40. BERSYUKUR DENGAN MAKANAN YANG TUHAN BERI


MINGGU KE 40
GABUNGAN SEMUA KELAS

BERSYUKUR
DENGAN MAKANAN
YANG TUHAN BERI

SIKAP HATI : TAHU BERTERIMA KASIH / GRATEFUL

 

BACAAN GURU:

Bilangan 14: 22, ay 29-30,  Bilangan 26: 65.

PEMBUKAAN:

Beberapa Pilihan:
o    Guru bercerita berganti-ganti asecories sesuai adegan, misal berganti topi, kacamata, selendang, dll. Disamping itu juga berganti-ganti tempat berdiri serta berganti-ganti suara.
o    bisa juga mempersiapkan 7 orang guru lain untuk membantu, atau melibatkan 7 orang anak yang sudah dilatih terlebih dahulu
o    Bisa juga datangkan badut/guru dengan pakaian badut untuk memperagakan 7 adegan ini.
o    Bisa juga bagi gereja yang sudah memiliki department multimedia, dapat membuat film mini yang memuat 7 adegan tersebut dalam satu setting panggung di seputar meja makan sebuah keluarga

Adegan 1:
Lho maaaaaaa, hari ini kog makan tempe lagi…..kapan kita makan ayam goreng?

Adegan 2:
Paaaaa…..ayo toh pa…kita makan di restorant…!! Mama masaknya cuma sayur asem, aku bosan pa sayur asem…..ayo kita ke Kentucy Fried Chiken yo pa…..

Adegan 3:
Aduuuuuuuh hari ini kog ayam lagi………aku bosan makan ayam, daging sapi, sate kambing, mbok ya kita ke luar kota Ma….ke Solo makan timlo, atau ke Surabaya makan Mc Donald….

Adegan 4:
Pah…tolong habisin makanan ini….aku nggak habis….pa…!! Kalau papa nggak mau buang aja ya pa sisanya….?

Adegan 5:
Aku nggak mau makan ah…… Masakan mama nggak enak…kurang asin….

Adegan 6:
Aduuuuh………bekal apa ini? Membosankan….aku nggak mau makan ah…buang aja….lebih baik aku jajan di kantin sekolah, kan mama selain bawain bekal juga bawain aku uang jajan yang buanyaaaaaaaaaaaak sekali….

Adegan 7:
Ngapain sih kalau mau makan mesti berdoa dulu…..? Mengucap syukur? Lho aku bisa makan ini kan karna papa sudah bekerja, dapet uang, bisa buat mama belanja dan memasak makanan ini…..? Apa perlu mengucap syukur pada Tuhan?

INTI

Nah, adik-adik, seberapa sering sih kita ini tidak mengucap syukur dengan apa yang Tuhan berikan pada kita. Setiap hari kita bisa makan, itu adalah suatu anugrah Tuhan/kebaikan Tuhan pada kita

Seperti teman-teman tadi, mungkin kita sering mengeluh dengan makanan yang kita makan, cepat bosan dengan makanan yang masih bisa dimakan, kita tidak puas dengan apa yang sudah dimasak mama, sehingga ngotot minta makan di rumah makan, sudah diberi Tuhan daging masih ngotot minta makan yang lebih mahal/ lebih enak bahkan minta ke luar kota segala, hanya untuk makan, tidak menghabiskan makanan serta membuang-buang makanan yang sudah Tuhan sediakan, merasa makanan mama kurang enak dan tidak berterima kasih pada mama yang sudah capek-capek memasaknya,

Sudah dibawain bekal sama mama dari rumah, tapi di sekolah bekal itu malah dibuang , kita merasa tidak perlu berdoa mengucap syukur sebelum makan Sadarkah kalian bahwa di Negara lain/luar negri….banyak anak-anak yang mengalami kelaparan, dan badan mereka kurus, mereka mati karna lapar…tidak ada makanan yang bisa di makan……

BANYAK ANAK YANG KELAPARAN

foto-foto ini dapat di down load dari :
dan ditayangkan melalui LCD/ OHP)

http://bahansekolahminggu.wordpress.com/2010/07/15/belajar-bersyukur-bagian-2-foto-karya-kevin-carter-dll/

Nah adik-adik, kita akan melihat beberapa foto-foto dari teman-teman kalian di Negara SUDAN yang mengalami bencana kelaparan. Di sana ada orang lapar, di sini juga ada orang lapar, bahkan di mana-mana ada orang yang kelaparan, bahkan saking laparnya sampai mati.

1.    Foto ini dibuat oleh seorang fotografer bernama Kevin Carter, tahun 1993, di Negara bernama SUDAN . Kevin Carter berangkat ke SUDAN, Dalam suatu perjalanan ke suatu di desa bernama Ayod, ia melihat seorang anak kecil kurus kering sedang berjuang keras menuju dapur umum. Di tengah jalan si gadis kecil itu beristirahat dan tak lama kemudian seekor burung bangkai mendarat di belakangnya dan seakan menunggu kematian si gadis kecil itu. Burung bangkai adalah burung yang suka memakan mayat binatang atau mayat manusia.

Lihatlah foto-foto ini adik-adik,

2.    dengan tertatih-tatih anak ini berjalan menuju dapur umum, ia menangis kelaparan di tengah perjalanan

3.    anak ini menangis karna lapar, ia berteriak minta makan, tetapi di sana tidak ada makanan, lihatlah air matanya, dan lihatlah tangannya begitu kecil

4.    lihatlah anak ini, wahanya sedih, tulang-tulang dadanya kelihatan menonjol….

5.    waktu ditimbang di dalam ember, beratnya Cuma sedikiiiiiiiiiiiiiiit sekali, berapa kilo ya ?

6.    untuk mendapatkan makanan mereka harus antri berjam-jam lamanya, hanya untuk makanan yang sekikit sekali, makanan tidak langsung ada di meja makan seperti yang kalian nikmati setiap hari di rumah

7.    lihatlah tangannya yang begitu lemah dan kurus, tidak bertenaga

8.    tinggal tulang dibungkus kulit….begitu kurus dan menyedihkan keadaannya

9.    yang kebanyakan menderita busung lapar ini adalah anak-anak. Bayangkan kalau kalian tidak menghabiskan makanan kalian, apa kalian tidak kasihan dengan anak-anak ini?

10.    anak ini sudah mati karna kelaparan, dan mayatnya sedang dimandikan…..kasihan sekali ya…?

11.    anak yang mati karna kelaparan ini akan dikuburkan …..mati karna menahan rasa lapar dan mungkin sudah berhari-hari atau berminggu-minggu tidak makan.

BANGSA ISRAEL SUKA MENGOMEL

Tuhan Yesus senang kalau adik-adik selalu mengucap syukur dengan berkat yang Tuhan berikan. Jangan seperti bangsa Israel, selalu mengeluh, menggerutu, mengomel, tidak pernah puas dengan berkat yang Tuhan berikan.  Akhirnya orang Israel yang sering mengomel tidak boleh masuk ke tanah Kanaan. Bilangan 14: 22, ay 29-30,  Bilangan 26: 65.

•    Bersungut-sungut/mengomel  karna masalah minuman di Mara
Keluaran 15:24 Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: “Apakah yang akan kami minum?”

•    Bersungut-sungut/mengomel  karena lapar di Padang gurun Sin
Keluaran 16:2 Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun;

•    Bersungut-sungut/mengomel karna haus di Masa dan Meriba
Keluaran 17:3 Hauslah bangsa itu akan air di sana; bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa dan berkata: “Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?”

•    Bersungut-sungut/mengomel karna nasib buruk yang mereka alami di Tabera
Bilangan 11:1 Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan.

•    Bersungut-sungut/mengomel setelah mendengar laporan 10 pengintai
Bilangan 14:2 Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: “Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini!

Dalam 5 kali peristiwa ini, semua bangsa Israel yang sudah melihat mujijat Tuhan berkali-kali tetapi tetap bersungut sungut/mengomel lebih dari 10 kali tidak boleh masuk ke tanah Kanaan.

Tahukah kalian bahwa setiap perkataan kita dicatat oleh Malaikat Tuhan…..setiap kali mengeluh ada catatannya.

Matius 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Matius 12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.”

Saat teman-teman lain berkata “uuuuuuuuuuh apa apaan ini….kita tidak mungkin menang melawan raksasa-raksasa di Kanaan sana, lebih baik kita mati di sini saja!”
Saat itulah Kaleb dan Yoshua tetap bersyukur pada Tuhan “ ndak papa…kita ndak perlu kuatir ….aku yakin kog Tuhan itu pasti menolong kita, dan kita pasti menang melawan mereka?”
“Iya Leb…..kalau Tuhan aja sanggup membelah laut Merah sehingga kita bisa menyeberang di tanah yang kering…..apalagi cuma orang orang Kanaan itu ……keciiiiiiiiiiiiiil…..Tuhan itu pasti membuat kita menang….buat apa ngomel-ngomel…….?!”

Setelah malaikat Tuhan melihat catatan mereka, ternyata yang mengomel lebih dari sepuluh kali banyak sekali adik-adik………..hampir semua orang, hanya ada dua orang saja yang tidak suka mengomel, yaitu Yosua dan Kaleb, dua orang ini selalu mengucap syukur

Hanya Kaleb dan Yosua serta anak-anak kecil – sampai remaja pemuda yang lahir di padang gurun yang berusia 20 tahun ke bawah saja yang boleh masuk tanah kanaan.

Karna Kaleb dan Yosua selalu mengucap syukur dan tidak suka mengeluh.

PENERAPAN DALAM KEHIDUPAN KESEHARIAN

Nah adik-adik, bagaimana caranya mengucap syukur atas makanan dan minuman yang Tuhan berikan?
•    Berdoa mengucap syukur sebelum makan, karna setiap berkat itu asalnya dari Tuhan juga
•    Menghabiskan setiap makanan, jangan ada sisanya, kalau kamu tidak yakin, ambil sedikit dulu, nanti kalau kamu suka, boleh nambah kog.
•    Jangan cepat bosan dengan makanan kemarin yang belum habis
•    Tidak selalu harus makan di rumah makan/ di luar kota
•    Jangan mengomel dengan masakan mama, berterima kasihlah pada mama yang sudah memasak buat kita
•    Habiskan bekal yang dibawakan mama dari rumah.

Ayo senangkan hati Tuhan dengan mengucap syukur atas makanan yang Tuhan berikan kepada kita setiap hari.

AYAT MAS

KELAS KECIL (0-5 TAHUN)

II Tesalonika 5: 18  a
Mengucapsyukurlah dalam segala hal.

KELAS TENGAH DAN KELAS BESAR (6 TAHUN KE ATAS)

II Tesalonika 5: 18
Mengucapsyukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

POWER POINT MATERI INI DAPAT ANDA KLIK DI BAWAH INI:

POWER POINT BERSYUKUR UNTUK MAKANAN

zwani.com myspace graphic comments

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s