MENGABARKAN INJIL DENGAN MEDIA SELEMBAR KERTAS DAN SEBUAH GUNTING


Kiriman Photo dari ibu Inggrid Sribulandari, GSJA Calvary Charismatic Londa Lima, Desa Kuta, Kecamatan Kanatang, Sumba Timur, Panti Asuhan Yahaziel

 

Pada tayangan tersebut ada merobek kertas, namun saya sarankan untuk menggunakan LIPATAN terlebih dahulu lalu digunting, agar hasilnya lebih rapi

Pada tayangan tersebut sudah ada story/ kisahnya, tetapi saya memiliki story/kisah saya sendiri

Pada tayangan tersebut ada bentuk : Salib, HELL, LIGHT, dan LIFE, namun saat saya breafing dengan panitia Sekolah Injil Liburan , di GBT Tasik Malaya, ada seorang guru pengiring ibadah Sekolah Minggu yang menambahkan formasi Jesus Love U dan I Love Jesus , yang dapat anda pelajari di foto-foto di bawah ini. Beliau adalah anak muda yang diurapi Tuhan, bernama Mishael Othniel Yakub Sidupa.

Mishael Othniel Yakub Sidupa

 

yang mau kenalan dengan dia dapat add FB beliau dengan nama Mishael Othniel

Materi ini sebenarnya adalah sesi III dari SIL Lebih Dari Pemenang (Roma pasal 8), namun saya jadikan tulisan tersendiri, agar dapat juga dijadikan materi lepasan untuk khusus pekabaran injil kepada anak-anak ataupun melatih anak-anak jadi penginjil cilik

POWER POINT  MATERI INI DAPAT ANDA DOWNLOAD/ UNDUH DI SINI:

SESI 3 AKU DIPANGGIL

Persiapan panitia:

Tiap anak akan mendapatkan satu lembar kertas PRINT  dan satu buah gunting, selama proses pelipatan kertas, pengguntingan kertas dan pembukaan hasil lipatan dan guntingan- semuanya mengandung suatu kisah, yang akan dikisahkan oleh pembicara.

Disamping itu panitia juga menyediakan kertas cadangan, untuk anak-anak yang meminta kertas lagi karena sebuah kesalahan dll

  1. Hidup kita memiliki 4 sisi: (Pengkotbah 3: 1-15), seperti 4 sisi kertas ini

20150702_074713

  1. lahir
  2. hidup- mengisi kehidupan ini dengan menanam atau mencabut, membunuh atau menyembuhkan, merombak atau membangun, menangis atau tertawa, meratap atau menari, dst
  3. bekerja dan menikmati hasil pekerjaan
  4. mati

 

  1. Manusia berusaha mencari kesenangan dalam hidup mereka (membentuk gunung- yang memiliki puncak)- gunung ini kita sebut GUNUNG DOSA. Manusia berusaha mencari kesenangan seperti orang yang ingin meraih puncak gunung, dengan cara-cara sebagai berikut : (Galatia 5: 19-21, 26, I Kor 6: 1-11, Efesus 5:5)
    • melakukan ketidakadilan
    • Mendatangkan kerugian kepada saudara-saudara seiman.
    • berselisih/ perseteruan
    • tidak mau mengalah
    • Orang cabul
    • Orang penyembah berhala
    • Orang berzinah
    • Orang banci
    • Orang pemburit
    • Orang pencuri
    • Orang kikir ( pelit)
    • Orang pembauk
    • Orang pemfitnah
    • Orang penipu
    • Kecemaran
    • Hawa nafsu
    • Sihir
    • Iri hati
    • Amarah
    • Kepentingan diri sendiri
    • Percideraan
    • Roh pemecah
    • Kedengkian
    • Kemabukan
    • Pesta pora
    • Gila hormat
    • Saling menantang
    • Saling mendengki
    • Orang sundal.
    • Orang cemar
    • Orang serakah
    • Dsb

20150702_074733

keterangan; tambahan gambar gunung dosa ini hanya untuk anda memiliki gambaran apa yang saya maksudkan, namun anak-anak tidak kita ajak untuk membuat gambar ini, karena kalau kertas nanti dicorat-coret, pada saat dibuka coretan nanti akan mengganggu bentuk hasil guntingan. Namun foto gambar gunung dosa  ini boleh dipertunjukkan pada anak-anak- agar mereka dapat ikut membayangkan apa yang kita maksudkan (nanti akan saya sertakan tautan Power Point berisi foto-foto ini- di bawah tulisan ini power point telah dapat diunduh gratis)

20150702_074800

 

  • Namun, detik ketika seseorang menerima Kristus sebagai Tuhan dan juruselamatnya, Tuhan mengangkat dia menjadi anak-Nya, ( bentuk lipatan seperti rumah/ atap rumah) , menjadikan kita anggota keluarga kerajaan Allah.(Efesus 2: 11-22)

20150702_074814

keterangan; tambahan gambar atap, pintu dan jendela pada lipatan rumah ini hanya untuk anda memiliki gambaran apa yang saya maksudkan, namun anak-anak tidak kita ajak untuk membuat gambar ini, karena kalau kertas nanti dicorat-coret, pada saat dibuka coretan nanti akan mengganggu bentuk hasil guntingan. Namun foto gambar rumah ini boleh dipertunjukkan pada anak-anak- agar mereka dapat ikut membayangkan apa yang kita maksudkan (nanti akan saya sertakan tautan Power Point berisi foto-foto ini.)20150702_074845

Dan Roh Kudus ingin menuntun hidup kita untuk mulai membuat hidupnya terarah ( seperti anak panah yang jelas dalam lipatan segitiga yang kedua ini) Ada gunung yang baru, segitiga yang baru, yaitu gunung kudus-Nya Tuhan, yang Tuhan ingin tiap –tiap anak-anakNya melakukan hal –hal ini: (Mazmur 24:1-6)- biarkan anak-anak menebak dari ayat Alkitab, bagaimana cara menaiki gunung kudus Tuhan ini…

  1. Bersih tangannya
  2. Murni hatinya
  • Tidak menyerahkan dirinya terhadap penipuan
  1. Tidak bersumpah palsu
  2. Suka menanyakan Tuhan dan mencari wajah Tuhan ( jelaskan apa artinya menanyakan dan mencari wajah Tuhan itu seperti apa)

keterangan; tambahan gambar gunung kudus-Nya Tuhan ini hanya untuk anda memiliki gambaran apa yang saya maksudkan, namun anak-anak tidak kita ajak untuk membuat gambar ini, karena kalau kertas nanti dicorat-coret, pada saat dibuka coretan nanti akan mengganggu bentuk hasil guntingan. Namun foto gambar gunung kudus-Nya Tuhan ini boleh dipertunjukkan pada anak-anak- agar mereka dapat ikut membayangkan apa yang kita maksudkan (nanti akan saya sertakan tautan Power Point berisi foto-foto ini.)

20150702_075104

keterangan; jadi pada bentuk lipatan ini, ada dua imajinasi gambar: gambar rumah dan gambar gunung kudusnya Tuhan.

7.

  1. Pada akhirnya ( lipatan berikutnya- yang berbentuk seperti pesawat/mobil/dokar/delman/kapal selam/kapal laut/kereta api/dll- lambang transportasi yang membawa orang-orang bepergian) tiap-tiap orang yang telah dilahirkan baru secara roh/ lahir baru/ terima Kristus, akan menempuh perjalan hidupnya , apakah dia akan mengisi hidupnya dengan hidup dalam Roh, mengikuti pimpinan Roh Kudus, terus hidup bergaul dengan Tuhan, ataukah akan kembali ke jalan yang lama, hidup dalam dosa, hidup dalam kedagingan. (Galatia 5:16)

 Di sini ada dua pilihan. Sama seperti kisah anak yang hilang, apakah kita akan isi hidup kita dengan bersenang-senang dalam dosa? Ataukah kita akan tinggal di rumah Bapa, taat pada Bapa? Pertobatan membuat si anak yang bungsu itu kembali ke rumah, tetapi si anak yang sulung justru marah dan tidak mau masuk ke rumah, dia justru terhilang di dekat rumah Bapa-nya sendiri.  Terhilang di halaman rumah.

keterangan; tambahan gambar mobil ini , hanya untuk anda memiliki gambaran apa yang saya maksudkan, namun anak-anak tidak kita ajak untuk membuat gambar ini, karena kalau kertas nanti dicorat-coret, pada saat dibuka coretan nanti akan mengganggu bentuk hasil guntingan. Namun foto gambar mobil  ini boleh dipertunjukkan pada anak-anak- agar mereka dapat ikut membayangkan apa yang kita maksudkan (nanti akan saya sertakan tautan Power Point berisi foto-foto ini.)

20150702_100513Setelah itu ajak anak-anak membuat lipatan kertas lebih kurang 5 cm, dan buat lagi lipatan kedua 5 cm lagi. Lipatan usahakan selurus mungkin dengan meratakan kertas pada bagian lurus tepi kanan

Pada garis lipatan ini nanti kertas akan kita gunting

20150702_075145 20150702_075201 20150702_075228 20150702_075246

20150702_075631

Ada proses ketika hidup kita dibentuk oleh Tuhan. ( guntingan pertama)- mungkin proses itu sakit, terkadang kita saat berkata tidak terhadap teman kita yang mengajak berbuat dosa, kita dikatakan sok suci, dijauhi, dikucilkan, tidak ada yang mau berteman dengan kita. Apakah kita mau ‘digunting’..? Apakah kita mau menderita bersama dengan Kristus..??

Kenapa digunting, karena kita seperti pohon yang memiliki ranting kering, ranting ranting yang tidak berbuah ini harus dipotong, dipotong malasnya- bohongnya- membantahnya- mencurinya- dll. (Yohanes 15:2)


20150702_075648

Ada proses ketika hidup kita dibentuk oleh Tuhan. ( guntingan kedua)- seperti Yusuf, saat dia berkata tidak pada godaan istri Potifar, dia justru masuk penjara. Ketika Daniel tetap rajin berdoa, dia justru masuk ke goa singa, ketika Hananya, Misael dan Asarya tetap tidak mau menyembah patung, mereka akhirnya dimasukkan ke dapur api. Ketika ratu Ester diberitahu bahwa bangsanya sedang dalam acaman pembunuhan, dia harus berpuasa, berdoa dan bersiap-siap apabila raja tidak mengulurkan tongkatnya, dia bisa –bisa dihukum mati. Ketika Rut memutuskan mengikuti Allah Israel, dia harus jadi orang asing di negri Israel, dan harus menemani mertuanya yang miskin, harus bekerja keras supaya mereka bisa makan. Ketika janda Sarfat diperintahkan Tuhan memberi makan nabi-Nya, maka dia harus menomorduakan hidup anaknya dan hidupnya sendiri, dan mengutamakan hamba-Nya. Ketika Stefanus melayani Tuhan, dia difitnahkan segala yang jahat, dan akhirnya dia pun diadili dan akhirnya dirajam batu sampai mati.

Ada orang yang mau diproses, tetapi juga ada yang tidak mau di proses oleh Tuhan. Kain telah diperingati oleh Tuhan, tetapi dia malah membunuh adiknya Habel. Saul sudah diperingatkan oleh Samuel, tetapi dia melanggar perintah Tuhan, dan saat ditegur dia malah membantah, sampai menyobekkan jubah Samuel.

Mengapa sudah digunting pertama masih digunting kedua lagi..?? Karena seperti ranting pohon…bagi pohon yang sudah berbuah masih terus dibersihkan, supaya lebih banyak berbuah lagi. (Yohanes 15:2)

Hasil guntingan jangan dibuang, nanti semua kertas itu akan kita pakai

  • Mari kita buka lipatan dan hasil guntingan ini:
    • Kristus sudah mati buat kita ( gambar salib)

20150702_075711

 

Mengapa Yesus mau mati di kayu salib untuk kita..??? Karena Bapa begitu mengasihi kita sehingga Dia mengaruniakan Yesus buat kita. Dia mengasihi kita. Yohanes 3: 16

20150702_075959 20150702_080006 20150702_080041

  • Tetapi jika kita yang sudah menerima Kristus sebagai penebus kita, tetapi masih terus hidup di dalam kedagingan/terus menerus hidup dalam dosa dan tidak mau bertobat, maka ada HELL / neraka yang menunggu kita (Galatia 6:8)

20150702_080126

 

jadi mana yang kamu pilih…??? Salib Kristus yang membawamu ke jalan keselamatan atau neraka…??? (Matius 7: 13-14)

20150702_080137

  • Sedangkan kita yang terus hidup sebagai anak-anak terang LIGHT, terus hidup di dalam Roh, terus taat pada pimpinan Roh Kudus, terus bertumbuh sampai dewasa rohani, berakar, bertumbuh dan berbuah, kita berhak menerima WARISAN ILAHI, karena saat kita telah dewasa secara rohani, maka kita secara hukum diadopsi menjadi anak-Nya, dan berhak secara hukum untuk menjadi ahli waris.( Roma 8: 17)
  • Apakah hal itu mungkin kita lakukan dengan kekuatan kita sendiri? Tidak mungkin ! Oleh karena itu kita membutuhkan Roh Kudus untuk menolong hidup kita terus  sehingga hidup kita sampai pada tingkat kedewasaan rohani. ( Roma 8: 13-17)

20150702_080234

  • Apa saja warisan ilahi itu? LIFE- kehidupan yang luar biasa- baik di bumi maupun di surga/ kehidupan kekal.

20150702_080346

karena Yesus pun telah berkata di catat di Yohanes 15:6 “Akulah Jalan, dan Kebenaran dan Hidup ( life) tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

20150702_080356

Warisan di bumi:

  • Memperoleh berkat ( 1 Petrus 3: 9)
  • Penderitaan bersama Kristus supaya kita juga dipermuliakan bersama dengan Dia ( Roma 8: 17)
  • Menuai apa yang telah ditabur ( Matius 19:29) selama di bumi

Warisan di kekekalan

  • Penebusan (Efesus 1:14) Memperoleh keselamatan ( Ibrani 1:14) Memperoleh hidup kekal (matius 19:29), tidak mengalami kematian kekal
  • Tubuh kemuliaan ( I Kor 15:50), yang tidak dapat bianasa
  • Mendapatkan kerajaan sorga ( Mat 25; 34) di saat penghakiman terakhir
  • Warisan yang Tidak dapat binasa, tidak dapat cemar dan tidak dapat layu ( I Pet 1:4)-yang tersimpan di sorga

Siapakah yang berkak mendapatkan warisan itu?

  • Ditujukan pada orang yang kaya dalam iman dan mengasihi Tuhan ( Yakobus 2;5)
  • Ditentukan oleh pilihan Allah sendiri, bukan kriteria manusia (Yakobus 2:5)
ambil huruf L untuk ditumpuk dengan huruf L lainnya sehingga membentuk huruf i yang tebal dan huruf besar.
ambil huruf L untuk ditumpuk dengan huruf L lainnya sehingga membentuk huruf i yang tebal dan huruf besar.
bisa diartikan ini adalah sebuah sahut menyahut antara Tuhan dengan kita, saat Tuhan L= Love kita, apakah kita juga L= Love pada Tuhan Atau bisa diartikan L= Love, dan L yang dipasang terbalik menjadi J= Jesus
bisa diartikan ini adalah sebuah sahut menyahut antara Tuhan dengan kita, saat Tuhan L= Love kita, apakah kita juga L= Love pada Tuhan
Atau bisa diartikan L= Love, dan L yang dipasang terbalik menjadi J= Jesus

 

i = saya
i = saya
Bentuk hati yang kita buat pada tulisan i love Jesus ini, akan berbeda dengan bentuk hati yang pertama pada tulisan Jesus Love U di atas tadi. Teliti lagi penyusunan potongan kertas -kertasnya
Bentuk hati yang kita buat pada tulisan i love Jesus ini, akan berbeda dengan bentuk hati yang pertama pada tulisan Jesus Love U di atas tadi. Teliti lagi penyusunan potongan kertas -kertasnya
i love Jesus= aku cinta Yesus
i love Jesus= aku cinta Yesus

Sampai di titik ini kita menjadi orang-orang yang DIPANGGIL untuk menjadi ahli waris kerajaan-Nya

Jadi untuk mengajarkan teknik melipat dan menggunting kertas ini anda perlu memiliki persiapan sbb:

  1. gunting untuk anda dan untuk tiap murid-murid ( atau bisa satu gunting untuk 5 anak)
  2. kertas 1 lembar untuk anda praktek di depan anak-anak ( kertas ini akan mengalami step 1- selesai/finish)
  3. kertas yang telah anda lipat dan gambari GUNUNG DOSA
  4. kertas yang telah anda lipat dan gambari RUMAH
  5. kertas yang telah anda lipat dan gambari GUNUNG KUDUS TUHAN
  6. kertas yang telah anda lipat dan gambari MOBIL
  7. Power point berisi FOTO-FOTO semua step dari step 1- finish lengkap dengan gambar gunung, rumah, gunung dan mobil sesuai urutan ( jika nanti power point yang saya buat telah selesai akan saya tautkan di sini)

 

LOMBA AYAT MAS

Matius 5:8

Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Lomba lipsing dan Konfigurasi

Tiap kelompok terdiri dari 2 orang yang akan melipsingkan ayat.

Orang A.Satu orang berdiri menghadap samping untuk diperhatikan gerak bibirnya oleh penonton, apakah sudah sesuai irama geraknya dengan pengisi suara

Orang B. Satu orang akan memakai mikecrophone memperkatakan ayat ( hafal), dan dengan latihan sebelumnya, dia harus memperkatakan ayat tersebut dengan irama yang disepakati bersama dengan orang A

Sisa orang dalam kelompok akan membuat konfigurasi dengan kata kunci

BERBAHAGIA

SUCI

MELIHAT ALLAH

Dalam formasi lingkaran.

Yang terkompak dan terbaik akan menjadi pemenang.

 

Game buah Roh

Game buah Roh dapat anda pelajari di tulisan ini:

GAME BUAH ROH

 

 

 

 

Satu pemikiran pada “MENGABARKAN INJIL DENGAN MEDIA SELEMBAR KERTAS DAN SEBUAH GUNTING

  1. Samtima

    Shalom harusnya Yohanes 14:6 (TB) Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Tinggalkan komentar