INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION- MINGGU 5


MINGGU 5

INCREDIBLE GENERATION

IN= INTIMACY, CRE=CREATIVE, DI= DISCIPLINE, BLE=BLESSING.

 

JOSHUA GENERATION

 

MATERI KELAS GABUNGAN KELOMPOK UMUR

YAITU KELOMPOK UMUR KELAS TENGAH

 

THEMA; INTIMACY 4

BACAAN GURU LENGKAP BISA DIBACA DI SINI

https://berbagirhema.wordpress.com/2015/10/02/generasi-yosua-akhir-zaman/

MATERI BISA DIBUKA DI SINI:

IGJG 5

 

TUJUAN:

Anak-anak IGJG  mengenal bahwa Tuhan sangat menyukai bila anak-anak-Nya datang kepada-Nya. Anak-anak belajar menambah jam-jam ibadah pribadinya di rumah bersama dengan Tuhan

 

BACAAN GURU:

Mazmur 56:9, Bilangan 13:16, Keluaran 17:9,10,13, Keluaran 17:14, Keluaran 24:13, Kel 32:17, Kel 33:11. Keluaran 33: 1-23.

YOSUA PERTAMA KALI DICATAT NAMANYA SEBAGAI

YOSUA BIN NUN

KETIKA TIKAK MAU MENINGGALKAN KEMAH PERTEMUAN ITU

  • Musa menyebut nama Hosea bin Nun menjadi Yosua –(saja- tanpa tambahan bin-Nun)- Bilangan 13:16
  • Sejak Yosua ditunjuk Musa memimpin peperangan melawan Amalek, nama Yosua selalu disebutkan Musa sebagai Yosua-(saja-tanpa tembahan bin-Nun), Keluaran 17:9, 10,13
  • Bahkan Tuhan pun pada peristiwa peperangan melawan Amalek menyebutkan nama Yosua sebagai Yosua saja, tidak ada tambahan bin-Nun, Kel 17:14
  • Di kitab Keluaran, 7 kali pribadi Yosua dituliskan, 6 kali yang pertama hanya disebutkan Yosua-(saja-tanpa tambahan bin-Nun),
    • Keluaran 17: 9 (sebutan dari Musa), disebutkan YOSUA saja
    • Keluaran 17: 10 (sebutan dari penulis kitab/narator) , disebutkan YOSUA saja
    • Keluaran 17: 13 (sebutan dari penulis kitab/narator) , disebutkan YOSUA saja
    • Keluaran 17: 14 (sebutan dari Tuhan) , disebutkan YOSUA saja
    • Kel 24:13(sebutan dari penulis kitab/narator- peristiwa ikutnya Yosua ke gunung Sinai), disebutkan YOSUA saja
    • Kel 32:17 ( sebutan dari penulis kitab/narator- peristiwa turunnya dari gunung Sinai), disebutkan YOSUA saja
    • dan nama Yosua bin Nun pertama kali dan merupakan satu-satunya di kitab Keluaran, ditulis dengan tambahan bin-Nun adalah pada Keluaran 33:11, yang disebutkan oleh penulis kitab/narator- pada peristiwa dimana Yosua tidaklah meninggalkan Kemah Pertemuan sementara yang dibuat oleh Musa.

Rhema yang kita dapatkan adalah:

Nama Hosea menjadi Nama Yosua untuk mengarahkan Hosea dari memandang diri, kepada memandang Tuhan. Dan pada tahap selanjutnya dari nama Yosua menjadi nama Yosua bin Nun, adalah manakala Yosua bin Nun mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan dalam sebuah keintiman, di Kemah Pertemuan  sementara yang didirikan Musa, di hadapan hadirat Tuhan yang begitu dahsyat. Di titik peristiwa inilah kemungkinan besar, Tuhan memberikan panggilannya kepada Yosua secara pribadi, di sinilah Yosua menemukan destinynya- tujuan hidupnya, tujuan Tuhan atas hidupnya, Visi Tuhan dalam hidupnya, Tuhan menaruh dalam hatinya beban dan belas kasihan atas bangsa Israel ini. Dan ternyata Tuhan menandai peristiwa ini, dan sejak itulah dihadapan Tuhan pertama kali nama Yosua disebut sebagai Yosua bin Nun. Jadi penyebutan Yosua bin Nun bukan terjadi pada awal mula bagaimana Yosua terpilih memimpin peperangan melawan Amalek, BUKAN.  Sejak peristiwa itulah, sejak perjumpaan pribadi Yosua dengan Tuhan di kemah pertemuan itulah, Yosua mendapatkan dari Tuhan titik-titik penting yang menjadi tugasnya, misinya, yang selalu ditandai dengan penyebutan namanya secara lengkap, Yosua bin Nun. ( yang akan kita bahas tersendiri di bawah ini)

Di titik inilah sepertinya Tuhan menanamkan visi dari Nun, ayah Yosua atas keselamatan kaumnya, sukunya serta ditambah lagi dengan area yang lebih besar, frame yang lebih besar yang Tuhan berikan, yaitu keselamatan atas seluruh bangsa.  Dari mengandalkan diri menjadi mengandalkan Tuhan, karena Visi ini adalah Visi raksasa. Di sinilah sebenarnya Hosea berjumpa dengan Yehovah sehingga benar-benar mengalami Yosua/ Jehovah is Salvation/ Yehovah adalah keselamatan.

Generasi Yosua akhir zaman adalah generasi yang intim dengan Tuhan, sehingga dapat menangkap hati Tuhan bagi bangsanya, dapat memiliki suatu kepastian Visi dalam hidupnya yang kelak ternyata dapat menjadi start awal yang menggiring pada Misi dan Dedikasi.

 

PERTAMA KALI TUHAN MEMANGGIL NAMA YOSUA DENGAN YOSUA BIN NUN

PEMBUKAAN

LOMBA TERCEPAT BUKA ALKITAB,

dengan peraturan sebagai berikut:

 

  • Ayat dibacakan guru hanya satu kali.
  • Semua anak duduk di kursi masing-masing.
  • Siapa yang sudah membuka pada ayat yang pas, harus segera berdiri untuk langsung membaca ayat yang dimaksud.
  • Anak yang pertama kali membaca dengan tepat ayat tersebut, dia mendapat point 100.
  • Jika ayat yang dibaca salah, guru langsung berkata “Salah! Silahkan siapa lagi yang akan membaca ayat yang tepat?”
  • Jika ada temanmu salah, maka siapa pun boleh berdiri dan membaca ayat yang tepat.
  • Guru akan menentukan siapa yang berdiri duluan dan membaca duluan.
  • Jika ada yang bersamaan, maka masing-masing mendapat nilai 50
  • Pengumpul nilai terbanyak dia menang.
  • Di dalam tiap ayat nanti akan ada nama YOSUA saja , atau nama YOSUA BIN NUN, maka Bpk/Ibu guru akan membacakan alamat ayat, SESUAI URUTAN KEJADIAN pada hidup Yosua. Jadi ayat yang dibaca pertama itulah yang pertama kali dialami Yosua, ayat yang dibaca berikutnya itu peristiwanya terjadi sesudah peristiwa pertama tadi. Jadi URUT, seperti misalnya kalian habis bangun tidur, terus berangkat ke sekolah, terus les, dst ( URUT PERISTIWA- jadi tidak dbolak-balik)
  • Setelah ada satu anak membaca pertama kali, dan ayatnya benar, maka anak tersebut boleh mengambil kata YOSUA saja atau YOSUA BIN NUN pada kartu yang Bpk/Ibu buat ini, dan digantungkan di tempat masing-masing. Ambillah kata YOSUA saja bila di ayat itu hanya disebutkan nama Yosua sebagai Yosua saja. Ambillah kata YOSUA bin NUN bila di ayat itu disebutkan sebagai YOSUA BIN NUN

 

Yang dipersiapkan guru:

  • Enam tulisan YOSUA
  • Dan 1 tulisan YOSUA BIN NUN
  • Tangan kanan guru untuk dikalungi tulisan YOSUA saja. Tanan kiri guru untuk dikalungi tulisan YOSUA BIN NUN
  • Hadiah bagi pemenang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

————————————————–buat tulisan YOSUA seperti ini sebanyak 6 buah———-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

——————————-buat tulisan YOSUA BIN NUN seperti ini sebanyak 1 buah saja———-

 

Ayat Soal dari guru:

  1. Keluaran 17: 9
  2. Keluaran 17: 10
  3. Keluaran 17: 13
  4. Keluaran 17: 14
  5. Kel 24:13
  6. Kel 32:17
  7. Keluaran 33:11

Kunci jawaban guru

1.       Keluaran 17: 9 YOSUA saja
2.       Keluaran 17: 10 YOSUA saja
3.       Keluaran 17: 13 YOSUA saja
4.       Keluaran 17: 14 YOSUA saja
5.       Kel 24:13 YOSUA saja
6.        Kel 32:17 YOSUA saja
7.       Keluaran 33:11 YOSUA BIN NUN

 

INTI MATERI

Anak-anak, kapankah pertama kali Tuhan memanggil Yosua sebagai YOSUA BIN NUN?

 

Bukan pada saat Yosua dipilih oleh Musa untuk memimpin peperangan melawan Amalek , padahal inilah pertama kali nama Yosua muncul dalam Alkitab. Pada saat itu Alkitab hanya mencatat nama Yosua sebagai Yosua saja, bukan Yosua bin NUN.

 

 

Juga bukan pada saat Yosua memimpin perang melawan Amalek. Pada saat itu Alkitab hanya mencatat nama Yosua sebagai Yosua saja, bukan Yosua bin NUN.

 

Juga bukan saat Yosua mengalahkan orang Amalek itu dalam peperangan. Pada saat itu Alkitab hanya mencatat nama Yosua sebagai Yosua saja, bukan Yosua bin NUN.

 

Juga bukan pada saat Tuhan berfirman kepada Musa untuk mengingatkan ke telinga Yosua, bahwa Tuhan akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit. Pada saat itu Alkitab hanya mencatat nama Yosua sebagai Yosua saja, bukan Yosua bin NUN. Padahal yang menyebut YOSUA ini TUHAN sendiri lho..!

 

Juga bukan pada saat Yosua menjadi abdi Musa, dan bersama Musa naik ke gunung Sinai. Pada saat itu Alkitab hanya mencatat nama Yosua sebagai Yosua saja, bukan Yosua bin NUN. Padahal ini adalah pertama kalinya Yosua dicatat dalam Alkitab sebagai Abdi Musa.

 

Juga bukan pada saat Yosua sebagai Abdi Musa,   dia bersama Musa turun dari gunung Sinai itu.

Pada saat itu Alkitab hanya mencatat nama Yosua sebagai Yosua saja, bukan Yosua bin NUN.

 

Pertama kali Alkitab mencatat nama YOSUA sebagai YOSUA bin NUN adalah saat YOSUA TIDAK MAU MENINGGALKAN KEMAH PERTEMUAN ITU.

 

Mengapa begitu ya..??

 

Karena ketika Yosua mau akrab dengan Tuhan, berdoa pada Tuhan, hidup dekat dengan Tuhan, mengerti isi hati-Nya Tuhan, mau mengerti apa yang jadi keinginan Tuhan, pada saat itulah nama Yosua dicatat sebagai YOSUA BIN NUN.

Nun adalah nama ayah Yosua.

 

Nun adalah keturunan yang ke 8 dari Efraim, pada dinasti yang ke dua setelah dinasti pertama mereka ditumpas oleh orang-orang Gad.

 

Angka 8 adalah angka keselamatan , karena beberapa peristiwa SELAMAT dalam Alkitab muncul angka 8, diantaranya adalah:

  • Ada 8 jiwa yang selamat dari bahtera ( Nuh, isterinya, ketiga orang anaknya dan ketiga anak mantunya)
  • Bangsa Israel di sunat pada hari ke 8 setelah dia lahir ( SUNAT adalah lambang keselamatan melalui darah Yesus di kayu salib yang menyelamatkan kita, karena Sunat adalah untuk menghapuskan cela Mesir/ gambaran dari DOSA )
  • Yesus bangkit pada hari ke 8/ sehari sesudah Sabat, sedangkan Sabat adalah hari ke 7)

 

Nun adalah seorang ayah yang mungkin mengajar kepada Yosua sejak Yosua kecil, bahwa keselamatan itu penting sekali, mengingat kakek moyangnya dulu, sukunya dulu, pernah hampir musnah.

 

Pada saat Yosua berdoa dengan akrab dengan Tuhan, di kemah pertemuan itu, pada saat itulah mungkin Yosua menyampaikan  isi hatinya kepada Tuhan dari dasar hatinya yang paliiiing dalam, agar bangsa Israel jangan musnah. Dan hal ini dicatat oleh Tuhan, sehingga Yosua pada saat itu mulai disebut Tuhan dengan sebutan BIN NUN/ anak dari NUN.

 

Tuhan sangat menyukai pada saat Yosua datang kepada-Nya dalam doa sujudnya kepada Tuhan.

 

Tuhan juga ingin kita datang bersekutu dengan Tuhan dalam doa kepada-Nya.

 

Semua isi doa kita didaftarkan/dicatat oleh TUHAN, dalam Mazmur 56:9 ditulis seperti ini:

 

Sengsaraku Engkaulah yang menghitung-hitung, air mataku Kautaruh ke dalam kirbat-Mu.

 

 

PENUTUP

Ayo hitunglah kamu berdoa dalam sehari berapa menit?

Lalu menit itu kalikan untuk seminggu

Hasilnya kalikan untuk sebulan

Hasilnya kalikan untuk setahun

Hasilnya kalikan untuk usiamu sekarang ini.

Jadi dalam sepanjang hidupmu, kira-kira total berapa menit ya..kamu berdoa pada Tuhan…?

 

 

AYAT MAS

I Tesalonika 5:17

Tetaplah Berdoa

Perkatakan ayat emas tersebut berkali kali, setelah itu katakan kepada teman di kanan dan kirimu “Tetaplah berdoa !”

 

Indikasi pencapaian

 

Jika anak-anak suka berdoa.

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s