TEBAK TOKOH ALKITAB


Gunakan tebak tokoh ini untuk quiz Alkitab pada saat reat-reat atau pada saat acara santai di reuni keluarga, atau pada cerdas tangkas Alkitab, bagian Jawab Tuhan adalah KUNCI JAWABAN.

Ada baiknya jawaban diberikan secara tertulis, sehingga mengurangi ajang tiru meniru jawaban.

Ada seorang guantenge puol. Ruajine puol. Walau di usianya yang masih muda seakan-akan sayang sekali waktunya hanya dihabiskan untuk urusan-urusan yang nampaknya tidak penting, seperti memandikan kuda, membersihkan kereta, belanja keperluan dapur hari ini seperti kangkung, dan ketumbar, tapi tak pernah sekalipun wajahnya terlihat bimoli alias bibir monyong lima senti. Walau tinggal jauh dari rumah ayahnya yang memperlakukannya bak anak semata wayang diantara puluhan saudara-saudaranya, tak pernah sekalipun di terlihat galau saat dia memandikan kuda-kuda itu. Tante girang yang kesepian karna Tuan jarang ada di rumah tiap hari curi-curi pandang dan mengajak main mata. Pria muda ganteng yang hidup jauh dari pengawasan orang tua ini tahu betul bahwa dia punya Bapa sorgawi yang melihatnya setiap saat. Saat hari prahara itu terjadi pemuda ganteng itu diseret ke penjara karna sebuah fitnahan menyakitkan.
Siapa sangka beberapa tahun kemudian si pemuda ganteng ini memakai kostum kerajaan dan semua perkataannya diikuti semua jajaran pelayan istana bahkan semua rakyat. Betapa malunya tante girang tadi, karna pemuda ganteng tadi tahu betul apa sebenarnya yang terjadi di antara mereka berdua walau di rumah itu tak ada saksi mata yang tahu pasti apa yang terjadi. Tante itu lupa kalau di mana-mana ada mata Tuhan yang selalu berjaga. Siapakah pemuda ganteng itu..?

Tuhan pun berkata ; Hamba-Ku Yusuf.

Ada seorang dara muda cantik. Senyumnya tak pernah meninggalkan sungging bibirnya, itulah sebabnya dimana pun dia disayangi, karna sikapnya tak pernah ketus, melainkan ramah dan baik hati. Runitinitas yang menjemukan selama satu tahun dimana pada jam ini dia harus memakai lulur ini dan di jam itu dia harus spa lagi dengan ekstrak dari wewangian yang berbeda, tak membuatnya muak dan melenggangkan kakinya lari dari ‘salon’ yang sebenarnya hampir sama ‘kaku’nya aturannya dengan ‘penjara’. Menyembunyikan identitas aslinya dari bangsa mana sebenarnya dia tentunya tidak mudah, harus berhati hati ketika menjawab pertanyaan pertanyaan yang ditubi tubikan kepadanya. Saat namanya dipanggil tentunya dia mengikuti nasehat para pengasuh untuk tidak mengambil dengan serakah semua emas-emas itu, karna itu akan terlihat norak, melainkan hanya satu keping pemanis di antara kostum malamnya yang sudah glamour dengan balutan dari kain mahal dengan rancangan yang sangat berbau klasik. Saat penobatan jadi ratu sudah berlalu sekian waktu dan kegembiraannya belum juga berlalu…sampai berita itu datang. Kalau memang semua kegembiraan dari kemenangan kontes kecantikan outer dan inner beauty ini harus segera berakhir dan diganti dengan kematian….yeaaaaah…tak mengapa, aku akan berjuang sampai akhir, begitu kira-kira tekadnya yang dibarengi dengan menahan haus dan lapar tiga hari tiga malam lamanya. Diam-diam dari balik pagar istanya yang megah dia memimpin jalannya puasa massal di sebuah benteng susan. Cerita Happy ending ini akhirnya menggoreskan sejarah kemenangan bangsa Israel di hari raya Purim. Siapakah perempuan muda nan cantik jelita ini?

Tuhan menjawab: Hamba-Ku Ester.

Ada seorang sahabat yang keren, prajurit yang gagah, putra mahkota kerajaan, punya ketulusan hati yang tiada tara, tidak gila ambisi, sangat tahu dengan peka dan tepat kehendak Tuhan akan bangsanya, akan pemimpin bangsa di masa datang, dan akan kehendak Tuhan atas suksesi kepemimpinan di negaranya. Walau dia putra mahkota, dia tidak jaim untuk menjalin suatu persahabatan kental dengan salah satu pendatang baru di dunia ‘persilatan’ walaupun orang itu cuma dari kalangan rakyat biasa. Dengan mata iman dia tahu posisinya di masa datang dan dengan besar hati dia justru menitipkan anak cucunya pada orang yang dia percayai tak kan melanggar janji suci itu. Karna nilai persahabatan mereka didasarkan pada iman pada Tuhan yang sama. Siapakah pemuda keren itu?

Jawab Tuhan: Hamba-Ku Yonatan.

Ada seorang asing, dia tinggal di tempat asing, terkenal bijaksana, selalu terpilih jadi menteri di negri asing, siapa pun ‘presiden/raja’nya, punya keahlian berbicara dan menulis dalam bahasa asing, tidak pernah terlambat ke kantor, tidak pernah pulang terlalu cepat dari jam yang ditentukan, tidak pernah terlambat memberikan laporan, tidak pernah mengambil uang negara untuk keperluan pribadi, tidak pernah menyalahgunakan wewenang yang diberikan, tidak pernah melakukan kesalahan perhitungan keuangan, tidak pernah tidur di jam kerja, tidak pernah melanggar peraturan kantor. Selidik punya selidik ternyata dia orang yang sangat religius sekali…. Siapakah dia…?

Jawab Tuhan: HAMBA-KU DANIEL .

Ada seorang yang sangat kebapakan banget, walaupun dia masih muda,

dia dianggap sebagai ayah oleh atasannya yang notabene adalah seorang raja, saat kakak-kakaknya akan menempuh perjalanan pulang ke rumah mereka, dia pun berpesan atar mereka jangan berbantah-bantah di perjalanan, saat dia berkata-kata pada pribadi-pribadi yang hidup dalam keadaan tertuduh, perkataannya sangat menenangkan dan menghiburkan, sebagai pribadi kebapakan, dia pun mengatur kebutuhan dari keluarga besarnya, kerabatnya, dengan sangat teliti sehingga tidak ada satupun dari mereka yang kelaparan. 

Siapakah dia…? Pribadi kebapakan itu?

Tuhan Menjawab: Dia adalah hamba-Ku Yusuf

Kej 45: 8,24, Kej 47:12, Kej 50:21

 

KINI KITA MASUK BABAK 2

SIAPAKAH AKU?

Memang aneh sekali
Bisanya Tuhan menyuruhku mendekati kapal itu
Dan ombak segera reda setelah kutelan manusia itu
Tidak aku kunyah sama sekali
Lama juga ada benda asing diperutku itu
Tapi setelah tiga hari
Aku menepi dan memuntahkan dia

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: seekor ikan besar)

Saya cuma menantu biasa
Belum lama ini saya menjanda
Padahal saya masih muda
Kami bertiga sudah janda, mertuaku, iparku dan aku sendiri
Nggak nyangka banget kalau keluargaku bisa jadi seperti ini
Aku dan iparku belum punya anak

Belum lama kudengar berita bahwa iparku sudah menikah lagi
Suaminya kaya tetapi sudah tua sepertinya…maksudku bukan perjaka muda.
Tapi dengar dengar mereka punya anak juga.
dan rumah tangganya bahagia…

Dan dengar-dengar mantan mertuaku jadi terhibur di hari tuanya menimang cucu pertamanya…walau dari iparku yang bukan anak kandungnya…

Iparku sudah bukan penyembah dewa lagi, dia sudah jadi penyembah Yahweh. Malah sejak lama..sebelum mereka pulang ke kampung mereka. Yah benar…iparku memang sekarang mengatakan bahwa kampung mertuanya itu adalah kampungnya….dia sudah lupa dengan Moab rupanya.

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: ORPA)

 

Aku anak yang nggak diharapkan
Ibuku sendiri yang memulainya
Semua orang menolakku
Diantara semua saudaraku aku anak yang paling tidak beruntung
tapi untungnya aku punya Tuhan,
Aku berseru pada-Nya dalam doa-doaku itu.

Tuhan menjawab doaku
Dan kini aku bisa saksikan bahwa diantara saudara-saudaraku …aku malah yang paling diberkati Tuhan. Tuhan mengangkat dan memuliakan aku lebih dari mereka semua
Aku tahu itu semua adalah anugrah-Nya yang begitu luar biasa.

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN; ORPA)

 

Aku pelarian.
salahku sendiri kog ya nipu sana sini…nggak jauh jauh deh dari arti namaku ‘si penipu’
Lha sekarang aku tinggal di rumah pakdheku
gantian sekarang aku yang ditipu ini itu
Tapi aku tetap mengenang mimpiku kala itu
saat kulihat malaikat Tuhan naik turun tangga di tempat dimana batu jadi bantalku
Anak-anaku banyak banget
Aku tahu…Tuhan punya rencana yang indah dalam hidupku

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: Yakub.)

Aku sudah tua
Aku tinggal di tengah-tengah tetangga-tetanggaku yang hidupnya bobrok
Sudah tua gini kog ya dapat perintah untuk membuat kapal besar
Anakku tiga
Mantuku tiga
Lama sekali pembuatan kapal ini
Tapi aku percaya Tuhan punya rencana besar dalam hidupku

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: Nuh.)

 

Aku tinggal jauh dari bapakku
Kakak-kakakku jahate puooolllll
Aku jadi jongos (pembantu) di rumah orang kaya
Aku sepertinya orang yang terlupakan dan terbuang
tetapi Tuhan punya rencana yang indah dalam hidupku.

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: Yusuf.)

 

Aku anak yatim piatu
Sejak kecil aku diasuh bapak angkatku
Kata orang -orang aku ayu (cantik)
Aku orang buangan di negri asing
Sepertinya aku tak punya masa depan
tapi Tuhan punya rencana yang besar dalam hidupku.

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: Ester.)

 

Aku anak ingusan
Aku anak paling kecil
Aku anak bau kambing
Hobbyku menyanyi dan main musik
Hari-hariku jadi tukang angon wedhus ( gembala domba)
Tapi Tuhan punya rencana yang besar dalam hidupku.

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: Daud.)

(KHUSUS SOAL DIBAWAH INI DIBUAT OLEH ANTON CAHYADI NUGROHO)

Aku adalah wanita cantik, dari negeri yang sangat populer di timur tengah…. walau aku hanya pembantu tetapi pernah diangkat jadi nyonya… yah walau nasib dan takdir sepertinya keras terhadapku…. anakku melahirkan 12 raja.

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: Hagar)

 

 Aku merasa diriku cantik hanya kurang beruntung, walau pekerjaanku sering dipandang hina dan dicibir orang aku dipilih oleh nabi Tuhan untuk melahirkan 2 anak laki dan 1 anak perempuan.

Siapakah aku?

(KUNCI JAWABAN: Gomer, Hosea 1:3, 6, 8-9 Maka pergilah ia dan mengawini Gomer binti Diblaim, lalu mengandunglah perempuan itu dan melahirkan baginya seorang anak laki-laki. Lalu perempuan itu mengandung lagi dan melahirkan seorang anak perempuan. Berfirmanlah TUHAN kepada Hosea: “Berilah nama Lo-Ruhama kepada anak itu, sebab Aku tidak akan menyayangi lagi kaum Israel, dan sama sekali tidak akan mengampuni mereka. Sesudah menyapih Lo-Ruhama, mengandunglah perempuan itu lagi dan melahirkan seorang anak laki-laki. Lalu berfirmanlah Ia: “Berilah nama Lo-Ami kepada anak itu, sebab kamu ini bukanlah umat-Ku dan Aku ini bukanlah Allahmu.”)

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

3 thoughts on “TEBAK TOKOH ALKITAB”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s