BEGIDIK


Pas melihat wesite nya..

Cukup heran juga, kog nggak dibahas ya kalau penulis aslinya dari negara itu. Siapa dan lain lain…

Tapi wikipedia baik hati.


Waduh waktu melihat websitenya memang menarik banget ya..

Acaranya banyak

Ada parentingnya

Ada kesaksian anak anak

bener bener keren banget..

pasti modulnya juga keren.

TETAPI MOHON PERIKSA KONTEN VIDEONYA. SAMA NGGAK DENGAN YANG DI ALKITAB.

Kalau ada yang bilang sama…saya cukup ragu, dia itu pembaca Alkitab atau bukan.

 


TEPAT SEPERTI

Standart ketepatan kita, seringkali beda dengan standart ketepatan Tuhan.

tetapi ketika Firman Tuhan menulis TEPAT SEPERTI, itu artinya ketepatan itu, TEPAT seperti yan Tuhan maui.

Jadi yang sering menjadi konflik di antara kita adalah, standart ketepatan kita tidak sama.

Jadi supaya sama, semua orang harus mengacu pada KETEPATAN SESUAI ALKITAB.

Jadi yang mungkin anda anggap ” Ah gitu aja nggak papa, nggak mengubah esensi cerita inti”

Bagi saya apa-apa !! Karena contoh; Daud mengeluarkan domba dari mulut singa. Itu bagi saya ada artinya, yaitu menggambarkan bagaimana Yesus sebagai Gembala Agung kita melepaskan kita dari cengkraman kuasa iblis. Nah ketika bagian itu tidak terceritakan sesuai dengan Firman Tuhan, tidak ada proses duel antara Daud dengan singa itu, bagi saya itu TIDAK TEPAT. Tetapi bagi anda …ah itu biasa aja.

Arti kata DOSA sebenarnya TIDAK TEPAT SASARAN.

Ini bukan masalah suka atau tidak suka, tetapi masalah TEPAT atau TIDAK TEPAT.

Bahkan raja raja yang jahat pun dikatakan TEPAT …tepat dalam hal jahatnya.

TEPAT itu bicara tentang STANDART ketepatan, baik tepat baiknya, maupun tepat jahatnya.

Nah anda tidak bisa berdiri di tengah. Harus pilih salah satu TEPAT baiknya atau TEPAT jahatnya.

1.00) Kel 39:42

Tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, i demikianlah dilakukan orang Israel segala pekerjaan melengkapi itu.

(1.00) Kej 6:22

Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan e Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.

(0.88) Kel 29:35

Maka haruslah kauperbuat demikian kepada Harun dan kepada anak-anaknya, tepat seperti yang Kuperintahkan kepadamu; selama tujuh hari haruslah kautahbiskan mereka.

(0.88) Kel 31:11

minyak urapan b dan ukupan c dari wangi-wangian untuk tempat kudus; tepat seperti yang telah Kuperintahkan d kepadamu haruslah mereka membuat semuanya.”

(0.80) Ams 25:11

Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak. k

(0.75) Kel 40:16

Dan Musa melakukan semuanya itu tepat seperti yang diperintahkan f TUHAN kepadanya, demikianlah dilakukannya.

(0.72) Bil 1:54

Maka orang Israel berbuat demikian; tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah diperbuat mereka.

(0.68) Yer 52:2

Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN tepat seperti yang telah dilakukan Yoyakim. m

(0.68) Ul 31:5

TUHAN akan menyerahkan t mereka kepadamu dan haruslah kamu melakukan kepada mereka tepat seperti perintah yang kusampaikan kepadamu.

(0.67) 2Raj 23:32

Ia melakukan apa yang jahat o di mata TUHAN tepat seperti yang dilakukan oleh nenek moyangnya.

(0.67) 2Raj 23:37

Ia melakukan apa yang jahat v di mata TUHAN tepat seperti yang dilakukan oleh nenek moyangnya.

(0.67) 2Raj 24:9

Ia melakukan apa yang jahat q di mata TUHAN tepat seperti yang dilakukan ayahnya.

(0.67) 2Raj 24:19

Ia melakukan apa yang jahat h di mata TUHAN tepat seperti yang dilakukan Yoyakim.

(0.67) 2Raj 15:3

Ia melakukan apa yang benar t di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Amazia, ayahnya.

(0.67) 2Raj 15:34

Ia melakukan apa yang benar a di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Uzia, ayahnya.

(0.67) 2Raj 18:3

Ia melakukan apa yang benar r di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Daud, s bapa leluhurnya.

(0.66) Kel 10:29

Kemudian Musa berkata: “Tepat seperti ucapanmu itu! Aku takkan melihat b mukamu lagi!”

(0.66) 2Taw 26:4

Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Amazia, ayahnya.

(0.65) 2Taw 29:2

Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Daud, z bapa leluhurnya.

(0.64) Yos 10:32

Dan TUHAN menyerahkan Lakhis kepada orang Israel. Yosua merebut kota itu pada hari yang kedua. Kota itu dan semua makhluk yang ada di dalamnya dipukulnya dengan mata pedang, tepat seperti yang dilakukannya terhadap Libna.


Pernah dalam suatu conference diperkenalkan suatu kurikulum.

Kurikulum ini unik, karena sebelum cerita Alkitab, mereka menggunakan cerita imajinasi.

Dan kontennya bagus.

Lha ngapain saya contra-in… Semua yang BAGUS untuk anak Indonesia saya dukung.

Selama itu bagus ya saya dukung.

Ada yang tanya; Bu bagaimana pendapat ibu tentang kurikulum itu… lha saya jawab: BAGUS, pakai saja !! Sinode ini kan belum punya buku resmi keluaran sinode,ya udah pakai aja kurikulum itu dulu. Bagus kog..!!

Tidak ada yang salah dengan cerita imajinasi, selama tokoh imajiner itu tidak intervensi ke dalam cerita.


Saya memberitahukan anak saya Melody, bahwa SB itu tidak baik. Tidak baiknya di dalam hal ini itu dan lain sebagainya.

Saya tunjukkan nggak benarnya di sini sini…ini buktinya…begini begitu kata Alkitab, itu tidak samanya di mana mana…

Jadi dia tahu.

Ketika kami suatu saat sedang beribadah di gereja yang di jam sekolah minggunya memutarkan SB, dia sudah tahu, dia pamit pada gurunya dan keluar dari kelas lalu ikut ibadah raya.

Di ibadah raya biasanya proteksi mimbar jauh lebih selektif. Karena seperti biasanya gereja gereja pada umumnya, jemaat dewasa selalu dianggap lebih penting daripada anak-anak.

Lebih mudah bagi saya menjelaskan bahasa orang dewasa yang dia belum mengerti di ibadah raya, nanti sesampainya di rumah, daripada mengubah image yang terlanjur salah yang dia dapat dari tontonan SB

Kemarin saya coba ajak diskusi dia. Dia sekarang sudah hampir umur 9 nanti Desember 2018

Ini bukan menonton SB, tetapi hanya mengajak berdiskusi. Jadi setelah adegan yang saya butuhkan selesai, langsung saya CUT.

Apa pendapat dia tentang kisah penciptaan yang dikisahkan di SB???

“Lho kapan Tuhan menghembuskan nafas-Nya ma…???”

Puji Tuhan, dia seorang pembaca Alkitab, jadi dia tahu di mana salahnya film SB itu !!

Haleluya….!!

Kalau di Sekolah Minggu gereja anda memakai SB, saran saya, ajak anak anda ikut saja ibadah raya.

Pastikan anda tahu apa program hari itu.

Maaf para guru….saya akan berupaya menyelamatkan anak anak lewat jalur wali murid.


Ini WA WA yang masuk ke inbox WA saya: Untuk melindungi pemilik akunnya, biar saya saja yang jadi bampernya, saya akan ketik ulang tanpa editan. tapi soal percaya atau tidak itu urusan anda ya.

1. Dari 0818033…. xxx Bu Grace, ini saya juga ndak sepaham dengan dgn kurikulum SB, saya jg. Banyak menemukan kesalahan dari kurikulum tersebut.
Karena latar belakang saya jg Teologia, jd banyak ajarannya yang ndak sesuai dgnAlkitab, dan saya sering meluruskannya. Apalagi untuk ukuran2, itu ndak sesuai Alkitab, saya itu sampai bingung SB itu pakai literatur apa?
Pernah di sb kebenarannya, “Tuhan akan menebusku.” lha jelas Tuhan sudah menebus kita diatas kayu salib, kog dibilang “akan”, saya ganti waktu itu kebenarannya.

2. dari Igxxx Saya banyak terima keluhan bu dari beberapa gereja tentang SB. Ada gereja suku besar sudah punya kurikulum tiba tiba diganti dengan SB Jadi para seniornya marah karena sudah susun buku dan sudah dipakai lama. Tiba tiba ganti, mereka tidak dilibatkan.

Kalau ini dari teman FB dari Yoxxxxx

3. Terimakasih buat sharingnya bu …
Sejak awal SB ada dan saya menonton (Saya tidak mengajak anak juga).
Saya ragu dan tidak pernah lagi menonton, dalam hati dan pikiran ini ga sesuai. Jadi ketika ada kurikulum itu ditawarkan ke gereja2 di daerah magelang. Saya mengatakan kepada suami untuk tidak ikut.
Semoga para pelayan anak lebih peka dan kritis lagi.

Dari ibu Inxxx
4. Sy prnh protes krn ank2 direkaman bilangnya terimkasih SB knp ga berterimakasih ke Tuhan Yesus?

Yang di bawah ini adalah dari teman yaitu BAPAK Igrea Siswanto, seorang penulis 100 buku lebih. Dia pembicara handal, mentor saya dalam menulis buku.

5. Kami bersama bbrp teman sempat berdiskusi tentang SB. Idenya bagus bagaimana caranya supaya anak anak menyukai kisah kisal Alkitab dgn cara kekinian. Tapi sayangnya menurut kami tokoh G dengan lorong waktunya terlalu dominan dan lebih menonjol menguasai pikiran anak anak. Nah disinilah menurut kami kelemahan dan kekurangan SB.


DATANGLAH PADA YANG TEPAT.

Contoh; di Batu terkenal keripik kentang. Kalau ingin keripik kentang yang enak datanglah ke Kota Wisata Batu. Memang terkenal dengan kripik kentangnya yang renyah, tipis, gurih.

Contoh lain; di Kendari terkenal dengan kacang metenya yang enak, besar-besar dan gurihnya pas. Jadi kalau ingin kacang mete ya belilah di Kendari.

Contoh lain; Jepang adalah negara yang terkenal dengan pakaian daerah mereka yaitu Kimono.

Kalau mau cari Kimono ya datanglah ke Jepang.

Nah jangan dibalik. Cari batik ke Jepang, dan cari Kimono ke Indonesia.

Atau dibalik seperti ini; Cari mete di Kota Batu dan cari keripik kentang di kota Kendari.

Coba pikirkan baik baik, …..apakah sebuah negara anu pantas untuk dijadikan sumber penggalian Alkitab, dengan notabene penulisnya bukan penyembah Allah yang hidup.


Mengenal budaya Jepang.

Apa yang saya ingat tentang cerita cerita mamie saya tentang negara Jepang?

Upacara harus menghadap matahari, dan membungkuk kepada matahari.

Mamie saya sempat mengalami jaman penjajahan Jepang.


Ada 1000 orang yang memakan makanan beracun.

Hanya ada 1 orang yang memakan makanan sehat.

Bukan terus lantas yang satu orang ini salah karena dia hanya sendirian, dan bukan terus lantas yang 1000 orang ini benar terbukti karena jumlah mereka banyak.

Jalan menuju surga itu sempit. Tetapi menuju neraka itu lebar.


Ada seorang anak yang berangkat ke sekolah ( ini hanya cerita karangan belaka). Di perjalanan dia melihat sebuah kecelakaan. Motor bertabrakan sama motor, keempat pengendaranya mati seketika. Ada yang matanya melotot, ada yang bersimbah darah, ada yang kakinya terlepas, pokoknya ngeri sekali.

itu semua DILIHAT olehnya.

Orang tuanya tidak sempat menghindarkan anak ini dari MELIHAT PERISTIWA MENGERIKAN ITU.

Sampai sebulan lamanya anak ini sulit tidur, karena bayangan akan apa yang DILIHATNYA itu terus menghantui tidurnya.

Karena orang tuanya bingung, mereka akhirnya membuat cerita bohong pada anak ini:

Dik, kecelakaan kemarin itu hanya drama, di atas pohon dekat jalan raya itu ada kameramen yang sedang mengambil gambar adegan itu untuk sebuah film terbaru mereka.

Nih …ayah tunjukin ya… Nah tuh ada kameramen kan…?? Ada sutradara kan di jalan ini…kan kemarin kecelakaan itu di sini.

Jadi yang kamu lihat bulan lalu itu bukan sungguhan, itu hanya drama.”

KALAU ANAK INI PERCAYA PADA AYAHNYA, apakah dengan semudah itu dia bisa menghilangkan KENGERIAN melihat kecelakaan yang sebenarnya itu bukan drama???

Jadi menurut anda, kalau TAYANGAN SB itu melenceng dari Alkitab, gampang tidak meralat pada mereka….???? Mereka sudah terlanjur melihat YANG SALAH. Bagaimana cara anda membetulkannya????

Sama seperti mencabu paku dari tembok, bekas lubangnya tetap ada.


Saya sebenarnya sedang gencar gencarnya promoin buku ke dua saya. Kemarin lusa malam. Tetapi gara gara satu hal, saya upload koment koment saya tentang SB. Anda tahu nggak? Besok paginya, yaitu kemarin pagi, saya dapat ayat yang pas panget saat menyiapkan kotbah di acara doa pagi di sebuah gereja. Padahal itu jam 3 dini hari.

Waktu terus berkembang, kemarin sore baru dapat share dari yayank aq siapa sebenarnya penulis SB yang ternyata berasal dari negara itu, yang terkenal sekali sebagai penyembah dewa itu.

Apakah anda tahu tentang yang namanya HALAMAN STATIS pada sebuah website?

Halaman statis adalah halaman yang berisi tulisan yang akan tampil sebagai tulisan ituuuuu terus bilamana siapa pun membuka web tersebut, jadi yang muncul pertama pasti tulisan itu, tidak perduli web itu terus bermunculan tulisan baru lainnya.

Beda dengan halaman TULISAN TERBARU, maka jika orang membuka web itu akan muncul di halaman pertama adalah tulisan terbaru.

Demi anak anak Indonesia, saya rela website saya akan berisi HALAMAN STATIS, yaitu halaman yang kemungkinan besar akan dibaca semua pengunjung website JCA yang berjumlah ribuan per harinya, terkadang pernah tembus sampai 7000 orang. Praise the Lord.

Lalu bagaimana dengan promosi buku saya donk…!!

Sudah jangan dipikirin. Itu urusan Tuhan yang ngatur, yang penting saya taat. Ini sangat darurat.

Kita sedang dijajah oleh orang asing …lewat sebuah produk budaya yang sungguh sungguh tidak sejalan dengan nilai nilai kebenaran Firman Tuhan.

Tuhan melindungi dan menyertai luar biasa, para pecinta anak yang benar benar cinta anak

————————-

Mengapa pelayanan anak terkadang terseret pada trend…nggak sadarnya trend itu kan nggak semuanya positif.

Gereja anu pakai kurikulum SB…gerejaku juga ah…

Gereja yang mudah terseret trend , coba dipikir lagi, kenapa itu bisa begitu?

1. Tidak mau kalah.
2. Tidak mau ketinggalan zaman.
3. Tidak mau dibilang gaptek
4. Mengejar prestise
5. TIDAK PUNYA VISI. itu sudah jelas.
6, ikut-ikutan
7. cari yang praktis.

Kalau gereja yang punya VISI yang jelas, dia akan berkata TIDAK pada SB.

Sudah jelas tontonan nggak sesuai Alkitab kog dipertahankan, dikejar, dibanggakan, dicari…

Nah, baru saja bertemu sebuah gereja di Malang, yang para pemimpinnya ( yang kata orang mereka ini tidak paham sekolah minggu) MALAH BERANI BERKATA TIDAK PADA SB….karena tahu bahwa tayangan mereka tidak Alkitabiah. Hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm lha ini baru keren !!


Ada 5 kemungkinan yang terjadi pada anak anak yang dijejali kurikulum SB.

1. Anak ini akan menelan mentah mentah semua yang ditontonnya. Sehingga jika sampai mati dia tidak pernah baca Alkitab ( ya jaranglah…) konsep dia tentang kebenaran Firman Tuhan banyak yang salah. Gampangnya bisa dibilang dia tersesat.

2. Anak ini rajin baca Alkitab, setelah nonton SB dia heran, kog nggak sama dengan yang ditulis di Alkitab ya, bisa dua kemungkinan lagi dari nomor 2 ini. Dia jadi ragu terhadap Alkitab atau dia ragu terhadap film SB itu. Bisa kecenderungan lebih besar ke arah dia meragukan SB

3. Anak ini nonton duluan SB baru setelah itu dia baru baca dari Alkitab, juga bisa dua kemungkinan; dia ragu terhadap Alkitab atau dia ragu terhadap SB. Bisa kecenderungan lebih besar ke arah dia meragukan Alkitab.

4. Ketika besar, informasi yang diterima anak ini rancu antara Alktiab degan SB, semua tercampur jadi satu. Maka kalau dia jadi pengajar Alkitab, misal jadi guru SM, gembala sel, dll, maka pengajarannya akan kacau balau. Dasarnya kacau.

5. Sampai di titik tertentu, ada 3 hero utama yang mereka percayai menjadi HERO/ pahlawan dalam hidupnya, si robot itu, si anak perempuan itu dan si anak laki-laki itu. Yesus aja bisa kalah pamor di mata mereka. Karena 3 tokoh ini tidak sekedar bercerita, tetapi mereka adalah TOKOH dalam kisah kisah itu, dan bisa dibilang malah sebagai selalu tokoh utamanya.

Dampak yang bisa terjadi di pelayanan anak.

1. Guru menjadi malas.
2. Regenerasi guru tidak perlu
3. Anak menjadi pasif
4. Semua 5 point di atas bisa saja terjadi
5. Pelayanan anak menjadi lahan bisnis empuk, di seluruh tanah air. Anak anak jadi korban.
6. Jika mati lampu, anak anak kebingungan.
7. Semua metode sebagus apa pun kalau terus berulang akan membuat anak bosan.
8. Film bisa menggantikan posisi Alkitab, jadi tidak perlu baca Alkitab lagi, semua sudah difilmkan.

Bertobatlah !!!!!!!!!!


Kalau anda beli sebuah makanan itu terpikat pada isinya yang lezat, atau pada kemasannya yang bagus, atau pada kedua duanya?

Bagaimana kalau isinya sangat enak, menyehatkan tapi bungkusnya nggak menarik?

Atau bagaimana jika yang terjadi sebaliknya, bungkusnya sangat menarik, tetapi isinya penuh dengan bahan pengawet, pemanis buatan, pewarna sintesis, dll??

Biasanya orang dewasa nggak terlalu memusingkan bungus, yang penting isinya.

tetapi di dunia bisnis, bungkus sangat diperhatikan karena secara spikologis berpengaruh terhadap minat beli, walau terkadang tanpa disadari oleh si pembeli itu sendiri.

Bagaimana dengan anak-anak?

Isi itu adalah Firman Tuhan yang disampaikan. Isi harus benar benar Firman Tuhan, bukan penyesatan.

Sedangkan bungkus adalah metode kreatif. Kalau bungkus nggak menarik, anak-anak juga nggak tertarik walaupun isinya sehat.

Jadi kalau ada pengajaran yang menyesatkan, lalu bungkusnya terlihat modern dan apik/ kreatif… bagaimana sikap anda???

Jejalkan ke anak anak???

Mereka belum bisa membedakan lho mana yang benar dan tidak…

Saya senang saat Tuhan berkata “Barangsiapa menyesatkan….

tidak dipakai kata Barangsiapa mengajarkan pengajaran sesat…

Karena menyesatkan itu bisa dengan banyak cara:
1. mengajarkan yang tidak benar
2. main drama cerita yang tidak benar
3. memutarkan tayangan yang tidak benar
4. mengajak mempercayai sesuatu yang tidak benar
5. mencontohkan yang tidak benar
6. mencabuli murid, dll

Jadi jangan dianggap saat anda memutarkan SB itu untuk anak anak anda tidak berdosa.

lalu berpikir; Oh yang berdosa yang membuat …film itu.

Ketika anda berdiri di depan kelas anda adalah yang bertanggung jawab atas anak anak itu di hadapan TUHAN. ada selalu malaikat penjaga mereka yang melihat wajah Bapa di surga.

Kalau anda ada di antrian pengalungan batu kilangan itu…anda tidak bisa berdalih..”Tuhan aku kan cuma tanda tangan, aku nggak tahu itu film apa…” “Tuhan, aku kan cuma menekan tombol play…kan bukan aku yang membuat film itu…” ” Tuhan aku kan cuma disuruh pendetaku…”

———————-

Ada teman saya yang lucu, setiap ketemu saya selalu salaman dan bertanya ” Anda masih Kristen?”

He he he…

Selalu dan selalu.

Sayang waktu main ke Batu tempohari saya pas nggak ada di rumah. Saya kangen pertanyaannya “Masih Kristen kan..??”


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s