SINOPSIS MATERI RETREAT PELAJAR – SD-SMP-SMA PRA UJIAN


Di kota wisata Batu, saya berkesempatan melayani Tuhan di ret-reat SD Immanuel Batu, yang bertujuan mempersiapkan anak-anak melaju ke Ujian yang segera akan mereka hadapi.

Kesempatan ini pernah datang, dulu, saat saya diundang melayani di Sekolah Kristen Kalam Kudus, Yogyakarta. Saat itu dengan 2 sesi,

sesi 1; Si Pincang di Pelukan Ayah ( Kisah tentang Mefiboset, Materi ini berbicara tentang PEMULIHAN GAMBAR DIRI)

KLIK DI SINI UNTUK MENUJU MATERI SESI 1

 

sesi 2. Tuhan memberi aku kepandaian ( Kisah tentang Bezaleel dan Aholiab)

KLIK DI SINI UNTUK MENUJU MATERI SESI 2

 

Namun pada kali ini ( Pebruari 2018) saya tidak memakai materi tersebut sama persis, karena hanya sesi 2 yang saya ambil, sedangkan sesi-sesi kelengkapan lainnya, adalah MATERI BARU yang Tuhan percayakan untuk disusun.

Untuk itu, apabila anda menginginkan menggunakan sinopsis ini, ( 2018), bukan yang dulu, harap bisa download ulang, karena ada beberapa materi yang diedit agar tidak tumpang tindih pengajaran dengan sesi sesi lainnya.

 

Sinopsisnya sbb;

SESI 1 TUHAN MEMBERIKANKU KEPANDAIAN

Sesi 1. Tuhan memberiku kepandaian. ( meliputi semua bidang study yang kita geluti, karena tiap bidang ilmu, Tuhan sanggup memberi kita Roh Keahlian, sama seperti yang Tuhan berikan kepada Bezaleel dan Aholiab)

SESI 2 INNER HEALING KESEMBUHAN LUKA BATIN

Sesi 2. INNER HEALING / Kesembuhan luka batin. Kita harus sembuh/ pulih dari luka hati, karena luka hati dapat menghambat kecerdasan kita. Sesi ini ada dihadiri oleh siswa dan wali murid, dan diakhiri dengan doa pemulihan keluarga, di mana ortu akan meminta maaf dulu kepada anak, atas hal-hal yang mungkin melukai ( sengaja atau tidak), baru terakhir anak-anak juga meminta maaf pada ORTU. Bila ortu tidak hadir, maka anak-anak yang tidak ada kehadiran ortu ini, bisa rekonsiliasi dengan memilih dua orang guru menjadi WAKIL PAPA DAN MAMA.

SESI SAAT TEDUH

Sesi SAAT TEDUH

Mengapa saya sebut SESI SAAT TEDUH, karena pada saat saat teduh, juga kita masukkan nilai-nilai kerajaan sorga yang masih berbenang merah yang sama dengan sesi sesi pendahulu dan sesudahnya. Pada sesi saat teduh ini, kita ajak anak-anak meminta hikmat daripada Tuhan. Karena hanya dengan hikmat yang daripada Tuhan, kita bisa tenang menghadapi ujian nanti, tidak gugup, tidak takut, tidak panik, dll

SESI PENUTUP/ SESI 3

BERJUANG MERAIH CITA-CITA

Pada sesi penutup anak-anak kita bawa pada thema: BERJUANG MERAIH CITA-CITA, perjuangan ini meliputi karakter yang harus dibangun sehari-hari dengan kebiasaan-kebiasaan yang terus dilakukan. Yang dibahas adalah perjuangan Daud meraih cita-cita dengan cara: Rajin bangun pagi, bertanggung jawab melakukan tugasnya, dan juga mengandalkan Tuhan ( dalam doa)

FOLLOW UP

MATERI FOLLOW UP

Sesampainya di sekolah, materi follow up ini dapat dipakai untuk menyegarkan kembali apa yang sudah di dapat di ret-reat ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s