43. BERMAIN PETAK UMPET


MINGGU KE 43
GABUNGAN KELOMPOK UMUR

BERMAIN PETAK UMPET
SIKAP HATI : TENANG / CALM

DAUD BERSEMBUNYI DI GOA ADULAM

DAUD BERSEMBUNYI DI GOA ADULAM

elia bersembunyi di tepi sungai kerit

elia bersembunyi di tepi sungai kerit

gua tempat nabi-nabi bersembunyi

gua tempat nabi-nabi bersembunyi

Kain di Timur Eden

Kain di Timur Eden

Yunus melarikan diri ke Tarsis

Yunus melarikan diri ke Tarsis

BERIKUT INI HASIL KARYA : KAK DAISY BAHARUTAN, KAK YULI BENGEN DAN KAK TINTIN

Anak Sembunyi di Gua Adulam, Karya Kak Deasy Malino dan kawan-kawan

Anak Sembunyi di Gua Adulam, Karya Kak Deasy Malino dan kawan-kawan

Anak Sembunyi

Anak Sembunyi

Di tepi sungai Kerit dari konstruksi Meja

Di tepi sungai Kerit dari konstruksi Meja

Dibalik Pohon-pohon dari konstruksi meja

Dibalik Pohon-pohon dari konstruksi meja

Dibalik Pohon-Pohon

Dibalik Pohon-Pohon

Gua Adulam dari konstruksi Meja + Sprei

Gua Adulam dari konstruksi Meja + Sprei

BERIKUT INI HASIL KARYA KAK LIDYA FRANSISCA, KAK ALNINDA RAMANDANI DAN DIBANTU BEBERAPA ANAK REMAJA

Bagian Belakang Gua Adulam, KARYA KAK ALNINDA RAMANDANI DAN KAWAN-KAWAN.

Bagian Belakang Gua Adulam, KARYA KAK ALNINDA RAMANDANI DAN KAWAN-KAWAN.

Tampak Depan Gua Adulam

Tampak Depan Gua Adulam

Eden

Eden

Gua TEMPAT BERSEMBUNYI OBAJA DAN KAWAN KAWAN

Gua TEMPAT BERSEMBUNYI OBAJA DAN KAWAN KAWAN

Sungai Kerit, PERHATIKAN ADA AIR BUATAN DARI KARTON BIRU....!! SANGAT KREATIF...THANKS UNTUK KAKAK-KAKAK YANG MAU REPOT.

Sungai Kerit, PERHATIKAN ADA AIR BUATAN DARI KARTON BIRU….!! SANGAT KREATIF…THANKS UNTUK KAKAK-KAKAK YANG MAU REPOT.

Eden, TEMPAT BERSEMBUNYI ADA, DAN HAWA DI BALIK POHON POHON

Eden, TEMPAT BERSEMBUNYI ADA, DAN HAWA DI BALIK POHON POHON

Timur Eden, TEMPAT PELARIAN KAIN

Timur Eden, TEMPAT PELARIAN KAIN

Tumpukan Barang-Barang, TEMPAT SAUL BERSEMBUNYI

Tumpukan Barang-Barang, TEMPAT SAUL BERSEMBUNYI

YANG BERPOSE DI BAWAH INI ADALAH: YULI BENGEN, TINTIN, DAISY BAHARUTAN, DAN ALNINDA RAMANDANI

Label Nama BERUPA KALUNG

Label Nama BERUPA KALUNG

Karet Gelang  DARI KARTON DAN GELANG KARET KARYA KAK ALNINDA RAMANDANI

Karet Gelang DARI KARTON DAN GELANG KARET

YANG BERPOSE DI ATAS ADALAH: KAK YULI BENGEN, TINTIN, ALNINDA RAMANDANI DAN KAK LIDYA FRANSISCA

HOM PIM PA....YANG DIGANTI DENGAN MATIUS MARKUS LUKAS YOHANES

HOM PIM PA….YANG DIGANTI DENGAN MATIUS MARKUS LUKAS YOHANES

keterangan foto di atas : HOM PIM PA DI RUANG EVALUASI GURU SEUSAI PUAS BERMAIN BERSAMA ANAK-ANAK

BERIKUT INI FOTO-FOTO PELAKSANAAN MATERI INI DI GPDI PETRA JAKARTA, 21 JULI 2013 , di bawah asuhan : KAK ASTUTI, KAK MUTIARA, KAK PERMATA, KAK AURYN, KAK PETRA DAN KAK AUDY.

DEKORASI SEMUA TEMPAT SEMBUNYI DIKERJAKAN OLEH

K’Astuti, K’Petra, K’Permata

YUNUS LARI KE TARSUS MENGGUNAKAN KAPAL

GOA ADULAM

GOA UNTUK PARA NABI BERSEMBUNYI

SAUL BERSEMBUNYI DI BALIK TUMPUKAN BARANG

Komentar Kak Astutik Ningsih:

anak2 sukacita, antusias, krn petak umpatnya lain dr pd yg lain, anak2 belajar nama2 tokoh alkitab, tenang saat sembunyi, byk hal pelajaran yg mereka petik termasuk gurunya jg ikut sukacita.

Komentar dari salah satu anak:

” Ayo ibu kita ngupat bareng …!”

Keterangan dari Kak Astuti: Sotoh rumah dibuat di tangga yang mau naik ke lantai 5, Sungai Kerit, di dekat kamar mandi, Timur Eden di buat di ruangan

Anak-anak dewasa ini sangat menyukai permainan yang berhubungan dengan layar, misal game, PS, dll.
Permainan seperti PETAK UMPET jaman dahulu, sudah ditinggalkan, padahal permainan PETAK UMPET memberi hal-hal sebagai berikut yang tidak dapat diberikan oleh  permainan yang berhubungan dengan layar
1.    Mengenal nama teman sepermainan
2.    Bermain fisik/ berlari
3.    Belajar bersikap tenang/bersembunyi
4.    Mengenal seluk beluk gedung.
5.    Mengenal utara, barat, selatan, dan timur (arah mata angin)

Mari kita lihat tokoh-tokoh Alkitab yang diceritakan di alkitab mereka bersembunyi/ berlari ke tampat pelarian:
1.    Adam dan Hawa bersembunyi—di balik pohon-pohon—–lokasi pertama : dibalik pohon-pohon). Mengapa adam bersembunyi? Karna ia takut kepada Tuhan, setelah ia berbuat dosa, melanggar perintah Tuhan.
2.    Kain menjadi seorang pelarian dan pengembara di Bumi, karna dihukum oleh Tuhan setelah ia membunuh adiknya Habel, akhirnya Kain pun pergi ke sebelah Timur Eden—-lokasi ke dua : di sebelah timur dari POS
3.    Saul bersembunyi di balik barang-barang saat ia ditunjuk untuk menjadi Raja Israel yang pertama , mengapa? Karna ia merasa minder, menjadi orang yang berasal dari suku terkecil dan dari kaum yang paling hina—lokasi ke tiga, di balik barang-barang
4.    Daud bersembunyi di Gua Adulam, bersama banyak orang, mengapa ia bersembunyi? Karna ia dikejar-kejar oleh Saul, untuk dibunuh, mengapa ia akan dibunuh? Karna Saul iri pada Daud, sebenarnya Daud tidak melakukan kesalahan apa-apa. Lokasi ke empat: sebuah goa (goa buatan guru, bisa berupa kursi yang disusun, bisa berupa kamar/kelas, dll, gunakan imajinasi anak)
5.    Elia bersembunyi di tepi sungai Kerit. Mengapa Elia bersembunyi di tepi sungai Kerit? Karna Tuhan memerintahkan ia bersembunyi di sana selama masa kelaparan/kekeringan, Di tepi sungai Kerit itulah Tuhan memerintahkan burung gagak mengirim Hot Dog pada Elia. Lokasi ke lima, dei dekat kolam/ kamar mandi (pokoknya yang ada air-air/ atau yang di dekat sarang burung.)
6.    Gerombolan nabi yang disembunyikan oleh OBAJA di goa, mengapa Obaja menyembunyikan nabi-nabi ini? Karna nabi-nabi ini tidak iktu menyembah BAAL, dan nabi-nabi ini harus disembunyikan di Goa agar tidak dibunuh oleh ratu Isebel yang jahat itu. ( I Raj 18: 13)—-lokasi ke enam, goa yang lebih besar karna dapat menampung banyak nabi. (goa ciptaan guru sendiri, bisa berupa susunan kursi atau sebuah kelas)
7.    Yunus, melarikan diri jauh dari hadapan Tuhan, dengan cara naik kapal ke Tarsis, bukan ke Niniwe seperti yang Tuhan perintahkan.—lokasi ke tujuh, kapal bayangan, guru membuat gambar kapal dari tali rafia / kapur, dll (berupa siluet saja) di sebuah tempat, sang anak yang bersembunyi di situ nanti harus duduk di atas gambar kapal itu.
8.    Dua pengintai yang disembunyikan oleh Rahab di sotoh rumahnya – lokasi ke delapan : lantai II.

KETERANGAN: (Usulan ini diusulkan oleh sahabat saya; Ibu Susan Malino, S.Psi. Terimakasih pada Ibu Susan Malino atas ketelitian dan koreksinya yang sangat bermanfaat sekali bagi pelaksanaan materi ini)

Jika anda tidak ingin anak-anak mengalami kebingungan antara bedanya tokoh Alkitab yang bersembunyi dalam konotasi negatif ( bersembunyi dari dosa, bersembunyi dari panggilan Tuhan, dll) dengan bersembunyi dalam konotasi positif ( bersembunyi pada Tuhan, saat membutuhkan tempat persembunyian yang aman, dikala takut dikala sedang diancam, dll)

Pilih saja salah satu, ingin membahas KITA TIDAK MUNGKIN BERSEMBUNYI DARI HADIRAT TUHAN, atau yang kedua TUHANLAH TEMPAT PERSEMBUNYIAN YANG PALING AMAN. Tokoh dari kedua topik tersebut jelas berbeda, dengan pengelompokan sbb:

KITA TIDAK MUNGKIN BERSEMBUNYI DARI TUHAN:

  1. Adam dan Hawa bersembunyi—di balik pohon-pohon—–lokasi pertama : dibalik pohon-pohon). Mengapa adam bersembunyi? Karna ia takut kepada Tuhan, setelah ia berbuat dosa, melanggar perintah Tuhan.
  2. Kain menjadi seorang pelarian dan pengembara di Bumi, karna dihukum oleh Tuhan setelah ia membunuh adiknya Habel, akhirnya Kain pun pergi ke sebelah Timur Eden—-lokasi ke dua : di sebelah timur dari POS
  3. Saul bersembunyi di balik barang-barang saat ia ditunjuk untuk menjadi Raja Israel yang pertama , mengapa? Karna ia merasa minder, menjadi orang yang berasal dari suku terkecil dan dari kaum yang paling hina—lokasi ke tiga, di balik barang-barang
  4. Yunus, melarikan diri jauh dari hadapan Tuhan, dengan cara naik kapal ke Tarsis, bukan ke Niniwe seperti yang Tuhan perintahkan.—lokasi ke tujuh, kapal bayangan, guru membuat gambar kapal dari tali rafia / kapur, dll (berupa siluet saja) di sebuah tempat, sang anak yang bersembunyi di situ nanti harus duduk di atas gambar kapal itu.

TUHANLAH TEMPAT PERSEMBUNYIAN YANG PALING AMAN

  1. Daud bersembunyi di Gua Adulam, bersama banyak orang, mengapa ia bersembunyi? Karna ia dikejar-kejar oleh Saul, untuk dibunuh, mengapa ia akan dibunuh? Karna Saul iri pada Daud, sebenarnya Daud tidak melakukan kesalahan apa-apa. Lokasi ke empat: sebuah goa (goa buatan guru, bisa berupa kursi yang disusun, bisa berupa kamar/kelas, dll, gunakan imajinasi anak)
  2. Elia bersembunyi di tepi sungai Kerit. Mengapa Elia bersembunyi di tepi sungai Kerit? Karna Tuhan memerintahkan ia bersembunyi di sana selama masa kelaparan/kekeringan, Di tepi sungai Kerit itulah Tuhan memerintahkan burung gagak mengirim Hot Dog pada Elia. Lokasi ke lima, di dekat kolam/ kamar mandi (pokoknya yang ada air-air/ atau yang di dekat sarang burung.)
  3. Gerombolan nabi yang disembunyikan oleh OBAJA di goa, mengapa Obaja menyembunyikan nabi-nabi ini? Karna nabi-nabi ini tidak iktu menyembah BAAL, dan nabi-nabi ini harus disembunyikan di Goa agar tidak dibunuh oleh ratu Isebel yang jahat itu. ( I Raj 18: 13)—-lokasi ke enam, goa yang lebih besar karna dapat menampung banyak nabi. (goa ciptaan guru sendiri, bisa berupa susunan kursi atau sebuah kelas)
  4. Dua pengintai yang disembunyikan oleh Rahab di sotoh rumahnya – lokasi ke delapan : lantai II. Karna pertolongan Tuhan, dua pengintai ini dipertemukan oleh Tuhan dengan perempuan sundal bernama Rahab yang menyembunyikan mereka

Guru-guru SM GPDI Bayeman sangat kereatif, dimana mereka mendekor kelas sedemikian rupa, sehingga di beberapa titik/sudut kelas menjadi tempat persembunyian. Jadi permainan ini disulap mereka menjadi permainan IN DOOR, walaupun konsep awalnya adalah OUTDOOR.

Aturan Main
•    Tentukan dulu 1 tempat sebagai POS
•    Buatlah tulisan nama-nama tokoh Alkitab yang bersembunyi sbb, di sebuah karton yang lumayan besar, sehingga bisa dikalungkan di dada menggunakan tali rafia.:
1.    Adam dan Hawa (dua anak, laki-laki dan perempuan)
2.    Kain
3.    Saul
4.    Daud dkk (boleh lebih dari satu anak, sesuaikan jumlah anak di kelas)
5.    Elia
6.    Obaja dkk (boleh lebih dari satu anak, sesuaikan jumlah anak di kelas)
7.    Yunus
8.    Dua Pengintai

•    8 tempat sembunyi di atas adalah fleksibel, dimana anda bisa memilih 3 TEMPAT SEMBUNYI saja untuk KELAS KECIL, 4 TEMPAT SEMBUNYI saja untuk KELAS TENGAH, dan 5 TEMPAT SEMBUNYI untuk kelas besar. Kelas PRA REMAJA memakai 8 tempat sembunyi juga boleh (karna disesuaikan tingkat kesulitan yang ada) Pilihlah tokoh yang terkenal di mata anak-anak seusianya.
•    Sesuaikan dengan lokasi, jumlah anak yang bermain, serta umur anak.

MENJELAJAHI TEMPAT SEMBUNYI

Awal dari permainan ini, ajak anak anak jalan-jalan di masing-masing tempat sembunyi. Dari satu tempat ke tempat lain.Di tiap lokasi ada guru yang menerangkan siapa tokoh yang seharusnya bersembunyi di lokasi itu dan mengapa ia bersembunyi di situ. Jika anak terlalu banyak bisa acara jalan-jalan ini dibuat berkelompok, misal kelomp 1 di lokasi 1, kelompok 2 di lokasi 2, dst semuanya serempak, sehingga menghemat waktu, setelah selesai 2 menit, kini kelompok 1 menuju lokasi 2, kelompok 7 ke lokasi 1, dst.
Setiap anak harus mendapat penjelasan singkat di semua lokasi ( kalau 1 lokasi memakan waktu 2 menit, maka diperlukan 14-15 menit)
Selama berkeliling, tugas anak-anak adalah Mereka harus menghafal antara lokasi dan nama tokoh yang bersembunyi di lokasi itu

KALUNG ATAU GELANG

Buatlah kalung atau gelang yang bertuliskan nama-nama tokoh yang bersembunyi, sbb:
ADAM
HAWA
KAIN
SAUL
DAUD
KAWAN-KAWAN DAUD
KAWAN-KAWAN DAUD
KAWAN-KAWAN DAUD
KAWAN-KAWAN DAUD
KAWAN-KAWAN DAUD
KAWAN-KAWAN DAUD
KAWAN-KAWAN DAUD
ELIA
OBAJA
KAWAN-KAWAN OBAJA
KAWAN-KAWAN OBAJA
KAWAN-KAWAN OBAJA
KAWAN-KAWAN OBAJA
KAWAN-KAWAN OBAJA
KAWAN-KAWAN OBAJA
KAWAN-KAWAN OBAJA
YUNUS
PENGINTAI YERIKHO 1
PENGINTAI YERIKHO 2

Jika murid anda ada 10 orang, maka sebagai gambaran:
Ada 1 orang yang JADI/ dapat tugas mencari lokasi teman-teman.
Ada 6 orang yang dapat kalung nama
Dan ada 3 orang yang dapat nama sama Gerombolan Nabi (jumlah ini disesuaikan jumlah sisa dari murid anda)
Aturan main:

Setelah semua anak menghafal lokasi:
Hom pim pa menggunakan lagu Matius-Markus-Lukas-Yahya dengan frasering sbb:
Matius markus lukas yahya ! ( tangan membuka/menutup- yang banyak keluar lingkaran)
Kisah rasul roma korintus ! dst
Yang kalah dua orang pingsut dengan lagu
I want to be your friend a little beat more ! (pas more- pingsut)
Yang paling kalah harus jaga POS
Badan berbalik ke tembok, tangan menutupi wajah, tidak boleh mengintip, hitung sampai 20
Teman-teman yang lain, ambil salah satu kalung atau gelang…dan harus bersembunyi di pos yang tepat sesuai dengan nama, misal dapat nama Elia, berarti harus bersembunyi di dekat kolam atau di dekat kamar mandi/ lokasi air, yaitu lokasi bernama TEPI SUNGAI KERIT. Siapa yang salah lokasi, KALAH.
Kalung yang sudah dipakai harus dipakai dalam keadaan terbalik, sehingga namanya tidak terbaca oleh si JADI.
Setelah hitungan ke 20, yang JADI tadi harus mencari teman di semua lokasi, jika sudah ketemu tempat, dia harus menyebut nama tokoh dengan tepat, misal di dekat kamar mandi dia menyebut DAUD, dia KALAH, pada saat dia mencari lokasi teman-teman yang jauh atau dekat, teman-teman lain yang melihat POS tidak terjaga dengan baik, boleh berlari ke arah POS dan memegang pos sambil berkata HALELUYA!
Tapi kalau dalam perjalanan menuju POS terkejar dan tertangkap oleh si JADI, maka yang tertangkap itu KALAH.
Yang Kalah tidak boleh main lagi.
Hom pim pa lagi untuk menentukan siapa kali ini yang JADI.
Jika murid anda banyak…maka permainan bisa dibagi dalam beberapa termin. Permainan ini bisa digabung beberapa kelas sekaligus

Para memenang ditanding lagi/ final.

Di akhir permainan, jelaskan pada anak-anak, bahwa:
1. di mana pun kita berada , kita tidak dapat bersembunyi dari hadapan Tuhan, contoh Adam, Yunus, dll.  Mazmur 139: 7 kemana aku dapat pergi menjauhi Roh-Mu? Ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu.
2. Pada masa-masa sulit, Tuhan menjadi tempat kita bersembunyi , Mazmur 91:2 tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku yang kupercayai. Tuhan pasti akan melindungi kita dari orang jahat, misal Daud di goa adulam, nabi-nabi yang disembunyikan Obaja, dll.
Salah seorang Guru di GPDI Bayeman menambahkan penerapan dalam kehidupan keseharian, yang sangat apik, dan ingin saya tambahkan di sini. (terima kasih pada Kak Sisca
Bersembunyi dari kesalahan itu tidak baik, misalnya, Tiko baru saja memecahkan vas bunga kesayangan mama. Saat mama bertanya siapa yang memecahkan, maka si Tiko pun bersembunyi dari kesalahannya dan berkata “Itu pasti kucing ma….bukan aku kog”
Misalnya, nilai ulangan jelek, bersembunyi dari Papa, hasil ulangan diseobek dan dibuang di tempat sampah, kalau ditanya guru bilang saja buku ulangannya hilang. Itu namanya bersembunyi dari kesalahan.
Ada lagi yang bersembunyi dari dosa. Misalnya melakukan pencurian, dengan sembunyi-sembunyi, mumpung tidak ada yang lihat, ambil uang dari dompet mama. Untuk main PS.
Ada lagi yang bersembunyi dari keminderannya. Misalnya ditunjuk guru untuk jadi sekretaris kelas, tidak mau…alasannya tulisannya jelek, padahal bukan itu, alasan sebenarnya yang disembunyikan sebenarnya hanya karna malu pada teman-teman kalau jadi sekretaris. Itulah yang terjadi dengan Saul, dia malu/ minder, sehingga bersembunyi di balik barang-barang, padahal Tuhan menunjuk dia menjadi seorang Raja.
Dimana pun kalian menyembunyian dosa atau kesalahan, atau keminderan kalian, percuma saja TUHAN tetap tahu apa yang kalian lakukan, sama seperti Tuhan tetap tahu kemana Yunus melarikan diri, Tuhan tetap tahu.
Bersembunyi pada perlindungan Tuhan itu baik. Misalnya…saat kita sedang sedih, tidak ada seorang pun yang bisa mengerti kita, papa mama maupun teman-teman, tidak ada satu pun yang mengerti kesedihan kita, jangan menempuh jalan BUNUH DIRI, tetapi datanglah berlindung pada TUHAN, datanglah bersembunyi di perlindungan Tuhan, berdoalah pada Tuhan, karna mungkin hanya Tuhan yang saat itu bisa mengerti hati kita yang paling dalam.

Terimakasih pada Kak Siska untuk penambahan /pengayaan materi ini/ aplikasi yang sangat mendarat ke kehidupan anak-anak ini. Tuhan memberkati pelayanan kakak.
TIPS: Sediakan air minum kemasan, agar anak-anak dapat dilegakan saat berlarian dan kehausan.

zwani.com myspace graphic comments

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s