Andalan

PERMODELAN PENCETAKAN GENERASI BARU


PERMODELAN PENCETAKAN GENERASI BARU

MENCONTOH BAGAIMANA PEMURIDAN ELIA KEPADA ELISA

MENCONTOH BAGAIMANA PEMBAPAKAN ROHANI ELIA KEPADA ELISA

 

II Raja-raja 2:1-18

Ada 4 tokoh di sini

  • Elia
  • Elisa
  • Rombongan nabi di Betel
  • Rombongan nabi di Yerikho

Semua nabi ini tahu bahwa pada hari itu juga, Tuhan hendak mengangkat Alia ke sorga dalam angin badai.

Tetapi Rombongan nabi di Betel dan di Yerikho sangat berbeda dengan Elisa, dalam hubungan mereka dengan Elia, karena Rombongan nabi di Betel dan Rombongan nabi di Yerikho bukanlah murid Elia, bukanlah anak rohani dari Elia, dan bukanlah yang menerima dua bagian dari roh Elia, bukanlah yang dapat melihat peristiwa Elia naik ke sorga.

Melainkan hanya Elisa yang adalah murid Elia, hanya Elisa yang adalah anak rohani Elia, hanya Elisa yang adalah penerima dua bagian dari roh Elia, dan hanya Elisalah yang dapat melihat peristiwa Elia naik ke sorga.

Mari kita lihat beberapa permodelan bagaimana Elia mempersiapkan Elisa sehingga di hari dia terangkat ke sorga, pencetakan dan peluncuran generasi itu terjadi.

  1. Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal.

( II Raj 2:1) Berjalan bersama, di situ terjadi interaksi, terjadi sharing, terjadi saling menjaga agar tidak saling mendahului atau belajar mengatur irama langkah bersama. Di sini tidak ada guru yang berjalan di depan mendahului muridnya, atau guru yang di belakang mengawasi jalannya muridnya di depan, melainkan mereka berjalan seiring sejalan. Ingat, ayat ini dicatat dengan keterangan waktu, sebagai peristiwa DI HARI di mana Elia diangkat ke sorga. Proses Elia memuridkan Elisa sudah finish, dan ini adalah hari terakhir bagi mereka.

Luk 6:40 Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya.

 

Setiap guru harus memiliki kurikulum, sehingga ketika muridnya tamat, dia memiliki ilmu yang sama dengan gurunya. Guru harus memastikan semua ilmunya dibagikan. Tidak ada yang ditahan-tahan. Guru tidak pernah boleh takut kesaingan dengan muridnya. Guru tidak pernah boleh takut kalau muridnya bisa sama hebat atau bahkan lebih hebat dari gurunya.

 

Yoh 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya o  kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yangAku lakukan, p  bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar 1  dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

 

Kita tidak menganut ilmu di perguruan persilatan, dari 10 jurus hanya diturunkan 9, generasi cucu murid hanya dapat 8 demikian seterusnya, sehingga pada generasi ke 11 ilmu yang diturunkan sudah habis tak berbekas.

Tetapi kita menganut kurikulum kerajaan sorga, di mana ketika Yesus pergi ke pada Bapa, kerajaan sorga semakin berkembang bukan semakin mati. Karena Yesus tidak takut kalau murid-muridNya melakukan pekerjaanNya dalam ukuran yang LEBIH BESAR.

Mengapa Elia bisa sejalan dengan Elisa? Berjalan sejalan, seiring, karena Elisa telah sampai di hari terakhir, di hari kelulusannya, di mana Elia dapat mengajaknya berjalan bersama.

Ini adalah prinsip yang penting. Spirit iri hati seperti Kain terhadap Habel, pada akhirnya akan beranjak pada spirit pembunuhan potensi orang, pembunuhan karakter orang, pembunuhan nama baik orang, dll.

Kalau seseorang pemimpin tidak merdeka dari spirit iri hati dan pembunuhan, seperti Kain kepada Habel, tidak heran pada akhirnya bukannya perkembangan yang muncul ke permukaan tapi kemunduran bahkan sampai mengalami krisis generasi/ hilang generasi.

  1. Elia di suruh Tuhan ke Betel, berangkat dari Gilgal, tetapi ketika Elisa disuruh tinggal, Elisa tidak mau. Ketika Elisa tidak mau tinggal di Gilgal, dan ngotot ingin ikut ke Betel, Elia pun tidak keberatan. Agenda Elia hari itu, Elisa ngotot itu harus menjadi agendanya juga. Apa yang akan Tuhan kerjakan pada seorang guru dan ayah rohani, si murid dan anak rohani harus memiliki hasrat yang dalam untuk mengikuti kegerakan Allah itu. Saat di mana Elia naik ke sorga Elisa ingin melihatnya, ingin ada di sana, ingin mendapat pesan terakhir, ingin mendapat tongkat estafetnya. Ketika peristiwa ini terjadi lagi di ayat 4 saat Elia akan pergi ke Yerikho, dan terulang lagi di ayat 6 saat Elia akan pergi ke Yordan, sampai menyeberangi sungai itu, di situlah kita lihat hasrat Elisa yang begitu dalam untuk selalu mengikuti kegerakan yang Tuhan kerjakan pada diri pemimpinnya. Contoh, kita tidak memiliki passion di dunia anak, tetapi ketika pemimpin kita ditaruh Tuhan hati untuk menggarap anak-anak, maka kita taruh hasrat kita untuk juga memiliki hati yang sama. Apa yang ditangkap pemimpin kita, guru kita, ayah rohani kita dari TUHAN, maka kita jangan sampai tertinggal di belakang, kita harus terus ikuti.
  2. Ada segitiga di antara Elia, Elisa dan Tuhan. Tuhan, guru dan murid. Tuhan, ayah rohani dan anak rohani. Tuhan, engkau dan aku. Selalu dalam segitiga itu, Tuhan diletakkan sebagai yang utama dan pertama. Ayat 2 “ Demi Tuhan yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau.” Dapatkah kita melihat segitiga ini? Kalimat kembar ini akan terulang lagi di ayat 4, ayat 6. Tiga kali Elisa memperkatakan segitiga ini. Sebuah tongkat estafet dari generasi yang satu kepada generasi yang lain, tidak akan pernah berhasil, tanpa menghadirkan TUHAN di dalamnya. Bukan itu saja, tetapi kehadiranNya sebagai yang utama. Tuhanlah sumber dari setiap generasi untuk berjalan, Tuhanlah inspirasi untuk setiap generasi menemukan ketajaman di generasinya sendiri. Tanpa Tuhan, hubungan Elia kepada Elisa tidak akan menemukan benang merah yang mengubungkan satu sama lain, ketika nanti Elia telah naik ke sorga. Tetapi karena ada Tuhan di antara mereka, maka Tuhan yang sama yang akan membuat VISI Tuhan dapat dilanjutkan dari generasi yang satu kepada generasi yang berikutnya.
  3. Rombongan Nabi di Betel dan di Yerikho itu sama saja , mereka mempertanyakan kepada Elisa, apakah dia sudah tahu bahwa hari itu Elia akan diambil oleh Tuhan terangkat ke sorga. Maka reaksi Elisa adalah “Aku juga tahu, diamlah!” Dua kali ditanya, jawabnya sama saja. Elisa tidak mau larut dalam kesedihan secara emosi, lalu menangis dan meraung. Elisa juga tidak  mau larut dalam pencegahan, menawar pada Tuhan, seandainya peristiwa itu bisa dibatalkan atau di tunda saja, dia masih butuh tuannya Elia. Melainkan Elisa secara dewasa bisa menghadapi semuanya itu justru dengan pemikiran konsentrasi yang tinggi, bagaimana caranya agar kepergian Elia ke sorga, tidak akan membuat pekerjaan Tuhan tergoncangkan, maka satu-satunya cara adalah dia harus mendapatkan dua bagian dari roh Elia, untuk dia dapat melanjutkan Visi Tuhan di atas muka bumi ini, maka keikut sertaannya sebagai abdi Elia selama ini tidak akan menjadi sia –sia. Dia tidak ingin obrolan yang tidak perlu, melainkan dia tidak ingin kehilangan kesempatan sedikitpun saat mana tuannya diangkat ke sorga. Obrolan yang tidak perlu akan memecah konsentrasi. Pemuridan membutuhkan konsentrasi tinggi, kesengajaan, vocus pada pencetakan generasi, pencurahan waktu, perhatian, tenaga, uang mungkin juga ikut terlibat, energi, prifacy, keterlibatan seluruh unsur kehidupan menjadi satu akumulasi hal-hal yang tercurah semuanya untuk mencetak generasi baru. Yesus selama di dunia tidak mencetak ratusan murid, cukup 12 saja tetapi dalam sebuah konsentrasi yang tinggi.
  4. Ketika Elisa bertemu rombongan nabi di Betel. Dia tidak ingin tinggal di sana, walaupun ada banyak nabi di sana, karena ayah rohaninya hanyalah Elia semata.

Ketika Elisa bertemu rombongan nabi di Yerikho, dia juga tidak ingin tinggal di sana, walaupun ada banyak nabi di sana, karena ayah rohaninya hanyalah Elia semata. Hubungan ayah dan anak rohani tidak bisa semudah itu serta merta diadopsikan pengalihannya pada orang lain, melainkan secara spesifik telah diatur oleh TUHAN, dalam kemahatahuan Tuhan.

  1. Rombongan nabi di Yerikho ikut berjalan, tetapi mereka berhenti mengikuti ketika dihadang oleh sungai Yordan. Mereka hanya melihat dari jauh. ( ayat 7) . Pemuridan tidak bisa hanya karena memandang dari jauh. Contoh, saya sering menonton Pastor Gilbert di TV, sering mendengar di radio, tetapi tanpa saya dimuridkan secara langsung oleh beliau, saya tidak dapat berstatus sebagai anak rohaninya, atau muridnya. Penonton dari jauh, tidak akan melihat langsung sensasi saat sungai Yordan itu terbelah, tidak akan melihat langsung bagaimana Elia terangkat, dan tidak akan melihat langsung bagaimana perjalanan pulang dengan sungai yang sama terbelah lagi di rute pulang itu. Oleh karena itu, para pemimpin tidak bisa puas karena telah menggelar ratusan seminar dengan sekian ribu peserta, atau KKR dengan ribuan pengunjung, tetapi harus secara nyata memiliki murid untuk dia berbagi kehidupan dari DEKAT/ KESEHARIAN.
  2. Bisa saja yang dituju oleh Elisa adalah bagaimana caranya mendapatkan dua bagian dari roh Elia, tetapi lihatlah bahwa konsentrasi Elisa bukan pada tujuan akhir ini, melainkan dia selalu menempel pada pemimpinnya, pada gurunya, pada ayah rohaninya secara HUBUNGAN. Ini bukan tentang seorang NABI kepada NABI yang lain, tetapi tentang seorang pribadi Elia kepada pribadi Elisa. Perhatikan, bahwa nama Elia dan Elisa tidak diberi embel-embel NABI pada penyebutan nama mereka, padahal nabi nabi yang di Betel dan di Yerikho diberi keterangan bahwa mereka itu NABI. Tidak semua nabi punya hubungan spesial dengan Elia, melainkan hanya Elisa seorang diri. Walaupun impartasi itu pasti akan terjadi, tetapi jalurnya adalah lewat HUBUNGAN. Saat mana dia menjadi pelayan Elia, saat mana dia tidak mau meninggalkan Elia, saat mana mereka berjalan bersama, saat mana dia ingin berada di tempat yang sama saat Elia naik ke sorga, itulah yang dikejar oleh Elisa. Maka otomatis syarat yang sangat sulit ( yaitu bila dia bisa melihat peristiwa naiknya Elia ke sorga), syarat itu dapat diluluskan oleh Elisa, dia bisa melihat Elia naik ke sorga, karena ada sebuah HUBUNGAN di antara mereka. Kedekatan, di mana Elisa selama ini sudah menyerap kehidupan Elia selama dia memutuskan untuk ikut ke mana pun Elia pergi.  Itu proses panjang. Sedangkan peristiwa dua bagian roh Elia hinggap pada Elisa itu hanyalah di garis finsih saja daripada lari maraton yang panjang. Mengejar hubungan jauh lebih penting dari impartasi apa pun juga, karena ketika jembatan hubungan itu terjadi, maka impartasi itu hanya lewat saja melalui jembatan itu. Hubungan memungkinkan kita dapat menyerap cara berpikir, konsep iman, perbuatan, karakter, gaya hidup, dll, yang mana saat mana impartasi itu terjadi, kita sudah siap menampungnya, gaya hidup kita sudah siap sebagai wadahnya. Tanpa hubungan, impartasi tidak akan dapat bertahan lama , karena gaya hidup yang berpadanan belum siap.
  3. Elia berkata “Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu.” Ini seperti wasiat terakhir. Bedanya orang memberi wasiat sebelum mati, tetapi Elia memberi wasiat tanpa harus mengalami kematian. Elia tidak bisa menawarkan ini kepada nabi nabi di Betel atau yang di Yerikho, karena mereka di tempat jauh, belum tentu juga dia yakin bahwa mereka bisa bertanggung jawab atas permintaan mereka.Tetapi Elia tahu betul siapa Elisa. Pertanyaan ini hanya ada di tempat persinggahan terakhir, tidak terjadi di Gilgal, Betel, Yerikho, melainkan hanya terjadi penawaran ini di seberang sungai Yordan, hanya orang yang ikut menyeberang yang mendapat penawaran spesial ini. Kedekatan pada pemimpin, pada ayah rohani, pada guru, sampai titik terakhir menunjukkan suatu loyalitas, suatu masa yang panjang, long life, suatu perjalanan sampai finish. Seorang guru atau pemimpin harus memposisikan dirinya memberi teladan sampai garis akhir, ini bukan masalah sekolah sampai 3 atau 4 tahun, atau menghabiskan buku panduan saja, tetapi harus siap sampai akhir hayat terus menjadi teladan, terus memberikan hidupnya sebagai suatu surat terbuka.
  4. Permintaan Elisa menunjukkan bahwa Elisa mengerjar perkara surgawi dari pemimpinnya, dari ayah rohaninya, dari mentornya. Dia tidak mengatakan “Bagaimana kalau tanahmu yang 5 hektar itu untuk aku saja.” Dia bukan type pengejar harta seperti Gehazi, sampai kena kusta.
  5. Teriakan Elisa “ Bapaku, bapaku!” Menunjukkan seberapa kental pembapakan Elia kepada Elisa. Oleh karena itu sebutan Bapak dan Ibu jauh lebih alkitabiah daripada sebutan Om atau Tante. Sama seperti Rasul Paulus menempatkan diri sebagai ayah rohani dan ibu rohani bagi orang-orang yang dia layani ( I Tes 2: 8-12) Di hari terkahir hidup daripada seorang pemimpin, beberapa tingkat hubungannya dia dengan banyak orang, harus lebih kental disebut sebagai “Aku kehilangan sesosok ayah.” Daripada sosok-sosok lain seperti pengkotbah, pemimpin, sahabat, dll. Pembapakan itu harus jalan, dan lebih menonjol. Pembapakan adalah persis seorang ayah pada anak anaknya. Bukan seperti seorang boss pada karyawannya, atau seorang guru pada muridnya.
  6. Peristiwa itu benar benar terjadi, Elia diangkat ke sorga. Tetapi ada jubah Elia yang terjatuh atau bisa saja sengaja dijatuhkan oleh Elia kepadanya. Sebagai ayah rohani, kita harus secara sengaja menjatuhkan jubah kita tanpa ragu-ragu. Ada Elia junior di bawah sana, yang akan mengambil jubah itu. Jubah bicara identitas, bicara otoritas, bicara urapan, bicara ciri khas, bicara gaya hidup, bicara segalanya. Tidak semua orang bisa menyerap, jadi kita harus mempertontonkan dengan sengaja sesuatu yang bukan topeng, tetapi merupakan pembentukan Tuhan atas hidup kita, pada orang-orang yang kita muridkan, kepada anak anak rohani kita.
  7. Gaya Elia dan Elisa tetap beda, karena mereka dua pribadi yang memiliki keunikan masing-masing. Contoh, saat menyeberang sungai, Elia mengambil jubahnya, menggulungnya, dipukulkannya ke atas air itu. ( tidak berkata-kata apa –apa- tetapi lebih ke ke menggulung jubah itu- Mungkin Elia orang yang tidak terlalu banyak bicara, tetapi lebih tenang) melainkan Elisa dikatakan ‘…dipukulkannya ke atas air itu sambil berseru: “DI manakah Tuhan, Allah Elia?” BER-SE-RU…waaauuuu orangnya rame ini. Heboh. Di sini kita lihat, pemuridan tidak sama dengan mencetak orang harus sama persis seperti kita. Pembapakan tidak mencetak anak rohani sama persis seperti kita, tetapi mereka tetap akan bergerak dalam keunikan masing-masing, tetapi hasrat, visi nya sama, passion dan prioritasnya sama.
  8. Di manakah Tuhan, Allah Elia? Waauuu…ternyata Elia tidak pernah salah mengarahkan Elisa kepada dirinya, terbukti Elisa tidak berteriak “Di manakah Elia..??” Elia Elia..!!” Sama sekali tidak kan? Melainkan hati Elisa tetap tertuju kepada Allahnya Elia, dan tadi itu sungai ini terbelah karena Tuhannya Elia, bukan karena Elia ataupun jubahnya. Ada banyak pengkultusan individu itu mengarah kepada kesesatan karena salah sasaran, mana kala Tuhan berkarya secara luar biasa, kekaguman itu ditujukan pada si manusianya, bukan kepada Tuhan. Guru dan ayah rohani yang membuat murid dan anak rohaninya mengagumi dirinya, telah SALAH SASARAN, mestinya mengarahkan mereka untuk mengagumi TUHAN, yang berkarya melalui mereka yang hanya sebagai alat-Nya saja. Ini akan terlihat setelah pemimpin meninggal dunia, kalau semua barangnya dijadikan jimat, itu sudah salah sasaran. Mendewakan manusia, adalah berhala modern dalam bentuk bukan patung. Sebagai murid dan anak rohani, kita juga jangan salah lihat, tetapi terus melihat bagaimana perbuatan TUHAN dalam diri pemimpin, ayah rohani dan guru kita, jangan salah sasaran dengan melihat mereka dengan pandangan heran, seoalah olah mereka adalah manusia setengah dewa. Itu adalah sesat.
  9. Rombongan nabi di Yerikho ngotot ingin cari jenazah Elia, mengapa mereka ngotot? Karena mereka tidak melihat sendiri bagaimana Elia naik ke sorga. Hanya pemuridan dan pembapakan rohani yang membuat generasi berikut dapat melanjutkan tongkat estafet yang daripada Tuhan. Mengapa kita takut mati dan kegerakan terhenti? Itu tidak perlu. Kegerakan adalah milik Tuhan, bukan milik kita pribadi. Tanamkan nilai nilai kerajaan sorga melalui pemuridan selagi kita masih hidup.

 

 

Andalan

KOTBAH JCA 27 KETAATAN SEORANG HAMBA TUHAN


Ketaatan seorang  Hamba Tuhan

GBI DIASPORA SEJAHTERA , KOTA WISATA BATU 28 OKTOBER 1928

Power Point dapat diunduh di sini:

Ketaatan seorang hamba tuhan ( BAGI YANG UDAH PERNAH UNDUH, HARAP UNDUH LAGI, KARENA TERNYATA ADA 2 AYAT YANG SALAH KETIK ALAMATNYA, VERSI YANG INI SUDAH DIRALAT)

BAGI YANG PERNAH UNDUH WORD DARI SINI, BISA DICHEK LAGI YANG WARNA MERAH ITU DULU PERNAH SALAH KETIK, TETAPI SUDAH SAYA BETULKAN SEKARANG, JADI BISA MOHON DIUNDUH LAGI, ATAU DOWNLOAD SBB

Ketaatan seorang Hamba Tuhan

RINGKASAN KOTBAH UNTUK DICANTUM DI WARTA JUGA SIAP UNDUH SBB

KETAATAN SEORANG HAMBA TUHAN ringkasan

 

 

Ketaatan seorang  Hamba Tuhan

Yesaya 50:4

Tuhan Allah telah memberikan kepadaku Lidah seorang murid;

Supaya dengan perkataan dapat memberi semangat baru kepada  yang letih lesu.

Lanjutkan membaca “KOTBAH JCA 27 KETAATAN SEORANG HAMBA TUHAN”

Andalan

118. BELAJAR MENDENGAR SUARA TUHAN DAN BAGAIMANA MEMILIKI JIWA KEPAHLAWANAN


Untuk Bacaan Guru, dapat melihat di blog saya lainnya, saya pernah menulis tentang Bagaimana Mendengar Suara Tuhan

Buka di link ini, di blog Berbagi Rhema

http://www.berbagirhema.wordpress.com/#

Ajak anak-anak menonton kesaksian pilot berikut ini: ( Dari beberapa Video ini, anda bisa pilih dan sesuaikan dengan umur anak-anak di kelas saudara)

Lanjutkan membaca “118. BELAJAR MENDENGAR SUARA TUHAN DAN BAGAIMANA MEMILIKI JIWA KEPAHLAWANAN”

Andalan

KAJIAN MODUL 5 KURIKULUM ANIMASI SuperBuruk


MODUL 5
Katanya sih Akurat. padahal yang ada adalah: Dalam modul hanya ditulis pembahasan di Keluaran 16, 19 dan 20 dan pasal 17 tidak ditulis akan dibahas, tetapi dalam kenyataan, pasal 17 dibahas secara SEPOTONG
padahal yang ada adalah: “Dengarkan, Allah telah memberikan ketetapanNya.” INI DIKATAKAN MUSA DALAM FILM setelah Tuhan membacakan baru sampai hukum ke SATU SETENGAH
Sasma sekali tidak akurat.
10 hukum Allah mestinya didengar LIFE oleh bangsa Israel secara lengkap, tetapi dalam Film ditunjukkan bahwa secara life itu diberikan kepada Musa saja
Keluaran 31:18, Keluaran 20:19-20, Keluaran 2:22
Sama sekali tidak sesuai dengan Alkitab. SESAT
Katanya sih Akurasi tinggi. padahal yang ada adalah: Kisah dalam pasal 17 semestinya ada Tuhan memberi air di Masa dan Meriba, ketika orang Israel haus, tetapi pemberian air dari Tuhan ini tidak diceritakan sama sekali
Coba cek di Alkitab, Keluaran 20, setelah Tuhan berbicara tentang 10 perintah Allah dari langit ( kel 20:22) , SEBELUM MUSA NAIK LAGI KE GUNUNG ITU ( Kel 20: 21)
MANA ADA RITUAL MENGUDUSKAN ALTAR DENGAN DARAH KORBAN dilakukan oleh MUSA atas perintah TUHAN ???
TIGA RIBU ORANG TEWAS karena mereka menyembah berhala dan tidak memihak kepada Tuhan, Keluaran 32:26-28 TIDAK DITUNJUKKAN.
Berarti DOSA NGGAK MASALAH, NGGAK AKAN ADA HUKUMAN.
padahal yang ada adalah: Musa menyuruh siapa yang memihak Tuhan datang pada Musa, tetapi kelanjutannya yang nggak memihak Tuhan, apa yang terjadi pada mereka TIDAK DICERITAKAN.
MENGAPA PENYESATAN begitu TAMPAK SAMAR?
KARENA KEBENARAN yang disajikan SEPOTONG SEPOTONG sebenarnya sama dengan TIDAK BENAR.
Jadi kalau dipotong seperti itu, anak anak tidak tahu bahwa menyembah berhala adalah dosa serius, ada hukumannya
padahal yang ada adalah: Tampak dalam Video kurikulum Sekolah Minggu SuperBuruk
kedua loh batu berisi 10 perintah Allah, ditulis dengan API.
Padahal: KEDUA LOH BATU DITULIS DENGAN JARI ALLAH SENDIRI ( Keluaran 31:18, Ulangan 9:10)
Katanya sih Dialog asli dari kisah Alkitab. padahal yang ada adalah: Kata “Belajarlah untuk percaya” dari Musa tidak ada dalam Alkitab. Ini adalah tambahan. Karena tidak ada adegan Tuhan memberi air, seolah olah Tuhan tidak perduli.
Katanya sih Ditail dialog. padahal yang ada adalah: Kata “Belajarlah untuk percaya” dari Musa tidak ada dalam Alkitab.
padahal yang ada adalah: “Peraturan dibuat untuk dilanggar.” ( diucapkan oleh bangsa Israel dalam kisah Alkitab tersebut) . Kata-kata seperti itu tidak ada dalam Alkitab
padahal yang ada adalah: Kisah asli: Keluaran 19:8 Seluruh bangsa itu menjawab BERSAMA-SAMA ;” Segala yang difirmankan TUHAN akan kami lakukan.”
KISAH PALSU. Yang menjawab adalah HARUN sebagai wakil bangsa Israel.
Menyebabkan anak anak berpikir ” Ini semua yang janji Harun, jadi ini salah Harun sendiri kog membuat lembu emas.”
Padahal harusnya ini jawaban BANGSA ISRAEL kepada Tuhan, bukan lewat perwakilan Harun.
padahal yang ada adalah: Dengarkan, Allah telah memberikan ketetapanNya. ( kata Musa) kata-kata ini TIDAK ADA DI ALKITAB yang secara kasar memotong ucapan Tuhan yang belum genap 10 perintah
baru terpotong di hukum ke 1,5. Pemotongan kasar yang membuat anak anak belajar kurang ajar pada Tuhan.
“Tanpa aturan mereka lupa apa yang benar dan salah.”
Padahal semestinya pada saat penyembahan lembu emas itu, BANGSA ISRAEL MESTINYA TELAH MENDENGAR 10 HUKUM ALLAH LANGSUNG DARI TUHAN
Tetapi dalam film dipangkas secara kasar hanya sampai hukum ke 1,5. Adegan itu ngawur, mestinya MEREKA TELAH MENDAPAT ATURAN DARI TUHAN
Jadi seolah olah menyalahkan Tuhan, mengapa Tuhan kog tidak membuat aturan, makanya mereka liar. ITU SESAT.
padahal yang ada adalah: VERSI ALKITAB; keluaran 32:31-35
VERSI GADO GADO ALA KURIKULUM SxxxxBxxx
Benar orang orang ini berdosa dan memberontak, tapi ampunilah dosa kami dan jadikanlah kami umatMu KELUARAN 32:31
JAWABAN TUHAN BISA LOMPAT KE KELUARAN 34:10, ( Jadi bukan diambil dari Keluaran 32: ayat 32- lanjutan dari ayat 31- BUKAN, tapi diambil dari KELUARAN 34:10, ketika situasi sudah berubah.)
SISI DIMANA TUHAN MURKA, DAN MEMUTUSKAN UNTUK MENGHUKUM MEREKA dengan ancaman bahwa Tuhan tidak akan berjalan di tengah tengah mereka lagi ———————BAGIAN INI DIHILANGKAN.
( KELUARAN 33: 2-4)
SEDANGKAN JAWABAN TUHAN DI KELUARAN 34 adalah posisi Tuhan yang sudah melihat seluruh bangsa Israel tidak memakai perhiasan lagi, mereka mencari Tuhan di Kemah Pertemuan dll ( Keluaran 33: 5-10)
Jadi pertukaran dialog ini sengaja di pasang untuk memberi kesan seolah-olah menyembah berhala itu NGGAK PAPA/ BOLEH AJA, Tuhan tidak murka, cukup HARUN SAJA YANG BERTOBAT.
Dikisahkan HARUN BERTOBAT, MINTA AMPUN PADA TUHAN, padahal dalam Alkitab tidak dikisahkan begitu.
Justru seluruh Israel melepaskan perhiasan mereka, sujud pada Tuhan, mencari Tuhan, dll.
PERTOBATAN TIDAK BISA DIWAKILKAN PADA HARUN.
KISAH HARUN BERTOBAT tidak diceritakan dalam ALKITAB.
Kalau Alkitab tidak mengkisahkan, ya jangan ditambah tambahi.
padahal yang ada adalah: “Allah telah mengampuni umat-Nya!”
itu kata Musa setelah turun dari gunung membawa Dua Loh Batu yang baru.
Saya cari kata kata Musa seperti itu di Alkitab, TIDAK ADA.
Jadi ditekankan tanpa pertobatan Tuhan sudah mengampuni.
padahal yang ada adalah: Allah perintahkan kita untuk meninggalkan SINAI untuk menuju negeri yang penuh susu dan madu.
kata-kata itu TIDAK ADA DI ALKITAB, karena seturun dari Gunung Sinai itu, Musa dan bangsa Israel masih lama di sana, membangun kemah suci.
Katanya sih Keadaan saat itu. padahal yang ada adalah dalam adegan anak kecil disuruh memberi tahu bangsa Israel bahwa ada manna, menimbulkan kesan bangsa Israel tidak tahu bahwa ada manna tidak sesuai dengan Keluaran 16:15
dalam adegan terkesan di perkemahan dekat Musa tidak ada manna ( karena harus dibawa anak kecil ke sana) / jadi terkesan manna tidak merata di seluruh perkemahan
Katanya sih Latar belakang. padahal yang ada adalah: Dulu kami di Mesir jadi budak, segalanya di atur.
Sekarang kami bebas tidak ada yang mengatur, kami tidak tahu apa yang baik dan yang salah.
Ini adalah bohong, karena Musalah yang ditunjuk Tuhan untuk memimpin dan mengatur.
Seolah olah Tuhan itu kog tidak bertanggung jawab memberikan mereka pemimpin.
Katanya sih Lingkungan.
Katanya sih Detail supaya mirip dengan lingkungan yang sebenarnya. padahal yang ada adalah: Buka video utama kisah kurikulum SuperBuruk modul 5. Tentu pada Kisah Alkitabnya ya ( katanya doank kisah Alkitab.)
Perhatikan pada MENIT KE 11.47 sampai 11.55 ( 9 detik)
pada MENIT ke 12.42 sampai ke 12.45 ( 4 detik)
pada MENIT ke 16.16 sampai ke 16.26 (11 detik)
semua tampilan dua loh batu, termasuk ketika Musa di Gunung Sinai- DITAMPILKAN DUA LOH BATU DENGAN HURUF KUNO MESIR, bukan tulisan dengan huruf Ibrani.
Dalam tulisan kuno Mesir itu tentu saja ada MATA SATU/ SIMBOL DEWA RA/ ILLUMINATI/ DEWA MATAHARI.
Buka video kurikulum SuperBuruk modul 5. Video SEJARAH.
Stop di menit ke 2.40
di menit 06.00-06.02
di menit 06.05 – 06.08
di menit 07.10-07.14
INI VIDEO SEJARAH LHO..yang katanya dibuat oleh para ahli sejarah ( para dosen kaliber internasional)
Perhatikan TULISAN YANG ADA DI DUA LOH BATU 10 PERINTAH ALLAH.
Nggak ada tuh tulisan IBRANI, yang ada adalah HURUF MESIR seperti pada gambar di bawah ini
KETEMU LAGI DEH SAMA SIMBOL DEWA RA/ MATA SATU
Anda ingin anak anak akrab dengan DEWA RA/ DEWA MATAHARI- kah????
Katanya sih Sangat berhati-hati di mana 3 tokoh imajiner hanya sebagai pengamat. padahal yang ada adalah: Muncul robot anjing dari perut tokoh robot. Robot robot kecil bersuara anjing ini BERMATA SATU. Ini adalah lambang dari dewa RA/ Dewa matahari/ lambang Iluminati yang merupakan penyembahan kepada Iblis.

Mata Dewa Ra/ Mata Satu ini bermunculan di mana-mana, di CD berupa dot pilihan Video yang akan dipilih. Muncul lagi pada Trailer Video Modul 5 ini. Juga muncul pada huruf Mesir Kuno yang ada pada dua loh batu. Yaitu gambar SATU  MATA.

Katanya sih Dampak kisah Alkitab pada tiga tokoh imajiner bisa dilihat.
Katanya sih Akurasi adegan padahal yang ada adalah: Jangan menyembah ilah lain.
Jangan membuat bagimu patung ( adegannya malah orang bikin patung)
…………..tetapi hari ke tujuh adalah hari sabat ( adegannya malah orang Israel menyembah patung lembu emas)
……jangan berzinah ———-adegannya ada buli buli jatuh dan pecah ( Apa hubungannya???)
Lha anak anak belum tentu tahu kalau itu DUA PERISTIWA yang digabung dalam satu adegan.
BAGAIMANA MENJELASKAN PADA MEREKA, BAHWA ITU PERISTIWA DI ATAS GUNUNG, DAN PERISTIWA DI BAWAH GUNUNG…
Padahal itu aja udah salah.
Peristiwa di atas gunung, tidak ada Tuhan berbicara tentang 10 hukum, ADANYA cuma penyerahan loh batu aja.
Kan Musa udah dengar bersama bangsa Israel..???
KESENGAJAAN MEMBUAT ADEGAN YANG MEMBUAT ANAK ANAK BERKONOTASI, hari sabat sebaiknya MARI MENYEMBAH PATUNG.
Kisah adegan Harun bertobat, tidak ada di Alkitab, itu adalah adegan karangan. Seolah olah pertobatan bangsa Israel boleh diwakilkan pada HARUN
Katanya sih Teks Yunani.
Katanya sih Teks Ibrani.
Katanya sih Pemahaman yang kuat tentang kebenaran Alkitab. padahal yang ada adalah: ditunjukkan ada bongkahan batu yang dibongkar, di dalamnya ada sudah terbentuk / atau sudah ada dari sebelum batu itu dibongkar, sudah ada ANAK LEMBU EMAS. yang seperti tertanam dalam batu yang dibongkar itu.
PADAHAL anak lembu emas itu DIBENTUK DENGAN PAHAT/ DAN DIBUAT ANAK LEMBU TUANGAN.
( Keluaran 32:4)
Versi dalih Harun pada Musa adalah; emas dilempar dalam api, dan keluarlah anak lembu ini ( keluaran 32: 24)
VERSI FILM beda lagi. Bangsa Israel membongkar batu, yang di dalamnya sudah ada anak lembu emas ini (jadi ini seperti mujizat)
Jadi peristiwa pelanggaran hukum Allah dengan cara membuat patung dan menyembahnya, diganti dengan MUJIZAT AJAIB
Katanya sih Dibuat oleh tim yang terdiri dari ahli Alkitab.
Katanya sih Teolog.
Katanya sih Jarang ada kesalahan.
Katanya sih Akurasi sejarah. padahal yang ada adalah: PETUNJUK JALAN ( rambu rambu kalieeee)
“Tahukah kamu, waktu Yesus dicobai di gurun Dia mengutib dari kitab Ulangan yang ditulis oleh Musa. Di kitab itu Tuhan bilang pada Musa. “Dia akan mengutus Yesus untuk kita.”
kata-kata seperti itu TIDAK ADA DALAM ALKITAB
Langsung muncul pada tampilan:
ULANGAN 18:18
Emangnya YESUS ITU sekedar NABI…????
Baca donk Ulangan 18:9-22 alias satu perikob, hai guru guru SM, ayat itu bukan merujuk pada YESUS sama sekali.
Kalau ayat itu menunjuk pada Yesus, pasti ada REFERENSINYA korelasinya donk Ulangan 18 :18 ini dengan ayat apa di PB. Nggak ada tuh..??!!
Nah memang waktu Yesus dicobai di padang gurun, Yesus mengutib ayat dari kitab Ulangan dan dari kitab kitab lain di PL, yaitu ayat ini, korelasinya:
Matius 4:4 —————– Ulangan 8:3 Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.
Matius 4:7—————Ulangan 6:16 Janganlah kamu mencobai Tuhan Allahmu
Matius 4:10————-Ulangan 6:3 Engkau harus menyembah Tuhan Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti
Enggak ada hubungannya dengan ULANGAN 18:18
Katanya sih Integritas arsitektur.
Katanya sih Menghindari kesalahpahaman terhadap Alkitab.
Katanya sih Tokoh-tokoh imajiner tidak melakukan sesuatu yang merupakan teladan buruk bagi anak-anak. padahal yang ada adalah: tokoh robot mengambil manna menggunakan vacum cleaner yang biasa dipakai untuk menyedot SAMPAH- ini adalah penghinaan atas berkat Tuhan
Tokoh robot memutar mutar manna dan ada yang jatuh jatuh, itu bisa menimbulkan kesan, berkat Tuhan boleh dibuat mainan dan dibuang buang
tokoh robot memberikan manna langsung pada wadahnya ke anak anak. Padahal aslinya manna harus dipungut lalu dimasak. Ini menimbulkan kemalasan.
jadi tidak perlu bekerja, tidak perlu susah susah, semua serba instan
“Peraturan dibuat untuk dilanggar.” ( diucapkan 2 kali oleh tokoh utama)
“Tidak ada peraturan, sepertinya ashik kan?” ( diucapkan 1 kali oleh tokoh utama)
“Huuuaaahhh… di mana mana selalu saja ada aturan!” ( diucapkan tokoh utama lagi)
“Peraturan dibuat untuk dilanggar.” ( diucapkan oleh bangsa Israel dalam kisah Alkitab tersebut
Lalu kisah ini juga memperlihatkan tokoh utama teringat kata-katanya sendiri “Peraturan dibuat untuk dilanggar”
( jadi diulang lagi 1 saat dia masih belum dibawa lorong waktu kali, seakan akan seperti sengaja DITEKANKAN)
“Ternyata peraturan dibuat untuk kebaikan kita” ( diucapkan sekali oleh tokoh utama- terakhir menjelang kisah selesai)
Jadi sebagai TOKOH UTAMA, anak-anak akan menyerap total kata-kata SALAH dalam kalimat “PERATURAN DIBUAT UNTUK DILANGGAR.”
Karena tokoh utama ini lebih dibuat menonjol dari kisah Alkitab itu sendiri.
Waktu itu diulang ulang sampai 5 kali , kalimat itu sudah TERPATRI dalam diri anak-anak, SEPERTI AYAT HAFALAN SAJA.
Jadi di bagian akhir ditutup dengan kalimat: ‘ TERNYATA PERATURAN DIBUAT UNTUK KEBAIKAN KITA.’ rasanya tidak akan mengubah apa apa yang sudah terpatri. Hanya orang dewasa saja yang bisa menyimpulkan bahwa itu namanya PERTOBATAN.
LIMA banding satu, jelas yang satu kalah, apalagi yang satu ditaruh di akhir.
Test aja anak-anak, dia pasti bisa meniru kalimat SESAT itu “Peraturan dibuat untuk dilanggar.”
MENCETAK GENERASI PEMBERONTAK.
Baiklah, MUNGKIN Tuhan bisa memberitahu bagaimana caranya keluar dari Gua ketika kembali di gunung Pinus!!
kata-kata MUNGKIN di sini adalah menonjolkan KERAGUAN AKAN TUHAN/ BUKAN KALIMAT IMAN.
Katanya sih Tidak akan terjadi kebingungan pada anak-anak terhadap tiga tokoh imajiner karena anak-anak tetap dapat membedakan bahwa mereka bertiga bukan karakter Alkitab/ bukan tokoh Alkitab. padahal yang ada adalah: Siapa yang dipihak Tuhan, datanglah kepadaku ( Keluaran 32: 26) lucu juga ada ROBOT YANG BANI LEWI memihak kepada TUHAN.
ROBOT ITU PUNYA IMAN KAH???

huruf KUNO MESIR

huruf Ibrani

 

#kurikulumSuperBuruk

#kurikulumSesat

#KurikulumSB

Andalan

KAJIAN MODUL DUA KURIKULUM ANIMASI SuperBuruk


MODUL 2
Katanya sih Akurat. padahal yang ada adalah: Adegan Abram menghitung bintang akurat Kejadian 15
Katanya sih Akurasi tinggi. padahal yang ada adalah: Abram dipanggil Abraham sangat tidak akurat
Katanya sih Dialog asli dari kisah Alkitab. padahal yang ada adalah: Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak? dialog ini bukan dari Kejadian 15 melainkan dari Kejadian 17
Katanya sih Ditail dialog. padahal yang ada adalah: Antara pernyataan Tuhan dan jawaban Abram TIDAK COCOK DENGAN KISAH ALKITAB tidak cocok karena campur aduk dari 2 pasal berbeda
Katanya sih Keadaan saat itu. padahal yang ada adalah: terjadi percampuran dialog di kejadian 15 dan kejadian 17, tidak pas dengan peristiwa sebenarnya tidak pas dengan peristiwa sebenarnya
Katanya sih Latar belakang.
Katanya sih Lingkungan.
Katanya sih Detail supaya mirip dengan lingkungan yang sebenarnya. padahal yang ada adalah: lingkungan sebenarnya adalah sama sekali tidak cocok
SEEKOR LEMBU BETINA BERUMUR 3 TAHUN, untuk prosesi perjanjian
SEEKOR KAMBING BETINA BERUMUR 3 TAHUN,untuk prosesi perjanjian
SEEKOR DOMBA JANTAN BERUMUR 3 TAHUN,untuk prosesi perjanjian
SEEKOR BURUNG TEKUKUR,untuk prosesi perjanjian
SEEKOR BURUNG MERPATI,untuk prosesi perjanjian
tetapi yang ditunjukan adalah SATU DOMBA DALAM KORBAN BAKARAN
Katanya sih Kostum. padahal yang ada adalah: Mestinya kalau ingin mengkisahkan pasal 15, 17 dan 22 kostum dan seting situasinya sudah berubah dalam 3 kali adegan dan kostume sama sekali tidak relevan
Katanya sih Sangat berhati-hati di mana 3 tokoh imajiner hanya sebagai pengamat. padahal yang ada adalah: Hanya sebagai pengamat, tetapi mengapa mereka berusaha mencegah Abraham mempersembahkan Ishak? terlalu mempengaruhi konotasi penonton
padahal yang ada adalah: Dengan ini tentunya anak-anak menjadi bingung, di sangka mereka Abraham begitu jahat pada anaknya, BUKAN SEBALIKNYA ABRAHAM TAAT PADA TUHAN
Katanya sih Dampak kisah Alkitab pada tiga tokoh imajiner bisa dilihat. padahal yang ada adalah: Sampai episode ke 5 masih jadi pengomel dampak buruk
Katanya sih Akurasi adegan padahal yang ada adalah: Semestinya Abraham menengok dulu, melihat dulu bahwa Tuhan menyediakan binatang korban, BUKAN MELEPASKAN ISHAK dulu, sama sekali ceroboh
padahal yang ada adalah: Pada film urutan adegannya terbalik. Perhatikan kata ‘pengganti’ pada Kejadian 22:13
Katanya sih Teks Yunani. padahal yang ada adalah:
Katanya sih Teks Ibrani. padahal yang ada adalah: kata Abram dan Abraham mestinya secara teks berbeda sangat teledor
Katanya sih Pemahaman yang kuat tentang kebenaran Alkitab. padahal yang ada adalah: Kejadian pasal 15 bukan menuliskan tentang KORBAN BAKARAN, melainkan hukum perjanjian akurasi enol persen
padahal yang ada adalah: Kejadian pasal 17 tidak ada hubungannya dengan KORBAN BAKARAN, melainkan diakhiri dengan hukum sunat
Katanya sih Dibuat oleh tim yang terdiri dari ahli Alkitab. padahal yang ada adalah: “Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak tidak mungkin ahli alkitab berani melakukan pemotongan kalimat penting ini
padahal yang ada adalah: dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?”
padahal yang ada adalah: Kalimat ini dipotong, dan itu akan mengurangi arti. Mengapa Ahli Alkitab bisa seceroboh itu?
Katanya sih Teolog. padahal yang ada adalah: “Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak tidak mungkin ahli teologia berani melakukan pemotongan kalimat penting ini
padahal yang ada adalah: dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?”
padahal yang ada adalah: Kalimat ini dipotong, dan itu akan mengurangi arti. Mengapa Teolog bisa seceroboh itu?
Katanya sih Jarang ada kesalahan. padahal yang ada adalah: Imajinasi digambarkan bagaimana Abraham bervisualisasi Tuhan memerintahkannya mempersembahkan Ishak dalam modul 2 ini saja kesalahan lebih dari 10 hal.
padahal yang ada adalah: Mestinya itu nanti di pasal 22, dan itu sebenarnya nyata dimana Tuhan memerintahkannya, dan bukan imajinasi belaka
padahal yang ada adalah: Pencampur adukan pasal 15,17,22 sedikit-dikitnya menimbulkan 10 kesalahan baru di modul 2 ini saja.
Katanya sih Akurasi sejarah. padahal yang ada adalah: Waktu Abram menghitung bintang BUKAN  ada di SIKHEM – TETAPI DIA ADA DI HEBRON sejarah terlihat sangat ngawur
padahal yang ada adalah: Dari Sikhem Abraham bukan langsung ke Bersyeba, tetapi sebenarnya dia masih mengunjungi tempat ke 3 sampai tempat ke 12 barulah Bersyeba
Katanya sih Integritas arsitektur. padahal yang ada adalah:
Katanya sih Menghindari kesalahpahaman terhadap Alkitab. padahal yang ada adalah: Kesalah pahaman; lalu percayalah Abram kepada Tuhan …( Kej 15:6) bagian penting ini hilang
Katanya sih Tokoh-tokoh imajiner tidak melakukan sesuatu yang merupakan teladan buruk bagi anak-anak. padahal yang ada adalah: Bagaimana kalau anak anak meniru tingkah mereka bertiga, yaitu mencegah orang beriman untuk taat pada Tuhan.
Tokoh imajiner mengeluh mengapa ada di waktu yang tidak pas dengan mainan barunya. Karakter bersungut sungut.
Katanya sih Tidak akan terjadi kebingungan pada anak-anak terhadap tiga tokoh imajiner karena anak-anak tetap dapat membedakan bahwa mereka bertiga bukan karakter Alkitab/ bukan tokoh Alkitab. padahal yang ada adalah:

 

#kurikulumSuperBuruk

#kurikulumSB

#kurikulumSesat

 

Andalan

Hasil Penelitian pada Kurikulum Animasi SuperBuruk ( SB)


#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

 

——————-

Ada seorang ibu-ibu juga bermimpi. Dia ada di sebuah kolam renang. Dan banyak orang ada di kolam renang yang luas itu. Dia tidak paham siapa-siapa di kolam renang itu, karena hampir semua wajah dia tidak kenali.
Di kolam renang itu, di bagian pinggiran ada semen yang dibuat menonjol untuk pijakan kaki seperti pada umumnya kolam renang dibuat. Air di kolam renang itu dalam sekali, tetapi selama berpijak di pijakan itu, aman-aman saja, apalagi di pinggiran kolam itu ada besi untuk pegangan tangan. Menurut pengakuan ibu-ibu yang bermimpi ini sih, di alam nyata dia bisa berenang.

Aneh sekali, di mimpi itu satu per satu orang-orang di kolam renang itu tenggelam sambil berteriak “Tolooooong…toloooong…!!”

Ibu ini kaget, dan berteriak “Haaaaaaaiiiiiiiiii…..ada pijakan lho di pinggir….!!”

Tapi orang-orang itu cuek, seakan-akan tidak mendengarkan teriakan ibu ini. Malahan mereka satu per satu tenggelam di kolam itu.

Ibu ini berteriak makin keras…”Haiiiiiii….kenapa kalian tenggelam, berpijak di pinggir itu …ada pijakan di pinggir….!! Haaiiiii…..!!”

Orang-orang itu tidak mau mendengar, malahan mereka tenggelam satu per satu, sampai akhirnya di kolam itu, si ibu ini tinggal sendirian.

Begitu mengerikan peristiwa itu, sampai ketika ibu ini terbangun dia masih berasa ngeri. Jantungnya berdebar-debar dan ada ayat yang terngiang di pikirannya.

“BATU KILANGAN.”

Saat kisah ini saya ketahui, saya merinding sekali !!

Ngerinya….!!

——————

Emangnya anak anak itu suka pada Audio Visual? Ya suka donk.

Bagaimana kalau tiap minggu Audio Visual? Ya bosan donk.

Perhatikanlah, Anak- anak itu tahan bermain dari pagi sampai sore nggak istirahat / bobok siang. Mereka tahan.

Mengapa kita berteori bahwa mereka tidak bisa tahan lama di kelas? ya karena kita kadangkala membosankan.

Apa yang bisa membuat anak anak betah main sampai sore, energinya nggak habis-habis?

Karena mereka kreatif , contoh; Pagi main karet, agak siang main layangan, lalu main kartu lempar, trus ganti lagi main guru-guruan, dan terus mainan drama-drama-an.

Besoknya mereka ganti mainan lagi; contoh main halma, trus main ular tangga, terus main kwartet, trus main menggambar bersama.

Apa sih rahasianya kog mereka betah lama lama?

SATU ,mereka semua jadi pemain, BUKAN PENONTON

mereka terlibat, mereka ikutan, merekalah pemainnya.

SEDANGKAN kita di kelas sering menjadikan mereka PENONTON.

DUA, mereka selalu berganti termin permainan ketika mereka sudah mulai bosan.

SEDANGKAN kita di kelas dari minggu ke minggu STORY MELULU, AUDIO VISUAL TERUS TERUSAN, oke di kurikulum SxxxxBxxx memang ada game dll, tetapi kan tiap minggu tetap AUDIO VISUAL. Mereka akan BOSAN.

Ada juga yang selalu formatnya; GAME terus dari minggu ke minggu, setelah itu STORY terus dari minggu ke minggu, dan setelah itu HANDYCRAFT terus dari minggu ke minggu. Percayalah pada saya, anak anak itu akan BOSAN.

Kita harus padukan misalnya dengan GAME OUTDOOR, handycraft, lomba, main tebak tebakan, kejutan, bendera, angka-angka, drama, dll yang sebenarnya METODE ini ada RIBUAN.

Dengan setiap minggu memutar AUDIO VISUAL, anak anak akan BOSAN.

Apalagi mereka dijadikan PENONTON …wah wah wah….adanya cuma ngobrol di depan TV.

Dua ini saja jadikan kunci; LIBATKAN MEREKA JADI PEMAIN , dan juga BUAT KEKAYAAN PERGANTIAN TERMIN DAN JUGA PERGANTIAN METODE KREATIF .

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

——————–

Seorang musisi berkata pada saya, di sebuah negara maju di luar negeri sono, musikalitas anak-anak telah menurun, pasalnya sudah jarang orang tua yang MENINABOBOKKAN anaknya dengan menepuk nepuk pantat mereka pada saat mereka masih bayi.

Semuanya sudah diganti dengan DIGITAL, musik digital.

Unsur HUMAN-nya hilang, UNSUR MANUAL-nya hilang.

Pada akhirnya musikalitas mereka hilang, karena kehilangan unsur manusia/ dari papa dan mama yang bermusik secara LIFE.

Ketika kita menggantikan unsur LIFE dan HUMAN dalam pelayanan anak dan menggantikannya dengan METODE UTAMA AUDIO VISUAL hanya dengan sekali tekan tombol ON, di situlah SISI TELADAN guru HILANG, SISI KESAKSIAN HIDUP GURU YANG DICERITAKAN HILANG, JUGA sisi kontekstual budaya setempat HILANG, karena semua menjadi SISTEM MESIN/ DIGIT/ AUDIO VISUAL yang kaku, mati, tidak HIDUP.

Menggantungkan kreatifitas hanya pada LAYAR DATAR, tidak ada sentuhan, tidak diperlukan peraga.

Lantas anda berdalih, lho itu kan ada gamenya???

Selama game hanya sebagai TAMBAHAN/ bukan terintegrasi dengan materi, maka ITU BISA SAJA TIDAK DIGUNAKAN/ TIDAK DIPAKAI oleh guru yang bersangkutan.

Jika bertemu generasi malas, maka setelah ditonton, acaranya persembahan , doa dan pulang.

Tapi ketika guru tidak malas, game bisa dilakukan, tetapi sangat disayangkan, MATERI INI SUDAH SAYA SELIDIKI, dimana TUJUAN MATERI TIDAK JELAS, TIDAK DITEKANKAN,

Contoh:

Tujuan materi; Anak-anak taat kepada Tuhan, seperti Abraham taat kepada Tuhan

Atau

Tujuan materi; Anak-anak memahami bahwa Tuhan memberikan kepada kita UJIAN, jadi kita pun harus lulus dalam ujian iman.

TIDAK ADA TUJUAN PEMBELAJARAN.

SBB;
thema UJIAN

kebenaran: taat pada Tuhan, percaya janji Tuhan

ayat; tentang ketaatan

judul Video Ujian

aplikasi; memberikan mainan pada teman yang sedang sakit.

Doanya bicara tentang janji Tuhan.

KARENA SEMUANYA BLUR/ MENYEBAR/ TIDAK VOCUS DI SATU HAL SAJA.

Maka tidak ada penekanan yang jelas.

JADI SEMUA GAME ITU APA GUNANYA kalau tidak menekankan SATU PENCAPAIAN TUJUAN MATERI??????


 

SIAPA BILANG DALAM ANIMASI JEPANG BERBAU ALKITAB TIDAK ADA PENYUSUPAN OKULTISME..??

Kurikulum SxxxxBxxx adalah kurikulum yang marak dipakai di Sekolah Minggu di banyak gereja. Mereka mengedepankan 3 tokoh imajinasi sebagai tokoh utama, yaitu Cxxxx Jxx dan Gxxxxx, yang bisa masuk ke dalam lorong waktu dan masuk ke dalam zaman PL atau PB. Mereka bisa bercakap cakap dengan tokoh Alkitab dan berdasarkan hasil penelitian saya akan VIDEO ini…sbb:

Dalam tayangan Video SxxxxBxxx Modul 2, ada adegan dimana Si Robot Gxxxxx mengeluarkan 2 anjing dari perutnya. itu muncul dalam adegan ketika 3 makhluk ini Jxx Cxxxx dan Gxxxx masuk ke dalam lorong waktu ke zaman kitah Abraham.

Dua robot bersuara anjing ini BERMATA SATU.

Mana ada anjing bermata satu…??? Suaranya anjing banget, tetapi mata satu. Pasti anak anak mengkonotasikan binatang robot aneh itu adalah anjing dengan SATU MATA

Mata satu, adalah simbol DEWA RA/ DEWA MATAHARI/ yang sekarang dipakai oleh pemuja setan di seluruh dunia.

Suara robot ini anjing, TETAPI BERMATA SATU.

https://simomot.com/…/dewa-ra-dalam-komunitas-pemuja-setan…/

Anda ingin anak anak akrab dengan SIMBOL SATANISME????

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

————————

Menginjak modul 5

10 Perintah.

Peristiwa Manna. Dalam Video modul 5 Kurikulum SxxxxBxxx, dikisahkan Musa memerintahkan seorang tokoh anak kecil dalam film animasi tersebut, untuk mengumpulkan manna, dan memberitahukan bangsa Israel untuk mengumpulkan manna.

Kejanggalan pertama; di perkemahan tempat mereka berkumpul itu ( Musa dan orang orang yang sedang bercakap cakap) tidak berkesan ada manna di situ, jadi harus dibawa dari tempat lain/ dilaporkan ada dari perkemahan lain. Berkesan Manna tidak merata di seluruh perkemahan.

Kejanggalan kedua, terkesan bangsa Israel kalau tidak diberi tahu bahwa ada manna mereka tidak akan tahu, padahal di Keluaran 16:15 Bangsa Israel tahu sendiri kog kalau ada manna, tidak perlu diberi tahu.

kejanggalan ketiga, yang menurut saya adalah PENGHINAAN terhadap FIRMAN TUHAN ,adalah di robot membantu mengumpulkan manna dengan VACUM CLEANER yang biasa dipakai untuk menyedot SAMPAH. lalu mengayunkan ke udara menggunakan tampah, dan sampai di dua orang temannya dan satu tokoh anak anak dalam film tersebut. HUJAN MANNA DARI SURGA telah digantikan dengan KEHEBATAN ROBOT YANG MEMPERLAKUKAN MANNA SEPERTI SEDOT SAMPAH, DAN MENJATUHKAN MANNA SEPERTI MAINAN/ SEPERTI MEREMEHKAN BERKAT TUHAN, karena waktu diputar putar, banyak manna yang berjatuhan.

PELECEHAN TOTAL. EMANGNYA MANNA ITU SAMPAH JADI HARUS DIPUNGUT PAKAI VACUM CLEANER !!!

Manna tidak jatuh langsung siap di tangan dalam gomer seperti itu, dan bangsa Israel tidak malas seperti itu, langsung siap di tangan, tetapi mereka harus MEMUNGUT/ MENGUMPULKAN jadi tetap harus bekerja mengambilnya, dan memasaknya.

Inilah akibatnya kalau mengijinkan tokoh imajiner yang sepertinya canggih ke dalam zaman PL.

Bagaimana ya kalau anak anak berpikir, berkat Tuhan itu artinya kita tinggal trima saja, tidak perlu berpeluh.

Tinggal tekan tombol dan semuanya instan.

Generasi instan sedang dicetak dalam karakter para penontonnya, generasi malas.

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

——————–

 

Modul 5

10 Perintah.

Modul SxxxxBxxx dengan Video utama, animasi dengan 3 tokoh imajiner sebagai tokoh utamanya. Sebongkah robot, dan seorang anak laki laki dan seorang anak perempuan. Mereka masuk dalam lorong waktu dan bisa berpindah zaman SERTA bisa berinteraksi dengan tokoh tokoh Alkitab.

Kisah Manna di Keluaran pasal 16, dalam MODUL tertulis dibahas melompat pada KELUARAN 19-20.

Sedangkan kalau kita baca di Alkitab , kisah pasal 16 adalah kisah Manna, sudah betul, lalu di VIDEO dikisahkan bangsa Israel bersungut-sungut masalah kehausan karena tidak ada air. itu di Alkitab adalah lanjutan dari pasal 16, yaitu pasal 17.

tetapi di modul tidak ditulis pembahasan akan membahas pasal 17.

Keanehannya adalah; KALAU DI ALKITAB DIKISAHKAN WAKTU MEREKA BERSUNGUT KEHAUSAN ITULAH TUHAN MENYEDIAKAN MINUMAN DI MASA DAN MERIBA.

Tetapi di VIDEO hanya terjadi Musa menjawab; “Belajarlah untuk percaya.” TITIK. Tidak dikisahkan TUHAN MEMBERI MEREKA MINUMAN. melainkan langsung melaju ke adegan tentang Gunung Sinai.

Lha kalau tidak akan diceritakan bagaimana Tuhan memberi air minum, nggak usah dikisahkan bagaimana mereka mengeluh kehausan. jadi langsung aja. dipotong adegan, ganti ke pasal 19-20.

Pemenggalan pasal yang hanya sepotong seperti ini ( pasal 17 yang dipotong hanya sampai di ayat 3, padahal kisah ini sampai di ayat 7) MENIMBULKAN KESAN TUHAN TIDAK MEMPERDULIKAN BANGSA ISRAEL HAUS, walaupun di kisah sebelumnya TUHAN SUDAH MEMBERI MANNA/ MAKANAN.

‘Belajarlah untuk percaya.” Jawaban seperti itu tidak ada di ALKITAB.dari Musa pada bangsa Israel.

Kalau memang mau menghemat biaya produksi karena durasi bayaran animasi adalah per detik, ya nggak usah diceritakan mereka kehausan kan..?? Daripada cerita sepotong.

Cukup stop di kisah hujan manna aja titik.

Cerita yang hanya sepenggal seperti ini membuat anak -anak berpikir, Lho Tuhan kan udah kasih Manna ( yang disedot seperti sampah) kenapa kog Tuhan nggak kasih minum? Kan mereka haus?

Weleh Weleh….

Saya udah turuti ya Viadya Stella Tololiu untuk teliti semuanya…

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

———————

Dulu kami di Mesir jadi budak, segalanya di atur.

Sekarang kami bebas tidak ada yang mengatur, kami tidak tahu apa yang baik dan yang salah.

Lha Musa itu apa bukan pemimpin yang ngatur ya…Lha Musa itu dianggap apa..??

Kebebasan itu seperti apa sebenarnya?

Konsep kebebasan yang kebablasan.

Anak anak bisa bisa tidak tahu, bahwa setelah keluar dari perbudakan, Tuhan sudah menunjuk Musa untuk memimpin dan mengatur mereka, menunjukkan apa yang baik dan salah.

Mana mungkin Tuhan menyuruh mereka keluar dari Mesir tanpa menyediakan pemimpin????????????

Keanehan di kurikulum SxxxxBxxx sebuah animasi yang KATANYA berdasarkan kisah Alkitab, tetapi ternyata MELENCENGNYA SANGAT JAUH DARI ALKITAB, dan bisa dikatakan SESAT, dan OKULTISME nya kental. Tiga tokoh imajiner masuk ke dalam lorong waktu dan punya kebebasan sebebas bebasnya mengadakan PENYESATAN.

Baca donk semua postingan saya sebelumnya.

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

—————————–

“Peraturan dibuat untuk dilanggar.” ( diucapkan 2 kali oleh tokoh utama)

“Tidak ada peraturan, sepertinya ashik kan?” ( diucapkan 1 kali oleh tokoh utama)

“Huuuaaahhh… di mana mana selalu saja ada aturan!” ( diucapkan tokoh utama lagi)

“Peraturan dibuat untuk dilanggar.” ( diucapkan oleh bangsa Israel dalam kisah Alkitab tersebut- TIDAK ADA KALIMAT SEPERTI ITU DALAM ALKITAB)- jadi yang bilang film ini semua kata-katanya AKURAT SEPERTI DI ALKITAB – itu adalah PENDAPAT NGAWUR- selidiki dulu baru bilang, jangan terlalu percaya pada artikel bahasa Inggris mereka,yang super bohong.

Lalu kisah ini juga memperlihatkan tokoh utama teringat kata-katanya sendiri “Peraturan dibuat untuk dilanggar” saat dia masih belum dibawa lorong waktu ( jadi diulang lagi 1 kali, seakan akan seperti sengaja DITEKANKAN)

“Ternyata peraturan dibuat untuk kebaikan kita” ( diucapkan sekali oleh tokoh utama- terakhir menjelang kisah selesai)

Jadi sebagai TOKOH UTAMA, anak-anak akan menyerap total kata-kata SALAH dalam kalimat “PERATURAN DIBUAT UNTUK DILANGGAR.”

Karena tokoh utama ini lebih dibuat menonjol dari kisah Alkitab itu sendiri.

Waktu itu diulang ulang sampai 5 kali , kalimat itu sudah TERPATRI dalam diri anak-anak, SEPERTI AYAT HAFALAN SAJA.

Jadi di bagian akhir ditutup dengan kalimat: ‘ TERNYATA PERATURAN DIBUAT UNTUK KEBAIKAN KITA.’ rasanya tidak akan mengubah apa apa yang sudah terpatri. Hanya orang dewasa saja yang bisa menyimpulkan bahwa itu namanya PERTOBATAN.

LIMA banding satu, jelas yang satu kalah, apalagi yang satu ditaruh di akhir.

Test aja anak-anak, dia pasti bisa meniru kalimat SESAT itu “Peraturan dibuat untuk dilanggar.”

MENCETAK GENERASI PEMBERONTAK.

Guru-guru , saya mengawasi anda sekali lagi. Jangan berteriak “Tolong tolong…” ketika ada batu kilangan dengan mengerikan dikalungkan di leher anda.

Batu pemberat itu tidak bisa menolong anda, bisanya MENENGGELAMKAN ANDA DALAM DALAM tidak peduli anda bisa berenang, tidak akan bisa menolong.

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

——————————

Kisah asli: Keluaran 19:8 Seluruh bangsa itu menjawab BERSAMA-SAMA ;” Segala yang difirmankan TUHAN akan kami lakukan.”

KISAH PALSU. Yang menjawab adalah HARUN sebagai wakil bangsa Israel.

Modul 5.

Video; 10 perintah.

KEPALSUAN SUDAH NYATA. KISAH ALKITAB DIJUNGKIR BALIKKAN.

Bangsa Israel menjawab Tuhan bersama-sama tidak sama dengan jawaban oleh seorang wakil.

bahkan nama HARUN tidak muncul sama sekali pda Keluaran 19.

EMANGNYA ITU PENTING BU GRACE..???

Ya penting donk.

itu kan respon bangsa Israel ketika Tuhan berfirman lewat Musa bahwa Dia akan menjadikan bangsa Israel harta kesayangannya JIKA mereka SUNGGUH SUNGGUH MENDENGARKAN FIRMAN TUHAN DAN BERPEGANG PADA PERJANJIAN-NYA.

jadi mereka merespon:

Segala Firman Tuhan akan kami lakukan.

Itu artinya kalau disederhanakan begini. “Mau nggak jadi kesayanganKu..tapi harus taat ya..??”

lalu mereka menjawab.”Iya , kami mau taat.”

Ini nggak ada hubungannya dengan HARUN.

Ini adalah antara Tuhan dan bangsa Israel.

KONSEP INI YANG AKAN DITANAMKAN KE ANAK-ANAK;

DIGIRING KE nantinya ini semua salah HARUN sendiri, salah dari HARUN seorang diri. Karena pada saat peristiwa anak lembu emas kan HARUN memimpin, tetapi kan bangsa Israel nggak pernah janji apa apa pada Tuhan, jadi enggak masalah, ini semua HARUN KOG.

Haiiiiiiiiiiiiiiiiiiii teolog pada kemana ya…??? Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat


 

Baiklah, MUNGKIN Tuhan bisa memberitahu bagaimana caranya keluar dari Gua ketika kembali di gunung Pinus!!

Mungkin katamu…?????

KERAGU-RAGUAN AKAN TUHAN selalu muncul dalam banyak dialog, ini hanya salah satunya.

GENERASI PERAGU AKAN TUHAN, GENERASI YANG TIDAK BERIMAN, GENERASI PENGELUH yang coba dibentuk lewat tokoh utama imajiner ini.

GENERASI PEMBERONTAK.

Ck ck ck ck ck

Guru-guru SM, dengan penuh iba saya katakan, stop pemakaian VIDEO sesat ini di SM.

Anda dikatakan nggak ikut trend nggak masalah, tapi yang jelas anda tidak ikut dalam PROJECK ANTI KRIS ini, dengan ILUMINATINYA yang sangat kental.

Buku yang Super digambarkan seperti piringan DENGAN MATA SATU.

Huih…

SIMBOL SIMBOL dalam VIDEO digitnya juga digambarkan MATA SATU.

Simbol Dewa Ra/ Dewa Matahari ada di mana-mana.

Apakah anda bisa mengenali MATA SATU itu???????????

Tidak perlu balik ke TK dan mengenali ciri-ciri gambar mata kan??

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat


 

Modul 5

10 PERINTAH.

Kurikulum SB yang menyesatkan generasi Indonesia.

Tuhan belum selesai mengucapkan 10 perintah Allah. baru sampai di perintah ke dua, itu pun belum selesai…..

Sudah dipotong oleh Musa.”Dengarkan, Allah telah memberikan ketetapanNya.”

Lha perintah Allah ada SATU SETENGAH atau ada SEPULUH ya??

Ini adalah proyek pengiritan atau apa ya??????

Kalau memang tidak mau diberikan, ya jangan disajikan SATU SETENGAH PERINTAH.

Nanti anak anak mengira 10 perintah Allah itu sesingkat itu, dan MUSA dengan kurang ajar, memotong perkataan Tuhan yang belum selesai.

Coba cek di Alkitab, Ada nggak Musa memberi kata-kata “Dengarkan, Allah telah memberikan ketetapanNya.” setelah selesai Tuhan mengucapkan 10 perintah Allah itu???

Nggak ada kan??

Itu hanya cara MEMOTONG DENGAN KASAR, 10 perintah Allah yang belum selesai.

Apa apa -an ini…?? Mana berani Musa memotong pembicaraan Tuhan yang berbicara di gunung itu, sementara itu bangsa Israel pun melihat ada API, ASAP, GEMETARNYA GUNUNG/ GEMPA.

Mau mencetak generasi kurang ajar hanya dengan ALASAN PENGIRITAN ???

Durasi detik..??

Ini perusahaan raksasa , memang mengiritkan pengeluaran biar untung bisnis kotornya lebih banyak..

ATAU…

Sebuah upaya menanamkan ke anak -anak BOLEH KURANG AJAR PADA TUHAN.

#animasiSBkatanyaberbasisalkitabpadahalsesat

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

————————

Modul 5
10 Perintah.

Coba cek di Alkitab, Keluaran 20, setelah Tuhan berbicara tentang 10 perintah Allah dari langit ( kel 20:22) , SEBELUM MUSA NAIK LAGI KE GUNUNG ITU ( Kel 20: 21) MANA ADA RITUAL MENGUDUSKAN ALTAR DENGAN DARAH KORBAN dilakukan oleh MUSA atas perintah TUHAN ???

Mana ada ayatnya?? Mana..???

Yang ada adalah SETELAH MUSA SAMPAI DI gunung itu, barulah TUHAN MEMBERI PERATURAN TENTANG KEBAKTIAN. bahwa membuat mezbah ada aturannya, harus dari tanah, atau dari batu yang tidak dipahat.

Kel 30:10
Sekali setahun u haruslah Harun mengadakan pendamaian 1 v di atas tanduk-tanduknya; dengan darah korban penghapus dosa w pembawa pendamaian haruslah ia sekali setahun mengadakan pendamaian bagi mezbah itu di antara kamu turun-temurun; x itulah barang maha kudus bagi TUHAN.”

Itu adalah TUGAS HARUN sebagai IMAM, dan itu adanya di pasal 30. Nggak ada hubungannya dengan PASAL 20 Bro !!!!

Emangnya 10 hukum itu dan ketaatan kepada Tuhan itu bisa digantikan dengan MEZBAH yang dibangun…????

I Sam berkata begini
Tetapi jawab Samuel: “Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan 4 , z memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan. 15:23 Sebab pendurhakaan adalah sama seperti dosa bertenung 5 a dan kedegilan adalah sama seperti menyembah berhala dan terafim. Karena engkau telah menolak b firman TUHAN, maka Ia telah menolak engkau sebagai raja 6 .”

Justru spirit Saul yang seperti ini yang disodorkan ke anak anak.

10 perintah Allah yang mestinya lengkap didengar DIPANGKAS HANYA SAMPAI 1,5 HUKUM

MUSA DENGAN KASAR BISA MEMOTONG PERKATAAN TUHAN.

KISAH PENGUDUSAN MEZBAH DENGAN DARAH KORBAN BAKARAN YANG TIDAK ADA PADA NASKAH ASLI ALKITAB, DIKARANG-KARANG/ DITAMBAHKAN. dengan kalimat dari Musa seolah-olah semirip mungkin dengan kata-kata dari alkitab.

Ketaatan pada 10 hukum Allah coba dipangkas dan diganti dengan mezbah.

Waaaaaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu………….

Guru-guru. Bukalah Alkitab anda, di Keluaran 20. Adegan mezbah ini adalah KARANGAN/ PENGAWURAN/ PENYESATAN.

Jangan bilang pada dunia, anda tetap baca Alkitab, dan tetap pakai kurikulum SxxxxBxxx tetapi tidak menemukan kontradiksinya.

JANGAN TELAN VIDEO INI MENTAH MENTAH, anda akan sakit perut.

SELIDIKI UPAYA PENYESATAN GENERASI OLEH ILUMINATI, yang sudah menyusup ke anak-anak Indonesia.

B-E-R-T-O-B-A-T-L-A-H

Ooooh, mungkin yang dimaksud korban itu adalah PASAL 24.
Tapi penyambungan adegan dari pasal 19-20 ke 24 adalah PENGAWURAN TOTAL.

Kalau bahasan di pasal 24 adalah itu peristiwanya MUSA SUDAH TURUN DARI GUNUNG ( bisa di cek di Keluaran pasal 20:21, lalu ke pasal 24: 1-3)
DAN BUKAN MEMPERSEMBAHKAN KORBAN SEBELUM NAIK KE GUNUNG

SALAH TOTAL.

DI PASAL 24 KELUARAN, darah itu selain disiramkan ke mezbah juga menyiramkannya pada bangsa Israel.

tidak adanya pergantian adegan, dan dibuat MEADLEY seperti ini, menurut saya adalah PENYESATAN.

Dengan sengaja dilakukan untuk MENGABURKAN 10 PERINTAH ALLAH YANG SEBENARNYA SANGAT JELAS, untuk MENGGANTIKAN KETAATAN DENGAN MEZBAH.

Bener bener PENGAWURAN

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

—————————-

Weleh weleh..

Semua diputar balik.

Bukan hanya digado gadoin, tapi juda di roller coasterin !!

10 Hukum Allah mestinya DIKATAKAN TUHAN SECARA LIFE KEPADA SELURUH BANGSA ISRAEL, dipotong dengan kasar hanya sampai ke hukum ke 1,5

Lalu 10 hukum yang mestinya diberikan Tuhan kepada Musa , langsung sudah jadi …..DALAM ADEGAN SESAT, MALAH DIKATAKAN TUHAN SECARA LIFE HANYA KEPADA MUSA.

Yang betul adalah:
Keluaran 31:18

Dan Tuhan memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu, yang ditulisi oleh Jari Allah.

Jadi kan Tuhan udah bicara secara life, 10 hukum Allah yang didengar langsung oleh bangsa Israel, di peristiwa berikutnya Tuhan bicara panjang lebar pada Musa tentang banyak peraturan, dan di akhir sebelum Musa turun dari gunung itu, Tuhan berikan DUA LOH HUKUM ITU.

Tuhan nggak perlu mengulang lagi ke MUSA, karena MUSA kan udah dengar…10 hukum itu bersama bangsa Israel. jadi Musa tinggal trima LOH HUKUM saja, TINGGAL TRIMA SAJA.

Loh emangnya itu penting bu Grace..??

Ya iyalah.

BANGSA ISRAEL YANG HARUS MENDENGAR LANGSUNG UCAPAN TUHAN TENTANG 10 HUKUM ITU SECARA LIFE, bukan lewat MUSA.

Ada tujuan Tuhan;

Bisa dibaca di Keluaran 20: 19-20

20:19 Mereka berkata kepada Musa: “Engkaulah berbicara dengan kami, maka kami akan mendengarkan; tetapi janganlah Allah berbicara h dengan kami, nanti kami mati. i ” 20:20 Tetapi Musa berkata kepada bangsa itu: “Janganlah takut 1 , j sebab Allah telah datang dengan maksud untuk mencoba k kamu dan dengan maksud supaya takut l akan Dia ada padamu, agar kamu jangan berbuat dosa. m ”

dibuktikan di KELUARAN 2: 22
20:22 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah menyaksikan, bahwa Aku berbicara dengan kamu dari langit. o

jadi yang mendengar lengkap itu BANGSA ISRAEL secara LIFE bukan diwakilkan oleh MUSA. itu spesial tentang 10 HUKUM ALLAH, bukan yang peraturan peraturan lain, kalau peraturan lain memang diwakilkan ke Musa. TAPI TIDAK DIWAKILKAN KE MUSA UNTUK 10 PERINTAH ALLAH, BANGSA ISRAEL HARUS DENGAR LANGSUNG DARI TUHAN.

Penyesatan yang sengaja.

jadi waktu nggak taat nggak masalah, kan Musa yang dengar, kami kan saat itu belum dengar lengkap, hanya 1,5 aja….

………………..gleg…………….makin begidik pangkat 3 deh gue

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

—————————–

“Tanpa aturan mereka lupa apa yang benar dan salah.”

Komentar tokoh dalam cerita, ketika bangsa Israel menyembah lembu emas.

HAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHHH

Tanpa aturan katamu??

Lha kan sebelumnya Tuhan sudah umumkan 10 hukum Allah, dan mereka dengar sendiri, secara LIFE, di Keluaran 20????

Jadi anak anak digiring mempunyai pemikiran seperti ini.

NAH INI NIH AKIBATNYA KALAU TUHAN TIDAK MEMBERI ATURAN.

Padahal kenyataannya adalah TUHAN SUDAH MEMBERI ATURAN, dasar mereka aja yang memang melanggar aturan TUHAN.

Benar benar SESAT. SAT. SAT. SAT.

Pindahkan anak anda ke gereja lain, bila di gereja anda tidak terhindarkan anak-anak anda dari VIDEO SESAT INI.

Carilah gereja yang sekolah minggunya TIDAK PAKAI KURIKULUM SESAT INI.

Atau ajak anak anda ikut ibadah raya saja.

Jangan mau ikut mengajar di kelas SuperBuruk. Ambil kelas lain atau kalau tidak ada pilihan, ambil saja pelayanan lain, yang tidak ikut dalam program penyesatan ini, contoh melayani di panti asuhan, melayani di komsel anak, melayani pembesukan anak, paduan suara anak, bimbel, dll

Kalau benar benar tidak bisa lagi menghindar karena semua kelas dan setiap minggu sudah dikepung kurikulum Superburuk, ya tidak ada salahnya pindah gereja aja di gereja yang memakai kurikulum yang tidak menyesatkan.

Masih banyak kog gereja yang punya akal sehat.

——————————–

Jangan menyembah ilah lain.
Jangan membuat bagimu patung ( adegannya malah orang bikin patung)
…………..tetapi hari ke tujuh adalah hari sabat ( adegannya malah orang Israel menyembah patung lembu emas)

……jangan berzinah ———-adegannya ada buli buli jatuh dan pecah ( Apa hubungannya???)

Lha anak anak belum tentu tahu kalau itu DUA PERISTIWA yang digabung dalam satu adegan.

BAGAIMANA MENJELASKAN PADA MEREKA, BAHWA ITU PERISTIWA DI ATAS GUNUNG, DAN PERISTIWA DI BAWAH GUNUNG…

Padahal itu aja udah salah.

Peristiwa di atas gunung, tidak ada Tuhan berbicara tentang 10 hukum, ADANYA cuma penyerahan loh batu aja.

Kan Musa udah dengar bersama bangsa Israel..???

KESENGAJAAN MEMBUAT ADEGAN YANG MEMBUAT ANAK ANAK BERKONOTASI, hari sabat sebaiknya MARI MENYEMBAH PATUNG.

………………….bertobat atau batu kilangan akan menunggu anda.

NOTE: Setahu saya batu kilangan nggak ada tuh di surga, adanya di mana berarti ya..??

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

——————-

Siapa yang dipihak Tuhan, datanglah kepadaku ( Keluaran 32: 26) lucu juga ada ROBOT YANG BANI LEWI memihak kepada TUHAN.

ROBOT ITU PUNYA IMAN KAH???

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat


 

TIGA RIBU ORANG TEWAS karena mereka menyembah berhala dan tidak memihak kepada Tuhan, Keluaran 32:26-28 TIDAK DITUNJUKKAN.

Berarti DOSA NGGAK MASALAH, NGGAK AKAN ADA HUKUMAN.

Musa menyuruh siapa yang memihak Tuhan datang pada Musa, tetapi kelanjutannya yang nggak memihak Tuhan, apa yang terjadi pada mereka TIDAK DICERITAKAN.

MENGAPA PENYESATAN begitu TAMPAK SAMAR?

KARENA KEBENARAN yang disajikan SEPOTONG SEPOTONG sebenarnya sama dengan TIDAK BENAR.

Contoh, memakan nasi goreng adalah NASI, TELUR, ACAR.

Ketika anda makan ACAR saja, anda tidak bisa dikatakan makan nasi goreng.

Tetapi karena ada acar, seolah olah itu sudah makan nasi goreng, padahal itu SAMA SEKALI TIDAK LENGKAP.

Ya ampun…sudah dari tahun berapa anda pakai kurikulum gila ini??

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

—————–

DIALOG GADO GADO

VERSI ALKITAB; keluaran 32:31-35
32:31 Lalu kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: “Ah, bangsa ini telah berbuat s dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas t bagi mereka. 32:32 Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa u mereka 1 itu–dan jika tidak,

hapuskanlah v kiranya namaku dari dalam kitab w yang telah Kautulis.”

32:33 Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: “Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan x dari dalam kitab-Ku. 32:34 Tetapi pergilah sekarang, tuntunlah y bangsa itu ke tempat z yang telah Kusebutkan kepadamu; akan berjalan malaikat-Ku a di depanmu,

tetapi pada hari pembalasan-Ku b itu Aku akan membalaskan dosa mereka kepada mereka.” 32:35

Demikianlah TUHAN menulahi bangsa itu, karena mereka telah menyuruh membuat anak lembu c buatan Harun itu.

VERSI GADO GADO ALA KURIKULUM SxxxxBxxx

Benar orang orang ini berdosa dan memberontak, tapi ampunilah dosa kami dan jadikanlah kami umatMu KELUARAN 32:31

JAWABAN TUHAN BISA LOMPAT KE KELUARAN 34:10, ( Jadi bukan diambil dari Keluaran 32: ayat 32- lanjutan dari ayat 31- BUKAN, tapi diambil dari KELUARAN 34:10, ketika situasi sudah berubah.)

Sungguh Aku mengadakan suatu perjanjian
Akan Kulakukan perbuatan- perbuatan ajaib yang belum pernah dijadikan di seluruh bumi
seluruh bangsa akan melihat perbuatan Tuhan, sebab apa yang akan Kulakukan dengan engkau, sungguh dahsyat. Tetapi engkau, berpeganglah pada apa yang Kuperintahkan kepadamu pada hari ini.

SISI DIMANA TUHAN MURKA, DAN MEMUTUSKAN UNTUK MENGHUKUM MEREKA dengan ancaman bahwa Tuhan tidak akan berjalan di tengah tengah mereka lagi ———————BAGIAN INI DIHILANGKAN.
( KELUARAN 33: 2-4)

SEDANGKAN JAWABAN TUHAN DI KELUARAN 34 adalah posisi Tuhan yang sudah melihat seluruh bangsa Israel tidak memakai perhiasan lagi, mereka mencari Tuhan di Kemah Pertemuan dll ( Keluaran 33: 5-10)

Jadi pertukaran dialog ini sengaja di pasang untuk memberi kesan seolah-olah menyembah berhala itu NGGAK PAPA/ BOLEH AJA, Tuhan tidak murka, cukup HARUN SAJA YANG BERTOBAT.

Dikisahkan HARUN BERTOBAT, MINTA AMPUN PADA TUHAN, padahal dalam Alkitab tidak dikisahkan begitu.

Justru seluruh Israel melepaskan perhiasan mereka, sujud pada Tuhan, mencari Tuhan, dll.

PERTOBATAN TIDAK BISA DIWAKILKAN PADA HARUN.

Musa datang pada Tuhan mewakili orang Israel untuk memperjuangkan nasib mereka di hadapan Tuhan, tetapi pertobatan orang ISRAEL tidak dapat diwakilkan pada HARUN.

KISAH HARUN BERTOBAT tidak diceritakan dalam ALKITAB.

Kalau Alkitab tidak mengkisahkan, ya jangan ditambah tambahi.

YEAH NAMANYA AJA VIDEO SESAT YA MAKLUM AJA DEH.

Stop pakai SxxxxBxxx di Sekolah Minggu anda, atau anda antri di PENYEMATAN ACSESORIES BATU KILANGAN.

Daripada antri di situ, datang aja ke Kota Wisata Batu, makan gado gado sama saya. Uenak.


 

“Allah telah mengampuni umat-Nya!”

itu kata Musa setelah turun dari gunung membawa Dua Loh Batu yang baru.

Saya cari kata kata Musa seperti itu di Alkitab, TIDAK ADA.

ITU AYAT NGAWUR.

Lha kapan diperlihatkan bangsa Israel bertobat, kagak ada diperlihatkan.

Jadi dengan Musa naik gunung, trus jadi perantara, trus bangsa Israel nggak perlu bertobat, trus dengan lewat perantara Musa, mereka diampuni GITUKAH TEOLOGIA YANG AKAN DITANAMKAN????

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat


 

Allah perintahkan kita untuk meninggalkan SINAI untuk menuju negeri yang penuh susu dan madu.

Begitu adegan ;perkataan Musa waktu membawa dua loh batu yang baru.

lha piye toh…

Kapan membuat KEMAH SUCI-Nya..??

Itu kan masih di Sinai.

Setelah Kemah suci selesai barulah mereka meninggalkan Gunung Sinai.

SEJARAH NGAWUR BINGITZ.

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat


 

Keluhan keluhan dan keluhan dari tokoh utama.

Menggerutu tentang apa aza.

Sebuah teladan yang SUPER menurut saya.

SuperBuruk.

Jadi dia sebenarnya tokoh baik, atau antagonis, nggak jelas.

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

———————-

Hasil gambar untuk tulisan mesir kuno

mestinya kan tulisannya seperti ini

Hasil gambar untuk tulisan ibrani dalam dua loh batu

——————-

Buka video utama kisah kurikulum SuperBuruk modul 5. Tentu pada Kisah Alkitabnya ya ( katanya doank kisah Alkitab.)

Perhatikan pada MENIT KE 11.47 sampai 11.55 ( 9 detik)
pada MENIT ke 12.42 sampai ke 12.45 ( 4 detik)
pada MENIT ke 16.16 sampai ke 16.26 (11 detik)
semua tampilan dua loh batu, termasuk ketika Musa di Gunung Sinai- DITAMPILKAN DUA LOH BATU DENGAN HURUF KUNO MESIR, bukan tulisan dengan huruf Ibrani.

Dalam tulisan kuno Mesir itu tentu saja ada MATA SATU/ SIMBOL DEWA RA/ ILLUMINATI/ DEWA MATAHARI.

Buka video kurikulum SuperBuruk modul 5. Video SEJARAH.
Stop di menit ke 2.40
di menit 06.00-06.02
di menit 06.05 – 06.08
di menit 07.10-07.14

INI VIDEO SEJARAH LHO..yang katanya dibuat oleh para ahli sejarah ( para dosen kaliber internasional)

Perhatikan TULISAN YANG ADA DI DUA LOH BATU 10 PERINTAH ALLAH.

Nggak ada tuh tulisan IBRANI, yang ada adalah HURUF MESIR seperti pada gambar di bawah ini

KETEMU LAGI DEH SAMA SIMBOL DEWA RA/ MATA SATU

Anda ingin anak anak akrab dengan DEWA RA/ DEWA MATAHARI.

Memangnya ada hubungan apa antara anda dengan Raja Manasye…???

Raja Manasye mempersembahkan anaknya dalam api untuk dewa dewanya…

Apa bedanya dengan anda ??

Bedanya cuma kalau anda pemakai kurikulum SuperBuruk mengorbankan anak-anak dengan cara yang lebih modern, tidak pakai api, tapi pakai tayangan.

Keren ya…???

Kalau nggak percaya pada penjelasan saya, BELI AJA CD dan MODULnya. UNTUK DISELIDIKI.

Boleh nggak sih???

Kalau saya kan dapat fasilitas khusus dari Boss saya. Barang langsung dikirim dari luar pulau. Sedap kan ??

Tag viadya stella tololiu

#kurikulumSuperBuruk
#kurikulumSB
#kurikulumSesat

 


 

PENYESATAN.

Tampak dalam Video kurikulum Sekolah Minggu SuperBuruk

kedua loh batu berisi 10 perintah Allah, ditulis dengan API.

Padahal: KEDUA LOH BATU DITULIS DENGAN JARI ALLAH SENDIRI

(1.00) Kel 31:18

Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, p kedua loh hukum Allah, loh batu, q yang ditulisi oleh jari Allah. r

(0.71) Ul 9:10

TUHAN memberikan kepadaku kedua loh batu, yang ditulisi jari Allah, h di mana ada segala firman yang diucapkan TUHAN kepadamu di gunung itu dari tengah-tengah api, pada hari perkumpulan. i

————-

Pada Video Sejarah, Modul 5. Kurikulum SuperBuruk.

dan tayangan ini atau adengan ini juga ada pada bagian VIDEO kisah Alkitab ( katanya aja sih…kisah alkitab)

ditunjukkan ada bongkahan batu yang dibongkar, di dalamnya ada sudah terbentuk / atau sudah ada dari sebelum batu itu dibongkar, sudah ada ANAK LEMBU EMAS. yang seperti tertanam dalam batu yang dibongkar itu.

PADAHAL anak lembu emas itu DIBENTUK DENGAN PAHAT/ DAN DIBUAT ANAK LEMBU TUANGAN.
( Keluaran 32:4)

Tetapi Harun beralasan kepada Musa. ” Lalu aku berkata kepada mereka; Siapa yang empunya emas haruslah menanggalkannya. Mereka memberikannya kepadaku dan aku melemparkannya ke dalam api, dan keluarlah anak lembu ini.”

Jadi VISUAL pada Video Kisah (yang katanya ) Kisah Alkitab, dan VISUAL pada VIDEO SEJARAH:

Bukan VERSI A- yaitu PATUNG ANAK LEMBU BUKAN DIPAHAT.

Juga bukan VERSI B- yaitu PATUNG ANAK LEMBU BUKAN SEPERTI KATA HARUN ANAK LEMBU KELUAR DARI API. ( itu adalah versi dalih Harun pada MUSA)

Tetapi versi C/ VERSI PENGARANGAN, Saat digali batu, keluar lembu emas.

Jadi ini semacam diversikan ; anak lembu emas itu MUJIZAT, di dalam batu biasa, di dalam sudah ada bentuk LEMBU EMAS itu.

Bagaimana mungkin pembuatan patung lembu emas dari perhiasan bangsa Israel-YANG ADALAH MELANGGAR HUKUM TUHAN. dipalsukan menjadi MUJIZAT AJAIB???????????????

tag Viadya Stella Tololiu. Mohon kejelasan anda. Upz maaf anda bukan pembuatnya kog ya.


 

PENYESATAN KURIKULUM SuperBuruk.

video PETUNJUK JALAN ( rambu rambu kalieeee)

“Tahukah kamu, waktu Yesus dicobai di gurun Dia mengutib dari kitab Ulangan yang ditulis oleh Musa. Di kitab itu Tuhan bilang pada Musa. “Dia akan mengutus Yesus untuk kita.”

Mana ayat yang bilang seperti itu…??? Kagak ada tuh gue cari??? Ulangan mana? Pasal berapa..? Ayat berapa..?? Yang bilang ‘DIA AKAN MENGUTUS YESUS UNTUK KITA?” atau mungkin bisa diganti seperti ini “Aku akan mengutus Yesus untukmu.” Mana ada kata YESUS di PL????????

Langsung muncul pada tampilan:

ULANGAN 18:18

Oke kita chek apa itu Ulangan 18:18
18:18 seorang nabi h akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku i dalam mulutnya, j dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. k

Emangnya YESUS ITU sekedar NABI…????

Baca donk Ulangan 18:9-22 alias satu perikob, hai guru guru SM, ayat itu bukan merujuk pada YESUS sama sekali.

Yesus bukan sekedar NABI, melainkan ayat itu bicara tentang Nabi Tuhan di antara orang Israel. Baca aja tuh judul dari LAI ( Saya suka LAI kasih judul judul ini..jadi jelas itu perikop tentang apa sich) judulnya BERTENUNG dan BERNUBUAT, karena saat itu Tuhan jelaskan seperti apa NABI yang benar dan seperti apa NABI yang kebablasan, bagaimana mengenali ciri ciri mereka, itu semua dijelaskan oleh TUHAN, tetapi ayat itu tidak menunjuk pada YESUS sebagai NABI.

Kalau ayat itu menunjuk pada Yesus, pasti ada REFERENSINYA korelasinya donk Ulangan 18 :18 ini dengan ayat apa di PB. Nggak ada tuh..??!!

Nah memang waktu Yesus dicobai di padang gurun, Yesus mengutib ayat dari kitab Ulangan dan dari kitab kitab lain di PL, yaitu ayat ini, korelasinya:

Matius 4:4 —————– Ulangan 8:3 Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.

Matius 4:7—————Ulangan 6:16 Janganlah kamu mencobai Tuhan Allahmu

Matius 4:10————-Ulangan 6:3 Engkau harus menyembah Tuhan Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti

Enggak ada hubungannya dengan ULANGAN 18:18

Jadi penyesatan ini, secara NGAWUR menghubungkan percobaan Yesus di padang gurun dengan kitab Ulangan, tetapi pengutipannya yang SENGAJA NGAWUR DAN MENYESATKAN anak-anak, langsung mendefinisikan bahwa YESUS HANYA SEKEDAR NABI.

KURANG AJAR BANGET.

Ini adalah pelecehan.


 

Hua kak kak kak….ternyata pada COVER modul 5 jelas sekali bahwa huruf huruf pada dua loh batu memakai HURUF MESIR KUNO LENGKAP DENGAN MATA RA/ MATA SATU/ MATA DEWA MATAHARI.

GAMBAR TERPAMPANG NYATA PADA COVER BUKU MODUL.

BERANI BANGET…..emangnya dikira guru guru sekolah minggu di Indonesia sebodoh itu, nggak bisa bedakan huruf Ibrani dengan HURUF MESIR KUNO ??

Saat ini saya nyatakan, kami bukan guru guru BODOH. Kami bukan BUTA HURUF.

Kalau cuma untuk mengenali bahwa kurikulum SuperBuruk ini adalah kurikulum dewa matahari, itu gampang saja.

Kami bukan anak BAYI nggak bisa bedakan MATA SATU dengan MATA DUA.

Jadi modul seperti ini yang digadang gadang?


 

Modul 5 halaman 28.

Tulisan dengan abjad dari bahasa mana tuh DUA LOH BATUNYA..??

Mana para teolog………….???????????

Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

———————-

(1.00) Ams 22:3

Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah p ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka. q

(1.00) Ams 27:12

Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka. m

Ada orang BIJAK
Ada juga orang TAK BERPENGALAMAN

Melihat malapetaka ya bersembunyi.

Contoh, ada gempa di gunung, ya ngungsi aja di luar kota.

Itu baru namanya BIJAK.

Tahu kalau ada kurikulum SuperBuruk menyesatkan, ya STOP BERLANGGANAN, BUANG CDNYA, BAKAR BUKUNYA.

Nah game-gamenya yang seru ambil aja, pakai untuk cerita lain. ( contek aja game/ atau metodenya.)

ORANG YANG TAK BERPENGALAMAN berjalan terus.

Mengapa dia tak berpengalaman???

Karena tidak mau mendengar pendapat orang lain, sok pintar, sok merasa hebat, jadi ketika diperingatkan malah jalan terus, ujung ujungnya KENA CELAKA.

Apa celakanya? Ya batu kilangan itu, apa lagi???

BERJALAN TERUS;
adalah gengsi untuk putusin program
malu kalau mengambil langkah mundur
takut di kira gereja nggak ikuti trend pelayanan anak
takut jadi minoritas
sungkan/ segan pada rekan lain
sudah keenakan dapat duit
sudah jadi pekerjaan
sudah terlanjur kejar target marketing
sudah dapat jabatan rayon, sayang

CELAKA YANG MENUNGGU DI HADAPAN…adalah

Menyambut anak kecil dalam nama Yesus, sama dengan menyambut Yesus.

jadi kalau MENYESATKAN ANAK ANAK juga langsung berhadapan dengan Yesus, Sang Juruselamat anak-anak.

Saya sudah peringatkan.

Keputusan ada pada anda.

Mengapa kita bisa terjerumus begitu dalam:

Salah satunya karena banyak PENDETA/ PEMIMPIN tidak peduli pelayanan anak, dikira mereka INI ANIMASI UNTUK ANAK ANAK, MENGAPA DIPUSINGKAN.

Mereka tidak sadar, ada IBLIS sedang masuk melalui TEKNOLOGI langsung ke anak-anak sekolah minggu yang datang ke gereja karena ingin mengenal Yesus, bukan untuk mengenal Jxx Cxxxx dan Gxxxx, tiga tokoh imajiner yang BERPOTENSI BESAR MEMASUKKAN PENYESATAN KE DALAM KISAH ALKITAB.

—————

Coba perhatikan EKSPRESI MUSA kepada TUHAN.

Alisnya selalu naik bertemu di tengah, dan sorot matanya semuanya menunjukkan wajah BERONTAK PADA TUHAN.

Di sepanjang VIDEO modul 5.

Emang Musa kaya gitu ya…????

Lha wajar…siapa dulu yang bikin animasinya? Dia percaya Tuhan Yesus nggak??

Andalan

MARI BERMAIN QUIZ ALKITAB SETELAH MENONTON VIDEO SUPERBOOK INI


Setelah menonton SuperBook tersebut, jawablah quiz Alkitab berikut ini.

  1. Di manakah tertera kisah dimana Abraham disuruh Tuhan melihat bintang bintang dan menghitungnya??

A. di Kejadian pasal 15

B. di Kejadian pasal 17.

C. saya menjadi bingung, karena kalau kisahnya tentang Abram disuruh Tuhan menghitung bintang itu kan ditulis di Kejadian pasal 15.  Tetapi namanya pada saat itu masih ABRAM , dia belum mendapat nama baru ABRAHAM dari Tuhan.

  1. Di manakah tertera kisah dimana Abraham disuruh Tuhan melihat bintang bintang dan menghitungnya??

A. di Kejadian pasal 15

B. di Kejadian pasal 17.

C. saya menjadi bingung, karena kalau kisahnya tentang Abram disuruh Tuhan menghitung bintang itu kan ditulis di Kejadian pasal 15.  Tetapi di Kejadian 15 itu mestinya dilanjutkan di ayat 6 Lalu percayalah Abram kepada Tuhan, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran. Sedangkan jawaban “Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak?” itu adanya di pasal 17.

  1. Di manakah tertera kisah dimana Abraham disuruh Tuhan melihat bintang bintang dan menghitungnya??

A. di Kejadian pasal 15

B. di Kejadian pasal 17.

C. saya menjadi bingung, karena kalau kisahnya tentang Abram disuruh Tuhan menghitung bintang itu kan ditulis di Kejadian pasal 15.  Tetapi di Kejadian 15 itu tidak ada ditulis kata KORBAN BAKARAN pada pasal 15 itu.

  1. Di manakah tertera kisah dimana Abraham disuruh Tuhan melihat bintang bintang dan menghitungnya??

A. di Kejadian pasal 15

B. di Kejadian pasal 17.

C. saya menjadi bingung, karena kalau kisahnya tentang Abram menjawab “Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak ?” itu adanya di pasal 17. Tapi di pasal 17 tidak menyebut nyebut KORBAN BAKARAN sama sekali.

  1. Di manakah tertera kisah dimana Abraham disuruh Tuhan melihat bintang bintang dan menghitungnya??

A. di Kejadian pasal 15

B. di Kejadian pasal 17.

C. di Kejadian pasal 22.

D. saya menjadi bingung, karena kalau dikisahkan Tuhan berfirman untuk Abraham mempersebahkan Ishak, itu adanya di pasal 22.

  1. Menurutmu apakah perintah Tuhan untuk Abraham mempersembahkan anaknya Ishak itu adalah suatu bayangan/ khayalan/ imajinasi/ perenungan Abraham sendiri atau NYATA benar benar terjadi, bahwa Tuhan berkata kepadanya?

A. Nyata terjadi.

B. Itu hanya bayangan/khayalan/imajinasi/perenungan Abraham sendiri

C. saya menjadi bingung.

 

 

 

 

 

 

Andalan

HUHUI MODUL DUA !!


Mari kita kuliti dimana penyesatan global yang dilakukan oleh kurikulum SxxxxBxxx.

Modul 2. Ujian.

Ada beberapa kesalahan fatal yang bahkan tidak sedikit para pakar teologia yang pun terkecoh pada seni animasi yang menyesatkan ini. Dan dengan mudahnya membawa masuk kurikulum sesat ini ke dalam pengajaran sekolah minggu.

Kalau pakar teologia, saya sarankan sediakan semua Alkitab yang anda punya, terserah kalau mau dilengkapi dengan tafsiran anda yang tebal-tebal. Kalau saya cukup dengan Alkitab saja sudah sangat jelas bisa membedakan mana yang sesat dan yang tidak.

Janji-janji Tuhan pada Abraham ada 6 kali/ dalam 6 peristiwa.

SATU Kejadian 12: 2-3 Janji Tuhan pada Abram pada peristiwa ketika Abram disuruh keluar dari negerinya.

DUA Kejadian 12: 7 Janji Tuhan pada Abram pada saat Abram di dekat Sikhem ( sudah keluar dari negerinya)

TIGA Kejadian 13: 14-17 Janji Tuhan pada Abram pada saat Abram di Kanaan ( setelah berpisah dari Lot)

EMPAT Kejadian 15: 1-21. Janji Tuhan pada Abram. Pada saat itu Abram disuruh Tuhan menghitung bintang-bintang. Namanya masih ABRAM belum menjadi ABRAHAM. dikatakan respon Abram; LALU PERCAYALAH ABRAM KEPADA TUHAN, MAKA TUHAN MEMPERHITUNGKAN HAL ITU KEPADANYA SEBAGAI KEBENARAN. Di kitab Galatia 3:6-7 dijelaskan dari peristiwa inilah kita disebut anak-anak Abraham bila kita hidup dari iman. Peristiwa pada Kejadian 15 ini TIDAK DIIKUTI DENGAN KORBAN BAKARAN, melainkan ada semacam binatang-binatang yang dipakai untuk upacara perjanjian. Sama sekali tidak ada kata KORBAN BAKARAN di peristiwa itu.

LIMA Kejadian 17: 1-27. Janji Tuhan pada Abram yang ketika itu menerima nama baru dari Tuhan menjadi ABRAHAM. Pada saat itu Tuhan mengajukan perjanjian sunat, dan nama Sarai menjadi Sara. Pada saat itulah respon ABRAHAM adalah: Mungkinkah bagi seorang yang berumuR seratus tahun dilahirkan seorang anak dan…” ( dan seterusnya..yang mana kalimat lanjutannya tidak ditayangkan..mestinya lanjutannya sebagai berikut: …dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?”

ENAM Kejadian 18 :10 Janji Tuhan pada Abraham ketika Abraham menerima 3 orang tamu dalam kemahnya.

Sedangkan yang ditayangkan pada video animasi SxxxxBxxx adalah:

Kisah Abram disuruh menghitung bintang, itu adalah janji Tuhan yang ke EMPAT pada Abram.

tetapi anehnya; di video itu nama Abram dipanggil sebagai ABRAHAM. Padahal nama Abraham nanti baru muncul di pasal 17 ( alias di perjanjian yang ke LIMA)
Itu saya sebut sebagai PENYESATAN PERTAMA.

keanehan berikutnya; kalau memang dikisahkan Abram melihat bintang-bintang, disuruh menghitung, mestinya respon Abram pada saat itu adalah ; LALU PERCAYALAH ABRAM KEPADA TUHAN ( kejadian 15).

Tetapi di VIDEO PENYESATAN ini dikisahkan sangat berbeda, di mana respon Abram pada saat itu justru respon dari Kejadian pasal 17. di mana pada saat di pasal 17 Abraham berespon: Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak?

Kejadian 15 dan 17 jelas sudah beda peristiwa, beda tempat, beda kejadian, dicampur aduk jadi satu.

Yang bahaya adalah; anak-anak tidak tahu bahwa pada saat Abraham mencoba menghitung bintang-bintang sesuai perintah Tuhan, dia percaya pada Tuhan, nah SISI PERCAYA ABRAM ini HILANG. atau sengaja dihilangkan.

Itu saya sebut sebagai PENYESATAN KE DUA.

keanehan berikutnya; Kejadian 15 ( dimana Tuhan mengajak Abram menghitung bintang-bintang) diakhiri dengan Tuhan menyuruh Abram menyediakan beberapa binatang, tetapi Alkitab sama sekali tidak menyebut soal KORBAN BAKARAN, karena yang terjadi pada saat itu adalah semacam prosesi perjanjian pada zaman kuno, BUKAN KORBAN BAKARAN seperti yang ada pada VIDEO SESAT. Korban bakaran jelas beda sekali dengan prosesi perjanjian, sangat beda.

Itu saya sebut sebagai PENYESATAN KE TIGA.

Tetapi pada Kejadian 17 ketika Abraham menjawab: Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak?- pada peristiwa ini justru diakhiri dengan hukum sunat, bukan korban bakaran.

Jadi kalau memang mengacu pada Kejadian 17 mengapa dikisahkan dalam video sesat ini KORBAN BAKARAN? Bukan hukum sunat? Dan kalau memang mengacu pada Kejadian 17 mengapa dikisahkan bintang-bintang? Dan kalau mengacu pada Kejadian 15 memang tidak ada sedikit pun KORBAN BAKARAN pada kedua pasal itu, baik pasal 15 maupun pasal 17.

Campur aduk macam apa ini? Kejadian 15 dan 17 jelas peristiwa yang berbeda, dan tidak ada peristiwa KORBAN BAKARAN di dua pasal itu, yang ada adalah prosesi perjanjian dan juga hukum sunat.

Itu saya sebut PENYESATAN KE EMPAT.

anehnya lagi; ada kalimat yang tidak diselesaikan; mestinya kalau mengacu pada Kejadian 17 kalimat lengkapnya seperti ini:

“Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?”

Kemandulan itu pada perempuan. Mengapa kalimat ini dipotong? Apakah iblis takut kalau anak anak tahu bahwa dalam peristiwa ini terjadi mujizat dari si mandul menjadi si ibu? Apakah iblis takut bahwa anak anak bisa tahu umur Sara saat itu..??
Menurut saya Iblis itu lucu juga kalau begitu.

Itu saya sebut PENYESATAN KE LIMA.

anehnya lagi; dalam KORBAN BAKARAN yang tidak ada dalam Alkitab itu, dikisahkan dalam Video sesat itu, Abram mendapat bayangan/ imajinasi/ atau apalah namanya, salah satunya firman Tuhan, bahwa Tuhan memerintahkannya mempersembahkan Ishak. Padahal kan Tuhan berfirman untuk ujjian Abraham itu adalah NYATA, bukan KHAYALAN. Dan itu di pasal 22

Bagaimana mungkin pasal 15 dicampur aduk dengan pasal 17 dicampur aduk dengan pasal 22.

Apakah ini sejenis VIDEO GADO GADO??????

Penyesatan modern adalah; menggunakan semua yang tampak canggih, dan para teolog dan guru sekolah minggu dan guru sekolah banyak yang TERSESAT.

Ck ck ck ck ck ck …..

Anak-anak kehilangan satu adegan penting yaitu LALU PERCAYALAH ABRAM KEPADA TUHAN MAKA TUHAN MEMPERHITUNGKAN HAL ITU KEPADANYA SEBAGAI KEBENARAN.

Ada upaya penyesatan ingin menghapus jejak BAPA ORANG BERIMAN.

Guru-guru SM …bertobatlah …anda ditunggu batu kilangan !!

Yang ikut jalur kerajaan sorga, puji Tuhan, anda terbebas dari upaya penyesatan generasi !!


Guru Sekolah Minggu yang baik adalah , membuat suatu cerita dari kisah Alkitab yang mana pertanyaan atau pernyataan Tuhan dicuplik dari pasal 15, dan jawaban Abram dicuplik dari pasal 17 dan gambar diakhiri dengan kejadian di pasal 22 dalam sebuah kisah yang seakan-akan diambil dari pasal 15.

Ups..saya salah..maksud saya bukan guru yang baik…maksud saya GURU YANG SESAT.


Weis…tambah kacau lagi…MASIH MODUL DUA

Di Video sejarahnya malah membuat tambah bingung, dikatakan waktu Tuhan menyuruh Abraham menghitung bintang-bintang, dia ada di SIKHEM. Huaduwwwww jelas salah donk, Di Sikhem adalah Pernyataan Janji Tuhan yang KE DUA pada Abram di Kejadian 12: 7. ( petunjuk tempatnya ada di ayat 6)

Sedangkan peristiwa dimana Abram disuruh menghitung bintang adalah di HEBRON, Kejadian 13:18, Kejadian 14:17 adalah dua ayat petunjuk waktu peristiwa yang dicatat di Kejadian 15, di mana Abraham disuruh Tuhan menghitung bintang-bintang.

itu saya sebut SEJARAH NGAWUR YANG PERTAMA.

dI Video sejarah ini juga ada diperlihatkan pada peta dan jalur perjalanan Abraham, dari Sikhem menuju Bersyeba ( jadi Sikhem dicatat di Kejadian 12:6 sedangkan Bersyeba ada di Kejadian 21:33)

Ada garis perjalanannya, jelas jelas singkat, dari Ur KASDIM, terus ke Sikhem dan garis panah menunjuk langsung ke Bersyeba.

Padahal dari Sikhem sebenarnya Abraham pergi ke Antara Betel dan Ai ( kejadian 12: 8) trus ke Tanah Negeb ( Kejadian 12:9) trus ke Mesir ( kejadian 12:10) trus ke Tanah Negeb lagi ( kejadian 13:1), trus ke Dekat Bethel ( Kejadian 13: 3) trus ke Kanaan ( kejadian 13:12), trus ke Hebron ( Kejadian 13:18), di HEBRON inilah terjadi peristiwa Abram menghitung bintang-bintang, Trus Abraham ada di dekat pohon terbantin di Mamre ( kejadian 18:1), trus Abraham ke Tanah Negeb ( Kejadian 20:1) lalu di catat Abraham BARULAH BERADA DI BERSYEBA Kejadian 21:33)

Ur – tempat 1
Sikhem- tempat 2

Bersyeba- tempat ke DUA BELAS ( 12)

Sejarah SESAT/ SEJARAH NGAWUR.

Yang coba dikedepankan ke anak-anak adalah Dari Sikhem langsung ke Bersyeba adalah, proses yang singkat, instan, cepat.

Tidak ada proses yang lama sampai Abraham menikmati penggenapan janji Tuhan, tidak ada proses yang lama sampai Abraham itu benar benar dipersiapkan untuk mengalami ujian itu.

Instan.

Generasi instan.

Pengawuran yang ke tiga.

Di kisahkan apa itu KORBAN BAKARAN pada video sejarah ini. Padahal peristiwa Abram menghitung bintang-bintang sama sekali tidak disertai dengan KORBAN BAKARAN. Jadi untuk apa dikisahkan tentang korban bakaran?

Abram mendirikan mezbah memang benar, terjadi di Sikhem, benar, di Kejadian 12:6-7. Tetapi di pernyataan janji Tuhan yang ke dua pada Abram ini, tidak ada peristiwa menghitung bintang-bintang.

Jadi sebenarnya yang dimaksud dalam Video itu, pasal 15, 17, 22 atau pasal 12 sih…??? Gado Gado Video ini memang terdiri dari campur adukan 4 pasal ya….???????

Jadi adegan itu sebenarnya di mana setting peristiwanya? di Hebron ( pasal 15), masih di Hebron ( pasal 17), atau sudah di Bersyeba ( pasal 22) atau bahkan masih di Sikhem ( pasal 12)??

Mengapa saya bertanya seperti itu?

Karena VIDEO NGAWUR itu seperti ini kisahnya:

– berdasar video sejarah , itu ada di Sikhem ( berarti itu pasal 12)
– berdasar adegan, Tuhan mengajak Abram melihat bintang -bintang ( itu pasal 15- Hebron)
-berdasar jawaban Abram kepada Tuhan, setelah melihat bintang ada di pasal 17 ( masih di Hebron)
-berdasar khayalan Abram mendengar Tuhan memerintahkannya mempersembahkan Ishak ada di pasal 22 itu di Bersyeba.

Kalau itu mempersingkat film bisa ditulis- lalu…kemudian…. setting peristiwa , kostume, adegan sudah beda beda tempat, tetapi dicepatkan/ seperti rangkuman.

Tapi ini tidak, ini adalah VIDEO GADO-GADO terngawur yang pernah saya lihat. Lebih parah daripada guru sekolah minggu yang tidak persiapan mengajar. Karena kalau guru nggak persiapan, dia salah ya cuma di pasal itu thok, tidak lantas meng-GADO GADOKAN FIRMAN TUHAN.

SEJARAH NGAWUR. Tadinya saya pikir, huiiiihhh keren nich, ada pakar pakar sejarah yang membuat video sejarah, dosen dosen kelas kaliber dunia nich….

Ternyata saya sampai kepada dugaan kuat; bahwa pembuat video sejarah ini membuat penjelasan sejarah berdasarkan VIDEO KISAH, bukan berdasarkan KISAH ASLI DALAM ALKITAB, mestinya kalau dia ahli sejarah, dia harusnya tahu juga bahwa VIDEO ini sudah salah, kisah utama saja sudah salah, karena menggado-gadokan beberapa pasal.

Dibayar berapa ya….membuat sejarah PENGAWURAN seperti ini, pantasan tidak ada nama mereka tercantum di buku atau di video. Lho emangnya anda yakin yang mereka tulis ahli ahli sejarah itu pembuat modulnya? Haaaahhh?? di CV mereka pribadi aja nggak ada kog disebut sebut mereka menulis modul SxxxxBxxx …!!

Bahkan di penjelasan mereka sendiri , nggak ada kog disebut si pakar ini …ahli ini…di kampus ini…bla bla…dan bekerja di SxxxxBxxx nya KAPAN, SEBAGAI APA, nggak ada kejelasan.

Siapa pun juga bisa copy paste CV siapa saja. Itu mah kerjaan anak TK.

Ck ck ck ck ck ….

….bersiap menyimak VIDEO berikutnya yang mungkin saja lebih ngawur.


Video Petunjuk Jalan pada Kurikulum SxxxxBxxx

Jadi sebenarnya kata KORBAN BAKARAN pada seluruh kisah Abram alias Abraham, kata KORBAN BAKARAN baru muncul di pasal 22, ketika Abraham taat untuk mengorbankan Ishak di KORBAN BAKARAN , walaupun pada akhirnya Tuhan menyediakan korban itu.

Itu memang benar.

Tetapi kalau dikisahkan Abraham memberikan KORBAN BAKARAN setelah Tuhan berfirman kepadanya untuk menghitung bintang bintang, ITU SAMA SEKALI SALAH.

Kata korban bakaran belum ada kaitannya dengan tokoh Abram/ Abraham sama sekali sebelum pasal 22.

Justru yang terjadi di pasal 15 adalah: ( ini disediakan Abram setelah menghitung bintang-bintang)

SEEKOR LEMBU BETINA BERUMUR 3 TAHUN

SEEKOR KAMBING BETINA BERUMUR 3 TAHUN

SEEKOR DOMBA JANTAN BERUMUR 3 TAHUN

SEEKOR BURUNG TEKUKUR

SEEKOR BURUNG MERPATI

KORBAN bakaran ada dijelaskan di

Im 1:10
Jikalau persembahannya untuk korban bakaran adalah dari kambing domba, baik dari domba, c maupun dari kambing, d haruslah ia mempersembahkan seekor jantan yang tidak bercela.

kambing atau domba …………..JANTAN, bukan KAMBING BETINA DAN BUKAN DOMBA BETINA

Im 1:14
Jikalau persembahannya kepada TUHAN merupakan korban bakaran dari burung, haruslah ia mempersembahkan korbannya itu dari burung tekukur atau dari anak burung merpati. l

ANAK burung merpati………….. BUKAN MERPATI, tetapi ANAK MERPATI.

Cari di seluruh Alkitab, kata

SEEKOR LEMBU BETINA BERUMUR 3 TAHUN

SEEKOR KAMBING BETINA BERUMUR 3 TAHUN

hanya ada di Kejadian 15 ini saja. Ini sama sekali bukan jenis binatang binatang untuk KORBAN BAKARAN.

Jadi kejadian 15 ini BUKAN KORBAN BAKARAN.

Karena binatang binatang ini DIPOTONG DUA. Ini menggambarkan perjanjian antara Tuhan kepada Abraham, oleh karena itulah terjadi perapian yang berasap beserta suluh yang berapi lewat di antara potongan-potongan daging itu. Itu adalah perjanjian dari pihak Tuhan kepada Abraham.

lebih kacau lagi, binatang yang diperlihatkan di Video hanya 1 domba. Mana ayatnya..??????? INI VIDEO NGAWUR TOTAL.

Kalau mau membahas mempersembahkan ISHAK sebagai Korban bakaran, di pasal 22, ya jangan dikait kaitkan dengan MENGHITUNG BINTANG-BINTANG, itu sangat beda peristiwanya.

Kalau dari aslinya VIDEO sudah kacau, apalagi PETUNJUK JALAN-nya…kacau total.

Cuma gini toh yang anda gadang gadang itu…???

Penyesatan telah masuk ke dalam gereja anak.

kasihan anak-anak. Mereka tidak paham kalau setelah Abram melihat bintang-bintang itu, dia percaya kepada Tuhan.

Tuhan memberi Abraham anak, bukan karena seolah-olah dia telah berjasa memberikan persembahan korban bakaran pada Tuhan.

PENYESAT. Bersiaplah pakai kalung terberat , batu kilangan, atau ambillah kesempatan untuk BERTOBAT.


Ada nyampai ke telinga saya; “Kog dicari cari terus kesalahannya!”

Sekarang pertanyaannya saya balik. “Coba carilah kebenarannya! Kalau anda bisa temukan 60 persen saja, datangi saya, dan saya akan minta maaf pada dunia.”

Ini bukan masalah kepahitan.

Lha saya kepahitan sama siapa ya..???

Kaki kiri saya pernah hampir dipotong gara-gara kepahitan, masa saya akan sodorkan kaki yang kanan?

Itu cuma isapan jempol.

Apa sih yang enggak untuk anak anak Indonesia??


Ada beberapa orang yang sensitif.

Ingat baik-baik, saya ini berdiri atas anak anak Indonesia.

Bukan selingkup kecil sekuku saja.


Ada seorang bapak-bapak yang menceritakan mimpinya pada saya.

Dia bermimpi: dia mengunjungi rumah sakit, eh kaget sekali ketua sekolah minggu dari sebuah gereja, dirawat di rumah sakit itu. Si bapak ini mengenal orang itu dalam mimpinya.

Berjalan lebih jauh di rumah sakit itu…eh ketemu lagi si pendeta A, si pendeta B. si pendeta C…eh mereka semua sedang sakit dan di rawat di rumah sakit itu.

Selidik punya selidik, semua pendeta-pendeta itu dikenali oleh si bapak yang bermimpi itu.

Ternyata di gereja mereka semua diputar kurikulum animasi menyesatkan SxxxxBxxx

Oooohhhhhhhhhhhhhh….pada sakit toh ternyata…!!

“Pantasan!” kata saya pada si bapak pemimpi itu.


Dari sini kita bisa melihat kualitas Guru Sekolah Minggu yang sebenarnya.

Silahkan anda menilai saya. Tetapi juga saya berhak menilai anda.

Sebenarnya Alkitab kita sama nggak sih??

Tapi puji Tuhan , beberapa gereja yang menolak SxxxxBxxx bisa dipastikan Alkitabnya sama dengan saya, berikut mereka bukan guru SM yang sembrono.

Tapi yang menerima dengan sangat mudah SxxxxBxxx , bisa jadi Alkitabnya masih sama, tetapi kalungnya yang beda.

Ada kalung KASIH dan SETIA ( Amsal 3: 3-4)

Tapi ada yang pakai KALUNG BATU KILANGAN.


Bu Grace kog omongannya keras sih??

Lantas kalau menyesatkan anak-anak dengan memutarkan video sesat itu anda anggap lemah lembut ya???

Wih.


2010 lalu saya masih gaptek.

Kalau 2018 ini masih sama gapteknya ya percumalah 8 tahun berkutat dengan internet.

Kalau saya segaptek 2010 lalu, pelurunya cuma sedikit kalieeee


Nggak ada sama sekali penggalian / penekanan karakter Abraham, misalnya TAAT, dll.

Yang ada adalah KELUHAN tokoh utama, mengapa dia ada di waktu yang kurang sesuai dengan mainan barunya.

yang ada adalah KECURIGAAN tokoh tokoh utama, terhadap Tuhan, sehingga mereka harus berlari untuk berupaya ‘menyelamatkan’ Ishak dari ‘pembunuhan’ ayahnya, walaupun mereka sudah tahu apa yang difirmankan Tuhan kepada Abraham.

Anak -anak digiring untuk RAGU RAGU terhadap perintah Tuhan, masa sih Tuhan bilang begitu pada Abraham..???

Yang ada adalah anak anak dibuat kacau dengan peng-gado-gadoan 4 pasal sekaligus dalam satu adegan.

Yang ada adalah anak-anak kehilangan satu kalimat terpenting dalam kisah Abraham, bahwa dia PERCAYA KEPADA TUHAN.

Mana karakter buildingnya?????

Juga tidak ditekankan bagaimana saat kita mendapat ujian.

Apakah ujian iman itu hanya seenteng memberikan mainan mahal pada teman?

Jadi themanya sebenarnya UJIAN atau MURAH HATI sih…???

Nggak jelas.

Nilai empat.

Antara thema dan aplikasi nggak nyambung.


Seburuk ini kualitas kontennya, anda memuja muja modulnya???

Terus terang ya, kalau lihat kulaitas kontennya kayak begini, saya mau baca modulnya aja mual.


Modul dan Videonya aja Tuhan yang kirim dari luar pulau secara ajaib jeh….

Kog kepo aja sih kalian pada !!


Kog memuja muja PETUNJUK JALAN sih..??

Lha kalau VIDEO utamanya yang dibahas aja udah salah kaprah, maka petunjuk jalannya juga topik topik bahasannya aja juga salah.

Saya bingung deh jadinya. Bisakah anda makan nasi kuning basi, walaupun semua lauknya enak?


Kalau anda menyebut diri pakar anak, mestinya anda tahu bahwa anak-anak sangat visual.

Anda berdalih, yang pentingnya kan kata-katanya SAMA DENGAN ALKITAB.

Sama apanya???? Abram belum jadi Abraham aja kog dipanggil Abraham.

Di mana samanya????????

Jadi baik secara VISUAL udah salah, secara AUDIO juga salah, terus apa yang anda pertahankan????

Mainan seperti apa sih yang disukai oleh si tokoh utama dan diberikan kepada temannya yang sakit??

Mainan KEKERASAN, TEMBAK TEMBAKAN.

Apakah itu yang akan anda pertahankan????

Yiek.


Bedanya apa nonton SxxxxBxxx dengan nonton animasi lain yang jelas jelas bukan cerita Alkitab.

Anak-anak langsung tahu, ini bukan cerita Alkitab, jadi mereka langsung tahu bahwa ini mengandung unsur penyembahan berhala, kekerasan, kata-kata yang tidak sopan, okultisme, dll.

Tetapi jika konten utamanya cerita Alkitab, mereka akan TELAN MENTAH-MENTAH, karena yang mereka tahu cerita Alkitab itu baik. Dianggapnya semua yang ada pada VIDEO itu BENAR.

Dia tidak tahu sama sekali , bahwa VIDEO itu sesat.

Apalagi jika gurunya juga tidak tahu.

Lengkaplah sudah.

Saran saya, jika di gereja anda memakai kurikulum SxxxxBxxx lebih baik anda ajak anak-anak ke ibadah raya saja, atau pindah gereja yang pengajaran sekolah minggunya sehat.


Kalau memutuskan sesuatu hanya karena banyak orang yang pakai itu, huadeuwww..

Di zaman Yesus hidup, lebih banyak yang berteriak “Salibkan Dia, salibkan Dia !!” daripada pengikut-pengikutNya yang masih setia.

Jadi hanya karena banyak orang pakai, maka anda memutuskan juga ikut ikutan pakai SxxxxBxxx dalam kurikulum sekolah minggu anda…???

Huiiihhhhh!!

Mayoritas bukanlah jaminan bahwa itu adalah jalannya Tuhan.


KISAH NYATA.

Ada sebuah keluarga, anaknya bener bener rajin diajak nonton SxxxxBxxx yang tayang di TV kabel. Mungkin setiap tayang mereka tidak pernah absen. Darimana saya tahu? Ya dari cerita-cerita mereka dan uploadan kissah-kisah keseruan mereka menonton yang dibeberkan di akun jejaring sosial.

Saya sudah pernah diskusi dengan keluarga ini, sebaiknya jangan ajak anak -anak nonton SB itu. Tetapi pandangan kami berbeda, saya juga tidak bisa memaksakan. Setiap orang tua punya kebijakan masing-masing buat anak -anak yang Tuhan percayakan pada tiap-tiap keluarga tersebut.

Tidak mungkin kalau anak ini suka bolos sekolah minggu, karena kedua papa dan mamanya teolog, dan juga melayani Tuhan.

Jadi kesimpulannya; anak ini rajin ke sekolah minggu. Tetapi di sisi lain juga sangat getol nonton SxxxxBxxx yang tayang di TV kabel. Pada waktu itu SxxxxBxxx belum diprogram menjadi kurikulum Sekolah Minggu, baru tayang TV saja.

Ketika anak ini beranjak remaja, di suatu titik perkembangannya dia pernah memutuskan untuk selama lebih kurang 4 bulan tidak mau ke gereja.

Saya tidak tahu apa yang menjadi penyebab anak ini bisa seperti ini. Apakah ini terkait atau tidak.

Tetapi yang saya tahu, asupan Firman Tuhan di sekolah minggu nggak kurang-kurangnya buat dia bisa dapatkan selama ini. Tetapi tayangan yang membingungkan dari SB juga terus dikonsumsi oleh anak ini. Generasi yang coba dicetak oleh kurikulum SB adalah generasi bingung.

Sedih juga mendengar berita-berita seperti ini.

Duka mendalam. Karena ini kisah nyata. Tidak perlu anda kepo ya…hanya saya yang tahu siapa mereka.

Bagaimana nanti dengan generasi yang sedari sekarang dijejali dengan kurikulum SB..??

Wau saya tidak berani ber Spekulasi.

Mengapa? Karena generasi itu sangat berharga, mereka bukan pantas dijadikan sebagai sasaran uji coba.

Kalau sudah tahu tidak Alkitabiah, sudah tahu teksnya tidak sama dengan Alkitab, sudah tahu itu akan membuat anak anak bingung, sudah tahu itu adalah dengan tujuan bisnis semata ( walau dibungkus dengan kata gratis) …

Buat apa dipertahankan?

Generasi yang Tuhan taruh pada genggaman tangan kita, adalah generasi yang layak untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari kita, salah satu caranya adalah, dengan memilih kurikulum dengan se selektif mungkin. Bukan main asal comot, bukan main asal ikut trend, bukan main ‘buta-butaan’.


Siapa pun penulisnya , asal itu bagus untuk anak nggak masalah.

Itu komentar salah satu penggiat anak Indonesia.

Lalu komentar saya; Di mana tanggung jawab anda sebagai seorang guru??

Hal pengajaran yang sesat
7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu 5 w yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala x yang buas. 7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka 6 . y Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? z 7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. 7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. a 7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. b 7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Siapa bilang SB baik untuk anak-anak…???

Itu kan pendapat anda sendiri.


Mrk 9:42

“Barangsiapa menyesatkan u salah satu dari anak-anak kecil 1 yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya v lalu ia dibuang ke dalam laut.

cuma menyesatkan SALAH SATU dari anak-anak kecil yang percaya ini……..aja……hukumannya BATU KILANGAN.

Apalagi banyak anak…..Huadeuw…

Pilihlah kurikulum yang pengajarannya sehat.

#untukanakanakindonesia


1Tim 6:10

Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. e Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman f dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. g

Menyimpang dari iman, artinya dulu beriman, sekarang tidak, karena memburu uang.

Bahaya sekali bila kita berjumpa dengan yang berkedok iman, padahal memburu uang.

Maka produknya juga hanyalah sebatas perburuan uang, bukan iman yang murni.

Pikirkan baik-baik, sebuah produk kurikulum Sekolah Minggu yang anda pakai itu imannya masih murni atau sudah berbumbu bisnis perburuan uang?

Bisnis yang wajar adalah; mengembalikan ongkos cetak, kemudian mengambil keuntungan yang wajar.

Perburuan uang adalah; menghalalkan segala cara. Apapun ditempuh demi sebuah nilai uang.

Gereja kecil di kota saya, jemaat anak-anaknya tidak sampai 10 anak, jug dimintai sumbangan untuk gereja kecil.

Jadi kategori gereja kecil itu yang bagaimana???

Pada akhirnya semua modul dan video yang ada di tangan anda itu tidak ada yang gratis.

Hanya diistilahkan ‘gratis’ tetapi dimintai sumbangan untuk gereja kecil.

Itu juga artinya sama saja.

Anda masih pakai kurikulum SB ya…??

Tidak ada makan siang yang gratis.

#untukanakanakindonesia


Walimurid SB dihimbau untuk membantu anak dengan cara menjelaskan sesuai isi Alkitabnya.

Nah lho..!! Yang ada hanya kontradiksi, lalu bagaimana cara menjelaskannya…???

Nah lho !!!


Hal pengajaran yang sesat
7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu 5 w yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala x yang buas. 7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka 6 . y Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? z 7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. 7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. a 7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. b 7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! c akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, d melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku 7 yang di sorga. e 7:22 Pada hari terakhir f banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan 8 , bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat g demi nama-Mu juga? 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu 9 ! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan! h “


Kebanyakan gereja -gereja protestan, justru tahu betul kalau SB itu nggak Alkitabiah.

Mereka nggak mudah terjebak.

Memang keren.


Dalam satu tahun aja deh, nggak usah lama-lama. Gereja yang ngotot pakai SB dan gereja yang tetap mau pakai materi yang sehat, lalu mengembangkan kreatifitas guru, mengajak anak tahu Firman Tuhan yang benar, bukan yang menyesatkan…

Hasilnya; BISA DIPERBANDINGKAN.

Jadi yang tetap ngotot pakai SB, akan gigit jari dan menyesal.


Lho kan ada banyak pilihan buku kurikulum…

Kenapa milih yang nggak Alkitabiah. SATU.

Milih yang ribet ada tatap mukanya segala, buang banyak waktu. DUA.

Milih yang harus bikin laporan, photo, dll. RIBET DOT KOM. TIGA.

Berbungkus kata gratis, tetapi pada akhirnya semua orang juga tetap bayar. HUIH. EMPAT.

Nama penulis pada modul dan Video tidak tercantum, itu artinya tidak ada yang bertanggung jawab terhadap isinya. LIMA.

Mendingan, BELI KURIKULUM YANG SEHAT.

Pakai waktu untuk persiapan mengajar. Atau bikin kelas persiapan di gereja lokal.

Daripada bikin laporanlah, photolah….huih ribetnya, mendingan waktunya ini dipakai untuk persiapan materi, membuat peraga, memikirkan ide kreatifitas. Guru jadi berkembang dan kagak malas.

Uangnya yang untuk nyumbang gereja kecil, mendingan dikumpulkan, kalau udah banyak belikan bangku atau keyboard buat gereja desa/ gereja kecil.

Udah deh…buang tuh gengsi di kotak sampah.


Suluh Sekolah Minggu juga kini menerbitkan kurikulum sekolah minggu yang berbasis karakter

http://www.binawargagki.org/publish…/category/Sekolah-Minggu

Ngapain juga pakai Modul SB dan Video SB yang tokoh tokohnya nggak jelas. Nama penulisnya nggak ada di buku dan Video. Nah siapa yang tanggung jawab terhadap isinya..??

Pakai kurikulum tuh yang jelas donk.

Kaya Binawarga ini bagus, terbitan GKI.


Kurikulum Gandum Mas juga bagus. Lengkap PL dan PB.

Dan ide ide kreatifitasnya juga bagus dan banyak tinggal dipilih atau mau dipraktekkan semua juga oke.

 

Andalan

MINGGU XXXIV MERANGSANG PERTUMBUHAN ANAK ANDA KELAK


CARA MENUMBUHKEMBANGKAN

MULTIPLE INTELLIGENCES

Memaksimalkan Potensi Kecerdasan Anda dan Keluarga Anda Bagi Kemuliaan Tuhan

(Susan Grace Widiono, S.MG)

TUHAN YESUS SANGAT MENGHARGAI ANAK-ANAK

DAN MELIHAT POTENSI DALAM DIRI MEREKA

Tuhan Yesus mengajarkan agar kita tidak menganggap rendah anak-anak

  • (Mat 18:14). Dia tidak pernah meremehkan 5 roti dan 2 ikan dari seorang anak kecil
  • Luk 9;48, Karena yang terkecil di antar kamu sekalian, dialah yang terbesar

Lanjutkan membaca “MINGGU XXXIV MERANGSANG PERTUMBUHAN ANAK ANDA KELAK”

Andalan

MINGGU XXXII PERTOLONGAN TUHAN SEJAK DALAM KANDUNGAN


MINGGU XXXII

PERTOLONGAN TUHAN SEJAK DALAM KANDUNGAN

Yesaya 44: 2

Beginilah Firman Tuhan yang menjadikan engkau, yang membentuk engkau sejak dari kandungan, dan yang menolong engkau.

Pertolongan Tuhan telah terjadi sejak dalam kandungan. Adalah penting untuk mendoakan agar janin dihindarkan dari keguguran, penyakit yang mematikan, virus yang jahat, dll

Mematahkan kutuk keturunan

Menyangkal vonis dokter

Kunci bebas dari kutuk.

Doa seorang AYAH dan IBU

 

Sesi doa; Pembicara mendoakan pasangan dan kandungan, agar janji Tuhan di Yesaya 44:2 dapat digenapi.

Andalan

MINGGU XIX MANFAAT KELAS BAYI DI SEKOLAH MINGGU BAGI BAYI ANDA KELAK


MINGGU XIX

MANFAAT KELAS BAYI DI SEKOLAH MINGGU BAGI BAYI ANDA

( Usia 0-18 bulan)

Mengapa janin saya kelak setelah lahir akan saya ikutkan kelas bayi di sekolah minggu?

Banyak orang berpikir, bahwa anak bayi tidak mengerti apa-apa, anak bayi Cuma bisa menangis, mengompol, minum susu, tidur dan tidur lagi.

Lanjutkan membaca “MINGGU XIX MANFAAT KELAS BAYI DI SEKOLAH MINGGU BAGI BAYI ANDA KELAK”

Andalan

MINGGU XXX MENGEMBALIKAN PERAN AYAH DAN IBU KEPADA FUNGSINYA SEMULA


MINGGU XXX

MENGEMBALIKAN PERAN AYAH DAN PERAN IBU

KEPADA POSISINYA YANG SEMULA DAN KEPADA PORSINYA

SETURUT APA KATA ALKITAB

Disusun dengan anugrah Tuhan oleh Grace Sumilat S.MG

Lanjutkan membaca “MINGGU XXX MENGEMBALIKAN PERAN AYAH DAN IBU KEPADA FUNGSINYA SEMULA”

Andalan

MINGGU XXVI GAYA BAHASA AYAH DAN BUNDA PADA ANANDA DALAM KANDUNGAN


MINGGU XXVI

GAYA BAHASA AYAH DAN BUNDA

PADA ANANDA DALAM KANDUNGAN

Ditulis dengan anugrah Tuhan oleh Grace Sumilat S.MG

http://www.jeniuscaraalkitab.com

 

Gaya bahasa kita sehari-hari tak lain dan tak bukan banyak dipengaruhi oleh beberapa hal:

Lanjutkan membaca “MINGGU XXVI GAYA BAHASA AYAH DAN BUNDA PADA ANANDA DALAM KANDUNGAN”

Andalan

MINGGU XXXV. TIPS UNTUK IBU HAMIL


Inilah beberapa tips untuk ibu hamil:

1. Bacalah Alkitab secara bersuara, agar janin anda ikut mendengarkan
2. putarkan musik rohani dalam berbagai jenis musik ,serta musik klasik untuk memberi rangsangan pada janin anda
3. Beri belaian pada perut anda

Lanjutkan membaca “MINGGU XXXV. TIPS UNTUK IBU HAMIL”