SIL ; THE EAGLE GENERATION SESI 2


SESI 2

I AM VERY GRATEFUL

SAYA SANGAT BERSYUKUR

Power Point dapat diunduh sbb:

I_M VERY GRATEFUL

Ayat Kunci                                                           : Mazmur 139:16

Identitas sekunder                                : Aku ditentukan Tuhan lahir di zaman apa, di suku                                                      apa, di bangsa apa, di keluarga apa, di budaya                                                                        seperti apa, aku bersyukur kepada Tuhan atas itu                                                           semua. Tuhan sudah merancang hidupku dengan                                                               rancanganNya sempurna.                                                                                            Tuhan bisa memakai hidupku, karena Tuhan bisa                                                       memakai siapa saja, dengan latar belakang apa saja.

 

The Eagle Generation                                    : Rajawali adalah burung yang hidup dalam POLA                                                                                KELUARGA, dia menikah, memiliki keluarga dan                                                                                setia terhadap pasangannya sampai mati, tidak                                                                                  pernah selingkuh.

Pejantan ikut bekerjasama dengan rajawali betina                                                                           untuk mengerami telur-telur mereka. Tidak seperti                                                                         burung lain yang hanya dierami oleh betina saja.

Pejantan juga ikut mendidik anak-anak rajawali                                                                                                 untuk belajar terbang.

Pejantan juga berburu dan ikut memberi makanan                                                                          kepada                 anak-anaknya. Tidak hanya induknya saja                                                                             yang melakukan hal itu.

Pejantan ikut terlibat dan berperan dalam                                                                                           pendidikan anak-anaknya.

Ada ikatan emosi bapak dan anak yang tidak                                                                                       terputus.

Mengapa burung rajawali bertumbuh menjadi jenis                                                                        burung                 yang sangat kuat dan perkasa, adalah                                                                                     karena  adanya                 kerjasama antara pejantan dan                                                                                                 betina untuk membesarkan Anak anaknya

Tidak ada ayat terkait dengan The Story of Eagle ini.

 

 

MATERI UNTUK ANAK

TERMIN 1;

KISAHKU UNTUKMU

Guru mengisahkan bahwa Tuhan menempatkan guru tersebut di latar belakang seperti apa; SUKU, WARNA KULIT, BUDAYA, KELUARGA, PEKERJAAN ORANG TUA, EKONOMI ORANG TUA, PENDIDIKAN, dan PEKERJAAN yang sekarang sedang digeluti oleh guru tersebut.

Guru menunjukkan bahwa guru SAAT INI bersyukur untuk semua yang TELAH TUHAN TENTUKAN dan tidak bisa ditawar-tawar , di zaman seperti apa lahirnya, di kota apa dibesarkan, di lingkungan sekolah yang seperti apa, itu semua menjadi sebuah PROSES PERTUMBUHAN

Guru sangat bersyukur kepada TUHAN, karena Tuhan sangat merancang itu semua dengan segala kebaikan Tuhan.

Memperkatakan Firman Tuhan

Guru mengajak anak –anak memperkatakan Mazmur 139:16

Dalam kitabMu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun daripadanya.

 

Artinya Tuhan itu punya rencana yang indah , sejak kita dalam kandungan ibu, Tuhan tidak pernah salah menempatkan kita di keluarga seperti apa, Tuhan tidak pernah iseng menempatkan kita di kota apa, dll Tuhan sudah atur semuanya itu, untuk kemuliaan namaNya.

Ajak anak-anak membaca MAZMUR 145: 9

TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.

TERMIN 2

THE STORY OF EAGLE’S FAMILY

Rajawali adalah burung yang hidup dalam POLA                                                                                                   KELUARGA, dia menikah, memiliki keluarga dan setia                                                                                           terhadap pasangannya sampai mati, tidak pernah                                                                                                   selingkuh.

Pejantan ikut bekerjasama dengan rajawali betina untuk                                                                              mengerami telur-telur mereka. Tidak seperti burung lain                                                                            yang hanya dierami oleh betina saja.

Pejantan juga ikut mendidik anak-anak rajawali untuk                                                                                    belajar terbang.

Pejantan juga berburu dan ikut memberi makanan kepada                                                                          anak-anaknya. Tidak hanya induknya saja yang melakukan                                                                  hal itu.

Pejantan ikut terlibat dan berperan dalam pendidikan                                                                                    anak-anaknya.

Ada ikatan emosi bapak dan anak yang tidak terputus.

Mengapa burung rajawali bertumbuh menjadi jenis                                                                                        burung                 yang sangat kuat dan perkasa, adalah karena                                                                                               adanya                 kerjasama antara pejantan dan betina untuk                                                                                             membesarkan Anak anaknya

Wau keluarga rajawali adalah keluarga yang luar biasa, tetapi nanti di sesi berikut berikutnya kita akan belajar bahwa menjadi anak rajawali tidak mudah, dia harus sarangnya dibongkar, dia harus kedinginan, dia harus beberapa waktu sengaja tidak diberi makan oleh papa dan mamanya agar dia mau belajar terbang dan bisa mencari makan sendiri, untuk belajar terbang dia harus dipatuk patuk sampai jatuh, dia harus ketakutan, dll, semua itu dilakukan di keluarga rajawali, dan tidak pada burung jenis lain.

Mungkin rajawali bisa saja berteriak….” Aku tidak mau jadi anak rajawaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, betapa sulitnya !!! Aku mau jadi anak ayam aja, sepertinya hidupnya anak ayam  kog lebih mudah”

Ingatlah satu hal, bahwa kalian semua adalah Anak Rajawali, bukan Anak ayam. Tuhan sudah punya maksud mengapa menciptakan seekor anak rajawali dan ditempatkan di sebuah keluarga rajawali.

Demikian juga dengan hidup kita, Tuhan sudah merancang hidup kita, warna kulit kita, tanggal lahir kita, kota kelahiran kita, siapa orang tua kita, bagaimana talenta kita, seperti apa pekerjaan orang tua kita, dst. Tuhan sudah merancang/ merencanakan itu semua. Mari kita bersyukur kepada Tuhan, karena Tuhan itu baik. Jangan pernah mengeluh, mengapa hidungku seperti ini, mengapa kulitku seperti ini, mengapa orang tuaku seperti ini, mengapa aku di kota ini, dst. Mari syukuri semuanya, karena Tuhan itu baik.

Guru mengajak anak –anak memperkatakan Mazmur 139:16 SEKALI LAGI

Dalam kitabMu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun daripadanya.

Ajak anak-anak membaca MAZMUR 145: 9 SEKALI LAGI

TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.

TERMIN 3

Guru menjelaskan tokoh-tokoh Alkitab yang berbeda latar belakangnya, sambil memperagakan property masing-masing/ mengajak anak-anak terlibat memakai property tersebut dengan maju ke depan satu per satu. Guru boleh menggunakan GAMBAR tokoh pada Power Point, tetapi tetap memfungsikan anak yang maju ke depan dengan propertynya sebagai ALAT PERAGA ORANG.

Guru pilih beberapa tokoh saja/ tidak harus semua/ pilih saja yang dibutuhkan anak-anak yang diasuh dan sesuaikan dengan waktu yang tersedia. Bahkan boleh menambahkan tokoh yang tidak dibahas di sini.

Semua pembahasan tokoh akan VOCUS pada LATAR BELAKANG MEREKA. Intinya adalah; semua latar belakang bisa dipakai Tuhan, jadi kita harus bersyukur bahwa Tuhan bisa pakai hidup kita kelak atau bahkan sejak sekarang, untuk menjadi alat bagi kemuliaanNya.

Karena kalau anda Vocus pada kisah hidup tiap tokoh, akan sangat memakan waktu.

Setelah selesai ; ada GAME kelas kecil/tengah. ( pada termin berikutnya)

Dan ada GAME kelas tengah/besar.( pada termin berikutnya)

 

KEUNIKAN LATAR BELAKANG TOKOH TOKOH ALKITAB

NAMA TOKOH ASAL LATAR BELAKANG EKONOMI/ PEKERJAAN/ SUKU KETERANGAN APLIKASI DALAM HIDUP KITA PROPERTY UNTUK KELAS KECIL
AYUB DAERAH TIMUR ( Ayub 1:3) Orang terkaya di daerah timur ( Ayub 1:3)

Di awal kitab dikatakan bahwa ia mempunyai:

·         7 anak laki-laki dan 3 anak perempuan.

·         7000 ekor kambing domba

·         3000 ekor unta

·         500 pasang lembu

·         500 keledai betina

·         budak-budak dalam jumlah yang sangat besar

 

Tuhan bisa memakai orang kaya seperti Ayub untuk menyatakan kuasaNya.

 

Ayub mengalami banyak musibah dalam hidupnya, tetapi kemudian Tuhan memulihkan kehidupan Ayub.

Kalau kita lahir di keluarga kaya, kita harus bersyukur, karena orang-orang kaya yang takut akan Tuhan pun dipakai Tuhan dalam kekayaan mereka, contoh; Abraham, Ayub, Perempuan-perempuan yang melayani Yesus dengan kekayaan mereka, Maria Magdalena, Yohana isteri Khuza, Susana, dll Lukas 8:2-3

 

Banyak orang tidak suka kepada orang kaya, tetapi ingatlah bahwa jika kamu lahir di keluarga kaya bersyukurlah, karena Tuhan mau pakai hidupmu dan kekayaanmu untuk memuliakan namaNya.

 

Uang mainan
DEBORA Israel, di Efraim. Seorang ibu rumah tangga, isteri Lapidot. Hak 4,5 Tuhan bisa memakai seorang ibu rumah tangga biasa, untuk menjadi Hakim Israel, seorang Nabiah dan seorang Musisi. Selama Debora memerintah sebagai Hakim, bangsa Israel aman dari serangan musuh selama 40 tahun lamanya Kalau kita adalah seorang biasa, lahir di keluarga biasa, bukan keluarga yang terkenal di masyarakat luas, bersyukurlah, karena Tuhan dapat memakai kesederhanaan kita, contoh:

Seorang gadis pelayan di keluarga Naaman, yang dipakai Tuhan memberitakan bahwa Naaman bisa disembuhkan oleh Allah Israel melalui nabiNya.

Panci dan Wajan untuk memasak ( perlengkapan masak)
GIDEON Israel Seorang pemuda dari keluarga yang tidak dikenal, dari suku Manasye Tuhan bisa memakai Gideon, seorang pemuda dari keluarga yang tidak dikenal, untuk membebaskan rakyat Israel dari serangan dan jajahan musuh, serta menghancurkan penyembahan berhala mereka. Gideon dari keluarga biasa, bukan dari keluarga terkenal, tetapi Tuhan memilih dan memperlengkapi dia, demikian juga bila kita berasal dari keluarga biasa, Tuhan bisa pakai hidup kita. Bersyukurlah untuk hal itu. Jubah Gideon ( jubah berwarna)
SAMUEL Israel Seorang Hakim terakhir ( Kis 13:20), dan juga Nabi yang pertama ( Kis 3:24) yang mulai bernubuat di negeri Israel. Berasal dari suku Lewi, dan sejak kecil ( lebih kurang usia 3 tahun) telah terpisah dari keluarganya, karena tinggal di SILO, di rumah Tuhan. Tinggal di lingkungan keluarga  Imam Eli yang tidak takut akan Tuhan Tuhan bisa memakai Samuel sebagai Nabi yang mengurapi Raja Saul dan Raja Daud, walaupun sejak kecil dia terpisah dari orang tuanya. Tuhan sanggup menjaga kehidupan Samuel untuk terus berkenan di hadapan Tuhan. Samuel tinggal jauh dari orang tuanya, terpisah dari keluarganya, tetapi Samuel bisa dilindungi Tuhan dan dipakai Tuhan secara luar biasa. Demikian juga dengan kita, saat kita jauh dari keluarga, Tuhan sanggup memakai hidup kita, asalkan kita selalu hidup dekat dengan TUHAN Jubah Putih
SIMSON Israel Simson ditulis pada Hakim-hakim 13-16. Simson menggunakan kekuatan fisiknya yang luar biasa untuk bertempur melawan musuh-musuhnya dan melakukan beberapa aksi kepahlawanan yang tidak dapat dilakukan oleh manusia biasa: bergulat melawan singa, menghancurkan pasukan musuh dengan hanya menggunakan tulang rahang keledai, dan merobohkan sebuah bangunan raksasa.

 

Simson pernah jatuh kepada melanggar janjinya kepada Tuhan, dengan membiarkan rahasianya terbongkar musuh ( Delila), sehingga rambut nazirnya terpotong, sehingga kekuatannya hilang. Namun di akhir hidupnya Simson bertobat dan Tuhan mengembalikan kekuatannya untuk bertempur di hari akhir kematiannya

 

Tuhan bisa memakai orang yang kuat sekali seperti Simson dan memakai pertobatan Simson sebagai kemuliaan Tuhan untuk menghancurkan musuh , yaitu orang Filistin. Simson diberi kekuatan yang luar biasa, orang tuanya sudah tua, karena dia dilahirkan saat orang tuanya sudah tua. Sama seperti juga Ishak, memiliki orang tua yang sudah tua. Keluarga yang terlihat aneh di mata masyarakat, tetapi Tuhan bisa memakai Simson, memakai Ishak sebagai alat di tanganNya. Kalau kamu dilahirkan pada saat usia orang tuamu sudah tua, tetaplah percaya pada Tuhan, bahwa Tuhan pun bisa memakai kehidupanmu. Tali pengikat yang dipakai mengikat Simson ( nantinya tali ini mudah terlepas)
DANIEL Israel Daniel adalah orang buangan di negeri Babel. Daniel memenuhi kriteria ini: keturunan raja dan dari kaum bangsawan, yakni orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja, Walaupun Daniel adalah keturunan raja, dan seorang muda yang sehat badannya, serta pandai sekali, namun Daniel tinggal di negeri asing sebagai seorang buangan. Namun Tuhan dapat memakai Daniel sbb;

Nubuatnya dimulai dari Kitab Daniel pasal ke-7 sampai 12. Seluruh nubuatannya adalah tentang akhir zaman, berbeda dengan YesayaYeremia dan Yehezkiel yang banyak bernubuat tentang kedatangan Mesias, meskipun juga menyangkut akhir zaman. Daniel diberi penglihatan (wahyu) oleh Tuhan tentang apa yang terjadi pada sejarah dunia. Inti nubuat yang ia dapatkan adalah berupa akan ada sejumlah peristiwa besar yang terjadi menjelang akhir zaman, termasuk kedatangan Mesias, sampai dengan tibanya akhir zaman.

Karena Daniel seorang yang takut akan Tuhan, serta rajin berdoa.

Daniel adalah keturunan raja dan dia adalah kaum bangsawan, dia seorang yang gagah, pandai. Tuhan juga memakai orang-orang yang pandai, karena kepandaian bisa dipakai Tuhan untuk menyampaikan pesan Tuhan pada dunia, lewat ilmu pengetahuan, dan lewat karier/pekerjaan.

Daniel selalu bekerja di pemerintahan. Demikian juga mungkin kita ada yang orang tuanya bekerja di kantor, di pemerintah ( pegawai negeri) bersyukurlah, karena Tuhan bisa memakai keluarga kita jadi berkat di dunia kerja sebagaimana Daniel jadi berkat di negeri Babel.

Balpoint dan kertas
YEFTA Israel, dari daerah GILEAD 1.    Yefta adalah anak yang tertolak di keluarganya.

2.

3.    Nama ibunya tidak dicatat dalam Alkitab. Ibunya adalah perempuan sundal dan perempuan lain. Perempuan lain belum tentu pekerjaannya sebagai perempuan sundal, dan perempuan sundal belum tentu jadi perempuan lain (perempuan simpanan/gundik/ tidak dinikahi secara sah) tetapi ibu daripada Yefta kedua-duanya, selain dia perempuan lain, dia juga perempuan sundal.

Yefta memiliki saudara-saudara tiri dari hasil pernikahan ayahnya, Gilead, dengan isterinya yang sah. Yefta dibesarkan dalam keluarga besar ini, di lingkungan ayahnya, di lingkungan saudara-saudara tirinya.

2.    Penolakan apa yang dialami Yefta?
a. Dia adalah anak haram, karena bukan dilahirkan dari pernikahan yang sah. Bisa jadi sejak kecil dia sering diolok-olok “Dasar anak haram lu!”
b. Ibu kandungnya adalah perempuan sundal. Bisa jadi sejak kecil dia sering dikecam “Dasar anak perempuan nakal!’
c. Karena Yefta tinggal di keluarga biesar ayahnya, besar kemungkinan sejak kecil Yefta sering dikata-katai “Jangan ikut-ikutan ya ! Kamu itu bukan keluarga kita ..!!”

 

Walaupun Yefta anak yang tertolak, Tuhan sanggup memakai hidup Yefta menjadi seorang Hakim Israel yang memimpin peperangan melawan bani Amon dan akhirnya menang.

 

Kisah bisa dibaca di

https://jeniuscaraalkitab.com/2016/07/01/sesi-1-the-holy-generation/

 

Ada banyak hal mengapa seseorang anak ditolak, mungkin karena dia lahir sebagai perempuan padahal orang tuanya ingin dia punya anak laki-laki, atau sebaliknya. Mungkin juga seorang anak tertolak karena lahir di keluarga yang papa dan mamanya belum menikah. Mungkin juga karena dia anak yang sangat tidak diharapkan kehadirannya, karena ekonomi keluarga yang sedang mengalami kesulitan. Dan ada banyak sekali alasan lainnya.

 

Tetapi Tuhan bisa memakai orang-orang seperti Yefta, juga seperti halnya Yabes ( yang ditolak oleh ibunya) , untuk Tuhan boleh memperlengkapi dan memakai hidupnya bagi kemuliaan TUHAN

Jubah biasa
YUSUF Israel 4.    Seorang yang tinggal jauh dari orang tuanya, karena pernah dijahati oleh kakak-kakaknya Walaupun tinggal jauh dari orang tuanya, tetapi Tuhan bisa pakai kehidupan Yusuf untuk menyelamatkan keluarganya, dan juga untuk memikirkan bagaimana bangsa Mesir dan seluruh dunia terbebas dari bencana kelaparan. Untuk itu Yusuf harus bisa mengampuni saudar-saudaranya yang pernah jahat kepadanya. Kalau kamu tinggal jauh dari keluarga, kalau kamu sering dijahati orang lain, sering diejek ( seperti juga Yusuf dibenci karena mimpi-mimpinya dan juga diejek oleh kakak-kakaknya) atau seperti Daud yang pernah dimarahin oleh kakaknya, Eliab, percayalah bahwa Tuhan sanggup memakai hidupmu BINTANG ( sebagai pengingat akan mimpi Yusuf)
DAUD Israel 5.    Seorang anak gembala yang ditolak oleh orang tuanya, tetapi yang selalu bergaul akrab dengan TUHAN Tuhan bisa memakai gembala yang sederhana seperti Daud untuk menjadi alat di tangan Tuhan menggembalakan orang Israel dan memimpin mereka, sebagai Raja Israel yang luar biasa. Mungkin kamu terlahir di keluarga sederhana seperti keluarga Isai, ayah Daud. Tetapi Tuhan bisa pakai hidupmu ketika kamu mau setia pada perkara kecil. Tongkat gembala atau ketapel Daud
ESTER Israel 6.    Ester adalah seorang yatim piatu yang dibesarkan oleh ayah angkatnya, Mordekai. Tuhan bisa memakai seorang yatim piatu seperti Ester untuk menyelamatkan bangsa Israel dari pembunuhan massal . Ester berpuasa, dan berdoa, dan berserah pada Tuhan Bahkan seorang yatim piatu pun bisa dipakai oleh Tuhan. Kalau kita masih punya papa dan mama kita harus bersyukur. Baju Korea/ dress/ yang mudah di pasang / dilepas tanpa harus berganti baju
RUT Moab 7.    Rut adalah seorang janda, suaminya sudah meninggal, dan dia tinggal bersama mertuanya yang miskin. Tuhan sanggup memakai si Rut, seorang janda miskin, yang akhirnya menikah dengan Boaz, seorang yang kaya, Tuhan memakai kehidupan Rut untuk hidupnya menjadi berkat, menjadi nenek moyang Yesus Kristus. Rut tinggal di tempat asing, dia harus berpindah dari Moab ke Betlehem, dia harus mempelajari budaya yang berbeda, juga mempelajari bahasa yang berbeda, tetapi Tuhan mau memakai kehidupan Rut, untuk kemuliaanNya. Kalau kamu sering harus berpindah-pindah tempat karena pekerjaan orang tuamu, bersyukurlah, Tuhan akan pakai hidupmu, menjadi lebih kaya pengalaman dan menjadi orang yang mudah beradaptasi dengan tempat baru Tampah dan beras
SULAMIT Israel 8.    Sulamit adalah gadis yang berasal dari Sulam,  berkulit hitam yang dituliskan  oleh Raja Salomo dalam kitab Kidung Agung. Dia berkulit hitam karena terkena sinar matahari Kid 1:5,6

9.

Sulamit yang berkulit hitam dapat dipakai oleh Tuhan menjadi suatu alat di tangan Tuhan untuk menunjukkan ketulusan hati dan kesetiaan seorang perempuan. Walaupun dia berkulit hitam, Tuhan dapat memakai dia.

 

 

 

 

 

Apakah kulitmu hitam seperti Sulamit? Apakah tubuhmu pendek seperti Zakheus? Apakah kepalamu botak seperti  Nabi Elisa ?( II Raj 2: 23)

Apa pun ciri fisikmu, yang saat ini tidak kau sukai atau sering menjadi bahan ejekan teman-temanmu, percayalah Tuhan yang merancang hidupmu sempurna , dan Tuhan yang lebih tahu warna kulit seperti apa yang cocok untuk kita, rambut seperti apa yang cocok untuk kita, dst. Tuhan sanggup memakai hidupmu untuk kemuliaanNya, tidak tergantung pada warna kulit, bentuk hidung, dll. Sama seperti Tuhan memakai Sulamit, juga Zakheus ataupun Elisa untuk kerajaanNya.

Jubah
Ehud Israel 10. Ehud adalah seorang yang kidal. Walaupun punya keunikan/ keanehan dengan kebiasaannya  menggunakan tangan kiri/kidal, Ehud dapat dipakai Tuhan untuk menang melawan musuh mereka, yaitu, Eglon Raja Moab. Mungkin kamu memiliki kebiasaan aneh yang tidak dosa, tetapi bersifat unik, contoh kidal, Tuhan pun bisa pakai hidupmu untuk kemuliaanNya. Pedang
Samgar Israel 11. Samgar hanyalah gembala lembu saja, pekerjaan yang sederhana. Ayat yang membahas tentang Hakim Israel bernama Samgar ini hanya 1 ayat saja. Tuhan bisa memakai kesederhanaan Samgar , untuk mengalahkan 600 orang hanya dengan tongkat penghalau lembu saja. Tidak selalu kemenangan itu karena alat peperangan yang mahal dan lengkap, Tuhan bisa memakai kesederhanaan kita. Mungkin hidupmu tidak banyak fasilitas seperti halnya Samgar, ingatlah bahwa Tuhan bisa memakai apa saja yang ada padamu untuk menjadikanmu luar biasa di tanganNya Tongkat

 

 

 

 

TERMIN 4

GAME KELAS KECIL/TENGAH

PENYESUAIAN KELAS KECIL/ TENGAH

Pilih saja 5 tokoh dengan latar belakang yang berbeda-beda ( sesuaikan dengan keadaan anak-anak asuh anda), dan boleh menambahkan tokoh lain yang tidak ada pada draft ini.

Persiapkan PORPERTY yang sesuai.

Jajarkan property pada meja/lantai sesuai URUTAN kisah tokoh yang akan dimunculkan photo-photo tokoh/lukisan/gambar diri tokoh, beserta nama tokoh, pada LCD Screen

Tugas anak-anak setelah selesai cerita adalah:

Saat guru menampilkan gambar tokoh secara acak, apakah mereka dapat memilih PROPERTY yang mana tadi yang cocok dengan tokoh itu.

Contoh:

Daud dengan property Tongkat gembala

Debora dengan property alat dapur

Guru menunjukkan secara acak ( jangan urut seperti cerita tadi), menampilkan di LCD Screen- gambar ESTER, katakan ini adalah ESTER, lalu anak-anak disuruh mengambil property mana yang cocok dengan Ester ( kalau dia mengambil tongkat gembala dia salah, kalau dia mengambil alat dapur, dia benar)

 

GAME KELAS TENGAH/BESAR

PENYESUAIAN KELAS BESAR:

Membuat tulisan tangan dari para penulis Alkitab, gunakan kalimat pertama dari kitab yang mereka tulis, bayangkanlah profesi mereka dan seperti apa kira-kira tulisan tangan mereka.

Ada 32 tokoh, bisa dibagi menjadi beberapa kelompok, agar tiap kelompok bisa mengerjakan tulisan tangan BEBERAPA TOKOH ALKITAB, yang berbeda-beda profesinya, sehingga nanti dapat diperbandingkan seperti apa kira-kira tulisan dari NABI, GEMBALA, dll.

 

  NAMA PENULIS KITAB YANG DITULIS PEKERJAAN TAHUN PENULISAN IMAJINASIKAN TULISAN TANGANNYA SEPERTI APA KIRA-KIRA
   
1 MUSA Kejadian, Keluaran, imamat, Bilangan, Ulangan, Ayub. Gembala 1400 S.M.
2 YOSUA Yosua Panglima Perang 1350 S.M
3 SAMUEL/NATAN/GAD Hakim-Hakim, Rut, 1 Samuel, 2 Samuel Nabi 1000-900 S.M.
4 YEREMIA 1 Raja-Raja, 2 Raja-Raja Nabi 600 S.M.
5 EZRA 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra Imam, Ahli Kitab. 450 S.M.
6 NEHEMIA Nehemia

 

 

Pegawai Istana

 

 

430-420 S.M

 

 

 

 

 

 

DIDUGA MORDEKHAI

 

 

 

 

Ester

 

 

 

 

Rakyat biasa

 

 

 

 

400 S.M.

7 KEBANYAKAN OLEH DAUD Mazmur Gembala, Pemusik Istana, Ajudan raja, Prajurit, Arranger, Raja 1000 – 400 S.M.
8 SALOMO Amsal, Pengkhotbah, Kidung Agung Pangeran 900 S.M.
9 YESAYA Yesaya Nabi 700 S.M.
10 YEREMIA Yeremia, Ratapan Nabi 600 S.M.
11 YEHEZKIEL Yehezkiel Nabi 550 S.M.
12 DANIEL Daniel Perdana Mentri 550 S.M.
13 HOSEA Hosea Nabi 750 S.M.
14 YOEL Yoel Nabi 850 S.M.
15 AMOS Amos Gembala dan Pemetik buah anggur 750 S.M.
16 OBAJA Obaja Nabi 600 S.M.
17 YUNUS Yunus Nabi 700 S.M.
18 MIKHA Mikha Orang Desa biasa 700 S.M.
19 NAHUM Nahum Nabi 650 S.M.
20 HABAKUK Habakuk Nabi 600 S.M.
21 ZEFANYA Zefanya Bangsawan 650 S.M.
22 HAGAI Hagai Nabi 520 S.M.
23 ZAKHARIA Zakharia Nabi 500 S.M.
24 MALEAKHI Maleakhi Nabi 430 S.M.
25 MATIUS Matius Pemungut Cukai 55 A.D.
26 MARKUS Markus Pengikut Yesus 50 A.D.
27 LUKAS Lukas, Kisah Rasul Dokter/ tabib 60 A.D.
28 YOHANES Yohanes,

1 Yohanes,

2 Yohanes,

3 Yohanes

Wahyu

Nelayan 90 A.D.
29 PAULUS Roma, 1 Korintus, 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1 Tesalonika, 2 Tesalonika, 1 Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon Pembuat Tenda 50-70 A.D.
TIDAK DIKETAHUI, DIDUGA PAULUS, LUKAS, BARNABAS, ATAU APOLOS Ibrani 65 A.D.
30 YAKOBUS Yakobus Saudara Tuhan Yesus 45 A.D.
31 PETRUS 1 Petrus, 2 Petrus Nelayan 60 A.D.
32 YUDAS Yudas Saudara Tuhan Yesus 60 A.D.

 

TERMIN 5.

 

Tulislah hal-hal apa yang bisa kamu syukuri dalam dirimu, sebagai ciptaan Tuhan yang unik, dan dalam keluargamu, sebagai penempatan Tuhan yang unik

( Khusus bagi anak-anak pekerja missi)

Buka 1 Tim 3:1

Pekerjaan orang tuamu sebagai seorang PENILIK JEMAAT adalah pekerjaan yang layak untuk diinginkan dan adalah pekerjaan yang indah. Kamu ditempatkan Tuhan di keluarga yang sangat indah.

DOA SYUKUR atas semua kebaikan TUHAN dalam hidupku.

 

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s