TIPS MENYELENGGARAKAN SIL DALAM FAMILY CAMP


TIPS MENYELENGGARAKAN SEKOLAH INJIL LIBURAN DALAM ACARA FAMILY CAMP

Pada saat baru saja kami tim JCA melayani di acara Family Camp, dengan acara orang tua / dewasa yang sangat padat, sementara semua acara anak-anak pengaturannya diserahkan kepada kami sepenuhnya, seperti inilah tips-tips yang bisa saya bagikan:

Sesuaikan jam-jam tertentu dari acara orang dewasa kepada acara anak-anak yang dapat diselenggarakan secara serentak, contoh; makan pagi, makan siang, makan malam, snack, istirahat malam, dll.

Sesuaikan jam-jam sesi dari orang dewasa, menjadi sesi juga bagi anak-anak. Contoh pada acara orang dewasa ada sesi 1 sampai 5, maka kita juga akan membuat di jam-jam yang sama sesi untuk anak-anak , sesi 1 sampai 5.

Tentunya anak-anak tidak dapat terus menerus kita beri sesi-sesi, maka di antara jam-jam itu kita bisa memberikan pada mereka acara-acara tambahan seperti misalnya:

  • Game Indoor/ Game Keakraban/ Game Opening/ Game Awal yang ringan.
  • Khusus jam Praise and Worship di awal pagi, misalnya 1 jam khusus memuji dan menyembah Tuhan, Ini tidak termasuk pada pujian pra sesi.
  • Game Outbond/ Game Outdoor
  • Lomba Mewarnai/ Menggambar ( sesuiakan dengan thema)
  • Berenang bersama dengan pengawasan yang sangat ketat
  • Istirahat bebas ( di dalam ruangan, agar pengawasan mudah)
  • Handycraft , di mana anak-anak dapat diajak membuat suatu karya
  • Membuat Film ( durasi yang dibutuhkan lebih kurang 2 jam, sediakan outline per kelompok terlebih dahulu)
  • Talent Show ( namun dalam SIL kali ini, saya tidak membuat Talent Show, sudah diganti menjadi membuat Film berkelompok)
  • Talk Show dengan mendatangkan bintang tamu spesial ( sesuaikan thema- jadikan momentum ini sebagai ajang untuk anak-anak mengerti semua Firman yang mereka pelajari di sesi-sesi itu bisa dipraktekkan dalam kehidupan nyata- melalui kisah sang bintang tamu dalam talkshow ini. Siapkan daftar pertanyaan dan photo-photo yang dihadirkan oleh bintang tamu tersebut)
  • Nonton Bareng ( perhatikan durasi film yang akan diputar, dan sediakan BANYAK CADANGAN FILM yang nanti akan sangat berguna mengisi waktu-waktu lowong khususnya di malam hari ketika anak-anak sudah lelah, sementara orang dewasa acaranya belum selesai)
  • DOA KELOMPOK, di dalam acara doa kelompok ini, outline doa sudah dibuat sehingga memudahkan pemimpin kelompok.
  • Latihan untuk penampilan di depan orang tua. Nah pada hari terakhir / sesi terakhir daripada orang dewasa, anak-anak bisa menampilkan sesuatu, apakah itu gerak dan lagu, drama, ataukah ayat mas kreatif. Untuk mempersiapkan hal ini, kita bisa isi waktu-waktu setiap hari untuk latihan, contoh latihan pada Kamis malam, Jumat malam, Sabtu malam untuk ditampilkan di minggu pagi.
  • Sharing bersama dalam kelompok. Tentunya anda dapat melihat BOARD HEART HEALING pada jeniuscaraalkitab.com untuk melihat bagaimana cara mempersiapkan board sharing dan juga bagaiman aturan main dalam sharing ini.
  • Masih banyak ide kegiatan lainnya yang dapat anda kembangkan sendiri.

Bagaimana cara mengkoneksikan/menghubungkan orang dewasa yang buta sama sekali apa yang dialami anak-anak mereka di ruang anak, dengan kegiataan anak-anak?

  • Buatlah orang tua mengetahui jadwal anak-anak mereka. Bagikan jadwal anak-anak pada mereka.
  • Buatlah orang tua melihat pameran hasil karya anak-anak. Pada hari terakhir, semua hasil karya anak-anak selama acara, baik aktivitas sesi, handycraft, dll kita pamerkan ke orang tua murid di tempat acara mereka berlangsung. Dengan demikian mereka juga akan tahu apa yang anak-anak mereka dapatkan di ruang anak, dan apa hasil karya mereka tadi/ beberapa hari ini.
  • Buatlah spesial performance di depan orang tua mereka, semisal ayat mas kreatif, gerak dan lagu, drama singkat, dll. Rundingkan hal ini dengan panitia, apakah waktu tersedia untuk itu, dan berapa waktu yang disediakan, sesuaikan durasi yang ada dengan penampilan yang dilatihkan ke anak-anak.
  • Bagikan photo-photo kegiatan anak-anak pada orang tua mereka lewat media sosial seperti WhatsApp dll.
  • Gunakan waktu makan bersama, snack dll untuk berkomunikasi dengan orang tua murid mengenai perkembangan anak-anak mereka dan mengenai apa yang sudah mereka alami tadi di kelas anak, dan mungkin bila ada cerita –cerita lucu tentang mereka dapat diceritakan.

 

SEMUA YANG TERKAIT SIL THE EAGLE GENERATION:

INSPIRASI RAJAWALI OLEH DJAROT WIJANARKO

SINOPSIS DAPAT ANDA BACA DI SINI:

SEKOLAH INJIL LIBURAN THE EAGLE GENERATION

SIL THE EAGLE GENERATION SESI 1

SIL THE EAGLE GENERATION SESI 2

SIL THE EAGLE GENERATION SESI 3

SIL THE EAGLE GENERATION SESI 4

SIL THE EAGLE GENERATION SESI 5

TIPS MENYELENGGARAKAN SIL DALAM FAMILYCAMP

CONTOH BERBAGAI PERSIAPAN SIL THE EAGLE GENERATION

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s