66. TANAMAN OBAT


66. TANAMAN OBAT

menghadirkan lidah buaya di kelas

menghadirkan lidah buaya di kelas

menghadirkan juice lidah buaya di kelas

menghadirkan juice lidah buaya di kelas

menjelaskan pada anak keguanaan lidah buaya

menjelaskan pada anak keguanaan lidah buaya

mengajak anak-anak menggambar tanaman obat

mengajak anak-anak menggambar tanaman obat

menghadirkan daun pecut kuda di kelas

menghadirkan daun pecut kuda di kelas

menjelaskan pada anak-anak keguanaan daun pecut kuda

menjelaskan pada anak-anak keguanaan daun pecut kuda

menempelkan daun pecut kuda pada kertas/buku

menempelkan daun pecut kuda pada kertas/buku

Keterangan untuk Guru Sekolah Minggu:

Cerita Alkitab, tidak selalu harus diambil dari cerita Alkitab yang mengandung tokoh , melainkan kita dapat menggali kebenaran Alkitab yang sangat kaya dengan kebenaran yang langsung bersinggungan dengan kehidupan nyata.

Dewasa ini, anak-anak asing dengan tanaman obat, karna sedikit-sedikit mereka dipertemukan dengan obat dari Dokter/ Apotik. Padahal di alam yang Tuhan ciptakan ini, mengandung banyak sekali kasiat obat-obat baik yang didapat dari akar, batang, daun, buah , olahan dari tumbuhan, dll

Memang meminum obat tidak salah, tetapi alangkah baiknya jika anak-anak kita perkenalkan pada kehebatan Tuhan dalam menciptakan pohon-pohonan yang bisa dijadikan obat, mulai dari akar, batang, buah dan olahannya. Bahkan dunia medis saat ini justru mengembangkan terus yang namanya OBAT HERBAL, yang didapat dari khasiat tumbuh-tumbuhan.

Kelak, siapa tahu murid-murid sekolah minggu kita, ada yang dipakai Tuhan dalam bidang pengembangkan OBAT HERBAL dari tumbuh-tumbuhan khas Indonesia yang sangat kaya dengan kekayaan alam ini…? Saya percaya masih banyak sekali obat herbal yang belum ditemukan atau belum diselidiki khasiatnya secara ilmu pengetahuan / butuh pembuktian dan penelitian.

Apakah Alkitab juga menyinggung mengenai tanaman obat?

Simak di beberapa kisah berikut ini:

  1. Yesus menyinggung mengenai pemakaian  anggur dan minyak zaitun dalam cerita Orang Samaria yang baik hati, saat si orang samaria ini merawat luka-luka dari orang yang ditolong di pinggir jalan. Di sini kita lihat bahwa Tuhan Yesus sendiri mengesahkan pemakaian tanaman obat (olahan dari Buah Zaitun yang dijadikan minyak) dan juga anggur yang dipakai untuk obat  (Luk 10:25-37)
  2. Raja Hizkia terkena penyakit bisul yang mematikan, dan Tuhan memakai nabi Yesaya untuk memerintahkan diambilnya Kue Ara, dan kue Ara tersebut ditempelkan pada bisul nabi Hizkia, dan dia pun disembuhkan , serta diberi Tuhan pertambahan umur 15 tahun lagi. II RAJA-RAJA 20:1-11
  3. Bahkan di kitab Wahyu pun ditulis mengenai daun-daun yang dipakai Tuhan untuk menyembuhkan bangsa-bangsa Wahyu 22:2
  4. Alkitab menyebut beberapa kali Balsam yang terbuat dari akar-akaran yang dapat dipakai sebagai obat, Yer 8  :22 ;     46:11 ;  51:8 Kej 43:11

KUE AJAIB

Sikap Hati : Mengagumi Kedahsyatan Ciptaan Tuhan

Ayat Mas:

Pengk 3:2

Ada waktu untuk menanam , ada waktu untuk mencabut yang ditanam

BACAAN GURU:

II RAJA-RAJA 20:1-11

INTI:

Adik-adik…pernahkah kalian melihat kue yang dapat dipakai sebagai obat untuk menyembuhkan? Pada suatu kali ada seorang raja bernama Hizkia, raja ini sakit parah, di tubuhnya ada sebuah bisul yang dapat mematikan. Dan sebentar lagi dia akan mati.

Tuhan memeritahakan nabi Yesaya untuk memperingatkan Raja Hizkia ini, bahwa sebentar lagi dia akan mati, tetapi ajaib sekali, saat sang raja berdoa pada Tuhan, Tuhan menjawab doanya, dan Tuhan memperpanjang lagi umurnya 15 tahun lagi. Maka Tuhan pun memberi hikmat pada Nabi Yesaya untuk menyuruh orang mengambil kue ara, dan ajaib sekali saat kue ara itu ditempelkan pada tubuh Raja Hizkia yang bisulan, bisul itu menjadi sembuh.

Yang menyembuhkan tetap Tuhan, tetapi Tuhan bisa memakai banyak cara, salah satu cara Tuhan adalah melalui tanaman yang bisa dijadikan obat. Ara adalah sebuah buah dari pohon Ara, yang bisa diolah menjadi sebuah KUE.

Tetapi kalau Tuhan tidak berkenan menyembuhkan seseorang, walaupun sudah memakai tanaman obat, juga tetap tidak bisa sembuh. (Yer 8  :22 ;     46:11 ;  51:8 Kej 43:11)

Pada saat kita sakit, Tuhan bisa punya banyak cara menyembuhkan kita, bisa melalui obat dokter, bisa melalui doa saja, tanpa obat, bisa juga melalui tanaman obat. Jadi tanaman obat hanyalah sebagai alat di tangan Tuhan, sumber kesembuhan itu adalah dari Tuhan sendiri.

Tetapi kita tidak boleh pergi ke dukun dan meminum/ memakan apa yang diperintahkan oleh dukun, (dukun juga terkadang memakai tanaman obat)  karna dukun telah memberi tanaman obat itu mantra-mantra dan meminta kesembuhan palsu yang dari iblis (Markus 13:22).

Nah, adik-adik, saat ini kakak akan mengetengahkan dua macam tanaman obat diantara beratus-ratus jenis tanaman obat lainnya, yang akan kakak pakai hari ini adalah LIDAH BUAYA, dan DAUN PECUT KUDA. Anda dapat mengganti daun pecut kuda, dengan bengkoang

Aktifitas anak-anak:

  1. Mempelajari kegunaan tanaman obat yang dicontohkan,
    1. Print artikel mengenai lidah buaya  http://www.squidoo.com/manfaat-lidah-buaya  (anda bisa print artikel tersebut),
    2. untuk daun pecut kuda http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=244
    3. bengkoang dapat anda klik di http://cakrawala-gusna.blogspot.com/2009/06/khasiat-dan-manfaat-bengkoang.html
    4. Belajar cara menanam ( guru membawa bibit dan pot yang dibutuhkan)
    5. Membuah olahan sederhana (misalnya di juice, direbus, dll)
    6. Meminum / mengkonsumsi tanaman obat
    7. Melihat YouTube
      1. mengenai Lidah Buaya http://www.youtube.com/watch?v=ZXPYmQk3l18, dan
      2. mengenai daun pecut kuda http://www.youtube.com/watch?v=KrOvSgZSdh4,
      3.  untuk bengkoang belum ada versi YouTubenya.
      4. Membuat Rujakan untuk bengkoang, dan makan bersama
      5. Menggambar media tanaman obat
      6. Menempel daun tanaman obat di sebuah kertas/ buku aktifitas.

SHARE KESAKSIAN PRIBADI

Anda bisa menambahkan sesaksian anda mengenai pengalaman anda bersama tanaman obat: Kalau saya pribadi pernah sembuh dari jerawat batu yang menutupi seluruh wajah dengan masker bengkoang

Cara membuat masker bengkoang:

Alat yang dibutuhkan : Beli semua peralatan secara terpisah dari peralatan dapur lainnya. Alat alat yang digunakan: saringan santan terbuat dari plastik, parutan bahan dasar kayu, plastik untuk mengalasi parutan.

Cara Membuat: Cuci bersih bengkoang, kupas bersih, cuci kembali, parut, ambil sarinya, sedangkan ampasnya dibuang, sarinya disaring seperti membuat santan, endapkan hasil saringan, dan endapan akan terpisah antara yang bening manis, dengan yang berwarna putih susu. Buang atau minum cairan atas yang manis, dan oleskan endapan berwarna putih susu ke wajah, pagi dan sore, setiap hari, selama lebih kurang dua bulan.

Selain menyembuhkan jerawat, Bengkoang bisa memutihkan wajah, menghaluskan kulit, serta menghilangkan noda hitam pada wajah.

Saya juga pernah sembuh dari Gangguan Pita Suara yang cukup serius, karna memforsir suara untuk melatih paduan suara secara overtime, dengan pertolongan Tuhan melalui Daun Pecut Kuda

Cara membuat obat gangguan pita suara/ radang tenggorokan :

Petik daun pecut kuda sebanyak lebih kurang 10 lembar, dan rebus dengan 2 gelas air, tunggu sampai air menyusut menjadi 1 gelas, dan minum dalam keadaan hangat. Sehari dua kali, pagi dan sore. Kalau anda menginginkan manis, tambahkan gula batu pada rebusan.

Saya juga mengkonsumsi juice lidah buaya setiap hari untuk kesehatan tubuh.

Cara membuat juice lidah buaya.

Juice lidah buaya tersebut dengan air matang, minum hasilnya.

 KESIMPULAN:

Tuhan itu sungguh hebat… di alam semesta ini sesungguhnya Tuhan itu sudah mendesign alam ini menjadi alat penyembuh juga. Oleh karna itu kita harus bersyukur untuk kedahsyatan Tuhan itu, dan juga kita harus merawat alam dengan baik, jangan merusaknya.

Kalau di halaman rumahmu ada lahan/tanah/bisa diberi pot, tanamlah tanaman obat, yang dapat berguna bagi kita, misalnya kunyit, lidah buaya, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s