NATIONAL CHILDREN’S WORKERS’ CONFERENCE – PASSION


NATIONAL CHILDREN’S WORKERS’ CONFERENCE – P A S S I O N
¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯

NCWC

NCWC

NCWC (National Children’s Workers’ Conference) hadir sebagai wadah
bagi para Pendidik Anak, Guru Sekolah Minggu, Aktivis Pelayanan Anak,
dan Orangtua untuk bersama-sama mempersiapkan langkah-langkah
strategis dalam Dunia Pelayanan Anak Indonesia, untuk saling
berjejaring dan bekerjasama  guna menumbuhkan generasi baru yang
mampu menjadi berkat bagi zamannya.

Setelah NCWC “Dream” tahun 2006, NCWC 2012 hadir dengan tema
“Passion” – Semangat memberitakan Injil, memenangkan jiwa anak
Indonesia bagi Tuhan.
“PASSION” atau api semangat pengabaran Injil Kristus pertama kali
dibawa ke Indonesia oleh para misionaris. Api itu diteruskan dari
generasi ke generasi sampai dengan saat ini.

Jangan biarkan api itu padam! Sekarang adalah giliran kita.

SUSUNAN ACARA

JUMAT, 3 FEBRUARI 2012
09:00 – 13:00  Pameran NCWC 2012
Pendaftaran
13:00 – 14:00  Pembukaan
14:00 – 15:00  Pleno 1: PASSION
15:00 – 16:00  Pleno 2: Potret Realita Pelayanan Anak di Indonesia
(talkshow)
16:00 – 18:00  KKR: “Betapa Indahnya Kedatangan Mereka yang Membawa
Kabar Baik!”
18:00 – 19:00  Makan Malam
19:00 – 21:00  Workshop I

SABTU, 4 FEBRUARI 2012
08:00 – 10:00  Pleno 3: Program Pelayanan Anak yang Kreatif
10:00 – 12:00  Workshop II
12:00 – 13:00  Makan Siang
13:00 – 15:00  Workshop III
15:00 – 17:00  Pleno 4: Membentuk Jejaring Regional
17:00 – 19:00  Penutupan: “Utuslah Aku!”
19:00 – 21:00  Workshop IV (tambahan)

WORKSHOP I

A. PENTINGNYA PENGINJILAN ANAK
(oleh Tanti Djatmiko dan
Yosephien Simatauw + Kids Evangelism Explosion (Kids EE))
Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun membutuhkan KESELAMATAN.
Bagaimana cara yang paling efektif untuk menginjili anak-anak?
Bagaimana kita bisa memenangkan jiwa anak-anak bagi Yesus
Kristus?

B. SIAP MELAYANI DI PELOSOK!
(oleh Meilania)
Melayani di pelosok memang tidak mudah dan penuh tantangan, namun
justru kuasa dan penyertaan Tuhan nyata di tengah situasi yang
sulit tsb. Melayani di pelosok tidak berarti “ketinggalan” dari
kota besar. Temukan cara-cara yang kreatif, tips-tips praktis,
serta pemanfaatan teknologi tepat guna yang mampu menunjang
pelayanan Anda!

C. SCIENCE DAN PENGINJILAN
(oleh Hindra Salim)
Menginjili anak ada banyak caranya. Nah, salah satunya adalah
mengajak anak-anak menggali sains (ilmu pengetahuan) untuk
menemukan kebenaran Firman Tuhan di dalamnya. Agar anak-anak
menyadari bahwa Tuhanlah Sang Pencipta dan Juru Selamat mereka!

D. MENGENALI KEUNIKAN ANAK
(oleh Soemarno Kosasih dan Woen Soen Lan)
Si A kalem, si B sukanya ribut melulu, si C tipenya semangat
banget, si D cuek-cuek aja, si E tuh orangnya suka usil, si F
becanda terus … Aduh, kenapa ya anak-anak dalam satu kelas ini
kok beda semua? Bagaimana cara saya melayani mereka?

E. KONSELING ANAK
(oleh Roswitha Ndraha)
Masalah anak tidak pernah berdiri sendiri karena senantiasa
terhubung dengan keluarga dan lingkungan. Menyadari realita bahwa
dewasa ini masalah anak makin beragam dan banyak jumlahnya,
Konseling Anak menjadi hal yang penting dalam menolong anak-anak
menghadapi masalah mereka.

F. MERANCANG CAMP ANAK DENGAN METODE ACTIVE LEARNING,
“FBI: FOLLOWING BIBLE INSTRUCTIONS”
(oleh Tim Guru KAA GII Hok Im Tong)
Anak-anak mampu menyerap pelajaran dengan optimal dalam suasana
belajar yang menyenangkan! Anak-anak bahkan mampu mengingat
sebanyak 90% materi tanpa susah-susah menghafal, bila mereka
terlibat AKTIF selama proses belajar. Ikuti petualangan seru
menjelajah berbagai area sambil berkenalan dengan tokoh-tokoh
Kristen sepanjang sejarah.

WORKSHOP II

A. TIPS JITU DAN PRAKTIS: MEREBUT PERHATIAN DAN MEMPERTAHANKAN
KONSENTRASI ANAK DENGAN ALAT PERAGA
(oleh Tanti Djatmiko)
Bingung mengatasi anak yang tidak mau memperhatikan? Pusing
menangani anak yang bandel dan suka bikin ulah? Temukan tips-tips
jitu untuk merebut kembali kendali kelas di tangan Anda! Dan
jadikan kelas Anda kelas yang paling menarik bagi anak-anak!

B. SIAP MELAYANI DI KOTA BESAR!
(oleh Meilania)
Aduh, bagaimana yaaa … anak-anak zaman sekarang lebih “canggih”
lho dari gurunya! Di era informasi ini, ada banyak kemudahan yang
sebenarnya bisa kita peroleh dari hadirnya peralatan teknologi
dan jaringan Internet. Yuk, kita sama-sama tingkatkan
pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan agar bisa lebih kreatif dan
efektif melayani anak-anak generasi milenial ini!

C. MELAYANI ANAK MELALUI DUNIA PENDIDIKAN
(oleh Takim Andriono)
Dunia pendidikan, baik formal maupun informal, merupakan salah
satu strategi pelayanan anak yang sangat efektif. Di mana pun
kita berada, entah di desa atau di kota, masyarakat selalu
terbuka dan membutuhkan program pendidikan anak. Dunia pendidikan
Kristen di Indonesia perlu menyiapkan strategi khusus dalam
menghadapi tantangan di era digital ini.

D. MELATIH ANAK UNTUK MENGINJIL
(oleh Yosephien Simatauw + Kids Evangelism Explosion (Kids EE))
Anak-anak menjadi penginjil? Apa bisa? Tentu BISA! Anak-anak pun
bisa Tuhan pakai untuk menjadi saksiNya. Dalam sesi ini Anda akan
belajar cara melatih anak untuk bersaksi pada teman-temannya
melalui gerakan-gerakan yang menarik dan dengan menggunakan
traktat Kids EE bergambar.

E. MEMULIHKAN ANAK
(oleh Martha Liem)
Hidup semakin sulit bagi semua orang, tapi terutama bagi
anak-anak yang menjadi korban (perceraian, kekerasan, pengabaian,
bullying, dsb). Bagaimana kita sebagai orang awam bisa menolong
dan melayani anak-anak ini?

F. sama dengan WORKSHOP I. F.

WORKSHOP III

A. TIPS SERU DAN HEBOH: MENGGELAR PANGGUNG BONEKA
(oleh Tim Domba Kecil, Donny Han dan Erlina Kwan)
Macam-macam pelayanan “panggung boneka” dari menggunakan boneka
sederhana (dari kantong tissue, kaus kaki, centong, flanel)
sampai puppet spektakuler: silent puppetry (panggung boneka tanpa
kata – sangat cocok digunakan dalam pelayanan misi di daerah /
luar negeri yang memiliki bahasa berbeda) dan blacklight puppetry
(panggung boneka spektakuler yang bisa menyala dalam gelap).

B. MENGASIHI DAN MELAYANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
(oleh Meilania)
Anak-anak dengan kebutuhan khusus (ADHD, autism, Down’s syndrome,
dll) adalah anak-anak yang dikasihi juga oleh Tuhan Yesus. Banyak
orang merasa jijik, iba, atau mungkin canggung saat harus
berhadapan dengan anak-anak ini. Nah, apa sajakah yang harus kita
ketahui tentang mereka sehingga kita bisa melayani anak-anak ini
dengan lebih efektif?

C. OBJECT LESSONS, CRAFTS, DAN GAMES UNTUK BELAJAR ALKITAB
(oleh Hindra Salim)
Bagaimana sih caranya mengajarkan Alkitab dengan cara-cara yang
seru dan asyik? Bisa nggak sih anak-anak jadi semangat belajar
Alkitab tanpa disuruh-suruh atau dipaksa? Nah, kalau itu
kerinduan Anda, temukan jawabannya dalam sesi ini!

D. MENDIDIK ANAK SESUAI KEUNIKAN
(oleh Soemarno Kosasih dan Woen Soen Lan)
Setiap anak memiliki kecepatan pertumbuhan yang berbeda-beda,
baik dalam hal karakter, emosi, maupun spiritualnya. Perbedaan
usia, jenis kelamin, dan lingkungan di mana anak bertumbuh juga
merupakan faktor yang harus diperhatikan di dalam proses mendidik
anak. Nah, bagaimana sebaiknya kita mempersiapkan anak-anak kita
memasuki dunia remaja yang makin penuh tantangan dan godaan ini?

E. LAGU DAN GERAKAN DAN PELAYANAN ANAK
(oleh Tim Domba Kecil, Donny Han dan Erlina Kwan,
Grace Sumilat dan Susan Malino)
Cobalah cara baru dan kreatif dalam mengajak anak-anak untuk
memuji dan menyembah Tuhan dengan menggunakan gerakan dan bahasa
isyarat. Peserta akan belajar beberapa lagu dengan menggunakan
gerakan tangan yang kreatif. Creative Hand Sign and Movement
dapat digunakan tiap minggu dalam ibadah anak atau untuk acara
pementasan, seperti Natal dan Paskah.

F. sama dengan WORKSHOP I. F.

WORKSHOP IV
F. sama dengan WORKSHOP I. F. -terbatas untuk 500 pendaftar pertama-

PEMBICARA

TANTI DJATMIKO
Selagi menekuni kariernya sebagai seorang dokter, di tahun 1986
Tuhan memanggilnya untuk mengambil beban pelayanan sepenuh waktu
dalam pelayanan anak-anak melalui Yayasan Domba Kecil. Hingga
saat ini, bersama berbagai macam denominasi gereja, beliau
melayani anak, orangtua, serta mengadakan pelatihan, seminar, dan
workshop untuk para pelayan anak. Beliau juga mengelola PAUD,
Sekolah Alkitab Anak, dan Sekolah Pelayanan Anak. Komitmen dan
kegigihannya memenuhi panggilan yang kuat untuk membangkitkan
pelayanan anak di seluruh Indonesia menginspirasi guru-guru
Sekolah Minggu di mana pun mereka berada.

MEILANIA
Ibu rumah tangga dan mantan dosen di beberapa universitas di
Surabaya ini, sejak tahun 1988 aktif mengajar di Sekolah Minggu.
Tahun 2000 menjadi moderator milis diskusi e-BinaGuru hingga
sekarang. Kini Meilania aktif memberikan seminar, pelatihan, dan
konsultasi kepada gereja dan sekolah, serta menulis buku-buku
untuk panduan guru di dalam mengajar anak-anak (kelas bayi, kelas
balita, dan creative teaching). Sejak th 2011 ini Meilania juga
mulai aktif dalam pelayanan remaja dan pemuda.

TAKIM ANDRIONO
Pendidik, konsultan, dan penasihat dari berbagai lembaga
pendidikan di Indonesia. Saat ini aktif mengajar di program pasca
sarjana beberapa universitas Kristen terkenal untuk mata kuliah
Educational Leadership. Sejak akhir tahun 2010 menjabat sebagai
Koordinator Pusat Pengembangan & Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan (P4TK) – TRAMPIL oleh Majelis Pendidikan Kristen
(MPK) di Indonesia.

SOEMARNO KOSASIH & WOEN SOEN LAN
Sejak tahun 1998, pasangan suami istri ini memulai pelayanan
Parenting Life dengan “Melatih Orangtua Mendidik Anak” – yaitu
pelatihan bagi para orangtua, guru sekolah, dan pembina anak. Ada
4 modul pelatihan, dari mendidik anak sejak dalam kandungan
hingga remaja. Saat ini, Bapak Soemarno adalah penatua Abbalove
Ministries dan menggembalakan jemaat di Gading Serpong, sedangkan
Ibu Soen Lan memimpin di pelayanan Wanita Bijak.

HINDRA SALIM
Hobinya terhadap sulap sejak kecil membuat Hindra Salim mendalami
seni ini yang membawanya sampai ke Jerman dan Singapore, dan
membuka wawasan baru tentang sulap sebagai sarana penyampaian
Firman Tuhan yang dapat menjangkau jiwa-jiwa. Sebagai anggota FCM
(Fellowship of Christian Magicians), Hindra Salim melayani
pelatihan guru Sekolah Minggu dengan motto “Magic with Message”
atau dikenal sebagai “Creative Ministry”.

YOSEPHIEN SIMATAUW + KIDS EVANGELISM EXPLOSION (KIDS EE)
Yosephien Simatauw beserta suami Simon Siahaan adalah alumni STT
I3 Batu, Malang. Saat ini melayani bersama di EE Indonesia
berpusat di kota Malang, yang bergerak dalam training penginjilan
pribadi, baik dewasa maupun anak. Motto Kids EE: membawa anak
mengenal Yesus dan menjadikannya saksi.

ROSWITHA NDRAHA
Ibu rumah tangga, saat ini mengajar sebagai dosen konseling di
STT Jaffray Jakarta dan Makassar. Aktif menulis berbagai buku
tentang konseling dan keluarga.

MARTHA LIEM
Sebagai Ketua Biro Anak PP DPA GBI Martha Liem mempunyai
“passion” untuk membangkitkan kerohanian anak-anak Indonesia.
Beliau aktif sebagai pemerhati masalah anak-anak sejak tahun
1994, dan saat ini aktif menjabat sebagai kepala sekolah KB-TK
Tunas Citra.

DONNY HAN & ERLINA KWAN
Keduanya berpengalaman dalam dunia pendidikan anak, baik di
sekolah nasional maupun internasional. Banyak memberikan
pelatihan kepada anak-anak, remaja, maupun dewasa tentang bentuk-
bentuk pelayanan anak yang kreatif. Erlina Kwan secara khusus
pernah mendapat bimbingan dari Andrew & Violet Goh (Singapore)
dan Dale & Liz VonZeggen (USA) dalam pelayanan panggung boneka.

GRACE SUMILAT
Hingga saat ini aktif melayani sebagai pelatih paduan suara anak
serta memberikan training vokal bagi para worship leader maupun
singer di berbagai gereja. Selain melayani dalam bidang musik,
Ibu Grace juga aktif menulis materi tentang mengajar sekolah
minggu yang kreatif.

TIM GURU KAA GII HOK IM TONG
Tim Guru yang akan melayani di area FBI ini merupakan guru-guru
Sekolah Minggu dari Gereja Injili Indonesia Hok Im Tong yang ada
di Bandung dan Jakarta. Ada lebih dari 50 orang guru yang akan
terlibat dalam acara ini. Dengan bimbingan Ibu Meilania, Tim Guru
KAA GII Hok Im Tong telah mendapatkan pembekalan, pelatihan, dan
pengalaman di dalam menerapkan Metode Active Learning bagi proses
pembelajaran Firman Tuhan.

PAMERAN

1. AJANG PAMERAN DAN INFORMASI TERLENGKAP SEPUTAR DUNIA PELAYANAN
ANAK DI INDONESIA
Didukung oleh berbagai lembaga / yayasan pelayanan anak di
Indonesia.

2. AJANG PAMERAN SEKOLAH MINGGU
Menampilkan kreativitas dalam mengajar anak-anak melalui Metode
Active Learning.
Tema: “FBI: Following Bible Instructions”.
Pameran ini dibuka untuk sesi workshop (khusus peserta NCWC) dan
TERBUKA bagi anak-anak kelas 4-6 SD, guru-guru sekolah, dan guru-
guru sekolah minggu.
Informasi & Pendaftaran Ajang Pameran Sekolah Minggu:
Yuli / Marta. Tel. +62(21) 2553-6600, HP. +62(856) 225-6379

3. AJANG PAMERAN KREATIVITAS GURU
Menampilkan kreativitas dalam mengajar anak-anak melalui
permainan, aktivitas, dan alat peraga yang secara khusus dibuat
dengan menggunakan bahan dasar hasil alam daerah.
Tema: “KREATIVITAS NUSANTARA BAGI YESUS!”

LOMBA

KREATIVITAS NUSANTARA BAGI YESUS!
Mengundang semua peserta NCWC 2012 dan para guru untuk
berpartisipasi dalam ajang perlombaan ini.
Hasil karya akan dipamerkan.
Informasi & Pendaftaran Ajang Lomba:
Agustina Wijayani. HP. +62(812) 278-1144

1. AYO BIKIN SERU CERITAMU!
Lomba membuat alat peraga cerita Sekolah Minggu berbahan dasar
alam (dari daerah masing-masing) yang mudah didapat, murah,
tetapi menarik bagi anak-anak.

2. AYO BERMAIN SAMBIL BELAJAR ALKITAB!
Lomba membuat games (permainan) kreatif dari seluruh Nusantara
(boleh mengadaptasi permainan tradisional / daerah masing-masing)
yang ditujukan untuk mengajarkan Firman Tuhan.

KONTRIBUSI PESERTA
(termasuk makalah, makan malam hari pertama, makan siang hari kedua)
• Rp 200.000,- / peserta (sebelum 3 Desember 2011)
• Rp 250.000,- / peserta (3 Desember 2011 – 2 Januari 2012)
• Rp 300.000,- / peserta (3 Januari 2012 – 2 Februari 2012)
• Rp 400.000,- / peserta (3 Februari 2012)
BCA Arjuna Utara 6010178833 atas nama Agustina I / Tanti S

BONUS
Peserta grup 10 orang dari JaBoDeTaBek / grup 5 orang dari Pulau
Jawa / grup 3 orang dari luar Pulau Jawa akan diberikan 1 Paket
Kurikulum & Alat Peraga.

CATATAN
• Pembayaran registrasi tidak dapat dibatalkan / dikembalikan,
tetapi boleh dialihkan kepada orang lain.
• Harap melampirkan bukti pembayaran saat menyerahkan formulir.
• Untuk informasi akomodasi, peserta luar kota dapat menghubungi
Sekretariat Panitia NCWC.

FORMULIR REGISTRASI
http://www.dombakecil.org/NCWC2012-FormulirRegistrasi.doc

INFO AKOMODASI
Mohon kunjungi http://www.ncwc.info tab “Akomodasi”.

Jangan biarkan api itu padam! Sekarang adalah giliran kita.

SEKRETARIAT NATIONAL CHILDREN’S WORKERS’ CONFERENCE
Jl. Tanjung Duren Utara III E / 236 . Jakarta Barat 11470 – INDONESIA
Tel. +62(21) 560-2630, 566-8931 . Fax. +62(21) 566-8962
SMS. +62(21) 9298-3255, +62(815) 1019-9010
http://www.ncwc.info . e-mail: contact@ncwc.info

MOHON DUKUNGAN DOANYA YA….DAN PARTISIPASINYA BAGI PARA PELAYAN TUHAN DI BIDANG ANAK  DI INDONESIA INI……….TUHAN MEMBERKATI

INFO PEMBICARA NCWC

Oleh Anugrah-Nya, Grace Sumilat.

Oleh Anugrah-Nya, Grace Sumilat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s