MATERI P.A. PEMUDA 2. BERPIKIR YANG BAIK TENTANG AYAHKU


Shalom, berjumpa lagi hari ini dengan Materi PA Pemuda 2

Di materi 1 kita sudah belajar mengenal sifat-sifat Bapa. Sebagian besar sifat-sifat Bapa itu saya ambil dari Video berikut ini, namun kemudian dilengkapi lagi dengan banyak ayat lainnya.

Sebelum kita doa pembuka, mari kita lihat Video yang dimaksud, buka hatimu dan ijinkan Kasih Bapa melawat hidupmu.

Doa Pembuka:

Ucapkan syukur karena di dalam Kristus kita bisa mengenal dan memiliki Bapa yang luar biasa dalam hidupmu.

 

Sekarang mari kita renungkan ayat ini:

Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang

BENAR

semua yang

MULIA

semua yang

ADIL

semua yang

SUCI

semua yang

MANIS

semua yang

SEDAP DI DENGAR

semua yang

DISEBUT KEBAJIKAN

dan

PATUT DIPUJI

pikirkanlah semuanya itu.

 

Wau ayat ini bisa kamu baca berulang-ulang dengan suara yang bisa didengar oleh telingamu sendiri. Resapi tiap bagian kata-katanya bahkan sampai kepada suku katanya.

Kini kita masih berbincang tetang topik Bapa, namun yang akan kita bahas di sini adalah Bapak di dunia, ayah, papa, atau apa saja kita menyebutnya.

Ini adalah kesempatan emas untuk memikirkan semua yang baik-baik tentang sesosok ayah dalam hidupmu.

Upz…itu sulit !! Mungkin karena ayahmu seorang yang kejam, otoliter, kasar, pemalas, tidak bekerja, kata-katanya sampah, munafik, pembuat onar, perusak, pemabuk, punya banyak wanita, cuek, gila kerja, tidak pernah punya waktu buat anaknya, sama sekali bukan penyayang keluarga, bukan seorang ayah yang bisa dibanggakan, dan tidak layak disayangi.

Pikiran kita, kita sendiri yang mengaturnya, kalau Filipi 4:8 adalah perintah Tuhan, pastilah Tuhan tahu, itu bisa dilakukan. Tuhan tidak pernah memberi perintah kepada kita sesuatu yang mustahil untuk kita lakukan.

Pikirkanklah

semua yang

BENAR tentang ayahmu

semua yang

MULIA tentang ayahmu

semua yang

ADIL tentang ayahmu

semua yang

SUCI tentang ayahmu

semua yang

MANIS tentang ayahmu

semua yang

SEDAP DI DENGAR tentang ayahmu

semua yang

DISEBUT KEBAJIKAN tentang ayahmu

dan

PATUT DIPUJI tentang ayahmu

pikirkanlah semuanya itu.

 

Tidak ada ayah yang sempurna di dunia ini. Dia tetaplah seorang ayah yang punya kekurangan.

Iseng-iseng boleh saja suatu saat kamu membuat survey kecil-kecilan. Kumpulkan data dari teman-temanmu yang kamu anggap keluarganya paling bahagia. Tanyakan kepada mereka seberapa ‘sempurnanya’ ayah mereka. Pasti mereka pun akan bercerita cerita-cerita yang tidak pernah kamu duga, bahwa ternyata tidak ada ayah yang sempurna.

Lalu bagaimana kalau ayahmu meninggalkanmu dan keluargamu saat kamu lahir. Setidaknya ada sebuah hal yang BENAR yang bisa dipikirkan tentang ayahmu, bahwa dia adalah tetap seorang ayah, yang telah dipakai Tuhan untuk menurunkan kamu ke dunia ini, dengan memperanakkan kamu.

Lalu bagaimana kalau ayahmu adalah seorang pria yang memperkosa ibumu, dan mereka tidak pernah menikah. Setidaknya ada sebuah hal BENAR yang bisa dipikirkan tentang ayahmu, bahwa seperti apa pun peristiwa menyakitkan dan kotor yang telah dilakukan ayahmu terhadap ibumu, namun dia tetap adalah ayahmu, kamu bisa berdoa untuknya, untuk dia mengenal Yesus. Dan saat Bapa menenun kamu dalam kandungan ibumu, Dia tidak pernah iseng menciptakan kamu. Sampai kamu lahir ke dunia ini, karena ada tangan Bapa yang luar biasa dalam hidupmu. Kisah hidupmu unik, tidak semua orang mengalami seperti kamu, dan karena itulah hubunganMu dengan Bapa bisa sangat unik, justru karena ayahmu meninggalkanmu. Pikirkan hal itu.

Saat kita mencoba berusaha keras memikirkan hal-hal yang baik tentang ayah kita, maka hal-hal yang buruk tentang dia tetap saja mengganggu pikiran kita. Karena sejak kecil hal-hal buruk tentang ayah kita itu tidak kita sukai.

Lalu kita harus bagaimana?

Mengampuni ayah kita.

Caranya?

Filipi 3: 13-14

Aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus

Caranya dengan; MELUPAKAN apa yang telah dibelakangku.

Melupakan tidak sama dengan HILANG INGATAN. Melainkan, melupakan adalah :

  1. Menepiskan pikiran buruk saat pikiran itu tiba, dan menggantinya dengan Pikiran Filipi 4:8 Pikirkan semua yang baik-baik tentang ayahmu, untuk menepiskan pikiran buruk tentang dia.
  2. Mengatakan hanya yang baik tentang dia, dan hindari mengatakan hal-hal yang buruk tentang dia.
  3. Ucapkan syukur pada Tuhan untuk keluarga yang Tuhan berikan, apa pun bentuknya saat ini ( mungkin keluargamu sudah tidak utuh, atau sudah tidak bahagia, dll)
  4. Ambillah sebuah keputusan untuk mengampuninya.

Ingat…semua yang dibelakang harus DILUPAKAN agar bisa MENATAP KE DEPAN. Itu yang dimaksud dengan Filipi 3:13-14.

Sekarang kerjakan latihan ini:

Filipi 3:13-14

Nah sekarang hal-hal menyakitkan apa yang kamu dapatkan dari ayahmu dari semua kelemahannya sebagai seorang manusia biasa: Tuliskan sebanyak mungkin:

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Masukkan amplop: dan tuliskan di bagian depan:

AKU MENGAMPUNI AYAH

DAN MELUPAKAN SEMUA INI.

Ambil korek api, dan bakarlah kertas pertama  ini.

 

Filipi 4:8

Tulis 10 kebaikan ayahmu:

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

Tempellah kertas kedua  ini di meja belajarmu atau di kamarmu.

 

Doa penutup:

Tuhan, ayahku seorang manusia biasa, dia punya segudang kelemahan, ajar aku mengampuni dan melupakan semua itu. Aku akan terus menatap ke depan, ke masa depan yang terbentang luas di hadapanku. Aku mau mengampuni ayahku, dan melupakan semua hal-hal yang pahit di belakangku. Itu semua masa lalu. Beri aku hati mengasihi ayahku, mengampuninya dengan tulus, dalam nama Yesus, Amin.

 

Sharingkan hal-hal yang memberatkan hatimu kepada pembimbing rohanimu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s