ALASAN MENGAPA HARUS ADA KELAS JANIN

Mari rintis kelas janin di gereja saudara, karna pendidikan pra natal sangat mempengaruhi generasi ini ke depannya nanti. Selamat merintis !!


Mengapa harus ada Kelas Janin/ Kelas Pra Natal di Sekolah Minggu Anda ?

  1. Mazmur 22: 11  sejak dalam kandungan ibuku, Engkaulah Allahku.

Pengenalan akan Allah, dikatakan oleh Daud, sejak dalam kandungan IBU

2. Mazmur 139:13 sebab Engkaulah yang menenun aku dalam kandungan ibuku.

Setiap anak adalah Hand Made-nya Tuhan, rajutan tangan Tuhan sendiri. Penciptaan janin dalam kandungan tidak seperti mesin pencetak, yang melakukan tanpa rasa, tanpa keunikan, kolosal dan massal. Melainkan penciptaan manusia di dalam rahim seorang ibu, mendapat sentuhan langsung dari tangan Sang Pencipta.

Pembentukan ini bukan hanya tubuh, tetapi Roh, Jiwa dan Tubuh.

Banyak kali orang tua hanya vokus pada pembentukan tubuh janin , dengan memberi vitamin, nutrisi, dll Namun sering terlupakan pembentukan jiwani dan rohani.

Jika janin di dalam kandungan sudah dikondisikan oleh keluarga (ayah dan bunda) suasana memuji Tuhan, menyembah Tuhan, membaca Firman Tuhan, menerima doa berkat dari sang Aya sebagai Imam dalam keluarga, mendapat perkataan positif, dll, maka pertumbuhan janin akan lebih baik, karna sudah mengenal Pencipta sejak dalam kandungan (kembali berkaitan dengan Mazmur 22:11)

3. Yesaya 44: 2 beginilah Firman Tuhan yang menjadikan engkau, yang membentuk engkau sejak dari kandungan, dan yang menolong engkau.

Pertolongan Tuhan telah terjadi sejak dalam kandungan. Oleh karna itu, Kelas Pra Natal/ Kelas Janin sangat bermanfaat untuk mendoakan para janin agar dihindarkan dari keguguran, penyakit yang mematikan, virus jahat, dll.

4. Yesaya 49 : 1, 5 Tuhan telah memanggil aku sejak dari kandungan, telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku…. Yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi HAMBANYA

Betapa dahsyatnya, bahwa Tuhan memanggil Yesaya sejak ia masih janin, ia dipanggil menjadi seorang Nabi. Setiap janin memiliki panggilan sendiri, tidak selalu harus jadi Pendeta/ Pastor, tetapi semua profesinya kelak bisa dipakai Tuhan, misalnya ; jadi Dokter takut akan Tuhan, bawa pasien mengenal Tuhan, jadi Presiden takut akan Tuhan, bawa Negara dan bangsa mengenal Tuhan, jadi dosen takut akan Tuhan, bawa kampus mengenal Tuhan, dsb.

Perhatikan frase berikutnya, Tuhan menyebut nama sejak dalam perut ibu. Nama berkaitan dengan karakter yang diharapkan oleh sang orang tua terbentuk dalam diri anak dan visi/ cita-cita orang tua bagi sang anak, misalnya : nama saya SUSAN GRACE HADAZAH SUMILAT, orang tua saya bervisi sbb:

Susan ; nama sebuah benteng di kitab Ester, yang mana bangsa Israel berkumpul di sana dan berdoa puasa bagi keselamatan bangsanya

Grace; berarti anugrah, karunia

Hadazah ; nama lain dari Ester yang artinya Bintang ( nama ibu kandung saya juga Ester)

Sumilat ; nama fam Manado.

Orang tua saya bervisi agar saya menggunakan segenap talenta dan karunia yang Tuhan berikan, dan berdoa bagi keselamatan bangsa, bagaikan ratu Ester yang berkarakter BIJAK, dan rela berkorban bagi keselamatan bangsanya.

Sebelum orang tua kita memberi nama, dalam kemahatahuan Tuhan, Tuhan seudah memanggil dan menyebut nama itu…Itu berarti pembentukan karakter dan penanaman Visi sudah sejak dalam kandungan.

Ayah dan bunda yang mencari visi Tuhan akan sang Janin, dan secara rutin berdoa bagi janinnya, dan menyebutkan visi serta karakter yang didambakan pada diri sang janin, janin akan bertumbuh luar biasa sesuai dengan visi yang Tuhan beri pada diri orang tua tersebut. Kelas Pra natal, membimbing para orang tua melakukan hal ini.

5. Lukas 1:15 Yohanes Pembabtis dikatakan ….ia akan penuh dengan Roh Kudus, mulai dari rahim ibunya.

Dan hal ini terbukti di Luk 1: 41, rahim Elisabet pun melonjak mendengar salam dari Maria, dan Elisabet pun ikut dipenuhi Roh Kudus…karna mendapat transfer spirit dari sang janin. Betapa dahsyatnya jika janin-janin di gereja Anda punya roh yang kuat, dan dipenuhi Roh Kudus sejak di rahim ibu mereka.

6. Mazmur 139: 15 ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi…aku direkam…

Rekaman terjadi selama kehamilan, rekaman penerimaan, rekaman penolakan, rekaman kemarahan, rekaman trauma dari peristiwa yang menakutkan, mengerikan, rekaman dari peristiwa bahagia, dlsb. Jauh sebelum ditemukan USG 4 dimensi, Alkitab sudah menuliskan bahwa semua yang terjadi di lingkungan dan hubungan sang janin dengan ibu dan keluarga,semuanya terekam dalam memory sang janin, yang disebut memory primitive ( tidak dapat diingat secara sengaja, namun sangat berpengaruh sampai sang janin dewasa)

7. Yesaya 46: 3,  dengarkanlah Aku, hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan, hai orang-orang yang kujunjung sejak dari rahim.

Pemeliharaan Tuhan dan penjagaan Tuhan dan penyertaan Tuhan sudah dilakukan Tuhan sejak dari janin bahkan sejak dari embrio.  ayat tersebut jika diteruskan …adalah ayat yang terkenal dan sering dikotbahkan di kalangan usia lanjut/ usia emas…” sampai masa tuamu Aku tetap Dia, dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu…” Sampai tua Tuhan memelihara hidup kita, tapi pertanyaannya sekarang adalah , “sejak kapan ‘penggendongan’ itu dilakukan Tuhan?”  sejak lahirkah? SALAH !! PENGGENDONGAN TUHAN DILAKUKAN SEJAK JANIN.

Seorang ibu yang sedang hamil harus menyadari dan dibimbing dalam pengertian bahwa ada penyertaan Tuhan dalam proses kehamilannya. Penyertaan Tuhan selalu ada, tetapi kesadaran akan penyertaan Tuhan tidak selalu disadari. Contoh;  Yunus mencoba lari dari hadapan TUHAN, tidak bisa, Tuhan tetap hadir sampai ke ujung bumi sekalipun Yunus melarikan diri, Tuhan tetap hadir. Dalam perut ikan besar Tuhan hadir, dalam naungan pohon rindang Tuhan hadir….dalam tiap detik Tuhan hadir.

Banyak kehamilan dari para ibu yang tidak menginginkan kehamilan tersebut, mungkin karna free sex, mungkin karna anak sudah terlalu banyak, mungkin juga karna kondisi ekonomi, mungkin juga karna penyakit yang didrita sang ibu, penyakit yang diderita sang janin yang diprediksi lahir cacat, dll.

Kelas pra natal/ kelas ibu hamil akan membimbing para ibu hamil untuk menyikapi kehamilannya sesuai Firman Tuhan dan mempersiapkan kelahiran sang janin dengan persiapan mental yang cukup.

Dengan demikian, rekaman yang buruk pada janin dapat diminimalisasikan, bahkan kalau mungkin ditiadakan dan diganti dengan rekaman yang baik.

AGENDA KELAS PRA NATAL, diantaranya adalah:

1. melatih sang ibu dan ayah  berdoa berkat bagi janin

2. melatih sang ibu memberi nutrisi yang tepat pada janin (panggil dokter untuk memberi ceramah, boleh juga ahli gizi)

3. melatih senam ibu hamil, sehingga senam yang sama bisa diteruskan sendiri di rumah

4. melatih sang ibu mengerti apa kata Firman Tuhan tentang kehamilan, janin, visi Tuhan untuk anak-anak kita, dll

5. melatih sang ibu dan ayah bercerita pada janin, dengan 40 cerita Alkitab, 20 cerita terkenal dari PL, dan 20 cerita terkenal dari PB

6. memilihkan lagu-lagu yang bisa diperdengarkan pada janin sejak usia janin 4 bulan

7. mengerti perkembangan janin dari hari ke hari, minggu ke minggu bahkan bulan ke bulan

8. memberi ayat mas pada ibu hamil untuk diperkatakan sepanjang 52 minggu, dengan 52 ayat. (kalau Tuhan berkenan, saya akan berusaha terbitkan koleksi ayat untuk ibu hamil, sabar ya…menyusul)

9. memberi pengetahuan pada ibu muda, bagaimana merawat kandungan, payudara, manfaat asi, dan mempersiapkan ibu muda pengetahuan bagaimana merawat bayi, dll

10. menjadi wadah bagi keluarga lain yang bayinya sudah menginjak usia anak-anak, untuk menyalurkan berkat berupa perlengkapan bayi dan perlengkapan melahirkan yang sudah tidak terpakai lagi.

11. Anda bisa berkreasi terus ….dan terus….

Materi mengajar kelas Pra Natal ini akan saya susulkan dalam judul tulisan yang berikutnya KURIKULUM KELAS PRA NATAL/ KELAS JANIN.

Mari jadikan janin-janin di gereja Anda menjadi janin janin yang sehat jasmani, sehat jiwani dan sehat rohani, cerdas dan diurapi bahkan dipenuhi Roh Kudus menjadi Hamba -hamba Tuhan di akhir zaman !! Haleluya…!!

MEMILIH GURU PENGAJAR KELAS PRA NATAL/ KELAS JANIN DI SEKOLAH MINGGU ANDA

===========================

Latar belakang Pemilihan Guru:

Titus 2: 3-5

Demikian juga perempuan –perempuan yang tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang-orang :

  • Beribadah
  • Jangan memfitnah
  • Jangan menjadi hamba anggur
  • Tetapi cakap mengajarkan hal-hal yang baik
  • Dan dengan demikian cakap mengajarkan hal-hal yang baik
  • Dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suaminya dan anak-anaknya
  • Hidup bijaksana dan suci
  • Rajin mengatur rumah tangganya
  • Baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firman Allah jangan dihujat orang

Jika di gereja anda terlalu banyak kegiatan, pilih lebih kurang 8 orang guru, yang mana setiap guru hanya bertugas dua bulan sekali, tentu jadwal ini tidak akan memberatkan para aktivis gereja yang kita pilih.

Berkonsultasilah dengan Bpk dan Ibu Gembala dalam menentukan nama-nama yang sudah dicalonkan, doakan, gumuli dan adakan pendekatan.

=============================

BAGAIMANA MEMILIH WAKTU YANG TEPAT?

Kelas Janin tentu saja tidak dapat terlepas dari keberadaan sang Ibu Hamil dari keterlibatan mereka di Ibadah Raya.

Namun untuk membuat kelas di luar jam hari minggu/ di luar hari minggu agaknya lebih menyulitkan, menambah jam kebaktian, dan ada kesulitan mencari waktu untuk yang semua orang bisa.

Bila Ibu Hamil harus beribadah dua kali, tentu juga agak merepotkan dan cukup melelahkan bagi orang yang sedang hamil

Maka solusi terbaik adalah mengambil jam salah satu ibadah, di mana sang ibu hamil boleh mengikuti dahulu ibadah raya sampai pujian pra khotbah berakhir, dan pada saat khotbah, mereka kita giring ke kelas khusus.

Tentu saja hal ini haruslah dibicarakan dahulu dgn gembala sidang Anda.

====================

KURIKULUM DALAM 40 MINGGU KEHAMILAN

1. Kurikulum ini disusun untuk 40 minggu usia kehamilan. Setelah selesai, program akan berulang kembali dari minggu pertama.

2. Kelas Pra Natal/ Kelas Ibu Hamil/ Kelas Janin bisa diikuti secara beragam dari ibu-ibu berusia kehamilan berapa saja, tidak menjadi masalah, dijadikan satu dalam satu kelas.

Misalnya: seorang ibu yang sedang hamil dua bulan, dia mengikuti  program sudah sejak minggu ke 38, tidak menjadi masalah, setelah program berakhir di minggu ke 40, dia bisa mengikuti kembali program dari ulangan program minggu pertama.

Jdi kurikulum ini seperti ki perkuliahan, setiap orang boleh mengambil judul-judul yang ada, namun dalam kurikulum ini tidak harus mendengar secara berurutan dari awal, boleh dari tengah, boleh dari belakang, toh usia kehamilan tidak lebih dari 42 minggu.

Libatkan 3 golongan pengajar: 1. rohaniawan, 2. dokter, 3. psikolog.

Selamat merintis…….!!

Minggu ke Tanggal bidang thema sumber
1 12 Sebtember Rohani buah kandungan adalah suatu upah Alkitab
2 19 Rohani keturunan ilahi Alkitab
3 26 Rohani Tuhan hadir di rahim kita Alkitab
4 3 Oktober Jasmani Menghitung hari tanggal perkiraan kelahiran buku ilmiah kedokteran
5 10 Jiwani Mentalitas yang sehat dari seorang Ibu Hamil buku ilmiah psikologi
6 17 Rohani Hand Made-Nya Tuhan yang unik dan menarik Alkitab
7 24 Rohani pengenalan akan Tuhan sejak dalam rahim Alkitab
8 31 Rohani Pertolongan Tuhan sejak dalam kandungan Alkitab
9 7-Nov Jasmani perkembangan janin dari minggu ke minggu buku ilmiah kedokteran
10 14 Jiwani musik dan janin buku ilmiah psikologi
11 21 Rohani Rekaman Seribu Dimensi Alkitab
12 28 Rohani doa berkat bagi buah hati Alkitab
13 5 Des Rohani ayat mas untuk buah hati Alkitab
14 12 Jasmani nutrisi ibu dan buah hati buku ilmiah kedokteran
15 19 Jiwani Mempersiapkan sang kakak menyambut sang adik buku ilmiah psikologi
16 26 Rohani bercerita pada sang buah hati Alkitab
17 2 Januari Rohani Membaca  Alkitab bersuara Alkitab
18 9 Rohani Kuasa Bahasa sentuhan yang mencerdaskan Alkitab
19 16 Jasmani Seputar Proses Melahirkan Spontan dan Cesar buku ilmiah kedokteran
20 23 Jiwani Persiapan mental untuk Melahirkan buku ilmiah psikologi
21 30 Rohani Mezbah Keluarga mencetak Generasi Pelihat Alkitab
22 6 Pebruari Rohani Yohanes Pembabtis di Akhir Zaman Alkitab
23 13 Rohani Laki-laki atau Perempuan? Alkitab
24 20 Jasmani asi yang luar biasa buku ilmiah kedokteran
25 27 Jiwani Bermain dengan sang ayah buku ilmiah psikologi
26 6 Maret Rohani Trauma Yakub dari sebuah nama Alkitab
27 13 Rohani Apa kata alkitab tentang ASI? Alkitab
28 20 Rohani Tolak mentah-mentah Hypnobirth Alkitab
29 27 Jasmani Persiapan Perlengkapan Melahirkan buku ilmiah kedokteran
30 3-Apr Jiwani Pengetahuan tentang perkembangan anak usia 0-1 tahun buku ilmiah psikologi
31 10 Rohani nama buah hati dan visi Tuhan Alkitab
32 17 Rohani Gaya Bahasa Ayah dan Bunda pada ananda Alkitab
33 24 Rohani Manfaat Kelas Bayi di sekolah Minggu bagi bayi anda Alkitab
34 1 Mei Jasmani Antara Mitos dan Fakta Ilmiah mengenai budaya tentang ibu hamil dan perawatan bayi buku ilmiah kedokteran
35 8 Jiwani Baby Siter Atau Mama? buku ilmiah psikologi
36 15 Rohani Teladan adalah Bahasa Gambar yang sebenarnya Alkitab
37 22 Rohani Batita Samuel dan Musa, tiga tahun yang luar biasa Alkitab
38 29 Rohani Cara Mendidik Anak yang Alkitabiah Alkitab
39 5 Juni Jasmani Makanan Bayi 0-1 tahun dan membuat bubur bayi buku ilmiah kedokteran
40 12 Jiwani Kegiatan Ibu dan Nanda yang tidak membosankan buku ilmiah psikologi

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s