31. SI SEMUT YANG RAJIN


MINGGU 31
CERITA ALKITAB PER KELAS

SI SEMUT YANG RAJIN
(Disadur dari Renungan Anak: Spirit Junior, Vol 39,  Jumat 02 Januari 2009)

SIKAP HATI : RAJIN / DILIGENT,
BEKERJA SAMA DALAM KELOMPOK / TEAMWORK

BUAH KARYA KAK ALNINDA RAMANDANI

BUAH KARYA KAK ALNINDA RAMANDANI

MAKASIH YA KAK KARNA UDAH MAU BERBAGI BERSAMA KAMI...

MAKASIH YA KAK KARNA UDAH MAU BERBAGI BERSAMA KAMI…

gotong royong si semut

gotong royong si semut

DAN INI FOTO KIRIMAN DARI TEMAN FACEBOOK SAYA KAK TRIFENA CAROLINE MANURUNG, MEDAN

KEREN ABIS YA..

KEREN ABIS YA..

Untuk diketahui guru :
(diambil dari makalah seminar “Jenius Cara Alkitab”, sesi 7)

Salomo memiliki 5 dimensi kecerdasan, dan diantaranya adalah kecerdasan natural/ nature smart, dimana ia memahami dunia tumbuh-tumbuhan dan dunia binatang, hal ini dapat anda baca di I Raja-raja 4: 33

Dimensi kecerdasan Salomo:
1.    wordsmart; menciptakan 3000 amsal
2.    people smart; pandai menjalin hubungan politik luar negri, sehingga mendatangkan banyak upeti
3.    picture smart; Salomo mendesign sendiri Bait Allah dan istananya yang sangat megah I raj 6: 38
4.    music smart, karna salomo juga menggubah lagu sejumlah 1005 lagu ( I Raj 4: 32)
5.    nature smart , ahli flora dan fauna ( I Raja 4: 33)

Bacaan Guru
Amsal 6: 6-11

Aktifitas Awal
1.    ajak anak-anak membaca Amsal 6: 6-11
2.    ajak anak-anak berburu semut di ruangan sekolah minggu, usahakan jangan membunuh semut, hanya mengambilnya sehati-hati mungkin dalam keadaan hidup, lalu ditunjukkan kepada guru pengajar…hayo siapa yang dapat mengambil semut paling cepat?
3.    guru membawa sesendok gula dalam sebuah plastic terbuka dan membiarkannya tergeletak di lantai, selama mengajar dan aktifitas biarkan gula tersebut dan nanti di akhir kelas akan kita lihat apakah sudah ada semut yang datang. Boleh juga menaruh gula di sebuah kebun di halaman gereja, seminggu sebelumnya, dan biarkan anak-anak penasaran dengan apa sebenarnya maksud dari kegiatan ini
4.    kreatifitas Guru SM GPDI Bayeman, Magelang, mereka memberi teka-teki pada anak anak, buka kitab ke 20, pasal ke 6, ayat ke 6, kata ke 5. Jangan disebut kata itu, dan sekarang ambil plastic ini dan cari kata itu.

Cerita:

Raja Salomo adalah seorang Raja yang paling bijaksana di seluruh dunia, dia seorang yang sangat pandai, dia suka memperhatikan kehidupan binatang dan tumbuh-tumbuhan. Raja Salomo menasihati kita agar kita meneladani si semut

Semut, badannya kecil, ia adalah binatang yang imut, sekali injak atau cubit aja dia bisa mati.  Walaupun imut, badannya kecil, tetapi semut itu adalah binatang yang rajin, dan suka bekerja keras.

Semut tidak pernah duduk-duduk dan melamun, tidur-tiduran dan bermalas-malasan. Coba perhatikan kalau ada semut yang naik ke meja makanmu, pasti ia terus berjalan untuk mencari makanan.
Waktu seekor semut bertemu dengan sebutir gula, ia akan menggotongnya dan dibawanya ke sarang.
Semut tentu saja merasa capek juga, apalagi kalau sarangnya jauh, tetapi semut tidak malas, ia tetap membawa makanan itu ke sarangnya yang jauh itu.

Lalu kalau makanan yang diangkatnya itu terlalu besar….misalnya potongan roti, ia tidak berkata begini “ waaaaaaaaaaaaaah makanan ini terlalu besar……berat, malas ah aku, aku nggak jadi mengangkatnya ah….aku cari makanan lain yang lebih kecil aja ah….”

Tidak seperti itu, ia malah pergi memanggil kawan-kawannya, dan mengajak kawan-kawannya bekerja sama untuk memikul roti yang berat itu. Dan kawan-kawannya pun mau

“Bantu aku mengangkat roti besar di sebelah sana ya….?”
”baiklah…..aku pasti Bantu, yook kita ke sana…”

Betapa luar biasa ya semangat si semut itu, semut tidak memikirkan dirinya sendiri, Ia mencari makanan bukan untuk dimakan sendiri, melainkan ia mencari makanan untuk seluruh bangsanya yang tinggal di sarangnya.

Naaah adik-adik, mulai sekarang kita mau rajin seperti semut.

Pada saat kamu dibangunkan papa atau mama di pagi hari, jangan berkata begini…”sebentar ma,  lima menit lagi aku bangun” atau “sek ma…..sebentar ma….” Latihlah dirimu langsung bangun dengan segera, saat mama atau papa membangunkanmu.

Kamu bisa Bantu mama menyiapkan sendok dan garpu untuk makan seluruh keluarga. Kamu juga bisa bantu membuang sampah pada keranjang sampah, sehingga tidak mengotori rumah. Kamu juga bisa bantu mama menyiram tanaman. Sehabis bermain jangan malas merapikan mainan, kembalikan mainan di tempatnya semula, sehingga rumah terlihat tetap rapi.

Kalau ayah dan ibu minta tolong kepadamu untuk mengambilkan baju adik di almari, lakukan dengan sukacita, kita harus suka menolong orang lain seperti yang dilakukan semut, mereka mau saling menolong dan bekerja sama.

Jangan mau kalah sama si imut semut ya….?

Ayat Mas:
Amsal 6: 6

Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak

Permainan
Tujuan permainan:     melatih anak-anak bekerja sama dalam kelompok seperti semut dan kawan-kawannya; teamwork

Guru menyiapkan sebuah tali rafia (untuik satu kelompok) yang cukup panjang sehingga anak-anak dapat memasukkan tubuhnya ke tali yang sudah disambung kedua ujungnya sehingga membentuk sebuah lingkaran tersebut.

Buat anak-anak menjadi beberapa kelompok yang jumlah orang dalam tiap kelompok sama, misalnya masing-masing kelompok berjumlah 5 orang.

Lima orang membentuk lingkaran , dengan bergandengan tangan, letakkan lingkaran tali rafia tersebut pada salah satu gandegan tangan.

Dalam hitungan satu-dua –tiga, semua kelompok harus memindahkan tali tersebut dari orang A kembali ke orang A secara estafet, tetapi tidak boleh melepaskan gandengan tangan. Kelompok tercepat dicatat sebagai pemenang.
Lakukan beberapa kali, sehingga semakin lama setiap kelompok semakin menemukan cara tercepat, dengan strategi yang baru yang mereka temukan. Pemenang setiap termin dicatat. Dan yang paling banyak menang dialah kelompok pemenang.

Jelaskan arti permainan ini pada anak-anak :
Kita harus dapat bekerja sama dalam kelompok, seperti halnya semut. Dalam bekerja sama dalam kelompok mungkin ada teman yang bekerjanya cepat, ada yang lambat, namun kita tidak boleh saling menyalahkan, melainkan kita harus menemukan cara yang baik sehingga semua dapat bekerja sama dengan baik.

Khusus untuk kelas BESAR

Tugas untuk dibawa pulang, dan hasilnya dikumpulkan minggu depan.
Di bawah ini kakak telah menyiapkan fakta tentang semut yang didapat dari hasil penelitian ilmiah, yang kakak ambil dari:

http://satriasputra.blogspot.com/2010/06/10-fakta-unik-mengenai-semut-yang-belum.html

Tugas kalian adalah menjodohkan hasil penelitian ini dengan ayat mana yang paling cocok di Amsal 6.

Nilai terbaik, akan mendapat stiker point tambahan minggu depan.

Semut diantara serangga lainnya:
Semut merupakan salah salah satu spesies serangga yang paling canggih, hampir tidak ada serangga lain yang sekuat semut.

Jumlah populasi semut
Jumlah Semut Sangat Banyak Sekali. Jika dikalkulasikan, 10% dari semua total hewan merupakan semut. Dan jika ditotal massa semua semut di bumi sama dengan total massa semua manusia di bumi.

Mengapa populasi semut bisa sedemikian hebat? Karna semut adalah binatang yang ahli beradaptasi dengan lingkungan di mana mereka tinggal

Umur Semut
Umur Semut Hanya Beberapa Bulan Berbeda dengan Ratunya. Semut pekerja hanya mampu bertahan hidup selama 45-60 hari, namun ratu semut bisa hidup hingga berumur 20 tahun. Dan ketika sang ratu mati, koloni semut tsb hanya bisa bertahan beberapa bulan.
Kecerdasan Semut

Semut Lebih Pintar Daripada yang Kalian Pikirkan
Binatang dengan otak paling besar proporsinya jika dibandingkan dengan tubuhnya adalah SEMUT. Mereka dikenal sebagai species paling cerdas di antara serangga-serangga lainnya dengan sekitar 250.000 sel otak.
(1. cocok dengan Amsal 6; ayat………………….)
Pembagian Tugas di Kerajaan Semut
Semut mengerti tentang pembagian tugas/ ahli dalam pendelegasian tugas. Sang ratu semut pasti lebih besar daripada pekerjanya.
•    Tugas  Ratu semut : Setelah menemukan koloni baru, tugas sang ratu adalah untuk menghasilkan banyak semut pekerja, semut jantan dan ratu lainnya. Mereka bisa hidup selama 20 tahun dan bisa memproduksi ribuan telur dalam hidupnya.
•    Tugas Semut jantan : semut jantan memiliki tubuh yang paling kecil dalam kasta semut. Tugas mereka hanya satu, yaitu menemani sang ratu dalam mereproduksi. Dan akan mati setelah beberapa hari.
•    Semut pekerja memiliki tugas mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni serta ratu.
•    Semut tentara bercirikan memiliki kepala yang besar. Tugas utamanya adalah menjaga sarang mereka dari serangan musuh.
Jadi tugas ratu semut di sini bukan untuk memimpin, mengatur atau menguasai semut lainnya, melinkan hanya untuk mereproduksi/ menghasilkan semut lain sebanyak mungkin. Meskipun demikian, setiap semut mengerti tugasnya masing-masing dan tidak bermalas-malasan dalam menjalankan tugas masing-masing tersebut.
(2. cocok dengan Amsal 6: ayat…………………….)
Semut Ahli Bekerja Sama
Bisnis si Semut
Semut sangat kompak, ahli bekerja sama dalam kelompok. Ia sangat rajin mengumpulkan makanan dan mencari mangsa yang ditaklukkannya secara berkelompok.
Semut Karnivora. Di Afrika dan Asia, ada spesies semut yang bisa membunuh dan memakan binatang lain yang lebih besar dengan cara “mengeroyokinya”. Semut itu dikenal dengan nama Driver Ant, Safari Ant dan Siafu. Jenis semut itu merupakan pemburu yang sangat kuat, dan mereka memanfaatkan jumlah mereka saat mengincar mangsa.

Driver ant pernah ditemukan membunuh bayi manusia dan kuda yang sedang tertambat di kayu. Driver ant akan membunuh apapun yang berada di dekat sarang mereka, bahkan 100.000 ekor binatang mati dalam sehari karena koloni semut ganas ini. Semut ini juga suka berpindah-pindah untuk mencari mangsa, seperti serangga, laba-laba, kadal, ular, ayam dan binatang kecil lainnya. Terkadang memanjat pohon dan menyerang burung di sarangnya.
Semut memiliki ‘bisnis’ sendiri. Bisnis semut adalah dalam bidang pertanian, dan peternakan:
Semut Sangat Ahli di Bidang Pertanian. Para semut menggunakan teknik budidaya tanaman kebun yang sangat canggih untuk meningkatkan hasil panen mereka. Mereka membuat dan melepaskan zat kimia dalam bentuk lendir yang kaya antibiotik untuk menghambat pertumbuhan jamur.
Semut yang Suka Beternak. Semut beternak Aphid, sejenis kumbang.
Semut madu mendapatkan madu yang manis dar hasil sekresi aphid. Semut tsb akan melindungi dan memberi makanan kumbang. Mereka memilihkan tanaman yang cocok untuk Aphid tinggal dengan aman. Jika ada predator atau parasit datang, maka semut tsb akan memboyong aphid ke tempat lain. Mereka akan mempertahankan dan membela aphid.
(3, sangat cocok dengan Amsal 6: ayat……………….)
PRAJURIT NOMOR SATU

Kemiskinan bisa datang seperti penyerbu, dan kekurangan bisa menyerang seperti orang yang bersenjata. Hal ini disebabkan karna kemalasan. Jika kita malas, kita pasti dikalahkan oleh kemiskinan, tetapi sebaliknya jika kita rajin, kita pasti dapat mengalahkan kemiskinan dan menjadi orang yang berkecukupan bahkan berkelimpahan. Tinggal di sini, siapa yang memenangkan peperangan ini, kemiskinan, atau kerajinan.

Oleh karna itulah, si semut merupakan binatang yang berjuang untuk hidup dan mereka dikenal sebagai binatang yang merupakan PRAJURIT NOMOR SATU.
Semut Merupakan Ahli Strategi Perang. Spesies semut yang berbeda, bahkan yang sama sekali pun terkadang “bertarung” dan “berperang” satu sama lain, dan bisa berlanjut selama beberapa jam, hari bahkan minggu. Salah satu pertempuran semut yang paling luas jangkauaanya adalah pertempuran sejenis Pavement Ant. Dan pertempuran paling besar adalah antara superkoloni semut Argentina yang menyebabkan jutaan korban semut yang tewas dalam sehari. Beda lagi dengan semut Amazon, mereka adalah sejenis semut yang suka “memperbudak” semut lain untuk dijadikan pekerja. Sebelum menyerang mereka akan mengobservasi sarang lawan. Setelah dua hari, semut amazon pun langsung menyerang, dengan mudah mereka menaklukkan lawannya yang rata-rata telah panik dan tidak terorganisir sama sekali.
Melihat itu semua, semut menjadi serangga pembunuh paling hebat di dunia…
Semut memiliki system pertahanan sarang
Semut juga ahli bangunan, dimana mereka membangun sarang mereka juga dibangun dengan sistem yang sangat canggih untuk mengontrol temperature dan kelembaban
Ayo perangi kemiskinan dengan kerajinan kita. Kalau kita tidak rajin, maka kemiskinanlah yang akan ‘menang’ atas hidup kita.

(4. Sangat cocok dengan Amsal 6: ayat………..)

SANG AHLI ORGANISASI
Semut Adalah Ahli Organisasi dan sangat menjaga kesatuan/ unity. Bisa Membentuk Superkoloni. Semut argentina merupakan jenis semut yang suka menyerang. Mereka membentuk superkoloni yang besar dan banyak sekali di Kalifornia. Superkoloni tersebut memiliki jutaan sarang dengan jangkauan hampir ratusan mile (ratusan kilometer) dan kedalaman sarang 6 meter ke bawah. Semut dari sarang yang berbeda namun dalam satu koloni sangat jarang terlihat salin serang satu sama lain. Superkoloni terbesar terdapat di Kalifornia bagian selatan, dengan panjang 600 mile (sekitar 965 kilometer)
(5. Cocok dengan Amsal 6: ayat……………..)
Kunci jawaban untuk guru korektor:
1.    ayat 6b
2.    ayat 7
3.    ayat 8
4.    ayat 10-11 (keterangan: semut ahli berperang. Dengan ‘kerajinan’ seperti sifat semut, kita pun dapat memerangi kemiskinan)
5.    ayat 12-19 (keterangan: semut ahli organisasi yang selalu menjaga unity/ kesatuan, Amsal 6: 12-19 menjelaskan bahwa ada 7 hal yang merusak kesatuan/ Unity tersebut, kalau kita mau berhasil seperti semut, kita harus buang 7 dosa tersebut sehingga tercipta unity/kesatuan.
Betul 5 : score 100, betul 4, score 80, betul 3 score 60, betul 2, score 40, betul satu, score 20.
Lembar jawaban siswa:
1.    Cocok dengan Amsal 6: ayat……………….yang berisi:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.    Cocok dengan Amsal 6: ayat……………….yang berisi:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.    Cocok dengan Amsal 6: ayat……………….yang berisi:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.    Cocok dengan Amsal 6: ayat……………….yang berisi:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.    Cocok dengan Amsal 6: ayat……………….yang berisi:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

zwani.com myspace graphic comments

About these ads

2 pemikiran pada “31. SI SEMUT YANG RAJIN

  1. ethenk berkata:

    terima kasih untuk ide cerita tentang semut ini, saya sedang bingung aktivitas bgm pengembangan materi ttg nats alkitab ini, Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s