39. KATAKAN TIDAK

Memakai teknologi Handphone untuk membuat peraga berupa film yang akan terkenang selamanya.


MINGGU KE 39
CERITA ALKITAB PER KELAS
KATAKAN TIDAK
SIKAP HATI: BERPRINSIP / HEVE PRINCIPLES

Perhatikan Video Klip di folder ini

Cara membuat video klip tersebut:

Bahan yang diperlukan:
karton berwarna putih
cat air berwarna merah (melambangkan darah Yesus)
Alat yang diperlukan:
telapak tangan dari sukarelawan (guru atau murid)
HP yang dilengkapi kamera untuk vasilitas rekam Video

Steak kayu/ sumpit  yang dibalut dengan kapas rias wajah/ kapas kesehatan

Cara membuat: (terima kasih pada Kak Harianto yang telah memberi tips di bawah  ini sehingga hasil jiplakan tangan terlihat lebih rapi daripada buatan saya yang agak belepotan…..)

Campur tinta merah pada air, buatlah cukup kental dan jangan terlalu encer.

Celupkan steak berbalut kapas pada tinta dan oleskan pada tangan anak

Kini tangan anak kita capkan pada kertas putih

Lakukan yang sama pada kelompok lain, dengan menggunakan tinta berwarna hitam.
Setelah membuat cap tangan kanan
•    MENYERONG KE KIRI
•    MENYERONG KE KANAN
•    Menggunakan tinta merah, kini buat rekaman videonya, caranya:
Play satu detik cap tangan yg menyerong ke kiri , kemudian pouse, kini play lagi cap tangan yg menyerong ke kanan cukup satu detik saja, kemudian pouse lagi, demikian seterusnya. (pouse boleh lama, tetapi play hanya boleh satu detik saja)

Supaya hasilnya bagus, mohon anda menghafalkan logo/gambar tanda pouse/ play yang tentunya ada di layar HP anda. Setelah selesai, anda bisa mem-play semuanya, dan akan terlihat seperti contoh di atas.

Apa arti Video Klip ini?
Tangan merah adalah tangan Yesus yang sudah dilumuri oleh darah-Nya di kayu salib untuk menyelamatkan kita, menebus kita.
Tangan itu memanggil kita (gerakkan tangan guru yang bergerak memanggil), tetapi ada kalanya suatu saat nanti tangan itu DA….DA….pada kita, tetapi kita tidak tahu.
Dia melakukannya dengan sangat sedih, karna sebenarnya Dia tidak ingin berkata Da…da pada kita.


Kapan peristiwa itu terjadi? Peristiwa itu terjadi saat Dia datang menjemput anak-anak Tuhan yang hidupnya taat kepada-Nya.

Di Lukas 17:36 ditulis bahwa jika ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa Tuhan Yesus naik ke sorga, tetapi yang seorang lagi akan ditinggal di dunia ini, tidak diajak naik.

Dengan sedih, dengan terpaksa, tangan Yesus yang berlumuran darah di kayu salib itu menggoyangkan tangannya tanda perpisahan “da…da….” dengan suara serak karna menahan kesedihan-Nya. Keinginan-Nya sebenarnya kalau bisa semua manusia dan semua anak-anak-Nya ikut naik bersama Dia ke sorga, ke sebuah tempat yang sudah dipersiapkan-Nya bagi anak-anak kesayangan-Nya

Hanya yang hidupnya taat pada firman Tuhan saja yang dibawa naik, karna rajin datang ke gereja dan mengaku Kristen saja tidak cukup, bacalah Matius 7:21
Di Matius 7:21 itu menjelaskan bahwa orang yang mengaku kenal Dia, bahkan menyebut Tuhan-Tuhan, bahkan mungkin sering datang ke gereja, dan bahkan mungkin bisa menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan dalam nama Yesus, tetapi hidupnya dipenuhi sifat-sifat yang jahat, dia akan tertinggal, tidak diajak Yesus naik ke sorga.
Ayo  kakak ajak kalian baca Galatia 5: 19-21, itulah contoh-contoh orang-orang yang hidup dalam dosa dan tidak mau bertobat. Rasul Paulus saat itu mengirim surat pada orang Galatia agar mereka hidup dalam pertobatan, tetapi harus hidup dalam pimpinan Roh Kudus. Ayat ini bukan untuk memperingatkan orang yang belum mengenal Tuhan, melainkan orang-orang galatia yang sudah mengenal Tuhan, tetapi belum mau bertobat dari sikap hidupnya yang jahat.
Sifat-sifat taat pada Tuhan  itu yang seperti apa?

Yook kita baca deh ayat lanjutannya di Gal 5: 22

Ingin nggak diajak Tuhan Yesus tinggal di sorga selamanya bersama dengan Dia…?

Atau…ingin ditinggal…???  Didadahin sama tangan Yesus yang sudah menebus kalian dari dosa itu…?
Naaah, mulai sekarang , kalau kalian ingin di ajak Tuhan Yesus naik ke sorga, belajarlah berkata “TIDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK” sambil menggoyang-goyangkan tangan kita (peragakan)/ pakai video dari gambar tangan tinta hitam
berkata tidak saat iblis membujukmu berbuat dosa, berkatalah tidak saat teman-temanmu mengajakmu:
•    berbohong, mencuri uang mama, nonton film porno, berkata-kata tidak baik, mengumpat, menyombongkan diri dengan membual, membuang-bunag waktu hanya untuk hal-hal yang sia-sia, mencontek, tidak menghormati papa dan mama, memberontak terhadap mereka, kecewa terhadap Tuhan, mencoba rokok, minuman keras dan ke tempat dugem, berpacaran dengan cara yang sembarangan, dll
•    kalau kalian tidak ingin ditinggal Yesus naik ke sorga, yang kalian lakukan adalah mulai sekarang beranilah berkata “TIDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAKKKKKKKKK” tanpa harus merasa bersalah pada temanmu, tanpa harus merasa takut tidak punya teman lagi, tanpa harus merasa takut dikatakan “alim, pak pendeta, sok suci,nggak gaul, lugu, banci, dll”

Lebih baik didadahin teman daripada didadahin Tuhan Yesus.

Ayat Mas:
KELAS KECIL : I Korintus 15:33 janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik
KELAS TENGAH DAN BESAR : Amsal 13:20 Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Keterangan:
Semua umur dapat melakukan aktifitas mudah ini, hanya saja guru perlu menyesuaikan contoh-contoh dalam kehidupan nyata yang relefan dengan usia mereka.

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s