INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION- MINGGU 2


MINGGU 2

INCREDIBLE GENERATION

IN= INTIMACY, CRE=CREATIVE, DI= DISCIPLINE, BLE=BLESSING.

 

JOSHUA GENERATION

 

MATERI KELAS TENGAH

 

THEMA; INTIMACY 1

BACAAN GURU SECARA LENGKAP

https://berbagirhema.wordpress.com/2015/10/02/generasi-yosua-akhir-zaman/

DOWNLOAD MATERI INI DI SINI:

IGJG 2

TUJUAN:

Anak-anak  IGJG mengenal bahwa Yosua menggunakan mata pedang dalam berperang. Anak-anak mengerti apa artinya pedang Roh Firman Allah. Anak-anak menjadi pembaca Alkitab yang setia

 

BACAAN GURU:

Keluaran 17:8-16, Yosua 6:21, Yosua 8:24, Yosua 10:28, Yosua 10:30, Yosua 10:32,  Yosua 10:35, Yosua 10:37, Yosua 10:39, Yosua 11:10, Yosua 11:11,  Yosua 11:12, Yosua 11:14,  Yosua 19:47, Efesus 6: 10-18, I Petrus 2:11, Yakobus 4:4, Yosua 1:8, Ezra 7:6,10

PEMBUKAAN

Yang dipersiapkan guru:

  1. Gambar alat –alat perang
  2. Karton untuk menempelkan gambar alat-alat perang pada kotak-kotak yang tersedia (sejumlah kelompok yang anda inginkan ada di kelas anda nantinya)
  3. Sepidol berwarna-warni untuk menarik garis menjodohkan ( 1 pack sepidol memiliki 12 warna, sediakan jumlah pack seperti jumlah kelompok yang anda inginkan. Jika dua kelompok, maka kita membutuhkan 2 pack sepidol)
  4. Penggaris panjang
  5. Pada karton tersebut, buatlah kotak-kotak seperti contoh di bawah ini, siap ditempeli gambar dan ditarik garis menjodohkan. Mohon menaruh gambar secara acak, jangan langsung di sebelah kunci jawaban di kotak kolom kanan.
  6. Lem, gunting, pensil, karet penghapus.
  7. Hadiah untuk kelompok tercepat dan tertepat.

Shalom anak-anak…??( keterangan; untuk menghadirkan kesan ayah/ibu rohani kepada anak rohaninya, maka kita memanggil anak-anak dengan sebutan anak-anak, bukan adik-adik)

Nah hari ini seru sekali karena kita akan bermain perang-perangan !! Horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee…………!!

Nah, Bpk/Ibu guru ( keterangan; untuk menghadirkan figure ayah/ibu bagi anak-anak , sengaja kita bahasakan Bpk/Ibu guru, bukan Om/Tante/ Kakak), akan menunjukkan beberapa gambar alat-alat perang:

Kita bagi …..(berapa) kelompok dulu yuk!

Nah gambar-gambar alat-alat peperangan ini ada namanya, tugas kalian menjodohkan mana yang cocok antara alat-alat perang ini dengan nama-nama alat-alat perang ini:

1.       GAMBAR ·         PEDANG
2.       GAMBAR ·         TOMBAK
3.       GAMBAR ·         LEMBING
4.       GAMBAR ·         PERISAI
5.       GAMBAR ·         PANAH
6.       GAMBAR ·         PISAU
7.       GAMBAR ·         TONGKAT

 

Kelompok mana yang cepat…dan tepat…???

INTI MATERI

Yang dipersiapkan guru:

  • Point berbentuk gambar pedang. Print/tempelkan pada kertas tebal sehingga point ini tidak mudah robek/rusak/kusut
  • Gunting dan siap dibagikan
  • Hadiah untuk peraih point terbanyak

Nah anak-anak, semua alat-alat ini memang dipakai untuk berperang. Tetapi tiap tentara memiliki kehebatan sendiri-sendiri/masing-masing dalam berperang. Ada tentara yang  pandai memakai lembing, ada tentara yang pandai memakai pedang, ada juga yang pandai memakai semua senjata sekaligus.

Nah…ada seorang bernama Yosua, dia seorang anak muda yang diberi Tuhan kepandaian berperang dengan menggunakan mata pedang.

Pada saat bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, belum sampai genap 3 bulan lamanya (Kel 17:8, Keluaran 19:1) bangsa Israel keluar dari tanah Mesir,  itulah pertama kalinya Yosua yang masih muda itu, berperang melawan orang Amalek, Yosua memimpin bangsa Israel berperang melawan orang-orang Amalek itu. Pada saat itu Yosua menggunakan senjata mata pedang yang kemudian untuk seterusnya pada saat nanti 40 tahun kemudian dia menjadi pemimpin bangsa Israel , Yosua semakin mahir/ahli dalam menggunakan mata pedang dalam berperang melawan semua musuh-musuhnya.

Sekarang kita adakan lomba yuuukkk !!

Siapa yang membuka paling cepat ayat ini dan membacanya dengan lancar dan cepat pada ayat yang tepat akan mendapat point. Kita sediakan 30 point untuk 13 soal ayat, dengan catatan 7 diantaranya untuk cadangan bila ada dua anak yang secara bersamaan menemukan dan membaca ayat pertama kali lebih cepat dibandingkan anak-anak lainnya !

Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang
Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang
Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang Gambar point berbentuk gambar pedang

 

  1. Yosua 6:21,
  2. Yosua 8:24,
  3. Yosua 10:28,
  4. Yosua 10:30,
  5. Yosua 10:32,
  6. Yosua 10:35,
  7. Yosua 10:37,
  8. Yosua 10:39,
  9. Yosua 11:10,
  10. Yosua 11:11,
  11. Yosua 11:12,
  12. Yosua 11:14,
  13. Yosua 19:47.

Nah siapa ya yang mendapat point terbanyak..??

Nah…apa ya kata yang sama yang ada di semua ayat itu…???

Yups benar !! Semua ayat itu membahas bagaimana Yosua selalu berperang menggunakan mata pedang, karena mata pedang adalah senjata yang paling dikuasai sampai mahir/ahli/pandai oleh Yosua.

Kita sekarang tidak berperang melawan orang lagi, seperti pada zaman Yosua dulu, dia menyerang musuh. Tetapi peperangan kita sekarang bukan melawan daging/orang/manusia, seperti pada zaman perang melawan Belanda atau Jepang, tetapi peperangan kita sekarang melawan 3 musuh ini:

  1. Roh jahat Efesus 6: 10-18
  2. Keinginan daging/ sifat sifat jelek dalam diri kita I Petrus 2:11
  3. Pengaruh dunia yang jahat Yakobus 4:4

Bagaimana cara mengalahkan 3 musuh ini…?? Lha kita tidak memiliki pedang seperti Yosua.

Salah satu senjata yang dijelaskan di Efesus 6: 10-18 adalah PEDANG ROH yaitu Firman Tuhan. Jadi Firman Tuhan itu seperti pedang, dia dapat mengalahkan Iblis, juga dapat menolong kita mengalahkan sifat-sifat jelek kita, serta juga dapat menghindarkan kita untuk tidak ikut-ikutan orang-orang dunia yang tidak mengenal Tuhan.

Waktu Tuhan Yesus dicobai oleh Iblis, yang dilakukan Yesus selalu berkata ADA TERTULIS, Yesus membaca firman Tuhan, mengucapkan Firman Tuhan, sehingga iblis kalah.

Bagaimana kalau mengalahkan sifat jelek…contohnya si Adi, dia seorang pemalas, malas bikin pe-er, malas membantu ayah mencuci mobil, malas bangun pagi. Nah , untuk mengalahkan sifat malas itu, Adi perlu memakai senjata Pedang Roh Firman Tuhan, dengan cara memperkatakan Firman terus yang dapat menolong Adi mengalahkan kemalasan itu, dengan misalnya memperkatakan Amsal 6:6. Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak.

Bagaimana mengalahkan pengaruh dunia yang jahat..? Bisa juga memakai pedang roh Firman Tuhan. Misalnya teman kamu mengajakmu berbohong. Maka Roh Kudus dapat mengingatkanmu dengan Firman Tuhan “Janganlah berbohong” Imamat 19:11

AYAT MAS

Yosua juga diperingatkan Tuhan untuk ( ayat mas kita minggu ini) :

Yosua 1: 8

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan dimikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Yang dipersiapkan guru:

  • Lembar frase ayat
  • Kertas dan ballpoint untuk mencatat score kelompok
  • Hadiah bagi pemenang

Game ayat mas:

  • Anak-anak kita ajak membaca ayat ini 3 kali
  • Bagi anak-anak dalam 2 kelompok
  • Tiap kelompok akan mendapat LEMBAR FRASE AYAT
  • Tiap kelompok membuat gerakan untuk 1 frase ( bebas pilih), dan berunding dengan kelompoknya masing-masing dengan posisi saling membelakangi agar kelompok lain tidak perlu tahu kelompok lawan sedang merangcang gerakan apa untuk kata apa.
  • Tiap kelompok harus menandai dengan tanda centang frase yang akan dibuat gerakannya dengan ballpoint sehingga nanti ada buktinya memang frase itu yang dijadikan soal.
  • Setelah itu, minta kelompok A, memperagakan gerakan, kelompok B menebak itu frase apa
  • Jika kelompok B berhasil menebak gerakan dari kelompok A, maka kelompok B mendapat nilai 100
  • Jika kelompok B gagal menebak gerakan dari kelompok A, maka kelompok A-lah yang justru mendapat nilai seratus.
  • Kini giliran kelompok B memperagakan gerakan untuk ditebak kelompok A,
  • Guru bertugas memeriksa apakah benar tadi yang dijadikan soal adalah frase itu dengan melihat tanda centang pada LEMBAR FRASE AYAT.
  • Frase yang dijadikan soal tidak boleh diulang lagi. Setiap gerakan harus memilih frase baru yang tadi belum pernah dijadikan soal gerakan.

Potongan frase dari ayat ini dapat anda copy 2 kali dan gunting untuk 2 kelompok

————————————————————————————————————-gunting di sini

LEMBAR FRASE AYAT

  • Yosua 1: 8
  • Janganlah engkau lupa
  • memperkatakan kitab Taurat ini,
  • tetapi renungkanlah itu siang dan malam,
  • supaya engkau bertindak hati-hati
  • sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya,
  • sebab dengan dimikian
  • perjalananmu akan berhasil
  • dan engkau akan beruntung.

—————————————————————————————————————gunting di sini

Keterangan untuk guru: Game Ayat mas ini tidak perlu sampai semua frase selesai dijadikan soal gerakan, pertimbangkan waktu yang tersedia, tetapi harus adil, jika kelompok A telah mengeluarkan soal gerakan sampai 3 kali, maka kelompok B juga harus diberi kesempatan mengeluarkan soal gerakan sampai 3 kali. Jika ada nilai yang sama, maka bisa diberi kesempatan lagi pada soal berikutnya sampai muncul pemenangnya.

Siapa lagi yang tokoh Alkitab lainnya yang cinta Firman Tuhan…??

Ada lho…namanya Ezra. Ezra 7:6 menuliskan bahwa Ezra ini seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa yang diberikan Tuhan, Allah Israel, dan di Ezra 7:10 juta dituliskan bahwa Ezra ini  telah bertekad untuk meneliti Taurat Tuhan dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel. Waaauuuuuuuuuuu ……Ezra seorang yang keren, karena dia suka meneliti Taurat Tuhan , juga tidak itu saja, dia melakukannya serta mengajarkannya….Huhuuuiiii Bpk/Ibu guru juga ingin seperti Ezra….bagaimana dengan kalian??

 

PENUTUP

Sebagai penutup, kita akan membuat TARIAN PEPERANGAN dengan senjata PEDANG.

Yang dipersiapkan guru:

  • Pedang mainan, boleh menyediakan 2, atau 4, atau jika ada dananya bisa mempersiapkan sejumlah anak di kelas.
  • Pedang ini tidak harus beli, dapat juga dibuat oleh guru dari kardus bekas yang dipotong berbentuk pedang dan dilapisi dengan kertas emas.
  • Jika menyediakan 2 pedang atau 4, maka anak yang menari dapat berganti-ganti orang. Tetapi jika pedang bisa disediakan sejumlah anak-anak di kelas, maka semua anak dapat menari bersama-sama.
  • Musik pengiring , tidak harus ada gitaris/keyboardis, melainkan musik bisa dihadirkan dari HP/Laptop/Tab, dll.
  • Tarian ini tidak harus ada penontonnya, karena fokus kita bukan pada performance/penampilan, melainkan mengajak anak-anak menari untuk lebih menanamkan pada mereka kesan mendalam akan pedang Roh Firman Allah itu dalam hidup mereka.

TARIAN PERANG:

  • Guru merancang sebuah tarian peperangan. Anda tidak harus pandai menari untuk menciptakan tarian ini. Yang penting dalam tarian ini anak-anak mengekspresikan peperangan menggunakan pedang dan juga bergerak sesuai irama musik, dengan gerakan yang seragam.
  • Tarian ini bukan terdiri dari 2 kelompok yang saling berperang, karena kita ingin semua anak menggunakan mata pedang sebagai prajuritnya Tuhan. Jadi seolah-olah mereka adalah satu pasukan yang sama yang mahir menggunakan mata pedang dan mereka sedang berlatih berperang, dengan cara menari tarian peperangan.
  • Tarian ini harus menggunakan lagu peperangan,misalnya; Allah Bangkit, Api Kemuliaan-Nya, Bangkit S’rukan Nama Yesus, Sekarang T’lah Tiba.
  • Jika anda ingin melibatkan para penari tamborine di gereja anda untuk menolong anda menciptakan tarian ini, tidak ada salahnya. Hubungi mereka jauh hari agar mereka dapat bersiap melatih anak-anak tarian peperangan.

Baiklah anak-anak, Bpk/Ibu yakin kalian akan lebih cinta lagi pada Firman Tuhan, seperti orang yang mahir menggunakan mata pedang yaitu Firman Tuhan, sebagaimana Yosua mahir berperang menggunakan pedang dan juga Yosua diperintahkan Tuhan untuk jangan lupa memperkatakan Firman Tuhan.

Nah, minggu lalu kita sudah mendapat Bacaan Alkitab setahun, apakah kalian sudah berlatih membaca Alkitab selama minggu ini?

Tugas kalian dalam minggu ini lebih disiplin lagi dalam membaca Alkitab, yang adalah Pedang Roh, Firman Allah, dan JANGAN LUPA ya ( Yos 1:8 JANGAN LUPA)…… minggu depan akan Bpk/Ibu  bantu periksa apakah kalian sudah dapat disiplin baca Firman Tuhan atau belum.

Orang yang lupa membaca Alkitab, adalah sama seperti tentara yang lupa membawa pedangnya.

 

Indikasi pencapaian

Jika anak telah TIDAK LUPA, untuk saat teduh setiap hari, dengan membaca Alkitab.

(Yos 1:8) Janganlah engkau LUPA. Guru dapat memeriksa hal ini, dalam kartu pembacaan Alkitab setahun pada minggu yang akan datang.

 

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s