CARA MENGAJAR SEKOLAH MINGGU DENGAN MEMAKAI PRINSIP KERJA OTAK TENGAH / MID BRAIN/ MESENCEPHALON ANAK


CARA MENGAJAR

SEKOLAH MINGGU

DENGAN MEMAKAI

PRINSIP KERJA

OTAK TENGAH ANAK

Pendahuluan

Saya sangat terdorong untuk menulis tulisan ini, karna ada perubahan paradigma yang begitu besar dalam saya mengajar anak-anak sekolah minggu setelah saya dibawa Tuhan masuk ke pelayanan Jenius Cara Alkitab.

Latar Belakang

Dengan merebaknya lembaga otak tengah cara dunia sejak Sebtember 2009, sejak Januari 2010 saya dibawa Tuhan menyelidiki mengenai otak tengah, dan dibawa Tuhan untuk menyadarkan gereja Tuhan dan tubuh Kristus untuk menolak mentah-mentah aktivasi otak tengah cara dunia yang mengedepankan hypnotis audio dan terapi gelombang otak yang sangat bertentangan dengan Firman Tuhan. Untuk semua makalah tertera di blog ini, dan juga di blog saya yang lainnya dengan alamat

http://www.gmc2010.wordpress.com

Namun Tuhan tidak saja membukakan ke saya bagaimana melayani gereja Tuhan agar terhindar dari lembaga otak tengah cara dunia, melainkan membawa saya untuk menemukan mengenai korelasi otak tengah dalam hubungannya dengan alkitab dan korelasi otak tengah dalam hubungannya dengan mengajar kreatif di sekolah minggu.

Memang untuk memahami sesi demi sesi apa hubungan otak tengah dengan Alkitab, tidak cukup hanya dengan membaca makalah saya di blog tersebut, tetapi akan semakin jelas jika anda mendengarkan pemamaparan lisan serta melihat power pointnya, dengan cara memesan paket Jenius Cara Alkitab, yang dapat anda buka tata cara pemesanannya di :

http://jeniuscaraalkitab.wordpress.com/pemesanan-dvd-seminar/

(catatan: saya tidak mencari keuntungan pribadi, tujuan saya menjual rekaman ini adalah menolong saudara untuk mengerti dengan lebih jelas)

BAGAIMANA CARA MENGAJAR KREATIF

DENGAN MEMAKAI PRINSIP KERJA OTAK TENGAH?

Untuk mengajar secara kreatif, bisa saja, kita membeli buku-buku yang sudah didesign sedemikian rupa untuk kreatif, tetapi bagi saya, selama kita belum bisa mengerti prinsip kerja otak kita, dan otak anak-anak, hal itu hanya berakhir di semacam menjiplak buku saja, dan kita tidak dapat menjadi creator/ penyusun bahan kreatif sendiri. Dan pada akhirnya ketika tidak ada buku penuntun cerita, misalnya dalam kondisi buku hilang, atau dipinjam dan belum dikembalikan, materi di buku sudah habis dan belum terbit yang baru, dan berbagai macam alasan lainnya, atau misalnya kita sedang di luar kota dan diminta mendadak bercerita, padahal buku dan alat peraga tidak terbawa, kita jadi mati kutu.

Saya memang pernah menerbitkan tulisan berjudul BAGAIMANA CARA MEMBUAT BAHAN SEKOLAH MINGGU SENDIRI di alamat surel sbb:

http://jeniuscaraalkitab.wordpress.com/2010/07/15/bagaimana-cara-membuat-bahan-sekolah-minggu-sendiri/

tetapi mohon maaf…itu adalah cara lama saya dalam menyusun bahan sekolah minggu. Sudah lebih kurang setahun ini, saya sudah mengganti cara-cara kuno tersebut dengan cara baru yang mengedepankan fungsi OTAK TENGAH.

Sebelum saya memaparkan lebih lanjut mengenai bagaimana mengajar dengan cara kreatif menggunakan prinsip kerja otak tengah, saya mengajak anda terlebih dahulu mengerti landasan teorinya.

LANDASAN TEORI ILMU KEDOKTERAN

Untuk labih simple-nya saja saya akan paparkan intinya saja:

Bagian otak manusia terdiri dari 3 bagian besar : otak besar, batang otak dan otak kecil

Otak besar

yang terdiri dari otak kanan dan otak kiri, dimana otak kanan berpikir seni, sementara otak kiri berpikir logis

Batang Otak

Yang mengatur kerja jantung, dll

Bagian batang otak yang paling atas terdapat sebuah bagian bernama Mesencephalon, yang dalam bahasa Inggris disebut MIDBRAIN, dan di-indonesiakan OTAK TENGAH.

Jadi otak tengah/mesencephalon/midbrain ini BUKAN PERANTARA OTAK KANAN DAN KIRI, DAN BUKAN PENYEIMBANG, karna letaknya ada di antara otak depan (otak besar) dan otak belakang (yang terdiri dari batang otak dan otak kecil)

Otak yang menghubungkan otak kanan dan kiri disebut CORPUS CALLOSUM.

Yang mengatakan otak tengah itu berfungsi menyeimbangkan kanan dan kiri, itu adalah Psiodosience/ kebohongan ilmiah.

Otak Kecil

Yang mengatur gerak/ motorik.

Otak kecil dalam gambar ini yang berbentuk seperti bunga, berwarna merah.

Sampai di titik ini, Anda harus pahami dulu. Kalau belum ,baca bagian atas tersebut berulang-ulang, sambil anda perhatikan gambarnya.

Penemuan Paul Maclean

Seorang bernama Paul Maclean, memaparkan bahwa otak kita memiliki 3 bagian system kerja

• Otak besar yang terdiri dari otak kanan dan otak kiri itu berfungsi untuk ANALISA

• Batang otak berfungsi untuk SURVIVAL

• Sedangkan system limbic berfungsi untuk EMOSI

Apa itu system limbic?

System limbic itu adalah sebuah system operasi otak. Dalam system ini dilibatkan beberapa komponen otak, dalam gambar berikut yang di arsir hijau.

Sistem limbic ini melibatkan juga batang otak, otomatis mesencephalon/midbrain/otak tengah itu termasuk di dalamnya, karna mesencephalon/midbrain/otak tengah itu kan terletak di batang otak yang paling atas.

KESIMPULAN 1: KARNA OTAK TENGAH ITU BERPERAN DALAM SISTEM LIMBIC YANG MENGATUR EMOSI, MAKA KEGIATAN BELAJAR HARUSLAH MELIBATKAN EMOSI ANAK-ANAK.

Contoh kasus; mengapa anak yang pandai matematika di kelas 3 SD tiba-tiba nilai matematikanya merosot di kelas 4? Ternyata karna cara mengajar guru matematika di kelas 4 sangat tidak menyenangkan sang siswa, dan membuat dia tertekan, yang sangat berbeda sekali dengan guru kelas 3 yang cara mengajarnya begitu menyenangkan.

Contoh kasus ke 2; ada anak kelas 4 yang tidak menyukai pelajaran bahasa Inggris, tetapi begitu dia menginjak kelas 5 , berganti guru yang begitu menyenangkan, pelajaran bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran favorit –nya, dan nilai nya bagus-bagus.

Contoh soal ke 3, seorang anak yang juara di kelas 5, setelah orang tuanya bercerai, di kelas 6 dia tidak lulus. Mengapa bisa terjadi? Karna ia sering sedih dan tidak dapat berkonsentrasi belajar.

Kesimpulan: EMOSI SEORANG ANAK YANG RIANG/SUKACITA DAPAT MEMBUAT PROSES BELAJAR MENYENANGKAN DAN MENOLONG PROSES PEMBELAJARAN. PERLUNYA MELIBATKAN EMOSI ANAK DALAM BELAJAR

FUNGSI OTAK TENGAH SECARA MEDIS

Apa sebenarnya otak tengah itu dan apa fungsi sebenarnya, dalam ilmu MEDIS?

FUNGSI VISUAL : yang meliputi :

• MENGONTROL RESPON UNTUK MELIHAT

• PERGERAKAN MATA

• PERGERAKAN BOLA MATA

• PERGERAKAN LENSA MATA

• PEMBESARAN PUPIL MATA

• PENYEMPITAN PUPIL MATA

• REFLEKS MATA

• SARAF VISUAL

FUNGSI AUDIO

• PUSAT PENDENGARAN

• PROSES BERLANGSUNGNYA PENDENGARAN: MENERIMA SINYAL DAN MENERUSKANNYA KE KORTEKS PENDENGARAN YANG DISEBUT: PRIMERY AUDITORY CORTEKS

FUNGSI MOTORIK

FUNGSI MEMORI

• penyusunan memori yang baru bersama dengan organ hipokampus yang dirangsang oleh kadar dopamine otak, dengan demikian pembelajaran juga melibatkan otak tengah/ mesencephalon.

• organ penyusun system limbic seperti : amygdale, hipokampus, dan hipotalamus berperan penting dalam penyusunan dan recalling memori

FUNGSI HORMONAL

• sitem limbic merupakan system control emosi dan kontrol hormon, sehingga proses belajar dapat dilakukan serempak / simultan

Howard Gardner, mengemukakan setidaknya ada 3 cara/ gaya belajar / untuk menyerap informasi, metode tersebut dikenal dengan singkatan VAK,

Visual Auditory Kinestetik.

VISUAL

Cara menyerap informasi lebih mudah melalui visual, gambar, warna, diagram, peta, dll. Tipe ini lebih bisa mengingat informasi dengan apa yang dilihat daripada yang didengar.

AUDITORY

Cara menyerap informasi akan jauh lebih mudah melalui pendengaran. Tipe ini akan lebih cepat menangkap dan menyimpan informasi melalui audio, mendengar cerita, ada musik bumper dll.

KINESTETIK

Cara menyerap informasi lebih mudah dengan melakukannya daripada hanya melihat atau mendengar. Tipe ini lebih suka kegiatan belajar melalui simulasi, role play, game, dll

Dari kutipan di atas, kita dapat menyimak bahwa fungsi otak tengah sebagai fungsi:

Fungsi visual, fungsi audio dan fungsi motorik, memang pas sekali dengan gaya belajar model VISUAL AUDITORY ATAU KINESTETIK yang telah dikemukakan oleh Howard Gardner

Tetapi dalam hal ini saya menambahkan lagi dengan gaya belajar EMOSI, yaitu cara menyerap informasi akan jauh lebih mudah melalui pengelolaan emosi.

Tipe ini akan lebih cepat menangkap dan menyimpan informasi melalui membayangkan keadaan emosi , mendalami karakter, yang bisa dilakukan melalui bermain peran/drama/ melukis/ menyanyi/ dan lain-lain dimana emosi dapat disalurkan.

Fungsi otak tengah sebagai fungsi hormonal yang menyebabkan proses belajar dapat dilakukan secara serempak/simultan dan fungsi memory dan recalling memory yang belum terbahas sejauh ini.

Dengan penggunaan fungsi otak tengah sebagai fungsi hormonal, kita dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara simultan/serempak, sehingga dalam waktu yang bersamaan fungsi memory terlibat dan dapat dilakukan fungsi recalling memory sekaligus.

(NB : Fungsi recalling memory adalah mengingat kembali memory yang sudah tersimpan)

Kesimpulan 2

Dalam mengajar perlu melibatkan otak tengah sebagai fungsi AUDIO, VISUAL, dan MOTORIK. Dan perlunya melakukan kegiatan pembelajaran secara SIMULTAN/ SEREMPAK untuk mendapatkan fungsi MEMORY dan RECALLING MEMORY.

(mungkin agak membingungkan membaca tulisan di atas, oleh karna itu akan saya beri contoh)

Contoh:

Jaman dahulu guru sekolah minggu mengajar PENCIPTAAN, dengan cara:

1. menyiapkan alat peraga berupa gambar ( tehnik gaya belajar VISUAL/ belajar lewat melihat)

2. bercerita tentang penciptaan lengkap dari hari 1-6 dan hari ke 7 Tuhan beristirahat (tehnik belajar gaya AUDITORY, belajar lewat mendengar)

3. permainan (tehnik belajar gaya KINESTETIK, belajar lewat melakukan ), dengan cara misalnya

“Nah sekarang, adik-adik, kakak harap kalian mengingat apa yang sudah kakak ceritakan tadi.

Sekarang kakak akan membuat permaian. Saat kakak sebutkan nama hari ke berapa….kalian boleh berlari ke mana saja dan membawa benda yang diciptakan Tuhan pada hari itu. Oke?

Hari ke 3…….

(anak-anak berlarian, ada Rudy yang memetik daun di depan kelas sekolah minggu, ada juga Rita yang membawa ikan yang ditangkapnya di kolam gereja)

Ya….Rudy betul, tumbuh-tumbuhan diciptakan hari ke 3 dan Rita salah, ikan diciptakan bukan hari ke 3 melainkan hari ke 5

4. acara selesai

Mari kita analisa cara KUNO tersebut berdasarkan prinsip kerja OTAK TENGAH:

1. Gaya belajar Visual? Bagus!! Menggunakan fungsi otak tengah !

2. Gaya belajar Auditory ? Bagus!! Menggunakan fungsi otak tengah !

3. Menggunakan permainan di akhir cerita , dengan gaya belajar Kinestetik? Bagus!! Menggunakan fungsi otak tengah !

4. Tetapi fungsi Hormonal yang memungkinkan kegiatan belajar berlangsung secara simultan/serempak sehingga menghasilkan memory dan recalling memory TIDAK DIFUNGSIKAN, oleh karna itu ada Rita yang salah ingat, dikira dia ikan diciptakan hari ke 3, padahal hari ke 5, padahal sang guru ya sudah kreatif mengajarnya, sudah pakai alat peraga, cara berceritanya ya sudah menarik menggunakan intonasi yang tidak monoton, ya sudah merancang permainan segala. Lalu apa lagi yang kurang ? Kog Rita tetap salah ingat ? (gagal recalling memory?)

5. cara kuno ini sangat memakan waktu yang lama sekali, ada pemaparan cerita yang memakan waktu, dan ada juga permainan yang memakan waktu. Mengapa tidak diintgrasi / dicampur saja teori dan praktek?

6. (jika dilihat dari kesimpulan pertama tulisan di atas; mengenai perlunya suasana belajar yang menyenangkan/melibatkan system limbik) secara keseluruhan emosi anak-anak terbagi menjadi dua babak/termin, babak mendengarkan cerita guru, emosi mereka bisa jadi datar-datar saja, apalagi jika mereka bukan type gaya belajar Visual maupun Auditory. Baru setelah masuk ke sesi permainan, mereka dengan senang melakukannya, dengan sendirinya emosi mereka yang positif membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.

CARA BARU

Cara ini sudah saya praktekkan di sekolah minggu saya sendiri dan hasilnya Waaaaauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu, keren abis !!

1. saya menyiapkan alat peraga berupa bekas wadah biscuit yang memiliki lobang-longan, di dalam lobang-lobang itu saya masukkan beberapa benda, misal pensil, tissue, beras, kacang hijau, tanah, rambut orang, jam tangan, dll. ( Ini adalah campuran antara gaya VISUAL dan KINESTETIK, karna alat peraga ini selain bisa dilihat, juga bisa diraba/dipegang)

2. saya tidak mau bercerita tentang penciptaan, hanya mengajak mereka membuka Alkitab dalam Kejadian pasal 1 ayat 1- 28. Dengan penjelasan singkat bahwa Tuhan menciptakan alam semesta ini dalam 6 hari dan pada hari ke 7 Tuhan beristirahat, silahkan adik-adik bagi kelompok dan menciskusikan setiap benda yang ada di wadah biscuit ini, unsure-unsurnya diciptakan pada hari ke berapa ( diskusi dan membaca bersuara termasuk tehnik bercerita belajar gaya AUDITORY, belajar lewat mendengar). Tulis jawaban kalian di selembar kertas yang sudah kakak sediakan. Untuk menjawabnya kalian boleh melihat Alkitab.

3. permainan tanpa cerita pun selesai . Sekarang kita bahas jawaban kalian.

• Pensil hari ke berapa diciptakan ?

• Pensil kan bukan ciptaan Tuhan kak?

• Betul, ciptaan manusia, tetapi kan terbuat dari kayu, manusia tidak bisa menciptakan kayu

• Saya tahu kak, kelompok kami menjawab hari ke 3

• Kog bisa?

• Iya kan hari ke tiga Tuhan menciptakan tumbuh-tumbuhan….

• Bagus ! Kelompok siapa yang betul?

4. nah sekarang (proses recalling memory) tutup alkitab kalian, kakak akan tanya…

• siapa yang tahu hari ke berapa kah Tuhan menciptakan tumbuh-tumbuhan?

• Hari ke tiga kak…

• Bagus !!

5. ini hanya sekelumit cuplikan, tetapi yang kita bahas beberapa, dan yang ditanyakan tidak satu pertanyaan itu saja di point 4. Dan semua jawaban tepat dan akurat tidak meleset sedikitpun.

6. Acara selesai.

Mari kita analisa CARA BARU tersebut berdasarkan prinsip kerja OTAK TENGAH:

1. Gaya belajar Visual sekaligus Kinestetik? Bagus!! Menggunakan fungsi otak tengah !

2. Gaya belajar Auditory ? Bagus!! Justru di sini tidak hanya satu arah mendengar hanya dari satu guru sebagai pembicara, tetapi mereka berdiskusi kelompok, Menggunakan fungsi otak tengah !

3. Pertanyaannya sekarang, mengapa saya tidak bercerita dulu dari awal, sehingga anak-anak lebih mengerti? Itu tidak perlu, hanya membuang-buang waktu saja, ada fungsi otak tengah yang dapat memampukan anak-anak menyerap informasi secara simultan/serempak. Pada saat mereka berdiskusi dengan memegang alat peraga/bermain/meraba alat peraga, pada saat itulah informasi masuk ke otak mereka sekaligus sambil bermain. Dan lihat hasilnya? Mereka jauh lebih hafal penciptaan saat mereka menemukan sendiri jawabannya di Alkitab daripada dengan cara kuno, saat guru sekolah minggu men’jejali’ mereka dengan teori/cerita model klasikal

4. Di sinilah yang saya maksud fungsi OTAK TENGAH secara Hormonal yang memungkinkan kegiatan belajar berlangsung secara simultan/serempak sehingga menghasilkan memory dan recalling memory DIFUNGSIKAN, oleh karna itu semua jawabab anak-anak akurat, tanpa mereka harus membuka Alkitab lagi

5. cara baru ini tidak memakan waktu yang lama sekali, karna antara pemaparan teori dan pelaksanaan praktek dicampur dalam satu kegiatan serempak

6. (jika dilihat dari kesimpulan pertama tulisan di atas; mengenai perlunya suasana belajar yang menyenangkan/melibatkan system limbik) secara keseluruhan emosi anak-anak tidak terbagi menjadi dua babak/termin, melainkan menyatu dalam satu emosi sukacita saja, karna bisa dikata, dari awal aktifitas kelas langsung masuk ke permainan, mereka melakukan dengan sukacita tanpa harus mendengar cerita yang lama dan membosankan.

Dalam Ilmu Psikologi

Sekarang kita beralih ke ilmu psikologi. Saya akan coba merangkum dengan tulisan yang sesederhana mungkin

Dalam dunia psikologi, diketahui bahwa fungsi otak tengah/mesencephalon/midbrain bukan sebagai penyeimbang otak kanan dan otak kiri, melainkan fungsi utamanya adalah sebagai perantara antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Jadi, otak besar yang terdiri dari otak kanan dan kiri mengoperasikan pikiran sadar,

Batang otak yang didalamnya termasuk otak tengah/mesencephalon/midbrain, mengoperasikan pikiran bawah sadar

Dan system limbic, yang didalam system tersebut ikut melibatkan otak tengah/mesencephalon/midbrain, menjadi pintu gerbang/ akses masuk ke pikiran bawah sadar.

Kesimpulan ke 3

Otak tengah/mesencephalon/midbrain, berfungsi menjadi akses/ pintu gerbang memasuki PIKIRAN BAWAH SADAR.

Apa itu pikiran sadar dan apa itu pikiran bawah sadar?

Mau tidak mau anda harus mempelajari teori berikutnya , sbb:

Apa itu pikiran sadar?

Dalam buku Hypnotherapy, Adi W Gunawan, dijelaskan bahwa

Pikiran sadar adalah :

• proses mental yang bisa dikendalikan secara sengaja,

• Menerima informasi lewat lima panca indra,

• mengidentifikasi

• membandingkan dengan memori ,

• menganalisa,

• memutuskan respon berdasarkan informasi,

• bereaksi dengan logika

Cara kerja otak berpikir/ pikiran sadar adalah mengolah data yang masuk / input data melalui 5 panca indra, diproses dengan 3 pola pikir ( mengidentifikasi, membandingkan dengan memori, menganalisa) dan akhirnya diputuskan berupa respon

Apa itu pikiran bawah sadar?

Dalam buku Hypnotherapy, Adi W Gunawan, dijelaskan bahwa

Pikiran bawah sadar adalah :

• Proses mental secara otomatis,

• tidak menyadari,

• sulit dikendalikan secara sengaja,

• kebiasaan,

• emosi,

• perasaan,

• memori permanent/memori jangka panjang,

• kepribadian,

• intuisi (tanpa melalui 5 indra),

• kreatifitas,

• persepsi/anggapan,

• keyakinan/ belief

• dan nilai-nilai/ value

Di dalam pikiran bawah sadar, terdapat yang namanya PUSAT KENDALI OTOMATIS.

Pikiran bawah sadar bereaksi dengan imajinasi/membayangkan/bahasa gambar

Perbandingan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar:

Seperti gunung , dimana bagian gunung yang muncul ke permukaan , hanya lebih kurang 10 % adalah pikiran sadar, dan bagian gunung yang terendam dalam tanah adalah lebih kurang 90 % yang merupakan pikiran bawah sadar.

Kekuatan Pikiran bawah sadar adalah 9 kali lipat lebih kuat daripada pikiran sadar.

Itulah yang menyebabkan seseorang itu sulit mengubah sebuah kebiasaan yang sudah terlanjur mengendap di pikiran bawah sadar.

Apabila terjadi pertentangan antara pikiran sadar dan bawah sadar,

pikiran bawah sadar pastilah yang menang.

Kesimpulan 4:

Dengan memakai cara mengajar gaya baru yang melibatkan fungsi otak tengah ( dengan melihat kesimpulan 1-3 di atas) , akan memudahkan siswa sekolah minggu, memasukkan informasi ke pikiran bawah sadar dengan lebih baik, mengapa? Karna otak tengah adalah pintu gerbang / akses masuk ke pikiran bawah sadar yang kekuatannya 9 kali lipat lebih kuat daripada pikiran sadar. Itulah sebabnya, saat dengan cara kuno, guru mengajar dengan sistem ceramah/cerita, yang terlibat adalah pikiran sadar siswa, hanya beberapa persen saja yang termemory, sebaliknya dengan gaya baru, informasi yang masuk itu tak terlupakan sampai kapan pun. Setahun kemudian, sang anak yang sama ditanya hari ke berapa Tuhan menciptakan tumbuhan, dia tetap ingat jawabannya. Mengapa? Karna ia sangat teringat akan pensil yang dipegangnya, itu adalah pengalaman belajar yang tak terlupakan, sangat termemory di pikiran bawah sadar siswa.

Perhatikan di sini : bahwa pikiran bawah sadar menangkap bahasa gambar/imajinasi/membayangkan. Saat memegang pensil, itu terekam sekali, bahwa hari ke tiga Tuhan menciptakan pohon, yang kayunya bisa dibuat pensil.

Nah sekarang kita lihat gabungan antara ilmu medis dan psikologi

Lima Gelombang Otak Manusia

Pada saat seseorang sedang beraktifitas, gelombang otaknya yang mendominasi itu berbeda-beda dalam tiap kegiatan. Misalnya, saat orang berolah raga, gelombang otak yang bekerja dominant berbeda dengan orang yang sedang membaca Koran dengan serius.

Gelombang otak manusia dapat di print/dicetak dengan alat EEG (Electro Encephalo Graph)

Gelombang otak manusia terbagi menjadi :

• Gamma (30-45 Hz)

hasrat, konsentrasi tinggi, focus, ekstasi tinggi, pengerahan energi

• Beta tinggi

anksietas/gelisah, ekstasi atau keterangsangan

Beta rendah (15-30 Hz)

Merasa, berpikir, persepsi, konsentrasi, kognisi, aktivitas mental

• Alpha tinggi (8-15 Hz)

Bangun , kesadaran penuh akan badan dan lingkungan, produksi srontonin meningkat

Alpha rendah

relaksasi (dalam keadaan sadar), menghayal, visualisasi, pra tidur, tutup mata tetapi masih sadar, gerbang akses ke pikiran bawah sadar, bekerja di otak tengah/ midbrain

• Theta (4-8 Hz)

Emosi, pengalaman emosional, kreativitas, meditasi dalam, gerbang ke pikiran bawah sadar, mengantuk, tidur bermimpi, terhipnosa, transe :produksi catecholamin meningkat, vital untuk memori, ingatan dan pembelajaran,

• Delta tinggi (0,1 – 4 Hz)

instink/naluri, tidur tanpa bermimpi, tidur nyenyak, pingsan, trans berat, koma ringan,produksi hormone pertumbuhan meningkat

• Delta rendah

Koma berat, mati suri

Dalam hal ini semua gelombang otak manusia tetap ada secara lengkap dalam waktu yang bersamaan, namun hanya satu saja gelombang otak yang dominan.

Gelombang Otak Pada Anak-anak

Pada anak-anak, sekalipun mereka kelihatannya beraktifitas dalam keadaan Betha, jika diperiksa dengan EEG gelombang otak anak anak dalam keadaan Alpha dan Theta.

Setelah seorang anak akil balik, dia akan menggunakan gelombang betha sama seperti orang dewasa.

Perbedaan gelombang otak pada anak inilah yang mengakibatkan:

• anak-anak cepat menyerap/ menangkap / belajar hal baru.

• anak-anak sering bermimpi

• pengalaman traumatis seseorang pada masa kecil terekam sampai dewasa

kita tidak bisa mengingat masa dalam kandungan dan masa bayi, karna semua pengalaman itu terekam dalam memory bawah sadar yang paling bawah yang disebut memory primitif. (Dalam buku Hypnotherapy, Adi W Gunawan)

Kesimpulan 5

Pada saat anak-anak melakukan segala sesuatu

1. yang bersifat relaks, misalnya permainan, game, lomba, menyanyi, menari, dll

2. yang bersifat menghayal, misalnya bermain peran, drama, melukis, dll

3. yang bersifat visualisasi misalnya menggambar, mewarna, melihat lat peraga, melihat film, dll

4. yang bersifat pra tidur, misalnya menjelang tidur mendengar cerita, mendengar musik, dll

5. yang bersifat tutup mata tetapi masih sadar, misalnya berdoa, menyanyi /menyembah sambil tutup mata, main musik/menari sambil tutup mata, dll

6. ITU SEMUA AKAN CEPAT MASUK KE PIKIRAN BAWAH SADAR, KARNA DILAKUKAN DI GELOMBANG OTAK ALPHA YANG BEKERJA DI OTAK TENGAH / MIDBRAIN/ MESENCEPHALON, daripada menggunakan cara-cara kuno yang melibatkan gelombang gamma dan betha yang lebih serius, akan lebih sulit akses ke pikiran bawah sadar

Itulah sebabnya, jika anda perhatikan tulisan-tulisan saya mengenai materi mengajar mulai dari kelas bayi sampai kelas Tunas Remaja, semuanya menggunakan prinsip kerja otak tengah, yang tidak saja melibatkan auditory, visual, kinestetik, tetapi juga saya menggunakan prinsip simultan/serempak, antara pemaparan cerita/teori langsung berjalan serempak dengan permainan/aktivitas. Waktu yang digunakan lebih singkat, anak-anak enjoy sejak awal, semua kegiatan sangat melekat di pikiran bawah sadar anak-anak. Recalling memory berjalan dengan baik, dan anak-anak antusias datang ke sekolah minggu.

Nah….di tulisan berikut nya saya berencana menerbitkan tulisan lanjutan mengenai beberapa contoh bahan sekolah minggu yang menggunakan gaya baru, serta pembahasannya.

Ikuti terus pengumuman tulisan-tulisan terbaru, dengan menjadi anggota group facebook: Jenius Cara Alkitab.

Tuhan memberkati pelayanan anda.

POWER POINT MAKALAH INI DAPAT ANDA KLIK DI TULISAN INI:

POWER POINT CARA MENGAJAR SEKOLAH MINGGU DENGAN PRINSIP OTAK TENGAH

Pelajari tulisan terkait:

MENYIMAK DUNIA IKLAN SEBAGAI METODE BAHASA GAMBAR

CERITANYA KOG ITU LAGI SIH KAK

BAGAIMANA CARA MEMBUAT BAHAN SEKOLAH MINGGU SENDIRI

MENGGALI ISI ALKITAB SEBAGAI DASAR PEMBELAJARAN

160 LEBIH TUJUAN PEMBELAJARAN STANDART ALKITAB

PEMBIASAAN GURU SEKOLAH MINGGU TELADAN

SESI 1 KAJIAN MEDIS DAN PSIKOLOGIS

CARA MENGAJAR SEKOLAH MINGGU DENGAN PRINSIP OTAK TENGAH

500 LEBIH METODE MENGAJAR KREATIF

BAGAN MULTI METODE MENGAJAR KREATIF

METODE MENGAJAR YANG DIREKOMENDASI OLEH ALKITAB

MENCONTOH TELADAN YESUS GURU KREATIF MULTI METODE

METODE SIMULTAN VERSI GURU DI ATAS SEGALA GURU

ANDAIKAN IBADAH ANAK SEBUAH PANGGUNG SANDIWARA

CARA MENUMBUHKEMBANGKAN 8 DIMENSI KECERDASAN SEBAGAI METODE MENGAJAR

CONTOH MULTI METODE MENGAJAR UNTUK PARA MAMA

PENJELASAN METODE GAME

PENJELASAN METODE BINATANG

PENJELASAN METODE BENDA 3 DIMENSI

METODE DOA SEBAGAI METODE BAHASA GAMBAR KE 23

About these ads

6 thoughts on “CARA MENGAJAR SEKOLAH MINGGU DENGAN MEMAKAI PRINSIP KERJA OTAK TENGAH / MID BRAIN/ MESENCEPHALON ANAK

    • Terima kasih atas dukungannya Kak Zepe. Waaau luar biasa bisa berkenalan dengan anda sebagai Pencipta Lagu Anak, saya sangat bersyukur bisa berkenalan dengan anda. Kapan ya saya bisa mencipta lagu anak…? Soalnya sewaktu kuliah dulu , agak dipaksa sama dosen, baru mencipta lagu…selebihnya saya lebih banyak mengaransemen dari lagu asli ke partitur 4 suara, misal untuk koor anak, duet, dll. Saya akan kunjungi blog anda, tapi untuk bertukar link caranya gimana ? Bisa ajarin saya…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s