71. DORKAS HANYA PUNYA BENANG DAN JARUM


Sumber gambar: http://www.walk-by-faith.com/People/fictiondorcas/dorcas.jpg

Baca tulisan terkait di sini: (KLIK PADA TULISAN)

DORKAS HANYA PUNYA BENANG DAN JARUM

PELAKSANAAN MATERI DORKAS DI GBI BETHESDA KENDARI

BAHAN DAN ALAT MEMBUAT GAUN PARA JANDA

TEKNIK CAP MENGGUNAKAN MEDIA SAYUR

TEKNIK CAP MENGGUNAKAN KULIT PISANG

TEKNIK CAP MENGGUNAKAN BOTOL BEKAS

TEKNIK CAP MENGGUNAKAN BAWANG PUTIH

TEKNIK GONCANG MENGGUNAKAN BIJI PEPAYA MUDA

TEKNIK GONCANG MENGGUNAKAN MEDIA BIJI DURIAN

TEKNIK GORES MENGGUNAKAN MEDIA ARANG

TEKNIK FINGER PAINTING

TEKNIK CAP TELAPAK TANGAN DAN JARI TANGAN

KASIH BU DORKAS UNTUK PARA JANDA

Untuk aktivitas anak (SEMBARI MENDENGARKAN CERITA), saya menggunakan aktifitas melipat GAUN, dengan tidak memakai kertas lipat, melainkan memakai kertas motif buatan anak-anak, dengan bahan-bahan dan media:

  • biji durian ( celup di pewarna makanan, jepit menggunakan alat khusus, goyangkan di atas kertas yang ditaruh di sebuah kardus sepatu)
  • biji pepaya muda ( pengganti kancing)
  • potongan pepaya ujung ( untuk mencap gambar lingkaran penuh)
  • kulit pisang buah ( untuk mencap gambar unik)
  • arang ( untuk digoreskan pada potongan kain baju)
  • tissue ( untuk mencap pada potongan kain baju)
  • pita ( untuk hiasan)
  • karton tebal untuk landasan
  • lem ( untuk menempelkan hiasan)
  • gunting
  • kertas HVS yang dipotong bujur sangkar

Alat Peraga: jarum dan benang, kalau bisa lengkap dengan meteran, gunting, dll (alat-alat jahit)

sumber gambar: kfk.kompas.com

Seni melipat kertas untuk membuat gaun ini dapat anda pelajari di sini:

http://www.prakaryasederhana.com/2012/04/princess-dress-origami.html

karena foto-foto bukan buatan saya, jadi saya tidak berhak mencantumkan foto-foto itu di sini, tugas anda adalah membuka tautan tersebut dan mempelajarinya.

Di lain kesempatan akan saya buatkan perekaman tata cara membuat seni melipat kertas bentuk GAUN ini, berikut foto-foto pelaksanaannya.

BACAAN GURU:

Bacaan guru ini sebenarnya adalah naskah kotbah di kaum wanita atau di umum ( yang sudah pernah saya muat di blog saya yang lainnya http://www.berbagirhema.wordpress.com , namun anda dapat menyampaikannya dengan bahasa yang dimengerti anak-anak, dan ambil salah satu point saja, untuk point yang saya pilih adalah bagaimana si Dorkas walaupun hanya memiliki satu talenta (menjahit) dan punya karunia berbelas kasihan, dia dapat mengembangkan talenta dan karunianya untuk melayani Tuhan, dengan cara yang unik yaitu membagikan pakaian-pakaian yang khusus dibuatnya untuk para janda miskin.

Dorkas

Kis 9:36-43

Kecantikan batiniah Dorkas:

Banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah

  1. Masalah tidak berarti anti dengan orang Kristen, anak Tuhan pun akan menghadapi masalah, sakit penyakit dan kematian pun datang dalam hidup Dorkas
  2. Janda-janda menunjukkan bukti kasih Dorkas pada mereka…..
  3. Petrus menyuruh mereka semua keluar…..doa adalah sesuatu yang sangat pribadi antara kita dengan Tuhan, kita harus membangun atmosfir di kamar doa kita, jangan dicemari oleh kesedihan yang berlebihan atau ketidakpercayaan
  4. Tabita bangkit dari kematian
  5. Kebangkitan Tabita membawa selurah Yope kepada Tuhan.

Hal-hal yang kita pelajari dari hidup Dorkas:

  1. Dorkas adalah seorang Murid Yesus, penting sekali untuk kita para perempuan menjadi murid Yesus,murid itu belajar dari gurunya, meniru gurunya, taat pada perintah gurunya, mau dimasukkan dalam pelatihan dan ujian-ujian kenaikan kelas. Sudahkah kita cinta Firman Tuhan dan jadi murid yang baik?
  2. Dorkas punya kecantikan batiniah yang sangat berharga di mata Allah. Kecantikan batiniah Dorkas dapat ditunjukkan dengan sikap hidupnya yang takut akan Tuhan, bibirnya berpengetahuan dan ia mengembangkan kecakapannya dalam menjahit.

Kecantikan batiniah Dorkas ini (dengan perhiasan roh yang lemah lembut dan tentram) dapat dirasakan buahnya oleh orang-orang disekitarnya yang pernah merasakan sentuhan kasihnya, perhatiannya, pengorbanannya, dan buah karyanya. Sudahkah kita memiliki kecantikan batiniah? Perhiasan batiniah?

  1. Dorkas pun mengahdapi masalah dalam hidupnya…ada penyakit dan kematian yang mengejar dia…..Ingat…iblis bisa saja merancangkan kematian dalam hidup kita…tetapi kematian itu akan dibalikkan oleh Tuhan menjadi kemuliaan bagi nama-Nya. Adakah kita menuntut jalan hidup kita mulus-mulus saja karna kita sudah setia pada Tuhan? Adakah kita pamrih pada Tuhan?
  2. Keintiman dengan Tuhan (Petrus) membalikkan keadaan kematian menjadi kebangkitan. Mungkin ada “kematian” dalam hidup kita, percayalah…keintiman dengan Tuhan akan membalikkan keadaan, ingat peristiwa Ayub!! Ada sebuah kebangkitan dalam hidup kita!!
  3. Kesetiaan Dorkas pada perkara yang kecil, yaitu talentanya jahit menjahit, hatinya yang gampang berbelas kasihan pada janda-janda miskin, membawanya dalam pelayanan yang lebih besar, yaitu membawa seluruh kota Yope datang dan percaya pada Tuhan. Dorkas tidak banyak bicara….yang ia lakukan hanyalah berbuat baik dan menjawab semua orang yang mewawancarai dia….ya benar…..Tuhan telah membangkitkan aku dari kematian. Setialah dengan semua perkara kecil yang Tuhan percayakan pada kita, pelayanan yang tampaknya kecil, dll. Tuhan aku Cuma punya jarum dan benang…….persembahkan itu pada-Ku. Ingat Musa Cuma bermodalkan tongkat jelek. Lihatlah Tuhan akan membuat perkara yang besar.

Apa yang dipunyai Dorkas….? Tidak banyak, ia hanya punya jarum dan benang saja, keahlian menjahit mungkin saja adalah satu-satunya keahlian yang ia punyai, tidak seperti si A misalnya, yang selain mahir menjahit baju , juga pandai menenun kain , merancang baju  serta menjualnya sekaligus. Itulah kita, kita sering berkata…..kog Cuma ini yang aku bisa…aku kog nggak seperti si anu……

Tapi yang menarik dari perempuan ini adalah bahwa dia adalah seorang MURID. (ayat36), seorang murid yang suka belajar Firman Tuhan.

Ia memiliki sifat yang sangat berbelas kasihan pada orang-orang di sekitarnya. Dari pembelajarannya tentang Firman Tuhan ia memiliki hati yang peka terhadap orang-orang di sekitarnya, ia mengembangkan kepekaannya.

(ayat 27) Terkadang dalam hidup kita juga datang yang namanya penyakit, peristiwa meninggal, dan peristiwa menyedihkan lainnya. Sepertinya kita merasa sudah mengikut Tuhan dengan setia, tetapi kog …..terjadi juga hal-hal yang tidak mengenakkan dalam hidup kita, Mengapa Tuhan tidak mencegah hal itu terjadi?Kan Dia itu Maha Kuasa?

Ternyata tanpa kita sadari di balik setiap peristiwa tidak enak itu….ada suatu panen besar yang Tuhan siapkan untuk kita…..

Lewat kehidupannya keahliannya menjahit dan kepekaannya pada orang yang menderita, banyak sekali memang orang-orang yang sedih akan kematiannya. Tapi lewat kematian dan kebangkitannya, tidak hanya sekedar orang bersimpati padanya, tetapi kebangkitan Dorkas membawa banyak orang percaya kepada Tuhan!

Tuhan ingin kita bangkit, seperti Dorkas…..bangkit dari masa lalu, bangkit dari rasa diri tak berdaya, bangkit dari merasa diri tak mampu, bangkit dari keterpurukan batin kita, bangkit dari setiap kekecewaan kita….bangkit dari semua hal yang membuat kita stop/ macet. Biarkan itu semua pernah mati….dan itu semua sudah terjadi, tetapi Tuhan ingin kita bangkit….

Pesan yang perlu digarisbawahi adalah:

1.      Mari kembangkan kepekaan terhadap orang-orang di sekitar kita

2.      Percayalah ada Tuhan yang tahu ending dari semua peristiwa yang tidak enak buatkita

3.      Ayo hidup dalam kuasa kebangkitan-Nya, ayo bangkit…!!

4.      jangan mempermasalahkan hanya benang dan jarum itu saja yang kita  miliki…..tapi pikirkan bahwa itu saja pun sudah bisa dipakai untuk mendatangkan lawatan Tuhan di akhir jaman ini…..!! Tuhan mencari siapa yang mau….dipakai oleh-Nya, bahkan dalam hal sekecil apapun, Tuhan sangat menghargainya.

MATERI ANAK:

DORKAS HANYA PUNYA BENANG DAN JARUM

 

Lagu yang disarankan:

BAIK

B.A.I.K Baik,

B.A.I.K Baik,

Saya mau seperti Yesus

B.A.I.K Baik.

 

Bacaan  Guru.

Kisah Rasul 9: 36-42

Tujuan:

  • Agar anak-anak mengembangkan sikap hati yang berbaik hati pada semua orang.
  • Agar anak-anak meneladani sikap Dorkas yang berbelas kasihan pada orang-orang yang menderita (janda-janda)

Ayat Mas:

( ayat mas akan kita letakkan di awal acara untuk menjadi ayat pembuka inspirasi buat anak-anak)

FILIPI 4: 5

Hendaklah

kebaikan hatimu

diketahui semua orang.

Tuhan sudah dekat !

 

KELAS KECIL:

Anak-anak akan membuat ‘kain’ yang dipakai oleh Dorkas untuk membuat baju bagi para janda

Gunakan sayur/buah untuk membuat pola

 

 

 

 

Cara membuat pola:

  • Siapkan nampan untuk diencerkan cat air ( jangan terlalu ecer agar pola cepat mengering)
  • Siapkan jagung, tomat, kacang panjang, dll untuk membuat pola pada kertas
  • Berikan kaos tangan plastik agar tangan anak-anak aman
  • Gunakan masker dan celemek agar pernafasan dan pakaian anak-anak aman
  • Biarkan anak-anak bereksplorasi dengan polanya
  • Bahkan jika ada yang ingin finger painting boleh

Setelah jadi, biarkan mengering

Sementara menunggu kering, anda dapat menyampaikan kisah tentang Dorkas ( Lihat bagian di bawah ini)

Setelah kisah selesai, dan hasil ‘kain’ mengering, guru akan membuat lipatan baju –baju buatan Dorkas untuk para janda, jangan lupa membubuhkan nama pada tiap baju.

 

KISAH DORKAS UNTUK KELAS KECIL

Kisah Rasul 9: 36-42

 

Kisah Dorkas ini akan kita kisahkan persis dengan yang ada di Alkitab, namun tidak perlu mengajak anak-anak membaca Alkitab terlebih dahulu, cukup untuk persiapan kita sebagai guru saja.

Kisah ini kita akan buat sama persis dengan yang di Alkitab, dan akan kita kembangkan dengan bahasa yang dimengerti oleh anak

  • Di Yopeb  ada seorang murid perempuan bernama Tabita–dalam bahasa Yunani Dorkas.
  • Perempuan itu banyak sekali berbuat baik9  c 
  • dan memberi sedekah.
  • Tetapi pada waktu itu ia sakit lalu meninggal.
  • Dan setelah dimandikan, mayatnya dibaringkan di ruangd 
  • Lida dekat dengan Yope. Ketika murid-muride  mendengar, bahwa Petrus ada di Lida, mereka menyuruh dua orang kepadanya dengan permintaan: “Segeralah datang ke tempat kami.”
  • Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka.
  • Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas
  • dan semua jandaf  datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup.

 

 

 

  • Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar,g
  • lalu ia berlututh  dan berdoa.
  • Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: “Tabita, bangkitlah!i 
  • Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk.
  • Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri.
  • Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup.
  • Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope
  • dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan.
  • Kemudian dari pada itu Petrus tinggal beberapa hari di Yope,
  • di rumah seorang yang bernama Simon,k  seorang penyamak kulit.

 

KELAS TENGAH

Guru akan memandu anak-anak membuat baju yang dibuat oleh Dorkas untuk janda-janda

Sembari melipat dalam 19 langkah, maka akan dibuat kisah ini dalam 19 langkah juga

Sehingga tiap kisah mengandung satu lipatan.

Kisah Dorkas ini akan kita kisahkan persis dengan yang ada di Alkitab, namun tidak perlu mengajak anak-anak membaca Alkitab terlebih dahulu, cukup untuk persiapan kita sebagai guru saja.

Kisah ini kita akan bagi menjadi 19 point , dan setiap kalimat akan kita kembangkan sesuai dengan bahasa yang dimengerti oleh anak.

KISAH DORKAS DILENGKAPI 19 POINT LIPATAN UNTUK KELAS TENGAH

Kisah Rasul 9: 36-42

  1. Di Yopeb  ada seorang murid perempuan bernama Tabita–dalam bahasa Yunani Dorkas.  ( LIPAT TENGAH)
  2. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik9  c  (LIPAT LUAR KANAN)
  3. dan memberi sedekah.(LIPAT LUAR KIRI)
  4. Tetapi pada waktu itu ia sakit lalu meninggal. (LIPAT KIRI KE TENGAH)
  5. Dan setelah dimandikan, mayatnya dibaringkan di ruangd   (LIPAT KANAN KE TENGAH)

 

 

 

 

  1. Lida dekat dengan Yope. Ketika murid-muride  mendengar, bahwa Petrus ada di Lida, mereka menyuruh dua orang kepadanya dengan permintaan: “Segeralah datang ke tempat kami.” (LIPAT 1/3 LANGKAH PERTAMA)
  2. Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka. (LIPAT 1/3 LANGKAH KE 2)
  3. Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas (BUKA LIPATAN)
  4. dan semua jandaf  datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup. (CUBIT KANAN)
  • Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar,g(CUBIT KIRI)
  1. lalu ia berlututh  dan berdoa. (LEHER KANAN)
  2. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: “Tabita, bangkitlah!i“(LEHER KIRI)
  3. Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk.(TARIK DALAM)
  4. Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri. (LIPAT KANAN)
  5. Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup.(LIPAT KIRI)
  6. Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope (TARIK KANAN)
  7. dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan (TARIK KIRI)
  8. Kemudian dari pada itu Petrus tinggal beberapa hari di Yope, (LENGAN KANAN)
  9. di rumah seorang yang bernama Simon,k  seorang penyamak kulit. (LENGAN KIRI)

 

KELAS BESAR

Guru akan mengajak anak kelas besar membaca bagian Alkitab kisah tentang Dorkas dari

Kisah Rasul 9: 36-42

Guru memandu anak-anak kelas besar membuat baju yang dibuat oleh Dorkas untuk janda-janda.

Setelah itu beri lomba menghias baju ini secantik mungkin. Secara kelompok/ perorangan. Beri waktu 15 menit untuk menghias dengan pita/manik manik/ dll

Setelah selesai/jadi, mintalah mereka berpresentasi tiap kelompok. Beri waktu berunding untuk mempresentasikan, jawaban dari perenungan sbb:

  • Kebaikan hati Dorkas memberi inspirasi pada banyak orang di sekitarnya
  • Lewat hidupnya dia dapat menjadi berkat buat seluruh kotanya
  • Menurutmu hal-hal apa yang dapat kalian lakukan agar bisa jadi inspirasi positif buat orang-orang di sekitarmu ! Jelaskan dan presentasikan !

IDE IDE SEMENTARA

Untuk kelas kecil: perbantukan mama-mama untuk menolong anak-anak melipat

Untuk kelas tengah: ajak anak anak melipat yang cukup mudah untuk usia mereka

Untuk kelas besar; ajak mereka mengukur ‘janda-janda’ yang akan dibuatkan baju, lingkar badan, lingkar lengan, dst.

BERHUBUNG FOTO FOTO BANYAK SEKALI AKAN SAYA PECAH MENJADI BEBERAPA TULISAN, DAN SILAHKAN ANDA KLIK TAUTANNYA DI SINI:

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

2 thoughts on “71. DORKAS HANYA PUNYA BENANG DAN JARUM”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s