49. ASLI ATAU PALSU


MINGGU 49
PROGRAM SPECIAL GABUNG KELAS TENGAH DAN KELAS BESAR
SIAPA YANG ASLI DAN SIAPA YANG PALSU?
SIKAP HATI : CERMAT / THOROUGH

DAUD
DAUD
Musa seorang gembala
Musa seorang gembala

Yakub seorang gembala
Yakub seorang gembala

Persiapan:

3 orang guru pria memakai kostum kembar, walau motif kain tidak selalu harus sama. Misal kostum dengan jubah, ikat pinggang, kain penutup kepala layaknya orang timur tengah, dan beberapoa property lain yang diperlukan. Misal siapakan gitar, tongkat gembala, dll

Aturan main:

1.    Dua orang guru berkostum harus memerankan DAUD yang palsu, dan 1 orang guru harus memerankan DAUD yang asli. Namun 2 orang guru palsu, tidak asal-asalan, mereka tetap memiliki identitas sebagai tokoh lain yang mirip dengan Daud. Kita tentukan saja, Guru A, sebagai Daud asli, guru B sebagai Yakub yang menyamar jadi Daud, guru C sebagai Musa yang menyamar jadi Daud.
2.    Buatlah tulisan yang besar yang diletakkan di lantai, berupa A    B    C, untuk memudahkan anak-anak mengingat/ mencatat keterangan mengenai panelis mana yang mereka duga itu Daud
3.    Semua tokoh yang diperankan, sedang dalam usia Tua, sehingga Daud sudah pernah menjadi gembala, pemusik istana, tentara, sampai jadi raja. Musa pernah jadi pangeran Mesir, pembunuh, gembala , pemimpin Israel. Yakub pernah jadi gembala, dan hanya itu profesi Yakub seumur hidupnya.
4.    Tugas anak-anak adalah menebak siapakah dari ketiga tokoh ini adalah DAUD yang asli, setelah semua kelompok mengajukan permintaan peragaan dalam jumlah yang sama. (kelas besar: jangan beritahu kalau tokoh lain /panelis lain adalah MUSA dan YAKUB, biarkan mereka menebak di sesi akhir jika ada nilai yang sama/seri. Kelas Tengah : beritahu nama tokoh DAUD, YAKUB DAN MUSA, tetapi jangan beritahu pada mereka yang mana DAUD yang mana YAKUB dan yang mana MUSA. Kelas Kecil : setelah panelis memperagakan sebuah permintaan, guru yang bertugas mempimpin acara, menjelaskan pada anak-anak, kira-kira apakah Daud itu kalau main musik itu sejelek ini….? Kayaknya ini bukan Daud ya adik-adik…..lalu yang mana ya…? Jadi Guru membantu dengan penjelasan, tetapi biarkan anak-anak tetap menebak)
5.    Aturan main yang tidak boleh dilanggar di sini adalah: para panelis (Pemeran Daud Asli dan Daud Gadungan) , tidak boleh ditanyai apa-apa, dan mereka tidak boleh menjawab apa –apa. Yang diperbolehkan hanyalah: meminta mereka memeragakan sesuatu. Tugas mereka adalah, memperagakan sesuai dengan keberadaan tokoh dalam Alkitab (Misalnya memeragakan menggembalakan domba- ketiganya terlihat fasih, karna memang ketiganya adalah para gembala, tetapi saat diminta memeragakan bertengkar dengan saudara kembar, tentunya si Daud dan si Musa terlihat kaku, sementara Yakub terlihat fasih), dst. Dari hasil pengetahuan anak-anak akan Alkitab, nantinya mereka akan memiliki kesimpulan siapa dari para panelis yang merupakan DAUD yang asli. Pada saat memeragakan, tentu saja boleh sambil beracting/ mengandung dialog/ percakapan.
6.    Setiap guru panelis tidak boleh keluar dari tokoh asli: misal anak-anak meminta ketiga panelis memainkan kecapi (dimodernkan jadi gitar, tokoh Daud asli harus bisa main gitar, sementara Yakub dan Musa tidak tercatat sebagai pemain musik di Alkitab, main gitarnya harus fals/ agak ngawur (walau mungkin sang guru SM, sehari-harinya bisa main gitar beneran).
•    Tapi kalau anak-anak meminta peragaan : Coba karanglah sebuah lagu!
•    Tentu Musa pun harus memeragakan fasih mengarang lagu , karna memang Musa pernah mengarang nyanyian dalam alkitab yang disebut Nyanyian Musa. Demikian juga dengan Daud, tetapi tidak dengan Yakub, ia akan terlihat aneh saat mengarang lagu.
7.    Jadi dalam hal ini guru harus menguasai betul tokoh yang dia perankan.
8.    Contoh permintaan peragaan oleh kelompok:
a.    Peragakan cara makannya seorang pangeran yang tinggal di Istana
b.    Peragakan cara menggembalakan kambing domba
c.    Peragakan cara membunuh orang
d.    Peragakan cara memakai tongkat untuk membelah laut merah
e.    dll
9.    Anak-anak dibagi dalam 3 kelompok, dengan masing-masing kelompok menunjuk satu saja juru bicara.
10.    Tiap kelompok diperbolehkan membuka alkitab, mencatat keterangan yang diperlukan, dan lain-lain. Tiap kelompok diperbolehkan mengajukan permintaan peragaan ,  masing-masing kelompok dibatasi hanya 10 pertanyaan (atau disesuaikan dengan waktu yang tersedia)
11.    Pertanyaan yang sudah ditanyakan tidak boleh ditanyakan lagi oleh kelompok lain.
12.    Tiap kelompok boleh didampingi oleh seorang guru pembimbing. Guru pembimbing bertugas mengarahkan anak-anak untuk mencari permintaan peragaan yang sesuai. Tetapi guru pendamping tidak boleh menolong kelompok untuk menjawab mana Daud yang asli dan mana yang palsu.
13.    Kelompok-kelompok tidak diperbolehkan menjawab dulu, sebelum semua permintaan peragaan selesai; misalnya ada 3 kelompok, dan masing-masing kelompok secara bergantian diberi kesempatan meminta 3 permintaan peragaan, berarti ada 9 soal peragaan, setelah 9 permintaan peragaan ini selesai, barulah mereka diberi kertas, untuk ditulis jawaban dari

SIAPAKAH PEMERAN DAUD? APAKAH A(KAK JOKO), B (KAK ARDI)  ATAU C (KAK PETRA)
14.    Siapa yang jawabannya betul, dia menang, tetapi siapa yang jawabannya salah, dia kalah.
15.    Kalau ada dua pemenang, (Kelas Besar) tanyakan pada mereka, kalau yang itu Daud, lalu memerankan siapakah panelis B? Biarkan mereka menulis jawaban di kertas, agar tidak saling mencontek jawaban kelompok lain
16.    Kalau masih sama jawabannya, tanyakan hal sama untuk panelis C
17.    Kelas tengah, jika ada jawaban yang sama, minta mereka memberi alasan, mengapa mereka sangat yakin kalau yang itu namanya DAUD? Jawaban terbaik dan terteliti, mendapat point dari Juri sebagai pemenang
18.    Kelas Kecil, jika ada jawaban yang sama, minta mereka menirukan salah satu peragaan di soal tadi, dan yang menirukan paling mirip DAUD, dia yang menang.

Ingat fakta-fakta berikut:
Persamaan Daud, Musa dan Yakub:
Sama-sama seorang gembala.
Persamaan Daud dan Musa:
Sama-sama pengarang lagu, sama-sama pernah tinggal di istana
Sama-sama dikejar-kejar musuh, sama-sama suka berdoa.
Daud pernah membunuh orang dalam peperangan, Musa juga pernah membunuh orang Mesir sebelum ia melarikan diri.
Perbedaan Daud, Musa dan Yakub:
Daud, suka berperang, sedang Musa dan Yakub tidak suka berperang.
Yakub seumur hidup jadi penggembala, sedang Musa diawali sebagai pangeran, penggembala lalu pemimpin. Daud jadi penggembala, tentara dan akhirnya jadi raja/ pemimpin.

PERMAINAN DIMULAI:
1.    Perkenalkan 3 orang guru panelis untuk memasuki ruangan. Tiga orang ini mengaku sebagai DAUD, tetapi hanya satu Daud yang asli…..yang manakah yang asli?
2.    Sementara 3 orang Daud menempati ruangan, bagi anak-anak dalam 3 kelompok, bagikan kertas dan ballpoint serta pastikan ada alkitab di tangan mereka. Anak-anak boleh membuka alkiktab dan mencatat apa saja yang ingin dicatat (dari permintaan peragaan  kelompok lain juga boleh)
3.    siapa juru bicara kelompok kalian?
4.    nah, setiap kelompok akan diberi kakak pendamping
5.    setiap kelompok boleh memberi 10 (sesuaikan waktu yang ada) permintaan peragaan . Pertanyaan yang sudah pernah dipakai kelompok lain tidak boleh diulangi lagi oleh kelompok lain
6.    Sekarang kelompok 1, silahkan memberi permintaan peragaan
7.    (misalnya) kelompok 1: Peragakan saat kalian menggembalakan domba
8.    Panelis A (fasih menggembalakan) B (sama) C (sama)
9.    sekarang kelompok 2, silahkan memberi permintaan peragaan
10.    kelompok 2 : mohon diperagakan memainkan kecapi
11.    Moderator: (jaman dulu kecapi ya adik-adik, sekarang kita modrnkan saja gitar)
12.    Daud asli: (fasih bermain gitar) Musa (fals) Yakub (fals)
13.    dst. (tiap kelompok 10  permintaan peragaan)
14.    setelah itu, anak-anak harus berunding dengan kelompoknya, mana yang menurut mereka DAUD yang asli. Kakak pembimbing dimohon keluar dari area kelompok
15.    Jawaban ditulis disebuah kertas
16.    satu, dua , tiga…..angkat jawaban kalian…!!
17.    Kelompok yang berhasil menjawab jadi pemenang.
18.    Jika tidak ada satu pun kelompok yang betul…..berarti pemenang adalah ketiga panelis (ada juga hadiah yang disediakan bagi para guru) Dimohon Daud yang asli berdiri.
19.    Jika semua kelompok berhasil semua (seandainya hal ini terjadi…mungkin saja kan?)
20.    Maka diajukan pertanyaan berikutnya. Kalau ini adalah Daud yang asli…..kalau begitu siapakah tokoh yang diperankan oleh kakak ini?
21.    jawabannya ditulis lagi di kertas, dan diangkat bersama
22.    jawaban yang benar adalah MUSA
23.    kelompok yang berhasil menjawab benar, menang!
24.    jika masih ada dua kelompok yang sama benar, maka tanyakan tokoh ketiga. Kalau ini Daud, ini MUSA, lalu siapakah tokoh yang diperankan oleh kakak ini?
25.    jawabannya ditulis lagi di kertas, dan diangkat bersama
26.    jawaban yang benar adalah Yakub
27.    kelompk yang berhasil menjawab benar , menang !
28.    jika masih ada dua kelompok yang jawaban sama benar maka mereka diminta memberi ulasan, mengapa sangat yakin bahwa ini Daud, ini Musa dan Ini Yakub.
29.    kelompok dengan penjelasan yang masuk akal dan akurat dinilai oleh Dewan Juri menjadi pemenang.
30.    bagi kelompok pemenang berhak mendapat hadiah menarik sbb………..
Selamat bergembira ria…!!

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s