HUHUI MODUL DUA !!


Mari kita kuliti dimana penyesatan global yang dilakukan oleh kurikulum SxxxxBxxx.

Modul 2. Ujian.

Ada beberapa kesalahan fatal yang bahkan tidak sedikit para pakar teologia yang pun terkecoh pada seni animasi yang menyesatkan ini. Dan dengan mudahnya membawa masuk kurikulum sesat ini ke dalam pengajaran sekolah minggu.

Kalau pakar teologia, saya sarankan sediakan semua Alkitab yang anda punya, terserah kalau mau dilengkapi dengan tafsiran anda yang tebal-tebal. Kalau saya cukup dengan Alkitab saja sudah sangat jelas bisa membedakan mana yang sesat dan yang tidak.

Janji-janji Tuhan pada Abraham ada 6 kali/ dalam 6 peristiwa.

SATU Kejadian 12: 2-3 Janji Tuhan pada Abram pada peristiwa ketika Abram disuruh keluar dari negerinya.

DUA Kejadian 12: 7 Janji Tuhan pada Abram pada saat Abram di dekat Sikhem ( sudah keluar dari negerinya)

TIGA Kejadian 13: 14-17 Janji Tuhan pada Abram pada saat Abram di Kanaan ( setelah berpisah dari Lot)

EMPAT Kejadian 15: 1-21. Janji Tuhan pada Abram. Pada saat itu Abram disuruh Tuhan menghitung bintang-bintang. Namanya masih ABRAM belum menjadi ABRAHAM. dikatakan respon Abram; LALU PERCAYALAH ABRAM KEPADA TUHAN, MAKA TUHAN MEMPERHITUNGKAN HAL ITU KEPADANYA SEBAGAI KEBENARAN. Di kitab Galatia 3:6-7 dijelaskan dari peristiwa inilah kita disebut anak-anak Abraham bila kita hidup dari iman. Peristiwa pada Kejadian 15 ini TIDAK DIIKUTI DENGAN KORBAN BAKARAN, melainkan ada semacam binatang-binatang yang dipakai untuk upacara perjanjian. Sama sekali tidak ada kata KORBAN BAKARAN di peristiwa itu.

LIMA Kejadian 17: 1-27. Janji Tuhan pada Abram yang ketika itu menerima nama baru dari Tuhan menjadi ABRAHAM. Pada saat itu Tuhan mengajukan perjanjian sunat, dan nama Sarai menjadi Sara. Pada saat itulah respon ABRAHAM adalah: Mungkinkah bagi seorang yang berumuR seratus tahun dilahirkan seorang anak dan…” ( dan seterusnya..yang mana kalimat lanjutannya tidak ditayangkan..mestinya lanjutannya sebagai berikut: …dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?”

ENAM Kejadian 18 :10 Janji Tuhan pada Abraham ketika Abraham menerima 3 orang tamu dalam kemahnya.

Sedangkan yang ditayangkan pada video animasi SxxxxBxxx adalah:

Kisah Abram disuruh menghitung bintang, itu adalah janji Tuhan yang ke EMPAT pada Abram.

tetapi anehnya; di video itu nama Abram dipanggil sebagai ABRAHAM. Padahal nama Abraham nanti baru muncul di pasal 17 ( alias di perjanjian yang ke LIMA)
Itu saya sebut sebagai PENYESATAN PERTAMA.

keanehan berikutnya; kalau memang dikisahkan Abram melihat bintang-bintang, disuruh menghitung, mestinya respon Abram pada saat itu adalah ; LALU PERCAYALAH ABRAM KEPADA TUHAN ( kejadian 15).

Tetapi di VIDEO PENYESATAN ini dikisahkan sangat berbeda, di mana respon Abram pada saat itu justru respon dari Kejadian pasal 17. di mana pada saat di pasal 17 Abraham berespon: Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak?

Kejadian 15 dan 17 jelas sudah beda peristiwa, beda tempat, beda kejadian, dicampur aduk jadi satu.

Yang bahaya adalah; anak-anak tidak tahu bahwa pada saat Abraham mencoba menghitung bintang-bintang sesuai perintah Tuhan, dia percaya pada Tuhan, nah SISI PERCAYA ABRAM ini HILANG. atau sengaja dihilangkan.

Itu saya sebut sebagai PENYESATAN KE DUA.

keanehan berikutnya; Kejadian 15 ( dimana Tuhan mengajak Abram menghitung bintang-bintang) diakhiri dengan Tuhan menyuruh Abram menyediakan beberapa binatang, tetapi Alkitab sama sekali tidak menyebut soal KORBAN BAKARAN, karena yang terjadi pada saat itu adalah semacam prosesi perjanjian pada zaman kuno, BUKAN KORBAN BAKARAN seperti yang ada pada VIDEO SESAT. Korban bakaran jelas beda sekali dengan prosesi perjanjian, sangat beda.

Itu saya sebut sebagai PENYESATAN KE TIGA.

Tetapi pada Kejadian 17 ketika Abraham menjawab: Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak?- pada peristiwa ini justru diakhiri dengan hukum sunat, bukan korban bakaran.

Jadi kalau memang mengacu pada Kejadian 17 mengapa dikisahkan dalam video sesat ini KORBAN BAKARAN? Bukan hukum sunat? Dan kalau memang mengacu pada Kejadian 17 mengapa dikisahkan bintang-bintang? Dan kalau mengacu pada Kejadian 15 memang tidak ada sedikit pun KORBAN BAKARAN pada kedua pasal itu, baik pasal 15 maupun pasal 17.

Campur aduk macam apa ini? Kejadian 15 dan 17 jelas peristiwa yang berbeda, dan tidak ada peristiwa KORBAN BAKARAN di dua pasal itu, yang ada adalah prosesi perjanjian dan juga hukum sunat.

Itu saya sebut PENYESATAN KE EMPAT.

anehnya lagi; ada kalimat yang tidak diselesaikan; mestinya kalau mengacu pada Kejadian 17 kalimat lengkapnya seperti ini:

“Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?”

Kemandulan itu pada perempuan. Mengapa kalimat ini dipotong? Apakah iblis takut kalau anak anak tahu bahwa dalam peristiwa ini terjadi mujizat dari si mandul menjadi si ibu? Apakah iblis takut bahwa anak anak bisa tahu umur Sara saat itu..??
Menurut saya Iblis itu lucu juga kalau begitu.

Itu saya sebut PENYESATAN KE LIMA.

anehnya lagi; dalam KORBAN BAKARAN yang tidak ada dalam Alkitab itu, dikisahkan dalam Video sesat itu, Abram mendapat bayangan/ imajinasi/ atau apalah namanya, salah satunya firman Tuhan, bahwa Tuhan memerintahkannya mempersembahkan Ishak. Padahal kan Tuhan berfirman untuk ujjian Abraham itu adalah NYATA, bukan KHAYALAN. Dan itu di pasal 22

Bagaimana mungkin pasal 15 dicampur aduk dengan pasal 17 dicampur aduk dengan pasal 22.

Apakah ini sejenis VIDEO GADO GADO??????

Penyesatan modern adalah; menggunakan semua yang tampak canggih, dan para teolog dan guru sekolah minggu dan guru sekolah banyak yang TERSESAT.

Ck ck ck ck ck ck …..

Anak-anak kehilangan satu adegan penting yaitu LALU PERCAYALAH ABRAM KEPADA TUHAN MAKA TUHAN MEMPERHITUNGKAN HAL ITU KEPADANYA SEBAGAI KEBENARAN.

Ada upaya penyesatan ingin menghapus jejak BAPA ORANG BERIMAN.

Guru-guru SM …bertobatlah …anda ditunggu batu kilangan !!

Yang ikut jalur kerajaan sorga, puji Tuhan, anda terbebas dari upaya penyesatan generasi !!


Guru Sekolah Minggu yang baik adalah , membuat suatu cerita dari kisah Alkitab yang mana pertanyaan atau pernyataan Tuhan dicuplik dari pasal 15, dan jawaban Abram dicuplik dari pasal 17 dan gambar diakhiri dengan kejadian di pasal 22 dalam sebuah kisah yang seakan-akan diambil dari pasal 15.

Ups..saya salah..maksud saya bukan guru yang baik…maksud saya GURU YANG SESAT.


Weis…tambah kacau lagi…MASIH MODUL DUA

Di Video sejarahnya malah membuat tambah bingung, dikatakan waktu Tuhan menyuruh Abraham menghitung bintang-bintang, dia ada di SIKHEM. Huaduwwwww jelas salah donk, Di Sikhem adalah Pernyataan Janji Tuhan yang KE DUA pada Abram di Kejadian 12: 7. ( petunjuk tempatnya ada di ayat 6)

Sedangkan peristiwa dimana Abram disuruh menghitung bintang adalah di HEBRON, Kejadian 13:18, Kejadian 14:17 adalah dua ayat petunjuk waktu peristiwa yang dicatat di Kejadian 15, di mana Abraham disuruh Tuhan menghitung bintang-bintang.

itu saya sebut SEJARAH NGAWUR YANG PERTAMA.

dI Video sejarah ini juga ada diperlihatkan pada peta dan jalur perjalanan Abraham, dari Sikhem menuju Bersyeba ( jadi Sikhem dicatat di Kejadian 12:6 sedangkan Bersyeba ada di Kejadian 21:33)

Ada garis perjalanannya, jelas jelas singkat, dari Ur KASDIM, terus ke Sikhem dan garis panah menunjuk langsung ke Bersyeba.

Padahal dari Sikhem sebenarnya Abraham pergi ke Antara Betel dan Ai ( kejadian 12: 8) trus ke Tanah Negeb ( Kejadian 12:9) trus ke Mesir ( kejadian 12:10) trus ke Tanah Negeb lagi ( kejadian 13:1), trus ke Dekat Bethel ( Kejadian 13: 3) trus ke Kanaan ( kejadian 13:12), trus ke Hebron ( Kejadian 13:18), di HEBRON inilah terjadi peristiwa Abram menghitung bintang-bintang, Trus Abraham ada di dekat pohon terbantin di Mamre ( kejadian 18:1), trus Abraham ke Tanah Negeb ( Kejadian 20:1) lalu di catat Abraham BARULAH BERADA DI BERSYEBA Kejadian 21:33)

Ur – tempat 1
Sikhem- tempat 2

Bersyeba- tempat ke DUA BELAS ( 12)

Sejarah SESAT/ SEJARAH NGAWUR.

Yang coba dikedepankan ke anak-anak adalah Dari Sikhem langsung ke Bersyeba adalah, proses yang singkat, instan, cepat.

Tidak ada proses yang lama sampai Abraham menikmati penggenapan janji Tuhan, tidak ada proses yang lama sampai Abraham itu benar benar dipersiapkan untuk mengalami ujian itu.

Instan.

Generasi instan.

Pengawuran yang ke tiga.

Di kisahkan apa itu KORBAN BAKARAN pada video sejarah ini. Padahal peristiwa Abram menghitung bintang-bintang sama sekali tidak disertai dengan KORBAN BAKARAN. Jadi untuk apa dikisahkan tentang korban bakaran?

Abram mendirikan mezbah memang benar, terjadi di Sikhem, benar, di Kejadian 12:6-7. Tetapi di pernyataan janji Tuhan yang ke dua pada Abram ini, tidak ada peristiwa menghitung bintang-bintang.

Jadi sebenarnya yang dimaksud dalam Video itu, pasal 15, 17, 22 atau pasal 12 sih…??? Gado Gado Video ini memang terdiri dari campur adukan 4 pasal ya….???????

Jadi adegan itu sebenarnya di mana setting peristiwanya? di Hebron ( pasal 15), masih di Hebron ( pasal 17), atau sudah di Bersyeba ( pasal 22) atau bahkan masih di Sikhem ( pasal 12)??

Mengapa saya bertanya seperti itu?

Karena VIDEO NGAWUR itu seperti ini kisahnya:

– berdasar video sejarah , itu ada di Sikhem ( berarti itu pasal 12)
– berdasar adegan, Tuhan mengajak Abram melihat bintang -bintang ( itu pasal 15- Hebron)
-berdasar jawaban Abram kepada Tuhan, setelah melihat bintang ada di pasal 17 ( masih di Hebron)
-berdasar khayalan Abram mendengar Tuhan memerintahkannya mempersembahkan Ishak ada di pasal 22 itu di Bersyeba.

Kalau itu mempersingkat film bisa ditulis- lalu…kemudian…. setting peristiwa , kostume, adegan sudah beda beda tempat, tetapi dicepatkan/ seperti rangkuman.

Tapi ini tidak, ini adalah VIDEO GADO-GADO terngawur yang pernah saya lihat. Lebih parah daripada guru sekolah minggu yang tidak persiapan mengajar. Karena kalau guru nggak persiapan, dia salah ya cuma di pasal itu thok, tidak lantas meng-GADO GADOKAN FIRMAN TUHAN.

SEJARAH NGAWUR. Tadinya saya pikir, huiiiihhh keren nich, ada pakar pakar sejarah yang membuat video sejarah, dosen dosen kelas kaliber dunia nich….

Ternyata saya sampai kepada dugaan kuat; bahwa pembuat video sejarah ini membuat penjelasan sejarah berdasarkan VIDEO KISAH, bukan berdasarkan KISAH ASLI DALAM ALKITAB, mestinya kalau dia ahli sejarah, dia harusnya tahu juga bahwa VIDEO ini sudah salah, kisah utama saja sudah salah, karena menggado-gadokan beberapa pasal.

Dibayar berapa ya….membuat sejarah PENGAWURAN seperti ini, pantasan tidak ada nama mereka tercantum di buku atau di video. Lho emangnya anda yakin yang mereka tulis ahli ahli sejarah itu pembuat modulnya? Haaaahhh?? di CV mereka pribadi aja nggak ada kog disebut sebut mereka menulis modul SxxxxBxxx …!!

Bahkan di penjelasan mereka sendiri , nggak ada kog disebut si pakar ini …ahli ini…di kampus ini…bla bla…dan bekerja di SxxxxBxxx nya KAPAN, SEBAGAI APA, nggak ada kejelasan.

Siapa pun juga bisa copy paste CV siapa saja. Itu mah kerjaan anak TK.

Ck ck ck ck ck ….

….bersiap menyimak VIDEO berikutnya yang mungkin saja lebih ngawur.


Video Petunjuk Jalan pada Kurikulum SxxxxBxxx

Jadi sebenarnya kata KORBAN BAKARAN pada seluruh kisah Abram alias Abraham, kata KORBAN BAKARAN baru muncul di pasal 22, ketika Abraham taat untuk mengorbankan Ishak di KORBAN BAKARAN , walaupun pada akhirnya Tuhan menyediakan korban itu.

Itu memang benar.

Tetapi kalau dikisahkan Abraham memberikan KORBAN BAKARAN setelah Tuhan berfirman kepadanya untuk menghitung bintang bintang, ITU SAMA SEKALI SALAH.

Kata korban bakaran belum ada kaitannya dengan tokoh Abram/ Abraham sama sekali sebelum pasal 22.

Justru yang terjadi di pasal 15 adalah: ( ini disediakan Abram setelah menghitung bintang-bintang)

SEEKOR LEMBU BETINA BERUMUR 3 TAHUN

SEEKOR KAMBING BETINA BERUMUR 3 TAHUN

SEEKOR DOMBA JANTAN BERUMUR 3 TAHUN

SEEKOR BURUNG TEKUKUR

SEEKOR BURUNG MERPATI

KORBAN bakaran ada dijelaskan di

Im 1:10
Jikalau persembahannya untuk korban bakaran adalah dari kambing domba, baik dari domba, c maupun dari kambing, d haruslah ia mempersembahkan seekor jantan yang tidak bercela.

kambing atau domba …………..JANTAN, bukan KAMBING BETINA DAN BUKAN DOMBA BETINA

Im 1:14
Jikalau persembahannya kepada TUHAN merupakan korban bakaran dari burung, haruslah ia mempersembahkan korbannya itu dari burung tekukur atau dari anak burung merpati. l

ANAK burung merpati………….. BUKAN MERPATI, tetapi ANAK MERPATI.

Cari di seluruh Alkitab, kata

SEEKOR LEMBU BETINA BERUMUR 3 TAHUN

SEEKOR KAMBING BETINA BERUMUR 3 TAHUN

hanya ada di Kejadian 15 ini saja. Ini sama sekali bukan jenis binatang binatang untuk KORBAN BAKARAN.

Jadi kejadian 15 ini BUKAN KORBAN BAKARAN.

Karena binatang binatang ini DIPOTONG DUA. Ini menggambarkan perjanjian antara Tuhan kepada Abraham, oleh karena itulah terjadi perapian yang berasap beserta suluh yang berapi lewat di antara potongan-potongan daging itu. Itu adalah perjanjian dari pihak Tuhan kepada Abraham.

lebih kacau lagi, binatang yang diperlihatkan di Video hanya 1 domba. Mana ayatnya..??????? INI VIDEO NGAWUR TOTAL.

Kalau mau membahas mempersembahkan ISHAK sebagai Korban bakaran, di pasal 22, ya jangan dikait kaitkan dengan MENGHITUNG BINTANG-BINTANG, itu sangat beda peristiwanya.

Kalau dari aslinya VIDEO sudah kacau, apalagi PETUNJUK JALAN-nya…kacau total.

Cuma gini toh yang anda gadang gadang itu…???

Penyesatan telah masuk ke dalam gereja anak.

kasihan anak-anak. Mereka tidak paham kalau setelah Abram melihat bintang-bintang itu, dia percaya kepada Tuhan.

Tuhan memberi Abraham anak, bukan karena seolah-olah dia telah berjasa memberikan persembahan korban bakaran pada Tuhan.

PENYESAT. Bersiaplah pakai kalung terberat , batu kilangan, atau ambillah kesempatan untuk BERTOBAT.


Ada nyampai ke telinga saya; “Kog dicari cari terus kesalahannya!”

Sekarang pertanyaannya saya balik. “Coba carilah kebenarannya! Kalau anda bisa temukan 60 persen saja, datangi saya, dan saya akan minta maaf pada dunia.”

Ini bukan masalah kepahitan.

Lha saya kepahitan sama siapa ya..???

Kaki kiri saya pernah hampir dipotong gara-gara kepahitan, masa saya akan sodorkan kaki yang kanan?

Itu cuma isapan jempol.

Apa sih yang enggak untuk anak anak Indonesia??


Ada beberapa orang yang sensitif.

Ingat baik-baik, saya ini berdiri atas anak anak Indonesia.

Bukan selingkup kecil sekuku saja.


Ada seorang bapak-bapak yang menceritakan mimpinya pada saya.

Dia bermimpi: dia mengunjungi rumah sakit, eh kaget sekali ketua sekolah minggu dari sebuah gereja, dirawat di rumah sakit itu. Si bapak ini mengenal orang itu dalam mimpinya.

Berjalan lebih jauh di rumah sakit itu…eh ketemu lagi si pendeta A, si pendeta B. si pendeta C…eh mereka semua sedang sakit dan di rawat di rumah sakit itu.

Selidik punya selidik, semua pendeta-pendeta itu dikenali oleh si bapak yang bermimpi itu.

Ternyata di gereja mereka semua diputar kurikulum animasi menyesatkan SxxxxBxxx

Oooohhhhhhhhhhhhhh….pada sakit toh ternyata…!!

“Pantasan!” kata saya pada si bapak pemimpi itu.


Dari sini kita bisa melihat kualitas Guru Sekolah Minggu yang sebenarnya.

Silahkan anda menilai saya. Tetapi juga saya berhak menilai anda.

Sebenarnya Alkitab kita sama nggak sih??

Tapi puji Tuhan , beberapa gereja yang menolak SxxxxBxxx bisa dipastikan Alkitabnya sama dengan saya, berikut mereka bukan guru SM yang sembrono.

Tapi yang menerima dengan sangat mudah SxxxxBxxx , bisa jadi Alkitabnya masih sama, tetapi kalungnya yang beda.

Ada kalung KASIH dan SETIA ( Amsal 3: 3-4)

Tapi ada yang pakai KALUNG BATU KILANGAN.


Bu Grace kog omongannya keras sih??

Lantas kalau menyesatkan anak-anak dengan memutarkan video sesat itu anda anggap lemah lembut ya???

Wih.


2010 lalu saya masih gaptek.

Kalau 2018 ini masih sama gapteknya ya percumalah 8 tahun berkutat dengan internet.

Kalau saya segaptek 2010 lalu, pelurunya cuma sedikit kalieeee


Nggak ada sama sekali penggalian / penekanan karakter Abraham, misalnya TAAT, dll.

Yang ada adalah KELUHAN tokoh utama, mengapa dia ada di waktu yang kurang sesuai dengan mainan barunya.

yang ada adalah KECURIGAAN tokoh tokoh utama, terhadap Tuhan, sehingga mereka harus berlari untuk berupaya ‘menyelamatkan’ Ishak dari ‘pembunuhan’ ayahnya, walaupun mereka sudah tahu apa yang difirmankan Tuhan kepada Abraham.

Anak -anak digiring untuk RAGU RAGU terhadap perintah Tuhan, masa sih Tuhan bilang begitu pada Abraham..???

Yang ada adalah anak anak dibuat kacau dengan peng-gado-gadoan 4 pasal sekaligus dalam satu adegan.

Yang ada adalah anak-anak kehilangan satu kalimat terpenting dalam kisah Abraham, bahwa dia PERCAYA KEPADA TUHAN.

Mana karakter buildingnya?????

Juga tidak ditekankan bagaimana saat kita mendapat ujian.

Apakah ujian iman itu hanya seenteng memberikan mainan mahal pada teman?

Jadi themanya sebenarnya UJIAN atau MURAH HATI sih…???

Nggak jelas.

Nilai empat.

Antara thema dan aplikasi nggak nyambung.


Seburuk ini kualitas kontennya, anda memuja muja modulnya???

Terus terang ya, kalau lihat kulaitas kontennya kayak begini, saya mau baca modulnya aja mual.


Modul dan Videonya aja Tuhan yang kirim dari luar pulau secara ajaib jeh….

Kog kepo aja sih kalian pada !!


Kog memuja muja PETUNJUK JALAN sih..??

Lha kalau VIDEO utamanya yang dibahas aja udah salah kaprah, maka petunjuk jalannya juga topik topik bahasannya aja juga salah.

Saya bingung deh jadinya. Bisakah anda makan nasi kuning basi, walaupun semua lauknya enak?


Kalau anda menyebut diri pakar anak, mestinya anda tahu bahwa anak-anak sangat visual.

Anda berdalih, yang pentingnya kan kata-katanya SAMA DENGAN ALKITAB.

Sama apanya???? Abram belum jadi Abraham aja kog dipanggil Abraham.

Di mana samanya????????

Jadi baik secara VISUAL udah salah, secara AUDIO juga salah, terus apa yang anda pertahankan????

Mainan seperti apa sih yang disukai oleh si tokoh utama dan diberikan kepada temannya yang sakit??

Mainan KEKERASAN, TEMBAK TEMBAKAN.

Apakah itu yang akan anda pertahankan????

Yiek.


Bedanya apa nonton SxxxxBxxx dengan nonton animasi lain yang jelas jelas bukan cerita Alkitab.

Anak-anak langsung tahu, ini bukan cerita Alkitab, jadi mereka langsung tahu bahwa ini mengandung unsur penyembahan berhala, kekerasan, kata-kata yang tidak sopan, okultisme, dll.

Tetapi jika konten utamanya cerita Alkitab, mereka akan TELAN MENTAH-MENTAH, karena yang mereka tahu cerita Alkitab itu baik. Dianggapnya semua yang ada pada VIDEO itu BENAR.

Dia tidak tahu sama sekali , bahwa VIDEO itu sesat.

Apalagi jika gurunya juga tidak tahu.

Lengkaplah sudah.

Saran saya, jika di gereja anda memakai kurikulum SxxxxBxxx lebih baik anda ajak anak-anak ke ibadah raya saja, atau pindah gereja yang pengajaran sekolah minggunya sehat.


Kalau memutuskan sesuatu hanya karena banyak orang yang pakai itu, huadeuwww..

Di zaman Yesus hidup, lebih banyak yang berteriak “Salibkan Dia, salibkan Dia !!” daripada pengikut-pengikutNya yang masih setia.

Jadi hanya karena banyak orang pakai, maka anda memutuskan juga ikut ikutan pakai SxxxxBxxx dalam kurikulum sekolah minggu anda…???

Huiiihhhhh!!

Mayoritas bukanlah jaminan bahwa itu adalah jalannya Tuhan.


KISAH NYATA.

Ada sebuah keluarga, anaknya bener bener rajin diajak nonton SxxxxBxxx yang tayang di TV kabel. Mungkin setiap tayang mereka tidak pernah absen. Darimana saya tahu? Ya dari cerita-cerita mereka dan uploadan kissah-kisah keseruan mereka menonton yang dibeberkan di akun jejaring sosial.

Saya sudah pernah diskusi dengan keluarga ini, sebaiknya jangan ajak anak -anak nonton SB itu. Tetapi pandangan kami berbeda, saya juga tidak bisa memaksakan. Setiap orang tua punya kebijakan masing-masing buat anak -anak yang Tuhan percayakan pada tiap-tiap keluarga tersebut.

Tidak mungkin kalau anak ini suka bolos sekolah minggu, karena kedua papa dan mamanya teolog, dan juga melayani Tuhan.

Jadi kesimpulannya; anak ini rajin ke sekolah minggu. Tetapi di sisi lain juga sangat getol nonton SxxxxBxxx yang tayang di TV kabel. Pada waktu itu SxxxxBxxx belum diprogram menjadi kurikulum Sekolah Minggu, baru tayang TV saja.

Ketika anak ini beranjak remaja, di suatu titik perkembangannya dia pernah memutuskan untuk selama lebih kurang 4 bulan tidak mau ke gereja.

Saya tidak tahu apa yang menjadi penyebab anak ini bisa seperti ini. Apakah ini terkait atau tidak.

Tetapi yang saya tahu, asupan Firman Tuhan di sekolah minggu nggak kurang-kurangnya buat dia bisa dapatkan selama ini. Tetapi tayangan yang membingungkan dari SB juga terus dikonsumsi oleh anak ini. Generasi yang coba dicetak oleh kurikulum SB adalah generasi bingung.

Sedih juga mendengar berita-berita seperti ini.

Duka mendalam. Karena ini kisah nyata. Tidak perlu anda kepo ya…hanya saya yang tahu siapa mereka.

Bagaimana nanti dengan generasi yang sedari sekarang dijejali dengan kurikulum SB..??

Wau saya tidak berani ber Spekulasi.

Mengapa? Karena generasi itu sangat berharga, mereka bukan pantas dijadikan sebagai sasaran uji coba.

Kalau sudah tahu tidak Alkitabiah, sudah tahu teksnya tidak sama dengan Alkitab, sudah tahu itu akan membuat anak anak bingung, sudah tahu itu adalah dengan tujuan bisnis semata ( walau dibungkus dengan kata gratis) …

Buat apa dipertahankan?

Generasi yang Tuhan taruh pada genggaman tangan kita, adalah generasi yang layak untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari kita, salah satu caranya adalah, dengan memilih kurikulum dengan se selektif mungkin. Bukan main asal comot, bukan main asal ikut trend, bukan main ‘buta-butaan’.


Siapa pun penulisnya , asal itu bagus untuk anak nggak masalah.

Itu komentar salah satu penggiat anak Indonesia.

Lalu komentar saya; Di mana tanggung jawab anda sebagai seorang guru??

Hal pengajaran yang sesat
7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu 5 w yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala x yang buas. 7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka 6 . y Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? z 7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. 7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. a 7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. b 7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Siapa bilang SB baik untuk anak-anak…???

Itu kan pendapat anda sendiri.


Mrk 9:42

“Barangsiapa menyesatkan u salah satu dari anak-anak kecil 1 yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya v lalu ia dibuang ke dalam laut.

cuma menyesatkan SALAH SATU dari anak-anak kecil yang percaya ini……..aja……hukumannya BATU KILANGAN.

Apalagi banyak anak…..Huadeuw…

Pilihlah kurikulum yang pengajarannya sehat.

#untukanakanakindonesia


1Tim 6:10

Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. e Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman f dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. g

Menyimpang dari iman, artinya dulu beriman, sekarang tidak, karena memburu uang.

Bahaya sekali bila kita berjumpa dengan yang berkedok iman, padahal memburu uang.

Maka produknya juga hanyalah sebatas perburuan uang, bukan iman yang murni.

Pikirkan baik-baik, sebuah produk kurikulum Sekolah Minggu yang anda pakai itu imannya masih murni atau sudah berbumbu bisnis perburuan uang?

Bisnis yang wajar adalah; mengembalikan ongkos cetak, kemudian mengambil keuntungan yang wajar.

Perburuan uang adalah; menghalalkan segala cara. Apapun ditempuh demi sebuah nilai uang.

Gereja kecil di kota saya, jemaat anak-anaknya tidak sampai 10 anak, jug dimintai sumbangan untuk gereja kecil.

Jadi kategori gereja kecil itu yang bagaimana???

Pada akhirnya semua modul dan video yang ada di tangan anda itu tidak ada yang gratis.

Hanya diistilahkan ‘gratis’ tetapi dimintai sumbangan untuk gereja kecil.

Itu juga artinya sama saja.

Anda masih pakai kurikulum SB ya…??

Tidak ada makan siang yang gratis.

#untukanakanakindonesia


Walimurid SB dihimbau untuk membantu anak dengan cara menjelaskan sesuai isi Alkitabnya.

Nah lho..!! Yang ada hanya kontradiksi, lalu bagaimana cara menjelaskannya…???

Nah lho !!!


Hal pengajaran yang sesat
7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu 5 w yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala x yang buas. 7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka 6 . y Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? z 7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. 7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. a 7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. b 7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! c akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, d melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku 7 yang di sorga. e 7:22 Pada hari terakhir f banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan 8 , bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat g demi nama-Mu juga? 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu 9 ! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan! h “


Kebanyakan gereja -gereja protestan, justru tahu betul kalau SB itu nggak Alkitabiah.

Mereka nggak mudah terjebak.

Memang keren.


Dalam satu tahun aja deh, nggak usah lama-lama. Gereja yang ngotot pakai SB dan gereja yang tetap mau pakai materi yang sehat, lalu mengembangkan kreatifitas guru, mengajak anak tahu Firman Tuhan yang benar, bukan yang menyesatkan…

Hasilnya; BISA DIPERBANDINGKAN.

Jadi yang tetap ngotot pakai SB, akan gigit jari dan menyesal.


Lho kan ada banyak pilihan buku kurikulum…

Kenapa milih yang nggak Alkitabiah. SATU.

Milih yang ribet ada tatap mukanya segala, buang banyak waktu. DUA.

Milih yang harus bikin laporan, photo, dll. RIBET DOT KOM. TIGA.

Berbungkus kata gratis, tetapi pada akhirnya semua orang juga tetap bayar. HUIH. EMPAT.

Nama penulis pada modul dan Video tidak tercantum, itu artinya tidak ada yang bertanggung jawab terhadap isinya. LIMA.

Mendingan, BELI KURIKULUM YANG SEHAT.

Pakai waktu untuk persiapan mengajar. Atau bikin kelas persiapan di gereja lokal.

Daripada bikin laporanlah, photolah….huih ribetnya, mendingan waktunya ini dipakai untuk persiapan materi, membuat peraga, memikirkan ide kreatifitas. Guru jadi berkembang dan kagak malas.

Uangnya yang untuk nyumbang gereja kecil, mendingan dikumpulkan, kalau udah banyak belikan bangku atau keyboard buat gereja desa/ gereja kecil.

Udah deh…buang tuh gengsi di kotak sampah.


Suluh Sekolah Minggu juga kini menerbitkan kurikulum sekolah minggu yang berbasis karakter

http://www.binawargagki.org/publish…/category/Sekolah-Minggu

Ngapain juga pakai Modul SB dan Video SB yang tokoh tokohnya nggak jelas. Nama penulisnya nggak ada di buku dan Video. Nah siapa yang tanggung jawab terhadap isinya..??

Pakai kurikulum tuh yang jelas donk.

Kaya Binawarga ini bagus, terbitan GKI.


Kurikulum Gandum Mas juga bagus. Lengkap PL dan PB.

Dan ide ide kreatifitasnya juga bagus dan banyak tinggal dipilih atau mau dipraktekkan semua juga oke.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s