KOTBAH JCA 42 BERLINDUNG PADA TUHAN


BERLINDUNG PADA TUHAN (word)

exel , sbb:

BERLINDUNG PADA TUHAN

ringkasan untuk dimuat di warta , sbb:

BERLINDUNG PADA TUHAN RINGKASAN

terjemahan Video:

HYRAX/ PELANDUK

Di gunung Hermon ada sekelompok hewan bernama Hyrax Batu, disebut begitu karena mereka tinggal di bebatuan.

Mereka berjemur di siang hari untuk mendapatkan panas sebanyak mungkin.

Mereka bermasalah dengan identitas mereka, karena bentuk mereka seperti tikus, namun sebenarnya keluarga spesies terdekat mereka itu adalah Gajah

Meskipun mereka mamalia, namun mereka ini seperti kadal yang harus menghangatkan tubuh.

Jadi  berjemur di siang hari adalah hal yang sangat serius bagi mereka, setiap menit mereka mendapatkan sinar matahari itu bisa menjaga mereka untuk bertahan hidup dengan tetap hangat di malam hari yang sangat dingin.

Namun bersantai di tempat terbuka seperti ini, adalah sangat bahaya. Juga membuat mereka menjadi target yang berbahaya, dan Hyrax adalah makanan favourite dari Elang Hitam.

Kelompok ini ada dalam bahaya.

Dan kesempatan Elang Hitam untuk menyerang mereka adalah secara diam-diam, dan matahari menjadi alat terbaik bagi Elang Hitam untuk memburu si Hyrax. Elang akan menukik dengan sudut yang konsisten , satu garis arah lurus dengan matahari, sehingga Elang Hitam berharap bahwa si Hyrax tidak mungkin dapat menantang pandangan ke Matahari yang menyilaukan untuk melihat arah datangnya si Elang Hitam ini. Jadi Elang Hitam menjadikan matahari semacam jubah yang menyilaukan bagi mangsanya.

Namun ternyata Hyrax memiliki adaptasi yang unik, di mana mereka mempunyai mata yang retinanya berwarna, sehingga dapat sedikit melindungi pupil mata mereka, hal ini memungkinkan saat mereka menatap matahari, mereka tidak akan merasa silau. Hal ini membuat mereka dapat tetap melihat matahari, dan dari arah mana datangnya si Elang Hitam ini.

Oleh karena itu, ketika Elang Hitam datang menyerang, mereka dapat langsung kabur, untuk lari ke rumah mereka.

 

 

 

Tulisan yang lengkap dapat dibaca di :

http://www.berbagirhema.wordpress.com

Tinggalkan komentar