MARAK PEMAKAIAN PROGRAM SB DI GEREJA GEREJA ATAU DI SEKOLAH SEKOLAH MINGGU


Marak pemakaian program SB di gereja gereja, di sekolah minggu. Komentar saya:
1. Kaji apakah anak anak tidak menjadi pasif bila tiap minggu dijejali metode berulang , metode audio visual terus terusan?
2. Kaji lagi secara teologia, kalau perlu hadirkan 10 pakar teologia. Masalahnya apakah para teolog adalah orang orang yang perduli pelayanan anak, perduli asupan anak-anak, dan masalahnya adalah apakah para pelayan anak mengerti teologia?
3. Apakah sebelum menandatangani kotrak, kita sudah melihat semua tayangan yang akan disajikan ke anak anak, atau hanya sample/ mencicipi saja beberapa tayangan? Memutar apa yang belum kita tonton, sama dengan menyajikan makanan ke anak -anak tanpa peduli itu beracun atau tidak bagi mereka.
4. Coba bikin penelitian dulu, apakah anak anak tidak bertambah bingung setelah menyaksikan tayangan itu. Contoh; beri angket, minta mereka jawab: Siapakah yang menyelamatkan Daniel dari goa singa itu? A. Tuhan mengutus malaikatNya mengatupkan mulut singa-singa itu. B. Robot itu mau menolong tetapi sudah keduluan malaikat Tuhan C. Saya bingung.
5. Apakah anda yakin, penjelasan anda untuk membuat anak anak tidak bingung dengan Firman Tuhan, setelah tayangan selesai, itu bekerja dengan baik? Apa anda bisa menang saingan dengan tayangan yang dibuat semenarik mungkin, sementara penjelasan anda hanya berupa -pen-je-la-san??? Bukankah setelah tayangan selesai, otomatis anak anak langsung ingin pulang? Diajak diskusi lagi..?? Emang semenarik apa anda membawakan diskusi itu?
6. Hanya karena gereja A pakai atau gereja B pakai, lalu anda juga ikut ikutan?
7. Apa peduli kita dengan siapa yang mengeluarkan produk ini, sejarah pembuatan dlsb. Yang penting bagi kita adalah, apakah anak anak kita mendapat asupan makanan yang BENAR.

Mrk 9:42

“Barangsiapa menyesatkan u salah satu dari anak-anak kecil 1 yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya v lalu ia dibuang ke dalam laut.

Kalau anda tanya saya, saya akan berkata NO !!

Kalau anda tanya pada Tuhan, berdoalah sebelum menandatangani kontrak. Ada damai sejahtera atau tidak.

8. Coba dikaji lagi di SB tersebut, ada dibuka dan dibaca nggak Alkitabnya..??? Atau…??? Bagaimana perlakuannya terhadap Alkitab…apakah Alkitab itu sama dengan jimat?
9. Coba dikaji lagi di SB tersebut, apakah tokoh modern intervensi ke dalam cerita atau sekedar sebagai narator saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s