AKU ISTIMEWA; BAHAN SAAT TEDUH PAGI PERTAMA SIL THE HOLY GENERATION


Disusun oleh Grace Sumilat dan Rosyanthi F. Bambarehi

Ide dari Khotbah Bpk Pdt Petrus Agung; Akibat Dosa Perzinahan.

Saat Teduh 28 Juni 2016

Saat Teduh 28 Juni 2016

AKU ISTIMEWA

 

Sebuah surat kabar menuliskan kisah tentang dua pasang remaja yang kedapatan oleh masyarakat dan polisi, sedang tinggal bersama dalam satu kost (rumah yang disewakan) padahal mereka bukanlah pasangan suami dan istri.

Saat kedapatan, Si Bono (bukan nama asli) salah seorang dari mereka, langsung melarikan diri lewat pintu belakang. Sementara ketiga temannya;  Aldi, Vivi dan Diana (bukan nama asli) hny bisa terdiam kaget di dalam kamar kost tersebut.

Setelah diselidiki, ternyata Aldi dan Vivi memang tinggal bersama. Sedangkan Diana, baru pertama kali bertemu dgn Aldi dan Vivi. Diana dibawa oleh Bono yg adalah teman laki-laki yang baru dikenalnya di media sosial (Facebook). Kepada polisi, Diana mengaku bahwa pertemuannya dengan Bono adalah yang pertama kali setelah sering berjumpa di dunia maya (facebook). Keinginan mengenal lebih jauh membuat Diana rela bertemu dengan Bono yang lari saat didapat oleh polisi. Diana Bahkan mengaku bahwa mereka telah melakukan hal-hal yg seharusnya hanya boleh dilakukan oleh pasangan suami istri.

 

Teman-teman, kisah di atas tentu sangat memalukan dan menyedihkan hati orang tua, keluarga, terlebih hati Tuhan. Bukan hanya krn ketahuan oleh orang banyak, termasuk polisi hingga msk dlm catatan surat kabar. Tp yg lebih memalukan dan menyedihkan adalah ketika kita ingat bahwa Allah menciptakan kita begitu istimewa dan menyiapkan berkat istimewa pula bagi kita ciptaan-Nya.

 

Setelah membaca Firman Tuhan dalam Mejadian 1:27-28, kita tau bagaimana Allah menciptakan kita dan apa tujuan-Nya.

 

  1. Saya (sebutkan namamu) diciptakan sangat istimewa.

Kejadian 1: 27. “Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia, laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.’

Apanya yang istimewa?

√ Saya diciptakan menurut gambar Allah (sempurna). Memiliki sifat2 Allah yang sempurna (kudus, kasih, adil, murah hati, dll).

√ Tuhan Allah hanya menciptakan laki-laki dan perempuan, tdk ada banci. Saya laki-laki dan saya perempuan diciptakan Allah menurut gambar-Nya yg sempurna.

Jika demikian, Sy harus bersyukur karena sy ini berharga di mata Tuhan, hingga Ia harus ciptakn sy segambar dgn-Nya.

Jadi, jika sy diciptakan sbg laki-laki, maka sy harus menjadi laki2 sempurna, yang hidup dlm kekudusan, kasih, keadilan, kemurahan hati, dll. Demikian jg jika sy diciptakan sbg perempuan,  sy harus menjadi perempuan yang hidup kudus, dan memiliki sifat2 Allah yg lain. Krna pasti Allah punya Tujuan menciptakan sy sbg laki-laki maupun perempuan.

 

 

  1. Saya (sebutkan namamu) diciptakan untuk tujuan yang besar.

 

Kejadian 1:28  Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

 

√ Tuhan memiliki urutan, aturan, hukum yang tidak boleh dilanggar dan tidak boleh dibolak-balik urutannya.

Inilah tujuan Allah menciptakan  laki-laki dan perempuan. Lengkap dengan urutan dan tujuan-Nya:

  1. Manusia diciptakan sesuai gambar Allah (ayt.27). Laki-laki dan perempuan istimewa.
  2. Allah memberkati mereka.

Laki2 dan perempuan yang Allah ciptakan diberkati oleh Allah dalam pernikahan yang kudus.

  1. Allah memberi perintah utk beranak cucu dan bertambah banyak; ….

Setelah laki-laki dan perempuan diberkati, barulah ada perintah Allah untuk beranak cucu. Laki2 dan perempuan berhubungan sbg suami istri, lalu perempuan mengandung dan mereka memiliki anak.

Urutannya tdk bisa di balik. Tinggal serumah dulu, hidup seperti suami dan istri dulu sprt kisah diatas, hamil dulu baru nanti diberkati dalam pernikahan. TIDAK BISA.

Allah punya Tujuan atas kehidupan Keluarga (papa, mama, anak),. Sehingga laki2 dan perempuan harus menerima b

erkat lebih dulu. Kalau tidak, keluarga tidak akan sanggup melaksanakan tujuannya.

  1. Tujuannya adalah utk memenuhi bumi dgn laki2 & perempuan yg segambar dgn Allah, menaklukan bumi yg dikuasai oleh iblis dan berkuasa atas segala sesuatu yg ada di bumi ini. Laki-laki & perempuaan yg tidak hidup kudus tetapi melanggar aturan dan urutan Allah, yg tidak diberkati lebih dulu oleh Allah, tidak akan dapat malaksanakan tujuan Allah menciptakannya. Tidak menerima berkat tetapi kutuk, kesulitan dan malapetaka ( baca: Amsal 5: 1-14). Bahkan tidak mendapat bagian dalam kerajaan Allah (baca: Galatia 5:19-20).

 

Teman-teman, kamu berharga dan istimewa dimata Tuhan. Kamu diciptakan segambar dgn Allah, untuk menerima berkat yang istimewa. Tuhan pasti sangat sedih bila kita ciptaan-Nya, melanggar aturan yang telah dibuat oleh Tuhan, dan menyimpang dari tujuan-Nya menciptakan kita.

Jadilah laki-laki & perempuan istimewa yg hidup dalam kekudusan.

 

 

Pertanyaan untuk direnungkan:

  1. Sebagai seorang laki-laki atau perempuan, pernahkah kamu merasa tidak suka/tidak menerima keadaanmu itu atau kekuranganmu yang lain secara fisik? Maukah kamu saat ini bersyukur atas apa yang telah Tuhan ciptakan?
  2. Pernahkah kamu mengalami atau mengetahui tentang orang laki-laki dan perempuan yang belum diberkati Tuhan dalam penikahan namun sudah tinggal serumah (seperti kisah sebelumnya), bahkan memiliki anak?
  3. Maukah kamu berkomitmen untuk menjadi laki-laki atau perempuan yang kudus seperti Allah dan mengikuti aturan, urutan serta tujuan Allah dalam hidupmu, menjaga kekudusanmu dalam pergaulanmu? Hingga nanti kamu dipersatukan oleh Allah dalam pernikahan kudus.

 

JBU.

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

1 thought on “AKU ISTIMEWA; BAHAN SAAT TEDUH PAGI PERTAMA SIL THE HOLY GENERATION”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s