123. MATERI NATAL TERBARU 2019, DRAMA TUNGGAL HANA. YESUS JURUSELAMATKU


YESUS JURUSELAMATKU

KKR ANAK

GSJA MARANATHA FAMILY

KOTA WISATA BATU

8 Desember 2019

Power point unduh gratis bisa anda buka di tautan berikut ini:

HANA YESUS JURUSELAMATKU

Tokoh Hana jarang dibahas di waktu natal. Sebaliknya tokoh Yusuf, Maria, Malaikat, Gambala, Para Majus sudah sering dibahas. Oleh karena itu kita kali ini akan membahas Hana .

Dalam bentuk drama tunggal, pembicara akan mengenakan kostum ala Israel, dan akan didandani sebagai perempuan tua. ( berusia 84 tahun)

 

NASKAH DRAMA TUNGGAL

HANA

Shalom adik-adik….

Perkenalkan, nama saya Hana.

Bukan Hana ibunya Nabi Samuel itu lho…bukan !! Bukan Hana yang dituliskan di kitab I Samuel itu adik-adik…bukan !!

Tetapi saya adalah Hana, yang dituliskan di Lukas 2:36-40.

( Seorang Narator/ bukan si pembicara, akan mengajak anak-anak membaca dari Lukas 2:21-28- kata ‘katanya dst tidak perlu dibaca karena akan langsung lanjut di ayat 36,  Lanjutkan di Lukas 2: 36-40)-note; Teks Alkitab yang dibaca bisa ditayangkan di LCD Screen.

Nama kami sama-sama Hana, tapi kami orang yang berbeda…

Kalau Hana yang ibunya Nabi Samuel itu adalah Hana yang hidup di zaman Perjanjian Lama, dia lama tidak punya anak, dan saat dia berdoa kepada Tuhan, lalu Tuhan menjawab doanya, dan memberinya anak bernama Samuel. Kalian ingat cerita itu???

Beda dengan aku, kalau aku adalah Hana yang hidup di zaman Perjanjian Baru. Umurku sekarang adalah 84 tahun. Sudah tua sekali bukan?

Aku seorang janda. Dulu aku pernah menikah 7 tahun lamanya, lalu suamiku meninggal, sejak saat itulah aku menjadi janda sampai sekarang umurku sudah 84 tahun.

Sejak suamiku meninggal dan aku jadi janda, aku sama sekali tidak menikah lagi sampai sekarang.

 

NABIAH

Aku adalah seorang Nabiah atau nabi perempuan. Arti nama Hana, namaku artinya adalah ‘Anugerah/ Grace’

Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan NABIAH itu?

Oh ya benar, nabi adalah seseorang yang dipakai Tuhan untuk menyampaikan pesan Tuhan, isi hati Tuhan, kepada umat-Nya.

Nabi ada yang laki-laki, ada juga yang perempuan, nah, kalau nabi perempuan disebut Nabiah.

Contoh nabiah dalam Alkitab, adalah Miryam, kakaknya Musa ( Keluaran 15:20, Mika 6:4)

Nah adik-adik, sudah lebih kurang 300 tahun lamanya bangsa Israel tidak mendengar Nubuatan lagi dari para nabi atau nabiah.

Namun Tuhan mengurapi aku sebagai seorang Nabiah bagi kemuliaanNya, setelah lamaaaaaaaaaaaaaaaaaa sekali tidak pernah ada nubuatan di bangsa Israel ini.

Memang , hidupku dipenuhi dengan anugerah Tuhan, makanya namaku artinya HANA= GRACE= ANUGERAH.

Memang nenek moyangku, orang-orang dari suku Asyer, banyak yang dipakai Tuhan menjadi pemimpin-pemimpin utama ( I Taw 7:40, Ulangan 33:24), jadi kalau saat ini aku menjadi seorang Nabiah, aku percaya bahwa ini adalah anugerah Tuhan dalam hidupku. Dengan menjadi nabiah, ada banyak orang akan mendengarkan pesan Tuhan melalui perkataanku, hidupku siap dipakai Tuhan menjadi hambaNya. Nama Tuhan dipermuliakan melalui setiap pelayananku kepadaNya, di sepanjang umur hidupku.

ANAK FANUEL

Ayahku bernama Fanuel/ The Face of God atau artinya; Wajah Allah.

Ayahku seorang yang sangat merindukan wajah Tuhan, dia sangat merindukan datangnya Mesias, sang Juruselamat. Sejak kecil ayahku mengajariku berulang-ulang, supaya aku hidup takut akan Tuhan, ayahku selalu mengajari aku untuk selalu berpegang pada segala ketetapan dan perintah Tuhan. Karena kalau aku mau melakukan itu, aku akan lanjut umur/ panjang umur ( Ulangan 6:1-25). Ayahku menegaskan itu berulang-ulang kepada anak-anaknya, termasuk kepadaku, supaya kami SETIA, kalau kami mau setia takut akan Tuhan, maka keadaan kami akan baik-baik saja. Ayahku selalu mengajariku untuk MENGASIHI TUHAN dengan segenap hati, segenap jiwa, segenap kekuatan. Diulang terus, diulang terus, misalnya waktu duduk, ayahku membicarakan hal itu, juga waktu bepergian, atau pada saat aku akan tidur, atau baru saja bangun tidur, ayahku tidak bosan –bosan mengajari kami anak-anaknya untuk terus takut akan Tuhan, dan mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh. Kami tidak boleh melupakan Tuhan, kami harus beribadah kepada Tuhan, dan tidak boleh menyembah berhala. Semua perintah Tuhan, peringatan Tuhan, ketetapan Tuhan, harus kali lakukan dengan benar dan baik. Ayahku sering menceritakan sejarah bangsa Israel ketika dikeluarkan Tuhan dari Mesir, dari tanah perbudakan, dengan berbagai mujizat akhirnya bangsa Israel bisa keluar dari Mesir itu. Lewat pengajaran ayahku, aku jadi tahu perbuatan-perbuatan Tuhan yang ajaib atas bangsaku, bangsa Israel, bagaimana ada 10 tulah yang Tuhan berikan kepada orang –orang Mesir itu, lalu akhirnya nenek moyang kami, berhasil keluar dari Mesir dan akhirnya pada zaman Yosua, kami boleh diam di tanah Kanaan, tanah perjanjian Tuhan. Lalu ketika Orang Israel mulai menyembah berhala, Tuhan mengijinkan kami menjadi orang buangan di Babel dan di Asyur. Sekarang kami sudah kembali ke Israel lagi, namun sekarang ini Israel ada dalam penjajahan bangsa Romawi.

Dari dulu, kami bangsa Israel menantikan datangnya Mesias. Mesias adalah Orang yang Diurapi. Mesias akan membawa KESELAMATAN bagi Bangsa Israel, akan membawa KELEPASAN untuk YERUSALEM, dan bahkan KESELAMATAN daripada Mesias itu adalah bagi segala bangsa ( Lukas 2: 31)

DARI SUKU ASYER

Aku orang Israel asli. Aku berasal dari suku Asyer. Arti nama Asyer adalah BERBAHAGIA/ HAPPY. ( Kejadian 30:13)

Oleh karena itulah, walaupun sudah janda, sudah tua, aku tidak pernah hidup dalam mengasihani diri sendiri, murung, sedih, dll. Tetapi aku hidup dalam sukacita , hidup dalam ucapan syukur, tidak suka mengomel, bersungut-sungut, tetapi sebaliknya aku suka berdoa dan beribadah pada Tuhan.

Orang yang rajin berdoa, hidupnya tidak akan stress, putus asa, melainkan hidupnya akan dipenuhi dengan sukacita yang dari Tuhan.

LANJUT UMUR

Sebelum Musa Mati, Musa memberikan  doa berkat nubuatan kepada kami, suku Asyer di Ulangan 33: 24-25

33:25 Biarlah dari besi dan dari tembaga m  palang pintumu, selama umurmu n  kiranya kekuatanmu. 

Kami suku Asyer didoakan oleh Musa, hamba Tuhan itu, agar Tuhan memberikan pada kami kekuatan yang luar biasa sepanjang umur hidup kami. Seperti pintu yang terbuat dari besi dan terbuat dari tembaga, kami diberi Tuhan kekuatan sampai akhir hayat hidup kami.

Waaauuuuuuuuuuu…itu  digenapi Tuhan dalam hidupku. Aku diberi Tuhan kekuatan sampai aku tua seperti ini. Apakah kalian bisa bayangkan ya…walaupun usiaku sudah 84 tahun , aku masih diberi kekuatan oleh Tuhan untuk rajin berpuasa lho !!

Kalau tidak diberi kekuatan oleh Tuhan, mana mungkin nenek-nenek seperti aku ini bisa kuat untuk secara rutin berpuasa???

 

WALAUPUN JANDA

HIDUP DALAM PEMELIHARAAN TUHAN

Nenek moyangku Asyer adalah salah satu anak Yakub. Waktu Yakub mau meninggal dunia, dia memberikan doa berkat dan nubuatan seperti ini kepada Asyer:

Kejadian 49:20 Asyer, u  makanannya akan limpah mewah v  dan ia akan memberikan santapan raja-raja. w 

Tuhan memberikan nubuatannya kepada sukuku, suku Asher bahwa suku Asher akan menjadi suku yang kaya, karena makanan kami berlimpah, bahkan mewah, santapan raja-raja.

Juga nubuatan doa Musa pada kami di Ulangan 33:24 berbunyi seperti ini:

33:24 Tentang Asyer k  ia berkata: “Diberkatilah Asyer di antara anak-anak lelaki; biarlah ia disukai oleh saudara-saudaranya, dan biarlah ia mencelupkan kakinya ke dalam minyak. l  

Mencelupkan kaki ke dalam minyak, maksudnya tanah yang kami diami diberi Tuhan berkat kesuburan yang luar biasa. Sehingga hasil tanahnya sangat berkualitas, layak disajikan kepada raja-raja sebagai santapan/ makanan raja. Artinya Tuhan memberkati suku Asyer secara luar biasa.

Haleluya , nubuatan atas suku Asyer digenapi dalam hidupku. Tahukah kalian bahwa hidupku dipelihara oleh Tuhan? Walaupun aku seorang janda yang tidak punya suami, karena suamiku telah meninggal, jadi aku pernah punya suami hanya 7 tahun saja, setelah itu aku menjadi janda karena suamiku meninggal, dan seorang janda pastinya tidak mempunyai suami yang bisa bekerja dan mencukupi kebutuhan keluarga, tetapi TUHAN memelihara kehidupanku sampai sekarang. Aku tidak pernah kekurangan sesuatu apa pun yang baik dari Tuhan, walaupun aku tidak punya pekerjaan lain, selain daripada setiap hari aku melayani Tuhan di bait Allah. Tetapi Tuhan memberkati hidupku, aku tidak pernah kekurangan. Ajaib kan?

 

KEHIDUPAN HANA SEHARI HARI

Apakah kalian ingin tahu kehidupanku sehari-hari?

Iya benar, seperti ayat yang tadi sudah dibacakan ya, di awal.

Aku tidak pernah meninggalkan Bait Allah, artinya aku tinggal di lingkungan Bait Allah. Kegiatanku sehari-hari adalah siang malam aku beribadah kepada Allah, berdoa dan berpuasa.

Aku melayani Tuhan dalam sepenuh waktuku, aku melayani Tuhan di bait Allah, jadi aku sering berdoa syafaat  buat orang-orang di sekitarku, dan siang malam aku sering melayani ibadah yang sedang berlangsung, juga aku sering bertemu dengan banyak orang yang datang dan pergi ke Bait Allah.

Yah kalau di zaman kalian sekarang, aku bisa dibilang pelayanan sebagai seorang PENDOA. Makanya aku sering berpuasa.

Ngapain sih aku berpuasa segala? Juga rajin berdoa? Ngapain juga aku tinggal di lingkugan Bait Allah? Lalu siang malam beribadah kepada Tuhan?

Kalian tahu nggak???

Aku sedang menantikan kelepasan untuk YERUSALEM!! (Lukas 2:38)

Pasti akan datang Mesias untuk menebus bangsa Israel. Siapakah Mesias itu? Mesias adalah Juruselamat, yang akan menyelamatkan kita dari Maut.

Itulah yang aku nantikan, makanya aku rajin berdoa dan berpuasa, terus beribadah pada Tuhan, aku yakin, akan datang Seorang Mesias, makanya aku menunggu nunggu, menunggu dan menunggu.

Karena di Yesaya 25:6-12 dijelaskan bahwa MEMBERI SANTAPAN KEPADA RAJA-RAJA itu , ingat kan nubuatan untuk suku Asyer tadi, bahwa Suku Asyer akan diberkati luar biasa dengan makanan yang berlimpah, bahkan sampai memberi makan raja-raja ( Kejadian 49:20)

Ternyata itu maksudnya adalah: akan ada pesta lho bagi seluruh bangsa…bagi seluruh suku bangsa, bagi seluruh isi dunia…

Pesta apa?

Pesta itu akan terjadi, karena ada Juruselamat yang mengalahkan maut untuk seterusnya !!

Maksudnya apa?

Maksudnya adalah, kita akan terbebas dari api neraka !! Mestinya kita akan berkabung/ sedih/menangis/meratap di neraka selama-lamanya karena dosa –dosa kita, tetapi karena datangnya Mesias, Yang Diurapi, Juruselamat Dunia itulah, maka kita bisa diselamatkan dari api neraka itu, ….waaaaauuuu….

Hal seperti inilah yang aku nantikan. Aku akan bersorak-sorai dan bersukacita karena keselamatan yang daripada Tuhan..karena kedatangan Mesias itu !!

Sebagai keturunan dari suku Asyer…aku harus menanti-nantikan datangnya Mesias, yang lahir dari Keturunan Daud, dari suku Yehuda.

( Yesaya 25:9, terkait dengan Nubuatan atas Suku Asyer, Yesaya 25:1, Kejadian 49:20)

Karena keselamatan dari Sang Mesias itu akan berlaku tidak hanya bagi bangsa Israel saja, tetapi bagi semua bangsa, bagi semua suku bangsa, bagi raja-raja ( dari berbagai kerajaan)

Akan ada pesta..akan ada pesta perjamuan makan yang luar biasa. Kuasa dosa dikalahkan, kuasa maut dikalahkan, ada Sang Pelepas yang akan datang, ada Juruselamat yang akan lahir, ada Mesias yang akan membebaskan umatNya dari air mata, dari dosa, dari belenggu dosa, dari maut, dari api neraka.

 

PERJUMPAAN DENGAN MESIAS

SANG JURUSELAMAT

 

Nah adik-adik, aku akan cerita ya.

Suatu hari, seperti biasanya aku pergi ke Bait Allah, karena rumahku di lingkungan bait Allah, memang sudah seperti biasanya aku ke Bait Allah.

Jangan sampai ketika Mesias itu datang aku tidak ada, aku tidak tahu, aku tidak melihatNya.

Makanya aku tidak pernah absen untuk datang ke Bait Allah di Yerusalem.

Siang-malam aku ada di Bait-Nya, di rumah-Nya, berdoa, berpuasa, beribadah.

Karena aku menanti-nantikan datangNya Mesias itulah, aku tidak pernah lelah untuk terus ada di bait Allah, di Yerusalem.

Ada banyak keluarga-keluarga datang ke Bait Allah, di Yerusalem, mereka datang dengan berbagai keperluan ibadah, salah satunya keluarga-keluarga itu datang untuk mentahirkan ibu-ibu yang baru saja melahirkan ( Imamat 12:1-8), dan bila anak mereka itu adalah anak laki-laki sulung, maka anak laki-laki sulung itu harus dikuduskan bagi Allah.

Jadi di keluarga Israel, anak laki-laki yang baru lahir, setelah berumur 8 hari, akan disunat.

Setelah itu 30 hari kemudian, setelah anak ini disunat, maka keluarga ini akan datang ke Bait Allah untuk supaya ibu yang baru melahirkan ini ditahirkan. Sekaligus pada saat itu, jika anak mereka sulung laki-laki, sekaligus anak itu dikuduskan bagi Allah.

Keluarga-keluarga yang datang untuk keperluan seperti itu banyak sekali berlalu lalang di Bait Allah di Yerusalem tempat aku melayani Tuhan sebagai seorang nabiah dan seorang pendoa.

Namun hari itu ada yang berbeda dari hari-hari biasa.

Aku melihat sebuah keluarga, keluarga ini berbeda, sangat berbeda, Anak Bayi yang mereka bawa juga berbeda, sangat berbeda, dia bukan Bayi biasa, Dia adalah Bayi Yesus, Dia adalah Juruselamat Dunia, Sang Mesias yang telah dijanjikan Tuhan akan dilahirkan dan menjadi kelepasan bagi Bangsa Israel dan bagi seluruh dunia.

Yes !!

Aku tahu, aku bisa tahu, aku merasakannya, aku diberitahukan oleh Tuhan, karena Tuhan tahu bahwa aku menanti-nantikan Mesias ini…aku menunggu-nunggu bertahun-tahun lamanya…

Bayi inilah yang aku tunggu-tunggu.

Yes !! Aku tidak ketinggalan, aku tidak sampai kelewatan..aku bertemu dengan Mesias itu, Sang Juruselamat itu !

Lalu aku datang mendekati mereka.

Rupanya mereka sedang bercakap-cakap dengan Simeon. Simeon adalah rekanku/temanku, dia adalah seorang yang benar dan saleh, yang menantikan penghiburan bagi Israel.

Roh Kudus ada atas hidup temanku Simeon itu.

Roh Kudus pernah berjanji kepadanya bahwa dia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan.

Makanya aku juga seperti Simeon, aku yakin Mesias akan datang pada zaman aku hidup, kami hidup di zaman kelahiran Mesias itu !!

Kami ada di zaman kedatangan HARI TUHAN itu

 

Kami saling berpandangan…mataku berkaca-kaca…yang aku nantikan kini telah ada di hadapanku, aku melihat sendiri Bayi Mesias itu !!

Hatiku langsung meluap dengan UCAPAN SYUKUR, aku sangat bersyukur karena kebaikan Tuhan, karena Tuhan memperdulikan umat-Nya, Tuhan mau melepaskan kita dari belenggu maut, belenggu dosa !!

Setelah mengucap syukur, aku langsung berbicara/ bersaksi tentang Mesias itu telah lahir, telah hadir, telah digenapi, janji Tuhan sudah datang, Tuhan sudah menepati janjiNya, ini lho Mesias yang akan menjadi Pelepas bagi Israel, sudah lahir, sudah hadir..Halooooooooooo…

Mesias akan mengalahkan maut itu dan akan menyediakan keselamatan bagi kita, Haleluya !! Kita terbebas dari api neraka !!

Aku BERSAKSI kepada orang-orang yang seperti aku, yang menantikan datangnya Mesias itu.

 

YESUS JURUSELAMATKU

Aku bahagia sekali bisa bertemu dengan Bayi Yesus. Dia adalah Juruselamatku, Juruselamatmu, dan Juruselamat kita semua.

Yesus tidak saja lahir, tetapi setelah dia berumur kira-kira 30 tahun, Yesus memulai pekerjaanNya ( Lukas 3: 23) dan kira –kira tiga setengah tahun sesudah itu Yesus mati di atas kayu salib, lalu Dia dikuburkan, lalu Dia bangkit pada hari ke  3 mengalahkan kuasa MAUT/ mengalahkan SENGAT MAUT/ Mengalahkan Kematian.

Nah, bila kita menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat kita, maka Tuhan akan masuk ke dalam hati kita, menyucikan kita dari segala dosa, menanggung hukuman dosa kita, dan pada akhirnya Dia akan membawa kita ke surga-Nya yang mulia saat kita nanti mati.

Setelah kita diselamatkan, Tuhan ingin membawa kita terus bertumbuh di dalam Dia.

Maukah kalian menerima Kristus sebagai Juruselamatmu?

Maukah sekarang kalian serahkan hidupmu kepada Yesus, untuk hidup menyenangkan hatiNya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s