113. KKR NATAL ANAK DENGAN THEMA ; GADGET !!


Materi ini sedianya akan disampaikan pada acara Natal Gereja Kibait, di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tanggal 1 Desember 2017 nanti.

NATAL

DI SM GEREJA KIBAIT

POLEWALI MANDAR

DESEMBER 2017

( Dalam materi ini,  nanti akan digunakan METODE PENTAS BAYANGAN, dengan peralatan; layar dengan kain putih dan LCD projector, seperti yang ada di tayangan ini:………………)

Namun materi yang kita pakai berbeda, dan di bawah materi ini nanti akan saya muat naskah yang akan kita pakai untuk NATAL DENGAN THEMA GADGET ini !!

  1. Maria menjaga kekudusan hidupnya.

 

Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut:

Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

—————————————————————————Maria adalah perempuan yang menjaga kekudusan hidupnya, dia adalah satu-satunya perempuan di seluruh dunia dari zaman Adam sampai zaman dari segala zaman berakhir, yang adalah bisa mengandung/hamil, tetapi bukan karena salah dalam bergaul, bukan karena berbuat dosa, tetapi justru karena dia seorang perempuan yang menjaga kekudusan hidupnyalah, dia dipilih oleh Tuhan, untuk mendapat kasih karunia Tuhan/ menjadi favour of God. ( Lukas 1:28)

Berbeda dengan orang-orang akhir zaman, yang banyak sekali jatuh dalam dosa karena pengaruh dari gadget yang membawa mereka menjadi pribadi yang tidak kudus dalam MATA mereka/ apa yang mereka lihat dan tonton, lalu juga membuat mereka ingin PRAKTEK DOSA seperti apa yang biasa mereka lihat.

Bergaul sembarangan, janjian dengan sembarang pria yang dikenal lewat dunia maya, berbohong pada orang tua, dll

 

  1. Yusuf sangat mencintai Kitab Suci.

Karena Yusuf suaminya ( tunangannya), seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya ( tunangannya) di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa mereka.” Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi; “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” yang berarti: Allah menyertai kita. Sesudah bangung dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

 

———————————————————————–Yusuf adalah seorang pemuda yang sangat menjaga kekudusan hidupnya, dia adalah satu-satunya pria di dunia yang mau menikahi seorang gadis yang sudah mengandung, dengan perkara yang sangat tidak masuk akal/ mustahil, yaitu mengandung dari Roh Kudus. Mengapa Yusuf bisa percaya perkara yang tidak masuk akal itu? Perkara yang aneh itu? Karena dia membaca Kitab Suci, dan mengerti bahwa hal ini sudah pernah dinubuatkan oleh Nabi Yesaya, dalam Yesaya 7:14. Yusuf seorang yang tulus hatinya, karena dia mencintai Firman Tuhan. Oleh karena itu , waktu dijelaskan malaikat Tuhan dalam mimpinya Yusuf langsung taat, dia tidak ragu menikahi Maria. Seandainya Yusuf tidak mencintai Firman Tuhan, tentunya dia tetap akan diam diam menceraikan Maria sebagai tunangannya.

Terkadang Gadget bisa menjauhkan kita dari Firman Tuhan, bila kita tidak berhati-hati. Kita jadi jarang membaca Firman Tuhan, walaupun bahkan di gadget kita ada Alkitab elektroniknya. Kita jadi jarang bersekutu dengan Tuhan karena waktu kita dirampas oleh perhatian kita yang banyak sekali pada dunia maya.

 

  1. Yusuf seorang yang tulus hatinya.

Ia mengambil Maria sebagai isterinya, tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

—————————————— Oleh karena dia percaya pada Firman Tuhan yang diucapkan Nabi Yesaya, maka walaupun Yusuf seorang suami, yang sudah menikahi Maria, tetapi dia belum mau memperlakukan Maria sebagaimana layaknya suami isteri, sampai Yesus lahir. Berbeda dengan orang-orang akhir zaman ini, yang ketulusan hatinya sudah banyak dicemari dengan pengaruh dari gadget yang membawa mereka menjadi pribadi yang sebaliknya dari Yusuf, orang-orang yang belum menikah,  justru ingin melakukan hal-hal yang hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah menikah. Sebenarnya sex itu kudus, bila dilakukan setelah menikah, tetapi bila dilakukan sebelum menikah, akan menjadi hal bencana; seperti misalnya rasa malu, pembunuhan dengan aborsi/ pengguguran kandungan, rasa berdosa, kalaupun diakhiri dengan pernikahan akan menghasilkan pernikahan yang penuh rasa curiga, tidak ada rasa saling percaya, dll.

 

  1. Gembala-gembala menonton konser bukan di dunia maya.

Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat TUHAN di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

Lalu kata malaikat itu kepada mereka; Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa; Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus Tuhan di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu; Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”

Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya; “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepadaNya.”

Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: “ Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.” Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

—————————————–Seorang Malaikat datang, memberitakan kelahiran Yesus kepada para gembala,lalu setelah itu ada konser paduan suara dari Bala tentara sorga, waaauuuuuuuuuuuuuuuuuuu

Ini nyata lho, live concert/ bukan dari YouTube atau dari Facebook, atau dari Instagram, sama sekali bukan !! Ini beneran nyata !!

Coba baca dari Kejadian sampai Wahyu, inilah pertama kali malaikat datang menjumpai manusia dengan BERNYANYI !!

Sebelum sebelumnya kalau ada malaikat datang pada Manoah dan Isterinya, pada Yakub, pada Abraham, pada Lot, pada siapa pun, selalu hanya bicara saja, tidak sambil bernyanyi.

Ini adalah konser malaikat yang adalah konser perdana/ Konser Natal yang Pertama !!

Waaauuu !!

Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat…

Mereka mendengar berita kelahiran Yesus, dan mereka juga datang melihat bayi Yesus, persis seperti yang mereka dengar dari malaikat itu, tentang palunganNya, tentang lampinNya, dll.

Itulah uang membuat mereka MEMUJI DAN MEMULIAKAN ALLAH.

Coba kita chek, apakah dalam menggunakan gadget, apa yang kita dengar dan kita lihat, semuanya itu bisa membuat kita MEMUJI DAN MEMULIAKAN ALLAH, contoh;

Kita jadi semakin pandai,

Kita jadi semakin tahu banyak informasi yang bermanfaat/ seperti misalnya ilmu pengetahuan.

Kita jadi semakin banyak teman-teman yang takut akan Tuhan, sehingga jaringan kita diperluas

Kita jadi semakin sering mengupload Firman Tuhan/ kisah-kisah inspiratif/ rhema yang kita dapatkan, dll sehingga dalam waktu singkat, seluruh dunia mendengarkan hal itu/ mengaminkan/ melihat, serta ikut memuliakan Tuhan. Waauuu

Seandainya para gembala itu punya akun YouTube, dan mereka punya Handycam, serta punya laptop untuk editing, pastilah mereka sudah akan pakai semua fasilitas itu untuk memberitakan kelahiran Yesus, kedatangan malaikat, dan perjumpaan mereka dengan bayi Yesus sama persis tanda tandanya dengan yang diinformasikan oleh para malaikat itu…

Sayangnya mereka nggak kekinian seperti kita.

Apakah kita akan pakai gadget untuk kemuliaan Tuhan?

 

 

 

 

 

  1. Orang-orang Majus adalah sangat kekinian pada zamannya

Datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya ; “ Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami melihat bintangNya di timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”

————————————–pada zaman itu orang-orang Majus adalah orang-orang yang sangat kekinian. Dengan menguasai ilmu perbintangan, mereka mengerti bahwa pada masa itu baru lahir seorang Raja orang Yahudi. Bahkan orang Yerusalem yang dekat dengan Betlehem tempat lahir Yesus aja nggak tahu, mereka yang dari jauh malah tahu, kekinian banget kan mereka?

Namun orang-orang Majus tidak pernah dicatat di Alkitab sebagai PENYEMBAH BINTANG, walaupun mereka mendapatkan petunjuk lewat alam, tetapi mereka tidak pernah salah sasaran, yang mereka sembah tetap Yesus.

Buktinya setelah pulang dari menyembah Yesus, mereka dapat pesan Tuhan lewat mimpi, bahwa mereka harus pulang melalui jalan lain, tidak perlu kembali ke Herodes, di situ pun mereka taat, tidak lantas bergantung pada petunjuk melalui bintang lagi. Tuhan sudah tidak memakai bintang lagi, setelah mereka mengenal/ bertemu dengan Yesus.

Mungkin kalau di zaman kita sekarang adalah; GPRS ( Global Positioning…), Google Map, Google Search, dll.

Sebenarnya penggunaan Gadget itu sangat kekinian dan banyak manfaat positifnya, seperti misalnya; untuk mengenali sejarah, untuk mengembangkan kemampuan menulis, untuk berinteraksi dengan orang dari tempat jauh, untuk mengembangkan bakat, untuk mengerjakan tugas sekolah dll.

Namun kita tidak boleh menjadi Penyembah Gadget, misalnya; menggeser kedudukan Tuhan sebagai yang paling utama dalam hati dan hidup kita, kepada Gadget sebagai yang paling utama. Contoh; sudah seminggu Alkitab ketinggalan di gereja, kita tidak pernah sadar, mencari atau menangis, atau takut kalau Alkitab itu hilang, giliran HP ketinggalan, kita sudah panik. Nah lho !!

Kita harus perhatikan teladan para Majus, walaupun mereka kekinian, pada zaman itu, tetapi mereka tidak terjebak , lantas menjadi penyembah bintang itu. Tetap yang mereka sembah adalah Yesus.

Jangan sampai kita ketagihan, pagi pegang gadget, siang, sore , malam, lupa makan, lupa mandi, lupa berdoa, lupa ke gereja, lupa ngobrol dengan teman, lupa ngobrol dengan papa dan mama, lupa baca Alkitab, lupa segalanya.

 

 

 

 

  1. Herodes adalah raja yang sangat kejam

Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

————————————————————–Herodes adalah orang yang sangat jahat, dengan kekuasaan di tangannya, di membunuh anak-anak Batita yang tidak tahu apa-apa. Dia ingin membunuh siapa saja yang mungkin saja bisa jadi raja menggantikan kekuasaannya sebagai raja pada saat itu.

Demikian juga  iblis bisa memakai dunia maya, gadget sebagai alat untuk kejahatan. Contoh : seperti misalnya horoskop ( percaya nasib dari pergerakan bintang-bintang) , pornografi, penipuan, jual beli bolong, kesombongan, ujaran kebencian, status fitnah, dll.

Jadi walaupun Gadget itu mempunyai nilai positif, kita juga harus hati-hati terhadap penggunaan yang negatif.

Bagaimana caranya berhati-hati? Kita harus memiliki filter/ penyaring; yaitu TAKUT AKAN TUHAN.

TAKUT AKAN TUHAN akan membuat kita tetap memilih yang kudus walaupun pada saat itu tidak ada papa mama yang mengawasi kita, tidak ada guru di dekat kita, tidak ada siapa pun. Orang yang takut akan Tuhan, adalah orang yang sadar bahwa ada Sepasang Mata Tuhan yang mengawasi setiap tindak tanduk hidup kita.

Mungkin tidak sengaja ada yang lewat, sesuatu film yang porno, orang yang takut akan Tuhan tidak akan dengan sengaja membukanya, menontonnya, tetapi sebaliknya akan segera menutupnya dan menjauhinya.

TAKUT AKAN TUHAN akan membuat kita bijak dengan ucapan –ucapan kita dalam membuat status, karena Tuhan tahu motivasi hati kita yang paling dalam, apakah kita mau memuliakan nama Tuhan, mau membenci orang lain, ataukah mau menyombongkan diri, atau apa, Tuhan tahu semuaya.

Kalau kita mengatakan yang tidak benar untuk memfitnah orang, kita sama saja sedang membunuh karakter orang itu.

Kalau kita ikut-ikutan menyebarkan berita bohong/ hoax , itu kita akan terlibat dalam dosa kebohongan yang sama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NASKAH PENTAS BAYANGAN

Kelahiran Yesus Kristus

1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf,

DIBACA NARATOR 1

 

Narator memakai Jubah Ala Israel dan berdiri di samping layar Pentas Bayangan

 

Memilih tempat duduk terdekat dengan panggung

Tokoh Bayangan:

Yusuf dan Maria

 

Pembawa Nampan Cincin

 

Atau bisa juga BUNGA

 

 

Property; Cincin/ Bunga Plastik/ hidup ( karangan / handflower)

 

Kostum Maria; Ala Israel

 

Kostum Yusuf; Ala Israel

Adegan; Pertukaran Cincin

 

Adegan; ( bila memakai bunga, Yusuf berlutut depan Maria, dan menengadahkan bunga ke arah Maria)

 

Kemudian keduanya meninggalkan Layar searah sejalan ( misalnya sama-sama ke kiri)

Musik; Romantic Piano/ Biola
ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, p  sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Masih Narator 1 Tokoh Bayangan; Maria ( saja/tanpa Yusuf) Property:

Bantal untuk daerah perut/ agar terlihat seperti orang hamil, yang instan pemakaiannya.

Keterangan; property bantal jangan kebesaran, karena menurut bayangan saya/ imajinasi saya, tentunya Maria belum hamil terlalu tua, tetapi masih hamil muda, jadi jangan terlalu over besar bantalnya, biasa saja.

 

Kostum Maria; Ala Israel

Maria mempersiapkan ‘kehamilannya’

 

Adegan; Maria masuk ke layar dengan perut hamil/gendut menghadap ke samping agar terlihat jelas besarnya.

 

Terlihat terkadang tangannya mengelus bagian perutnya

Jika anda menggunakan rekaman, beri kesempatan beberapa durasi untuk persiapan tokoh Maria, memakai bantal di perutnya

 

Musik; baby music

ULASAN PEMBICARA #1          
Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya q  dengan diam-diam. DIBACA NARATOR 2

 

Narator memakai Jubah Ala Israel dan berdiri di samping layar Pentas Bayangan

 

Memilih tempat duduk terdekat dengan panggung

Tokoh Bayangan Yusuf ( saja/ tanpa Maria) Tidak diperlukan property

 

Kostum Yusuf; Ala Israel

Adegan ; Yusuf mondar mandir ke sana dan kemari, tangan bersilang di belakang.

 

Terkadang kedua tangan meremas kepala seperti orang pusing

 

Dan setelah itu menghempaskan kedua tangannya dan pergi meninggalkan layar

Musik; super galau, tambahkan soundeffect langkah kaki Yusuf.
Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat r  Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi  Masih narator 2 Tokoh Bayangan ; Malaikat bersayap

 

Yusuf

Property; Sayap Malaikat

 

Kostume; Jubah Malaikat dan dilengkapi sayap

 

Bantal untuk Alas tidur Yusuf

Kostume Yusuf; Ala Israel

Adegan :

 

Malaikat sedang berbicara pada Yusuf yang sedang tidur beralaskan bantal.

 

 

Musik; ala malaikat.
 dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus 5 , t karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa u  mereka.”   Sama dengan yang di atas Sama dengan yang di atas  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah itu baik Malaikat maupun Yusuf meninggalkan layar

Musik; Ala malaikat ( cling-cling)
1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah v  yang difirmankan Tuhan oleh nabi YESAYA: 1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki 6 , dan mereka akan menamakan Dia Imanuel w ” –yang berarti: Allah menyertai kita. Masih narator 2 Tokoh Bayangan ; Nabi Yesaya Property; Gulungan Kitab Para Nabi

 

Nabi Yesaya; Kostum ala Israel

 

 

Adegan; Yesaya membuka gulungan dan membaca ( sesuaikan lipsing bibir dengan naskah Alkitab) Hadapkan bibir pada layar dan juga hadapkan gulungan kitab terlihat jelas dari arah penonton.

 

Musik; ada suara terompet semacam pengumuman penting, dilanjutkan dengan musik ala Israel yang riang/ lagu padang pasir
Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat x  Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, Masih narator 2 Tokoh Bayangan; Yusuf dan Maria Property:

Cadar pengantin untuk Maria

 

Bunga untuk Yusuf bawa

 

Kostume; Ala Israel

Adegan; Yusuf memberikan karangan bunga pada Maria, lalu membuka cadar Maria Musik; wedding song
ULASAN PEMBICARA #2          
Ia mengambil Maria sebagai isterinya,1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai 7  ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus. y  DIBACA NARATOR 3

 

Narator memakai Jubah Ala Israel dan berdiri di samping layar Pentas Bayangan

 

Memilih tempat duduk terdekat dengan panggung

Tokoh Bayangan;

 

Dua tangan yang seperti akan hendak bersalaman tetapi tidak bersentuhan/ berjarak

 

( bisa tangan dari Yusuf dan Maria tetapi bisa juga tangan siapa saja)

Property; gelang pada tangan perempuan, tanpa property apa pun pada tangan laki-laki.

 

Kostume Ala Israel

Adegan; seperti hendak bersalaman tetapi tidak bersentuhan/ berjarak. Musik; alunan lagu lembut
ULASAN PEMBICARA #3          
Gembala-gembala

2:8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.

DIBACA NARATOR 4

 

Narator memakai Jubah Ala Israel dan berdiri di samping layar Pentas Bayangan

 

Memilih tempat duduk terdekat dengan panggung

Tokoh bayangan; Gembala-gembala yang sedang duduk-duduk. Property; tongkat gembala

 

Kostum ; Ala Israel

Adegan: Para gembala sedang duduk-duduk Musik. Ala padang pasir
Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat v  Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka Masih dibaca narator 4 Masih gembala gembala tadi Masih property dan kostume yang sama Adegan; Para gembala menyilangkan tangannya menutupi mata karena silau Musik; ala malaikat ( Cling cling cling)
dan mereka sangat ketakutan. Masih dibaca narator 4        
Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, w  sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: 2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, x  yaitu Kristus, y  Tuhan 2 ,z  di kota Daud. 2:12 Dan inilah tandanya a  bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.” Masih dibaca narator 4 Tokoh Bayangan: Seorang Malaikat Kostume ; Jubah

 

Property; Sayap

Adegan; Seorang Malaikat berbicara sesuai lipsing bibir yang tepat dengan kata-kata sesuai dialog dalam Alkitab.

 

Keterangan; bila layar cukup maka para gembala bisa tetap di tempat, namun bila tidak cukup , para gembala tidak perlu ada di layar

Musik; Lagu natal ( Gloria in excelcis Deo)- instrumentalia
Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: Masih dibaca narator 4 Bayangan; Banyak Malaikat Kostume;

Jubah

 

Property;

Sayap

Adegan; banyak malaikat menggoyangkan sayap sesuai dengan irama musik

Keterangan; bila layar cukup maka para gembala bisa tetap di tempat, namun bila tidak cukup , para gembala tidak perlu ada di layar

Musik; lagu Gloria in excelsis deo – music vocal.
Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera b  dibumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” Masih dibaca narator 4 Sama dengan yang di atas Sama dengan yang di atas Sama dengan yang di atas Sama dengan yang di atas
Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: “Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.”   Tokoh bayangan; Gembala-gembala Property; tongkat gembala

 

Kostum ; Ala Israel

Adegan: Para gembala sedang berdiri dan berkata satu dengan yang lainnya/ bercakap-cakap Musik. Ala padang pasir
Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. c Masih dibaca narator 4 Tokoh bayangan; Gembala-gembala Property; tongkat gembala

 

Kostum ; Ala Israel

Adegan; Para gembala berlarian ke sana ke mari/ keluar masuk daripada layar untuk menunjukkan kecepatan mereka dan jalan yang mungkin saja berliuk liuk Musik; Ala padang pasir
Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. 2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. Masih dibaca narator 4 Tanpa tokoh Property; karton tebal bergambar telinga / diberi stick/tongkat ( bisa disiapkan 5-6 buah) dimainkan oleh 2-3 orang Adegan; gambar telinga ini bermunculan dan bergerak gerak kecil untuk menunjukkan perhatiannya pada cerita. Musik: pop riang/ suara piano/ suling.
Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya d  dan merenungkannya. Masih dibaca narator 4 Tanpa tokoh Property:

Gambar Hati dibuat dari karton tebal dan diberi stick/ tongkat

Adegan; gambar hati daripada Maria ini bergoyang mengikuti irama musik Musik; string/ gesek/ lembut
Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah e  karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. Masih dibaca narator 4 Tanpa tokoh Property:

Tamborine, Guitar, Okulele, Suling, ketipung, dll

Adegan; dari samping layar bermunculan alat-lata musik yang dibunyikan.

 

Usahakan orangnya tidak perlu terlihat, hanya alat-alat saja

Musik; pop riang
ULASAN PEMBICARA #4          
2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea z  pada zaman raja Herodes, a  datanglah orang-orang majus 1 dari Timur ke Yerusalem 2:2 dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi b  yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya c  di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.” DIBACA NARATOR 5

 

Narator memakai Jubah Ala Israel dan berdiri di samping layar Pentas Bayangan

 

Memilih tempat duduk terdekat dengan panggung

Tokoh Bayangan; Para Majus ( bisa siapkan 4 orang) Property; tiap tokoh menggunakan mahkota.

 

Kostume: Jubah

Adegan: Salah seorang Majus menghadap salah satu sisi layar ( misalnya menghadap kanan) lalu lipsing bertanya sesuai dengan teks Alkitab. Musik; Ala Mandarin
ULASAN PEMBICARA #5          
2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak 4  di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu DIBACA NARATOR 6

 

Narator memakai Jubah Ala Israel dan berdiri di samping layar Pentas Bayangan

 

Memilih tempat duduk terdekat dengan panggung

Tokoh:

 

Herodes

Property; Mahkota, dan pedang mainan

 

Kostume; jubah

Adegan; mengacungkan pedang dengan tangan lainnya di pinggang Musik; ala peperangan
ULASAN PEMBICARA #6          

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s