84. POST IT….HIDUPMU BERHARGA !!

Dalam metode mengajar ini para guru sekolah minggu akan mengajar betapa berharganya anak-anak dimata Tuhan dan meyakinkan anak-anak untuk dapat menghargai diri mereka dan menghargai sesama.


HIDUPKU BERHARGA

Kelas kecil

( kelas bayi sampai kelas 2 SD)

 

PERSIAPAN GURU:

POST IT yang dapat anda beli di toko buku:(BENTUK DAN WARNYANYA TERSERAH PADA PILIHAN ANDA)

Post it adalah kertas berperekat, yang dapat dengan mudah kita sobek dan kita tempel di mana saja.

Dan sepidol hitam, untuk menulis di atasnya. Siapkan sepidol sejumlah guru bantu anda (jika guru anda 10, maka anda harus siapkan 10 sepidol)

Siapkan juga karton besar, potong berbentuk hati.

Tips:

karena post it ini mudah kering perekatnya, maka saat nanti kita akan membagikan pada anak-anak, kita akan membagikan secara MENDADAK , dalam beberapa termin/dalam beberapa kesempatan berselang-seling dengan penyampaian Firman Tuhan.

dan karena post it ini tidak bisa kita gambarin/ tulisin secara langsung banyak, karena tiap kertas mengandung perekat, maka kita akan menggambar/menuliskan SATU PER SATU.

Jadi anda perlu melibatkan beberapa guru sekaligus, agar pelaksanaan SATU PERSATU DAN MENDADAK ini bisa cepat.

Caranya: anda perlu membagi post it yang bergambar sama, dalam beberapa buah/sobek misalnya saja per 10 lembar.

 

Hal ini kita lakukan agar bisa semakin banyak guru bantu yang dapat kita libatkan untuk membantu kita nantinya

Misalnya post it bergambar wajah, anda bagi saja menjadi 4 buah, masing-masing buah terdiri dari 10 lembar, jadi total 40 lembar. Lengkap dengan sepidolnya kita bagikan untuk 4 guru bantu kita .

Beri contoh gambar wajah pada yang paling atas, agar guru bantu nanti tahu bahwa di bawahnya dia bisa memberi gambar wajah lagi, setelah lembar pertama (contoh kita itu tadi0 disobek dan diberikan pada anak pertama

Beri nomor di belakang lembar terbawah, misalnya gambar wajah adalah gambar nomor 4, maka beri nomor 4 di belakang tumpukan lembar terbawah ( dibalik lembar ke 10), agar guru bantu nanti tahu urut-urutan  mana yang dibagikan ke anak pertama, kedua, dst, berdasarkan nomor tersebut.

Ini persiapan alat peraga saya

20140824_082918

20140824_083036

 

dan ini sebagai contoh : foto Melody saat mendapat POST IT dari teman-nya20140823_184100

20140823_183641

 

20140823_183629

Anda bisa membuat anak-anak duduk berpasangan/atau melingkar.

Bila duduk berpasangan, dia nanti akan mendapat POST IT untuk menempelkan post it ini pada temannya/ pasangannnya ( ingat- bukan guru pada murid- tetapi murid mendapat dari guru, dan menempelkan pada temannya – ini kita lakukan agar anak-anak belajar memberi label/post it pada temannya , sesuatu yang positif-misalnya kamu cantik, kamu cakep, dan bukan label buruk, misalnya kamu pesek, kamu jelek, dst)

Bila duduk melingkar, dia nanti akan mendapat POST IT ini untuk menempelkannya pada teman di KIRINYA atau di KANANNYA, sehingga dia juga nanti akan mendapat post it dari teman di KANANNYA atau di KIRINYA. Kalau anda bilih kanan, kanan semua…semua anak menempelkan pada teman di kanannya, demikian juga sebaliknya jika anda memilih kiri, kiri semua, …semua anak menempelkan pada teman di kirinya.

Materi untuk anak:

Terkadang ada banyak ejekan ditujukan kepada kita, mungkin karena kita pendek, badannya terlalu tinggi/ jangkung, kulitnya hitam, rambutnya keriting, badannya kurus, badannya gemuk, matanya sipit, hidungnya hidung bawang, hidungnya hidung pesek, kakinya kaki bebek, dipanggil si gundul, si moyong karena gigi kita agak maju ke depan sedikit.

Psssssssstttttt !! Orang –orang yang suka mengejek kita itu …mereka tidak tahu bahwa hidup kita ini sangat berharga, sangat indah, sangat cantik. Walaupun kita hitam , kata mereka jelek, itu kan kata mereka, tapi apa kata Tuhan tentang kita…????

Tuhan menciptakan kita itu begitu berharga, begitu cantik, begitu ganteng, dan begitu luar biasa !

Apa sih berharga itu….(Lepaskan anting emas dari telinga kita-guru- lalu jelaskan apa itu berharga- berharga itu:

  • Mahal
  • Dijaga baik-baik jangan sampai rusak
  • Dijaga baik-baik jangan sampi hilang
  • Disayangi
  • Dirawat
  • Tidak dibuang-buang

Demikian juga dengan hidup kita, kita ini berharga bagi Tuhan, Tuhan menanganggap kita ini mahal, karena kita telah ditebus dengan darah Yesus yang mahal harganya, kita dijaga Tuhan, disayang Tuhan dan dirawat dengan baik oleh Tuhan, Tuhan tidak pernah membuang kita hanya gara-gara  bentuk hidung kita, bentuk mata kita, bentuk rambut kita, dll.

TEMPELKAN POST IT BERGAMBAR SALIB ( post it  1)  PADA BAJU TEMANMU.

Jadi perkataan mereka yang mengejek itu, tidak perlu kita dengarkan…!! dan ampuni saja mereka itu. Tetaplah tersenyum ….kata kata Tuhan yang lebih betul daripada kata-kata mereka.

TEMPELKAN TULISAN KAMU CANTIK, KAMU CAKEP (post it  2) PADA BAJU TEMANMU

Tahukah kamu, bahwa  Tuhan lho yang menciptakan kita di rahim mama dengan sangat indah…menenun kita di kandungan mama dengan tangan-Nya sendiri.

TAYANGAN 1.

3’.23’’

 

TEMPELKAN TULISAN WAAAAUUUUUUUUU (post it 3) PADA  BAJU TEMANMU SETELAH MENONTON TULISAN INI

Tuhan itu tahu bahwa kalau kita ini, cocoknya seperti ini. Diri kita ini unik, tidak ada orang lain di seluruh dunia yang sama persis dengan diri kita.

Bahkan, sidik jari kita saja tidak sama….tidak ada yang sama di seluruh dunia.

TEMPELKAN POST IT SUDAH DIBERIKAN GAMBAR WAJAH (post it 4) YANG BERBEDA-BEDA PADA BAJU TEMANMU

Coba kalau semua orang sama warna kulitnya, sama bentuk matanya, sama tinggi dan pendeknya, sama rambutnya, sama cantik dan gantengnya….waaaaaahhhhh kita bisa keliru , bu Rita kita panggil Bu Desi…ya kan? Papa kita kira mama…ya kan?

Kita semua ini istimewa di hati Tuhan

TEMPELKAN POST IT BERTULISKAN “MELODY ( NAMA ANAK) KAMU BERHARGA DI HATI TUHAN” (post it 5)

PADA KARTON BERBENTUK HATI BESAR DI TENGAH RUANGAN (MENGIBARATKAN ITU ADALAH HATI TUHAN YESUS)

Naaah, adik adik, hari ini kita akan MELIHAT video yang menceritakan seseorang yang sering diejek karena dia pendek, namanya Zakeus, dia walaupun pendek, sangat disayangi Tuhan Yesus , sangat berharga sekali bagi Tuhan Yesus.

Tayangkan Zakheus pada menit ke 06.00- 12.50

6’.50’’

pada saat tayangan diputar, guru sambil bercerita menjelaskan isi tayangan

 

Lukas 19: 1-10

Zakheus

19:1 1 Yesus masuk ke kota Yerikho v  dan berjalan terus melintasi kota itu.

 

19:2 Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya.

 

19:3 Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek.

 

19:4 Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara w  untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. x 

 

19:5 Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.”

 

19:6 Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita.

 

19:7 Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: “Ia menumpang di rumah orang berdosa. y 

 

19:8 Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: z  “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin 2  dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas a  dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat. b 

 

19:9 Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham. c 

 

19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.d 

 

Kesimpulan:

Apa pun keadaan kita kita harus bersyukur pada Tuhan, karena kita ini berharga di hati Tuhan, Tuhan sangat menyayangi kita, dan seperti Tuhan sayang kepada Zakeus yang pendek, Tuhan juga menyayangi kita apa adanya. Amin. Kalau ada yang mengejek kamu dan bilang kamu pendek gendut, hitam, keriting, dll, tidak perlu marah, tersenyumlah dan katakan pada dirimu sendiri ‘dia tidak tahu bahwa aku berharga di hadapan Tuhan’’bagi Tuhan aku cantik , Aku cakep, aku ciptaan Tuhan yang sangat berharga’, jangan balas mengejek dia, karena saat kita mengejek teman kita, artinya kita sama saja sedang mengejek Tuhan yang menciptakan dia., sayangi temanmu dan ampuni.

Oleh karena itu, karena hidup kita berharga, kita mau biarlah hidup kita hidup yang mau bertobat seperti Zakeus yang tadinya serakah, kini mau hidup mengasihi sesamanya.

 

Ayat mas

Mazmur 139:14

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib.

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

2 thoughts on “84. POST IT….HIDUPMU BERHARGA !!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s