GERAKAN 0-10 DALAM MENGHAFAL AYAT


MEMBUAT GERAKAN DALAM MENGHAFALKAN AYAT HAFALAN

Untuk menghafalkan ayat hafalan, salah satu cara yang sangat memudahkan anak dapat menghafalkan Firman Tuhan dengan cepat adalah dengan cara menghafalkan sambil membuat gerakan.

Mengapa ? Karna gerakan adalah BAHASA GAMBAR yang mana dengan membuat gerakan, sama saja kita sedang menggambar di UDARA / menggambar di IMAJINASI kita, tentang isi ayat tersebut.

Biasanya menghafal isi ayat lebih mudah daripada menghafal alamat ayat, misalnya : Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak. Kita hafal ayat itu, tapi di Amsal berapa ya…?

Berikut ini akan saya terbitkan beberapa foto yang memuat gerakan dari angka Nol / 0 sampai 9.

Gerakan angka ini dapat menolong saudara untuk menetapkan gerakan yang baku dan tidak diubah-ubah lagi.

Misalnya Mazmur 23: 1, maka anda menggerakkan huruf M sebagai inisial kitab Mazmur, angka 2, 3 , gerakan ‘ayat’ dan gerakan angka 1

Misal Mazmur 90:1, maka anda menggerakkan huruf M sebagai inisial kitab Mazmur,angka 9, 0 gerakan ‘ayat’ dan gerakan angka 1

Catatan: dalam tulisan ini saya hanya memuat gerakan angka saja, sedang huruf M sebagai awalah Mazmur dan seterusnya akan saya muat dalam tulisan berikut…(tunggu tanggal mainnya ya..)

selamat mencoba

Foto ini urut dari angka 0, 1 (hidung), 2 (telinga), 3 (kumis), 4 (telinga kelinci), 5 (five fingers), 6 (tubuh dengan bentuk 6), 7 (tubuh dengan bentuk 7), 8 (dua cincin), 9 (tubuh dengan bentuk 9) dan 0 ( tangan dengan bentuk 0)

SATU

DUA

TIGA

EMPAT

LIMA

ENAM

TUJUH

DELAPAN

SEMBILAN

NOL

keterangan: Model adalah serang rekan guru sekolah minggu di KAA GUP Madiun, lokasi foto ada di GEDUNG KAA GUP MADIUN

 

zwani.com myspace graphic comments

4 pemikiran pada “GERAKAN 0-10 DALAM MENGHAFAL AYAT

Tinggalkan komentar