PEKAN ROHANI ANAK SESI 5. UPAH YANG MENANTIKU. UNTUK SD 4-5-6


 

 

KHUSUS UNTUK PEMBICARA DAPAT DOWNLOAD DI SINI:

SESI 5 khusus pembicara

POWER POINT UNTUK KESIMPULAN AKHIR DARI PEMBICARA SETELAH SELESAI GAME LELANG, DAPAT ANDA UNDUH DI SINI

Sesi 5

KELENGKAPAN LAIN DAPAT ANDA UNDUH DI SINI UNTUK PAPAN GAME

GAME UPAH YANG MENANTIKU

Game tersebut dapat anda unduh dan dapat diprint, bisa satu lembar isi 4 atau 6, atau 2, dsb tergantung papan game yang anda pakai besar atau kecil. Dalam power point Game Upah yang Menantiku tersebut sudah ada:

WARNA KELOMPOK

PENANDA GILIRAN KELOMPOK YANG SEKARANG TERKENA GILIRAN

ANGKA TERBANYAK DARI JUMLAH HURUF KUNCI JAWABAN YANG BOLEH DITAWAR

NAMA -NAMA TOKOH SESUAI KUNCI JAWABAN ( Nama nama ini tidak dipraktiskan berupa A hanya di Print 1 untuk berbagai nama, D tidak diprint 1 saja untuk berbagai nama, sama sekali TIDAK, melainkan tiap nama diprint lengkap- UNTUK TUJUAN MENYINGKAT WAKTU PADA SAAT GAME, semua nama kita masukkan dalam 1 plastik, sehingga memudahkan petugas yang mengatur pada PAPAN GAME.

Berikut materi yang akan kita simak sama-sama:

SESI 5

UPAH YANG MENANTIKU

UNTUK KELAS 4,5,6 SD

Tujuan  :

  • Anak-anak mengerti apa upah dari menghormati Bapa
  • Anak-anak mengerti apa upah dari menghormati bapa.
Mat 15:4 Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu;

Kel
 20:12
Hormatilah ayahmu dan ibumu 1 , v  supaya lanjut w  umurmu di tanah x  yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Ef
 6:1
Hai anak-anak, taatilah 1  orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. g
Kol 3:20 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu 1  dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

Ul 5:16 Hormatilah ayahmu p  dan ibumu, q  seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu r dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

 

PERSIAPAN PANITIA

  • Kita akan bagi anak anak dalam 4 kelompok. Usahakan pembagian kelompok ini dilakukan sebelum sesi, sehingga tidak memakan waktu banyak pada jam durasi sesi.
  • Anak-anak akan duduk dalam BORDER/ garis batas kelompok 1 sampai dengan 4. Masing –masing kelompok akan melingkar, dan pembina kelompok akan berdiri di tengah. ( jika memungkinkan demikian, namun jika tidak memungkinkan, bisa saja duduknya tidak melingkar, melainkan semua menghadap depan, yang penting di sini adalah, pemimpin lelang duduk di paling depan
  • Tambahkan KALUNG KERTAS BERTULISKAN ; SAYA PEMIMPIN LELANG ( print dengan warna kuning, untuk kelompok kuning, print dengan warna hijau untuk kelompok hijau, dst) Tambahkan pelubang kertas dan rafia, kalungkan pada pemimpin lelang tiap kelompok.
  • Tiap garis batas ada warnanya ( bisa dipakai tali rafia) , misal;
    • kelompok 1 dengan garis MERAH
    • kelompok 2 dengan garis KUNING
    • kelompok 3 dengan garis BIRU
    • kelompok 4 dengan garis HIJAU
  • BALON GAS AKAN DIPAJANG DENGAN PEMBERATNYA MASING-MASING DI DEPAN DUDUKNYA PARA KELOMPOK SESUAI WARNANYA. BALON MERAH DI AREA DEPAN KELOMPOK MERAH, DST
  • Siapkan 20 balon gas sbb: ( Berdasarkan pengalaman kami, jumlah balon jangan dikurangi, karena jika kurang gasnya, maka dikawatirkan balon tidak bisa terbang, karena rumbai-rumbai yang diikatkan nantinya lumayan berat.)
    • 5 balon warna MERAH, rangkai jadi satu ikatan
    • 5 balon warna KUNING, rangkai jadi satu ikatan
    • 5 balon warna BIRU, rangkai jadi satu ikatan
    • 5 balon warna HIJAU, rangkai jadi satu ikatan
  • Papan game dipersiapkan di depan kelas, alasi dengan kain, print semua perlengkapan papan game, dan siapkan SprayMount untuk disemprotkan pada kain, atau bisa juga menggunakan jarum pentul untuk menempelkan kertas pada kain, dan mudah dibuka. Semua perlengkapan papan game ada pada power point siap print.
  • Siapkan 52 kertas krep panjang. Perpendek krep agar tidak terlalu berat di balon nanti. Satu krep panjang bisa dibagi empat.
    • 13 krep warna MERAH, terdiri dari : 5 dipegang panitia, dan akan diberikan pada kelompok untuk jawaban benar. 8 sisanya akan jadi modal, jika satu jawaban salah, maka satu krep akan diambil panitia.
    • 13 krep warna KUNING, terdiri dari : 5 dipegang panitia, dan akan diberikan pada kelompok untuk jawaban benar. 8 sisanya akan jadi modal, jika satu jawaban salah, maka satu krep akan diambil panitia.
    • 13 Krep warna BIRU, terdiri dari : 5 dipegang panitia, dan akan diberikan pada kelompok untuk jawaban benar. 8 sisanya akan jadi modal, jika satu jawaban salah, maka satu krep akan diambil panitia.
    • 13 Krep warna HIJAU, terdiri dari : 5 dipegang panitia, dan akan diberikan pada kelompok untuk jawaban benar. 8 sisanya akan jadi modal, jika satu jawaban salah, maka satu krep akan diambil panitia.
  • Disediakan bel alat dapur untuk 4 kelompok yang tidak mudah pecah, misalnya panci aluminium, dengan pemukul sendok. Wajan dengan pemukul sutil kayu, dll. Semua harus alat musik pukul, tidak diijinkan yang tiup atau yang petik.
  • Dilarang memakai bel alat musik tiup, untuk menghindari apabila pada saat ditiup macet untuk berbunyi.
  • Hadiah berupa MAKANAN / SNACK anak, akan dirangkai panitia dalam bentuk Krep atau IKAT PINGGANG, kalung,
  • Papan score dipersiapkan beserta kain.
  • Jarum pentul, atau Spray Mount untuk merekatkan tulisan pada papan score

 

 

ATURAN MAIN:

Dirancang oleh Bpk, Wellington , Guru Sekolah Minggu GBI Diaspora Sejahtera Kota Wisata Batu dan Kak Grace Sumilat.

  • Tiap kelompok boleh mengajukan 1 orang wakil – yang dianggap paling menguasai cerita –cerita Alkitab di PL dan PB. Wakil ini disebut JURU LELANG
  • Pembicara akan mengajukan satu soal, yang jawabannya adalah NAMA TOKOH ALKITAB.
  • Ketika soal diajukan, soal tidak boleh dipotong dengan jawaban apa pun juga, karena bila itu dilakukan, maka krep pada kelompok tersebut akan diambil 3 sebagai BIAYA SANKSI.
  • Wakil dari kelompok ini / JURU LELANG ini BOLEH MENJAWAB dengan cara ;  boleh MENAWAR, dengan 1 huruf, 2 huruf, dst, dari jumlah huruf di kurangi satu dari kunci jawaban yang ada. CONTOH , kunci jawaban adalah A-B-I-G-A-I-L ( = 7 HURUF) maka PENAWARAN PALING BANYAK boleh 7-1 = 6 huruf saja.
  • Jawaban yang sah hanya yang dijawab oleh JURU LELANG.
  • Jawaban pertama tidak boleh diganggu gugat/ tidak dapat diganti lagi. Sekali menjawab, jawaban itu yang ditangkap sebagai jawaban.
  • Jika sudah diberi kesempatan menjawab, tetapi macet/ berdiam, maka pembicara akan menyebut 10 detik hitung mundur untuk memberi kesempatan menjawabnya.
  • Jika semua kelompok ternyata tidak bisa menjawab/ jawabannya salah, maka semua kelompok wajib setor UPETI masing-masing 1 krep pada panitia.
  • Jika ada kelompok yang tidak mau menawar, pada saat mendapat giliran, harus memberika upeti kepada panitia, dan tawaran dikembalikan pada kelompok lain secara rebutan dengan cara membunyikan bel alat dapur.
  • Dilarang dibantu oleh MENTOR
  • HP dan alat elektronik semua dikumpulkan
  • Tidak boleh membuka Alkitab buku maupun Alkitab elektronik
  • Cara membunyikan bel alat dapur hanya SATU KALI PUKUL, dengan demikian para juri dapat dengan jelas mengetahui mana alat musik dapur yang berbunyi lebih dulu, dan mana yang belakangan. Jadi jangan dipukul berulang ulang.
  • Semua juru lelang dari masing-masing kelompok harus maju meninggalkan kelompoknya untuk menghadap pemimpin lelang
  • Pada game ini berlaku GILIRAN dari kelompok 1, 2 dan kelompok 3, dst.
  • Kelompok SECARA BERGILIR/ ADIL akan diberi kesempatan penawar pertama kali, BOLEH MENAWAR dengan jumlah huruf kunci jawaban tersedikit, akan MENANG LELANG, dan berhak menjawab. Namun bila ada kelompok lain yang berani menawar jawaban dengan jumlah huruf lebih sedikit, maka kesempatan menjawab akan diberikan pada kelompok lain.  Penawaran pada kelompok lain berdasarkan REBUTAN MEMBUNYIKAN BEL ALAT DAPUR/ jadi tidak dilakukan dengan cara giliran kelompok berikutnya

Contoh: Untuk kunci jawaban N-E-H-E-M-I-A ( 7 HURUF, penawaran jumlah huruf tertinggi adalah 6 huruf)

Giliran tiba pada  kelompok 1. / atau kelompok MERAH/ kelompok yang duduknya paling kiri/ agar kita mudah mengurutkan warnanya.

Kelompok 1/ KELOMPOK MERAH  berani menawar 1 huruf.

Maka kesempatan menjawab akan diberikan pada kelompok 1.

Namun sebelum kelompok 1 menjawab, kelompok lain diberi kesempatan menawar, dengan membunyikan bel alat dapur. Untuk berjaga-jaga bila kelompok 1 jawabannya siapa tahu salah, maka kesempatan menjawab bisa dilemparkan pada penawar lain.

Pembicara akan memberi aba aba ;”Silahkan kelompok lain, yang ingin menawar juga boleh membunyikan bel SEKARANG !!”

Yang membunyikan bel alat dapur duluan, berhak menawar berikutnya; Namun jika tidak membunyikan bel juga boleh-boleh saja.

Contoh; Kelompok 2 berhasil membunyikan bel lebih dulu, kemudian mereka menawar 3 huruf

Kelompok 4 karena membunyikan bel sedikit lebih lambat dari pada kelompok 2, kemudian berani menawar 2 huruf.

Kelompok 3, karena tidak berani menawar, dia tidak membunyikan bel

Lelang di tutup untuk soal tersebut, kini waktunya menjawab:

Kelompok 1 akan mendapat 1 huruf kunci jawaban: contoh N.

Kunci jawaban dibuka di PAPAN GAME.

Maka: jika jawaban kelompok 1 benar, maka KELOMPOK 1 berhak mendapat 1 krep sesuai warna kelompoknya

Jika jawaban dari kelompok 1 salah, maka 1 krep dari kelompoknya akan diambil oleh pemimpin lelang.

Karena kelompok 4 menawar 2 huruf dia boleh mendapat kunci jawaban N-E

Jika kelompok 4 jawabannya benar, akan mendapatkan 1 krep sesuai warna kelompoknya

Jika kelompok 4 jawabannya salah, maka 1 krep dari kelompoknya akan diambil oleh pemimpin lelang.

Karena kelompok 2 menawar 3 huruf, dia boleh mendapat kunci jawaban N-E-H

Jika jawaban dari kelompok 2 benar, maka kelompok 2 berhak mendapatkan 1 krep  sesuai warna kelompoknya

Jika jawaban dari kelompok 2 salah, maka 1 krep dari kelompoknya akan diambil oleh pemimpin lelang

  • Di akhir game, kelompok dengan jumlah krep terbanyak, adalah menjadi pemenang. Berhak melepaskan/ menerbangkan BALON, Krep , ( yang telah diikatkan menjadi satu)
  • Untuk kelompok termiskin krep hanya akan melepaskan balon tanpa atribute apa –apa/ tampak sepi.
  • Ejaan penulisan nama, seperti pada Alkitab bahasa Indonesia.
  • Kalau soal belum selesai dibaca, tidak boleh dijawab dulu.

 

PETUNJUK UNTUK PETUGAS PAPAN GAME

  • Untuk lebih mempermudah, maka kunci jawaban akan diberikan urut kata yang dimaksud , contoh N- E H ( untuk 3 huruf dari kata NEHEMIA)
  • Kunci jawaban huruf yang diberikan, dibuka pada papan game seperti pada TTS/ Teka Teki Silang.

 

Pertanyaan dan jawaban bersifat rahasia, hanya diketahui oleh pembicara.

Di materi ini hanya akan diberi SOAL CONTOH

 

SOAL CONTOH:

Siapakah nama manusia pertama yang diciptakan oleh TUHAN?

Tawaran maksimal 4 huruf

Kunci jawaban; Adam

Giliran dari kelompok 1 untuk melakukan penawaran lelang.

 

 

RUNDOWN ACARA:

  1. Mempersiapkan:
    1. Balon sesuai area duduk dan warna kelompok
    2. Krep pada tiap kelompok
    3. Krep pada panitia
    4. Papan score dan semua kunci jawaban, angka tawar, dll. Kain papan, jarum pentul, dll
    5. Hadiah untuk kelompok pemenang
    6. Kalung untuk penanda juru lelang
    7. Bel alat dapur
  2. Mengatur duduk anak-anak sesuai pengelompokan
  3. Doa pembukaan
  4. Penjelasan aturan Main
  5. Percobaan Bell alat dapur masing-masing kelompok
  6. Tiap kelompok diminta membuat YEL YEL singkat durasi 10 detik, diberi kesempatan membuat yel yel MERAH, KUNING, HIJAU, BIRU.
  7. Simulasi singkat, dengan 4 orang guru yang main, dengan kunci jawaban ADAM. Soal; Siapakah nama manusia pertama? Orang ini terdiri dari 4 huruf, maka tawaran boleh dengan paling banyak 3 huruf, paling sedikit 1 huruf. ( simulasi ini agar anak-anak memahami bagaimana nanti cara mainnya)
  8. Game berlangsung
  9. Kesimpulan oleh pembicara, dan doa penutup.
  10. Penyematan krep pada rangkaian balon
  11. Penerbangan balon ke angkasa, dengan keluar dari ruangan.

 

Kesimpulan oleh Pembicara:

Adalah tokoh-tokoh yang benar benar menghormati dan mentaati orang tuanya. Kita bisa lihat sendiri kan seperti apa hidup mereka itu?

Sedangkan …………………….. adalah orang-orang yang tidak menghormati orang tua mereka dan tidak taat. Kita juga bisa lihat seperti apa hidup mereka itu.

Oleh karena itulah, ada UPAH yang menanti di balik ketaatan dan penghormatan kita kepada orang tua kita.

Ef 6:1 Hai anak-anak, taatilah 1  orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. g 

Namun ketaatan di sini bukanlah ketaatan mutlak, karena bila orang tua kita mengajak kita berbuat dosa, kita tidak perlu taat pada mereka dalam hal dosa itu.

Contoh, diajak orang tua meledakkan bom untuk mencelakakan orang, kita tidak perlu ikut.

Contoh, diajak orang tua untuk berbohong, kita tidak perlu ikut.

Karena ketaatan kita kepada orang tua adalah DI DALAM TUHAN.

Ketika orang tua kita mengajarkan atau mengajak kita melakukan sesuatu yang DI DALAM TUHAN, maka kita wajib untuk taat, dan ketaatan yang seperti ini ADA UPAHNYA

Yaitu: LANJUT UMUR ( keluaran 20:12)

BAIK KEADAANMU ( Ulangan 5:16)

Dan MENDAPAT TANAH daripada TUHAN.( Keluaran 20:12)

 


Kel
 20:12
Hormatilah ayahmu dan ibumu 1 , v  supaya lanjut w  umurmu di tanah x  yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

 

 

Tinggalkan komentar