MENJADI ORANG TUA DI ZAMAN DIGITAL- SEMINAR PARENTING


SESI UNTUK  ORANG TUA

IBADAH RAYA SORE-

KOTBAH SEMI SEMINAR PARENTING

GKT SEMARANG

BAGAIMANA JADI ORANG TUA DI ERA- DIGITAL

 

SESI UNTUK  ORANG TUA

IBADAH RAYA SORE-

KOTBAH SEMI SEMINAR PARENTING

GKT SEMARANG

BAGAIMANA JADI ORANG TUA DI ERA- DIGITAL

 

Matius 24: 3-14 ( 2 MENIT)

24:3 1 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, h  datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu i  dan tanda kesudahan dunia 2 ? j  24:12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan 7 , maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. 24:13 Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. t  24:14 Dan Injil Kerajaan ini u  akan diberitakan di seluruh dunia v  menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya 8  9 .”

 

CIRI ZAMAN AKHIR ( 3 MENIT)

  • Kedurhakaan makin bertambah; kejahatan, pelanggaran hukum, kefasikan, kesalahan.
  • Kasih menjadi dingin; perilaku tanpa hukum, kejahatan, dosa
  • Injil Kerajaan akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa.

Ada dua jalur yang saat ini berjalan seiring dengan adanya DUNIA ERA DIGITAL:

  • Percepatan waktu untuk kedurhakaan yang makin bertambah (kejahatan, pelanggaran hukum- hukum kasih kepada Tuhan dan kepada sesama manusia dan kasih kepada diri sendiri- kefasikan-kesalahan- KASIH YANG MENJADI DINGIN
  • Percepatan waktu untuk injil kerajaan Allah akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa.

ZAMAN TELAH BERUBAH ( 15 MENIT)

Anak sekarang adalah anak yang hidup di zaman layar:

  1. TV
  2. Komputer
  3. Handphone
  4. Game
  5. Internet
  6. Gadget

Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri.

Mari perbandingkan dunia anak pada zaman dahulu dibandingkan dengan zaman sekarang:

Zaman dahulu kita bermain seperti ini:

  • Catur, ular tangga, halma, monopoli, dll
  • Gobaksodor
  • Petak Umpet
  • Lempar kartu
  • Lempar karet
  • Dakon/congklak
  • Pasar-pasaran
  • Jamuran
  • Kelereng
  • Dll

MENYIMAK METODE DI DUNIA ANAK

  1. Perhatikan beberapa mainan yang digemari anak-anak berikut ini, dan selidiki metode apa saja yang dipakai di sana:
  • PLAY STATION
  • GAME WATCH
  • GAMES dari KOMPUTER, TABLET, HP, INTERNET,
  • FILM KARTUN
  • GAME ON LINE
  • YOUTUBE
  • GOOGLE
  • JEJARING SOSIAL: FACEBOOK
  • TV
  • INTERNET- CHATING
  • VIDEO CALL
  • DUNIA FOTO- INSTAGRAM, DLL

 

ADA BANYAK HAL YANG HILANG YANG DI GENERASI KITA DULU KAYA, TETAPI DI GENERASI SEKARANG MISKIN, seperti misalnya:

  • METODE LIFE: langsung, keunikan tiap situasi yang selalu berbeda , konsentrasi penuh pada permainan yang di hadapan ( tidak bisa di pause), ada perjuangan untuk menang, ada latihan team work/ kerja tim-
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang dimana mereka berhadapan dengan MESIN/ benda mati.
    • KETIDAKSEIMBANGAN yang dihasilkan bila metode life jarang mereka alami lagi: mereka bertumbuh menjadi anak-anak yang kurang bisa menghargai sebuah KESEMPATAN, karena waktu terus berlalu dan kesempatan belum tentu berulang seperti game yang dengan mudah diplay kapan saja.
  • METODE BICARA: komunikasi, mengemukakan pendapat, mengemukakan aturan main, mengungkapkan kemenangan atau kesedihan
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang dimana mereka berhadapan dengan MESIN/ benda mati yang walaupun bisa mengeluarkan suara, namun tidak bisa berbicara/berdiskusi/sharing/diajak berdebat, dll
    • KETIDAKSEIMBANGAN yang dihasilkan bila metode bicara ini jarang mereka alami lagi; mereka bertumbuh menjadi anak-anak yang kurang bisa berkomunikasi dengan orang lain, kurang bisa mengemukakan pendapatnya, kurang bisa mengemukakan idenya.
  • METODE HUBUNGAN: pertemanan, pertetanggaan, nama orang, rumahnya di mana, hobbynya apa, bagaimana kebiasaannya, bagaimana keluarganya, dll
    • BANDINGKAN dengan dunia Gadget yang menawarkan hiburan dan kemudahan buat anak, hal inilah yang bisa membuat mereka acuh tak acuh/ cuek terhadap lingkungan sekitarnya, bahkan pada orang tua dan keluarganya.
  • METODE NAMA (PETAK UMPAT); harus saling kenal, harus bisa sebut nama, harus tidak boleh malu-malu
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang dimana mereka berhadapan dengan MESIN/ benda mati yang menyebabkan mereka miskin akan teman reel/ teman di dunia nyata.
    • KETIDAKSEIMBANGAN yang dihasilkan bila mereka miskin teman di dunia nyata adalah mereka bertumbuh menjadi orang-orang yang mengalami kesulitan bergaul, mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, tidak tangkas dalam menyelesaikan konflik, tidak mahir dalam membangun persahabatan, kasihnya menjadi dingin.
  • METODE ALAM (OUTDOOR); bersentuhan dengan lapangan, sinar matahari, pohon dan tumbuhan, binatang- binatang sungguhan, permainan yang dibatasi oleh waktu ( sampai sore hari)- mau tidak mau pada saat-saat tertentu mereka akan berkumpul kembali dengan keluarga
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang yang tidak mengenal waktu- karena indoor. Itu artinya bila terjadi KETIDAKSEIMBANGAN akan memungkinkan mereka berhadapan dengan dunia layar/ dunia digital sepanjang 24 jam sehari
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang yang bisa dimainkan baik outdoor ataupun indoor namun demikian mereka akan diam di tempat dan tidak bergerak/move/berinteraksi dengan alam. KETIDAKSEIMBANGAN yang dimungkinkan adalah anak-anak akan bertumbuh menjadi anak yang semakin jauh dari mengenal alam di dunia nyata. Baik dunia flora maupun dunia fauna. Mereka tidak bisa menghargai alam karena jarang bersentuhan dengan alam
    • Bisa jadi mereka lebih mengenal gadget daripada kasih-sayang dan perhatian orang tua mereka. Pada kasus yang ekstreem, bisa jadi mereka justru lebih sayang pada gadgetnya daripada pada orangtuanya
  • METODE SPORT; berlari, melompat, berlomba, score, berkeringat, bergerak.
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang yang membuat mereka duduk berjam-jam di depan layar, atau tiduran di depan layar, terkadang sambil makan makanan snack yang kurang sehat.
    • KETIDAKSEIMBANGAN yang dimungkinkan adalah mereka menjadi anak-anak yang tubuhnya kurang sehat karena kurang bergerak
  • METODE PERAN; peran sebagai apa, apa yang harus dilakukan, berpura-pura, berimajinasi, berekspresi
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang yang walaupun kaya dengan ekspresi, semuanya diwakili oleh tombol, dan tidak perlu menggunakan ekspresi sungguhan.
    • KETIDAKSEIMBANGAN yang dimungkinkan adalah mereka akan bertumbuh menjadi anak-anak yang sulit mengenali emosi dirinya sendiri dan sulit mengendalikan emosinya karena tidak pernah berlatih mengenali dan menyalurkan ekspresi dirinya.
  • METODE SENTUHAN; bergandengan tangan dalam lingkaran, menepuk pundak lawan, mengekspresikan kemenangan, dll
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang yang hanya mengenal sentuhan dengan alat benda mati, dan hanya sebatas jari.
    • KETIDAKSEIMBANGAN yang dimungkinkan adalah mereka akan bertumbuh menjadi anak-anak yang haus akan sentuhan dan mencari pemuasannya dengan cara yang salah, sehingga tidak heran akan banyak anak yang berperilaku sex pra nikah.
  • METODE EKSPRESI KASIH (KEJUTAN); kaget saat ditemukan tempat sembunyinya, kaget saat dipanggil namanya, dll
    • Salah satu penelitian menunjukkan bahwagadget bisa jadi berperan besar dalam pembentukan anak nakal. Misalnya, secara alamiah, anak-anak menyukai suara yang meriah dan gadget memberikan respon secara langsung terhadap kebutuhan tersebut. Ketika anak Anda tidak terhubung dengan gadget, mereka akan mencari suara itu dari sumber lainnya. Akhirnya, anak Anda akan mencari respon suara itu dalam bentuk lainnya, salah satunya dari suara Anda ketika marah/ berteriak. Dan, menurut penelitian itu, konon respon suara marah itu ternyata dapat membuat anak Anda merasa diperhatikan. Maka, terancam ‘lah mental anak Anda jika mereka menilai marah sebagai bentuk perhatian.

 

  • METODE MIMIK MUKA ( CUBLAK SUWENG); berpura-pura tidak tahu, dll ( berlatih mengelola ekspresi)
    • BANDINGKAN dengan mainan anak zaman sekarang yang ekspresinya hanya berhadapan dengan mesin/benda mati.
    • KETIDAKSEIMBANGAN yang dimungkinkan adalah mereka haus akan respon yang didapat dari orang lain melalui dunia maya. Waktu mereka yang terjebak pada berhadapan dengan mesin, menyebabkan mereka juga tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendapat respon dari orang lain secara life, akhirnya yang mereka lakukan adalah mencari respon yang mereka dapatkan dari dunia layar.

MUNGKIN Anda berkata bahwa Gadget itu bermanfaat positif untuk anak anda?? ( 15 MENIT)

UNTUK ANAK 0-2 TAHUN NO GADGET AT ALL

  • HASIL PENELITIAN TENTANG PENGARUH GADGET BAGI ANAK USIA 0-2 TAHUN  (Sumber : Parent Cyber Army)
  • Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat dan Kanada (the American Academy of Pediatrics) menekankan anak usia 0-2 tahun tidak boleh terpapar gadget sama sekali. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan.
    Ada bukti kuat bahwa anak yang sudah terpapar dengan layar sebelum usia 2 tahun,

MATA

  • akan mengalami gangguan penglihatan, defisit perhatian,

PERKEMBANGAN BAHASA

  • gangguan dalam perkembangan bahasa, membaca,
    • Tidak ditemukan munculnya kata-kata baru yang dipelajari dari program video yang dirancang untuk meningkatkan kosa kata anak usia 12-18 bulan (Penelitian DeLoache dkk pada tahun 2010). Dengan demikian, pendekatan pendidikan melalui gadget tidak akan efektif bagi mereka.
    • . Dari hasil penelitian Martha Farah, Direktur Center for Neuroscience and Society di the University of Selain itu Farah dan timnya juga menyimpulkan bahwa anak akan lebih lancar berbahasa jika distimulasi mengunakan benda-benda yang nyata. Penelitian yang dilakukan Farah ini juga didukung oleh penulis buku anak Jamie Loehr, MD dan Jen Meyers. Menurut mereka anak-anak pada usia batita memerlukan interaksi yang berasal dari orang tua dan pengasuh untuk merangsang otak mereka

PERKEMBANGAN KOGNITIF

  • Stimulasi merupakan kunci utama dalam proses pertumbuhan anak pada usia 0-2 tahun, Mereka menyarankan untuk perkembangan kognitif anak usia 0-12 bulan, orangtua disarankan untuk lebih sering membacakan dongeng supaya mereka terbiasa dengan suara. Selain itu anak juga harus dibiasakan bermain dengan cermin sehingga mereka bisa melihat wujud dan gerakan mereka sendiri.

 

GANGGUAN KESEHATAN DAN STUDY

  • Ia mengungkapkan temuannya dalam pertemuan tahunan American Psychological Association. Menurutnya, remaja yang sering menggunakan teknologi seperti video game atau internet, cenderung lebih mengeluhkan nyeri perut, gangguan tidur, kecemasan dan depresi. Mereka juga dilaporkan sering bolos sekolah.
  • serta resiko lebih tinggi untuk terpapar radiasi.

MEMORY OTAK

  • penurunan kemampuan konsentrasi dan daya ingat jangka pendek (edukasi yang berasal dari gadget tidak akan lama bertahan dalam ingatan anak-anak),

PERILAKU

  • adiksi/ kecanduan,

INTERAKSI SOSIAL

  • Fakta lain dari Tomopoulos (2011) mengatakan bahwa stimuli yang didapat anak usia di bawah 3 tahun dari layar belum dapat mereka pahami. Stimuli dari layar tidak dapat memberikan interaksi dua arah sehingga anak tidak dapat belajar membaca ekspresi, dan yang terpenting merasakan afeksi dari lawan bicaranya melalui nada bicara dan bahasa tubuh; padahal anak-anak terlahir untuk berinteraksi dengan manusia dan belajar melalui interaksi tersebut. Dari beberapa hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa no gadget at all untuk anak di bawah 2 tahun.

PERKEMBANGAN SENSORIMOTOR UNTUK ANAK USIA 0-2 TAHUN

Periode sensorimotor adalah periode pertama dari empat periode. Piaget berpendapat bahwa tahapan ini menandai perkembangan kemampuan dan pemahaman spatial penting dalam enam sub-tahapan:

  1. Sub-tahapanskema refleks, muncul saat lahir sampai usia enam minggu dan berhubungan terutama dengan
  2. Sub-tahapanfase reaksi sirkular primer, dari usia enam minggu sampai empat bulan dan berhubungan terutama dengan munculnya kebiasaan-kebiasaan.
  3. Sub-tahapanfase reaksi sirkular sekunder, muncul antara usia empat sampai sembilan bulan dan berhubungan terutama dengan koordinasi antara penglihatan dan pemaknaan.
  4. Sub-tahapankoordinasi reaksi sirkular sekunder, muncul dari usia sembilan sampai duabelas bulan, saat berkembangnya kemampuan untuk melihat objek sebagai sesuatu yang permanen walau kelihatannya berbeda kalau dilihat dari sudut berbeda (permanensi objek).
  5. Sub-tahapanfase reaksi sirkular tersier, muncul dalam usia dua belas sampai delapan belas bulan dan berhubungan terutama dengan penemuan cara-cara baru untuk mencapai tujuan.
  6. Sub-tahapanawal representasi simbolik, berhubungan terutama dengan tahapan awal kreativitas.
    • Pada usia 0-2 tahun, menurut Piaget, anak berada pada tahapan sensorimotor. Pada tahap ini, anak sedang mengembangkan seluruh panca indranya, belajar dari gerak rekfleks, mempelajari bahasa pertama, belajar berbicara, belajar berjalan, mempelajari kebiasaan baru serta melakukan trial and error. Masa ini membutuhkan stimulasi agar berjalan dengan optimal. Gadget memang menjadi salah satu alat dalam memberi stimulasi namun hanya pada bagi penglihatan dan pendengaran, sementara anak punya sensori lain yang juga butuh dikembangkan. Pennsylvania, menyimpulkan bahwa stimulasi kognitif anak akan memiliki dampak signifikan jika anak distimulasi menggunakan buku, mainan yang mendidik dan alat musik yang nyata, mendengarkan musik rohani,. Itu karena si kecil bisa mengenal langsung huruf, warna, angka secara langsung tanpa perantara layar kaca.

PERKEMBANGAN EMOSI ANAK

Anak membutuhkan banyaknya sentuhan dan pelukan kasih sayang untuk perkembangan emosi nya, Gadget tidak dapat memberikan itu semua pada mereka

KESIMPULAN :

UNTUK ANAK 0-2 TAHUN NO GADGET AT ALL / TIDAK SAMA SEKALI !!!

 

 

SOLUSI UNTUK ANAK DI ATAS 3 TAHUN ( 20 MENIT)

DUA JALUR INI HARUS DISEIMBANGKAN:

  • BAGAIMANA MENGHINDARI DAMPAK BURUK DUNIA LAYAR UNTUK ANAK-ANAK KITA
  • BAGAIMANA MEMANFAATKAN DUNIA LAYAR UNTUK ANAK-ANAK KITA AGAR MEREKA DAPAT MENDAPATKAN MANFAAT PERCEPATAN DI ZAMAN AKHIR BAIK UNTUK INFORMASI POSITIF MAUPUN UNTUK MEMBERI PENGARUH POSITIF PADA DUNIA DENGAN BERITA INJIL.

SOLUSI:

  1. Batasi waktu anak-anak dalam dunia internet- seimbangkan waktu mereka dengan keluarga-saudara-teman, dll . Buatlah kesepakatan dengan anak mengenai durasi dan aturan menggunakan gadget. Buatlah jadwal penggunaan gadget
  2. Stop bermain gadget saat makan bersama, jangan makan di depan TV/ layar apa pun, jadikan obrolan anda di seputar meja makan sebagai layar.
  3. Perbanyak waktu bermain bersama anak-anak , indoor atau outdoor, misal berenang, bermain buble, melukis bersama, bermain air, ke taman , ke kebun, ke desa, ke kebun binatang, olah raga, dll
  4. Ajak anak bermain bersama teman di gereja, di rumah, di kerabat, di tetangga ( tentu dengan pengawasan)
  5. Berikan keragaman pada anak dari gadget ke buku, bacakan cerita, berjalan jalan ke perpustakaan/ toko buku, banyak beli kaset film rohani, lagu anak yang mendidik, dll
  6. Hindari penggunaan gadget di depan anak karena anak akan mudah meniru
  7. Ciptakan dunia sekolah dan gereja yang mengembalikan mereka ke ‘dunia’ life. (contoh : materi-materi JCA akan menjadi contoh bagaimana mengembalikan mereka ke dunia anak yang seimbang dan sehat untuk roh jiwa dan tubuh mereka)
  8. Pikirkan kesibukan orang tua di dunia pekerjaan

KESIBUKAN DI DUNIA PEKERJAAN

  • Ibu rumah tangga sebaiknya berpikir ulang untuk bekerja di luar rumah, dengan mencari alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan di dalam rumah , seperti misalnya:
    • Menjadi penulis buku
    • Membuka usaha catering
    • Membuka industri rumah tangga ( misalnya membuat kerupuk, dll)
    • Membuka warung di rumah
    • Membuka kantor di rumah
    • Dll
  • Kesibukan papa dan mama di luar rumah mengakibatkan hal-hal sbb:
    • Anak dititipkan di rumah kakek dan nenek
      • Anak akan merasa tertolak karena tidak diasuh langsung oleh papa dan mama
      • Anak akan dididik dengan cara yang salah yaitu dengan terlalu dimanjakan
    • Anak dididik oleh pembantu rumah tangga
      • Yang tingkat pendidikannya bisa jadi rendah
      • Yang cara berbicaranya kebanyakan menggunakan bahasa ancaman, dll
      • Yang dasar imannya bisa jadi tidak sama dengan kita
      • Yang karakternya bisa jadi belum tentu baik, bahaya bila ditiru oleh anak
      • Yang bisa jadi kasar terhadap anak
      • Yang bisa jadi menonton acara-acara TV yang tidak mendidik, tidak tahu bagaimana cara mendidik anak dengan baik.
      • Yang bisa jadi kurang bisa menjaga kebersihan
      • Yang bisa jadi mengalami gangguan mental yang tidak kita ketahui karena biasanya kita tidak menerapkan psikotest kepada mereka
    • Anak dititipkan di tempat penitipan anak / day care
      • Yang bisa jadi cara mendidiknya secara umum/ kurang personal
      • Yang bisa jadi mahal sekali – tidak sebanding dengan uang yang kita dapatkan dengan bekerja di luar
    • Komunikasi dengan anak dilakukan melalui media sosial, sehingga hal ini mengakibatkan hal-hal sbb:
      • orang tua dan anak jarang berkomunikasi secara langsung/ life.
      • Orang tua melegalkan anak-anak menggunakan gadget karena memang itulah sarana mereka berkomunikasi dengan anaknya, TANPA ADANYA PENGAWASAN terhadap bagaimana si anak menggunakan sarana gadget itu, selain untuk berkomunikasi dengan orang tuanya, tentunya.
  1. Orang tua harus mengerti dunia Gadget agar dapat mendampingi, mengawasi, mengontrol dunia gadget anak-anaknya. Jangan malas untuk belajar hal baru. Buat kesepakatan untuk anak-anak dapat share semua password dan semua kegiatan gadget harus terkontrol orang tua.
  2. Punya ruang bergadget- di ruang terbuka- bukan di kamar tertutup. Buat aturan ini
  3. Latih anak-anak untuk memanfaatkan gadget secara positif: ( sesuai umur mereka saat mereka sudah diperbolehkan memiliki jejaring sosial)
    1. Membuat status / kalimat mutiara yang memberkati orang banyak
    2. Memberi pengaruh injil kepada sebanyak mungkin orang dalam waktu cepat
    3. Membuat website/blog yang positif
    4. Membaca ilmu pengetahuan
    5. Mengembangkan hobby yang positif, misal fotography, editing video, video kreatif, editing foto, humor membangun, dll
    6. Mengembangkan jaringan yang sangat positif- cari teman yang sehat dan dapat saling membangun dan tetap berhati-hati terhadap orang yang tidak dikenal

Video tersebut dari explainEDtv

  1. Perkenalkan bahaya-bahaya apabila:
    1. Menjalin persahabatan yang terlampau akrab dengan orang yang tidak dikenal di dunia nyata- teman di dunia maya sebanyak mungkin bukan sebuah prestasi
    2. Memberikan informasi alamat, nomor HP/ pin BB pada siapa saja
  • Mengupload foto-foto masa kecil saat sedang mandi/berenang, dll
  1. Tidak perlu membuat foto-foto yang tidak sopan
  2. Tidak perlu menonton film film yang porno
  3. Cari judul-judul film yang bagus untuk ditonton bersama

 

 

  1. Jawab tes keluarga ini dan lihat sejauh mana score anda.

 

Semua pertanyaan di bawah ini seharusnya jawabannya adalah YA, tetapi anda bisa menghitung saja SEBERAPA BANYAK YA- dari 60 pertanyaan ini, jawab dengan jujur dan spontan.  Ini adalah quiz lisan, tugas anda menghitung jawaban anda secara spontan!!

 

TEST KELUARGA BAHAGIA ( 5 MENIT)

BIDANG ROHANI

  1. Apakah keluarga anda sering berdoa bersama, memuji dan menyembah Tuhan bersama atau membaca Alkitab bersama?
  2. Apakah anda membacakan cerita Alkitab sebelum anak anda tidur malam?
  3. Apakah anda memutarkan lagu rohani buat anak anda di mobil, di rumah, dan di mana saja?
  4. Apakah anda mendoakan anak-anak anda setiap hari?- saat mereka tidak di dekat anda
  5. Apakah anda mendoakan anak-anak anda setiap hari, dengan doa yang dapat didengar mereka?
  6. Apakah anda sering membelikan anak anda buku bacaan rohani, seperti kisah Alkitab, dll?
  7. Apakah anda memantau perkembangan anak anda di gereja?
  8. Apakah anda tumpang tangan dan mendoakan doa berkat bagi anak-anak anda setiap hari?
  9. Apakah anda mengajarkan ayat mas pada anak-anak anda?

 

SENTUHAN DAN KASIH SAYANG

  1. Apakah anda terbiasa mencium anak anda setiap hari, walau tidak saat menjelang tidur atau bangun tidur ?
  2. Apakah anda anda yang masih kecil tidur bersama pembantu rumah tangga, atau tidur bersama anda?
  3. Apakah anda selalu mencium anak anda sebelum dia tidur malam? Atau saat dia bangun pagi?
  4. Apakah anda sering memeluk anak anda?
  5. Apakah anda selalu berkata ;”Papa sayang kamu nak…” “Mama sayang kamu nak”

 

HUBUNGAN

  1. Apakah anda selalu mengantar anak anda ke sekolah?
  2. Apakah anda sendiri yang memandikan anak anda, ataukah pembantu rumah tangga
  3. Apakah anda sendiri yang menyuapi anak anda, ataukah pembantu rumah tangga
  4. Apakah anda memberi kejutan saat anak anda berulang tahun?
  5. Apakah anda menelepon anak anda saat anda berada di luar kota?
  6. Apakah anda pernah meminta maaf pada anak anda saat anda berbuat salah?

 

KOMUNIKASI

  1. Apakah anda sering mempersilahkan anak anda untuk memberi masukan/ saran pada anda?
  2. Apakah anda menyempatkan waktu makan di luar bersama-sama?
  3. Apakah anda sering bergurau dengan anak anda?
  4. Apakah anda adalah orang yang pertama yang diajak anak anda curhat saat dia ada masalah?
  5. Apakah keluarga anda makan bersama di seputar meja makan (ataukah di depan TV)..??

 

PERHATIAN

  1. Apakah anda memiliki catatan perkembangan anak anda dari waktu ke waktu?
  2. Apakah anda memantau perkembangan berat badan anak anda?
  3. Apakah anda selalu memastikan seragam anak anda siap?
  4. Apakah anda selalu memastikan kaos kaki anak anda siap?
  5. Apakah anda sering membelikan oleh-oleh untuk anak anda?
  6. Apakah anda memiliki foto/video perkembangan anak anda?
  7. Apakah anda mengenali hobby, warna kesukaan, koleksi, dan kebiasaan anak-anak anda?

 

PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN

  1. Apakah anda sering menemani anak anda belajar ataukah menyerahkan tugas ini pada guru les?
  2. Apakah anda memantau perkembangan study anak anda di sekolah dengan mengecek buku-bukunya? Pe-er pe-ernya? Setiap hari? Membaca buku penghubung setiap hari?
  3. Apakah anda sendiri yang mengambil raport anak anda di sekolah?
  4. Apakah anda selalu menghadiri pertemuan orang tua murid di sekolah?
  5. Apakah anda selalu terlambat mengantar anak anda ke sekolah?
  6. Apakah anda selalu terlambat menjemput anak anda ke sekolah?
  7. Apakah anda menyiapkan tabungan untuk pendidikan anak-anak anda kelak?
  8. Apakah anda sering membelikan anak anda buku ilmu pengetahuan/ tokoh-tokoh penemu, dll?

 

MAKANAN JIWANI

  1. Apakah anda selalu memantau acara TV yang sedang ditonton anak anda?
  2. Apakah anda selalu memantau kaset-kaset PS/ game-game apa saja yang dimainkan anak anda di gadget?
  3. Apakah anda menseleksi mainan anak anda dari benda-benda kekerasan? Dan gambar-gambar kekerasan?
  4. Apakah anda sering berenang bersama?
  5. Apakah anda sendiri yang mengajarkan anak anda bermain sepeda?
  6. Apakah anda sering membuatkan mainan sederhana untuk anak anda?
  7. Apakah anda sering berekreasi bersama di hari libur?

 

MAKANAN JASMANI

  1. Apakah anda memasak masakan kesukaan anak –anak anda?
  2. Apakah anda memasak masakan istimewa saat mereka berulang tahun?

 

PERGAULAN

  1. Apakah anda mengenali siapa teman-teman anak anda? ( teman sekolah, teman bermain, teman gereja..dll?)
  2. Apakah anda mengawasi siapa saja teman dunia maya anak anda?
  3. Apakah anda rajin mengajak anak anda komsel/arisan/temu keluarga/main ke rumah kerabat/sahabat?

 

SUAMI- ISTERI

  1. Apakah anda mencium pasangan anda setiap hari?
  2. Apakah anda mengucapakan ‘ I Love You’ setiap hari pada pasangan anda?
  3. Apakah anda memasak masakan kesukaan suami anda?
  4. Apakah anda sering memuji istri anda?
  5. Apakah anda mengingat hari ulang tahun isteri anda?
  6. Apakah anda mengingat hari ulang tahun suami anda?
  7. Apakah anda memberikan kejutan pada isteri anda saat dia berulang tahun?
  8. Apakah anda memberikan kejutan pada suami anda saat dia berulang tahun?

 

SCORE-

YA-

50-60 jawaban YA, anda adalah  ORANG TUA YANG SANGAT LUAR BIASA

40-50 jawaban YA, anda adalah  ORANG TUA YANG  BAIK, HARUS TERUS MENGEMBANGKAN DIRI KE ARAH YANG LEBIH BAIK LAGI

30-40 jawaban YA, anda adalah  ORANG TUA YANG HARUS INTROSPEKSI DIRI

20-30 jawaban YA, anda adalah  ORANG TUA YANG PARAH, HARUS BERTOBAT

10-20 jawaban YA, anda adalah  ORANG TUA YANG MEMBUTUHKAN KONSULTASI DARI MENTOR ROHANI/ DARI KELUARGA TELADAN

 

AYAT PENUTUP (1 MENIT)

1Kor 10:23 “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. z  “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

 

DOA PEMBUKA DAN PENUTUP ( 4 MENIT)

 

TOTAL WAKTU 70 MENIT PLUS CADANGAN WAKTU 5 MENIT-

 

BACA TULISAN TERKAIT:

SINOPSIS SEKOLAH ALKITAB LIBURAN 2015 GENERASI DIGITAL

SESI 1 ALKITAB ITU KUNO ..??

SESI 2 MERAH KUNING HIJAU

SESI 3 MENGHITUNG HARI

SESI 4 AKU ANAK MODERN

KKR ANAK ; AKU DAN GADGETKU

PARENTING/ SEMINAR UNTUK ORANG TUA; BAGAIMANA MENJADI ORANG TUA DI ERA DIGITAL

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s