I AM SPECIAL ; SEKOLAH INJIL LIBURAN TERBARU 2015. POSO


SINOPSIS SEKOLAH INJIL LIBURAN

14-16 JULI 2015.

GPDI EBENHEIZER POSO

Untuk anak usia 9-12 tahun

Jumlah anak lebih kurang 400

materi ini akan disampaikan oleh Hamba-Nya Bpk Pdt Supriadi dan Ibu Lidya.

 

THEMA UMUM:

I Am Special

Tujuan;

Anak-anak perlu mengetahui jati dirinya di dalam Kristus, sehingga mereka bisa menghargai hidup mereka sebagaimana Tuhan menghargai hidup mereka, dan mereka pun dapat memberikan seluruh hidupnya kepada TUHAN.

Ayat thema:

Yesaya 43:4

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, maka Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

 

Sesi 1 ( 45 menit)

  1. AKU BERHARGA DI MATA TUHAN

Tujuan:

Anak-anak tidak perlu minder saat mereka dikatakan oleh teman-temannya pesek, pendek, keriting, dll, karena mereka diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Tuhan menenun mereka dengan tangan-Nya sendiri dalam kandungan mama. Anak-anak harus bisa mengucapkan syukur akan penciptaan Tuhan yang begitu ajaib dalam hidup mereka

Inti Materi:

Saat Tuhan menciptakan mereka tidak pernah karena Dia itu iseng. Tetapi setiap anak diciptakan Tuhan begitu berharga, begitu bernilai, karena kita bukan buatan pabrik, bukan buatan orang, juga bukan buatan mesin, dan diciptakan untuk sebuah tujuan yang mulia, Tuhan sudah punya rencana yang indah untuk setiap hidup anak-anak.  Anak kembar semirip apa pun di seluruh dunia ini, tidak ada yang sama persis, pasti ada bedanya, karena Tuhan menciptakan setiap anak unik, sidik jari kita pun tidak ada yang sama pada setiap orang.

Sedemikian berharganya kita, kalau kita dijual…..??? Berapa harganya…?? Tidak ternilai..!! Di dunia ini ada perdagangan jantung, ginjal, dll, bisa dijual, tetapi jika satu persatu anggota tubuh kita dijual, kulit, mata, dll Belum lagi jika pemikiran kita/otak kita/kepandaian kita semuanya bisa dijual, wauuuuuuuuuuuu hidup kita tidak dapat terbeli karena terlalu mahal, karena kita ini bukan kue buatan pabrik kue, atau boneka buatan pabrik, kita adalah MANUSIA CIPTAAN TUHAN yang begitu berharga dan UNIK. Kita tidak bisa terbeli dengan uang sebanyak apa pun juga

Mungkin ada anak yang dilahirkan karena ‘kecelakaan’/ lahir di luar pernikahan, tetap seorang anak seperti ini pun diciptakan Tuhan dengan penuh kasih. Mungkin ada anak yang dilahirkan dengan kondisi ‘cacat’, anak seperti ini pun disayangi Tuhan, karena dibentuk dengan tangan Tuhan sendiri.

Kita tidak dapat memilih lahir di keluarga seperti apa, suku apa, tanggal berapa, warna kulit apa, keluarga kaya atau miskin, dll. Tetapi percayalah bahwa Tuhan itu tidak pernah salah tempatkan kalian di pulau apa, keluarga apa, warna kulit apa, tanggal berapa , dll Tuhan sudah merancang semuanya dengan baik. Mungkin kita belum bisa mengerti sekarang mengapa begini dan begitu, tetapi Tuhan sudah tahu semuanya mendatangkan kebaikan bagi kita.

Ayat Mas; Mazmur 139:14

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib

Tantangan : MENGUCAP SYUKUR UNTUK KEJADIAN KITA YANG BEGITU DAHSYAT, BUANG PERSUNGUTAN DAN RASA MINDER

 

Materi yang disarankan:

HIDUPMU BERHARGA

 

Sesi 2 ( 45 menit)

  1. AKU MULIA DI MATA TUHAN

Tujuan :

Anak-anak mengerti bahwa karena hidupnya sangat berharga di mata Tuhan, maka Tuhan mau rela mati di kayu salib dan menebus mereka dari dosa dan api neraka. Setelah kita ditebus dari sampah dosa, hidup kita menjadi mulia di mata Tuhan.  ( seperti perhiasan yang mahal)

Karena kita telah ditebus, Tuhan, maka kita akan persembahkan hidup kita untuk kemuliaan nama Tuhan. Kita tidak mau hidup asal-asalan. Seperti perhiasan mulia yang mahal, akan dijaga dirawat, dilindungi, dibersihkan, demikian juga dengan hidup kita, kita akan persembahkan hidup yang kudus di hadapan Tuhan. Kita bukan orang murahan, seperti sampah, tetapi kita orang yang mulia, kita tidak akan hidup sembarangan, kita tidak akan sia-siakan karya salib Kristus

MENGABARKAN INJIL DENGAN MEDIA SELEMBAR KERTAS DAN SEBUAH GUNTING

dalam tayangan di atas AMBIL FIDEONYA SAJA- dan foto-fotonya saja (lengkap dengan keterangan foto sejak awal – Pengkotbah 3- dst) karena materi yang tertera di sana menggunakan thema lain

Dengan nanti arti guntingan kertasnya kita sesuaikan dengan thema ini -menjadi sperti ini:

Seni menggunting kertas dan melipat kertas dengan hasil Gambar :

  1. SALIB- kita berharga, sehingga Kristus mati untuk kita
  2. JESUS-LOVE-YOU. Mengapa Kristus mau-maunya mati di atas kayu salib untuk kita? Karena Dia mengasihi kita
  3. Sehingga kita terbebas dari HELL – api neraka
  4. Tuhan Yesus adalah terang dunia, Dia ingin kita hidup dalam terang- LIGHT
  5. Karena Yesus adalah Jalan, Kebenaran dan Kehidupan, maka Dia sudah memberikan WARISAN KEHIDUPAN BAGI KITA/ LIFE- (penjelasan tentang warisan kehidupan ada di materi)
  6. Warisan kehidupan ini tidak semua orang mendapatkan, hanya yang hatinya mengasihi Yesus dan hanya yang kaya dalam iman saja ( ayat dan penjelasan ada di materi

AYAT MAS:

Yesaya 60:1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.

 

Sesi 3  ( 45 menit)

AKU DIKASIHI OLEH TUHAN

Intisari sesi sebelumnya :

Setelah di sesi 1 anak-anak mengerti  bahwa hidupnya begitu berharga karena diciptakan oleh tangan Tuhan sendiri. Dan di sesi 2 anak-anak mengerti bahwa Tuhan rela mati di atas kayu salib untuk menyelamatkan mereka dari api neraka, sehingga hidup mereka setelah menerima Kristus menjadi juruselamat, maka hidup mereka menjadi hidup yang diubahkan dari yang tadinya hidup seperti sampah, menjadi hidup yang seperti perhiasan mahal dan mulia.

Tujuan sesi 3:

Kini di sesi 3 anak-anak kita ajak mengalami PEMULIHAN GAMBAR DIRI- seperti Mefiboset yang dikasihi oleh Daud, tinggal di istana raja Daud, tiap hari makan semeja dengan raja Daud.

Inti Materi sesi 3

Raja Daud adalah gambaran dari Kristus sendiri, dan Mefiboset adalah gambaran kita yang sebenarnya tidak layak, cacat oleh dosa, dan juga hidup berlumpuran dosa, tetapi ketika Tuhan mengangkat kita menjadi anak-Nya, karena kasih dan pengampunan-Nya pada kita ( ibarat seperti Daud tidak menumpas Mefiboset- tetapi mau mengangkat Mefiboset menjadi anaknya/ pangeran)

Kita tidak hanya diselamatkan saja, tetapi kita telah diangkat menjadi anak-anak Allah, diangkat menjadi anggota keluarga kerajaan Allah.

Karena kita jadi anak-anakNya maka kita dikasihi, dilindungi, dijaga, dipelihara, dididik, dijamin, dll

Ayat Mas: Efesus 1: 5a Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nyam sesuai kerelaan kehendak-Nya.

 

Materi yang disarankan:

SI PINCANG DI PELUKAN AYAH

Sesi 4  ( 45 menit)

 

  1. HIDUPKU BAGI TUHAN

Intisari sesi sebelumnya :

Tuhan sudah membuat hidup kita sedemikian berharga, mulia, dan juga Tuhan  sudah sedemikian mengasihi kita, kini kita ingin mempersembahkan hidup kita bagi TUHAN.

Anak yang SPECIAL bukan saja anak yang special di mata Tuhan, melainkan juga anak yang SPECIAL BAGI TUHAN, karena mempersembahkan hidupnya bagi Tuhan.

 

Ayat mas:

Roma 12: 1

MATERI DAPAT ANDA DOWNLOAD DI :

91. HIDUPKU BAGI-MU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s