantal untuk mengganjal kaki anda yang bengkak selama anda tidur
34 rawat kebersihan tubuh anda selama anda hamil, dan tetap jaga penampilan anda tetap enak untuk dilihat
34 hindari hubungan intim dengan pasangan pada tri semester pertama , dan pada tri semester terakhir ( 1-3 bulan dan 7-9 bulan), karna goncangan yang terlalu hebat, terkadang dapat membuat beberapa janin gugur dalam beberapa kasus kandungan lemah. tetap jaga kemesraan dengan suami dengan cara yang aman.
35 hindari makan makanan yang sama terus menerus, banyak makan sayur, agar janin tidak terjebak pada kebiasaan makan yang salah
36 bersukacitalah dan tersenyumlah, hindari keluhan dan persungutan.

Good Luck !!

 

About these ads

6 pemikiran pada “MATERI MENGAJAR KELAS JANIN

  1. Rose S berkata:

    Mungkin akan lebih baik kalau pembahasan tentang UPAH bukan cuma dari sudut pandang positif, tetapi juga negatif karena ada kasus tentang kehamilan diluar yang saat ini sudah bukan aib lagi. Saya sendiri melayani di Rumah singgah gadis hamil diluar nikah. Hal ini tidak dapat dikatakan upah yang positf bukan? Kehamilan itu adalah justru “upah dosa” bukan?.

    Kami harus bergumul dengan metoda agar tidak terjadi aborsi atau penolakkan di dalam rahim sehingga melahirkan generasi berakar pahit yang akan mencemarkan dunia yang sudah sangat cemar ini. Yang menyedihkan bahwa kasus hamil diluar nikah justru terjadi di kalangan orang kristen, menurut statistik. Hal ini kemungkinan disebabkan karena budaya hidup bebas ke barat-baratan lebih cepat mempengaruhi kalangan kristen dibanding kalangan muslim yang menganjurkan hidup bermoral dan berahlak karena dengan perbuatan baik mereka berharap akan memperoleh pahala di surga.

    Demikian usul kami. Jbu

Komentar ditutup.