MELATIH ANAK ‘THINK OUT OF THE BOX”


THINK OUT OF THE BOX

zwani.com myspace graphic comments

Berpikir keluar dari kotak, berpikir kreatif, terkadang membawa kita pada cara berpikir yang tidak biasa. Modal inilah yang menjadikan kita inovatif, super kreatif, produktif, dan menjadi modal penting dalam kehidupan di era global.

Misalnya, jual soto ayam sudah biasa. Jual pecel pun sudah biasa. Tetapi inofasinya adalah jual pecel yang disiram kuah soto. Maka orang bisa makan pecel tetapi pecel yang berkuah, dan pecinta soto serta pecel pun terpuaskan dalam satu menu.

Jual durian sudah biasa, tetapi ketika durian dijadikan krupuk durian, itu baru namanya unik.

Jual telur ayam sudah biasa, tetapi bagaimana kalau kulit telur ayam itu bisa dijadikan lukisan mahal….waaau itu sesuatu hal yang luar biasa. Dari barang murah, bahkan barang sampah bisa menjadi barang bernilai jual tinggi.

Bagaimana melatih anak-anak think out of the box ? Saya mendorong para orang tua melatih anak-anak berpikir keluar dari kotak, think out of the box.

Apakah ada ide ini di Alkitab? Jelas ada…!! Daud adalah salah satu tokoh yang mau diajak Tuhan Think Out of the Box. Raja Saul sudah meminjamkan baju perangnya yang ‘WAJAR’ digunakan untuk berperang, tetapi selain karna terlalu berat dan besar bagi si imut Daud, Daud punya cara sendiri untuk think out of the box. Kalau pada zaman Daud orang berperang menggunakan perisai, tombak, panah, pedang, itu sudah hal yang UMUM,  tetapi jika Daud menggunakan batu kali yang licin, ….itu baru namanya kreatif, inovatif, dan ternyata pilihan caranya memang tepat, batulah yang dipakai untuk menembus pelipis Goliat, dan ternyata dari seluruh kostum perang Goliat itu, hanya daerah pelipislah yang TERBUKA/ SIAP SEBAGAI SASARAN SERANGAN.

Dari mana Daud mendapat ide itu? Saya yakin, tentu dari kedekatan/ keintiman Daud dengan Tuhan.  Mengapa saya sangat yakin…? Karna Alkitab mencatat bahwa setiap kali Daud akan berperang, dia selalu bertanya dan berkonsultasi dengan Tuhan sebagai Panglima perangnya, baik mengenai maju tidaknya, kemungkinan menang kalahnya, waktu yang tepat, dan juga strategi apa yang harus digunakan. Daud tidak pernah mengandalkan kekuatannya sendiri, pengalaman keberhasilannya di masa lalu, terbukti saat menghadapi musuh yang sama dalam waktu beruntun, walaupun sebelumnya dia menang, tetap di peperangan selanjutnya dia bertanya lagi pada Tuhan, ia tidak serta merta menggunakan strategi klise yang itu-itu saja, hanya gara-gara ada kemenangan di masa sebelumnya.

Semakin seseorang intim dengan Tuhan, semakin kreatif, semakin punya cara berpikir yang terlihat ‘TIDAK LAZIM’, ‘ANEH’ , tetapi toh berhasil juga.

Di manakah letak kreatifitas itu? Di pikiran bawah sadar…(pada saat kita tidur…yang bekerja di otak kita adalah pikiran bawah sadar, semua kebiasaan yang kita ulang-ulang akan mengendap di pikiran bawah sadar, dan semua yang kita renungkan/ lamunkan/pikirkan menjelang tidur, hal itulah yang akan masuk ke pikiran bawah sadar, bahkan terkadang bermunculan dalam mimpi kita)

Pada saat Adam tidur nyenyak…Tuhan melakukan operasi pertama di dunia, dimana Dia menciptakan Hawa. Saat Tuhan MENCIPTA dari tulang rusuk Adam…saat itulah tertanam yang namanya KREATIFITAS/ THINK OUT OF THE BOX.

Mazmur 127:2 menulis “Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah–sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.”

Itulah sebabnya saat kita menjelang tidur, mari pikirkan rhema Firman Tuhan, lamunkan Firman, renungkan kisah-kisah Alkitab, dan kebenaran Firman yang tertanam dalam pikiran bawah sadar itulah yang akan memberi ide-ide cemerlang, kreatifitas dan cara berpikir think out of the box itu.

Bagaimana dengan anak-anak kita ? Beri mereka cerita alkitab bergambar pada mereka sebelum mereka, berceritalah pada mereka tentang Tuhan, tokoh-tokoh Alkitab, ajak mereka berdoa, menyembah dan jadikan moment menjelang tidur itu sebagai saat yang PENTING.

Itulah inti sebenarnya melatih anak THINK OUT OF THE BOX,

Cara yang saya akan kemukakan di bawah ini hanyalah salah satu cara mengasah saja, tetapi sumbernya adalah dari yang saya jelaskan di atas tadi.

Seperti orang belajar musik, saya bisa mengajarkan padanya penjarian, accord, irama, dll, tetapi rasa MUSIKALITAS itu tidak bisa diajarkan. Untuk mendapatkan rasa musikalitas, seseorang harus banyak mendengar musik, dan menghidupi musik itu sendiri.

Demikian juga dengan Think Out of the Box, harus latih anak menghidupi Firman, itu yang utama, sedangkan cara-cara melatihnya, itu hanya cara mengasahnya saja.

Ada banyak cara melatihnya, ada banyak cara, tetapi di tulisan ini saya hanya mengetengahkan salah satu cara, yaitu dengan cara melatih anak-anak menggunakan satu alat permainan yang hanya diciptakan untuk satu tujuan, menjadi puluhan cara bermain yang ‘TIDAK BIASA’ . Di situlah imajinasi anak berkembang, ide-idenya pun bertambah, dan dia tidak akan pernah melihat sesuatu hal dengan hanya cara yang biasa-biasa saja, melainkan dari satu objek permainan, ia dapat memperoleh puluhan cara bermain yang baru.

Permainan DONAT bersusun milik anak saya, saya mainkan bersama dengan dia dengan beberapa cara, walaupun mainan ini sebenarnya hanya diciptakan untuk satu tujuan, yaitu disusun bertingkat dari yang paling besar menuju ke yang paling kecil.

Saya mengajak anak saya bermain dengan memutarnya, menjadikannya berbaris seperti kereta api, menyusunnya dengan warna pelangi, menjadikannya seperti planet, membiarkan dia melepas rangkaian planet itu, melepas alas dan kerucutnya, menjadikannya gelang, menjadikannya gelang kaki, mengelompokkan sesuai warnanya, menjadikannya gelang tangan, menjadikannya seperti kacamata, atau seperti hand phone, memutar-mutar di jari anda, atau menjadikannya seperti gasing yang berputar di lantai. Anda bisa juga menyusunnya menjadi bentuk lingkaran, segitiga, atau segi empat, sambil mengenalkan bentuk-bentuk kepadanya.

Mungkin anda punya puzzle balok kayu, balok balok ini sebenarnya diciptakan untuk permainan puzzle, tetapi anda bisa menjadikannya menara (disusun bertingkat ke atas), seperti kereta api (disusun berjajar), disembunyikan dan di cari, dimasuk keluarkan dari tas, dlsb.

Ayo latih anak-anak think out of the box …!! Dan cetak generasi Genius Indonesia, bagi kemuliaan nama Tuhan..!!

KITA MASUK DALAM PENGEMBANGAN MATERI INI (Sudah diseminarkan di Guru-Guru Sekolah Shikinah Temanggung)

ADA DUA CARA THINK OUT OF THE BOX:

 Dari satu media dipakai untuk menjelaskan banyak hal : kita namakan EKSPOSISI, contoh hanya dengan media benih; Tuhan menjelaskan 4 sikap hati, BENIH untuk menjelaskan sikap hati yang siap menerima Firman Tuhan, dll, semuanya hanya dengan satu media, yaitu BENIH.

Cara ini kita gambarkan sebagai sebuah sumur yang sangat dalam. Sumur itu memang kecil, tetapi dalam sekali. Hanya satu sumur memang, tetapi yang penting dalam. Cara inilah yang kita namakan EKSPOSISI

. “Media bertanya…..”untuk apakah saya?” Kita yang menjawabnya dengan banyak jawaban

  1. Dari banyak media/ banyak cara  dipakai untuk menjelaskan satu topic saja , kita namakan TOPIKAL, 

contohnya: Topik mencari yang hilang, Tuhan Yesus menjelaskan dengan 3 cerita : dirham yang hilang, domba yang hilang dan anak yang hilang. Jadi yang satu itu TOPIKnya, tetapi menjelaskannya dengan berbagai cara.

Berbeda dengan yang eksposisi tadi, yang dipakai hanya satu media, tetapi untuk menjelaskan berbagai topik, sedangkan yang topikal ini, yang dipakai hanya satu TOPIK saja, tetapi menggunakan banyak media/ cara untuk menjelaskannya.

Cara ini kita gambarkan seperti laut yang sangat luas, tetapi airnya sama semua ASIN. Semua airnya asin, tetapi pembahasan mengenai air asin ini bisa mencakup penjelasan mengenai ikan yang hidup di air asin, apa saja isi laut itu, dll

Kita bertanya…, banyak media/cara yang menjawabnya”

SEMOGA FOTO-FOTO BERIKUT CUKUP MENJELASKAN DENGAN LEBIH GAMBLANG.

EKSPOSISI : DARI GLITER YANG SAMA UNTUK MENJELASKAN BEBERAPA HAL

EKSPOSISI : DARI GLITER YANG SAMA UNTUK MENJELASKAN BEBERAPA HAL

EKSPOSISI : DARI GLITER YANG SAMA UNTUK MENJELASKAN BEBERAPA HAL

EKSPOSISI : DARI GLITER YANG SAMA UNTUK MENJELASKAN BEBERAPA HAL

EKSPOSISI ; DARI GLITER YANG SAMA UNTUK MENJELASKAN 3 HAL, YESUS MATI BUAT MENYUCIKAN HATI KITA SEHINGGA KITA BISA BERSINAR BAGAI BINTANG .

EKSPOSISI ; DARI GLITER YANG SAMA UNTUK MENJELASKAN 3 HAL, YESUS MATI BUAT MENYUCIKAN HATI KITA SEHINGGA KITA BISA BERSINAR BAGAI BINTANG .

TOPIKNYA SAMA ; YAITU BINTANG, TETAPI DIBUAT DARI BANYAK CARA. INI DINAMAKAN TOPIKAL.

TOPIKNYA SAMA ; YAITU BINTANG, TETAPI DIBUAT DARI BANYAK CARA. INI DINAMAKAN TOPIKAL.

TOPIKNYA SAMA, YAITU BINTANG, TETAPI BISA DIBUAT OLEH BERBAGAI CARA.INILAH YANG DINAMAKAN TOPIKAL.

TOPIKNYA SAMA, YAITU BINTANG, TETAPI BISA DIBUAT OLEH BERBAGAI CARA.INILAH YANG DINAMAKAN TOPIKAL.

BINTANG DARI GLITER INI JIKA DIKELOMPOKKAN DENGAN GAMBAR SALIB DAN HATI DARI SESAMA GLITER, DINAMAKAN EKSPOSISI. TETAPI JIKA DIKELOMPOKKAN DI SESAMA GAMBAR BINTANG LAINNYA, WALAUPUN DIBUAT DARI JIPLAKAN DAUN ATAU TABUR WADAH SUSU, DINAMAKAN TOPIKAL, KARNA SAMA-SAMA MENJELASKAN TOPIK MENGENAI BINTANG.

BINTANG DARI GLITER INI JIKA DIKELOMPOKKAN DENGAN GAMBAR SALIB DAN HATI DARI SESAMA GLITER, DINAMAKAN EKSPOSISI. TETAPI JIKA DIKELOMPOKKAN DI SESAMA GAMBAR BINTANG LAINNYA, WALAUPUN DIBUAT DARI JIPLAKAN DAUN ATAU TABUR WADAH SUSU, DINAMAKAN TOPIKAL, KARNA SAMA-SAMA MENJELASKAN TOPIK MENGENAI BINTANG.

PRAKTEK EKSPOSISI:

Praktek 1: Menjiplak Daun :

BACA TULISAN TERKAIT:

“ DAUN INI BISA JADI…………………….UNTUK MENJELASKAN…….”

  1. Jiplakan Daun ini …..bisa jadi gambar apa saja?
    1. Pohon
    2. Jalan
    3. Bunga
    4. Sinar Matahari
    5. Kipas
    6. Tangga
    7. Salib
    8. Hati
    9. Gelombang
    10. Pancara Hati
    1. Gambar-gambar itu bisa untuk mengajarkan apa saja?
    • Pertumbuhan pohon
    • Bagian-bagian bunga
    • Hubungan sinar matahari dan daun/ proses fotosintesis
    • Warna: hijau, kuning, coklat, dll
    • Macam-macam bentuk daun
    • Menghitung dengan daun
    • Cerita Mazmur Pasal 1

TULISAN TERKAIT: klik tautan di bawah ini

DARI SATU MEDIA SAJA YAITU DAUN, UNTUK MENJELASKAN 8 AYAT YANG BERBEDA ARTI. INI YANG DINAMAKAN METODE EKSPOSISI

HANYA DARI SATU MEDIA SAJA, YAITU NAT LANTAI KERAMIK, ANDA PAKAI UNTUK MENJELASKAN 8 HAL YANG BERBEDA. INI YANG DINAMAKAN EKSPOSISI

Praktek 2 : Bermain Paper Klip

“ PAPER CLIP BISA JADI…………………….UNTUK MENJELASKAN…….”

  1. Bisa jadi apa saja dan untuk mengajarkan apa paper clip ini?
    1. Mengelompokkan sesuai warnanya/ belajar mengenal warna
    2. Merangkai menjadi kalung/ gelang——-belajar seni
    3. Menggambar dengan paper clip -seni
    4. Membentuk bentuk bentuk geometri :segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dll (matematika)
    5. Membentuk segitiga kecil dan besar : teori perbandingan
    6. Menimbang beratnya : teori matematika, ukuran, dll
    7. Mengukur luas, keliling dan isi dengan satuan paper clip (matematika)
    8. Membandingkan mana lebih banyak, warna putih, kuning, biru, dll (matematika)
    9. Membuat maracas dengan memasukkannya dalam botol (musik)
    10. Membedakan isi yang sama dari botol yang berbeda ( timbre/ musik)
    11. Menjepit kertas, untuk memadukan huruf kecil dan huruf besar (bahasa/ belajar huruf)
    12. Membentuk huruf, angka, dll (membaca)
    13. Membuat puisi dari melihat paper clip/ thema pelangi
    14. Membuat code dengan paper clip ( satu: pedas, dua dengan telur; tiga tanpa telur, dll): belajar kemasan / dagang
    15. Membuat harga berbeda untuk tiap warna, dan bermain jual beli dengan paper clip sebagai uangnya (matematik dan dagang)
    16. Membuat lingkaran lingkaran untuk dilompati (kinestetik)
    17. Membuat garis start dan finish untuk lomba lari
    18. Main sembunyi warna yang hilang dari pengelompokan warna (bodily kinestik ( di alam, natural)
    19. Mencari jejak di alam dengan code dari paper clip
    20. Menghias Botol Bekas
    21. Untuk titik-titik jam dan juga untuk jarum jamnya
    22. Rantai yang mengikat simson
    23. Kalung pada lehermu (amsal)
    24. Dll

PRAKTEK TOPIKAL

“ KITA AKAN MEMBUAT GAMBAR SALIB ……………DENGAN CARA……………”

Tulisan terkait dapat anda klik di :

SATU TOPIK SAJA YANG DIBAHAS YAITU SALIB, TETAPI MENGGUNAKAN BERBAGAI CARA , CARA MENGGORES, CARA MENGGESER KERTAS, DLL. INILAH YANG DINAMAKAN TOPIKAL

MENJIPLAK KERAMIK UNTUK MENGGAMBAR SALIB

  • Mengubah arahnya
  • Mengubah jumlahnya
  • Mengubah warnanya
  • Mengubah alatnya (cryon dan cat air)
  • Menimpa dengan warna putih untuk mendapatkan warna pastel
  • Mengubah bentuknya
  • Mengubah cara mengarsirnya
  • dll

MENGAJAR SATU SATUAN PELAJARAN, DENGAN RIBUAN IDE

  • Matematika – menghitung luas dan keliling segi empat.

Baca tulisan terkait: Klik pada tulisan berikut.

MULTI METODE UNTUK PARA MAMA MENGAJAR ANAK MATEMATIKA

Model : Melody Harvest Elnerd Widiono

DISUSUN BIASA DARI BESAR KE KECIL

DISUSUN BIASA DARI BESAR KE KECIL

DISUSUN SESUAI WARNANYA

DISUSUN SESUAI WARNANYA

DIPUTAR DI JARI, PADUKAN DUA WARNA

DIPUTAR DI JARI, PADUKAN DUA WARNA

KERETA APIKU 'APIK'

KERETA APIKU 'APIK'

GASING

GASING

JADI PLANET-PLANETAN

JADI PLANET-PLANETAN

SEKUAT TENAGA MELEPAS 'PLANET' DARI 'LINTASANNYA'

SEKUAT TENAGA MELEPAS 'PLANET' DARI 'LINTASANNYA'

HOREEEEE JADI GELANG...!

HOREEEEE JADI GELANG...!

KAKIKU JADI LUCU

KAKIKU JADI LUCU

INJAK INJAK

INJAK INJAK

Haloooo

Haloooo

TEROPONG DONAT

TEROPONG DONAT

BONGKAR PASANG

BONGKAR PASANG

PELANGI-PELANGI ALANGKAH INDAHMU

PELANGI-PELANGI ALANGKAH INDAHMU

SALAM UNTUK ANAK-ANAK INDONESIA....

SALAM UNTUK ANAK-ANAK INDONESIA....

zwani.com myspace graphic comments

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s