ALASAN MENGAPA HARUS ADA KELAS BAYI

“Kelas bayi ? Ada-ada saja”, mungkin begitu komentar orang yang belum mengerti betapa pentingnya kelas bayi hadir di gereja Anda. Simak tinjauan alkitab mengapa kelas bayi itu penting di tulisan ini !!


SUASANA KELAS BAYI DI GPDI KHARISMA KALINEGORO
SUASANA KELAS BAYI YANG LUAR BIASA DI GPDI KHARISMA KALINEGORO, MAGELANG DIBERKATI TUHAN PENGAJAR : IBU TUTUT

ALASAN MENGAPA HARUS ADA KELAS BAYI DI GEREJA ANDA

MERINTIS KELAS BAYI DISEKOLAH MINGGU ANDA

( Usia 0-18 bulan)

POWER POINT MAKALAH INI DAPAT ANDA UNDUH DENGAN KLIK TAUTAN BERIKUT INI:

MERINTIS KELAS BAYI

  1. Mengapa harus ada kelas bayi di sekolah minggu?

Banyak orang berpikir, bahwa anak bayi tidak mengerti apa-apa, anak bayi Cuma bisa menangis, mengompol, minum susu, tidur dan tidur lagi.

Pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar, karna seorang bayi sebenarnya mengetahui apa yang terjadi di sekelilingnya, contoh:

  • Senang jika diajak pergi
  • Tertawa jika di ajak bergurau dan bermain ‘ciluk ba’
  • Para meneliti menemukan bahwa bayi yang dilahirkan dengan proses normal pasti mengalami yang dinamakjan ‘ trauma paska lahir’, oleh karna itu anak saya (penulis) saat masih berusia beberapa hari/beberapa minggu spontan menangis saat (walaupun sedang tidur), sang ibu menceritakan proses kelahirannya yang sangat sulit dan menegangkan pada tamu-tamu yang datang menengok.

Bayi belajar dari pengulangan yang terus menerus diulang dalam kesehariannya. Pemikiran bahwa bayi tidak mengerti apa-apa adalah pemikiran yang keliru

Sebagai orang dewasa, kita tidak bisa mengingat secara sadar apa yang terjadi pada saat kita masih bayi, tetapi hal ini tidak berarti semua yang terjadi pada masa bayi kita tidak berdampak apa-apa pada kehidupan kita setelah dewasa, contoh:

  • Anak yang dianiaya sejak kecil, pada masa dewasa akan mengalami gangguan dalam kejiwaannya, bahkan ketika menikah akan menjadi orang tua yang menganiaya juga anak-anaknya bahkan istrinya, dalam sebuah kelainan seks (menganiaya pasangan sebelum berhubungan intim)
  • Sharing pengalaman penulis.
  • Anak yang dibesarkan dalam kasih sayang yang sangat berlimpah, bertumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan, pandai bergaul, dan cerdas
  • Banyak masalah yang terjadi pada masa dewasa, ternyata setelah dicari akar masalahnya adalah trauma yang terjadi pada masa bayi yang terbawa sampai dia dewasa.

Permasalahan yang terjadi pada bayi dewasa ini adalah:

  • Himpitan ekonomi sehingga orang tua semuanya bekerja, bayi dititipkan pada pembantu rumah tangga/baby sister
  • Penolakan jenis kelamin yang tidak diharapkan
  • Himpitan ekonomi membuat stress orang tua dilampiaskan terhadap anak
  • Himpitan ekonomi sehingga anak yang lahir sebagai anak yang ke 3 atau ke 4 dst menjadi anak yang ‘membuat kehidupan semakin sulit’
  • Anak yang terlahir sebagai anak haram
  • Anak yang lahir dalam kategori ‘kelainan’ atau bahkan cacat.
  • Dll

Oleh karena itu , dengan adanya kelas bayi di sekolah minggu, diharapkan dapat menanamkan Firman Tuhan sejak dini pada anak-anak, sehingga Firman Tuhan yang tertanam di pikiran bawah sadar yang paling bawah/ paling dasar, menjadi fondasi yang kuat, yang terus terbawa sampai dia dewasa, Firman yang sudah tertanam tidak mungkin gagal (karna Firman Tuhan tidak mungkin gagal), Firman yang sudah tertanam tidak mungkin kembali dengan sia-sia

  1. Tinjauan Alkitab

Samuel (Samuel pasal 1)

Hana berdoa meminta seorang anak pada Tuhan, dan Tuhan mengabulkan doanya. Lahirlah Samuel

Ayat 22. Hana tidak ikut ke Silo untuk mempersembahkan korban pada Tuhan, karna ia sedang menyusui si kecil Samuel.

Ayat 24, waktu si kecil Samuel berusia 3 tahun (budaya Israel , menyusui hingga berusia 3 tahun) barulah Hana membawa Samuel ke Silo menjadi pelayan Tuhan di bawah pengawasan Imam Eli. Si kecil Samuel bertumbuh dalam lingkungan yang tidak sehat, karna sehari-hari hidup dalam tidak takut akan Tuhan ( perhatikan pasal 2: 11-12)

Yang dilakukan Hana adalah, setiap tahun ia mengunjungi si kecil Samuel dan membuatkannya jubah. Samuel mungil berlilitkan baju efod dari kain lenan. Inilah visi/cita-cita Hana sebagai orang tua yang ditanamkan pada si Samuel kecil, mungkin sambil memakaikan bagu itu Hana berkata seperti ini

“ Nak, kelak kamu menjadi seorang nabi Tuhan….mendengar suara Tuhan dan mengatakannya pada umat Tuhan…, itu doa mama sebelum kamu lahir sayang….kamu akan menjadi anak perjanjian antara mama dengan Tuhan.. Bagus kan bahju buatan mama….? Kamu senang sayang?”

“ingat ya cerita-cerita mama saat kamu masih di Efraim dulu……kamu harus hidup takut akan Tuhan ya sayang…”

Memang ilustrasi dialog tersebut tidak ada di Alkitab, tidak tercatat dalam alkitab, namun ada sesuatu yang menggelitik hati kita, bagaimana mungkin si kecil Samuel itu bisa bertumbuh peka akan Tuhan, takut akan Tuhan , sementara lingkungan sekitarnya tidak mendukung?

Jawabannya ada di saja:

Maz 119;9

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan Firman-Mu.

Samuel tetap terjaga hidup kudus, karna sudah ada Firman Tuhan yang ditanamkan dalam 3 tahun masa awal kehidupannya.

Musa. (Keluaran 2)

Musa disusui ibunya samapi 3 bulan, kemudian di masukkan dalam peti yang kemudian dihanyutkan di sungai Nil,

Dalam skenarionya Tuhan, datanglah putrid Firaun ke sungai yang sama dan menemukan Musa.

Alkitab mencatat bahwa akhirnya ibu dari Musa, justru diupah untuk menyusi Musa di rumahnya sendiri, sampai Musa besar. Sampai besar di sini tidaklah dijelaskan sampai usia berapa, namun bisa saja sampai usia 3 tahun (batas orang Israel memberi asi pada bayi mereka) atau sampai usia 5 tahun, atau bahkan sampai usia 12 tahun (batas akil balik, menurut orang Yahudi)

Selanjutnya, Musa bertumbuh dalam didikan hikmat orang Mesir. Orang Mesir adalah orang yang kafir, tidak mengenal Tuhan, tidak punya takut akan Tuhan. Hidup dalam kekayaan Mesir, hidup dalam status sebagai bangsawan. Hidup sebagai orang yang berkuasa.

Tetapi dalam kitab Ibrani  11: 23-29 dikatakan bahwa karena IMAN, setelah dewasa Musa:

  • menolak disebut anak puteri Firaun
  • lebih suka menderita sengsara daripada menikmati kesenangan dari dosa
  • menganggap penghinaan yang ia terima sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta MESIR.

Darimana iman itu ditanamkan? Dari sejak masa bayi/ masa menyusui. Masa yang sangat berharga sekali untuk menanamkan IMAN.

Apakah iman bisa diturunkan/ditanamkan ?

Bisa, karna iman timbul dari pendengaran akan Firman Kristus. (Roma 10:17) Yang bisa dilakukan terhadap seorang bayi adalah :

BUAT SANG BAYI MENDENGAR FIRMAN

IMANNYA AKAN BERTUMBUH DARI MENDENGAR

Walau bayi belum bisa bertepuk tangan, bernyanyi, membuat suatu gerakan dalam gerak dan lagu, menjawab pertanyaan, bahkan sepertinya wajahnya belum bisa menunjukkan respon saat mendengar cerita alkitab, atau diajak menyanyikan nyanyian rohani.

Perhatikan apa yang dikatakan Alkitab tentang iman dari seorang NENEK dan seorang IBU yang diturunkan pada anak bahkan pada cucunya. ( II Tim 1: 5)

BAYI DALAM PEPERANGAN ROHANI

Bayi ikut berperan dalam peperangan rohani. Bayi memiliki kepekaan melebihi orang dewasa.

  • Maz 8:3, Mat 21:16 Bayi-bayi dipakai oleh Tuhan, dengan pujian mereka, dapat membungkamkan musuh dan para pendendam. Bayi dapat dipakai oleh Tuhan untuk peperangan rohani

BAYI  ADALAH GENERASI YANG DIPEREBUTKAN

Bayi menjadi generasi yang diperebutkan antara Ibu dan si Iblis. Hanya ada dua kemungkinan, generasi ini dimenangkan oleh sang ibu, berhasil menjadi anak yang takut akan Tuhan, ataukah menjadi generasi yang direbut si jahat , menjadi generasi yang gagal hidup takut akan Tuhan.

Masa perebutan ini adalah pada masa menyusui (tiga tahun pertama), dan masa anak-anak (balita), sampai masa 12 tahun masih disebut anak.

Kejadian 3: 15

Ketika manusia jatuh dalam dosa, Tuhan berfirman bahwa akan terjadi permusuhan antara keturunan perempuan dan keturunan ular

Keturunan ular akan meremukkan tumit Ibu.

Tumit berbicara mengenai jejak/teladan/ langkah ke depan , cita-cita dan harapan

Saat ibu gagal mendidik anak takut akan Tuhan, maka jejak ibu, nasehat ibu, langkah ibu, harapan ibu, semuanya tidak akan diikuti jejaknya oleh sang anak

Amsal 10 : 1

Anak yang bebal adalah kedukaan bagi ibunya

Kegagalan pendidikan pada masa bayi, gagal menanamkan Takut Akan Tuhan pada masa bayi, akan mendatangkan kedukaan bagi sang Ibu.

Sebaliknya, keturunan wanita akan meremukkan kepala ular .

Bayi-bayi yang dididik takut akan Tuhan (Maz 8:3, Mat 21:16) , MENJADI  generasi yang ikut dalam peperangan rohani, sehingga kehadiran bayi-bayi yang takut akan Tuhan menjadi tentara peperangan rohani.

Sampai masa dewasanya pun tetap akan mengikuti jejak ibu. Terbukti pada hidup Musa dan Samuel.

AGENDA KELAS BAYI

 

Prinsip pengulangan

  1. Semua cerita, lagu dan ayat harus diulang oleh ibu di rumah setiap hari, misalnya lagu akan diluang ibunda setiap kali si kecil mandi, ayat akan diulang bunda saat si kecil minum asi, cerita akan diulang si bunda saat si kecil menjelang tidur, dlsb, terserah pengaturan si bunda.
  2. IBU ADALAH GURU YANG SEBENARNYA
  3. ibu akan mendapat materi tertulis untuk mengajar di rumah, sama seperti yang didapat bayi di sekolah minggu
  4. Bayi akan mendapat buku ayat mas, untuk diperkatakan bersama ibunda di rumah setiap hari
  5. Bayi akan mendapat buku tempel, untuk menempelkan gambar gambar yang dibagikan guru di kelas

 

Agenda kelas bayi

  • Doa Pembuka
  • Pujian pendek
  • Firman Tuhan / cerita Alkitab bergambar
  • Ayat hafalan singkat
  • Masing- masing Ibu berlatih bernyanyi nyanyian yg sama pada anak, dibimbing oleh guru sekolah minggu
  • Masing- masing Ibu berlatih bercerita cerita yg sama pada anak, dibimbing oleh guru sekolah minggu
  • Masing- masing Ibu berlatih memperkatakan ayat  yg sama pada anak, dibimbing oleh guru sekolah minggu
  • Doa penutup
  • Bermain

 

PERALATAN YANG DIPERLUKAN KELAS BAYI

 

  1. Lemari kabinet untuk menyimpan barang-barang, agar terlihat rapi
  2. Rak sepatu untuk wali murid
  3. Kipas angin
  4. Karpet puzzle bergambar (bongkar pasang dan bisa ditumpuk)
  5. Matras tempat ibu yang akan menyusi sambil tiduran/duduk
  6. Stereofom untuk menempel gambar berwarna
  7. Perlengkapan cadangan bayi, pakaian bayi, dll
  8. Perlengkapan cadangan bayi, diapers,  alat minum, termos, dispencer, dll

 

 

 

PERSIAPAN PEMBUKAAN KELAS BAYI:

  1. Adakan pendekatan dengan Gembala Sidang anda, ungkapkan pentingnya kelas bayi di gereja Anda, kalau perlu bagikan makalah ini pada beliau untuk dipelajarinya.
  2. Rundingkan dengan bapak gembala anda beberapa hal yang perlu dipersiapkan , misalnya:
    1. Pemilihan ruangan yang akan dipakai, apakah:

i.    Di gereja

ii.    Di rumah jemaat

iii.    Di salah satu kelas sekolah minggu

    1. Beberapa persiapan sarana dan prasarana
    2. Guru-guru kelas bayi yang akan diajak terlibat dalam mengajar, apakah:

i.    Diambil dari antara guru SM

ii.    Melatih orang baru

    1. Waktu pelaksanaan, apakah:

i.    Di jam ibadah raya

ii.    Di jam sekolah minggu

iii.    Di hari khusus/di luar hari minggu

    1. Pentingnya pengumuman untuk jemaat, yang digarisbawahi oleh Bapak Gembala
    2. Diawali dengan Pertemuan Wali Murid, yang diisi dengan acara:

i.    Penjelasan pentingnya kelas bayi

ii.    Penjelasan agenda kelas bayi ( apa saja yang nanti akan dilakukan di kelas bayi)

iii.    Kata pendahuluan dari Bapak gembala

iv.    Pengumuman waktu dan tempat

    1. Persiapan presensi serta membeli beberapa peralatan yang diperlukan
    2. Persiapan ruangan yang diperlukan

8 Kecerdasan Otak Bayi

Penulis : Lusia Kus Anna | Senin, 3 September 2012 | 12:30 WIB

shutterstock

Kompas.com – Meskipun tampak mungil dan tidak berdaya, tetapi penelitian menunjukkan bahwa bayi memiliki kecerdasannya sendiri. Berikut adalah 9 macam kecerdasan yang dimiliki bayi sejak mereka lahir.

1. Tahu siapa “bosnya”

Sejak usia 10 bulan, bayi sudah bisa mengenali hirarki sosial dan mampu memahami siapa yang paling “berkuasa”. Yang menarik, para bayi sudah mengetahui konsep tersebut bahkan sebelum mereka menguasai bahasa.

2. Membaca emosi anjing peliharaan

Bahkan sebelum mereka bisa mengucapkan kata “mama”, bayi sudah mampu membaca emosi anjing peliharaan. “Emosi adalah hal pertama yang bayi pelajari dari lingkungannya,” kata Ross Flom, profesor psikologi dari Brigham Young University di Utah.

3. Memahami mood dan emosi

Meski mereka belum bisa bicara, bayi sudah bisa mengetahui apakah orangtuanya sedang gembira atau sedih berdasarkan intonasi suara yang didengarnya. Kemampuan itu mereka miliki di usia 5 bulan.

4. Terlahir untuk menari

Bayi memang menyukai musik. Lebih dari itu, mereka mampu menyesuaikan gerakan tubuhnya dengan musik yang mereka dengar. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, kemampuan untuk bergoyang atau menari adalah bawaan manusia sejak lahir.

5. Meniru aksi 

Sebuah penelitian menemukan, saat bayi berusia 9 bulan, area otak mereka akan ikut aktif saat mereka melihat orang lain melakukan sesuatu kegiatan, misalnya menarik benda. Meski tidak melakukan kegiatan tersebut, saraf-saraf dalam otak tetap aktif.

6. Belajar cepat

Meski sedang tertidur, bayi sebenarnya bisa belajar. Otak mereka memiliki kemampuan seperti spons data dengan menyerap informasi tanpa henti. Karena itu mungkin bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur supaya mereka bisa dengan cepat beradaptasi dengan dunia barunya.

7. Memahami bahasa

Kemampuan bayi dalam memahami bahasa sebenarnya sungguh luar biasa. “Bayi baru lahir bahkan bisa membedakan dua bahasa berbeda dan tanpa kesulitan bisa mempelajari bahasa mana pun,” kata George Hollich, psikolog yang banyak melakukan riset mengenai kemampuan bahasa bayi. Menurutnya, bayi bisa memahami tata bahasa di usia 15 bulan.

8. Mengenali karakter

Mengetahui mana yang suka membantu dan mana yang egois adalah kemampuan yang perlu dimiliki dalam memilih teman. Dan tahukah Anda bahwa kemampuan itu sudah dimiliki manusia di usia dini. Riset menunjukkan bayi berusia 10 bulan cenderung memilih orang yang memiliki karakter gembira dan baik.

 

 

http://health.kompas.com/read/2012/09/03/12301797/8.Kecerdasan.Otak.Bayi

 

TESTIMONI KELUARGA BPK ANDRE DAN IBU MALA DAN ADIK ISAI

 

Namanya Isai Xavier Andreananta, dia lahir tanggal 26 Maret 2012. Beruntungnya kami karna digereja kami , GPdI Kharisma Kalinegoro, Magelang tengah merintis ” Kelas Janin ” untuk ibu” yg sedang mengandung, dan kami terdorong untuk ikut beserta ibu” lainnya. Sejak dari bulan ke 2 kami sudah mengikuti ” Kelas Janin ” walau 1 minggu hanya 1 x pertemuan, tapi banyak sekali materi yg kami dapat. Dan tidak itu juga, setelah melahirkan, gereja kami juga merintis ” Kelas baby ” pada usia 2 Bulan, Isai sudah kami biasakan untuk mengikuti kelas baby. Jangan anggap saat dikandungan dan walo masih berusia beberapa bulan bayi tidak tau apa itu “belajar” yaa, karna tiap kali ikut kelas bayi dia nendang” waktu didalam perut, dan walau tampaknya dia cuek saat mengikuti ” kelas baby ” tapi sampainya dirumah dia mengulang apa yg guru” tadi sampaikan, yaa menyanyi, berdoa, membaca firman melalui gerakan. Memang kosa kata yg dia ucapkan masih sedikit, tapi dia sudah taw memilih & memutar lagu” rohani, tau mengangkat tangan saat lagu persembahan, ikut mezbah doa keluarga ( walo matanya kadang” suka dibuka sedikit ) dan tau berkata Halleluya & Amiennn saat selesai berdoa. Saat mau makan pun tidak lupa dia lipat tangan, tutup mata dan berdoa. Oiya, karna kebiasaan lihat drum, gitar, keyboard di gereja, dan kebiasaan keluarga kecil kami mendengarkan musik, dia suka sekali dengan musik, sampai” dia minta dibeliin gitar mainan, dan sampai rumah dia mainin tu gitar sambil nyanyi ” BersamaMu Bapa ” , lagu favoritnya , dan Ъќ itu aja, dia bisa juga buat drum”an, dari beberapa kaleng dan panci trus ditata di sepedanya, trus bilang ” maaaa minta stik, ituhhh ( sambil nunjuk kalengnya ) baagus, drum !!! ” dia bertumbuh menjadi anak yg kreatif. Puji Tuhan juga, isai selalu berbagi makanan kl pas dia bawa makanan, dia bagi”kan ke temennya. Hal itu semua ternyata kami dapat dari materi” pengajaran di ” Kelas Janin ” dan ” Kelas Baby ” . Sekarang Isai sudah berusia 2 tahun lebih 2 bulan, semoga dia bertumbuh menjadi anak kesayangan Tuhan. Saya berharap gereja” lain juga bisa merintis ” Kelas Janin ” dan ” Kelas Baby ” karna itu efeknya sungguh luar biasa untuk perkembangan & pertumbuhan anak kita. ” Takut akan Tuhan adalah awal pengetahuan ” . Kita bisa lebih belajar Firman Tuhan, dan si kecil juga bisa belajar, doubel” keuntungannya . Terakhir, kami ucapkan trimakasih kepada Tuhan, karna kami selalu di temukan dengan kesempatan” yang baik, dan trimakasih juga untuk Ibu Grace, yg sudah mengajak dan mendorong kami mengikuti ” Kelas Janin ” dan ” Kelas Bayi ” . Semoga Gereja” juga bisa segera merintis ” Kelas Janin ” dan ” Kelas Baby ” ini. Memperkenalkan Tuhan Yesus sejak dari kandungan.
Salam cinta kasih dari kami, Tuhan Memberkati Andre Kumala Isai , Magelang

Ini foto-foto Isai, dan ayah bundanya:

ini buku pertama Isai

Isai suka belajar, dan ini halaman pertama  buku itu , judulnya KEBUN ALLAH

lucu-lucu bukan, gambarnya?

Isai hobby membaca buku

Suasana di kelas bayi

Suasana Isai saat ibadah keluarga bersama papa dan mama

Isai suka dengan buku-bukunya dan rajin belajar

Isai suka corat coret

Foto: Bu, 1 Ľαğï pic.nya

Ekspresi Isai saat berdoa

 

 

CONTOH MATERI KELAS BAYI

 

Minggu I

 

KEBUN ALLAH

 

Bacaan Papa dan Mama

 

Kejadian pasal 1 dan 2

 

Doa

 

Bangun tidur

 

Terima kasih Tuhan Yesus, Engkau sudah menciptakan matahari yang sangat terang. Hari ini aku mau bersukacita.

 

(matahari yang sangat terang boleh diganti dengan kata lain ;

missal : bunga yang indah, hari yang ajaib, udara yang segar, dll)

 

Lagu

 

SIAPA BUAT BUNGA?

 

—   —   —      —  —   —

0 5  3 3  3 4 5   . 5 1 5 4 3  2

siapa buat bunga? Saya tidak bisa..

—  —   —         —  —

0 4 2 2  2 3 4  6 5 7 3 2 1

siapa buat bunga ? hanya Tuhan saja.

 

Kata bunga bisa diganti dengan kata linnya, misalnya daun, pohon, matahari, dlsb.

 

Memperkatakan Firman:

 

Kejadian 1: 1

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

 

(buat gerakan langit dan bumi, beri intonasi pada langit (meninggi) dan bumi (menurun)

perkatakan Firman saat memandikan bayi, saat memijat bayi, saat menimang bayi

 

Cerita

 

Siapakah yang menciptakan matahari yang bersinar terang? Sinarnya menghangatkan pohon –pohon dan daun-daun. Allah yang menciptakannya !

 

Siapakah yang menciptakan bintang-bintang yang berdedip-kedip dengan lincahnya? Tuhan yang menciptakannya!

 

Lihat ada kucing berkejar-kejaran, ayam yang sedang memakan jagung, dan singa yang mengaum “hauuuuuuuuuum hauuuuuuuuuum” siapa yang menciptakan benatang-binatang lucu itu? Tuhan yang menciptakannya !!

 

Bunga itu berwarna kuning, dan yang itu berwarna hijau….rumput-rumput itu begitu indah sekali…..Gunung-gunung itu menjulang begitu tinggi, dan ada suara air mengalir di sungai itu …kricik kricik kricik…..Siapa ya yang menciptakan semuanya itu?

Tuhan yang menciptakannya.

 

Dan lihat kamu dan mama sayang! Mama berambut lurus, dan matamu yang sangat indah…..siapa yang menciptakan kita? Tentu saja TUHAN.

 

Trima kasih Tuhan telah menciptakan dunia begitu indahnya.

 

Lagu

 

SIAPA BUAT BUNGA?

 

—   —   —      —  —   —

0 5  3 3  3 4 5   . 5 1 5 4 3  2

siapa buat bunga? Saya tidak bisa..

—  —   —         —  —

0 4 2 2  2 3 4  6 5 7 3 2 1

siapa buat bunga ? hanya Tuhan saja.

 

Kata bunga bisa diganti dengan kata linnya, misalnya daun, pohon, matahari, dlsb.

Nyanyikan lagu ini, saat memandikan bayi, saat memijat bayi, saat menimang bayi

 

 

Kegiatan di rumah

 

Ayo ikut  mama menyiram tanaman setiap sore ….

Ashik ya m,enyiram tanaman yang indah…?

 

ALAT PERAGA

 

Tempelkan gambar gambar penciptaan pada steorofom di sekeliling kelas

 

 

Minggu II

 

AKU CANTIK

AKU CAKEP

 

Bacaan Ayah dan Bunda

 

Kejadian pasal 1 dan 2

Tuhan menciptakan manusia dengan cara yang unik, tidak seperti ciptaan lainnya

 

Doa

 

Menjelang tidur

 

Terima kasih Tuhan Yesus, Engkau sudah menciptakan aku dengan cantik/cakep, mataku indah bercahaya, rambutku hitam, dan tubuhku sehat.

 

(bagian tubuh lain dapat disebutkan, dan sambil disebut, sambil dipegang )

 

Lagu

 

SIAPA BUAT MATA?

 

—   —   —      —  —   —

0 5  3 3  3 4 5   . 5 1 5 4 3  2

siapa buat mata ? Saya tidak bisa..

—  —   —         —  —

0 4 2 2  2 3 4  6 5 7 3 2 1

siapa buat mata ? hanya Tuhan saja.

 

Kata mata bisa diganti dengan kata lainnya, misalnya hidung, tangan, kaki, dll.

 

 

Memperkatakan Firman:

(pada saat menyuapi si kecil, atau pada saat santai, atau pada saat menjelang tidur)

 

Mazmur 139: 14

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib.

 

(buat gerakan jempol yang ditunjukkan saat berkata dahsyat dan ajaib)

 

Cerita

(pada saat menjelang tidur, setelah bangun tidur, atau pada saat santai)

 

Hidungku yang lucu….Tuhan yang menciptakan-Nya, Tuhan menenun aku dalam kandungan ibuku, dan Tuhan yang menciptakan tanganku yang bergerak-gerak, kakiku yang kuat, serta rambutku yang hitam dan lurus/keriting, semua itu diciptakan Tuhan.

 

Telingaku bisa mendengar suara ayah, mataku bisa melihat mainan yang lucu, kulitku bisa merasakan hangatnya iar mandi, hidungku bisa mencium masakan ibu yang lezat, dan lidahku bisa merasakan susu yang enaaaaaaak sekali.
Tuhan menciptakan aku begitu cantik/cakep, dan pintar

 

Trimakasih Tuhan, aku anak Tuhan yang cantik/cakep dan pintar dan Tuhan Yesus sayang aku.

 

Lagu

 

Sayang-di Sayang

 

Sayang-sayang disayang,

Aku disayang Tuhan

Aku diangkat jadi anak-Nya

Aku disayang Tuhan

 

Sayang –sayang di sayang

Aku disayang Tuhan

Aku dicipta oleh Tangan-Nya

Aku disayang Tuhan

 

Glori-glori glori haleluya

Glori-glori-glori puji TUHAN

 

Glori-glori glori haleluya

Glori-glori-glori puji TUHAN

 

 

Kata aku bisa diganti nama anak

 

Nyanyikan lagu ini, saat memandikan bayi, saat memijat bayi, saat menimang bayi

 

 

Kegiatan di rumah

 

Katakan sesuatu yang positif untuk membangun citra diri/gambar diri yang positif

 

Pada saat memandikan si kecil katakana:

“aduuuuh, anak ibu cantiiiiiiiiik sekali. Matanya indah, kakinya kuat, tangannya bagus, dan rambutnya sangat lucu…!”

 

 

Bermain Ciluk Bha:

ajak anak-anak bercermin dan bermain ciluk bha seperti ini:

 

“ciluuuuuuuuuuk?” diganti menjadi “Tuhan menciptakan…..?”

“Bha….!!” Diganti menjadi “ Adik yang cantik”

 

kata ‘adik yang cantik’  bisa diganti menjadi:

  • Anak yang lucu
  • (nama) yang pandai
  • adik yang lincah
  • dll

 

ALAT PERAGA

 

Tempelkan gambar gambar panca indra di kamar adik, gambar bisa diambil dari Koran atau majalah.

 

TIPS UNTUK ORANG TUA

 

Sebagai orang tua kita perlu mengerti bahwa anak-anak sangat membutuhkan citra diri yang positif dan jangan sekali-kali berkata pada anak kita

 

Kamu pesek , kamu jelek, kamu bandel, kamu ngeyel, dll

 

Hidup mati kita dikuasai oleh lidah ( Amsal 18:21)

Haleluya !!!

 

MATERI KELAS BAYI DAPAT ANDA UNDUH DENGAN KLIK TAUTAN BERIKUT INI:

MATERI KELAS BAYI UNTUK SATU TAHUN

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

6 thoughts on “ALASAN MENGAPA HARUS ADA KELAS BAYI”

  1. hehehee btante mmni saya copy dluu ya…trima kasihh.,.,.saya sangat terbantuu u/ mnjalankan amanatnya dgn adanya blog ini.hwheheehehehe..GBU full

    1. kalau saja ada gereja yang mau buka kelas bayi…saya pasti terdorong untuk melanjutkan menulis materi lanjutan…doakan saya diberi Tuhan partner gereja yang mau praktek. Selama di Magelang ini belum ‘nemu’. Selamat mengemban amanat dari Sorga…he he he..

  2. Saya sangat senang dg materi kelas bayi, sy akan coba menerapkan di gereja Tuhan yg saya layani. Sangat amat bersyukur Tuhan Yesus memberikan ibu hikmat, pewahyuan yg luar biasa. Saya berharap ibu trs melanjutkan materi ini, spy menjadi berkat bagi gereja Tuhan yg lain. Trs maju bu….biar nama Tuhan dipermuliakan. Sayang sekali kita jauh ya bu, saya di Bandung.

    1. Baik ibu Tjandra Esther. Tuhan memberkati pelyanan ibu ya. Oh materi kelas bayi sudah saya lanjutkan sampai satu tahun ajaran/ 52 minggu lebih. Tidak perlu dilanjutkan dengan terburu-buru untuk saat ini, karena sepanjang setahun, tentu anak kelas bayi sudah naik ke kelas batita. Tidak menutup kemungkinan di lain hari saya lanjutkan , jika Tuhan berkenan. haleluya !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s