130. MATERI KKR NATAL ANAK 2021; NIKODEMUS


THE POWER OF LOVE

Natal PELNAP GPdI Agape Lawang

19 Desember 2021

Ditulis dengan anugerah Tuhan oleh Grace Sumilat S.MG

Ayat Thema; Yohanes 3:16

BACAAN GURU

Bacaan Guru; Yohanes 1: 1-21

Ada seseorang bernama Nikodemus

Arti nama Nikodemus dari bahasa Yunani

Nikos = menang, kemenangan

Demos= rakyat, kumpulan orang, sidang rakyat

Nikodemus =

Nikodemus adalah seorang Farisi, dan dia juga adalah seorang pemimpin agama Yahudi ( yaitu dia adalah anggota Sanhedrin)

Orang-orang Farisi pada waktu itu, adalah sekumpulan orang yang memelihara hukum taurat, tetapi Yesus banyak menegur mereka ( Matius 23) karena mereka

Tentunya Nikodemus ini sebagai orang Farisi, dia juga memelihara hukum taurat.

Mahkamah Agama/ Sanhedrin:

Syarat keanggotaannya: ( sumber: jurnal.unai.edu)

Oleh karena itulah , bila Nikodemus termasuk dalam pemimpin agama Yahudi, bisa dipastikan Nikodemus itu berpendidikan tinggi, kaya, berkuasa, dan dihormati.

Pada suatu malam Nikodemus datang kepada Yesus.

Kedatangan Nikodemus kepada Yesus, dan memanggil Yesus “Rabi,…” menunjukkan bahwa Nikodemus seseorang yang tidak sombong, berusaha mencari kebenaran, suka menyelidiki, dan orang yang berpikiran terbuka.

Mengapa Nikodemus datang di waktu malam?

Nikodemus memanggil Yesus dengan sebutan “Rabi…”

Menunjukkan bahwa Nikodemus menghormati Yesus, mengakui bahwa Yesus adalah pengajar, dan memiliki kredibilitas untuk disebut sebagai Rabi. Notabene sebagai seorang farisi  dan pemimpin agama Yahudi, Nikodemus mengakui ke-Rabi-an Yesus.

Namun di sisi lain, Nikodemus membatasi pengakuannya akan Yesus sebagai tidak lebih dari seorang guru yang diutus Allah- belaka, dia belum sampai kepada ranah menyatakan Yesus sebagai Mesias- yang menjadi keselamatan/ kelepasan bagi umat-Nya

Penggunaan kata ‘kami’ , “Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah..” merujuk bahwa Nikodemus mengatasnamakan pengakuan dari dirinya dan juga tidak sedikit dari orang-orang Farisi yang mengakui hal yang sama, tentang Yesus.

Pengakuan Nikodemus ini didasarkan pada tanda-tanda mujizat yang Yesus adakan, yang rupanya telah menjadi perhatian Nikodemus selama ini termasuk juga pada pengajaran-Nya. Mungkin saja beberapa mujizat yang terjadi pada saat itu adalah:

“Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.”

Tuhan Yesus menjawab dengan jawaban yang seolah-olah tidak ada hubungannya dengan pernyataan Nikodemus.

Pernyatan Nikodemus intisarinya adalah sebuah pengakuan, atau mungkin juga berisi kekaguman, atau mungkin juga berisi pernyataan betapa istimewanya Yesus, karena Yesus datang ( dilahirkan) sebagai Rabi yang disertai tanda-tanda mujizat, tidak seperti ahli-ahli taurat ( termasuk Nikodemus sendiri) yang pengajarannya tidak disertai kuasa ( Matius 7:29)

Tetapi jawaban Yesus intisarinya adalah bagaimana caranya masuk ke dalam Kerajaan Allah, walaupun hal ini tidak ditanyakan oleh Nikodemus.

Rhema yang kita dapatkan di sini adalah:

Sekarang mari kita bahas konsep keselamatan ‘ala Nikodemus’ si orang Farisi dan pemimpin agama Yahudi, dan bagaimana pemaparan Yesus kepada Nikodemus:

Perkembangan Nikodemus berikutnya

Nikodemus membela Yesus di hadapan dewan Sanhedrin Yohanes 7;50-53

Hal itu terjadi ketika penjaga-penjaga bait Allah diperintahkan oleh orang-orang Farisi untuk menangkap Yesus, namun tidak berhasil ( Yoh 7:32, 45-46)

Tentunya ini membutuhkan keberanian yang besar, sehingga perkataan Nikodemus mampu membuat mereka bubar.

Nikodemus ikut menguburkan Yesus Yohanes 19:39 dan membawa campuran minyak mur dan minyak gaharu kira-kira 50 kati beratnya = 100 poun = lebih kurang 33 Kg, yaitu sekelas pemakaman kerajaan, yang begitu mahal.

Nikodemus melayani Tuhan dengan kekayaannya, untuk mengurusi mayat Yesus. Dia dan Yusuf dari Arimatea menguburkan mayat Yesus.

APAKAH NIKODEMUS ADALAH MURID YESUS?

Nama Nikodemus dicatat di seluruh Alkitab 5 kali , dan semuanya dicatat di kitab Yohanes.

Bebeda dengan Yusuf dari Arimatea yang sama-sama anggota Sanhedrin, 2 kali dicatat sebagai murid Yesus (Matius 27:57, Yohanes 19:38), dan 2 kali dicatat sebagai orang yang menanti-nantikan kerajaan Allah (Markus 15:43, Lukas 23:51)

Sedangkan Nikodemus tidak pernah diberi keterangan sebagai murid Yesus, dan tidak pernah dicatat sebagai pribadi yang menanti-nantikan Allah.

Oleh karena itu kita tidak tahu apakah Nikodemus memutuskan menjadi murid Yesus atau tidak setelah berjumpa Yesus, membela Yesus, dan menguburkan Yesus.

MATERI ANAK

  • Mengawali pemberitaan Firman Tuhan, maka anak-anak diajak bernyanyi Theme Song Kupunya Yesus, yang sebelum hari H, telah dibagikan link YouTubenya agar anak-anak dapat mendengarkan dulu di rumah, sehingga para hari H anak-anak tidak sama sekali asing dengan lagu tersebut.

KUPUNYA YESUS

Composers: Rayner Jeremi Tomasoa, Hengly Sukandra

Arranger: Rayner Jeremi Tomasoa

Vocalist: Rayner Jeremi Tomasoa

Kupunya Yesus, Sang Penebus

S’gala dosaku t’lah dihapus

Ku dijadikan ciptaan baru

Ku diampuni, dis’lamatkan

Dan hidupku pun dipulihkan

Kini kuhidup, hidup bagi Dia

O.. Oo o..

Kudatang kepada Tuhan Yesus

O.. Oo o..

Kuserahkan seluruh hidupku

Kasih Yesus sungguh sempurna

Ku diangkat menjadi anak-Nya

Oh, Haleluya!

Kasih Yesus s’lalu menjaga

Jadikanku kesayangan-Nya

Oh, Haleluya!

Ku punya Yesus Dia sang Penebus

Sgla dosaku t’lah dihapuskan

Ku dijadikan ciptaan baru

Kini ku hidup hanya bagi Dia

Judul Video GMS Live Kidz – Kupunya Yesus (Official Music Video)

Nama Channel ; GMS Live

PERSIAPAN PERAGA : GELAS BERPUTAR

Tiap anak akan memegang peraga yang sama dengan peraga pembicara, sehingga mereka akan mengikuti arahan pembicara selama firman Tuhan diberitakan.

Judul Video: Ide Kreatif Melody Harvest

Nama Channel; Jenius Cara Alkitab

Gambar wajah ; Wajah Nikodemus

Gambar ekspresi bibir:

  1. Bibir Serius
  2. Bibir Tersenyum
  3. Bibir Bangga
  4. Bibir Heran
  5. Bibir Ooooooooo ( mengerti)
  6. Bibir Tertawa
  • Cara pertama; bila waktu yang tersedia berlimpah, anak-anak bisa kita siapkan gelasnya dan sepidolnya lalu kita ajak membuat di awal
    • Cara ke dua; peraga sudah disiapkan oleh pembicara bila waktu yang tersedia terbatas, sehingga mereka tinggal pakai saja/ siap pakai.

MY STORY

Siapa di sini yang dapat menyebutkan kapan dia dilahirkan, tanggal berapa, hari apa, jam berapa, di mana, dan siapa nama lengkap ayah dan ibunya. ( pembicara siapkan hadiah langsung buat anak yang jawaban paling akurat)

BRIDGE TO STORY

Apakah kalian tahu bahwa semua ibu yang melahirkan pasti mengeluarkan air dan darah ketika dia melahirkan anaknya??

BIBLE STORY

Yok kita membaca Alkitab dari Yohanes 3:1-7 yang juga ada pada video ini:

Judul Video; Percakapan dengan Nikodemus

Nama Channel; DS Animasi Rohani

Play Video : Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi. (pause)

Apa itu seorang farisi? Orang  Farisi adalah orang yang sangat mempelajari hukum Taurat dan mereka sangat memperhatikan dengan sangat teliti, bagaimana melakukan hukum Taurat itu . Hukum Taurat itu apa? Hukum Taurat itu banyak sekali, diantaranya adalah 10 perintah Allah:

Ada pada lagu berikut ini:

judul video ; LAGU SEKOLAH MINGGU- 10 PERINTAH TUHAN ( lagu dan chord)

Nama Channel ; DW CHANNEL

Apa itu pemimpin agama Yahudi? Pemimpin Agama Yahudi adalah orang-orang yang dipilih untuk menjadi pemimpin dari orang-orang Israel yang menganut agama Yahudi. Tidak semua orang bisa menjadi pemimpin agama Yahudi, hanya orang yang sehat, kira-kira berumur 50 tahun, jadi tidak boleh terlalu tua atau terlalu muda, harus tinggi, tampan, kaya, lulusan sekolah sampai tingkat yang tinggi, ahli taurat dan mengerti ilmu pengetahuan lainnya, pandai beberapa bahasa, harus orang Israel, harus sudah pernah jadi hakim di daerahnya sendiri.

Jadi Nikodemus ini adalah seorang yang pandai hukum Taurat, juga dia sekolah sampai tingkat yang tinggi, kaya, berkuasa dan dihormati.  ( kita pilih bentuk bibir pada GELAS BERPUTAR ; BIBIR SERIUS)

Play Video : Ia datang pada waktu malam kepada Yesus ( pause)

Walaupun Nikodemus adalah seorang yang pandai dan terhormat, Nikodemus seseorang yang tidak sombong, berusaha mencari kebenaran, suka menyelidiki, dan orang yang berpikiran terbuka. Dia mau datang kepada Yesus dengan ramah.

( kita pilih bentuk bibir PADA GELAS BERPUTAR; BIBIR SENYUM)

Play Video : dan berkata: “Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.” ( pause)

Ternyata, selama ini Nikodemus telah memperhatikan Yesus, bahwa Yesus selama ini sudah membuat banyak mujizat, Yesus pernah mengubah air menjadi anggur di Kana, pada saat itu ada pernikahan dan di pernikahan itu mereka kehabisan anggur, lalu Yesus mengubah air yang ada di 6 tempayan menjadi anggur yang manis. Juga mujizat-mujizat lainnya mungkin Nikodemus sudah mendengar bahwa Yesus adalah dahsyat. Nikodemus juga tahu bahwa Yesus sering mengajar, dan pengajaran Yesus itu benar. Pada saat itu orang yang mengajar seperti Yesus dan Nikodemus dipanggil “Rabi.” Jadi baik Yesus maupun Nikodemus sama-sama adalah seorang rabi. ( kita pilih bentuk bibir PADA GELAS BERPUTAR ; SERIUS)

Tetapi Nikodemus tidak tahu bahwa Yesus bukan hanya Seorang Rabi/ Guru yang diutus oleh Allah, tetapi Yesus juga adalah Juruselamat/ Mesias, yang telah diberitakan oleh nabi-nabi pada zaman dulu, seperti misalnya nabi Yesaya, Yeremia, Mikha, dll.

Oleh karena itulah Yesus menjawab Nikodemus:

Play Video : Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” ( pause)

Bagi Nikodemus, dia sangat bangga dengan kelahirannya, karena dia lahir sebagai keturunan Abraham, dia adalah bangsa Israel, dan orang Ibrani asli, sejak dia masih bayi berumur 8 hari, dia sudah disunat, sesuai aturan hukum taurat, dia juga sekolah hukum taurat sampai di tingkat yang tinggi, dia juga melakukan hukum taurat dengana teliti sekali sampai disebut sebagai seorang farisi. Jadi bagi Nikodemus kelahirannya sangat membanggakan, karena dilahirkan menjadi orang Israel berarti menjadi umat pilihan Allah, karena bangsa Israel itu spesial di mata Tuhan, karena mereka adalah anak cucu keturunan Abraham. ( kita pilih bentuk bibir PADA GELAS BERPUTAR ; BANGGA)

Jadi Nikodemus bingung, …..apa itu yang dimaksudkan dilahirkan kembali? Apa maksud Yesus? Apakah dia harus kembali ke rahim/ perut ibunya lagi? Lalu lahir lagi jadi bayi, “Oeeeekkkk oeeeekkkkk…” ??

( kita pilih bentuk bibir PADA GELAS BERPUTAR ; HERAN)

Play Video : Kata Nikodemus kepada-Nya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?” (pause)

( kita pilih bentuk bibir PADA GELAS BERPUTAR ; HERAN putar lagi sampai bertemu lagi dengan bentuk bibir HERAN)

Play Video : Jawab Yesus : “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu; Kamu harus dilahirkan kembali.” ( pause)

Ohhh ternyata Tuhan Yesus tidak menjelaskan tentang kelahiran bayi dari rahim ibu, seperti waktu kita dulu lahir ke dunia “Oeeeek Oeeekkkkk!” BUKAN !! Karena waktu kita dulu lahir jadi bayi, itu adalah kelahiran daging.  Tetapi Yesus berbicara tentang LAHIR BARU.

Apa lahir baru itu? Lahir baru adalah roh kita yang dilahirkan, bukan tubuh kita.

( kita pilih bentuk bibir PADA GELAS BERPUTAR ; OOOOOOO   ( mengerti)

Bagaimana caranya LAHIR BARU? 

Ternyata waktu Tuhan Yesus disalibkan, waktunya sudah dekat hari Sabat. Pada hari Sabat, mereka tidak ingin ada mayat-mayat tergantung di salib. Maka agar orang yang disalibkan cepat mati, mereka mematahkan kaki orang yang disalibkan itu, karena dengan cara itu orang yang disalibkan akan mengalami sesak nafas dan mati. Penjahat yang disalibkan bersama dengan Yesus, di kiri dan kanan-Nya, dipatahkan kakinya, tetapi waktu mereka mau mematahkan kaki Yesus, ternyata Yesus sudah mati. Jadi mereka tidak mematahkan kaki Yesus. Tetapi lambung Yesus ditombak, dan pada saat itu keluarlah dari lambung Yesus; darah dan air

Waktu dari lambung Yesus keluar darah dan air , itu menggambarkan bahwa kematian Yesus di kayu salib, membuat kita dilahirkan Yesus ( dengan darah dan air, seperti juga semua ibu yang melahirkan itu mengeluarkan darah dan air pada saat melahirkan) , sehingga kita menjadi anak-anak-Nya. Kita LAHIR BARU secara roh.

Dilahirkan dari air = kita datang kepada Yesus, lalu meminta Yesus untuk menguduskan hidup dan hati kita yang penuh dengan dosa, waktu Tuhan Yesus menguduskan hati kita yang kotor oleh dosa, itu seperti orang yang mandi dengan AIR sehingga menjadi bersih kembali.

Dilahirkan dari Roh = kita dikuduskan oleh Roh Kudus, ketika Roh Kudus menguduskan hidup kita itu sama saja dengan kita menerima percikan darah Yesus ( I Petrus 1:2)

I Yohanes 5:6 Ternyata Tuhan Yesus telah datang dengan air dan darah. Saat kita datang pada Tuhan Yesus meminta Yesus menyucikan hati kita, saat itulah kita diselamatkan, dan diangkat menjadi anak-anak-Nya. (Efesus 1:5)

Horeeeeeeeeeeeee!! Setelah kita LAHIR BARU, kita jadi anak-anak-Nya Tuhan Yesus, dan kita juga dapat masuk ke KERAJAAN ALLAH !!

( kita pilih bentuk bibir PADA GELAS BERPUTAR ; TERTAWA)

Pada saat berbicara dengan Nikodemus inilah; Tuhan Yesus menjelaskan kepada Nikodemus bagaimana kita bisa LAHIR BARU dan Yesus mengucapkan firman-Nya yang merupakan ayat paling terkenal di seluruh dunia:



Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,

sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal,

supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya,

tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

(lomba puzzle ayat kelompok, setelah itu baca bersama-sama. Ada hadiahnya lho ya)

PERKATAKAN AYAT EMAS

( sediakan hadiah buat yang paling semangat/ berani maju ke depan)  

Yohanes 3:7

Kamu harus dilahirkan kembali

Yohanes 3:7

Kesimpulan:

Saat Yesus berkata kepada Nikodemus ; Kamu harus dilahirkan kembali ! Itu karena Tuhan Yesus mengasihi Nikodemus. Tuhan Yesus ingin sekali Nikodemus masuk ke dalam Kerajaan Allah, diselamatkan, masuk surga.

Selama ini Nikodemus sebagai orang Farisi, mengira kalau dia pasti selamat karena dia adalah anak cucu keturunan Abraham, dia adalah umat pilihan Allah, umat perjanjian, dia merasa dia pasti selamat karena dia sudah disunat waktu masih bayi berumur 8 hari, dia merasa dengan berusaha seteliti mungkin melakukan hukum taurat, dia pasti sudah diselamatkan. Dia berusaha sekuat tenaga, agar melakukan kebaikan, agar jangan sampai lalai melakukan hukum taurat.

Ternyata itu semua tidak dapat menyelamatkan dia.

Semua perbuatan baik kita tidak dapat menyelematkan kita.

Ternyata Nikodemus dan kita semua hanya bisa diselamatkan karena BEGITU BESAR KASIH ALLAH yang telah mengaruniakan YESUS, sehingga kalau kita percaya kepada Yesus, kita tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Semua perbuatan baik kita tidak dapat menyelamatkan kita.

Setelah kita percaya pada Yesus, meminta Yesus menyucikan hidup kita malalui air dan darah-Nya, kita diangkat menjadi anak-anak-Nya, maka Tuhan ingin kita berbuah-buah, salah satu buah hidup kita KARENA SUDAH DISELAMATKAN adalah dengan berbuat baik, karena kita mengasihi Tuhan ( tetapi bukan sebagai syarat SUPAYA DISELAMATKAN, melainkan SEBAGAI UCAPAN SYUKUR KARENA KITA SUDAH DISELAMATKAN

Alkitab tidak menceritakan lebih lanjut apakah Nikodemus pada akhirnya LAHIR BARU atau tidak,

tetapi Alkitab menuliskan pada saat pemimpin agama Yahudi dan orang farisi lainnya ingin menangkap Yesus, Nikodemus membela Yesus, dan pada saat Yesus mati, Nikodemus ikut menguburkan mayat Yesus dengan membawa campuran minyak mur dan minyak gaharu kira-kira 50 kati beratnya = 100 poun = lebih kurang 33 Kg, yaitu sekelas pemakaman kerajaan, yang begitu mahal.

DOA TANTANGAN TERIMA YESUS SEBAGAI JURU SELAMAT DUNIA

Satu pemikiran pada “130. MATERI KKR NATAL ANAK 2021; NIKODEMUS

Tinggalkan komentar