PENGUMUMAN UNTUK GURU SEKOLAH MINGGU KENDARI

Micro teaching ini merupakan suatu sarana untuk mengadakan semacam kelas belajar mengajar dalam kelompok kecil. Dalam kelas ini mengajarkan materi kreatif sekolah minggu, dimana seolah-olah para guru Sekolah Minggu yang hadir saat itu menjadi murid-murid sekolah minggunya dan melakukan praktek langsung.


MICRO TEACHING KENDARI 2015

Pengumuman untuk teman-teman Guru Sekolah Minggu Kendari.

MICRO TEACHING
Jenius Cara Alkitab
UNTUK GURU SEKOLAH MINGGU
KENDARI DAN SEKITARNYA

Shalom,

Selamat tahun baru 2015 !

Setelah sepanjang tahun 2014 kita menyelesaikan 40 judul materi seminar untuk guru dan materi seminar parenting, maka kita akan masuk dalam program yang sama sekali baru di 2015 ini.

Kita namakan program ini Micro Teaching JCA.

Dalam program ini, kita akan bertemu
• setiap hari Kamis:
o Jam 17.00 – 18.00 Kita akan dahului dengan doa untuk anak-anak di Indonesia
o Jam 18.00 – 20.00 Kita akan mengadakan Micro Teaching

• Tempat di rumah saya, jalan Palm Mas Utara nomor 5. Palm Mas Regency depan water boom. ( Bagi yang belum tahu, masuk perumahan yang ada di depan water boom, ada bundaran mini, belok kanan, rumah ke dua sebelah kanan, cat putih)

TEMPAT telah berpindah di Gedung Kantor Armada Finance Lantai III, Senopati Land, Kendari

• Dimulai tanggal 22 Januari 2015

• Waktu ini tidak dapat diganti-ganti lagi, karena saya harus menyesuaikan semua jadwal yang ada dengan kesibukan lainnya. Jadi jika anda rindu bergabung, maka andalah yang saya harapkan dapat menyesuaikan dengan waktu yang ada ini.

Apa itu Micro Teaching?

Micro Teaching adalah sarana dimana kita mengadakan semacam kelas belajar mengajar mikro. Dalam kelas ini saya akan mengajar materi kreatif sekolah minggu, dimana seolah-olah para guru Sekolah Minggu yang hadir saat itu menjadi murid-murid Sekolah Minggu-nya.

Di sinilah kita akan praktek langsung materi kreatif dengan multi metode kreatif seperti yang pernah kita pelajari di seminar JCA level 3 secara teoritis.

Semua materi kreatif Sekolah Minggu ini diambil dari materi JCA (www.jeniuscaraalkitab.com) baik untuk :

• materi pembelajaran Alkitab,
• materi game,
• materi KKR anak,
• sampai materi SIL/ Sekolah Injil Liburan,
• bahkan kita akan belajar juga lagu lagu baru yang dapat kita ajarkan pada murid-murid kita.

Semua materi akan kita coba minggu demi minggu. Dan semua materi akan direkam, dan apabila diperlukan semua hasil rekaman akan ditayang di YouTube JCA.

Dengan demikian anda akan mendapatkan hal-hal sbb:
• Materi Sekolah Minggu yang akan dicopykan kepada anda minggu demi minggu sesuai dengan bahan yang saat itu kita pakai dalam kelas Micro Teaching ini. Materi ini bebas anda pakai untuk sekolah minggu di gereja anda masing-masing minggu depannya.
• Metode kreatif yang dapat anda terapkan dengan untuk materi lain. Misalnya di kelas Micro Teaching kita mencoba materi Penciptaan dengan metode Tarian, maka metode Tarian ini dapat juga anda praktekkan di sekolah minggu anda minggu depannya, tetapi untuk kisah Daniel di goa singa. Dengan demikian, apabila di gereja anda sudah memakai buku yang telah ditetapkan oleh gereja/ sinode, anda tidak perlu kawatir, karena metode kreatifnya dapat anda contek untuk materi lain. Jadi tidak diharuskan di gereja anda memakai materi JCA.
• Melihat langsung seperti apa pelaksanaan metode kreatif , seperti apa persiapannya, seperti apa alat peraganya, seperti apa gamenya, berapa lama waktunya, dll
• Anda akan mendapatkan sinergi sesama guru sekolah minggu, sehingga kita bisa saling bekerja sama untuk saling membantu dan menolong satu sama lain.
• Jika anda adalah seorang pembicara seminar guru SM, anda mendapatkan materi workshop materi kreatif yang dapat dijadikan materi workshop pada seminar yang anda pimpin.
• Jika anda adalah pembicara KKR anak, maka anda dapat memakai semua materi KKR ini di pelayanan anda
• Jika anda adalah pembicara seminar guru SM, anda dapat memakai semua game ini untuk ice breaker menjelang sesi seminar.
Untuk bisa mengikuti acara ini, maka semua kebutuhan acara meliputi:
• air minum,
• fotocopy materi sekolah minggu yang akan dipakai dalam micro teaching tersebut,
• pengadaan alat peraga untuk micro teaching tersebut
Saya selaku pembicara Micro Teaching ini, sama sekali tidak akan menganggarkan PK untuk saya pribadi. (mohon maaf, hal ini perlu saya kemukakan bukan untuk pamer, tetapi untuk anda mengerti alokasi keuangan nanti diperuntukkan untuk apa saja. Jadi semua dana akan kembali pada anda sendiri.)
Untuk itu, semua kebutuhan Micro Teaching ini akan ditanggung oleh kita bersama. Dan untuk itu akan ada laporan keuangan secara berkala (mungkin akan dilaporkan sebulan sekali) sehingga akan ada transparansi keuangan.

Untuk itu yang anda perlu lakukan adalah:

• Mendaftar keingin ikutsertaan anda pada saya, Grace, 081946262599 ( XL) dan juga pada nomor 082187147070 ( Simpati)- saya hanya melayani melalui SMS.

o Tulis Nama, asal gereja.

o Pendaftaran ini benar-benar kita perlukan, karena kita harus memperhitungkan jumlah fotocopy materi, jumlah alat peraga, dll. Jika anda tidak mendaftar, anda tidak akan mendapatkan materi, karena setiap materi akan diberi nama dan nomor anggota.

o Tiap orang yang mendaftar akan mendapatkan nomor anggota (mungkin berbentuk nametag/kartu, akan diatur kemudian)

o Pendaftaran akan dibuka sejak hari ini 16 Januari 2015, dan akan terus dibuka sampai akhir tahun, jadi jika anda mulai bergabung sejak Pebruari, dst boleh-boleh saja.

• Menyiapkan dana tiap bulannya Rp 50.000,00 per orang. ( Rp 50.000,00 tersebut dipakai untuk tiap bulan. Entah satu bulan terdiri dari 2 minggu, 3 minggu 4 minggu atau 5 minggu, iuran tetap sama Rp 50.000,00).

o Dana ini adalah iuran rutin setiap bulan untuk tiap anggota. Jadi jika anda rajin datang, anda diuntungkan, namun sebaliknya jika anda sering membolos anda rugi sendiri.

o Jika sewaktu-waktu anda ingin keluar, anda harus melapor, sehingga tidak perlu lagi membayar iuran rutin setiap bulannya ini.

o Dan jika anda sudah keluar, dan sewaktu-waktu anda ingin masuk lagi, anda juga harus melapor kembali, dan membayar lagi iuran bulanan ini.

o Jika anda masuk di akhir bulan, anda tetap akan dikenakan biaya iuran rutin bulan tersebut.

o Tiap orang akan mendapatkan map untuk menyimpan semua materi, sehingga jika anda tidak sempat hadir, materi tetap akan kami sisihkan dan kami beri nama, dan waktu waktu anda datang dapat anda bawa pulang, tetapi iuran tetap wajib anda bayarkan walaupun anda tidak sempat datang, karena dalam persiapan semua materi , materi untuk anda telah diperhitungkan dan diadakan)

o Bendahara yang mengatur uang ini akan kita tunjuk bersama, dan bukan saya tentunya.

Agenda Micro Teaching sepanjang 2015 adalah sbb: tanggal tanggal ada pada tabel di bawah (semua jadwal telah disesuaikan dengan libur di tanggal merah serta kenaikan kelas, dan bulan Desember kita kosongkan )

Total 38 kali/ 38 materi.

Jika tiap bulan tiap orang menyetor iuran Rp 50.000, maka untuk 11 bulan akan mengumpulkan Rp 50.000 X 11 = Rp 550.000,00.

Jika jumlah tersebut dibagi 38 kali tatap muka , maka per tatap muka bisa diperhitungkan menjadi Rp 550.000,00 : 38 = Rp 14, 473, 68 atau dibulatkan menjadi Rp 15.000,00.

Jadi walaupun tiap bulan tidak merata, terkadang 2 kali pertemuan, terkadang 3 kali, 4 kali, 5 kali pertemuan, namun setelah dirata-rata maka untuk memudahkan perhitungan, maka tiap orang akan iuran Rp 50.000,00 per bulan.

Dengan cara ini anda tidak perlu iuran Rp 15.000 X 5 = Rp 75.000 bila dalam satu bulan berjumlah 5 kali pertemuan.

Kesepakatan awal:
• Dana akan dipakai sebijaksana mungkin
• Semua alat peraga yang diadakan akan menjadi milik perpustakaan alat peraga JCA (karena kalau semua peserta akan membawa pulang alat peraga untuk semua muridnya, tentu saya akan kekurangan waktu membuat alat peraga sebanyak itu). Untuk pengelolaan perpustakaan alat peraga JCA ini akan dikelola bersama. Semua boleh meminjam, ada biaya sewanya super murah, dan ada biaya dendanya jika terlambat mengembalikan. Akan ditunjuk nanti pengurus perpustakaan ini.
• Dana termasuk juga untuk membeli container/ untuk menyimpan alat peraga milik perpustakaan JCA. Jika sewaktu-waktu saya pergi meninggalkan kota Kendari, maka semua alat peraga milik perpustakaan JCA ini saya tinggalkan, tidak akan saya bawa, karena ini milik Kendari.
• Jika terjadi kebutuhan lebih dari dana yang terkumpul, maka akan dibicarakan lebih lanjut. Sebaliknya jika terjadi kelebihan dana, maka dana yang lebih akan dikumpulkan untuk suatu saat nanti kita bisa membuat event/ acara scope kota, semisal SIL se kota, kemah anak, natal guru scope kota, dll. Semua dana akan kembali pada kita atau murid-murid kita.
Pembagian 38 materi ini akan sbb:

22 Januari 15 Tatap muka 1 Materi Kreatif SM Lagu Baru
29 Jan Tatap muka 2 Materi Kreatif SM Game SM
5 Pebruari 15 Tatap muka 3 Materi Kreatif SM Lagu Baru
12 Peb Tatap muka 4 MATERI SIL SESI 1
26 Peb Tatap muka 5 Materi Kreatif SM Lagu Baru
5 Maret 15 Tatap muka 6 Materi Kreatif SM Game SM
12 Mar Tatap muka 7 Materi Kreatif SM Lagu Baru
19 Mar Tatap muka 8 MATERI KKR PASKAH
20 Mar Tatap muka 9 Materi Kreatif SM Lagu Baru
2 April 15 Tatap muka 10 Materi Kreatif SM Game SM
9 April Tatap muka 11 Materi Kreatif SM Lagu Baru
16 April Tatap muka 12 MATERI SIL SESI 2
23 April Tatap muka 13 Materi Kreatif SM Lagu Baru
30 April Tatap muka 14 Materi Kreatif SM Game SM
7 Mei 2015 Tatap muka 15 Materi Kreatif SM Lagu Baru
21 Mei Tatap muka 16 MATERI SIL SESI 3
28 Mei Tatap muka 17 Materi Kreatif SM Lagu Baru
4 Juni 2015 Tatap muka 18 Materi Kreatif SM Game SM
11 Juni Tatap muka 19 Materi Kreatif SM Lagu Baru
9 Juli 2015 Tatap muka 20 MATERI KKR NATAL
23 Juli Tatap muka 21 Materi Kreatif SM Lagu Baru
30 Juli Tatap muka 22 Materi Kreatif SM Game SM
6 Agt 2015 Tatap muka 23 Materi Kreatif SM Lagu Baru
13 Agt Tatap muka 24 MATERI KKR ANAK
20 Agt Tatap muka 25 Materi Kreatif SM Lagu Baru
27 Agt Tatap muka 26 Materi Kreatif SM Game SM
3 Sept 2015 Tatap muka27 Materi Kreatif SM Lagu Baru
10 Sept Tatap muka 28 MATERI KKR ANAK
17 Sept Tatap muka 29 Materi Kreatif SM Lagu Baru
1 Okt 2015 Tatap muka 30 Materi Kreatif SM Game SM
8 Okt Tatap muka 31 Materi Kreatif SM Lagu Baru
15 okt Tatap muka 32 MATERI KKR ANAK
22 Okt Tatap muka 33 Materi Kreatif SM Lagu Baru
29 Okt Tatap muka 34 Materi Kreatif SM Game SM
5 Nov 2015 Tatap muka 35 Materi Kreatif SM Lagu Baru
12 Nov Tatap muka 36 MATERI KKR ANAK
19 Nov Tatap muka 37 Materi Kreatif SM Lagu Baru
26 Nov Tatap muka 38 Materi Kreatif SM Game SM

Demikianlah pengumuman dari JCA, kiranya Tuhan memberkati pelayanan kita semua di bidang Anak, dan Kendari maju terus dalam karya Tuhan atas anak-anak di Indonesia.
Amin,

Kendari, 16 Januari 2015.

Salam luar biasa dari saya,

Susan Grace Sumilat Widiono, S.MG
www.jeniuscaraalkitab.com

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s