33. AKU PAHLAWAN INDONESIA


MINGGU KE 33
CERITA ALKITAB GABUNGAN KLMP UMUR

AKU PAHLAWAN INDONESIA

POWER POINT MATERI INI BISA DIUNDUH GRATIS DI SINI

AKU PAHLAWAN INDONESIA POWER POINT

 

 

Materi ini sebenarnya adalah bagian dari acara KONSER DOA UNTUK INDONESIA yang dapat anda klik di sini:

KONSER DOA UNTUK INDONESIA

REKAM DARI SESI CERITA : AKU PAHLAWAN INDONESIA DAPAT ANDA SAKSIAKAN DI VIDEO INI

 

Monumen
Monumen

Sam Ratulangi
Sam Ratulangi
SITOU
SITOU

(Sumber : Nehemia Pasal 1
Berbagai sumber tentang riwayat hidup Sam Ratulangi)

Nehemia adalah bangsa Israel yang ditawan di negri Babel. Ia tinggal di istana raja, bekerja menjadi juru minuman raja.
Nehemia sangat mengasihi bangsa dan negaranya, yaitu Negara Israel. Waktu mendengar bahwa bangsa Israel yang masih ada di Israel sedang mengalami kesusahan, dan  tembok Yerusalem telah terbongkar dan pintu-pintu gerbangnya telah terbakar.

Ia pun sangat sedih, ia menangis, dan berpuasa selama beberapa hari. Ia tidak makan. Ia pun berdoa bagi bangsa dan negaranya.

Walaupun sudah enak-enak tinggal di Istana yang megah, dan makan serta tidurnya sudah enak, Nehemia tidak bisa tenang kalau tidak berbuat sesuatu bagi bangsanya. Ia pun rela memberanikan diri memohon ijin pada raja untuk pulang ke negaranya serta membangun kembali tembok yang telah terbongkar. Ia pun rela meninggalkan kemewahan tinggal di istana, demi keselamatan bangsa dan negaranya.

Itulah sifat seorang pahlawan, berani berkorban bagi bangsa dan negaranya.

Israel, punya Nehemia yang berhasil dipakai Tuhan memimpin pembangunan kembali tembok Yerusalem yang telah terbongkar, dan kita Indonesia juga memiliki pahlawan-pahlawan yang luar biasa.

Indonesia memiliki seratus lebih nama-nama pahlawan…dan jika diselidiki, para pahlawan Indonesia itu kebanyakan memiliki sifat-sifat sbb :

Jujur
Tahan Menderita
Rela Menolong Sesama
Suka Membaca/ suka belajar.

Sam Ratulangi,
Tokoh Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia

Adik-adik…hari ini kita memperingati 66 tahun Indonesia merdeka. Kemerdekaan Indonesia itu tidak mudah diperoleh adik-adik. Dulu Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Belanda, Jepang.

Ada pahlawan-pahlawan yang berjuang agar Indonesia ini menjadi Negara yang merdeka.

Pahlawan-pahlawan Indonesia itu banyak sekali, kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang jujur, tahan menderita, rela menolong sesame dan rajin belajar

Hari ini, kita akan mengenal lebih jauh kehidupan seorang pahlawan bernama Sam Ratulangi. Ia lahir di Tondano, Sulawesi Utara, 5 November 1890  ( 121 tahun yang lalu/ jika dihitung dari tahun 2010)
Nama aslinya adalah Dr Gerungan Samuel Jacon Ratulangi, dengan panggilan Sam. Ternyata nama panggilan Sam itu berasal dari nama Samuel. Seperti namanya, Sam Ratulangi diberi Tuhan kepandaian seperti juga Samuel dalam Alkitab, pandai karna takut akan Tuhan.

Sam Ratulangi adalah seorang yang sangat rajin belajar. Pelajaran yang paling ia sukai adalah pelajaran Matematika dan Fisika.

Sam Ratulangi sangat cerdas dan setelah menyelesaikan studynya di Batavia/ Jakarta, ia melanjutkan sekolahnya di Belanda, ia adalah lulusan pendidikan  universitas Zurich di Belanda.
Ia dikenal amat cerdas.
Waktu ia masih sangat muda, usia 28 tahun, ia sudah meraih gelar doktor

Sam orang yang diberi Tuhan bakat kepemimpinan yang kuat, dan ia mengasah bakat itu, Ia pernah menjadi Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Belanda, Ia pernah menjadi Gubenur yang pertama di Sulawesi, Bahkan ia pernah menjadi Ketua Organisasi Pelajar Asia di Swiss, dan ia juga pernah menjadi anggota Volksraad/ kalau sekarang MPR/DPR.
Ia juga suka membuat karangan/ tulisan dan mendirikan majalah berbahasa Belanda yang memuat tulisan-tulisan karya tokoh nasional, seperti Bung Hatta, dll

Sekembalinya dari Eropa beliau melakukan banyak kegiatan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Kebijakan kerja paksa yang berlaku di Minahasa berhasil di hapuskan karena usaha beliau.
Sam Ratulangi juga pernah duduk sebagai anggota Volksraad dan giat memperjuangkan emansipasi dan kesetaraan dalam berbagai bidang kehidupan.
Ia juga pernah menjadi anggota PPKI.
Sesudah Indonesia merdeka, ia di angkat menjadi Gubernur Sulawesi.

Selama perjuangan mempertahankan kemerdekaan, Sam Ratulangi ditangkap oleh NICA/Belanda dan di buang ke Papua. Sekembalinya ke Pulau JAwa, dia ditangkap lagi dan meninggal dalam tahanan Belanda tanggal 30 Juni 1949.

Namanya kini diabadikan dalam nama bandar udara di Manado yaitu Bandara Sam Ratulangi, dan nama Universitas di Sulawesi Utara, yaitu Universitas Sam Ratulangi

Ia dikenal dengan filsafatnya: “Si tou timou tumou tou” yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.
Beliau mendapat gelar pahlawan kemerdekaan nasional
.Penghargaan itu antara lain,
tanda jasa pahlawan yang dianugerahkan Presiden Soekarno atas jasanya didalam perjuangan gerilya membela kemerdekaan negara 10 November 1955,
Satya lencana perintis kemerdekaan 17 Agustus serta
piagam perintis pers Indonesia.
meninggal di Jakarta, 30 Juni 1949 pada umur 58 tahun)

Kesimpulan:
1.    Nehemia sangat mencintai bangsa dan negaranya, sehingga rela berkorban demi bangsa dan negaranya.
2.    Sam Ratulangi adalah seorang yang rajin belajar, sehingga ia menjadi orang yang pandai, lewat kepandaiannya dia dapat memuliakan nama Tuhan melalui hidupnya. Sam Ratulangi mempunyai bakat memimpin dan ia juga mengembangkan bakat yang Tuhan berikan padanya.
3.    Kita juga bisa menjadi pahlawan buat bangsa ini. Kalau pahlawan jaman dahulu merebut kemerdekaan serta mempertahankan kemerdekaan bangsa, lain halnya dengan kita sekarang ini. Pahlawan di jaman sekarang adalah MENGISI KEMERDEKAAN
4.    Ayo kita isi kemerdekaan bangsa ini dengan salah satunya: RAJIN BELAJAR SEPERTI BAPAK SAM RATULANGI.

Ayat mas:
Amsal 16:16
Memperoleh hikmat
sungguh jauh melebihi memperoleh emas,
dan mendapat pengertian
jauh lebih berharga
dari pada mendapat perak.

Bagaimana rajin belajar itu?
–    rajin membaca Alkitab
–    rajin membaca buku pelajaran
–    rajin ke perpustakaan
–    rajin membuat PR
–    rajin meneliti
–    punya rasa ingin tahu yang besar terhadap ilmu pengetahuan
–    rajin bertanya
–    rajin berdiskusi

zwani.com myspace graphic comments

Tinggalkan komentar