GAME PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH

Game perlengkapan senjata Allah ini adalah game seru yang bisa anda pakai pada acara special di gereja anda atau pada saat anda mengajar topik tentang perlengkapan senjata Allah.


sumber gambar https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2014/11/a7248-senjata2.jpg

Kita akan membuat GAME MENJODOHKAN yang sangat seru ini.

Game ini digali dari Efesus 6: 14-18

6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan a  kebenaran dan berbajuzirahkan b  keadilan, 6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; c  6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, d  sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, e  6:17 dan terimalah ketopong keselamatan f  dan pedang Roh 5 , g  yaitu firman Allah, h  6:18 dalam segala doa dan permohonan. i  Berdoalah setiap waktu j  di dalam Roh 6  k  dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya l  untuk segala orang Kudus,

Buat dua kelompok, yang mana kelompok 1 adalah pembuat soal, sedangkan kelompok 2 adalah penjawab soal.

Satu kelompok terdiri dari 7 orang. Kelompok 1 dengan 7 orang anggota, kelompok 2 dengan 7 orang anggota.

 

Kelompok 1 boleh membuat soal sbb:

BERDIRI TEGAP ( Ciptakan gerakan untuk berdiri tegap, semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

IKAT PINGGANG ( Ciptakan gerakan untuk ikat pinggang,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

BAJU ZIRAH ( Ciptakan gerakan untuk baju zirah,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

KASUT ( Ciptakan gerakan untuk kasut,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

PERISAI ( Ciptakan gerakan untuk perisai,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

KETOPONG ( Ciptakan gerakan untuk ketopong,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

PEDANG ROH ( Ciptakan gerakan untuk pedang roh,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

 

Kelompok 2 akan menciptakan gerakan-gerakan untuk jawaban

DOA – untuk jawaban atas pertanyaan BERDIRI TEGAP ( ciptakan gerakan untuk doa,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

KEBENARAN – untuk jawaban atas pertanyaan IKAT PINGGANG ( ciptakan gerakan untuk kebenaran,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

KEADILAN – untuk jawaban atas pertanyaan BAJU ZIRAH ( ciptakan gerakan untuk keadilan,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

KERELAAN MEMBERITAKAN INJIL – untuk jawaban atas pertanyaan KASUT ( ciptakan gerakan untuk kerelaan memberitakan injil,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

IMAN – untuk jawaban atas pertanyaan PERISAI ( ciptakan gerakan untuk iman,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

KESELAMATAN – untuk jawaban atas pertanyaan KETOPONG ( ciptakan gerakan untuk keselamatan,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

FIRMAN ALLAH – untuk jawaban atas pertanyaan PEDANG ROH (ciptakan gerakan untuk Firman Allah,semua anggota kelompok yang terdiri dari 7 orang itu semuanya harus menguasai gerakan ini)

 

Setelah diberi waktu untuk membuat gerakan-gerakan, baik untuk soal maupun untuk jawaban, kini kelompok 1 boleh mengajarkan pada kelompok 2 hasil gerakan ciptaan  mereka, dan setelah itu giliran kelompok 2 boleh mengajarkan pada kelompok 1 hasil gerakan ciptaan mereka. Hal ini kita lakukan untuk menghemat waktu sehingga nanti saat ada pergantian babak, dimana kelompok 2 bergantian memberi soal, dan kelompok 1 bergantian menjadi penjawab soal, tidak perlu memakan waktu lama lagi untuk menciptakan gerakan baru.

BABAK 1

Setelah kelompok 1 menciptakan semua gerakan untuk SOAL, maka sekarang

Kelompok 1 akan berbaris 7 orang, tiap tiap orang akan mendapat satu tugas gerakan, misalnya ..

Agus bertugas memperagakan  gerakan BERDIRI TEGAP

Budi bertugas memperagakan gerakan IKAT PINGGANG

Cita bertugas memperagakan gerakan BAJU ZIRAH

Deny bertugas memperagakan gerakan KASUT

Evan bertugas memperagakan gerakan PERISAI

Figo bertugas memperagakan gerakan KETOPONG

Glady bertugas memperagakan gerakan PEDANG ROH

Pemimpin permaianan akan mengacak berdirinya kelompok 1 ini, sehingga si anak ( inisial nama)  A-B-C-D-E-F-G ini tidak berdiri secara berurutan, melainkan akan diacak sehingga berdirinya seperti ini misalnya: G-B-C-E-D-A-F

Demikian juga dengan kelompok 2, tugas mereka adalah setiap orang bertugas memperagakan gerakan masing-masing, misalnya

Heru bertugas memperagakan gerakan DOA

Ima bertugas memperagakan gerakan KEBENARAN

Juke bertugas memperagakan gerakan KEADILAN

Kelly bertugas memperagakan gerakan KERELAAN MEMBERITAKAN INJIL

Lany bertugas memperagakan gerakan  IMAN

Mary bertugas memperagakan gerakan KESELAMATAN

Nana bertugas memperagakan gerakan FIRMAN ALLAH

Pemimpin permaianan akan mengacak berdirinya kelompok 2 ini, sehingga si anak ( inisial nama ) H-I-J-K-L-M-N ini tidak berdiri secara berurutan, melainkan akan diacak sehingga berdirinya seperti ini misalnya: N-L-J-H-I-K-M

 

PERMAINAN BABAK MUDAH

– setelah kelompok 1 barisnya diacak, maka mereka akan menghadap belakang, dan dalam hitungan satu-dua tiga- mereka akan menghadap depan dan memperagakan gerakan masing-masing secara serentak ( setelah satu dua tiga- hitungan- perhitungan waktu akan berjalan)

– tugas kelompok 2 adalah, dalam waktu yang dihitung ( setelah aba -aba satu dua tiga ! detik hitungan mulai berjalan) – tugas mereka memberi jawaban dengan cara berbaris dengan gerakan masing-masing di hadapan kelompok 1 secara serentak, kalau salah boleh dibetulkan terus sampai sempurna jawabannya – tentunya makin lama sempurnyanya – makin kalah, makin cepat, makin menang.

Misalnya

BERDIRI TEGAP ( A)  ( kelompok 1) harus dijawab dengan DOA ( H)  oleh kelompok 2. KETOPONG ( F)   harus dijawab dengan KESELAMATAN ( M) oleh kelompok 2. dst

Semuanya secara serentak, sampai sempurna jawabannya , membutuhkan waktu berapa menit/ berapa detik.

Jadi nanti barisan kelompok 1 akan seperti ini, pada saat masih diacak

G    –    B   –    C   –   E   –   D   –   A   –   F

barisan kelompok 2 masih belum diatur, begitu kelompok 1, dalam hitungan Satu -dua -tiga ! balik badan dan membuat gerakan, maka kelompok 2 harus berhadap-hadapan dengan kelompok 1 sesuai dengan jawabannya , sbb

G    –    B   –    C   –   E   –   D   –   A   –   F

N   –      I    –    J  –     L   –    K   –    H  –   M

 

Sekarang , dibalik, kelompok 2 akan memberi JAWAB, dengan barisan acak, lalu tugas kelompok 1 adalah memberikan soal yang cocok sesuai dengan jawaban, dengan perhitungan waktu yang ada. Bagi kelompok yang waktunya paling cepat, dia menang.

Jadi nanti barisan akan seperti ini, pada saat masih diacak

N   –   L   –   J   –   H   –   I   –   K   –   M

barisan kelompok 1 masih belum diatur, begitu kelompok 2, dalam hitungan Satu -dua -tiga ! balik badan dan membuat gerakan, maka kelompok 1 harus berhadap-hadapan dengan kelompok 1 sesuai dengan soal yang tepat  , sbb

N   –   L   –   J   –   H   –   I   –   K   –   M

G  –   E   –   C   –  A   –   B    –  D   –    F

Jadi kalau anda tahu permainan SIMSON DELILA SINGA- mirip seperti itu, tetapi ini bukan menjodohkan siapa menang atau kalah, tetapi menjodohkan untuk memberi jawaban yang tepat pada soal yang tepat, atau sebaliknya memberi soal yang tepat pada jawaban yang ada.  Miripnya dengan permainan Simson Delila dan Singa adalah – BERHADAP-HADAPAN- tetapi di sini pemainnya 7 orang, dan perjodohannya adalah 7 soal-jawab, BERDIRI TEGAP jodohnya dengan DOA, IKAT PINGGANG jodohnya dengan KEBENARAN, dst.

Dua kali bermain seperti di atas kita sebut 1 termin. Dalam termin 1 ini siapa yang menang? Apakah kelompok 1? Ataukah kelompok 2?

Kita akan ulang dalam termin ke 2

Ulang permainan ini dengan mengacak lagi kelompok 1- kelompok 2 menjawab, catat perhitungan waktunya

Ulang permainan ini dengan mengacak lagi kelompok 2- kelompok 1 memberi soal yang tepat, catat perhitungan waktunya.

Dalam termin 2 ini siapakah yang menang, apakah kelompok 1? Apakah Kelompok 2?

JIka kelompok 1 menang dalam 2 termin, selesailah sudah permainan babak mudah ini.

Jika kelompok 1 dan kelompok 2 masing-masing menang dalam 2 termin, maka harus buat permainan lagi dalam termin ke 3, untuk mengakhiri dengan score 2-1. Jika masih ingin bermain lagi, bisa buka termin sampai termin 5, untuk mendapat score 3-2.

 

PERMAINAN BABAK SEDANG

Sama seperti tadi, tiap kelompok harus menguasai dahulu gerakan pada tiap-tiap point

Guru membuat tulisan pada kartu sbb:

BERDIRI TEGAP – A

IKAT PINGGANG – B

BAJU ZIRAH – C

KASUT – D

PERISAI – E

KETOPONG – F

PEDANG ROH – G

ketujuh kartu di atas adalah disebut kartu soal, letakkan pada lantai berjajar

A

B

C

D

E

F

G

ketujuh kartu di atas siap diberikan secara acak pada kelompok 1

————————–

DOA -H

KEBENARAN-I

KEADILAN- J

KERELAAN MEMBERITAKAN INJIL- K

IMAN – L

KESELAMATAN – M

FIRMAN ALLAH – N

ketujuh kartu di atas letakkan pada lantai berjajar dan berhadap-hadapan dengan kartu soal. Misalnya kartu BERDIRI TEGAP -A berhadap-hadapan dengan kartu DOA – H

H

I

J

K

L

M

N

ke 7 kartu di atas siap-siap diberikan secara acak pada kelompok 2

Setelah ke 14 kartu diberikan secara acak pada kelompok 1 dan 2, peluit dibunyikan, ketika peluit berbunyi, maka tiap orang harus mendekati kartu pada lantai, sesuai hurufnya masing-masing dan secara bergiliran dari A sampai G, dan dari H sampai N. Jadi antara kelompok 1 dan 2 secara bersamaan memperagakan gerakan secara estafet, siapa yang kelompoknya lebih dulu selesai di orang ke 7 dia menang.

Permainan ini bisa diulang dengan cara mengacak kartu lagi, kelompok mana lagi yang sudah selesai terlebih dahulu, bisa menjadi pemenangnya. Jika ada anggota kelompok yang salah, mengurangi nilai mereka nantinya.

Permainan ini bisa dilaksanakan dalam 3 termin ataupun 5 termin tergantung scorenya.

 

PERMAINAN BABAK SULIT

Tiap tiap orang akan mendapat kartu ( seperti pada babak 2)

BERDIRI TEGAP

IKAT PINGGANG

BAJU ZIRAH

KASUT

PERISAI

KETOPONG

PEDANG ROH

ketujuh kartu di atas adalah disebut kartu soal, diberikan pada anggota kelompok 2 ( sengaja bukan diberikan pada kelompok 1)

DOA

KEBENARAN

KEADILAN

KERELAAN MEMBERITAKAN INJIL

IMAN

KESELAMATAN

FIRMAN ALLAH

ketujuh kartu di atas disebut kartu jawab, sengaja diberikan pada anggota kelompok 1

 

Mereka diminta berbaris berjajar sama seperti tadi, berhadap-hadapan dan secara acak,

Minta secara acak kelompok 1 membaca kartunya , misalnya Rudy membaca “DOA !” , nah dari kelompok 2 harus secara kompak menggerakkan gerakan BERDIRI TEGAP ( karena di awal tadi masing-masing anak sudah juga mempelajari gerakan kelompok lain, jadi tidak menjadi masalah, mereka harus bisa juga menggerakkan gerakkan berdiri tegap itu seperti apa) Jika ada yang gerakan tidak kompak, nilainya NOL, jika kompak dan betul gerakannya, nilainya 100.

Tiba -bita si Rita  dari kelompok 1 berkata “FIRMAN ALLAH”, maka dari kelompok 2 harus kompak menggerakkan PEDANG ROH itu seperti apa.

Catat berapa nilainya,

Demi keadilan, kini bergantian, kelompok 2 yang membaca kartu secara acak dan bergiliran, sedang kelompok 1 yang memperagakan secara bersama-sama.

misalnya Tony dari kelompok 2 membaca kartu “KETOPONG” maka kelompok 1 harus kompak menggerakkan KESELAMATAN, dst.

Catat berapa nilainya.

Pengumpul nilai terbanyak dia menang.

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

One thought on “GAME PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s