96. OBAT YANG MANJUR


OBAT YANG MANJUR

Alat peraga yang disiapkan : obat maag, obat batuk, obat pilek, obat pusing, obat sakit perut, semua obat tersebut bisa berupa kapsul, sirup, pil,obat gosok dll

Untuk diorama dipersiapkan satu kain lebar, seperti kain bali, atau sarung yang dipotong, sehingga bisa selebar mungkin.

Hanya satu ayat saja yang akan kita bahas dalam materi sekolah minggu hari ini

Yaitu Amsal 17:22

Awali kelas dengan menunjukkan isi tas anda yang penuh dengan obat-obatan.

Minta anak-anak menebak, ini obat apa, ini gunanya apa, ini biasa diminum/dioleskan pada orang yang sakit apa, dlsb.

Jelaskan pada anak-anak bahwa obat-obat ini ada yang manjur tetapi juga ada yang tidak manjur. Manjur artinya, saat dipakai/dioleskan/diminum, sakitnya jadi hilang. Yang tidak manjur artinya saat dipakai/diminum/dioleskan, sakitnya tidak hilang.

Apakah kalian pernah sakit?

Sakit apa?

Minum obat apa?

Nah, di Alkitab ada ayat yang menjelaskan bahwa ada obat yang manjur, yaitu kita buka dan baca di

Amsal 17:22

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Ajak anak-anak memperkatakan ayat ini, dengan gerakan, berbisik, berteriak, berpasangan, dll

Nah, sekarang setelah mereka berkali-kali memperkatakan ayat tersebut, kita jelaskan…

 

Jadi kalau hati kita bergembira, itu bisa menjadi obat, tetapi bukan obat biasa biasa saja, melainkan obat yang manjur, artinya dapat menyembuhkan sakit penyakit.

Misalnya pusing, bila orang pusing itu marah-marah, dia akan semakin bertambah pusing, tetapi jika dia bergembira dia akan menjadi sembuh dari pusingnya.

Misalnya sakit perut, bisa orang yang sakit perut itu cemas,kuatir, takut, dll, dia akan semakin bertambah sakit perutnya, tetapi jika dia bergembira, tentu sedikit demi sedikit penyakitnya akan pergi, dan dia akan sembuh.

Orang yang bergembira, sering bersukacita, selalu bersemangat, dan tersenyum, akan mempunyai tubuh yang sehat, tetapi sebaliknya orang yang suka marah-marah, kuatir, iri hati, dendam, ingin melukai orang lain, bertengkar, dll, maka dia akan mudah jatuh sakit, karena semuanya bersumber /berawal dari hati.

BERMAIN DIORAMA

Diorama adalah permainan, di mana setiap anak akan menunjukkan suatu potongan adegan, dengan cara bersembunyi di balik kain yang dibentangkan. Saat mana kain yang dibentangkan itu diturunkan, maka akan tampak orang yang ada di balik kain itu sudah siap dengan adegan yang ingin ditunjukkan. Mirip bermain CILUK BA..dengan menggunakan kain penutup.

Mintalah dua orang dewasa/wali murid/guru bantu untuk memegang kain DIORAMA yang dibentangkan secara memanjang.

Bersembunyilah di balik kain, dan berserulah dari balik kain ‘INILAH WAJAH ORANG YANG BERGEMBIRA’

Kain diturunkan, dan anda menunjukkan acting/pose/wajah dan sikap tubuh yang bergembira itu seperti apa.

Bersembunyilah di balik kain, dan berserulah dari balik kain ‘INILAH WAJAH ORANG YANG SEMANGATNYA PATAH’

Kain diturunkan, dan anda menunjukkan acting/pose/wajah dan sikap tubuh dari orang yang semangatnya patah itu seperti apa.

Ulangi lagi beberapa kali dengan pose yang berbeda-beda, mungkin di saat tertentu anda terlihat marah/melotot/, takut, kuatir, sedih, menangis/dll

Mungkin di saat tertentu anda memperlihatkan senang, gembira, melompat, tertawa, tersenyum, dll

Kini minta anak-anak , siapa yang mau memegang layar, dan siapa yang mau bersembunyi di balik layar sebagai pemain dioramanya.

Jika anda berhadapan dengan anak kelas kecil, sepakati dulu, dalam pergantian 5 anak ini, SEMUANYA MEMPOSEKAN – HATI GEMBIRA (senang, gembira, melompat, tertawa, tersenyum), lalu , dalam pergantian anak ke 6 sampai ke 10 nanti/berikutnya SEMUANYA MEMPOSEKAN ;  Akibat dari hati gembira; misalnya : SEMBUH, SEHAT, KUAT, BUGAR, AWET MUDA, dll

dalam pergantian anak ke 11 sampai ke 15 nanti/berikutnya SEMUANYA MEMPOSEKAN ;  SEMANGAT YANG PATAH (marah/melotot/, takut, kuatir, sedih, menangis/), lalu, dalam pergantian anak ke 16-20 SEMUANYA MEMPOSEKAN Akibat dari semangat yang patah; misalnya : PUSING, SAKIT PERUT, SAKIT PINGGANG, SAKIT SESAK NAFAS, dll

Namun, jika anda berhadapan dengan anak kelas tengah/besar, bisa dikatakan secara MENDADAK/SPONTAN, apakah dengan perintah mendadak, dia juga bisa secara mendadak bermain diorama dengan baik sesuai kalimat yang dikatakan guru secara spontan itu.

Berikan point bagi anak-anak yang kreatif dengan pose mereka.

Point terbanyak menang dan dapat hadiah.

APLIKASI

Tutup keceriaan kelas hari itu dengan mengajak anak-anak/semua anak praktek tersenyum.

Jika Ibu/Bpk guru mengatakan “Apa yang harus kamu lakukan saat kamu diejek teman”

Minta mereka menjawab dengan “Kami tetap tersenyum bersukacita.”

“Apa yang kamu lakukan ketika kamu sedang sakit?”

“Kami tetap tersenyum bersukacita.”

“Apa yang kamu lakukan ketika kamu dijahatin teman? Dipukul teman?”

“Kami tetap tersenyum bersukacita.”

Dsst.

Kini minta anak yang berani maju ke depan untuk menyebutkan kembali obat-obat yang anda pamerkan di awal kelas tadi, dan mintalah dia menyebutkan obat apa yang paling manjur…

Keterangan untuk GSM; kisah ini dapat kita jadikan kisah umum/ misalnya saat anak-anak berulang tahun, maka pengunjung HUT biasanya dari berbagai kalangan/budaya/adat/agama, oleh karena itu , materi ini bersifat umum, karena memang di dunia kedokteran ditemukan ada hubugnan erat antara kesehatan dengan pikiran yang tenang/ ketakutan/kecemasan, stress, dll.

Tinggalkan komentar