INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION- MINGGU 22


MINGGU 22

INCREDIBLE GENERATION

IN= INTIMACY, CRE=CREATIVE, DI= DISCIPLINE, BLE=BLESSING.

JOSHUA GENERATION

MATERI PER KELAS

THEMA; INTIMACY 21

 

TUJUAN:

Anak-anak IGJG mengenal pribadi Yosua yang menempatkan kemah pertemuan. Anak-anak berlatih untuk mengutamakan Tuhan dalam hidupnya.

 

BACAAN GURU

YOSUA 18:1

 

18:1 Maka berkumpullah segenap umat Israel di Silo, y  lalu mereka menempatkan Kemah Pertemuan 1  z  di sana, karena negeri itu telah takluk kepada mereka.

 

PENDAHULUAN

Negeri itu telah takluk kepada mereka. Lalu setelah takluk pada mereka, hal apa yang PERTAMA-TAMA dilakukan Yosua sebagai seorang pemimpin?

Bisa beberapa kemungkinan ini:

  1. Berpesta; ( Kelompok 1) – kelompok 1 akan membuat ADEGAN SINGKAT- bagaimana SEANDAINYA YOSUA SEBAGAI PEMIMPIN MERAYAKAN TAKLUKNYA BANGSA KANAAN KEPADA MEREKA, DENGAN CARA BERPESTA PORA
    1. Guru siapkan meja, taplak, alat makan minum, makanan dan minuman, buah-buahan, puding, dll Lengkap dengan kursi makan, dll
    2. Semua perlengkapan ini bisa diganti dengan MINIATUR/ MAINAN ANAK BERUPA SEPERANGKAT MEJA MAKAN
    3. Boleh disertai tari-tarian kemenangan.
    4. Siapkan seseorang jadi YOSUA yang mengajak rakyat Israel untuk berpesta merayakan kemenangan atas Kanaan ini.
    5. Siapkan dalam catatan; apa yang nanti akan dikatakan Yosua.
  2. Mendirikan tugu peringatan untuk diingat dalam sejarah; ( kelompok 2)- kelompok 2 akan membuat ADEGAN SINGKAT- TUGU PERINGATAN- bagaimana SEANDAINYA YOSUA SEBAGAI PEMIMPIN MERAYAKAN TAKLUKNYA BANGSA KANAAN KEPADA MEREKA, DENGAN CARA MENDIRIKAN TUGU PERINGATAN
    1. Tugu peringatan di sini JANGAN MENGGUNAKAN PATUNG, melainkan bisa sebuah tanaman di pot atau batu, dan minyak ( baby oil) serta kapur untuk menuliskan sebuah prasasti.
    2. Semua perlengkapan ini boleh diganti dengan miniatur tugu ( NAMUN JANGAN BERUPA PATUNG, BISA DIBENTUKKAN SEPERTI TUGU MONAS, DLL)
    3. Siapkan seseorang jadi YOSUA yang mengajak rakyat Israel untuk mendirikan tugu peringatan agar peristiwa ini selalu diingat dalam sejarah.
    4. Siapkan dalam catatan; apa yang nanti akan dikatakan Yosua, dan apa yang nanti akan dituliskan di batu tersebut ,atau dituliskan di karton yang nanti disematkan di pot pohon tersebut.
  3. Menempatkan Kemah Pertemuan di Silo. Inilah yang dilakukan YOSUA UNTUK PERTAMA KALINYA SETELAH KANAAN TAKLUK PADA MEREKA, yaitu mengumpulkan orang Israel bukan untuk makan dan minum, bukan untuk berpesta pora, bukan untuk mendirikan tugu peringatan, tetapi PERTAMA-TAMA ADALAH UNTUK MENEMPATKAN TUHAN SEBAGAI YANG UTAMA DALAM HIDUP MEREKA, KETIKA KEMAH PERTEMUAN DITEMPATKAN DI TEMPAT KHUSUS, DI SANALAH YOSUA MENGAJAK BANGSA ISRAEL MENGINGAT TUHAN, BERSYUKUR PADA TUHAN, DAN MENEMPATKAN TUHAN SEBAGAI PUSAT HIDUP MEREKA, MENEMPATKAN IBADAH SEBAGAI HAL YANG SANGAT PENTING. Kelompok 3 mempersiapkan hal ini:
    1. Guru mempersiapkan tenda, dari selimut, kursi, tongkat, dll sehingga menyerupai tenda
    2. Semua perlengkapan ini bisa diganti dengan MINIATUR TENDA
    3. Siapkan seseorang jadi YOSUA yang mengajak rakyat Israel untuk menempatkan kemah pertemuan di Silo
    4. Siapkan dalam catatan; apa yang nanti akan dikatakan Yosua.

 

Tiap kelompok diberi kesempatan mempersiapkan presentasi di 3 area kelompok.

INTI MATERI

Guru menunjukkan bahwa apa yang dilakukan Yosua setelah dia memimpin bangsa Israel menaklukkan tanah Kanaan?

Apakah dia pertama kali melakukan pesta pora …………?
Biarkan kelompokl 1 presentasi disaksikan kelompok lain di area kelompok 1

Nah ini yang dinamakan KEINGINAN DAGING DAN KEINGINAN MATA

Yosua tidak mau hidup dalam KEINGINAN DAGING DAN KEINGINAN MATA

 

Apakah dia pertama kali melakukan mendirikan tugu peringatan……………?

Biarkan kelompok 2 presentasi disaksikan kelompok lain di area kelompok 2

Nah ini yang dinamakan KEANGKUHAN HIDUP

Yosua tidak mau hidup dalam KEANGKUHAN HIDUP

 

I Yohanes 2: 15-17

 

 h  2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia 5  dan apa yang ada di dalamnya. i  Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. j  2:16Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging k  dan keinginan mata l  serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap m  dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah n  tetap hidup selama-lamanya.

 

Ternyata Yosua tidak mau hidup dalam keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup, melainkan dia mau melakukan kehendak Allah.

Orang yang mengasihi Tuhan akan melakukan kehendak Tuhan.

Jadi pertama-tama yang Yosua lakukan setelah berhasil menaklukkan Kanaan adalah meletakkan KEMAH PERTEMUAN di SILO, agar bangsa Israel bisa beribadah kepada Tuhan.

Kini beri kesempatan kelompok 3 untuk presentasi.

 

Tokoh Pembanding

YOSUA DAN URIA

HATI YANG BERPAUT PADA TABUT TUHAN

 

Apakah kalian tahu siapakah URIA itu?

Ya , banyak nama Uria dalam Alkitab, tetapi yang paling terkenal adalah Uria suami daripada Batsyeba.

Daud menyukai Batsheba, lalu Daud mengadakan usaha untuk membunuh Uria di medan perang, agar bisa merebut isteri Uria menjadi isterinya.

Pada saat Uria sedang berperang, Uria dipanggil Daud menghadap raja, dan setelah itu Uria ternyata tidak mau pulang ke rumahnya. Saat Daud bertanya kenapa Uria tidak pulang ke rumahnya….apa ya kira –kira jawaban Uria pada raja Daud?

Kemunginan besar Uria adalah  seorang yang tidak banyak bicara, terbukti di Alkitab, tidak banyak kata-kata Uria yang dicatat. Bahkan hanya satu kalimat saja, yaitu di dalam II Samuel 11: 11  ( bacalah dari Alkitab dari ayat 10)

 

Tetapi Uria berkata kepada Daud: “Tabut serta orang Israel  dan orang Yehuda diam dalam pondok, juga tuanku Yoab dan hamba-hamba tuanku sendiri berkemah di padang; masakan aku pulang ke rumahku …………….. (stop pembacaan sampai di sini saja – karena kalimat selebihnya untuk pemahaman orang dewasa)

 

——–(bagian yang tidak kita baca) untuk makan minum dan tidur  dengan isteriku? Demi hidupmu dan demi nyawamu, aku takkan melakukan hal itu!”

 

Perhatikan dalam kalimat URIA ini; kata pertama yang disebut untuk menjawab pertanyaan Daud adalah  kata : TABUT, betapa hatinya berpaut pada Tabut Tuhan.  Dia tidak memakai kata ‘Aku’ sebagai kata pertamanya yang mengawali kalimatnya. Ataupun kata ‘isteriku’ atau ‘anakku’ ataupun ‘keluargaku’.

Mengapa bisa seperti itu…bukankah dia orang HET?? Apakah orang HET seperti Uria bisa jatuh cinta dengan tabut Tuhan?

Uria menjadi saksi mata bagaimana Daud memindahkan tabut Tuhan ke Yerusalem. Selama mengikuti rombongan Daud sejak di gua Adulam, Uria belum pernah melihat tabut Allah. Peristiwa perpindahan tabut Allah yang sempat menyambar Uza. Peristiwa menyimpangnya tujuan penempatan  tabut Allah ini ke rumah Obed Edom juga menjadi catatan tersendiri buat Uria. Bagaimana Daud menanggalkan jubah kerajaannya dan semua atribut kerajaannya, serta mengenakan baju Efod II Sam 6:14 dan menari-nari di depan Tabut Tuhan, bisa jadi sangat berkesan dalam diri Uria menyaksikan Daud sang pempimpin perangnya sangat bersukacita di depan Tabut Tuhan.

 

 

Di titik inilah Uria melihat sosok Daud yang sering menggubah lagu untuk Tuhan, intim dengan Tuhan, mengekspresikan dirinya dalam tarian. Bisa jadi dia bertanya banyak hal kepada isterinya Batsyeba mengenai sejarah tabut Tuhan asal muasalnya sampai di zamannya itu. Rupanya hal ini bisa jadi sangat berkesan dalam diri Uria, sehingga saat Alkitab mencatat pertama kali ucapan apa yang keluar dari bibir sesosok Uria ini, kata pertama yang disebutkannya adalah TABUT. Hanya satu kalimat saja yang tercatat, dan kata pertamanya adalah kata TABUT. Waauuu !!

Maukah kita seperti Uria, menjadikan tabut Allah/ hadirat Tuhan/ keintiman dengan Tuhan, menjadi hal yang utama di dalam hidup kita ?

 

 

PENUTUP

Nah, sekarang coba kalian pikirkan, apa yang kalian lakukan pertama kali saat kalian:

  • Berulang tahun?
  • Juara kelas?
  • Menang lomba?
  • Sembuh dari sakit?
  • Dapat berkat dari Tuhan?
  • Diberi talenta sama Tuhan?
  • Diberi kesempatan emas?
  • Dll

Ayo datang pada Tuhan, ucapkan syukur, pujilah Tuhan, akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Dia akan meluruskan jalanmu ( Amsal 3) , datang beribadah pada Tuhan, jangan sombong, jangan angkuh, jangan memuji diri, jangan bangga akan kehebatan, kepandaianmu, pengalamanmu, ketekunanmu, dll Tetapi ingatlah, bahwa hidup kita milik Tuhan. Terus jaga hubungan kasihmu dengan Tuhan,karena Tuhanlah pusat hidup kita. Yosua terus jaga bangsa Israel agar jangan sampai mereka menyembah berhala kanaan, gara-gara mereka sudah diberkati, sudah aman, sudah berhenti perang, dll

Justru saat diberkati kita harus ingat Tuhan, dan dalam segala keadaan apa pun harus jadikan Tuhan yang utama

Utamakan doa,

Utamakan baca Alkitab

Utamakan mengasihi Tuhan

Utamakan melayani Tuhan

Utamakan bersaksi bagi Tuhan.
Indikasi pencapaian

 

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

One thought on “INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION- MINGGU 22”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s