6. YUSUF SANG RAJA MUDA MESIR MENGHITUNG HARI

Matematika memang terkadang membuat kita tegang, tetapi tidak untuk matematika Alkitab…sangat mengashikkan….nggak percaya…? Simak dan praktekkan matematika Alkitab yang satu ini.


MINGGU KE 6
GABUNGAN SEMUA KELAS
YUSUF SANG RAJA MUDA MESIR MENGHITUNG HARI
SIKAP HATI : PENGHARAPAN /HOPEFUL

 

FOTO ANAK SEKOLAH MINGGU GPDI PETRA SAAT MENERAPKAN MATERI INI
FOTO ANAK SEKOLAH MINGGU GPDI PETRA SAAT MENERAPKAN MATERI INI

yang berpose di atas adalah QUINCY, JOVA DAN INDRI dibawah asuhan KAK Astutui

 

AYAT MAS
Ams 23:18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang

KELAS PRA REMAJA

(Print naskah ini untuk anak kelas PRA REMAJA, gunakan kantung kacang, bagi anak-anak dalam kelompok-kelompok yang dipandu oleh pembimbing diskusi)

Hai…namaku Yusuf. Perbuatan Tuhan dalam hidupku sangat dahsyat. Maukah kalian membantu aku menghitung hari-hariku berjalan bersama dengan Tuhan?

Gunakan kantung kacang dalam permainan ini, dan bergabunglah dengan beberapa teman untuk membentuk satu kelompok (bisa 3-4 orang, tanyakan pada guru pembimbingmu). Dan susunlah kantung kacang untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

1.    Umur berapakah aku bermimpi mengenai berkas-berkas gandum dan bintang-bintang? (Kej 37: 2)
2.    Jika aku hidup pada jaman sekarang, kalau di kelas 1 SD usiaku 6 tahun, kira-kira pada saat aku bermimpi berkas gandum dan bintang-bintang itu, aku kelas berapa sekarang ya ?

Perenungan 1  : APA MIMPIMU ?

Tuhan ingin memberi pada kita mimpi /cita-cita/ angan-angan/ visi/ harapan ke depan, selagi kita masih muda seperti Yusuf. Maukah kalian menyelaraskan cita-cita dan mimpi kalian dengan cita-cita Tuhan atas hidup kalian?

3.    Pada saat aku dilantik menjadi Raja Muda Mesir, berapakah usiaku saat itu ya…? (Kej 41:46)
4.    Bisakah kalian menghitung, berapa lamakah aku menantikan proses, mulai dari mimpi itu diberikan kepadaku, sampai mimpi itu jadi nyata dalam hidupku?
5.    Bisakah kalian mendaftarkan apa sajakah yang telah aku alami selama sekian tahun itu? (mulai dari aku bermimpi sampai aku dilantik jadi raja)

Perenungan 2: TIDAK ADA YANG ISNTAN

Ternyata Tuhan itu memproses Yusuf itu juga tidak sebentar, tetapi selama 13 tahun. Dalam kurun waktu 13 tahun itu ia mengalami banyak pengalaman yang tidak enak, dibenci oleh kakak-kakaknya, dimasukkan ke dalam sumur, pakaian pemberian ayahnya yang sangat indah itu dilucuti dari tubuhnya, dijual, dijadikan budak, difitnah, dan dijebloskan dalam penjara walaupun ia tidak bersalah, serta dilupakan oleh teman-temannya di penjara yang sudah ditolongnya untuk menafsirkan mimpi mereka. Ingat…tidak ada yang instant…!! Tuhan ingin memproses hidup kita sehingga kita menjadi orang yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Kalau kalian diproses Tuhan melalui keadaan keluarga, keadaan pribadi kalian, keadaan lingkungan rumah dan sekolah serta gereja dan masyarakat….bersyukurlah, karna prose situ sangat penting dalam hidup kita.

6.    Berapa lamakah tahun kelimpahan itu dan berapa lamakah tahun kelaparan itu? (Kej 41: 29-30)
7.    Pada saat kakak-kakakku datang membeli gandum (Kej 45:6), pada saat itu, sudah berapa lamakah aku dilantik menjadi raja muda Mesir? (Ingat, segera setelah aku dilantik menjadi raja muda, tahun kelimpahan itu langsung dimulai- Kej 41: 46-47)
8.    Berapakah usiaku saat aku bertemu kakak-kakakku di Mesir itu? (jawaban no 3  ditambah  jawaban no 7)
9.    Berdasarkan jawaban no 4, ditambah jawaban no 7, berapa lamakah aku berpisah dari kakak-kakak dan keluargaku ?

Perenungan 3 : BUANG SEGALA DENDAM

Ternyata selama 22 tahun Yusuf terpisah dari keluarganya dengan cara yang sangat menyakitkan. Direncanakan untuk dibunuh, tetapi akhirnya dijual.

Yusuf tidak sempat berpamitan pada ayahnya dan adik kandungnya kala itu. Yusuf mengira dalam 22 tahun itu ia ingin melupakan saja masa lalunya dalam-dalam, (baca Kej 41: 50-52), hal itu terlihat dari bagaimana cara Yusuf memberi nama anak-anaknya, ia mengira hatinya telah sembuh, tetapi ternyata masih ada luka hati, sakit hati , yang bernanah, yang masih tersimpan dalam-dalam di dasar hatinya selama 22 tahun. Saat ia melihat kakak-kakaknya ia menangis karna sakit hati (Kej 42:24). Orang yang mengampuni pasti bisa melupakan hal-hal yang menyakitkan dari sebuah peristiwa, tetapi orang yang berusaha melupakan masa lalu yang menyakitkan, belum tentu hidup dalam pengampunan. Perenungan untuk kita, jangan sampai kita menyimpan luka hati, sakit hati, dendam, dan pahit hati pada orang lain, misalnya pada orang tua, pada teman, guru, bahkan sakit hati terhadap Tuhan, …jangan..!! Ayo lepaskan pengampunan. Yusuf memang sukses menjadi seorang raja muda, tetapi sayang, hatinya saat itu masih diliputi dengan dendam yang selama ini disimpan selama 22 tahun.

10.    Berapakah usia ayahku saat meninggal dunia ? (Kej 47:28)
11.    Pada saat ayahku meninggal dunia itu (pertanyaan no 10), sudah berapa lamakah ia tinggal di Mesir? (Kej 47: 28)
12.    Jadi, berapakah usia ayahku saat pertama kali bertemu denganku di Mesir? ( jawaban nomor 10 dikurangi  jawaban nomor 11)
13.    Jadi, berapa usia ayahku saat aku melihatnya terakhir kali sebelum aku dijual ke Mesir ? (jawaban no 12 dikurangi  jawaban no 9)
14.    Jadi berapa usia ayahku saat aku lahir ? (Jawaban nomor 13 dikurangi  jawaban no 1)
15.    Apakah Kej 37:3 meneguhkan kembali jawabanmu di nomor 14?
16.    Jadi berapa usiaku saat pertama kali bertemu ayahku di Mesir ? (jawaban no 1 ditambah  jawaban no 9)

Perenungan ke 4 : TUHAN SANGGUP MEMBUAT MUJIZAT.

Bayangkan bahwa Ayah Yusuf yang sudah tua, memperanakkan Yusuf pada usianya yang ke 91 tahun, setelah 39  tahun kemudian, Yusuf berusia 39 tahun, usianya menjadi  130 tahun. Kalau seandainya kalian memiliki ayah yang setua itu, dan sudah 22 tahun tidak bertemu, apakah kalian yakin….bisa bertemu dengan ayah yang sudah berusia 130 tahun ? Apakah kalian yakin, bahwa ia masih hidup…?

Tuhan sanggup memberi kesehatan kepada Yakub untuk pada masa tuanya dipertemukan dengan Yusuf, yang disangkanya sudah mati itu.

Mungkin ada banyak hal dalam hidup kita yang kita kira mustahil, tapi ingatlah, bahwa Tuhan sanggup membuat yang tidak mungkin itu menjadi mungkin. Percayakan hidupmu pada Tuhan, doakan cita-citamu pada Tuhan yang sanggup berbuat perkara dahsyat.

17.    Berapakah usiaku saat aku meninggal dunia (Kej 50:22)
18.    Jadi aku tetap menjadi raja muda mesir, berapa lama ya ? (jawaban no 17 dikurangi  jawaban no 3)
19.    Berapa lama ya aku bertahan memberi makan sanak saudaraku yang kian lama kian bertambah banyak itu ? (Jawaban no 17 dikurangi   jawaban no 8)
20.    Masa kelimpahan telah lewat, masa kekeringan telah lewat juga, tetapi aku tetap dipakai Tuhan untuk memelihara kaum kerabatku. Berapa lamakah itu (dihitung mulai dari selesainya tahun kekeringan, sampai aku meninggal dunia) ? (jawaban no 18 dikurangi –  jumlah dari tahun kelimpahan dan kekeringan )

Perenungan ke 5 : TUHAN MAU MEMAKAI HIDUP KALIAN JADI SALURAN BERKAT BAGI ORANG LAIN.
Bayangkan bahwa selama 71 tahun, Yusuf dipakai Tuhan untuk terus memberi makan kaum kerabatnya. Padahal 7 tahun kelimpahan dan 7 tahun kekeringan itu telah berlalu lama sekali, yaitu sudah 66 tahun yang lalu
Tuhan ma uterus pakai hidup kita untuk jadi saluran berkat bagi banyak orang. Persiapkan dirimu untuk dipakai Tuhan. Tuhan punya impian untuk memakai kehidupanmu secara dahsyat….Haleluya…!!

SESI DOA:
Mintalah Tuhan membentuk engkau menjadi “Yusuf “ di akhir zaman ini.
Mintalah Tuhan memberikan impian-impian ilahi dalam hidupmu
Berdoalah bagi masa depanmu kelak !!
Berdoalah agar Tuhan mempersiapkan engkau menjadi saluran berkat bagi banyak orang…amin !!

Kunci Jawaban Guru Pembimbing:
1.    SAAT AKU BERMIMPI USIAKU 17 TAHUN
2.    KELAS 3 SMU
3.    30 TAHUN, SAAT AKU DILANTIK MENJADI RAJA MUDA DI MESIR
4.    30 – 17 = 13 TAHUN LAMANYA AKU DIPROSES TUHAN
5.    dibenci oleh kakak-kakaknya, dimasukkan ke dalam sumur, pakaian pemberian ayahnya yang sangat indah itu dilucuti dari tubuhnya, dijual, dijadikan budak, difitnah, dan dijebloskan dalam penjara walaupun ia tidak bersalah, serta dilupakan oleh teman-temannya di penjara yang sudah ditolongnya untuk menafsirkan mimpi mereka.
6.    7 TAHUN KELIMPAHAN, 7 TAHUN KEKERINGAN
7.    7 + 2 = 9 TAHUN SUDAH AKU MEMERINTAH DI MESIR SAAT BERTEMU KAKAK-KAKAKKU DI MESIR
8.    30 + 9 = 39 TAHUN USIAKU SAAT BERTEMU KAKAK-KAKAKKU DI MESIR
9.    13 + 9 = 22 TAHUN LAMANYA AKU TERPISAH DARI KELUARGAKU
10.    USIA AYAHKU SAAT MENINGGAL 147 TAHUN
11.    17 TAHUN LAMANYA AYAHKU TINGGAL DI MESIR SEBELUM IA MENINGGAL
12.    147 – 17 = 130 TAHUN USIA AYAHKU SAAT PERTAMA KALI BERTEMU AKU DI MESIR
13.    130 – 22 =  108 TAHUN USIA AYAHKU SAAT AKU TERPISAH DARINYA
14.    108 – 17 = 91 TAHUN USIA AYAHKU SAAT AKU DILAHIRKAN
15.    YA
16.    17 + 22 = 39 TAHUN USIAKU SAAT PERTAMA KALI AKU BERTEMU AYAH DI MESIR
17.    110 TAHUN USIAKU SAAT AKU MENINGGAL DUNIA
18.    110 – 30 = 80 TAHUN LAMANYA AKU MEMERINTAH JADI RAJA MUDA MESIR
19.    110 – 39 =  71 TAHUN LAMANYA AKU MEMBERI MAKAN SANAK SAUDARAKU
20.    80 – (7+7) = 80 – 14 =  66 TAHUN LAMANYA AKU TERUS DIPAKAI TUHAN JADI SALURAN BERKAT, WALAUPUN MASA KELIMPAHAN DAN KEKERINGAN ITU TELAH LEWAT.

KELAS TENGAH DAN KELAS BESAR

foto-foto pelaksanaan materi ini di KID’S CAMP PELNAP JATENG 2014, dengan guru pengajar Ibu Fitri

Ajak anak-anak membuat Peta Hidup Yusuf: yang ada di folder ini.

Bahan yang dibutuhkan:
Kertas tanggalan bekas yang belakangnya bisa digunakan
Penggaris untuk mebuat tanda umur Yusuf dari 0 tahun sampai 110 tahun, 1 tahun = 1 cm
Sepidol untk menulis di atas kertas

Dengan menggunakan kertas berwarna warni, dan lem

Sambil menempel kertas-kertas warna itu, anda secara bertahap menjelaskan perenungan-perenungan di atas (materi kelas Tunas remaja di atas)

Dengan melihat peta hidup Yusuf ini, anak-anak dapat membayangkan betapa panjangnya hidup Yusuf yang penuh dengan berkat itu.

Panjangnya kertas-kertas ini sudah menggambarkan secara matematis angka-angka yang tidak perlu dihitung, dengan konsep panjang pendek.

Untuk menyingkat waktu, ada baiknya, guru mempersiapkan terelbih dahulu kertas yang sudah di potong, dan di kelas, anak-anak tinggal menempeli dan memberi tulisan

KERTAS MEMANJANG BISA JUGA DIGANTI DENGAN SEDOTAN WARNA WARNI.

Tips dari saya: print terlebih dahulu peta hidup Yusuf ini sehingga ketika ditunjukkan pada anak-anak, mereka mempunyai gambaran. Tips berikutnya: tulis umur Yusuf ataupun ayanya di tepat tengah-tengah garis (di Exel tidak memungkinkan saya membuat sedemikian)

KLIK TAUTAN BERIKUT INI UNTUK MENDAPATKAN PENJELASAN MENGENAI KANTUNG KACANG

KANTUNG KACANG DARI KAIN PERCA

Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan PETA HIDUP YUSUF

PETA HIDUP YUSUF

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s