INFO SEMINAR YANG SUDAH LEWAT


Sengaja info-info seminar yang sudah lewat saya cantumkan di tulisan ini, untuk siapa tahu berguna bagi anda yang ingin mendapat gambaran waktu, serta thema dan topik-topik yang pernah dibahas di seminar JCA di masa lalu.

Namun tidak semua info seminar yang lalu saya cantumkan di sini, karena tidak semua seminar itu terbuka untuk umum , jadi untuk jenis-jenis seminar yang tidak terbuka untuk umum, biasanya tidak saya sharekan baik brosurnya maupun info info lainnya.

Jika anda menginginkan data judul judul seminar saya, dapat membuka pada CURRICULLUM VITAE penulis/ saya sendiri..yang ada pada website ini.

Seminar ini terbuka untuk umum, dan berbeda dari seminar sejenis yang pernah dilaksanakan di Jawa, yang hanya membahas metode kreatif dari kitab Matius, kali ini, seminar juga akan mengupas metode dari kitab Kejadian, dan mudah-mudahan sempat menggarap metode dari kitab Imamat.

Segera daftar..dan ikut seminar yang luar biasa ini, karena Tuhan sudah menyiapkan segala yang terbaik buat kemajuan pendidikan anak-anak di Indonesia. Amin.

INFO SEMINAR DI SAMARINDA

Bagi teman-teman yang rindu belajar bersama, buruan daftar….seminar ini seru dan ada KKR- anaknya pula. Di Samarinda…huuuiiihhhh luar biasa karya Tuhan…!!

Oleh oleh Seminar Guru Sekolah Minggu di Samarinda, GKII Jemaat Anugrah.

1. Kerja panitia sangat rapi sekali, saya salut dengan semua persiapan mereka, dan kerapian persiapan ini merata, baik rapi dalam persiapan konsumsi, administrasi, kelengkapan peserta, kaos, makalah, ballpoint, notebook, nametag sampai dengan sertificate peserta, bahkan peserta dari Balikpapan sempat juga mereka atur hotel dan transportasi PP ke tempat seminar,akomodasi pembicara, juga kerapian persiapan team musik KKR anak,semua alat peraga yang dibutuhkan mereka sediakan juga….dengan detail dan sangat luar biasa, dan semuanya yang nggak sempat saya sebut satu persatu. Kerja yang cukup rumit..tetapi berhasil karena mereka rajin berdoa, kompak dan ada saling dukung, meski ini acara departeman anak, tapi para ibu ibu yang gemar memasak pun ikut terlibat dalam acara ini…dan semua yang terlibat dapat kaos yang sama, tidak perduli dia bukan guru SM tetap dapat kaos…di sini kita lihat luar biasanya kekompakan mereka !! Hmmmm ( ada yang perlu dicontek ini…!!)

yang perlu dicontek …1. Kekompakan dan kerja keras membuahkan hasil maksimal !! Semua dipersembahkan untuk TUHAN

2. Seminar ini diadakan oleh jemaat induk daripada GKII yang ada di Kalimantan Timur, artinya jemaat ini adalah GKII Pertama yang pernah ada di Kalimantan Timur, dan dalam seminar ini mereka tidak egois, tetapi mengajak semua GKII Se Samarinda..bahkan mengundang gereja gereja tetangga/gereja-gereja sahabat. Target dari seminar ini adalah 50 peserta, tetapi meluber sampai diikuti 95 peserta. Walaupun dengan hal itu, artinya ngurusin peserta yang lebih banyak tentunya lebih repot, biaya membengkak, dan lebih rumit persiapannya….dan butuh iman yang lebih besar…

Bahkan dengan gencarnya mereka membuat brosur dengan design yang amat cantik dan apik, membuat poster, dan mengirim surat, bahkan menelepon satu persatu contact person dari setiap gereja …membuahkan hasil.

Kerja keras mereka dan kerelaan mereka untuk berbagi dengan gereja lain, membuat pekerjaan Tuhan cepat meluas…luar biasa…!!

Contekan ke 2…..Ketika kita mau berbagi dan tidak egois, di situlah ada kesempatan yang besar untuk menabur lebih banyak…dan tentunya jangan heran jika gereja ini juga akan menuai banyak…!! Haleluya !!

Sambungan..seri III

3. Kalau kita seminar pesan makanan di luar…itu sudah biasa. Dan kalau kita seminar makanan dibentukkan lunch box itu juga sudah umum, tetapi panitia di sini masak sendiri dan prasmanan ! Memang lebih repot, rumit, dan butuh waktu, butuh tenaga, dll. Tetapi kalau mereka berbuat itu tentu ada alasannya: karena mereka ingin menyajikan ke peserta makanan yang segar, panas, ada keakraban saat mengambil dari meja yang sama… Dan supaya anda tahu aja, semua makanan enak, padu padannya pas, menunya bervariasi ….dan lengkap dengan snack ( juga membuat sendiri) , rempeyek, puding, es sirup dan juga teh, kopi serta yang unik dari persiapan panitia ini adalah a. ada acara sarapan pagi b.dan ada jamuan makan malam untuk menutup acara….c. ada acara jamuan buat panitia pra acara bersama pembicara…. Hmmmmm….emak enyus !!

Contekan ke 3. Ibu ibu yang bekerja di dapur perannya sangat penting, merekalah yang membuat peserta bisa sarapan ( terutama yang berangkat subuh- karena ada peserta yang dari jauh jauh), merekalah yang membuat semua materi bisa tercerna dengan baik karena perut tidak lapar, dan otak bekerja terus…dan mereka ini adalah marta marta akhir jaman yang pelayanannya juga sangat dibutuhkan. Dengan segenap talenta mereka …mereka memasak untuk kemuliaan Tuhan, tidak heran Tuhan mengangkat mereka sehingga walaupun mereka tidak memiliki usaha katering, mereka -mereka inilah yang sering dipanggil memasak untuk acara-acara pemerintah…..

Saat kita setia pada perkara kecil, Tuhan memberi kepercayaan yang lebih besar kepada kita…

Sambungan..seri IV

4. Saya melihat bapak Pdt Musa sebagai gembala , didampingi Ibu Pdt Ester, mereka berdua menggembalakan di GKII Anugrah Samarinda, adalah hamba-hamba Tuhan yang sangat cinta pelayanan anak, mereka hadir di acara doa H-1 pra acara, bersama saya dan segenap panita dan pelayan Praise n Worship, mereka berdoa buat seluruh acara, dan bahkan hadir pada 2 hari seminar… hadir di acara pembukaan dan penutupan seminar, hadir di acara KKR anak- bahkan sibuk juga mengambil gambar…Hal -hal seperti inilah yang membuat saya diberkati bahwasannya beliau sangat memperdulikan anak-anak. ‘Gereja yang memperdulikan pelayanan anak di masa kini adalah adalah gereja di masa depan’, seperti itulah motto beliau ketika saya wawancarai apa pendapat beliau tentang pelayanan anak, dan Bapak Pdt Musa memberi motivasi pada segenap jemaat dan badan pengurus jemaat untuk mereka memberi dukungan penuh pada acara seminar dan kkr anak ini, dan hasilnya tidak sia-sia, banyak jemaat yang mau ikut terlibat mendukung acara ini.

ketika saya tanya, apa rahasianya bisa tetap kuat dan sehat, beliau mengatakan satu resep saja ‘tersenyum’

Contekan ke 4. Pemimpin yang mengerti pentingnya pelayanan anak akan menjadi motor penggerak bagi seluruh umat Tuhan bergerak dalam visi yang sama untuk mempersiapkan generasi masa datang…

Sambungan..seri V

5. Saya merasakan hadirat Tuhan ketika pertama kali datang ke gereja GKII Anugrah ini dan berdoa untuk segenap acara ini. Dan di saat hari Jumat pagi mengadakan acara latihan dengan Sdr Julianto untuk persiapan lagu-lagu menjelang tiap sesi…saya tahu dan tahu bahwasannya Tuhan akan melawat setiap sesi dan benar saja..di tiap sesi ada jamahan Tuhan pada tiap pribadi.

Di sesi Visi Tuhan bagi Pelayanan Anak di Indonesia, ada peserta yang sampai berlinangan air mata, dan bahkan saya sendiri ikut berkaca-kaca saat melihat setiap video yang diputar walaupun sudah berkali kali saya lihat video itu. Saya menemui peserta yang sangat dibukakan oleh Tuhan atas visi bagi Indonesia ini. Tuhan membuka wawasan kami atas visi ini.

Di sesi Menjadi Guru SM yang pro aktiv, saya menemui peserta-peserta yang baru pertama kali mau akan menjadi guru SM, mereka lebih termotivasi lagi untuk bergabung dalam jajaran guru SM.

Di sesi Bercerita kreatif ala Yesus, pada saat hari Minggu sore bertemu para guru peserta seminar, mereka bersaksi pada saya, bahwa saat menerapkan bercerita kreatif di sekolah minggu gereja mereka masing masing pagi harinya tadi, mereka melihat perbedaan respon anak-anak dalam menangkap cerita Firman Tuhan.

Di sesi pujian kreatif, yang dipecah menjadi pujian pra sesi ( dalam 6 sesi yang ada), juga dari kesaksian peserta, saat mereka menerapkan di gereja mereka pagi harinya tadi, mereka sangat heran bahwasannya hanya dengan fariasi sederhana saja anak-anak sangat antusias memuji Tuhan.

di sesi Kurikulum Standart Alkitab, para peserta bagus sekali bisa menjabarkan rhema rhema yang mereka gali dari Alkitab, untuk apa yang bisa mereka bagikan pada anak-anak sehingga tujuan cerita tidak monoton/ klise itu itu saja.

di sesi creative teaching 1 ( Jumat malam), saya mendapat kesaksian dari salah satu pengurus, bahwa paradigmanya terbuka , bahwa mengajar tidak selalu harus menggunakan alat peraga yang beli dan yang mahal, kita bisa membuat alat peraga sendiri dari bahan murah sekali pun…

bersambung pada hari ke duaa…..

Sambungan..seri VI

Seminar hari ke 2

6. Di hari kedua..saya sangat diberkati dengan sesi Ayat mas kreatif, karena semua kelompok tampil maksimal, setiap kelompok menyajikan ayat mas kreatif mereka seperti yang saya tugaskan, dan mereka merekam semua hasil kelompok lain, dan kini mereka jadi sangat bersemangat untuk menerapkan di sekolah minggu mereka
saat kelompok yang mesti menyajikan musik raph..untuk ayat…Hmmm sangat keren hasilnya…Saya berdoa agar anak-anak kalimantan lebih cinta lagi ayat ayat mas lewat cara cara yang kreatif

7. di sesi melatih anak jadi penginjil, para peserta sangat antusias..saya tunggu ya teman-teman hasil foto-fotonya…karena saat itu tab saya low batt. Para peserta pada foto-fotoin semua hasil karya semua kelompok yang kita satukan dalam satu area…di dalam sesi ini diputar juga selain video anak SM GPDI El -Shaddai Magelang, juga diputar video anak SM Betany Kendari, asuhan ibu Neno Laembo Soumokil

8. di sesi Pasukan Doa Anak, beberapa peserta bersaksi bahwa mereka akan membentuk pasukan doa anak, setelah seminar ini selesai, dan itu juga dilontarkan ketua departement anak dari gereja tuan rumah….Haleluyaaaaaaaaaaaaaa !!

9. di sesi Gaya Bahasa….beberapa orang mendapat jamahan Tuhan serta bertekad untuk bertobat dari gaya bahasa yang salah….tanpa malu malu beberapa orang menyaksikannya di acara penutupan.

10. di sesi Creative Teaching hari ke 2 (Sabtu malam), saya sendiri sebagai pembicara juga belajar sesuatu yang baru, bahwasannya bahan apapun yang disediakan panitia walaupun tidak seperti yang saya minta ( ada misscommunication di sini), tetapi toh ternyata setelah sampai ke peserta seminar..hasilnya keren-keren….!! Di sinilah kita belajar bahwa pembicara juga bisa belajar hal baru dari panitia dan peserta…Haleluya !!

dan kesimpulan dari hal ini kita mendapat contekan ke 5:

Keberhasilan tiap sesi..adalah bukan karena materinya, atau pembicaranya, atau panitianya…atau apa apa lainnya, tetapi karena Tuhanlah yang membuat semuanya berhasil, Tuhan mengurapi, memampukan, menolong, mengatur, mengajar, membimbing, memberi kekuatan, stamina, ide , daya upaya…dll (berkat-Nya tak terhingga besarnya). Dan itu semua tak lepas dari kerja keras para PENDOA.

Jadi kesimpulannya: terima kasih pada semua pendoa termasuk Pasukan Doa Anak Abraham dan semua sahabat doa saya yang menerima pokok doa lewat sms.Doa dari keluarga saya, yayank aku Ari Prasetyo Widiono, gembala saya Bpk Pdt Bobby Turambi ibu gembala saya Yezeza Wanda Violena Dondokambey serta teman teman Connect Group Yosua….

sambungan …seri VII

KKR anak mendapat pertolongan Tuhan, walau kaki saya (tumit) sakit karena dua hari seminar- saya banyak berdiri- Tuhan menolong semua pernyampaian materi

Dan menjadi inspirasi buat saya, persiapan puji-pujian oleh team Praise n Worship luar biasa rapi sekali…saya melihat sendiri mereka berlatih berulang-ulang ( 3 putaran) masih ditambah latihan minggu siang menjelang acara untuk beradaptasi dengan satu orang pemain musik pengganti ( karena ada pemain musik yang ayahnya meninggal dunia dan harus pulang kampung). Gara gara latihan penyesuaian ini beberapa orang tidak sempat pulang , karena acara dimulai jam 15.00….waaaauuuuu…dan hasilnya, puji-pujian berlangsung sangat luar biasa…!! Benar-benar Hosana Bagi sang Raja !!

Ada 3 adik sekolah minggu yang jadi Singer…..!!! Waaaauuuu keren !!

Dekorasi juga mantap !! membuat kemeriahan suasana semakin Okay..!!

Persiapan bendera oleh rekan saya Ibu Mercy, walau cukup mendadak, beliau mengerjakan dengan baik dan hasilnya memuaskan, bisa jadi berkat untuk anak-anak di Samarinda.

Anak-anak sepulang acara mendapat snacknya bukan berupa makanan makanan yang banyak mengandung MSG, tetapi mereka mendapatkan bihun…mengenyangkan, sehat dan disukai anak-anak…!!

Contekan ke 6: mari memberikan yang terbaik untuk TUHAN, jangan cepat puas dan jangan asal asalan….anak-anak pun perlu kita layani sebaik mungkin ! Karena mereka juga berharga di hadapan Tuhan.

Sambungan..seri VIII

Mengenai orang-orang….

8. Ada sepasang suami istri yang luar biasa di gereja ini Bpk Frans dan ibu Inneke, mereka orang-orang yang cinta Tuhan, cinta pekerjaan Tuhan, cinta anak-anak dan cinta gereja Tuhan. Tuhan memakai mereka berdua sangat kompak dan luar biasa !! Mereka menjadi teladan buat banyak orang …

Keunikan departemen anak di gereja ini adalah mereka punya PENGURUS SEKOLAH MINGGU, yang anggota pengurus ini tidak selalu harus jadi guru sekolah minggu, tetapi tugas mereka semacam kalau di sekolah itu ya seperti yayasan- gitu deh, yang memikirkan kelangsungan sekolah, memikirkan kesejahteraan guru, memikirkan kapasitas guru, memikirkan kurikulum, memikirkan kondisi kelas, dll. Dan Ibu Inne adalah pengurus sekolah minggu ….

9. Selesai seminar, ada seorang ibu yang mendatangi saya dan meminta saya mencatat nomor HP nya , karena dia mau menjadi sahabat doa saya, di mana nantinya dia ingin mendapat pokok pokok doa dari saya pada setiap pelayanan yang Tuhan percayakan..saya sangat terharu dengan ibu ini, karena dia berkata sudah sejak lama dia ingin mendoakan seorang pembicara secara khusus…waaaauuuuuu

10. Oh yaaaa…pada saat panitia meminta saya memilih salah seorang peserta teraktif, saya bingung juga, tetapi sudah memilih dalam hati saya salah seorang ibu ….
tapi karena untuk menghindari saling ngiri, saya panggil beberapa calon penerima hadiah…dan saya beri mereka pertanyaan, siapa yang jawabannya terbanyak pointnya dalam 1 menit, dia menang, dan ternyata saya cukup terkejut…ibu yang menang ya ibu yang saya pilih dalam hati selebum quiz ini….nah lho !! Trus saat buku kamus metode kreatif diberikan sebagai hadiah, si ibu juga berbisik pada saya “Dari kemarin saya juga pengen sekali buku ini bu….” Karena diborong panitia, para peserta cuma gigit jari deh nggak bisa beli…he he…Lain kali saya mesti bawa banyak buku ini….

contekan ke 7: ayo berjalan sesuai dengan setiap talenta dan tanggung jawab yang Tuhan berikan dalam hidup kita…apa pun itu !!

Oleh oleh pelayanan di Samarinda..sambungan seri IX

11. Pada kesempatan kali ini, saya beruntung sekali bisa bertemu kakak sayaBilly Sumilat yang mana kami kalau tidak salah sudah tidak pernah bertemu sejak pertemuan terakhir 5 tahun yang lalu saat Mhel lahir.

Kami sempat makan bersama, dan saya sempat mendapatkan kemanjaan dari seorang kakak yang sayang adiknya, juga sayang kami sekeluarga…jadi deh diborongin oleh-oleh…..nambah bagasi deh..!!

Pertemuan dengan kakak saya ini suatu berkat tersendiri buat saya secara pribadi, karena saya pernah pelayanan di Malang, dan berkat pelayanan itu saya sempat ketemu kakak saya Yvonne Oril Sumilat..saya juga pernah pelayanan ke Surabaya dan bertemu dengan adik saya Hermon Sumilat serta sekarang ini nyaris tidak bisa ketemu kakak saya Billy Sumilat, tetapi akhirnya diatur Tuhan tetap bisa ketemu minggu malam.

Tuhan itu memang baik…Tuhan itu memang keren !!

Kami jarang bertemu, tetapi Tuhanlah yang membawa saya ke Samarinda dan mempertemukan kami dalam momentum langka …Puji Tuhan !!

Contekan 8: Percayakah saudara, bahwa Tuhan itulah yang mengatur semua percaturan hidup kita ????

Oleh oleh pelayanan di Samarinda..sambungan seri X

12. Saat pulang dari Samarinda kaki saya sakit, karena saya terlalu berbobot mungkin, jadi harus kurangi berat badan jika mau lebih lincah dan berstamina lagi…

Ada mujizat terjadi di sini…saya nyampai di Makassar jam 12.30, dan pesawat berikutnya yang ke Kendari mestinya jam 16.00, tetapi beberapa hari sebelumnya saya mendapat pemberitahuan lewat sms dari maskapai penerbangan bahwa perjananan saya diundur menjadi jam 18.55 sama saja jam 19.00….waaaah kebayang nggak tuh nunggu di bandara Makassar berapa jam aja…

Bell dua orang teman di Makassar..ternyata mereka nggak bisa temanin karena ada tugas dan teman saya yang satu lagi sedang ada di luar kota, yaitu di Surabaya.

Mau jalan jalan sendiri di Makassar nggak tahu jalan deh…mana kondisi kaki seperti ini..??

Puji Tuhan !! Saat mengurus kompensasi di bagian transit, eh malah mereka menawarkan ikut penerbangan yang jam 15.00…. ya maulah saya !! Cepet nyampai rumah, cepet ketemu yayank aku dan nanda lanang.

Tuhan itu emang kerenNya nggak abiz abiz…..

Sampai di rumah kaki aku rendam pakai air panas dan garam, dan oleh pertolongan Tuhan sudah sembuh, Haleluyaaaaa !!!!

Contekan ke 9; Tuhan itu tahu yang terbaik buat kita koq !! Jadi nggak perlu bersungut, ataupun ngotot…

INFO SEMINAR DI SURABAYA

Brosur Bu Grace Rev5

INFO SEMINAR JENIUS CARA ALKITAB DI AMOITO , KONAWE SELATAN

Akan diadakan Seminar Jenius Cara Alkitab, di  acara Pembinaan Pengasuh Pelkat Anak & Remaja se-Klasis Konawe Selatan di Jemaat Eben Haezer Amoito. (tempat ini sudah mengalami perubahan, yang tadinya di Wolasi, berpindah ke Amoito)

Tanggal 27 Mei 2014, Selasa, dari jam 9.30- sekitar jam 16.00

Bagi yang ingin ikutan, bisa mendaftar ke panitia setempat, pada Bpk Pdt Nelki 081242402129

Atau kepada Ibu Pdt Hermin, 081341965599.

Materi yang akan dibahas:

Sesi 1. Menjadi Guru SM yang Pro aktiv

Sesi 2. Cara Memimpin Pujian Kreatif di Gereja Anak

Sesi 3. Cara Membuat Alat Peraga Kreatif

Sesi 4. Pembinaan Guru Sekolah Minggu Teladan

Sesi 5. Gaya Bahasa yang Benar Pada Anak

Pembicara: Ibu Susan Grace Sumilat Widiono S.MG

Oleh oleh laporan kemenangan dari pelayanan Jenius Cara Alkitab di Seminar GSM Gepsultra se Klasis Konawe Selatan, bertempat di Gepsultra Eben Haezer Amoito.

1. Asalnya saya kebingungan, karena panitia meminta salah satu sesinya Memimpin Pujian Kreatif, nah lo…gimana nih…?? Apakah saya harus bawa keyboardis…ataukah ini saat yang tepat untuk mulai melatih anggota pelatihan gelombang 1 untuk mulai menemani saya seminar sambil saya sendiri yang akan iringi. Dengan berpindahnya tempat dari Wolasi ke Amoito (yang lebih dekat tentunya)- saya mengambil keputusan untuk mengajak ibu Neno Laembo Soumokil mengajar sesi Pujian Kreatif, dan saya geser menjadi keyboardis di sesi ini- yang tentunya garing kalau nggak pake musik. Puji Tuhan…beliau ada waktu, ada semangat, walau persiapan cukup dadakan, tetapi beliau mau datang lebih awal senin kemarin untuk berlatih dengan saya. Dan double porsinya adalah, beliau juga asisten saya mengajar sesi alat peraga kreatif. Hmmmmm bisa dilirik ini kapasitas beliau, keren !! Siap-siap melihat potensi-potensi lainnya dari peserta gelombang 1 yang bisa dipoles poles ini..

Foto

Foto

Foto: Kegiatan pembinaan Pengasuh Anak & Remaja Klasis Konsel

2. Ada keyboard dan LCD yang lewat hamba-hamba-Nya dipinjamkan ke saya untuk saya bawa….hmmmmmm mesti dihitung satu persatu berkat Tuhan ini. Thanks 4 Ibu Trees Paukiran dan ibu Yeni.

3. Ada ibu Pdt Hermin yang sedari awal sangat antusias dan punya semangat yang hebat.

4. Jangan kaget, ternyata teman-teman Gepsultra se klasis Konawe Selatan ini : antusias, lapar dan haus, bersemangat, tidak cepat puas, kreatif (mereka mengembangkan materi yang membuat kami, Ibu Neno dan saya sempat terbelalak kaget), serta saking antusiasnya sampai over time..he he..

Foto: Kegiatan Pembinaan Pengasuh Anak & Remaja

Foto

5. Ada ibadah pembuka dan penutup dari panitia setempat, dan ada kotbahnya yang keren, Beliau hamba-Nya Bpk Pdt Nelki menyampaikan satu kalimat yang menancap di dasar hatiku “Apa yang membuat anak-anak ini istimewa…?” saya awalnya juga bingung mencari-cari jawaban di benak saya, apa ya..?? Beliau pun menjawab pertanyaan itu dengan kalimat yang sangat mengejutkan saya, “Yesus yang membuat mereka istimewa..!” Wauuuuuu power statement banget !! Yesuslah yang membuat anak-anak ini istimewa !! Amin, seru saya. (jadi Yesus-nya, bukan berkat-Nya, mujizat-Nya, kebaikan-Nya…tapi YESUS-NYA. -kelihatannya ini kalimat biasa, tetapi buat saya ini konsep yang luar biasa banget….saya sangat diberkati banget sama power statement ini !! Huiiiihhhh)

Foto: Kegiatan Pembinaan Pengasug Anak & Remaja Klasis Konsel

Foto

Foto

Foto

Foto: sesi praktek kegiatan mengajar....oleh Neno Laembo Soumokil

Foto: Asyik...gaya mengajarx ibu Neno Laembo Soumokil

Foto

6. Yayank aku , Ari Prasetyo Widiono yang selalu kasih nasehat dan masukan padaku untuk mengelola emosi dan moodyku ini..thanks ya yang, juga atas doa berkatnya yang selalu menjadi bekal.

Foto: Berpose bersama seusai kegiatan ....

Foto

7. Nggak isa ikut ananda ke pantai bersama teman-teman gereja….(mesti tetap mengucap syukur – untuk hal yang tak terhindarkan ini), pulang pulang yayank aku langsung tunjukin rekaman video Mhel main di pantai….

8 Ada pintu yang sedang dibuka Tuhan atas pekerjaan Tuhan di dunia anak, atas Sulawesi Tenggara ini, puji Tuhan !! Gereja denominasi manapun juga adalah kesayangan Tuhan! amin ! Haleluya !

Foto

9. Oh ya ada yang kelupaan, saya sangat diberkati dengan peserta pelatihan yang ada seorang kakek dan nenek yang begitu luar biasa, yang masih aktif di pelayanan anak, huuuuiiiii dahsyat ! Sang kakek bernama Bpk Purwanto , beliau masih lincah dan bawa flash disk segala…minta data…ha ha ha…masih luar biasa ternyata ( tidak gaptek gitu lho…! Ayo anak muda jangan mau kalah !)

Thanks to the Lord for His kindness….praise God !!

Foto: Kegiatan Pembinaan Pengasug Anak & Remaja

————————————————————————————————-

INFO SEMINAR DI PULAU SUMBA

Oleh-Oleh dari Tanah Sumba Tengah

Dengan segala pergumulan, dan bekal doa dari Bapak dan Ibu Gembala kami, Bpk Bobby Turambi serta Ibu Yezeza Wanda Violena Dondokambey yang khusus datang ke rumah untuk mendoakan pelayanan kami ke kota Palu dan Sumba, dengan sukacita saya bawakan oleh-oleh untuk saudara.

Berangkat dari Kendari dengan ditemani oleh Bpk dan Ibu gembala ke Bandara Haluoleo, Kendari, di sana yayang aku Ari Prasetyo Widiono sudah tiba dari rapat AF di Jawa. Melody aku pangku sepanjang jalan dari rumah ke bandara, dan saat di bandara dia menangis. Hati seorang mama tentu saja cukup teriris saat melihat ananda menangis, tapi ya..tidak bisa berbuat apa apa selain meminta Tuhan beri hati yang damai dan rela.

Terbang malam itu ke Makasar dan lanjut lagi ke Jakarta. Di Jakarta nongkrong di Bandara sekitar 5 jam, trus dini hari jam 3.00 sudah check in untuk terbang ke Bali, Di Bali transit lumayan lama juga, dan lanjut terbang ke Sumba, tepatnya di Tambolaka. Di bandara Bali, nyempetin mandi, soalnya itung itung jam, sesampainya di Sumba Tengah nanti nggak sempat mandi lagi. Perjalanan darat lebih kurang 1,5 jam, dan sesampainya di lokasi …..

Melihat lokasi seminar aku teringat akan TENGGER / di Bromo tempat papieku dulu melayani Tuhan selama 25 tahun.

Kira-kira 0,5 jam kemudian sesi berlanjut ke sesi yang aku bawakan. Mengajak peserta menyanyikan lagu baru dulu agar mereka semangat, lalu mulai berlatih bercerita ala Yesus. Para peserta sangat antusias walaupun itu sesi terakhir

Besoknya seminar dimulai jam 12.00 Paginya berburu alat peraga Alam (daun-daunan) serta alat peraga barang bekas. Karna waktu masih panjang..kami diantar Kak Jefry jalan ke tempat tertinggi di Sumba Tengah, dari tempat itu kita bisa melihat Sumba dengan pemandangan yang cantik sekali. Saat itulah saya menaikkan doa berkat untuk Sumba. Ini adalah kesempatan langka.

Di pulau ini banyak sekali DAUN PECUT KUDA yang bisa jadi obat, maka saya petik-petik untuk rekan pembicara..karna kasiat dari daun ini berguna untuk pita suara kita.

Hari berikutnya mengajar Pujia Kreatif, kami langsung praktek…dan hasilnya benar-benar heboh.

Sesi berikutnya kami belajar Membangun Pasukan doa Anak, dan saya melihat wajah-wajah yang sepertinya ragu untuk melangkah, akan tetapi saya terus dorong para guru sekolah minggu dan guru sekolah untuk memulai membentuk pasukan doa anak di gereja dan di sekolah mereka

Daaaaaaaaan inilah saatnya kami belajar ALAT PERAGA ALAM DAN ALAT PERAGA BARANG BEKAS, …..semua mata pada berbinar dan respon peserta sangat luar biasa.

Saat bersalam-salaman dengan peserta, satu persatu mereka mencium saya (saya satu-satunya pembicara perempuan di acara ini), rasa haru tidak bisa saya tutup-tutupi saat berpisah dengan mereka. Tuhan menyergap hati saya.

Sempat belajar Power Point lebih mendalam dari Bapak Joko Iswandono di sela-sela waktu sisa, serta sempat juga di meja makan share dengan Bapak Adhi Kristijono tentang TENGGER, mata saya berkaca-kaca saat beliau menceritakan kisah mengenai sekolah SMP dan SMA Kristen Baithany. Saya teringat dengan kentang yang menjadi bentuk SPP pengganti anak-anak Tengger yang sempat menjadi menu wajib keluarga kami dulu di Malang, terutama saat tanggal tua. Saya bercerita ini bukan karna mengeluh, tetapi karna terharu atas pemeliharaan Tuhan atas keluarga kami sampai saat ini.

Bahkan ternyata Istri dari Bapak Ev. Koentjoro Angkawidjaja, M.th juga adalah anggota yayasan Baithany Tengger.

Saya tidak pernah bermimpi berjumpa dengan para pakar-pakar ini. Luar biasa !!
Mereka bukan orang-orang biasa, mereka orang-orang yang cinta Tuhan dan cinta pekerjaan Tuhan, sungguh-sungguh saya dapat merasakan passion dan visi mereka atas pendidikan di Indonesia. Merekalah orang-orang-Nya Tuhan atas Indonesia

Pengalaman tak terlupakan saat didoakan oleh Orangnya Tuhan atas Sumba, orang yang dipakai luar biasa untuk pendidikan di tanah Sumba, Bapak Andreas Sabaora, 70 tahun, tetapi masih kuat dan luar biasa bersemangat !

Di perjalanan pulang dari Sumba menuju Bali, dipertemukan Tuhan satu pesawat dengan dua anak Hydrocephalus, satu bayi akan berobat di Bali, satu bayi lagi akan berobat di jakarta. Saya bersyukur sempat mendoakan mereka dan ingatan akan Viciel memaksa air mata saya tumpah saat bersentuhan dengan anak-anak ini dalam penumpangan tangan.

Sumba untuk KRISTUS, Haleluya !!

Terimakasih pada yayang aku Ari Prasetyo yang udah dengan sukacita dan rela hati jagain Melody cantik, serta makasih pada anandaku Dito Khen Huds yang udah doakan mama, dan juga Bpk Bobby serta Ibu Yezeza yang sudah doakan kami sekeluarga.

SUMBA TENGAH DESEMBER 2013
SUMBA TENGAH
DESEMBER 2013

DSC00231 DSC00232 DSC00233 DSC00234 DSC00235 DSC00236 DSC00237 DSC00238 DSC00239 DSC00240 DSC00241 DSC00242 DSC00243 DSC00244 DSC00245 DSC00246 DSC00247 DSC00248 DSC00249 DSC00250 DSC00251 DSC00252 DSC00253 DSC00254 DSC00255 DSC00256 DSC00257 DSC00258 DSC00259 DSC00260 DSC00261 DSC00262 DSC00263 DSC00264 DSC00265 DSC00266DUKUNG DAN DOAKAN SEMINAR DI SUMBA TENGAH

YANG MANA SESI-SESI AKAN DIBAGI SEBAGAI BERIKUT

1. VISI DAN MISI GURU DALAM PELAYANAN ANAK (1 Sesi) (Ev. Koentjoro Angkawidjaja, M.th)
2. GURU SEBAGAI PELAYAN DAN GEMBALA (1 Sesi) (Ev. Koentjoro Angkawidjaja, M.Div)
3. CARA BERCERITA KREATIF ALA YESUS(1 Sesi) (Grace Sumilat, SMG)
4. CARA MEMIMPIN PUJIAN DENGAN DENGAN KREATIF (1 Sesi) (Grace Sumilat, SMG)
5. PERAGA KREATIF (1 Sesi) (Grace Sumilat, SMG)
6. PEMBIASAAN GURU SEKOLAH MINGGU TELADAN (1 Sesi) (Grace Sumilat, SMG)
7. MEMBENTUK PASUKAN DOA ANAK (1 Sesi) (Grace Sumilat, SMG)
8. MELATIH ANAK THINK OUT OF THE BOX (1 Sesi) (Grace Sumilat, SMG)
9. STANDAR KOMPETENSI GURU SEKOLAH MINGGU (1 Sesi) (Adhi Kristijono, M.Pd)
10. MEMAHAMI GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN MAJEMUK (1 Sesi) (Adhi Kristijono, M.Pd)
11. MEMAHAMI SENI PERAN BAGI GURU SM (2 Sesi) (Olah Vokal, Olah Imajinasi, Olah Ekspresi, Olah Tubuh) (Adhi Kristijono, M.Pd)
12. CREATIVE TEACHING & LEARNING UNTUK GURU SM (2 Sesi) (Yohanes Joko Iswandono, M.Pd)
13. COOPERATIVE LEARNING (2 Sesi) (Yohanes Joko Iswandono, M.Pd)
14. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GURU SM DALAM MENGAJAR SM MELALUI KECAKAPAN MENGAMBAR (1 Sesi)

Adhi Kristijono, M.Pd

Direktur Eksekutif

CLC Indonesia

PHOTO PHOTO PELAYANAN DI SUMBA TENGAH, DESEMBER 2013

——————————————————————————-
PALU UNTUK KRISTUSSEMINAR INI AKAN DIGELAR DI KOTA PALU

MOHON DUKUNGAN DOA DAN KEIKUTSERTAANNYA, TUHAN MEMBERKATI.

Kesaksian sebagai oleh-oleh dari PALU, selepas acara,

Oleh Oleh dari pelayanan di Palu:

Saat tiba di lokasi KKR dan seminar, di sebuah gereja GPDI Gajah Mada

yang gedungnya terbesar di sana, saya mencari wajah Tuhan, dan ada rencana Tuhan yang besar atas kota PALU: KOTA LEMBAH PUJIAN ( II Tawarikh 20)

KKR Anak sore hari. Luar biasa antusiasme dari anak-anak, kami mempersembahkan PESTA PUJIAN buat Tuhan, kami menari, melompat, bersorak, bertepuk tangan, memuji, berlutut, dan menyembah Tuhan, semua anak-anak bersukacita, banyak gereja terlibat, dan guru-guru yang melakukan adegan-adegan sangat luar biasa..kostume dan tarian-tarian serta property dipersembahkan untuk TUhan, saya sangat bersyukur sekali buat KKR anak ini, sekitar 780 anak memadati tempat ini.

Hal baru yang bisa kita pelajari dari anak-anak di PALU adalah semangat mereka yang luar biasa untuk memberi yang terbaik buat TUHAN, serta saya dibuat kagum dengan anak-anak PALU yang jago jago nari semua…hmmm mulai dari anak kecil sampai besar semuanya luwes dan punya BODY SMART. Oh ya ada paduan suara PA pimpinan kak Hari Mantong Idol…hmmmmmm paduan suara ne keren tenan, ada urapan Tuhan, suaranya emas, koreonya TOP abizzzzz.

SEMINAR guru di hari kedua, cukup membuat saya terkejut juga karna dari 6 sesi yang digelar, 3 sesi diantaranya adalah sesi baru yang belum pernah saya bawakan sebelumnya ( walaupun materinya/ makalahnya sudah lama diberikan Tuhan) Ini menjawab kerinduan teman teman Pelnap Jateng untuk materi-materi tahun depan..mereka percaya tahun depan pasti ada materi baru yang Tuhan tambahkan..dan kota PALU menjadi penggenapan kerinduan itu..haleluya…!!

Guru-guru sangat antusias, dan saya sangat bersyukur untuk Yayank aku Ari Prasetyo Widiono yang bantuin bikin alat peraga bingkai wajah menggunakan pralon yang diwarna merah menyala. Semua peserta ( lebih kurang 100 orang) sangat bersemangat sampai sesi terakhir dan semuanya tampak segera ingin mempraktekkan semua skill yang baru di dapatkan untuk hari minggu nanti..hmmmmmm dahsyat karya Tuhan !!

Di akhir seminar, Tuhan ingin ada pengurapan, dan benar saja , di tas saya sudah prepare baby oil sejak berangkat dari Kendari, dan Tuhan hadir melawat tiap pribadi guru-guru yang maju ke depan dengan pesan-pesan secara isitimewa untuk tiap pribadi, puji TUHAN !! Tanpa urapan Tuhan seminar ini cuma lewat begitu saja, tetapi dengan urapan dari TUhan, ada sesuatu momentum yang tak terlupakan

Besok hari pesawat baru jam 14..mau ngapain paginya??

Akhirnya panitia dan beberapa teman kumpul lagi, kita belajar lagi dua sesi tambahan, dan sesi yang Tuhan giring adalah salah satunya JADI KOREOGRAFER di pelayanan anak…hmmmmmm ( bener-bener body smart- anak-anak di PALU ini)

Saking ashiknya belajar ayat mas kreatif, saya pulangnya lari-lari..takut ketinggalan pesawat…he he

Di Palu ada keluarga yang sangat cinta Tuhan, beliau adalah Bpk Buana Chandra dan istri serta ke 5 anaknya. Dan ada juga hamba-Nya Bpk Charter Punuh serta Bapak Roland, serta panitia lainnya yang benar-benar cinta Tuhan dan cinta pelayanan anak, saya sangat bersyukur sempat berjumpa secara istimewa dan mengenal mereka.

Oleh oleh brambang goreng yang yummmmmmy saya dapatkan dari sahabat saya Ibu Daesy Daisy Malino serta panitia setempat, jadi deh kami di rumah pesta brambang goreng khas PALU.

Ada jawaban TUhan atas doa doa kami, Melody ananda cantik saya, tidak rewel. Terima kasih ya Dito Khen Huds atas doanya buat mama dan juga thanks untuk yayank aku udah dengan sukacita jagain anak cantik.

Special thanks untuk gembala saya Bpk Bobby Turambi serta Ibu Gembala saya Ibu Yezeza Wanda Violena Dondokambey yang mendukung , mendoakan pelayanan ini serta juga menyediakan diri menemani mhelody bermain. GBU Always.

NOVEMBER 2013
NOVEMBER 2013

DSC00202 DSC00203 DSC00204 DSC00205 DSC00206DSC00214
————————————————————-

SILAHKAN BAGI YANG MAU IKUTAN

SILAHKAN BAGI YANG MAU IKUTAN

Dalam workshop ini, kita akan mencoba materi-materi yang ada di dalam BUKU PANDUAN MENGAJAR SEKOLAH MINGGU ‘ANAK TERANG INDONESIA’ JILID 1, yang dilounching pada acara ini: yang diterbitkan oleh Komisi Daerah Pelnap Jateng GPDI
Dan dalam workshop ini, kita akan belajar KUNCI KREATIFITAS yang akan melatih kita jadi guru yang kreatif buat anak-anak.
Saya sangat mendorong pembaca JCA ikutan acara ini…
———————————————————————

INFO SEMINAR 500 METODE KREATIF

SUSAN GRACE WIDIONO, S. MG
SUSAN GRACE WIDIONO, S. MG

SEMINAR GURU SEKOLAH MINGGU WILAYAH V,

MAGELANG DAN SEKITARNYA

Terbuka Untuk Umum

Tgl                               : 23 Maret 2012

Tempat                        : GPDI Bayeman, Magelang

Waktu                          : Pk 09.00- 15.00

Thema                         : 500 Metode Kreatif

Pembicara                    : Susan Grace Widiono, S.MG

Perincian Biaya:

  1. Ikut Seminar Saja Rp 20.000,00 (diluar GSM Wilayah V)
  2. Materi Seminar Rp 13.000,00 (70 halaman)
  3. Materi Sekolah Minggu untuk Setahun Kurikulum Jenius Cara Alkitab: Rp 45.000,00 (303 halaman)
  4. CD berisi Word dan Power Point serta Video Klip Terkait serta photo terkait, baik materi SEMINAR maupun materi Sekolah Minggu setahun, seharga Rp 6.500,00

Dijual juga alat peraga: (Selama persediaan masih ada)

  1. Kantung Kacang (disc 30 %)  Rp 50.000,00
  2. Pentas Cahaya Rp 7.500,00
  3. Jalan Lebar dan Sempit Rp 5.000,00
  4. Menjiplak Daun Rp 5.000,00
  5. Menjiplak Nat Keramik Rp 5.000,00
  6. Kotak Intip Rp 5.000,00
  7. Salib dan Bintang Tabur Rp 5.000,00
  8. Bayangan Rasul Petrus Rp 5.000,00

Pemesanan DVD Seminar “500 Metode Kreatif” dengan pilihan DVD kualitas sangat baik, diperkirakan sejumlah 5 keping, seharga Rp 60.000,00 diluar ongkos kirim.

Pemesanan langsung pada Bpk Poer  HP – 08122763357

Pemesanan DVD ini baru bisa dilayani lebih kurang seminggu setelah seminar, karna materi akan diproses dahulu/ diedit dahulu.

NB : Harga discount hanya untuk di seminar ini saja.

Acara:

08.0         Daftar Ulang

09.0          Pujian dan Doa Pembukaan

09.15        Pendahuluan ; Beralih ke cara baru

10.0          Sesi I ; Prinsip Simultan Otak Tengah

10.45        Snack

11.0          Sesi II ; 500 Metode Kreatif

11.45        Aplikasi – Contoh penggunaan 500 Metode Kreatif di SM/ di sekolah umum

12.00        Makan Siang

12.30        Sesi III Metode Kreatif Rabi Yesus

Menyimak Dunia Iklan

13.15        Sesi IV Metode Imajinasi Kudus

14.0           Workshop – Praktek Mengajar dengan Prinsip Kerja Otak Tengah.

14.45         Penutup

Pendaftaran Seminar pada:

Bpk Pdt Sulentasi: 081578019530, 081578019492

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s