500 METODE KREATIF


500 METODE KREATIF

MEMAKAI BAHASA GAMBAR

SEBAGAI AKSES MASUK

KE PIKIRAN BAWAH SADAR

DALAM METODE MENGAJAR

 

Tulisan ini memudahkan anda untuk:

  • Memilih metode mengajar yang paling tepat
  • Membuat bahan mengajar sekolah minggu sendiri
  • Lebih kreatif dalam mengajar
  • Memudahkan mengubah paradigma lama menuju paradigma baru
  • Membuat anda menjadi guru yang tidak akan pernah sama lagi, dan perubahan itu nyata ke arah yang lebih baik.
  • Mengambil contoh yang sudah Yesus teladankan dalam mengajar kreatif

Setelah anda membaca tulisan ini, dibawah sekali, saya mendaftarkan tulisan-terkait yang berkaitan dengan tulisan ini, harap dibaca untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai keseluruhan idea ini.

 1. MEMAKAI BAHASA GAMBAR

UNTUK AKSES KE PIKIRAN BAWAH SADAR SISWA

Setelah panjang lebar kita membahas fungsi otak tengah secara medis dan psikologis, kini kita mulai membahas khusus mengenai bahasa gambar yang ternyata merupakan bahasa yang dapat ditangkap oleh pikiran bawah sadar. BAHASA GAMBAR inilah yang akan kita pakai menjadi METODE MENGAJAR KREATIF.
Pernahkah kita merenungkan beberapa peristiwa keseharian berikut ini:
o Tanpa sengaja, kita menyenandungkan melody lagu Caiya-caiya (Briptu Norman) yang sering muncul di TV sambil menyapu/ menyetir, padahal kita belum pernah mempelajari lagu tersebut secara khusus dan hafal syairnya?
o Si kecil, tidak pernah belajar tehnik make up, tetapi suatu hari sang bunda mendapati wajahnya belepotan lipstick. Dari mana ia belajar memakai lipstick dan tahu kalau lipstick itu untuk di bibir bukan untuk di pipi/ di kaki?
o Adik kecil yang menjadikan semua benda disekitarnya jadi mainannya, mulai dari piring plastic, sendok, garpu, panci, buku kakaknya, tombol di TV, pasir, gayung, dll. Mengapa ia selalu menjadikan benda di sekitarnya jadi ‘obyek’ mainannya?
o Ditemukan seorang anak yang loncat dari lantai 12 sebuah apartement dengan memakai kostum Superman. Apakah ia tidak tahu bahwa cerita Superman itu cuma cerita khayalan belaka?
o Hampir 100 persen anak-anak menyukai iklan TV. Ada apa sebenarnya dengan iklan itu?

Untuk dapat menanamkan materi pembelajaran dalam diri anak didik, kita perlu adanya BAHASA GAMBAR, karna bahasa gambar itu adalah sarana yang paling baik  untuk menyampaikan informasi yang langsung  masuk ke pikiran bawah sadar

Pikiran bawah sadar, punya kekuatan 9 kali lipat lebih kuat daripada pikiran sadar. Saya tidak akan membahas lebih detail lagi mengenai teori pikiran sadar dan bawah sadar lagi, mohon bagi anda yang masih bingung dengan hal ini, dapat mempelajari  lebih detail di : (klik alamat surel berikut)

SESI 1 KAJIAN MEDIS DAN PSIKOLOGIS

atau bisa juga pelajari di

CARA MENGAJAR SEKOLAH MINGGU DENGAN PRINSIP OTAK TENGAH

2.    APA BUKTINYA BAHWA BAHASA GAMBAR

LEBIH KUAT DARIPADA BAHASA LISAN?

RAMBU-RAMBU LALU LINTAS

  • Perhatikan  rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan.
  • Hanya dengan sebuah gambar lingkaran bergeris tepi merah, dan di tengahnya berwarna putih, tetapi ada tanda minus dengan warna merah, orang-orang sudah tahu itu artinya DILARANG MASUK.
  • Bayangkanlah kalau rambu-rambu lalu lintas berupa tulisan
    •  “Anda di larang masuk di tempat ini”
    • Sepertinya anda membutuhkan waktu sekitar 5 detik untuk membacanya.
  • Tetapi untuk melihat tanda Dilarang masuk yang berupa BAHASA GAMBAR, anda hanya membutuhkan waktu 1/10 detik saja, sudah langsung menangkap arti bahwa di tempat itu , kita dilarang masuk.
  • Perbandingan waktunya di sini adalah 1:50.


3. APAKAH DI ALKITAB

JUGA MENGEDEPANKAN BAHASA GAMBAR ?

Tuhan juga memakai symbol-simbol, simbol dalam Alkitab adalah alat peraganya Tuhan/ BAHASA GAMBAR yang Tuhan gunakan,  contoh:

  • jumbai, simbol hidup dalam kebenaran ( Bilangan 15: 37-41)
  • banyak simbol dalam baju efod, kemah sembahyang,
  • simbol salib, menjala manusia, gembala domba, anggur sukacita, dll

4.      APA SAJA YANG TERMASUK BAHASA GAMBAR ITU?

Mungkin anda tertawa membaca judul di atas, dan berkomentar “masa gambar saja saya tidak tahu?”

Tetapi perlu anda ketahui, yang dimaksud bahasa gambar itu tidak hanya meliputi kertas berukuran 40 X 30 cm, berisi gambar, seperti yang sering anda gunakan di sekolah minggu.

5. DEFINISI TENTANG BAHASA GAMBAR

Yang dimaksud BAHASA GAMBAR  di sini adalah:

  • SEGALA SESUATU YANG DAPAT DILIHAT OLEH MATA SEBAGAI PANCA INDRA YANG MEMBUAT INFORMASI MASUK KE PIKIRAN BAWAH SADAR,
  • DAN SEGALA SESUATU YANG DAPAT MERANGSANG IMAJINASI
  • SEGALA SESUATU YANG DAPAT MEMBUAT INGATAN KITA  BEKERJA LEBIH TAJAM AKAN SEBUAH INFORMASI, SEHINGGA INFORMASI YANG DIDAPAT SEGERA TERTANAM DI PIKIRAN BAWAH SADAR DALAM PERCEPATAN WAKTU.
  • SEGALA SESUATU YANG DAPAT MEMBUAT KITA DAPAT MENGGAMBARKAN SEBUAH PERISTIWA YANG DAPAT TERGAMBAR DENGAN JELAS DI PIKIRAN KITA

6. BAHASA GAMBAR MELIPUTI APA SAJA

DAN APA BUKTINYA?

  • Gambar

  • Visual

  • Audio Visual

 “gambar adalah media pertama yang dipakai Tuhan untuk ‘merancang’ manusia sebagai ciptaan-Nya”

SEBUAH PERMAINAN SEDERHANA UNTUK MEMBUKTIKAN BAHWA BAHASA GAMBAR LEBIH KUAT DARIPADA BAHASA LISAN

  • Seorang A melihat gambar FOTO sebuah keluarga dalam durasi waktu 5 detik
  • Seorang B tidak melihat gambar foto itu sama sekali
  • B diberi kesempatan bertanya apa saja pada A tentang gambar itu dalam durasi waktu  5  menit ( atau sama dengan 60 kali lipat dari waktu yang digunakan untuk si A melihat gambar tadi yang hanya 5 detik) , semua informasi boleh dicatat oleh si B, dan inilah hasil catatan si B
    • Gambar foto
    • Foto keluarga
    • Satu suami, satu istri dan tiga anak
    • Anak laki-laki, perempuan, dan perempuan
    • Sepertinya di sebuah studio foto
    • Memakai pakaian polos semua
    • Tidak membawa tas
    • Tidak ada yang memakai toga wisuda, sepertinya foto keluarga biasa
    • Adayang duduk ada yang berdiri
    • Dll ( masih banyak lagi)
  • Kita bertanya pada B,yang tidak melihat gambar itu, tetapi mendapat info dalam waktu yang lebih lama secara lisan, dan lihat saja, ternyata tidak semua pertanyaan bisa dijawab oleh B. Mengapa? Karna B tidak melihat secara langsung.
    • Dalam foto keluarga yang sudah kaucatat tadi B, apakah mereka fotonya berpose satu badan penuh, sehingga terlihat sepatu mereka, atau hanya setengah badan saja?
    • Waaaaah….dalam catatan saya yang sepanjang ini, saya tadi tidak sempat menanyakan hal itu. Jadi saya tidak tahu karna saya tidak melihatnya sendiri.
    • Lho tapikanwaktu anda bertanya 60 kali lipat lebih banyak daripada si A yang hanya melihat gambar itu dalam 5 detik saja
    • Apa boleh buat, waktu saya untuk bertanya sudah habis, saya tidak mendapat informasi lanjutan.
    • Baik si A…apa jawabannya?
    • Oooh mereka tadi hanya berpose setengah badan saja, tidak terlihat sepatunya.
    • Ya betul !
  • Kesimpulan : 5 detik melihat….masih lebih kuat dibandingkan dengan 5 menit mendengar
  • Perbandingannya adalah 5: 250 detik

PEMAKAIAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTUNYA LEBIH KUAT PENGARUHNYA DARIPADA AUDIO SAJA, ATAU VISUAL SAJA, KARNA MELIBATKAN DUA MACAM INDRA, YAITU INDRA PENGELIHATAN DAN INDRA PENDENGARAN

  •  Benda tiga dimensi

 “rupa Allah adalah wujud tiga dimensi pertama yang dipakai Tuhan untuk ‘merancang’ manusia sebagai ciptaan-Nya”

  •  Mengapa benda tiga dimensi termasuk dalam bahasa gambar?
  • Karna benda tiga dimensi dapat dilihat dengan mata, bahkan tidak itu saja, dapat diraba, dan bahkan beberapa mengeluarkan suara yang dapat didengar
  • Benda tiga dimensi meliputi alat peraga, yang terbuat dari apa saja, Misalnya saat bercerita Marta dan Maria, saya membuat bahan cerita yang memakai teh sungguhan, buah sungguhan, dll Misalnya saat menceritakan Yesus disalib, menggunakan alat peraga mahkota duri sungguhan, dll
  • Tetapi mohon maaf, bagi yang tidak sepaham, dalam hal ini saya tidak memasukkan BONEKA di dalam benda tiga dimensi yang saya sarankan, termasuk di dalamnya panggung boneka dan juga penggunaan boneka sebagai pendamping dalam memimpin pujian, dll (sekali lagi saya memohon maaf bagi para pecinta boneka) Baik boneka orang-orangan, boneka binatang air, darat, terbang, maupun boneka animasi/tokoh kartun, semuanya itu sangat tidak saya anjurkan, walaupun saya bukan penganut sebuah aliran tertentu yang mengajarkan ‘penginjilan roh orang mati’, tetapi perihal mengenai boneka ini sudah lama saya  pelajari dan tidak hanya dari satu sumber.
  • Saya hanya mengacu pada: Keluaran 20:4-5. Membuat saja tidak boleh, apalagi membicarakan mengenai menyembah. Boneka bisa terbuat dari apa saja Dan 2: 24
  • Orang

 “Hawa adalah orang pertama yang dikenal oleh manusia pertama di dunia. Dan Adampun berkomentar ‘inilah tulang dari tulangku dan daging dari dagingku’….”

  •  Mengapa orang termasuk dalam bahasa gambar ?
  • Sekali saya menyebut nama Presiden Suharto, langsung tergambar dalam ingatan anda segala sesuatu informasi / memory yang sudah terekam di benak saudara, mulai dari nama beliau, wajah beliau, jabatan beliau, suara beliau, gaya dan gerak-geriknya saat berpidato lengkap dengan intonasi bicaranya, kostum yang sering dikenakannya, potongan rambutnya, perangainya, dll
  • Bandingkan : hanya dengan menyebut nama beliau ( cukup 2 detik) , anda langsung dapat menggambarkan beliau dengan gambaran yang sangat mendetail berdasarkan sejauh mana pengenalan anda terhadap nama yang saya sebutkan. Bayangkan kalau tanpa menyebut nama orang tersebut, saya berusaha menjelaskan semua informasi tentang beliau, mungkin membutuhkan waktu tidak cukup dari 15 menit
  • Perbandingan 2; 900 detik
  • Teladan

 “Yesus datang menjadi ‘manusia’ dalam rangka memberi teladan hidup sebagai teladan yang nyata, yaitu teladan – melayani dan bukan dilayani, memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang”

  •  TELADAN HIDUP ADALAH BAHASA GAMBAR YANG SEBENARNYA
  • Melalui teladan ditanamkan Keyakinan dan Nilai-nilai
  • Teladan hidup langsung terekam dalam pikiran bawah sadar, karna teladan hidup adalah bahasa gambar yang di dapat dari kehidupan keseharian.
  • Bahkan Yesus menjadikan diri-Nya sendiri sebagai ilustrasi/ contoh/teladan, dengan cara Ia mencuci kaki murid-murid-Nya, bangun pagi untuk berdoa, tidak sombong saat dipuja, dapat menguasai emosi saat diserang orang Farisi, berbelaskasihan, dll Itulah sebabnya Yesus mengajak kedua belas murid-Nya kemana pun Dia pergi, karna dalam setiap langkah hidup-Nya di dunia ini, Ia sedang mengajarkan LIFE STYLE  kepada murid-murid-Nya dengan memakai TELADAN sebagai bahasa gambar yang utama.
  • Itulah sebabnya seorang anak yang bertekad untuk tidak merokok seperti ayahnya, pada akhirnya setelah dewasa ia pun merokok. Mengapa bisa begitu? Karna pemandangan seorang ayah merokok itulah yang sering ia lihat.
  • Mengapa kebanyakan profesi sang orang tua turun kepada anaknya? Misalnya sang ayah yang memiliki toko sepeda, kebanyakan anak laki-lakinya juga setelah dewasa membuka toko sepeda dikotalain. Itu dikarnakan sejak kecil sang anak ‘melihat’ dan ‘melihat’ sepeda dan sepeda lagi.
  • Bahasa Tubuh

 Salah satu contoh Bahasa Tubuh adalah : Hand Sign

  •  Hand sign dari seorang Polisi, Juru Parkir, Dirigen Paduan Suara, Pengibar mendera morse di landasan pacu pesawat terbang, hand sign  seorang Pemimpin Pujian pada pemain musik, dll
  • Tanpa seorang polisi berteriak-teriak….”Stoooop stoooop !! Lampu lalu lintas ini macet….saya mohon stooooop!” Hanya dengan menggerakkan tangan tanda stop beserta tiupan peluit panjang, semua pengendara kendaraan bermotor pun sudah tahu apa yang dimaksudkan oleh Pak Polisi.
  • Apalagi seorang Dirigen, hanya dengan lentikan jari, dengan tenaga yang sangat lemah sekalipun, pianist langsung dapat mengerti maksud sang dirigen, ia pun langsung mendentingkan satu bilah pianonya dengan sangat lembut, tepat pada ketukan sang dirigen. Tidak perlu dirigen berkata panjang lebar “Pianis, sekarang giliranmu, satu, dua, ti…? Ehhh saya lupa….lembut aja ya…….jangan terlalu keras,…ya bagus itu!!”
  • Dengan instruksi lisan yang mungkin bisa memakan waktu setengah menit, dengan bahasa isyarat hanya dibutuhkan waktu 2 detik saja
  • Perbandingan waktunya 2:60 detik
  • Dan masih banyak contoh lainnya.
  • Audio

  • Audio Visual

  • Mengapa audio yang melibatkan suara dan indra pendengaran dapat digolongkan sebagai bahasa gambar?
  • Karna dengan mendengar suara tertentu, dapat membawa imajinasi/ bayangan anda tentang sesuatu hal
  • Misalnya, saat dalam sebuah siaran radio, akan di ceritakan Petrus tenggelam karna takut melihat gelombang air dan mendengar desiran angina, jika dijelaskan dengan kata-kata , kira-kira seperti ini:
    • “adik-adik….tiba-tiba waktu Petrus lagi ashik-ashiknya berjalan di atas air seperti Yesus, datanglah gelombang yang sangat besar…dan ada suara angin yang begitu keras, hal itu membuat Petrus takut,  adik-adik.”
    • Kira-kira butuh waktu 10 detik
    • Bandingkan dengan mengganti penjelasan itu dengan sound effek suara desiran ombak dalam waktu 3 detik saja, sudah cukup membawa imajinasi anak pada datangnya angin dan ombak besar.
  • Perbandingan waktu yang ada 3:10 detik
  •  Ilustrasi

    • ILUSTRASI ADALAH BAHASA GAMBAR YANG DISAMPAIKAN MELALUI BAHASA LISAN.
      • Perhatikan di sini, bahasa gambar juga bisa disampaikan dalam bentuk lisan. Bagaimana mungkin?
      • Karena pada saat sebuah ilustrasi diceritakan, pendengar sama saja dibawa ke dalam sebuah pengalaman IMAJINASI/ MEMBAYANGKAN CERITA /ILUSTRASI tersebut. Saat imajinasi seseorang berjalan, sama saja saat itu BAHASA GAMBAR bekerja, walau tidak di kasat mata, tetapi pendengar melihat melalui ‘imajinasi mereka’
      • Contoh: Tuhan Yesus ingin memaparkan beberapa prinsip sbb:
        • Kasih bapa pada anaknya
        • Perlunya titik pertobatan
        • Pada saat banyak uang, datanglah banyak sahabat, tetapi tidak demikian saat jatuh miskin.
        • Pengampunan
        • Penerimaan
        • Mental ‘budak’ selalu menuntut upah, mental ‘anak’, selalu kembali pada sebuah hubungan bapa anak
        • Adasebuah pemulihan hubungan keluarga
        • Pengharapan seorang ayah
        • Iri hati
        • Kepahitan
        • Hidup dalam pesta pora kemabukan , dan kesengan duniawi membawa kita jauh dari bapa.
        • Kebebasan yang sejati bukan berarti bebas melakukan apa saja. Justru kebebasan yang sejati adalah saat kita tinggal di dalam hukum-hukum Tuhan yang menjaga kita tetap aman.
        • Adasedikitnya 12 point yang jika dijelaskan membutuhkan 12 X masing-masing 5 menit = 60 menit
        • Tetapi yang dibutuhkan Yesus hanyalah menceritakan sebuah cerita ilustrasi ANAK YANG HILANG dalam waktu paling lama 10 menit.
        • Perbandingan waktu di sini adalah 10 : 60 menit atau 1:6
        • Dalam cerita ilustrasi tersebut sudah terkandung 12 point tersebut secara tidak langsung, tercampur dalam satu paket/ simultan/ serempak, tanpa harus dipaparkan satu persatu
        • Dan uniknya, 12 point tersebut dapat disimpulkan sendiri oleh pendengar sesuai dengan ‘kebutuhan’ mereka masing-masing. Bahkan setiap pengkhotbah yang mengkhotbahkan bagian ini, tetap saja memiliki rhema yang berbeda dari pengkotbah lainnya. Misalnya, sang pendengar yang saat itu tinggal di dalam dosa dan belum mengambil keputusan bertobat, saat itu tertegur untuk bertobat. Beda lagi dengan pendengar lainnya yang merasa, dirinya seperti si sulung yang terhilang, gara-gara kepahitan justru tidak mau masuk dalam pesta bersama Bapa.
        • Hebatkan?
  • Sentuhan

 “Sentuhan adalah cara Tuhan menciptakan manusia pertama, dan juga dengan tangan-Nya sendiri Ia menenun janin dalam kandungan ibu”

  •  Sentuhan juga adalah BAHASA GAMBAR
  • Para peneliti di Baylor College of Medicine,misalnya, menemukan bahwa apabila anak-anak jarang diajakbermain atau jarang disentuh, perkembangan otaknya 20 % atau 30 %lebih kecil daripada ukuran normalnya pada usia itu.
  • Contoh, seorang bayi yang baru lahir, yang dikenal pertama olehnya adalah : suara sang ibu yang sudah dipelajarinya sejak dari dalam kandungan, yang kedua adalah sentuhan ibu. Mengapa? Karna seorang bayi yang baru lahir belum langsung dapat melihat dengan jelas, jadi saat ia mengalami sentuhan sang ibu, dia mememorikan dan menggabungkan dengan suara yang telah ia kenal, dan ia mulai menyimpulkan, oh..kalau yang suaranya seperti itu…menyentuh aku dengan cara seperti ini, dia ibuku. Baru setelah dia dapat menatap dengan jelas, dia menyimpulkan, oh…ibuku berwajah seperti ini.
  • Seorang bayi yang sering dibelai oleh baby sitter, tidur bersama baby sitter, makan disuapin baby sitter, mandi dimandiin baby sitter…akan memiliki obyek lekat dengan baby sitter tersebut, sehingga saat baby sitter pulang kampung saat lebaran, tidak ada satu orang pun di rumah itu termasuk mamanya yang dapat mengendalikan ‘kemarahan’ anak ini karna kebingungannya akan ketidakhadiran figure yang selama ini melekat pada dirinya.
  • Saya (penulis) tidak pernah bisa melupakan saat menjelang meninggal mama saya menyentuh dengan lembut kening dan poni saya. Atau saat ayah mertua saya sesaat sebelum meninggal , memegang tangan saya cukup lama , dalam keadaan koma.
  • Jika sentuhan itu harus didefinisikan oleh sang bayi seandainya dia bisa melakukannya dengan kata-kata: Yang jemarinya pendek-gemuk, yang tubuhnya gemuk, yang cara memegangnya memegang leherku dulu, baru kemudian menggendong pantatku, yang sebelum menggendong pasti mencium aku dulu, nah itulah dia mamaku. Kira-kira butuh waktu 20 detik. Tetapi hanya dengan merasakan sentuhan ibu selama 1/10 detik, sang anak sudah dapat menyimpulkan bahwa itu ibunya.
  • Perbandingan waktu di sini adalah 1: 200
  • Contoh lain: tanpa harus banyak bicara pada orang yang baru saja ditinggalkan suaminya pulang ke sorga, cukup kita tepuk pundaknya dan peluk dia, itu sudah berarti sekali, dibandingkan dengan 200 kata-kata nasehat agar dia kuat.
  • Saat Yesus mencuci kaki murid-murid dan menyentuh mereka dengan tangan-Nya sendiri, saya percaya peristiwa itu menjadi peristiwa tak terlupakan seumur hidup murid-murid
  • Mengenai sentuhan dapat anda pelajari lebih mendetail di tulisan saya berjudul “KUASA BAHASA SENTUHAN YANG MENCERDASKAN”

http://jeniuscaraalkitab.wordpress.com/2010/06/03/kuasa-bahasa-sentuhan-yang-mencerdaskan/

  • Ekspresi kasih

 “Yesus datang sebagai ekspresi kasih terbesar yang tak mungkin dapat terlupakan”

  •  Ekspresi kasih juga adalah BAHASA GAMBAR yang disampaikan melalui banyak cara/ ekspresi
  • Contoh : Hanya dengan melihat salib Yesus, kita diingatkan akan pengorbanan Yesus yang luar biasa untuk menyelamatkan kita , sehingga Ia rela mati buat kita.
  •  Tulisan Sastra/ Seni

    • TULISAN SASTRA /SENI  juga adalah BAHASA GAMBAR yang disampaikan melalui bahasa lisan/ tulisan
    • Perhatikan di sini, bahasa gambar juga bisa disampaikan dalam bentuk lisan. Bagaimana mungkin?
    • Karena pada saat sebuah tulisan sastra disampaikan dengan intonasi yang tepat, pendengar sama saja dibawa ke dalam sebuah pengalaman IMAJINASI/ MEMBAYANGKAN APA YANG DIPAPARKAN DALAM TULISAN SASTRA TERSEBUT. Saat imajinasi seseorang berjalan, sama saja saat itu BAHASA GAMBAR bekerja, walau tidak di kasat mata, tetapi pendengar melihat melalui ‘imajinasi mereka’
    • Saat Yesus memaparkan Ucapan Bahagia dengan multi point, Dia menyampaikannya dengan nada berpuisi dn dengangayabahasa berpuisi, hal ini menolong pendengar mencerna kebenaran tanpa harus merasa digurui, dan merasa bosan
  • Musik

musik adalah BAHASA GAMBAR yang disampaikan melalui media musik

Musik instrumental akan membawa pendengar dalam imajinasi mereka terhadap sebuah persitiwa, sebuah suasana atau sebuah kenangan akan peristiwa, kenangan akan seseorang, dlsb

Musik Vokal yang mengandung syair, jelas dapat membuat pendengar/ penyanyi/ pemain musik-nya membayangkan isi syair lagu tersebut dalam sebuah imajinasi.

  • Game/ Permainan

  • game juga merupakan BAHASA GAMBAR  yang disampaikan melalui permainan.
  • Melalui Game, anak-anak mempelajari sesuatu yang sangat mendalam, pengalaman bermain game itu; menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan yang tergambar dalam memory seorang anak, dan dapat diingat di lain hari sebagai sebuah GAMBAR/ REKAM PERISTIWA BERKESAN
  • Misalnya : game “bisikan berantai”  mengajarkan pada anak bahwa betapa berbahayanya lidah kita jika menyampaikan pesan dengan ditambahi atau dikurangi, sehingga dapat merubah arti. Jika ya katakana ya, jika tidak katakan tidak. Matius 5: 37
  • Rekam Peristiwa

  •  Rekam peristiwa juga merupakan BAHASA GAMBAR  yang disampaikan melalui banyak cara.
  • Melalui rekam peristiwa, apa saja yang terjadi pada sebuah peristiwa tertentu, dapat diingat hanya dengan cara yang simple dan tidak rumit.
  • Misalnya : saya menyimpan sebuah foto pernikahan yang saya pajang di ruang tamu kami. Hanya dengan satu foto itu saja, saat saya melihatnya, saya langsung bisa mengingat semua detail acara pernikahan kami, tempatnya, pendeta yang melayani, siapa saja yang datang, makanannya, musiknya, bunganya, dll, yang terekam di memory ingatan saya berupa sebuah gambar/ingatan peristiwa.
  •  Emosi

  • Emosi juga merupakan BAHASA GAMBAR  yang disampaikan melalui emosi manusia
  • Melalui bingkai emosi, banyak informasi dapat disampaikan secara cepat, bersamaan dengan persitiwa yang mengikutinya.
  • Contoh ; sebuah iklan minuman ringan, tadinya menyajikan iklan komplit dari cerita awal, dimana sang bintang iklan yang kehausan dipuaskan oleh minuman tersebut. Diakhiri dengan senyuman sang bintang. Di bulan berikutnya iklan cukup menyajikan senyuman terakhir saja, sang penonton sudah langsung ingat cerita awal di balik senyuman tersebut.
  • Itulah sebabnya penonton sinetron sering dibuat tidak bisa tidur karna emosinya diaduk-aduk oleh permainan emosi dari alur cerita sinetron tersebut
  • AROMA

  • Aroma juga merupakan BAHASA GAMBAR  yang disampaikan/tersampaikan  melalui indra penciuman manusia
  • Pada saat seseorang mencium sebuah aroma tertentu, dia sudah dapat membayangkan dalam imajinasinya sebuah benda dengan aroma yang pernah dikenalnya.
  • Misalnya saat melintasi sebuah daerah baru yang kita belum hafal tempat-tempatnya, tiba-tiba kita mencium aroma sate kambing yang sangat khas, secara spontan, perut terasa lapar dan mata mencari-cari dimanakah gerangan warung sate tersebut. Atau sebaliknya, jika kita sudah hafal tempat warung sate tersebut, saat melintasinya kita sengaja mengendus / mencari aroma sate tersebut, dan benar saja, walaupun kita tidak atau belum  membaca pengumuman “HARI INI TUTUP, BUKA LAGI SETELAH IDUL FITRI” , aroma yang tidak ditemukan saat kita mencarinya itulah yang sudah menceritakan lebih dulu bahwa warung itu tutup.
  • Sebuah aroma, bahkan tidak dapat dideskripsikan dengan kata-kata, namun dapat kita gambarkan dengan detail di pikiran kita, misalnya kata HARUM sering dipakai untuk menggambarkan aroma bunga atau sabun mandi, tetapi tetap saja aroma mawar beda dengan aroma sabun mandi mawar.  Bagaimana cara menjelaskan perbedaan aromanya? Sulit. Tetapi tetap saja saat mencium aroma sabun mawar dan aroma mawar sungguhan dengan mata tertutup sekalipun, kita dapat membedakannya. Saat anda mencium aroma bunga melati misalnya: yang tergambar di ingatan anda bisa saja:
    • bunga melati
    • lagu dengan judul “melati suci”
    • pernikahan adat jawa dengan asecories bunga melati
    • dll
  • RASA

  • Rasa juga merupakan BAHASA GAMBAR  yang disampaikan/tersampaikan  melalui indra pengecap
  • Pada saat seseorang merasakan, manis, masam, getar, tawar, asin, pedas, pahit, dan campuran dari berbagai rasa tersebut, di pikirannya tergembar sebuah cita rasa yang bahkan tidak dapat diceritakan dengan kata-kata
  • Contoh: saat saya menyebut satu kata : Cap Jay Kuah. hanya dalam setengah detik saja, anda langsung dapat membayangkan cap jay dengan semua isinya; ada wortel, kapri, sawi putih, sawi hijau, tomat, ati ampela ayam, kekian, ayam, dll lengkap tergambar dengan aromanya dan sensai rasanya.
  • Dan saya akan kesulitan menjelaskan bagaimana rasa onde onde kepada orang Jerman yang belum pernah memakannya. Tetapi beda sekali ketika saya menyebutkan kata onde-onde di kota Madiun, seluruh kota tahu Onde-Onde, apalagi karna onde-onde ada yang terkenal di Madiun.  

v   BINATANG

  • Binatang juga  merupakan BAHASA GAMBAR  yang disampaikan/tersampaikan  melalui ciri-ciri  binatang bersebut
  • Tidak heran binatang digunakan dalam Alkitab untuk menggambarkan sesuatu, misalnya kerajinan digambarkan dengan binatang semut, keperkasaan dilambangkan dengan binatang Singa, perlindungan digambarkan dengan bagaimana induk ayam berusaha mengumpulkan anak-anak ayam di bawah sayabnya, dll
  • Tidak sedikit pula kita menemukan binatang digunakan sebagai ikon atau pun logo dari sebuah Negara, bendera, organisasi, dll. Mengapa ?
  • Hanya dengan memunculkan gambar burung rajawali, kita sudah dapat menangkap penggambaran dari burung rajawali yang melatih anaknya terbang, yang terbang menantang arus angin,  yang merajai dunia perburungan, dan yang memiliki ketajaman pengelihatan, serta berani terbang menantang badai, dll
  • Melihat gambar burung rajawali dalam sepersekian detik, jika diceritakan mengenai cirri-ciri rajawali mungkin memakan waktu setengah jam, bahkan dapat dijadikan kotbah seri.

 v   INTONASI

  • Sekalipun intonasi termasuk dalam bahasa gambar Audio dan atau Audio Visual, dan juga termasuk dalam bahasa gambar Orang, tetapi saya terdorong untuk menyendirikan INTONASI sebagai bahasa gambar tersendiri
  • Mengapa intonasi merupakan bahasa gambar ?
  • Salah satu bukti bahwa intonasi adalah bahasa gambar adalah : saat kita membaca sms yang tidak mengandung intonasi, kebanyakan bisa terjadi salah paham alias saling tersinggung. Hal itu dikarenakan sang pembaca sms membaca dengan intonasinya sendiri yang terkadang tidak sama dengan intonasi sang pengirim sms tersebut. Sang pengirim bertanya : ‘apa?’ Dengan nada datar, tetapi sang pembaca membaca dengan intonasi : ‘apa…?’ Penuh kemarahan. Akhirnya terjadi pertengkaran
  • Oleh karna itu sekarang ada yang namanya emotion picture yang memuat gambar wajah tertawa, wajah menangis, dll yang dapat disertakan saat orang sedang chating, dll. Gambar –gambar wajah tersebut adalah untuk menggantikan intonasi yang terhilang saat bahasa lisan dibentukkan dalam bahasa tulis.
  • Bukti lainnya adalah, saat seseorang berbicara dengan intonasi tertentu, lawan bicara sudah langsung dapat menangkap suasana hati lawan bicara, tanpa harus bertanya lebih lanjut. Intonasi terkadang berbicara lebih banyak daripada isi kata-kata yang disampaikan. Hal inilah yang terkadang terabaikan pasangan suami istri, sehingga walaupun kata-kata sudah disusun sedemikian rupa agar tidak mnyinggung pasangan, melainkan intonasi berbicara tetap menggambarkan isi hati yang belum beres.
  • Hanya dengan mendengarkan intonasi seseorang, kita mendapat gambaran mengenai emosi orang tersebut dalam sekian detik saja, berbeda halnya apabila kita ingin mendengar cerita dibalik emosi yang menyertai kata-kata seseorang, bisa memakan waktu bermenit-menit lamanya.
  • Intonasi pasti terdapat dalam tulisan karya sastra seni, misalnya puisi, narasi, dll. Tetapi tidak semua intonasi adalah disajikan dengan bentuk tulisan sastra seni, misalnya intonasi orang berpidato tentu tidak sama dengan intonasi orang membaca berita di TV atau di Radio. Saat berita dibacakan di TV atau di Radio, walaupun terdapat intonasi disana, penyajian intonasi tersebut tidak dalam bentuk karya tulis yang dapat dinikmati oleh pemirsa/ pendengar sebagai karya tulis, melainkan lebih ke Audio Visual sebagai sebuah siaran berita. Oleh karna itu, metode Intonasi tetap disendirikan sebagai salah satu metode BAHASA GAMBAR, terpisah dari metode  karya sastra seni.
  • v   TUMBUHAN
    • Tumbuhan juga dapat menjadi BAHASA GAMBAR, Karna pada saat seseorang menyebutkan sebuah tumbuhan, misalnya menyebut sebuah kata, yaitu kata POHON, langsung saja, si pendengar sudah dapat menggambarkan dengan jelas di imajinasinya, ada akar, batang , daun, buah, dll.
    • Tidak heran, Alkitab pun menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai BAHASA GAMBAR , contohnya dalam Mazmur 1: 3- 6
    • Seandainya ada orang buta sejak lahir dan tidak pernah melihat pohon, mungkin kita butuh waktu berjam-jam untuk menjelaskan tentang pohon dari segi warnanya, fungsi tiap bagiannya, cara menanamnya, bagaimana ia bertumbuh, iklim yang mempengaruhinya, dlsb. Berbeda jauh sekali dengan orang yang sudah mengerti dan melihat Pohon, sekali kita sebut Pohon, orang itu sudah memiliki gambaran yang lengkap mengenai pohon itu. Banyak sekali pri bahasa yang menggunakan tanaman sebagai kiasan, misalnya
        • “Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya”,
        • “Bagai kacang meninggalkan kulitnya”
        •  “Bagai pinang di belah dua”
        • “Bagai mendapat durian runtuh”
        •  “seperti memakan buah simalakama”
        • dll

IMAJINASI KUDUS SEBAGAI METODE KE 22

Metode ini saya jelaskan tersendiri di   METODE BAHASA GAMBAR KE 22 ; IMAJINASI KUDUS   berhubung karna tulisan tersebut sangat panjang, sehingga lebih enak kalau disendirikan. Namun demikian penjabaran metodenya tetap saya masukkan di halaman tulisan ini. Mohon disimak

DOA SEBAGAI SALAH SATU METODE KE 23.

dibahas tersendiri di bisa anda baca di (KLIK TAUTAN BERIKUT)  METODE DOA SEBAGAI METODE BAHASA GAMBAR KE 23 . Namun demikian penjabaran metodenya tetap saya masukkan di halaman tulisan ini. Mohon disimak.

Sebagai contoh penggunaan multi metode silahkan anda baca di:

lebih kurang 500 lebih

Daftar Metode

“BAHASA GAMBAR”

v     GAMBAR

 

  • Gambar dua dimensi
  • Gambar tiga dimensi
  • Lukisan
  • Mewarna
  • Setting panggung/ dekorasi panggung
  • seragam guru, seragam siswa
  • brand image
  • Peta
  • Bagan / denah
  • Grafik
  • Rambu-rambu
  • Petunjuk arah
  • Gambar cerita
  • Gambar bergerak
  • Gambar lipat
  • Maze (mencari jejak)
  • Puzzle (menyusun potongan gambar menjadi gambar utuh)
  • Menyelesaikan gambar
  • Menjiplak gambar
  • Bermain warna dan arti warna
  • Symbol
  • Logo
  • Merk
  • Tanda tangan
  • Design
  • PIN
  • Stiker
  • Flash Card
  • Kartu
  • Simulasi
  • Ular tangga
  • Kwartet
  • Huruf indah
  • Design
  • Angka yang dihias
  • Lighting
  • Menjodohkan gambar
  • Mirip tapi tak sama
  • Pameran
  • Tebak gambar
  • motif
  • Foto
  • Siluet
  • Spanduk
  • Brosur
  • Poster
  • Parade/Karnafal
  • Komik
  • Pemandangan alam
  • Hiasan dinding/ pajangan
  • Menyelesaikan puzzle
  • printer
  • scanning
  • Mengenalkan bentuk geometri
  • Pengenalan pola
  • mengumpulkan perangko gambar tumbuhan atau binatang
  • Eksperimen di alam
  • Menggambar
  • Pengenalan pola-pola, rumusan-rumusan, hubungan-hubungan
  • Menyelesaikan puzzle, ular tangga dan domino
  • Buat puzzle sendiri dari gambar yang sudah ada
  • Kenalkan bentuk-bentuk sejak dini: oval, trapezium, segi delapan , dll
  • Mengenalkan pola kancing, dan pola warna
  • Berbelanja bersama
  • Membangun bentuk
  • Membentuk bangunan-bangunan
  • Poster dan gambar-gambar
  • Film
  • Design
  • Merancang
  • Grafik
  • Table
  • Permainan konstruktif dan kreatif
  • Balok plastic dan kayu
  • Peta
  • Eksplorasi benda menggunakan kaca pembesar
  • Kartu bergambar binatang, huruf apa yang bengawali kata Bebek
  • Merangkai cerita dari potongan gambar atau Koran
  • Menggunakan gambar, titik-titik, dan symbol-simbol dalam belajar
  • Belajar menggambar peta dan diagram
  • Gunakan pemetaan pikiran
  • Melakukan kegiatan visualisasi
  • Menonton atau membuat sendiri film video
  • Merubah suasana perabot rumah untuk menciptakan sudut pandang berbeda
  • Dan gunakan computer grafis
  • Menggambar dan melukis dengan berbagai media
  • Mencorat-coret
  • Menyanyi, mendengarkan musik sambil mengenal dan membayangkan suatu konsep
  • Membuat kerajinan tangan
  • Mengunjungi berbagai tempat yang unik arsitekturnya
  • Melakukan permaina konstruktif dan kreatif
  • Mengatur dan merancang

v     VISUAL

  • LCD
  • POWER POINT
  • OHP
  • Facebook
  • SMS – pesan rohani
  • Belajar berhitung menggunakan computer
  • Komputer
  • Membaca
  • Akrap dengan kalkulator (3-5 tahun)
  • Eksplorasi benda menggunakan kaca pembesar
  • Ajak melingkari huruf A yang ada di Koran
  • Berbelanja bersama
  • Mengamati kerja ahli atau perancang di pusat ilmu pengetahuan
  • Kamera
  • Gambar dan slide
  • Ke kebun binatang
  • membaca buku buku tentang alam

v     AUDIO VISUAL

  • FILM
  • FILM KARTUN
  • LAYAR TANCAP
  • DRAMA
  • OPERET
  • DRAMA TUNGGAL
  • FRAGMEN/ DRAMA SINGKAT
  • BERMAIN PERAN
  • IKLAN
  • VIDEO KLIP
  • LAWAK
  • YEL – YEL
  • LIGHTING
  • Siaran TV
  • Tata letak
  • Morse dengan cahaya
  • Gerak dan Lagu
  • Menghafal ayat dengan gerakan
  • acting
  • DLL
  • Belajar berhitung menggunakan computer
  • Komputer
  • melihat tayangan TV tentang alam
  • membaca
  • Menggunakan Komputer untuk mengolah kata

v     BENDA TIGA DIMENSI,

  • Percobaan
  • topeng
  • Puzzle tiga dimensi
  • Lego
  • Huruf timbul
  • bunga plastic/ bunga tiruan, awan-awan-an, pohon-pohonan, dll
  • visual spatial
  • accesories
  • berbagai macam bentuk
  • seni melipat / origami
  • Panji-panji
  • Menganalisa dan menafsirkan data
  • Melakukan percobaan praktis
  • Eksperimen di alam
  • Eksperimen di alam misalnya mengamati proses daun kering
  • Memasak
  • Menata meja makan
  • Manata rak sepatu
  • Bermain balok
  • menmbuat sarang
  • membuat gunung meletus buatan
  • Mengenalkan konsep berat dengan bermain timbangan menggunakan alat gantung pakaian (3-6 tahun)
  • Eksplorasi benda menggunakan kaca pembesar
  • Mengisolasi es batu
  • Berbelanja bersama
  • Membuat beberapa prakarya dari sedotan, tali, cat air, dan kreasi tissue
  • Membuat taplak, kalung atau gelang

     ORANG

  • wajah
  • Nama orang
  • mimic muka,
  • perasaan/ emosi seseorang
  • intonasi berbicara
  • tatapan mata
  • gerak-gerik tubuh,
  • kostum,
  • acssecoris,
  • tata rias
  • Outer beauty
  • Suara cirri khas/ intonasi/ logat
  • acting
  • Teladan
  • Ekspresi Kasih
  • Bahasa Tubuh
  • Eksplorasi pikiran melalui diskusi dan olah pikir ringan
  • Memperkaya pengalaman berinteraksi dengan konsep matematika
  • Aktif berdiskusi
  • Mengajak anak berbicara
  • Mencatat sebuah persiapan mengikuti sebuah lomba sampai meraih kemenangan
  • Mengamati kerja ahli atau perancang di pusat ilmu pengetahuan
  • Talenta
  • Karunia
  • Bakat
  • Gelar Talenta
  • Cara menatap
  • Gayaberjalan
  • Cara berpikir
  • Cara mengambil keputusan
  • Memadukan kemampuan matematika dengan musik, oleh raga dan tarian
  • Belajar kelompok
  • Sediakan anak waktu untuk bergaul
  • Gunakan ketrampilan berkomunikasi
  • Belajar membina hubungan antar pribadi
  • Bermain telephone
  • Perayaan dalam pembelajaran
  • Buatlah suasana belajar menyenangkan
  • Belajar melayani orang lain
  • Mengembangkan dukungan kelompok
  • Menetapkan aturan tingkah laku
  • Memberi kesempatan bertanggung jawab di rumah
  • Bersama-sama menyelesaikan konflik
  • Melakukan kegiatan sosial di lingkungan
  • Menghargai perbedaan pendapat antara  si kecil dengan teman sebaya-nya
  • Menumbuhkan sikap ramah dan memahami keragaman budaya lingkungan social
  • Mengikutkan dalam clup bahasa inggris/ clup musik band/ dll
  • Autbond/ kemah/traveling
  • Buku humor

    TELADAN

  • Kisah nyata tokoh tokoh Alkitab
  • Kisah nyata kehidupan Yesus di dunia ini
  • Kisah nyata guru sekolah minggu/ pengkotbah
  • Kisah nyata tokoh-tokoh dunia yang dipakai Tuhan secara luar biasa, biografi dan autobiografi
  • Kisah nyata bangsaIsrael( I Korintus 10)
  • Forum kesaksian
  • Simulasi Alkitab
  • Diskusi didampingi mentor/ guru pendamping
  • Sharing, ngobrol, makan bersama
  • Reat-reat Anak
  • Sekolah Injil Liburan
  • Camping
  • Hiking
  • Ibadah di udara terbuka
  • Pengenalan diri dan orang lain
  • Kerja kelompok
  • Wawancara
  • Presentasi
  • Nama- waktu dan peristiwa
  • Persahabatan, pertemanan, mentoring, pemuridan
  • In-memoriam
  • gaya hidup / life style
  • cara berpikir
  • cara pengambilan keputusan
  • cara merencaranakan sesuatu
  • cara pandang/ cara pikir/ paradigma
  • Gayabicara
  • Penampilan / outer beauty
  • Karakter / inner beauty
  • Nilai-nilai / value
  • Prinsip-prinsip
  • Kepercayaan
  • Kebiasaan
  • Napak Tilas
  • Jaringan social
  • Hubungan
  • Keluarga
  • Ide kreatif
  • Bakat dan talenta
  • Karunia
  • Tebak tokoh
  • Tokoh
  • Film tokoh
  • History/sejarah
  • Track record
  • Pameran
  • Hobby
  • Planning
  • Srategi
  • Lidership
  • Film documenter
  • Film kartun tokoh alkitab
  • Alkitab, kitab sejarah
  • Mengajaknya tertawa dalam gurauan yang lucu
  • Mengajarkannya bersikap sopan santun
  • Tolong menolong
  • Berbagi
  • Kejujuran
  • Berlatih sportif
  • Memberi tanggung jawab  mengerjakan pekerjaan rumah
  • Berdiskusi sambil makan bersama di meja makan
  • Menolong orang yang tertimpa musibah
  • Menghargai perbedaan pendapat antara si kecil dengan teman sebayanya
  • Mengembangkan sikap ramah
  • Mengajak anak memahami keragaman budaya lingkungan sosialnya
  • Bermain talking stick
  • Mengikuti lomba di RT 17-an
  • Mengunjungi tetangga yang mengadakan acara syukuran atau hari raya
  • Berkunjung ke rumah saudara
  • Mengamakan bersama sambil ngobrol
  • Memberi teladan dalam bertingkah laku dan berbahasa
  • Membimbingnya dalam memecahkan suatu masalah
  • Mengajaknya berdiskusi
  • Mengajarkannya cara menghargai orang lain
  • Mengajarkan anak mendengarkan pendapat orang lain
  • Mengajar anak berempati terhadap orang lain/ Mengajaknya ke Panti Asuhan
  • berlomba dan bermain dalam jenis permainan kelompok
  • Memasak bersama
  • Berbelanja bersama
  • Gunakan metode tutor sebaya
  • Mengunjungi dan mempelajari sesuatu di museum

v     EKSPRESI KASIH

  • Pemberian/ gift / hadiah
  • anugrah
  • pujian
  • suprise/ kejutan
  • Hari Ulang Tahun
  • penghargaan
  • Pengorbanan
  • Sentuhan
  • Suratcinta
  • Puisi cinta
  • Pengampunan
  • kegiatan hobby bersama
  • olah raga bersama
  • Membiarkan anak bercerita pengalaman hari itu
  • Berbelanja bersama
  • dll

v     BAHASA TUBUH 

  • Tarian
  • Free Style Dance
  • Tamborine
  • Gerak dan Lagu anak-anak
  • Ayat hafalan sambil gerakan
  • Pantomim
  • Lakon Drama
  • Ice breaker
  • Konfigurasi
  • Outer beauty
  • Bahasa isyarat
  • Morse dengan bendera
  • Hand sign / kode
  • Dirigen
  • Senam
  • Bersepeda
  • Segala jenis oleh raga
  • Mengukur besar kaki (3-4 tahun)
  • latihan fisik
  • tarian
  • gerak-gerik
  • drama
  • bermain peran
  • aktivitas bermain
  • karya wisata dalam belajar
  • alat peraga bongkar pasang
  • menari
  • bermain peran
  • physical gesture (gerak tangan)
  • drama
  • latihan fisik
  • pantomime
  • berbagai olah raga
  • menebak lagu lewat intonasi gerak tubuh, do lutut, re pinggang, dst

v     AUDIO

  • Sound Effec
  • Nada dan irama
  • Musik vocal dan instrumental
  • Jingle iklan
  • Siaran radio
  • Intonasi berbicara
  • Suara ciri khas seseorang
  • Logat
  • narator
  • Slogan
  • Motto
  • Jingle
  • Morse dengan suara
  • power statement
  • macam-macam tepuk
  • yel yel
  • berbagai bahasa dari bangsa dan suku bangsa
  • MP 3
  • Tape recorder
  • CD
  • merekam kicauan burung
  • melihat perlombaan kicauan burung

v     ILUSTRASI

  • Cerita  binatang / cerita fabel
  • Cerita tentang kehidupan manusia
  • Film yang didasarkan bukan pada kisah nyata/ not a true story
  • Cerpen
  • Novel
  • Humor/ lelucon
  • Hasil kliping ilustrasi
  • (Semua point di AUDIO dan atau VISUAL yang inti nya menceritakan tentang sebuah ilustrasi/ cerita penggambaran)
  • Telling story
  • Imajinasi
  • Siaran radio – story
  • Interaksi dengan alam
  • Menceritakan berbagai ragam cerita

v     SENTUHAN

  • Tekstur
  • Drama
  • Bermain peran
  • Tarian
  • Penumpangan tangan
  • Game tertentu
  • Hubungan
  • Keluarga
  • Pertemanan
  • Persahabatan
  • Interaksi dengan alam
  • Hiking
  • Cooking
  • Berbagai macam lomba / kompetisi / festival
  • Party
  • keramahan dan kehangatan
  • Memasak
  • mengembangkan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan indra pengecap, indra peraba untuk menyentuh, dan menggambarkan apa yang sudah diamati, belajar mengklasifikasikan temuan dalam perspektif kesamaan dan perbedaan

v     TULISAN SASTRA /SENI

  • Alkitab
  • Membaca
  • Membaca dan menulis cerita lucu
  • Menulis jurnal atau buku harian
  • Melakukan wawancara
  • Mengelola majalah sekolah minggu
  • Membacakan cerita
  • Merangkai cerita
  • Alkitab, kitab puisi
  • Alkitab,surat
  • Puisi
  • Cerita /story
  • pantun
  • Naskah drama
  • Drama tunggal
  • Novel
  • Cerpen
  • Syair Lagu
  • Suratcinta
  • Perpustakaan anak
  • Buku renungan harian anak
  • Humor
  • Tebak – tebakan
  • Anekdot
  • Memecahkan sandi
  • TTS
  • Gayabahasa
  • Karya tulis
  • Jurnalistik
  • Reportase
  • Diary
  • Laporan perjalanan
  • Dll

v     MUSIK,

  • Irama musik – macam-macam tepuk, yel yel
  • Theme Song
  • Musik Raph
  • Macam-macam tepuk
  • Accord
  • Drum band
  • Jingle iklan
  • Party
  • Memadukan kemampuan matematika dengan musik, oleh raga dan tarian
  • Mengenalkan bilangan melalui sajak berirama dan lagu
  • Menyanyikan lagu
  • Berpacu dalam melody
  • Mengikutkan anak dalam paduan suara
  • Latihan memainkan alat musik
  • Mengganti syair lagu
  • Menebak Warna Suara Musik, dll.
  • Belajar melalui lagu
  • Bekerja dengan mendengarkan musik
  • Mengubah suasana hati anak dengan musik
  • Gunakan musik untuk membuat anak santai
  • Kembangkan fantasi anak dengan musik
  • Belajar menghafal dengan menyanyi lagu rap
  • Mencoba membuat lagu
  • Menyanyi atau memutarkan lagu-lagu
  • Latihan mengenal ritme/ menirukan ritme
  • Belajar bersenandung
  • Melakukan gerak berirama
  • Latihan lagu dan aksi
  • Mendengarkan musik bersama
  • Menggambar dengan diiringi musik
  • Membuat alat musik sendiri
  • Bermain musik lewat computer
  • menebak lagu lewat intonasi gerak tubuh, do lutut, re pinggang, dst
  • Membuat aransemen lagu sederhana dengan handphone

 v     GAME,

  • Simulasi Alkitab
  • Bermain dengan angka
  • Ular tangga
  • Kwartet
  • Ribuan macam permainan yang bukunya bisa anda beli di toko buku
  • Hiking
  • Quiz
  • Cooking
  • Berbagai macam lomba / kompetisi / festival
  • Party
  • Menjodohkan
  • Mirip tapi tak sama
  • Interaksi dengan alam
  • belajar memecahkan masalah
  • Mengerjakan permainan matematika
  • Belajar berhitung menggunakan computer
  • Perkenalkan bilangan nol dengan permainan (3-5 tahun)
  • Temukan konsep udara
  • Bermain dakon
  • Bermain tebak kata
  • Main tebak kata nama benda yang dimulai dengan huruf A
  • menyemprotkan air di bawah terik matahari untuk menciptakan sensasi warna pelangi
  • bermain games “seandainya rumah kita terkena banjir”
  • Memadukan kemampuan matematika dengan musik, oleh raga dan tarian
  • Bermain puzzle kata
  • Menggunakan Komputer untuk mengolah kata
  • Lomba ayat hafalan seru
  • Berpacu dalam melody
  • Cerdas tangkas Alkitab
  • Ajak melingkari huruf A yang ada di Koran
  • Kartu bergambar binatang, huruf apa yang bengawali kata Bebek
  • Main tebak-tebakan
  • Merangkai cerita dari potongan gambar atau Koran
  • main tebakan nama binatang
  • menirukan suara binatang

v     REKAM PERISTIWA

  • Pengalaman buruk yang tak terlupakan
  • Pengalaman menyenangkan, lucu, menggembirakan, dll yang tak terlupakan
  • Babtisan Roh Kudus
  • Wisata Kuliner
  • Reat-reat Anak
  • Sekolah Injil Liburan
  • Camping
  • Hiking
  • rekreasi
  • imajinasi
  • Ibadah di udara terbuka
  • Percobaan
  • Laboratorium/ lab
  • Eksperimen
  • cooking
  • PKL
  • Kuliah Kerja Nyata/ KKN
  • Proyek
  • Party
  • Protokoler
  • Pengamatan
  • Study tour
  • Study banding
  • Prosesi
  • Interaksi dengan alam
  • Foto
  • Handy camp
  • Document
  • Piala
  • Piagam
  • Dapur rekaman
  • Film documenter
  • Tugu peringatan
  • Prasasti
  • Benda bersejarah
  • Buku documenter
  • Pameran foto
  • Kerja kelompok
  • Presentasi
  • Evaluasi
  • Catatan perjalanan
  • Diary
  • surat
  • Mengunjungi dan mempelajari sesuatu di museum
  • belajar dari binatang kesayangan
  • menghitung gigi kucing
  • mengamati awan gelap pembawa hujan
  • mengamati pelangi
  • melihat tanaman tumbu tanpa tanah
  • belajar dari kupu kupu
  • belajar dari pepohonan
  • belajar dari awan
  • belajar dari tata surya
  • belajar dari bunga
  • akuarium untuk mengamati perilaku ikan
  • diorama mini untuk mamalaia serangga, kulit kerang dan bebatuan
  • kamping/ kemah/ berpetualang di hutan. Outbond
  • rekreasi ke kebun binatang
  • mengunjungi tempat pengamatan bintang
  • mengunjungi pasar bunga
  • mengunjungi pasar ikan hias/ pasar burung
  • memelihara kelinci, kura-kura, dll
  • melihat peternakan sapi/ ayam
  • mengembangkan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan indra pengecap, indra peraba untuk menyentuh, dan menggambarkan apa yang sudah diamati, belajar mengklasifikasikan temuan dalam perspektif kesamaan dan perbedaan
  • dll

v     EMOSI

  • Sedih
  • Gembira
  • Lawak
  • Puisi
  • Lagu
  • Novel
  • Cerpen
  • Perubahan emosi
  • Mimik wajah
  • Body language
  • Film
  • Sinetron
  • Diary
  • surat
  • Latihan mengungkapkan perasaan dengan suatu kalimat misalnya “Hari ini aku senang”, diskusikan
  • Membicarakan perasaan
  • Bermain peran
  • Bermain warna untuk mneggambarkan suasana hati
  • Mengubah suasana hati anak dengan musik
  • Melatih dialog batin
  • Menggunakan waktu untuk refleksi diri
  • Belajar mandiri
  • Belajar mendengarkan intuisi
  • Berdiskusi
  • Refleksi
  • Menulis pengalaman diri
  • Menulis buku harian/ orobiografi
  • Ajarkan bertanya
  • Latihan pengendalian diri
  • Latih berpikir positif
  • Membuat buku harian berisi catatan atau gambar yang memuat perasaannya hari itu
  • Merefledksi diri diiringi alunan musik lembut
  • Menerapkan system belajar di dumah dan sekolha yang memperhatikan beberapa aspek sbb:
    • Attention (perhatian), Acceptance (penerimaan), Appreciation (Penghargaan), Affection (kasih sayang)
  • Menciptakan citra diri positif
  • Mempercakapkan kelemahan, kelebihan dan minat si kecil
  • Memberi kesempatan untuk menggambar diri sendiri dari sudut pandang anak
  • Membayangkan diri di masa yang akan datang
  • Mengajak berimajinasi menjadi salau satu tokoh dalam sebuah cerita
  • Belajar berbagi dengan orang lain
  • Belajar mandiri
  • Mengevaluasi hasil pekerjaan sendiri
  • Mengembangkan kehangatan dan keeratan keluarga
  • Memberi dengan senyum

AROMA

  • Memasak
  • Permainan dengan aroma, membedakan berbagai aroma bumbu dengan mata tertutup
  • Membayangkan aroma kaki murid-murid Yesus, saat Yesus mencuci kaki mereka yang kotor setelah perjalanan di hamparan pasir yang mungkin saja mereka menginjak kotoran  kuda, atau onta.
  • Membayangkan aroma masakan Marta, tetapi Yesus dan Maria tetap ashik bercakap-cakap.
  • membayangkan berbagai aroma, saat Adam ada di taman Eden menikmati setiap ciptaan Tuhan, aroma rumput, aroma bunga, aroma apel, aroma durian, dll
  • mencium beberapa benda ciptaan Tuhan, saat mengajar tentang penciptaan, mencium bunga, rumput, batang pohon, daun, dll

RASA

  • mencicipi rasa garam saat menjelaskan kamulah garam dunia
  • wisata kuliner
  • cooking class
  • memasak bersama
  • mencoba resep baru
  • membedakan berbagai macam rasa gula: gula aren, gula pasir, gula batu, gula tepung/ gula bubuk, gula merah / gula jawa,
  • membayangkan rasa masakan Yakub yang diingini oleh Esau…hmmmmm yummy
  • juri lomba masak
  • lomba masak
  • menciptakan resep baru
  • dll

BINATANG

  • Gambar binatang
  • Mengamati kehidupan binatang
  • Camping
  • Hiking
  • Berkemah
  • Berkunjung ke kebun binatang
  • Berkunjung ke peternakan
  • Cerita fabel / cerita tentang kehidupan binatang
  • Menirukan suara binatang
  • Menirukan gerak –gerik binatang
  • Sound effek suara binatang
  • Berternak binatang
  • Binatang piaraan
  • Binatang kesayangan
  • Belajar dari cirri-ciri binatang
  • Lomba Telling story kehidupan binatang dalam berbagai bahasa
  • Film kehidupan binatang, persahabatan binatang dan manusia
  • dll

INTONASI

  • drama
  • puisi
  • telling story oleh anak, oleh guru
  • refleksi
  • narrator
  • lagu
  • yel yel
  • nada berbicara dalam cerita
  • intonasi dalam puisi
  • intonasi dalam drama
  • intonasi dalam dialog/ wawancara
  • intonasi dalam yel yel
  • intonasi dari si penutur berbeda dalam membaca Alkitab, misal nya membedakan suara Herodes, suara malaikat, suara orang majus, dan suara narrator
  • intonasi dalam menghafal ayat hafalan
  • intonasi dalam membaca narasi
  • intonasi dalam lomba telling story, dll
    • pidato
    • siaran TV
    • siaran Radio
    • Pembaca informasi di mall/ stasiun / dll
    • MC

    TUMBUHAN

    • mengamati tumbuhnya taoge dari sebutir kacang hijau
    • berkebun bersama
    • mengamati sifat akar dan hubungannya dengan kerohanian kita (Mazmur pasal 1)
    • menggambar jenis-jenis daun
    • menggambar dengan daun kering beraneka warna; coklat, kuning, hijau, hijau tua dll
    • menghubungkan keharuman bunga dengan Firman Tuhan  II Kor 12: 15-16
    • merangkai bunga
    • membuat rumah-rumahan dengan bunga
    • menghias lilin dengan bunga
    • akar sebagai obat-obatan
    • eksperiment dengan tanaman
    • dll

IMAJINASI

  • Pentas Bayangan
  • Menggambar
  • Bercerita dengan tokoh imajiner/ tokoh tidak dihadirkan langsung, tetapi biarkan ada di pikiran anak-anak
  • cerita fabel
  • cerita khayal
  • cita-cita
  • berpura-pura menjadi…………
  • toys story
  • kartun
  • animasi
  • dll

DOA

  • Mengajak anak-anak berdoa
  • Guru berdoa di depan anak-anak
  • Guru mengajak anak-anak doa keliling
  • Membentuk Pasukan Doa Anak
  • Doa sambil memegang PETA dari area yang didoakan
  • Membuat Altar Calling / setelah selesai menyampaikan materi
  • Menuliskan nama suku yang didoakan di punggung anak-anak, huruf per huruf ( bisa oleh guru atau antar teman) , dalam hal ini, kita memadukan antara Metode Doa dan Metode Sentuhan
  • Membuat kartu doa
  • Membuat agenda doa dan chek list untuk doa yang telah dijawab
  • Membuat Kunjungan Doa
  • Membuat doa area
  •   Membuat rantai doa
  • Membuat ibadah doa khusus
  •   Membuat kotak doa
  • Membuat doa sahabat
  • Membuat doa missi
  • Membuat doa kota
  •   Mengajak anak-anak doa yel yel
  • Mengajak anak-anak doa tari
  • Mengajak anak-anak doa nyanyian
  • Mengajak anak-anak doa prophetik
  • Mengajak anak-anak doa surat
  • Mengajak anak-anak doa untuk teman sekelas dan guru-guru di sekolah
  • Berdoa di pasar
  • Berdoa di mall
  • Berdoa di rumah sakit
  • Berdoa di sekolah
  • Berdoa di panti jompo
  • Berdoa di panti asuhan
  •  Berdoa di rumah anak penyandang cacat YPAC
  • Berdoa di lapangan
  • Berdoa dengan Parade Band
  • Berdoa belaskasihan pada yang menderita
  • Berdoa dengan Karnafal Doa
  • Membuat kliping doa, dengang menggunting data-data suku-suku yang akan didoakan, ,browsing di internet, dll
  • Membuat jaringan doa dengan Lembaga Missi

Kini terjawab sudah pertanyaan kita di atas tadi

  • Tanpa sengaja, kita menyenandungkan melody lagu Caiya-caiya (Briptu Norman) yang sering muncul di TV sambil menyapu/ menyetir, padahal kita belum pernah mempelajari lagu tersebut secara khusus dan hafal syairnya? ITU KARNA MUSIK DARI LAGU TERSEBUT SECARA TIDAK KITA SADARI TELAH MASUK KE AREA PIKIRAN BAWAH SADAR KITA
  • Si kecil, tidak pernah belajar tehnik make up, tetapi suatu hari sang bunda mendapati wajahnya belepotan lipstick. Dari mana ia belajar memakai lipstick dan tahu kalau lipstick itu untuk di bibir bukan untuk di pipi/ di kaki? ITU KARNA SI KECIL TANPA SENGAJA KITA AJARI, DIA SUDAH BELAJAR SENDIRI DENGAN METODE VISUAL/ MELIHAT TELADAN/ CONTOH DENGAN CARA MENIRU
  • Adik kecil yang menjadikan semua benda disekitarnya jadi mainannya, mulai dari piring plastic, sendok, garpu, panci, buku kakaknya, tombol di TV, pasir, gayung, dll. Mengapa ia selalu menjadikan benda di sekitarnya jadi ‘obyek’ mainannya? ITU KARNA BENDA TIGA DIMENSI ADALAH SALAH SATU CARA SI KECIL UNTUK BELAJAR
  • Ditemukan seorang anak yang loncat dari lantai 12 sebuah apartement dengan memakai kostum Superman. Apakah ia tidak tahu bahwa cerita Superman itu cuma cerita khayalan belaka? ITU KARNA FILM AUDIO VISUAL ITU TELAH BERHASIL MEMPENGARUHI SI ANAK YANG OTAKNYA BARU MENGENAL GELOMBANG ALPHA DAN TETHA. Oleh karna itu, system dunia mau memakai semua system yang dipakai dalam kerajaan sorga, tetapi untuk tujuan yang jahat. Kita sebagai pengikut Tuhan, justru jangan sampai tertinggal, untuk menggunakan semua metode kreatif untuk menanamkan kebenaran Firman Tuhan
  • Hampir 100 persen anak-anak menyukai iklan TV.Adaapa sebenarnya dengan iklan itu? ITU KARNA DI IKLAN ADA: MUSIK, CERITA, EKSPRESI WAJAH ORANG, INTONASI YANG MENARIK, VISUAL, AUDIO DANADAGAMBAR LOGO, KEMASAN, TRUE STORY, DLL.

KESIMPULAN:

  1. Semua metode di atas hanya didasarkan pada paradigma “MEMAKAI BAHASA GAMBAR”  baik gambar sungguhan, maupun gambaran yang berupa imajinasi maupun memory akan sebuah peristiwa
  2. Dan jika semua metode itu kita teliti: semuanya itu sudah mencakup 5 macam fungsi otak tengah/ mesencephalon
    1. Fungsi Visual
    2. Fungsi audio
    3. Fungsi motorik
    4. Fungsi memori dan recalling memory
    5. Fungsi hormonal sehingga kegiatan belajar dapat dilakukan secara simultan/ serempak
    6. Semua metode di atas juga tidak terlepas dari  3gayabelajar VAK, Visual, Auditory, Kinestetik, dan juga tambahan dari saya sendiri, yaitu metodegayabelajar EMOSI
    7. Semua metode belajar dengan cara yang menyenangkan di atas, tentu sangat mendukung teori system limbic yang melibatkan otak tengah/ mesenchephalon, dimana suasana belajar yang menyenangkan akan menolong emosi anak dalam menyerap pelajaran/ inti pembelajaran
    8. Semua metode di atas menggunakan dominasi gelombang Alpha otak anak-anak yang menjadi akses ke pikiran bawah sadar yang kekuatannya 9 kali lipat lebih kuat daripada pikiran sadar, yaitu: dengan semua kegiatan yang berbau:
      1. Relaksasi ( semua aktifitas yang menyenangkan dan membuat anak-anak relaks)
      2. Menghayal
      3. Visualisasi
      4. Pra tidur
      5. Tutup mata tetapi masih sadar
    9. Dan semua metode di atas telah mencakup 9 dimensi kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gardner

1)      Kecerdasan musical (music smart)

2)      Kecerdasan Gerak Tubuh (body smart)

3)      Kecerdasan Visual Spatial (picture smart)

4)      Kecerdasan Logika Matematika (number smart)

5)      Kecerdasan linguistik (word smart)

6)      Kecerdasan Intrapersonal (self smart)

7)      Kecerdasan interpersonal (people smart)

8)      Kecerdasan Naturalis

9)      Kecerdasan Spiritual atau Eksistensial

10. Dari semua metode di atas, dapat kita simpulkan bahwa semua indra kita dapat dipakai menjadi bahasa gambar, mulai dari indra pengelihatan, indra pendengaran, indra perabaan, indra penciuman dan indra pengecap

klik tautan berikut ini untuk mendapatkan gambaran yang lengkap mengenai multi metode mengajar kreatif
BAGAN MULTI METODE MENGAJAR KREATIF

  • Cerita hanyalah salah satu metode diantara ratusan/ bahkan mungkin ribuan metode (karna masih banyak yang belum saya daftarkan di sini). Alat peraga berupa gambar juga hanyalah salah satu metode saja di antara ribuan metode yang ada. Mari simak bagaimana Tuhan Yesus menggunakan berbagai macam metode dalam interaksinya dengan murid-murid-Nya, Dia memakai puisi (ucapan bahagia), ilustrasi (anak yang hilang), teladan hidup (doa pagi, dll), benda tiga dimensi (balok dan selumbar), percobaan/ eksperimen (lilin di bawah gantang) visual (burung pipit yang tidak menabur, bunga bakung), ekspresi kasih (salib), sentuhan (saat mengoles mata orang buta dengan tanah, dll), Dia juga mengajak murid-murid-nya menyanyikan nyanyian pujian, mengutus mereka dalam rekam peristiwa (pengutusan 70 murid), emosi (tangisan melihat Yerusalem, kemarahan kudus, di bait Allah), dll Tuhan Yesus memakai semua metode yang ada.  Anda bisa simak metode mengajar yang digunakan Yesus lebih detail  di alamat surel berikut:

1. Mencontoh teladan Yesus yang mengajar dengan kreatif

MENCONTOH TELADAN YESUS GURU KREATIF MULTI METODE

2. Teladan Yesus dalam berinteraksi dengan anak-anak

TELADAN YESUS DALAM BERINTERAKSI DENGAN ANAK-ANAK

POWER POINT MAKALAH INI DAPAT ANDA KLIK DI TULISAN INI:

 POWER POINT 500 METODE MENGAJAR KREATIF

BACA TULISAN TERKAIT:

zwani.com myspace graphic comments

Doa dan harapan saya, kita bisa lebih kaya lagi dalam menggunakan ‘metode mengajar’…..jangan memakai metode yang itu-itu saja dan membosankan anak-anak.

2 pemikiran pada “500 METODE KREATIF

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s