INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION MINGGU 12


MINGGU 12

INCREDIBLE GENERATION

IN= INTIMACY, CRE=CREATIVE, DI= DISCIPLINE, BLE=BLESSING.

JOSHUA GENERATION

MATERI KELAS TENGAH

THEMA; INTIMACY 11

TUJUAN:

Anak-anak IGJG mengenal bagaimana Yosua belajar dan mengajarkan nyanyian saksi itu kepada bangsa Israel dan terus menyanyikannya. Anak-anak membangun keintiman dengan Tuhan melalui memuji Tuhan dalam musik dan nyanyian.

 

BACAAN GURU:

ULANGAN 31: 14-30, 32:1-47

 

Selain sebagai seorang pemimpin, seorang penulis, seorang nabi ( karena menyampaikan pesan Tuhan kepada umat-Nya), seorang gembala  ( karena menggembalakan umat Israel selama di padang gurun), seorang hamba Tuhan, ternyata Tuhan juga memakai Musa sebagai seorang Musisi di mana di menjadi composer, vocalis, guru vokal / vocal teacher, di mana dia menuliskan nyanyian baru serta menyanyikannya dan juga mengajarkannya kepada orang Israel ( Ulangan 31:21-22)

Tujuan Tuhan menyuruh Musa untuk menuliskan nyanyian ini dan mengajarkannya adalah agar melalui nyanyian baru yang diajarkan ini, dan telah dikuasai bangsa Israel ini ( tetap melekat pada bibir keturunan mereka)

  • Saat mereka ditimpa malapetaka serta kesusahan, maka nyanyian ini akan menjadi kesaksian terhadap mereka .
  • Tuhan mengetahui niat yang dikandung mereka pada hari itu ( pada hari di mana Tuhan memerintahkan Musa membuat nyanyian itu, pada saat itu Musa sudah hampir mati). Yaitu dapat kita baca di Ulangan 31: 17. Niatan bangsa Israel adalah mereka akan bangkit dan berzinah dengan mengikuti allah asing yang ada di negeri, ke mana mereka akan masuk, lalu karena Tuhan murka , akibatnya bangsa Israel akan mengalami malapetaka dan kesusahan, Tuhan akan meninggalkan mereka, tetapi yang dilakukan mereka bukannya bertobat, malah mereka akan menyalahkan Tuhan, menganggap Tuhan tidak menyertai mereka. Jadi tujuan adanya nyanyian saksi ini adalah untuk nantinya , nyanyian ini bisa jadi suatu bukti bahwa sudah sejak zaman Musa masih hidup, Tuhan sudah memperingatkan akan hal ini.

Mengapa harus melalui nyanyian? Karena nyanyian dapat dipakai Tuhan untuk MELEKATKAN FIRMAN TUHAN/ PERINGATAN TUHAN pada bibir mereka dan secara turun-temurun dapat diajarkan.

BACAAN GURU BERUPA; YOSUA SEORANG PEMBELOK SEJARAH- saya cantumkan secara terpisah, agar materi ini tidak terlalu panjang.

BACAAN GURU BERUPA ; YOSUA SEORANG PEMBELOK SEJARAH – wajib dibaca oleh GURU. / BAIK GURU YANG MEMIMPIN PENDAHULUAN DAN PENUTUP maupun SEMUA GURU PEMBIMBING KELOMPOK

Pengajaran ini sangat dalam, namun tidak semua kita JEJALKAN ke anak-anak, melainkan guru harus tahu hal ini, agar dapat mengerti bahwa yang saya muat dalam materi untuk anak itu ADA DASAR PENELITIANNYA.

 

 

PENDAHULUAN

Shalom anak-anak…??!! Hari ini kita akan mempelajari sesuatu yang sangat luar biasa sekali ! Siapa di sini yang kalau mau mati, sudah tahu bahwa dia akan mati? Ha ha ha…pasti tidak ada ya..?? Mungkin ada, tetapi jarang yang seperti itu. Biasanya orang tidak tahu kalau dia sebentar lagi akan mati. Tetapi beda lho dengan Musa. Musa itu diberi tahu Tuhan bahwa tidak lama lagi dia akan mati. Yoook kita baca di Ulangan 31: 14.

Nah benar kan…!! Tuhan beritahu Musa kan bahwa sebentar lagi dia akan mati…??

Nah biasanya orang yang sakit parah, sudah hampir mati, dia akan memberikan pesan-pesan kepada orang-orang di sekitarnya, misalnya:

“Cuuukkk…” ( guru menirukan gaya nenek-nenek/kakek-kakek, dengan suara yang bergetar dan bernada tinggi atau suara yang parau serta badan sengaja membungkuk, dengan kacamata diturunkan sampai di ujung hidung)

“Kakek sudah tua…jangung kakek sudah sering kumat. Kakek berpesan kalau nanti kakek mati tolong kamu rawat nenekmu ya…jangan dibawa ke rumah jompo yaaaa…..”

Juga orang yang kaya raya, biasanya sejak dia belum tua pun, dia akan menuliskan surat wasiat kepada anak-cucunya, untuk membagi-bagi warisannya/ hartanya. Lalu dia akan panggil Notaris/ ahli hukum negara, untuk membuat suratnya menjadi sah secara hukum. Sehingga waktu dia mati nanti, anak-anaknya tidak berkelahi untuk berebut warisan/ harta dari orang tuanya.

Nah kalau Musa sebentar lagi akan mati,….dia mau meninggalkan pesan apa ya pada bangsa Israel?

Penasaran kan?

Jangan ke mana –mana….kita saksikan pariwara berikut ini !

IKLAN YANG LEWAT

Sampai di titik ini, mintalah anak-anak yang mau maju untuk membuat IKLAN TV – mungkin iklan obat, iklan ditergen, dll. Iklan boleh lebih dari 1 kelompok.

Iklan juga boleh anda unduh/ download dari YouTube, banyak sekali pilihannya, dan boleh anda putarkan lewat Laptop ataupun LCD Screen.

Tujuan iklan ini sebenarnya hanya sebagai selingan lucu aja, dan juga membuat anak-anak penasaran, apa ya kisah selanjutnya.

 

KEMBALI KE LAPTOP

Nah setelah iklan lewat, kita lanjutkan ceritanya…………

Nah kalau Musa sebentar lagi akan mati,….dia mau meninggalkan pesan apa ya pada bangsa Israel? Apakah dia akan meninggalkan warisan berupa UANG YANG BANYAK? ( guru mengeluarkan sejumlah uang dari dompet pribadinya)

Apakah dia akan meninggalkan warisan berupa RUMAH YANG MEWAH ? ( guru menunjukkan ekspresi kagum akan ruangan gereja/ kelas, dengan mata berbinar, mulut terbuka lebar serta berkata “Haaaaahhhh bagus sekali rumah ini…???”) Tidak mungkin ya ! Karena di padang gurun itu mereka tidak menetap, jadi mereka belum punya rumah.Yang mereka miliki adalah tenda/kemah yang siap dibongkar pasang pada saat di perjalanan.

Wah….bukan uang atau rumah ternyata ! Sebelum Musa mati, Musa disuruh Tuhan untuk membuat suatu nyanyian…yang kata-kata dari nyanyian ini atau syairnya dari Tuhan sendiri. Tetapi Musalah yang menuliskan syairnya berdasarkan apa yang Tuhan Firmankan kepadanya. Setelah nyanyian itu jadi, maka Tuhan menyuruh Musa untuk menyanyikannya dan mengajarkan nyanyian ini pada bangsa Israel, sampai mereka bisa lagu baru yang  panjaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnggggggg ini !

Pada saat Musa mengajarkan nyanyian ini, dan menjelaskan pada bangsa Israel apa arti dari nyanyian Ini, Yosua bin Nun juga berdiri di dekat Musa untuk berdiri di hadapan bangsa Israel ketika nyanyian ini diajarkan, disampaikan dan dijelaskan artinya. ( untuk menjelaskan bagian ini, pastikan guru membaca sebagai persiapan di rumah;  Ulangan 31; 30, Ulangan 32; 44)

 

MENGGAMBARKAN NYANYIAN MUSA

Nah kita buka yoook Ulangan 32: 1-43.

Waaahhhh nyanyiannya panjang sekali ya….!! Baiklah kita akan bagi dalam 6 kelompok.

Yang Dipersiapkan guru:

  • Materi ini harus dibawa guru untuk pegangan pada saat mengajar, karena cukup sulit juga menyederhanakan puisi kuno Musa ini dengan bahasa puitis yang sangat dalam ke dalam bahasa yang dapat dimengerti anak-anak.
  • Cryon ( 1 pack bisa dipakai oleh 5 anak), sepidol hitam kecil ( tiap anak dapat satu), kertas gambar/ karton tebal untuk menggambar/ ambil dari buku gambar beli jadi yang kita cutter per anak dapat lembaran sesuai kebutuhan, atau lebih kurang 53 lembar
  • Peta Israel , pastikan ada di kelas, bisa diambil dari peta yang ada di Alkitab bagian belakang.
  • Ballpoint guru untuk menuliskan nama anak dan ayat berapa yang dia gambarkan/ nomor gambar, pada bagian belakang gambar, untuk nanti memudahkan guru mengurutkan gambar sesuai ayat.
  • Timer / jam.
  • 6 guru pembimbing kelompok.
  • Alat perekam untuk presentasi nyanyian Musa, dan alat photo untuk mendokumentasikan gambar anak-anak, segera beri nama gambar pada file sesuai angka ayat dan nama anak.

Rundown acara:

  • Pembagian anak dalam 6 kelompok sbb:
    • Kelompok 1 ; terdiri dari 11 anak
    • Kelompok 2 ; terdiri dari 10 anak
    • Kelompok 3; terdiri dari 8 anak
    • Kelompok 4; terdiri dari 5 anak
    • Kelompok 5; terdiri dari 4 anak
    • Kelompok 6 ; terdiri dari 1 anak

Total terdiri dari 38 anak.  Jika dalam satu kelas tidak sampai terdiri dari 39 anak, maka akan dibuat menjadi KELOMPOK KELAS, misalnya Kelas Galatia, adalah kelompok 1, kelas Efesus adalah kelompok 2, dst. Jika anda menggabungkan beberapa kelas jadi satu, maka bagian Pendahuluan, iklan dan sampai kembali ke Laptop,  dalam satu acara yang sama,  ketika masuk dalam MENGGAMBARKAN NYANYIAN MUSA, biarkan mereka menyebar di ruangan yang sama bersama teman-teman sekelas/ sekelompok mereka, sehingga pada saat KESIMPULAN TIAP BAIT LAGU dibacakan oleh guru/ dijelaskan oleh guru, maka semua anak ikut mendengar kesimpulan yang ada di ruangan yang sama. Tiap anda duduknya harus berdekatan dengan anggota kelompoknya, karena gambar mereka nanti akan diurutkan oleh guru pendamping kelompok untuk dibaca dalam kesimpulan.

  • Bagikan draft tugas menggambar pada anak-anak sehingga dia tahu, dia diberi tugas menggambarkan apa. Tiap anak dapat satu draft.
  • Setelah selesai, maka anak-anak diberi waktu 20 menit , secara serentak, untuk MENGGAMBAR SKETSA ( kalau waktu cukup boleh diwarnai, namun jika waktu tidak cukup, maka cukup menggambar berupa sketsa/ siluet saja tanpa diwarnai)
  • Maka sekarang majulah kelompok 1.
  • Sebelas anak dari kelompok 1 akan berdiri secara berurutan ayat, lalu tugas mereka adalah menunjukkan GAMBAR mereka ke semua yang hadir, lalu mereka kita minta menyanyikan lagu dari ayat yang ada di gambar itu, SYAIR LAGUNYA diambil dari ayat Alkitab yang dia gambarkan, dengan nada penyembahan/ making melody/ diiringi musik gitar/keyboard/band dengan accord sebagai berikut: ( Tips; biarkan musik main 4 biarama di awal sekali, dan guru memberi contoh ayat pertama saja – lalu biarkan murid menyanyi dengan nadanya sendiri, sediakan mikrophone bila diperlukan, jika anak-anak kerepotan membawa Alkitab dan gambar, maka bisa ditolong ayat yang akan dinyanyikan ditayangkan di LCD Screen dengan bantuan Alkitab Elektronik, atau bisa juga gambar dibantu dibawakan oleh guru, tetapi yang menyanyi harus anak-anak.)

 

  • I .  .  . / I  .  .  .  / IV  .  .  .  /iv  .  .  .  //

Atau jika main di 1= E maka accordnya sbb:

  • E .  .  .  / E  .  .  .  / A  .  .  .  / Am   .  .  .  //

Atau bisa juga menggunakan accord sebagai berikut:

  • ii .  .  .  / V  .  .  .  / ii  .  .  .  / V

Atau jika main di 1= D maka accordnya sbb:

  • Em .  .  .  / A  .  .  .  / Em  .  .  .  / A  .  .  .  //

 

  • Setelah itu setelah selesai BAIT 1 , kini guru pembimbing kelompok bait 1 akan memberikan kesimpulan apa sebenarnya arti dari ayat –ayat di Nyanyian Musa tersebut.
  • Kini giliran kelompok 2 dst

Estimasi waktu:

Pendahuluan                                                                                                     : 5 menit

Iklan yang lewat                                                                                               : 10 menit

Kembali ke laptop                                                                                            : 5 menit

Pembagian kelompok, alat, draft, pengaturan duduk, dll                               : 5 menit

Menggambarkan nyanyian Musa                                                              : 20 menit

Presentasi kelompok 1, 2, 3, 4, 5, 6 tanpa kesimpulan                      : 25 menit

Kesimpulan oleh 6 guru pembimbing kelompok                                 : 20 menit

KESIMPULAN AKHIR                                                                                       : 5 menit

Total ——————————————————————————95 menit alias 1 jam lebih 15 menit.

 

Untuk menjadi catatan; Bila waktu di gereja anda tidak sebanyak ini, maka saran saya, tidak perlu pujian di awal, karena materi ini sudah full isinya PUJIAN/ NYANYIAN MUSA. Atau bagian iklan yang lewat bisa dihapus/ tidak perlu dipakai.

 

 

 

 

 

 

DRAFT UNTUK GURU

Kelompok 1

 

Nyanyian bagian 1/ bait 1 Ulangan 32: 1-14

Anak 1- Ulangan 32; 1-2 Gambarkan langit, bumi, hujan, embun, tunas muda ( tumbuhan/ pohon).
Anak 2- Ulangan 32:3 Gambarkan tahta Allah yang sangat mewah/ semacam kursi raja.
Anak 3- Ulangan 32; 4 Gambarkan Gunung batu yang sangat kokoh dan gagah
Anak 4 Ulangan 32; 5 Gambarkan jalan yang berbelat-belit/ jalan yang berbelak-belok
Anak 5 Ulangan 32; 6 Gambar seorang Bapak dan seorang anak.  Namun anak ini wajahnya marah kepada bapaknya.
Anak 6 Ulangan 32; 7 Gambarkan tanda seru dan tanda tanya.
Anak 7 Ulangan 32; 8 Gambarkan peta Israel ( tidak perlu terlalu detail) – gunakan peta di dalam Alkitab sebagai contohnya
Anak 8 Ulangan 32;9 Gambarkan tulisan nama YAKUB
Anak 9 Ulangan 32; 10 Gambarkan sepasang mata
Anak 10 Ulangan 32: 11-12 Gambarkan burung rajawali yang menampung /mendukung anaknya, pada saat dia mengajar anaknya tebang. ( guru dapat menjelaskan hal ini)
Anak 11 Ulangan 32; 13-14 Gambarkan gandum atau roti yang enak sekali.
KESIMPULAN LAGU BAIT 1 Oleh guru: Guru menyimpulkan hal ini, sambil memakai gambar- dari anak-anak untuk menjelaskan kesimpulan ini. Bahasa puisi dalam Alkitab cukup dalam untuk dimengerti anak-anak, jadi kita harus mengubah menjadi bahasa yang mudah dipahami mereka. Perhatikan, di setiap pergantian ayat, pasti pada saat yang sama ada pergantian gambar anak. Oleh karena itu urutkan gambar dari nomor ayat kecil di paling atas, dan nomor ayat besar di paling bawah.

 

Pada saat itu alam yang menjadi saksi, karena pada saat itu belum ada kamera atau alat perekam apa pun. ( ayat 1-2). Tuhan itu seharusnya kita hormati (ayat 3), kita tahu bahwa Tuhan itu adil ( ayat 4) Tuhan itu tidak curang, namun bangsa Israel itu, sebagai anak-anak Tuhan yang  memberontak kepada Tuhan, yang sebenarnya adalah Bapa yang menciptakan mereka. (ayat 5-6). Padahal sejarah membuktikan (ayat 7)bahwa Tuhan menetapkan suatu tanah kanaan bagi bangsa Israel ( ayat 8)Tuhan sangat mengasihi YAKUB/ bangsa Israel ( ayat 9), Tuhan menjaga orang Israel seperti Dia menjaga bola mata-Nya sendiri ( ayat 10), dan Tuhan mengajari bangsa Israel seperti induk rajawali mengajari anaknya terbang ( ayat 11-12) Semua itu dilakukan oleh Tuhan, bukan dilakukan oleh para berhala. ( ayat 12), Tuhan memberkati bangsa Israel secara luar biasa ( ayat 13-14), walaupun mereka suka memberontak kepada Tuhan.
Kelompok 2

 

Nyanyian bagian 2/ bait 2 Ulangan 32: 15-25

Anak 1- Ulangan 32; 15 Gambarkan orang gendut/gemuk
Anak 2- Ulangan 32:16-17 Gambarkan patung-patung
Anak 3Ulangan 32; 18 Gambarkan gunung batu
Anak 4 Ulangan 32; 19 Gambarkan gambar hati yang retak
Anak 5 Ulangan 32; 20 Gambarkan besi yang bengkok
Anak 6 Ulangan 32; 21 Gambarkan kata ‘cemburu’
Anak 7 Ulangan 32;22 Gambarkan api
Anak 8 Ulangan 32; 23 Gambarkan anak panah
Anak 9 Ulangan 32: 24 Gambarkan taring binatang buas
Anak 10 Ulangan 32: 25 Gambarkan pedang
KESIMPULAN LAGU BAIT 2 Oleh guru: Guru menyimpulkan hal ini, sambil memakai gambar- dari anak-anak untuk menjelaskan kesimpulan ini. Bahasa puisi dalam Alkitab cukup dalam untuk dimengerti anak-anak, jadi kita harus mengubah menjadi bahasa yang mudah dipahami mereka.

Perhatikan, di setiap pergantian ayat, pasti pada saat yang sama ada pergantian gambar anak. Oleh karena itu urutkan gambar dari nomor ayat kecil di paling atas, dan nomor ayat besar di paling bawah.

 

Sebenarnya bangsa Israel itu bangsa yang suka memberontak, tetapi Tuhan mengasihi dan memberkati bangsa Israel berlimpah-limpah. ( ini adalah kalimat yang menghubungkan intisari bait 1 kepada bagian bait 2 ini)

 

Setelah bangsa Israel menikmati berkat-berkat Tuhan di Kanaan ( ayat 15), mereka gemuk-gemuk, mereka mulai meningalkan Tuhan dan mulai menyembah berhala ( ayat 16-17), mereka mulai melupakan Tuhan yang seperti Gunung Batu bagi mereka, mereka melupakan Tuhan yang adalah Bapa bagi mereka ( ayat 18), maka Tuhan menjadi sakit hati oleh tingkah laku orang Israel itu ( ayat 19), Mengapa Tuhan sakit hati, karena bangsa Israel itu nggak setia kepada Tuhan, hati mereka bengkok (ayat 20), saat mereka menyembah berhala, hati Tuhan menjadi cemburu ( ayat 21), maka Tuhan juga bisa marah, maka kemarahannya seperti api yang menghanguskan berkat-berkat yang tadinya melimpah-limpah untuk bangsa Israel ( ayat 22). Maka Tuhan berbalik menjadi musuh bangsa Israel, karena Dia seperti musuh yang menembaki mereka dengan anak panah. (ayat 23), dan Tuhan membiarkan sakit penyakit menimpa bangsa Israel ( ayat 24), bahkan musuh-musuh akan datang menyerang mereka (ayat 25)

Kelompok 3 Nyanyian bagian 3/ bait 3 Ulangan 32: 26-33
Anak 1- Ulangan 32; 26 gambarkan tiupan angin dari mulut Tuhan
Anak 2- Ulangan 32:27 gambarkan hati yang patah
Anak 3Ulangan 32; 28 Gambarkan timbangan
Anak 4 Ulangan 32; 29 Gambarkan tanda seru
Anak 5 Ulangan 32; 30 Gambarkan angka 1 : 1000 dan angka 2 : 10.000
Anak 6 Ulangan 32; 31 Gambarkan gunung batu
Anak 7 Ulangan 32;32 Gambarkan anggur yang pahit
Anak 8 Ulangan 32; 33 Gambarkan ular
KESIMPULAN LAGU BAIT 3 Oleh guru: Guru menyimpulkan hal ini, sambil memakai gambar- dari anak-anak untuk menjelaskan kesimpulan ini. Bahasa puisi dalam Alkitab cukup dalam untuk dimengerti anak-anak, jadi kita harus mengubah menjadi bahasa yang mudah dipahami mereka. Perhatikan, di setiap pergantian ayat, pasti pada saat yang sama ada pergantian gambar anak. Oleh karena itu urutkan gambar dari nomor ayat kecil di paling atas, dan nomor ayat besar di paling bawah.

 

Nah, bangsa Israel setelah diberkati Tuhan kan malah menyembah berhala dan meninggalkan Tuhan. Akhirnya Tuhan pun menyerahkan bangsa Israel kepada musuh-musuh yang datang menyerang mereka ( ini adalah kalimat yang menghubungkan intisari bait 2 kepada bagian bait 3 ini)

 

 

Sebenarnya , kalau Tuhan mau, Tuhan bisa saja memusnahkan Bangsa Israel seperti orang sedang meniup tepung atau debu ( ayat 26), tetapi Tuhan kuatir kalau hal itu dilakukan oleh Tuhan kepada bangsa Israel, maka musuh-musuh bangsa Israel seperti Babel atau Filistin itu mengira mereka bisa menang mengalahkan Israel, karena dewa-dewa mereka hebat, dan bangsa Israel kalah/ hancur itu karena Tuhannya orang Israel itu kalah ( ayat 27), sebab musuh-musuh Israel, seperti orang Babel atau orang Filistin itu bukanlah orang-orang yang bisa mengerti / bisa menimbang-nimbang apa yang sebenarnya terjadi pada bangsa Israel ini ( ayat 28), seharusnya kalau para musuh, seperti bangsa Babel atau Filistin itu bisa mengerti (ayat 29), mereka akan tahu bahwa sebenarnya Tuhannya orang Israel itu sanggup kog, membuat satu orang Israel saja bisa mengalahkan seribu orang musuh, dan dua orang Israel bahkan bisa mengalahkan sepuluh ribu orang musuh. Itu kalau Tuhan mau, Tuhan sanggup kog. Tapi kalau Tuhan tidak menolong, mana mungkin….itu tidak mungkin satu orang dapat mengejar seribu orang musuh !! (Ayat 30). Kalau Tuhan itu digambarkan seperti gunung batu, maka Gunung Batunya orang Israel itu lebih hebat daripada gunung batunya / berhala-berhalanyaorang-orang filistin/Babel yang nggak ada apa-apanya itu ( ayat 31). Sudah tahu sendiri kan, berkat Tuhan tidak ada pada orang-orang itu, tidak ada pada orang Filistin dan orang orang Babel/ musuh-musuh Israel itu, buktinya anggur mereka aja rasanya pahit ( ayat 32), dan bahkan kalau diminum mengandung racun ular ( ayat 33). Beda sekali ya dengan  bangsa Israel dong, jika mereka tidak menyembah berhala, sebenarnya mereka bangsa yang sangat diberkati ( coba baca Di Ulangan 32: 13-14)

Kelompok 4 Nyanyian bagian 4/ bait 4 Ulangan 32: 34-38
Anak 1- Ulangan 32; 34 Gambarkan gembok
Anak 2- Ulangan 32:35 Gambarkan kaki yang sedang gemetaran di kedua lututnya
Anak 3Ulangan 32; 36 Gambarkan gambar hati yang sangat menyayangi
Anak 4 Ulangan 32; 37 Gambarkan tanda tanya besar
Anak 5 Ulangan 32; 38 Gambarkan tanda seru
KESIMPULAN LAGU BAIT 4 Oleh guru: Guru menyimpulkan hal ini, sambil memakai gambar- dari anak-anak untuk menjelaskan kesimpulan ini. Bahasa puisi dalam Alkitab cukup dalam untuk dimengerti anak-anak, jadi kita harus mengubah menjadi bahasa yang mudah dipahami mereka. Perhatikan, di setiap pergantian ayat, pasti pada saat yang sama ada pergantian gambar anak. Oleh karena itu urutkan gambar dari nomor ayat kecil di paling atas, dan nomor ayat besar di paling bawah.

 

Nah, sebenarnya kalau Tuhan mau, Tuhan bisa kog membuat bangsa Israel musnah, itu sangat mudah sekali bagi Tuhan, seperti seorang meniup tepung atau debu saja! ( ini adalah kalimat yang menghubungkan intisari bait 3 kepada bagian bait 4 ini)

 

 

Tetapi ternyata di dalam dasar hatinya Tuhan yang paling dalam (ayat 34) tersimpan suatu rahasia cinta-Nya. Pada saat lutut bangsa Israel gemetar karena ketakutan, dan kekuatan mereka sudah habis, mereka sudah lemah, sudah loyo, sudah nggak punya kekuatan lagi, Hati Tuhan yang mengasihi bangsa Israel itu ( ayat 36) menjadi tidak tega, melihat penderitaan bangsa Israel. Apa yang dilakukan Tuhan? Tuhan memulai duluan ( berinisiatif) untuk menegur orang Israel “ Lho mana berhala-berhalamu itu..?” ( penyerderhanaan dari ayat 37) “Katanya mereka dapat menolong kaliaaaaannnn…!! “ (penyederhanaan dari ayat 38)

Kelompok 5 Nyanyian bagian 5/ bait 5 Ulangan 32: 39-42
Anak 1- Ulangan 32; 39 Gambarkan sepasang jantung

Gambarkan tulang yang patah tetapi diperban

Anak 2- Ulangan 32:40 Gambarkan awan –awan di langit
Anak 3Ulangan 32; 41 Gambarkan pedang yang berkilat-kilat
Anak 4 Ulangan 32; 42 Gambarkan anak panah yang meneteskan darah
KESIMPULAN LAGU BAIT 5 Oleh guru: Guru menyimpulkan hal ini, sambil memakai gambar- dari anak-anak untuk menjelaskan kesimpulan ini. Bahasa puisi dalam Alkitab cukup dalam untuk dimengerti anak-anak, jadi kita harus mengubah menjadi bahasa yang mudah dipahami mereka. Perhatikan, di setiap pergantian ayat, pasti pada saat yang sama ada pergantian gambar anak. Oleh karena itu urutkan gambar dari nomor ayat kecil di paling atas, dan nomor ayat besar di paling bawah.

 

Nah, sebenarnya kalau Tuhan mau, Tuhan bisa kog membuat bangsa Israel musnah, itu sangat mudah sekali bagi Tuhan, seperti seorang meniup tepung atau debu saja! Tetapi ternyata Tuhan itu tidak tega…Tuhan itu ternyata di dasar hati-Nya yang paling dalam itu Dia mengasihi bangsa Israel, mau memulai duluan ( mengambil inisiatif) unuk mulai menegur bangsa Israel ( ini adalah kalimat yang menghubungkan intisari bait 3 dan bait 4  kepada bagian bait 5 ini)

 

Setelah Tuhan mengegur bangsa Israel, kini  saatnya Tuhan bangkit. Tuhan menyatakan diri bahwa Tuhan itu yang sanggup mematikan atau menghidupkan seseorang atau suatu bangsa, Tuhan itu juga setelah meremukkan dapat menyembuhkan kembali ( ayat 39). Karena dia itu Tuhan, dan di atas Tuhan tidak ada lagi yang lebih tinggi/lebih hebat lagi, maka jika Tuhan berjanji, maka Dia berjanji demi Diri-Nya sendiri. ( contoh; kalau kalian mau berjanji rajin bikin pe-er janjinya kan sama Bpk/Ibu Guru kan…? Nah kalau Tuhan mau janji sama siapa hayooo…?? pasti Tuhan berjanji demi DiriNya sendiri)  dan karena pada waktu itu belum ada alat perekam, maka langit yang menjadi saksinya ( ayat 40) sebagaii saksi bahwa Tuhan pernah berjanji pada Diri-Nya sendiri. Janji-Nya adalah, bahwa Tuhan akan memakai pedang-Nya untuk membalas musuh-musuh orang Israel yang membenci Allah-Nya orang Israel ( ayat 41)-Tuhan akan menggunakan panah-Nya untuk membunuh musuh-musuh-Nya ( ayat 42), karena musuh-musuh dari bangsa Israel ini telah membuat bangsa Israel sedih, susah, ketakutan, dll.

Kelompok 6 Nyanyian bagian 6/ bait 6 Ulangan 32: 43
Anak 1- Ulangan 32; 43 Gambarkan kata “Horeeeee!!”
KESIMPULAN LAGU BAIT 6 Oleh guru: Guru menyimpulkan hal ini, sambil memakai gambar- dari anak-anak untuk menjelaskan kesimpulan ini. Bahasa puisi dalam Alkitab cukup dalam untuk dimengerti anak-anak, jadi kita harus mengubah menjadi bahasa yang mudah dipahami mereka.

 

Sebenarnya bangsa Israel itu bangsa yang suka memberontak, tetapi Tuhan mengasihi dan memberkati bangsa Israel berlimpah-limpah. (intisari bait 1)

Nah, bangsa Israel setelah diberkati Tuhan malah menyembah berhala dan meninggalkan Tuhan. Akhirnya Tuhan pun menyerahkan bangsa Israel kepada musuh-musuh yang datang menyerang mereka. ( intisari bait 2)

Nah, sebenarnya kalau Tuhan mau, Tuhan bisa kog membuat bangsa Israel musnah, itu sangat mudah sekali bagi Tuhan, seperti seorang meniup tepung atau debu saja! ( intisari bait 3)

Tetapi ternyata Tuhan itu tidak tega…Tuhan itu ternyata di dasar hati-Nya yang paling dalam itu, Dia mengasihi bangsa Israel, mau memulai duluan ( mengambil inisiatif) unuk mulai menegur bangsa Israel ( intisari bait 4)

Setelah mengegur bangsa Israel, akhirnya Tuhan pun bangkit untuk mengalahkan musuh-musuh bangsa Israel yang membenci Allah Israel. ( intisari bait 5)

Akhirnya setelah itu terjadi kemenangan bangsa Israel mengatasi musuh-musuh mereka ! Horeee…Tuhan sudah bangkit untuk memulihkan dan menolong mereka !! ( intisari bait 6)

 

 

DRAFT UNTUK MURID

Kelompok 1

 

Nyanyian bagian 1/ bait 1 Ulangan 32: 1-14

Anak 1- Ulangan 32; 1-2 Gambarkan langit, bumi, hujan, embun, tunas muda ( tumbuhan/ pohon).
Anak 2- Ulangan 32:3 Gambarkan tahta Allah yang sangat mewah/ semacam kursi raja.
Anak 3- Ulangan 32; 4 Gambarkan Gunung batu yang sangat kokoh dan gagah
Anak 4 Ulangan 32; 5 Gambarkan jalan yang berbelat-belit/ jalan yang berbelak-belok
Anak 5 Ulangan 32; 6 Gambar seorang Bapak dan seorang anak.  Namun anak ini wajahnya marah kepada bapaknya.
Anak 6 Ulangan 32; 7 Gambarkan tanda seru dan tanda tanya.
Anak 7 Ulangan 32; 8 Gambarkan peta Israel ( tidak perlu terlalu detail) – gunakan peta di dalam Alkitab sebagai contohnya
Anak 8 Ulangan 32;9 Gambarkan tulisan nama YAKUB
Anak 9 Ulangan 32; 10 Gambarkan sepasang mata
Anak 10 Ulangan 32: 11-12 Gambarkan burung rajawali yang menampung /mendukung anaknya, pada saat dia mengajar anaknya tebang. ( guru dapat menjelaskan hal ini)
Anak 11 Ulangan 32; 13-14 Gambarkan gandum atau roti yang enak sekali.
Kelompok 2

 

Nyanyian bagian 2/ bait 2 Ulangan 32: 15-25

Anak 1- Ulangan 32; 15 Gambarkan orang gendut/gemuk
Anak 2- Ulangan 32:16-17 Gambarkan patung-patung
Anak 3Ulangan 32; 18 Gambarkan gunung batu
Anak 4 Ulangan 32; 19 Gambarkan gambar hati yang retak
Anak 5 Ulangan 32; 20 Gambarkan besi yang bengkok
Anak 6 Ulangan 32; 21 Gambarkan kata ‘cemburu’
Anak 7 Ulangan 32;22 Gambarkan api
Anak 8 Ulangan 32; 23 Gambarkan anak panah
Anak 9 Ulangan 32: 24 Gambarkan taring binatang buas
Anak 10 Ulangan 32: 25 Gambarkan pedang
Kelompok 3 Nyanyian bagian 3/ bait 3 Ulangan 32: 26-33
Anak 1- Ulangan 32; 26 gambarkan tiupan angin dari mulut Tuhan
Anak 2- Ulangan 32:27 gambarkan hati yang patah
Anak 3Ulangan 32; 28 Gambarkan timbangan
Anak 4 Ulangan 32; 29 Gambarkan tanda seru
Anak 5 Ulangan 32; 30 Gambarkan angka 1 : 1000 dan angka 2 : 10.000
Anak 6 Ulangan 32; 31 Gambarkan gunung batu
Anak 7 Ulangan 32;32 Gambarkan anggur yang pahit
Anak 8 Ulangan 32; 33 Gambarkan ular
Kelompok 4 Nyanyian bagian 4/ bait 4 Ulangan 32: 34-38
Anak 1- Ulangan 32; 34 Gambarkan gembok
Anak 2- Ulangan 32:35 Gambarkan kaki yang sedang gemetaran di kedua lututnya
Anak 3Ulangan 32; 36 Gambarkan gambar hati yang sangat menyayangi
Anak 4 Ulangan 32; 37 Gambarkan tanda tanya besar
Anak 5 Ulangan 32; 38 Gambarkan tanda seru
Kelompok 5 Nyanyian bagian 5/ bait 5 Ulangan 32: 39-42
Anak 1- Ulangan 32; 39 Gambarkan sepasang jantung

Gambarkan tulang yang patah tetapi diperban

Anak 2- Ulangan 32:40 Gambarkan awan –awan di langit
Anak 3Ulangan 32; 41 Gambarkan pedang yang berkilat-kilat
Anak 4 Ulangan 32; 42 Gambarkan anak panah yang meneteskan darah
Kelompok 6 Nyanyian bagian 6/ bait 6 Ulangan 32: 43
Anak 1- Ulangan 32; 43 Gambarkan kata “Horeeeee!!”

 

 

KESIMPULAN AKHIR

Waauuu…ternyata sebelum Musa mati, Tuhan menyuruh Musa untuk mengajarkan nyanyian Musa ini kepada bangsa Israel. Waktu itu Yosua bin Nun ada di dekat Musa, ikut berdiri di hadapan bangsa Israel. Yosua belum menjadi pengganti Musa, namun pada saat itu baik Yosua bin Nun maupun Musa dan bangsa Israel sudah tahu bahwa nanti kalau Musa mati, Yosua bin Nun-lah yang akan menggantikan Musa.

Waahhhh tentu hati Yosua semakin berdebar-debar ya. Apa jadinya bangsa ini nanti, jika pada saat dia memimpin mereka, mereka berbalik daripada Tuhan, dan meninggalkan Tuhan , dan setelah makan kenyang, menjadi gemuk, diberkati Tuhan, lupa pada Tuhan, lalu mulai menyembah berhala-berhala yang disembah penduduk Kanaan itu?  Nyanyian yang diajarkan Musa ini, nyanyian peringatan ! Jangan main-main lho…kalau Tuhan itu marah/ murka, bisa bahaya…kita bisa jatuh ke tangan musuh….Huadeuuuuwwwww gimana nih?

Apalagi Musa berkata pada orang-orang Lewi pengangkut tabut perjanjian Tuhan itu ( Ulangan 31; 29)

“Aku tahu, bawa sesudah aku mati, kamu akan berlaku sangat busuk dan akan menyimpang dari jalan yang telah kuperintahkan kepadamu. Sebab itu di kemudian hari malapetakan  akan menimpa kamu, apabila kamu berbuat jahat di mata TUHAN, dan menimbulkan sakit hati-Nya dengna perbuatan tanganmu.”

Yosua  tentunya juga ikut mendengar perkatan Musa itu.

Nah lho….!!

Adik-adik, Yosua sangat memperhatikan Nyanyian Musa ini, dia ikut bernyanyi sampai bisa, dia ikut mengajarkan dan menerangkan apa artinya nyanyian ini ( Ulangan 32: 44) , sehingga sewaktu Musa sudah mati, Yosua benar-benar memperhatikan peringatan Tuhan ini. Dia selalu mengajak bangsa Israel untuk beriabadah kepada Allah Israel, dia selalu memberi contoh kepada mereka untuk beribadah kepada Allah yang benar, bukan dewa-dewa palsu itu, bukan berhala-berhala itu ! Bisa jadi juga nyanyian Musa ini sering dinyanyikan oleh Yosua bersama-sama bangsa Israel, walaupun Alkitab tidak mencatat hal itu.

Sehingga, walaupun bangsa Israel menikmati tanah yang subur, berkat melimpah, walaupun Musa sudah mati, tetapi selama Yosua memimpin bangsa Israel untuk terus menyembah Allah yang hidup, bukan menyembah berhala-berhala yang disembah orang-orang yang diam di Kanaan, dewa Baal , dewa Asytoret, dll, bangsa Israel tetap dapat menjadi pemenang, mengatasi para musuh-musuh mereka.

Di zaman Yosua jadi pemimpin Israel, Satu orang saja dari bangsa Israel, dapat mengejar SERIBU ORANG ( ajak anak-anak baca di  Yosua 23: 10), padahal kalau Tuhan mau memusnahkan bangsa Israel, dan Tuhan murka pada bangsa Israel, maka bangsa Israel tidak mungkin dapat 1 orang mengejar 1000 orang ( ingat yang dikatakan Tuhan di Nyanyian Musa tadi Ulangan 32; 30), mereka pasti kalah, diinjak-injak oleh musuh. Tetapi di zaman Yosua tidak pernah mereka kalah, kecuali satu kali saja mereka kalah menyerang kota Ai, karena ada Akhan yang berbuat dosa, tetapi setelah itu , mereka menang lagi melawan Ai, dan di peperangan seterusnya mereka tidak pernah kalah lagi.

Peperangan yang dipimpin Yosua berlangsung selama 7 tahun, selebihnya sampai Yosua mati ( lebih kurang 43 tahun berikutnya) setelah keadaan aman dari perang, mereka mengalami gemuk karena berkat berlimpah, TETAP  YOSUA BERHASIL membawa bangsa Israel tetap menyembah Allah yang hidup, tidak menjadi penyembah berhala-berhala Kanaan.

Waaauuuu Saat Yosua menyembah Tuhan, akrab dengan Tuhan, memberi contoh kepada banyak orang, maka Yosua berhasil dipakai Tuhan sehingga bangsa Israel menjadi bangsa yang menang mengalahkan musuh-musuh mereka….. Waaauuuu dahsyat !!

Maukah kalian rajin memuji Tuhan, rajin menyanyikan lagu rohani..? Karena lagu-lagu itu beberapa di antaranya dipakai Tuhan untuk memperingatkan kita agar kita jangan hidup dalam dosa.

Memperkatakan Ayat Emas

Yosua 24: 15

Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN ! 

Indikasi pencapaian

Bila anak-anak lebih rajin memuji Tuhan di rumah.

 

LAMPIRAN MATERI MINGGU KE 12

UNTUK BACAAN GURU WAJIB:

YOSUA DALAM SEJARAH

Yosua masuk dalam catatan sejarah, bahwa seluruh hidupnya, karakternya, seisi rumahnya,  pekerjaannya dalam memimpin bangsa Israel menuduki dan merebut Kanaan, dan terutama ibadahnya kepada Tuhan memberi dampak bagi bangsa secara keseluruhan,

  1. Yosua 24:31, Orang Israel beribadah kepada Tuhan sepanjang zaman Yosua dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada Yosua, dan yang mengenal setiap perbuatan yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel.
  2. Hakim-hakim 2: 7 Dan bangsa itu beribadah kepada TUHAN sepanjang zaman Yosua dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada Yosua, dan yang telah melihat segenap perbuatan yang besar yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel.

Sepintas kalau kita baca dalam Yosua 24:31 dan Hakim-hakim 2:7, suatu hal yang lazim saja, wajar saja, bahwa Yosua dalam hidupnya memberi dampak pada seluruh bangsa , sampai akhir hayatnya, sampai orang-orang yang pernah bersentuhan hidup dengannya ( tua-tua Israel yang hidup lebih lama dari pada Yosua)  mati semua.

Namun di sini ada 2 aspek yang ingin saya bahas.

Aspek pertama adalah : Ibadah kepada Tuhan, yang sangat kuat daripada seorang  Yosua, dan kepemimpinan di dalam dirinya, dipakai Tuhan untuk membawa segenap umat Israel tetap menyembah Tuhan , saat mereka telah menduduki  tanah Kanaan. Ini saya sebut sebagai YOSUA TERLIBAT DALAM PEMBELOKAN SEJARAH – nanti akan kita bahas lebih lanjut apa artinya.

Aspek kedua adalah: persiapan obor estafet yang terburu-buru dari Musa kepada Yosua, yang dapat dikatakan sangat terlambat 37 tahun, membuat Yosua menjadi pribadi yang tidak pernah mengalami yang namanya miskin dimentori. Pada akhirnya, Yosua bisa dikatakan GAGAL TERLIBAT DALAM MENERUSKAN OBOR ESTAFET KE GENERASI BERIKUTNYA- nanti juga akan kita bahas aspek ini.

Nah, sekarang akan kita bahas ASPEK PERTAMA

 

YOSUA MENJADI SEORANG PEMBELOK SEJARAH

Apa maksudnya Yosua menjadi seorang pembelok sejarah?

Apakah sejarah bisa dibelokkan?

Bisa !

Contoh:

  1. Niniwe diperingatkan akan ditunggangbalikkan oleh Tuhan, namun ketika orang Niniwe bertobat- Tuhan pun membatalkan penunggangbalikan kota itu (Yunus 3:10) . Yunus kesal karena dia tidak suka saat dia ikut terlibat dalam pembelokan sejarah  orang Niniwe itu.
    1. Dalam hal ini bukan berarti peringatan Tuhan itu gagal, namun berlaku tidaknya sebuah peringatan itu juga dipengaruhi oleh respon pihak yang diperingatkan.
  2. Bangsa Israel akan ditumpas di zaman Ester, tetapi pada hari raya Purim, Tuhan memakai Ester dan doa seluruh bangsa untuk melalukan hari pemusnahan ini menjadi hari kemenangan mereka atas musuh-musuhnya. Ester terlibat dalam pembelokan sejarah bangsanya.
    1. Dalam hal ini Tuhan bisa saja tetap menyelamatkan orang Israel dengan cara-cara lain, namun tetap harus ada orang yang bersedia menjadi pembelok sejarah. ( Ester 4:14)
  3. Bahkan Hizkia yang seharusnya mati, dapat mengalami pembelokan sejarah atas hidupnya, dimana usianya diperpanjang 15 tahun lagi. II Raj 20:6
  4. Tuhan akan memusnahkan bangsa Israel dan akan menjadikan Musa bangsa yang baru, (Kel 32:10) karena peristiwa anak lembu emas , namun doa Musa berhasil membelokkan sejarah ( kel 32:14)

Dan inilah yang diperingatkan Musa pada bangsa Israel semasa Musa masih hidup: Ulangan 6: 1-25

BAGAIMANA AGAR BISA TETAP HIDUP, MEMASUKI KANAAN?

Ini kita sebut FASE 1. PERSIAPAN.

ULANGAN 4: 1-21

  • Jangan menambahi atau mengurangi perintah TUHAN
  • Lakukanlah ketetapan dan peraturan yang diberikan Tuhan ,supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki untuk mendudukinya. lakukan dengan setia sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu , yang akan diakui oleh bangsa-bangsa sekitar sebagai bangsa yang bijaksana dan berakal budi
  • Jangan melupakan hal hal yang dilihat oleh matamu. Engkau serta anak cucumu takut akan Tuhan dan berpegang pada segala ketetapan dan perintahNya
  • Harus diajarkan kepada anak-anak dan kepada cucu cicitmu semuanya itu ( pola 3-4 generasi)

BAGAIMANA SAAT MENYEBERANGI SUNGAI YORDAN DAN MEMASUKI KANAAN?

Ini kita sebut FASE 2. PEPERANGAN UNTUK  MEREBUT KANAAN

Bilangan 33: 50-56, Ulangan 6: 1-25, DALAM PEPERANGAN INI YANG HARUS DILAKUKAN

  • Menghalau semua penduduk negeri itu, jika ini tidak dilakukan maka musuh akan menjadi selumbar dan duri dan akan menyesatkan, maka perlakuan Tuhan pada pihak musuh akan sama dengan perlakuan Tuhan pada Isrel
  • Membinasakan segala batu berukir
  • Membinasakan segala patung tuangan
  • Memusnahkan segala bukit pengorbanan mereka
  • Menduduki dan diam di sana
  • Membagi tanah Kanaan dengan membuat undi

ULANGAN 4: 22-24

  • Jangan membuat patung yang menyerupai berhala apa pun.. Tuhan akan menyerakkan kamu di antara bangsa-bangsa…

SETELAH MEMASUKI TANAH KANAAN TENTUNYA MEREKA AKAN MENIKMATI HASIL NEGERI KANAAN SERTA JARAHAN-JARAHAN PERANG

  • Maka apabila Tuhan telah membawa engkau masuk ke negeri yang dijanjikanNya, negeri dengan
    • KOTA-KOTA,
    • RUMAH-RUMAH YANG TIDAK KAU BANGUN,
    • BARANG-BARANG,
    • SUMUR-SUMUR YANG TIDAK KAU GALI,
    • KEBUN ANGGUR,
    • KEBUN ZAITUN,
    • apabila engkau sudah MAKAN DAN MENJADI KENYANG,

 

BAGAIMANA SAAT SUDAH MENDUDUKI  KANAAN?

Ini kita sebut FASE 3. KENYAMANAN.

ULANGAN 4; 25-29, Ulangan 8:11-14

SETELAH MENETAP LAMA DI SANA INI YANG DIPERINGATKAN TUHAN

  • Jika kamu beranak cucu dan kalu telah tua di negeri itu lalu kamu berlaku busuk dengan membuat patung yang menyerupai apa pun juga, …..sehingga kamu menimbulkan sakit hati-Nya…pastilah kamu habis binasa dengan segera …pastilah kamu punah.
  • Generasi Buki pada saat tuanya akan beranak generasi Uzi, dan Generasi Uzi akan memberikan cucu pada generasi Buki yaitu generasi Zerahya.
  • Generasi Uzi pada saat tuanya akan beranak generasi Zerahya, dan generasi Zerahya akan memberikan cucu pada generasi Uzi yaitu generasi Merayot
  • Pada saat pesan ini diberikan oleh Musa kepada mereka, Musa hanya berhadapan pada generasi Buki dan Uzi saja, jadi perhitungan ini hanya kita terapkan pada generasi Buki dan Uzi saja.
  • Namun terbukti Yosua berhasil membuat bangsa Israel tetap berpaut pada Tuhan sampai generasi di bawah generasi Merayot, yaitu generasi Amarya A.
    • Lembu sapi dan kambing domba bertambah banyak
    • Emas erta perak bertambah banyak
    • Segala yang ada padamu bertambah banyak
  • berhati-hatilah supaya JANGAN ENGKAU MELUPAKAN TUHAN , harus Takut akan Tuhan , harus beribadah kepada Tuhan dan demi nama Tuhanlah harus engkau bersumpah. Jika mengikuti Allah lain maka mereka akan punah (Ul 6: 15)
  • Jangan tinggi hati (Ulangan 8:14)
  • Jangan mengadakan perjanjian dengan penduduk asli
  • Jangan kawin mengawin dengan warga asli, jika ini dilakukan maka Tuhan akan memunahkan Israel dengan segera (Ul 7:4)
  • Jika bangsa Israel mendengarkan serta melakukan dengan setia maka ada banyak janji berkat Tuhan (Ul 7:12-26)

APA YANG AKAN TERJADI JIKA BANGSA ISRAEL MELUPAKAN TUHAN?

Ulangan 8:19  Pasti binasa

KUTUK ( Ul 11: 26-32), Ulangan 28:15-46

APA YANG TERJADI JIKA BANGSA ISRAEL MENDENGARKAN PERINTAH TUHAN DAN MELAKUKANNYA?

BERKAT  ( Ul 11: 26-32), Ulangan 28:1-14

 

Kesimpulan: Ada 3 fase bangsa Israel di sini:

FASE PERSIAPAN- adalah di tahun ke 40 saat Musa mati, melewati masa-masa menyeberang sungai Yordan dari Sitim, penyunatan dan paskah di Gilgal, sampai di tahun ke 41 awal.

FASE PEPERANGAN DAN MENDAPATKAN JARAHAN SERTA HASIL NEGERI ITU- adalah di tahun ke 41 awal , jadi tahun ke 41 dihitung sebagai tahun pertama- sampai 7 tahun peperangan- yaitu  sampai tahun ke 47.

FASE KENYAMANAN ADALAH SETELAH LAMA MENETAP DI NEGERI ITU- adalah di tahun ke 47 SESUDAH PERANG SELESAI, sampai Yosua mati di usia ke 110. ( diperkirakan berdasarkan Pemetaan Exodus yang saya buat, adalah 40+50 = di tahun ke 90. Jadi masa kenyamanan diperkirakan sepanjang 50 tahun-7 tahun = 43 tahun.)

Jadi sebenarnya SEJARAH BANGSA ISRAEL arahnya akan ke mana ditentukan oleh bangsa Israel sendiri, ingin mendapatkan BERKAT atau KUTUK, merekalah yang akan memilih sendiri.

Namun di Ulangan 31: 14-22 ada suatu hal yang Tuhan ungkapkan pada Musa, sehingga Musa pada akhirnya diminta Tuhan menuliskan nyanyian saksi

Tuhan berfirmankan semuanya ini berdasarkan NIAT YANG DIKANDUNG BANGSA ISRAEL PADA HARI INI , SEBELUM TUHAN MEMBAWA MEREKA KE NEGERI YANG DIJANJIKAN TUHAN DENGAN SUMPAH KEPADA MEREKA ( ULANGAN 31:21)- kapankah pada hari ini itu? Yaitu pada hari dimana Tuhan berfirman kepada MUSA, yaitu di tahun ke 40, sebelum Musa mati.

Ulangan 31:16 Ketahuilah, engkau akan mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu  ( artinya : ketahuilah, hai Musa, bahwa engkau sebentar lagi mati)

Jadi saat Tuhan berfirman pada saat itu kepada Musa di Ulangan 31:14-22 Tuhan sudah tahu apa yang akan terjadi kelak pada masa kepemimpinan Yosua, namun PADA HARI INI, yaitu pada saat Tuhan berfirman kepada MUSA, Tuhan yang dapat menyelidiki segala NIAT HATI, mengetahui apa yang menjadi kecondongan hati bangsa Israel, yaitu:

 

Aku tahu niat yang dikandung mereka pada hari ini, sebelum Aku membawa mereka ke negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada mereka (Ul 31:21)

 

 

Berdasarkan prediksi Tuhan itulah, berdasarkan NIAT HATI bangsa Israel itulah, maka dari dua pilihan ini BERKAT atau KUTUK , Tuhan memprediksikan bahwa bangsa Israel PADA HARI INI, PADA SAAT ITU, PADA DETIK ITU, kecenderungan hatinya, kecondongan hatinya adalah SEGERA MENINGGALKAN TUHAN SETELAH MUSA MATI.

 

Oleh sebab itu Musa juga memberi prediksi yang sama, dan memberitahukan prediksi ini pada para pengangkut tabut Allah, bahwa Musa memprediksikan bahwa bangsa Israel yang dikenal Musa degil dan tegar tengkuk, bahwa setelah Musa mati nanti, bangsa Israel akan berlaku sangat busuk dan akan menyimpang dari jalan yang telah diperintahkan Musa kepada mereka. Dan selanjutnya malapetaka akan menimpa bangsa Israel apabila mereka berbuat yang jahat di mata TUHAN dan menimbulkan sakit hati-Nya dengan perbuatan tangan mereka ( Ulangan 31: 24-29)

 

Tetapi nanti dalam kenyataan yang berjalan di era kepemimpinan YOSUA, ternyata semua hal ini tidak terjadi seperti yang Tuhan katakan pada Musa dan didengar oleh Yosua, dan diprediksikan yang sama oleh Musa dan diberitahukan pada para pengangkut tabut Allah itu. Apakah berarti prediksi Tuhan dan Musa itu salah????

 

TIDAK. Tidak ada yang salah, …

 

Kata kuncinya di sini adalah  AKU TAHU NIAT YANG DIKANDUNG MEREKA PADA HARI INI, SEBELUM AKU MEMBAWA MEREKA KE NEGERI YANG KUJANJIKAN DENGAN SUMPAH KEPADA MEREKA Ul 31: 21

 

Lho Tuhan itu juga Maha Tahu apa yang akan terjadi kelak, tetapi Tuhan belum mau tahu. Artinya begini. Jika pada saat menjelang Musa mati, Tuhan tidak memberitahukan keadaan hati bangsa Israel PADA SAAT ITU, baik kepada Musa, yang berkewajiban mengajarkan nyanyian saksi, dan berkewajiban memberi wejangan/kata wasiat sebelum dia meninggal, juga kepada Yosua yang saat itu mendengar semua ucapan Tuhan kepada Musa, karena saat itu Yosua berada pada ruangan yang sama, yaitu di depan pintu kemah pertemuan, jika Tuhan tidak memberitahukan hal ini kepada Yosua yang bertugas sebagai pemimpin berikutnya, bisa saja Musa dan Yosua memiliki gambaran yang salah tentang kondisi bangsa itu, bahwa dikira mereka berdua bangsa itu dalam kondisi begitu mengasihi Tuhan, begitu taat pada perintah Tuhan, begitu akrab dengan Tuhan,begitu menghormati Tuhan, padahal kenyataannya jauh daripada itu.

 

Justru dengan memberitahu kondisi hati bangsa Israel yang saat itu niat hatinya segera membelakangi Tuhan segera setelah MUSA mati, dalam fase persiapan, peperangan maupun fase kenyamanan, maka Tuhan  sudah menunjukkan hal yang sebenarnya mengenai kondisi NIAT HATI BANGSA ISRAEL, sehingga sebelum Musa mati, Musa bisa memberi bangsa Israel nyanyian saksi sebagai STRATEGI PENCEGAHAN, dan juga Yosua pun dapat bersiap untuk mengambil langkah-langkah apa yang harus dia tempuh agar bangsa ini TIDAK MENGIKUTI KECONDONGAN HATINYA untuk segera meninggalkan Tuhan setelah Musa mati, tetapi tetap berpaut hatinya pada Tuhan dan mengasihi Tuhan.

 

Justru jika Tuhan tidak membeberkan NIAT HATI BANGSA ISRAEL PADA SAAT ITU, maka pembelokan sejarah tidak akan terjadi. Bisa saja Yosua memimpin dengan biasa-biasa saja, tanpa strategi apa-apa, karena semuanya aman-aman saja. Jika itu terjadi, maka terjadilah bangsa Israel segera membelakangi Tuhan segera setelah Musa mati.

 

Jadi baik prediksi Tuhan maupun Musa bukan merupakan prediksi yang gagal, tetapi Yosualah yang dipakai Tuhan untuk bangsa Israel yang tadinya kecondongan hatinya meninggalkan Tuhan, menjadi memiliki hati yang mengasihi Tuhan. Sehingga ending akhirnya adalah Happy ending.

 

Di sinilah saya katakan bahwa YOSUA ADALAH SEORANG PEMBELOK SEJARAH, yang dipakai Tuhan sebagai pemimpin yang berhasil membelokkan NIAT HATI BANGSA ISRAEL dari yang semula segera akan meninggalkan Tuhan setelah Musa mati, menjadi bangsa yang mengasihi Tuhan. Yos 23:8. Dan kasih mereka kepada Tuhan, bagaimana caranya, agar bisa tetap bertahan dalam Fase persiapan, Fase Peperangan dan Fase Kenyamanan.

 

Tetapi kamu harus berpaut pada Tuhan , Allahmu, seperti yang kamu lakukan SAMPAI SEKARANG ( Yos 23:8)- ayat ini dituliskan sebagai perkataan Yosua sebelum Yosua mati di usia 110 tahun.

 

Tak ubahnya seperti seorang wali kelas yang berkata kepada salah satu muridnya bahwa dia tidak akan naik kelas bila nilainya seperti ini terus, dan karena anak itu berubah, nilai-nilainya menjadi baik, maka anak ini pada akhirnya naik kelas. Tetapi wali kelas itu tidak salah, jika nilai-nilai anak ini pada detik semester akhir seperti ini terus, memang dia bisa dipastikan tidak akan naik kelas. Itu sudah ada standartnya. Tinggal bagaimana respon anak ini, apakah dia akan berubah ke arah yang lebih baik ataukah akan tetap membandel saja.

 

Mari kita simak tabel berikut ini, yang menggambarkan YOSUA SEBAGAI PEMBELOK SEJARAH.

 

 

 


NIATAN YANG DIKANDUNG BANGSA ISRAEL DALAM PANDANGAN MATA TUHAN YANG DIFIRMANKAN TUHAN KEPADA MUSA DI TAHUN KE 40 FASE YANG DIMAKSUDKAN OLEH TUHAN APA AKIBAT YANG BISA TERJADI PADA BANGSA ISRAEL KAPAN TEPATNYA FASE INI TIBA? APAKAH BENAR-BENAR TERJADI DALAM SEJARAH HAL INI?
Ulangan 31:16 Ketahuilah, engkau akan mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu  ( artinya : ketahuilah, hai Musa, bahwa engkau sebentar lagi mati) dan bangsa ini akan bangkit dan berzinah dengan mengikuti allah asing yang ada di negeri, ke mana mereka akan MASUK; mereka akan meninggalkan Aku dan mengingkari perjanjian-Ku yang Kuikat dengan mereka. MEREKA AKAN MASUK;

 

Tuhan sedang menunjuk pada

 

FASE PEPERANGAN.

Ulangan 31:17 Murka Tuhan akan bernyala-nyala terhadap mereka, Tuhan akan meninggalkan mereka dan menyembunyikan wajahNya terhadap mereka, sehingga mereka termakan habis dan banyak kali ditimpa malapetaka serta kesusahan. ( kapan mereka masuk? Tepat di zaman Yosua memimpin mereka menyeberangi sungai Yordan)

 

YOSUA 23;8-11 Ayat ini dikatakan Yosua pada masa tuanya sebelum dia mati.

 

Tetapi kamu harus berpaut pada TUHAN , Allahmu, SEPERTI YANG KAMU LAKUKAN SAMPAI SEKARANG.

Bukankah Tuhan telah menghalau bangsa-bangsa yang besar dan kuat dari depanmu, dan akan kamu ini, seorang pun tidak ada yang tahan menghadapi kamu sampai sekarang.

 

Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab Tuhan Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikanNya kepadamu.

 

 ( bandingkan dengan isi syair Nyanyian Saksi yang diajarkan Musa dalam Ulangan 32:30) 

 

Maka demi nyawamu ,   bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu.

 

DALAM ERA YOSUA HAL INI MURKA TUHAN TIDAK TERJADI

 

Dalam fase peperangan:

Yos 21: 43

Jadi seluruh negeri  itu diberikan TUHAN kepada orang Israel, yakni negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah untuk diberikan kepada nenek moyang mereka. Mereka menduduki negeri itu dan….

 

 

 

Ulangan 31:20 Sebab Aku akan membawa mereka ke tanah yang Kujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang mereka, yakni tanah yang berlimpah-limpah susu dan madunya, mereka AKAN MAKAN DAN KENYANG dan menjadi gemuk, tetapi mereka akan berpaling kepada Allah lain dan beribadah kepadanya, Aku ini akan dinista mereka dan pernjanjian-Ku akan diingkari mereka. MEREKA AKAN MAKAN DAN KENYANG menunjuk pada FASE PEPERANGAN saat mana mereka telah menikmati hasil bumi negeri itu. Ulangan 31: 21 banyak kali mereka akan ditimpa malapetaka serta kesusahan. (Kapan bangsa Israel mulai makan dan menjadi kenyang ? hasil bumi di Israel?? Tepat di zaman Yosua, Manna berhenti-sesudah mereka merayakan paskah, YOSUA 5:12, INI TERJADI DI TAHUN KE 41 AWAL TAHUN DI HARI PERTAMA TAHUN BARU)

 

Catatan: di kitab Yosua tidak memuat kata kenyang, hanya memuat kata MAKAN, dan kata Makan yang pertama di catat adalah di Yosua 5:12 ini.

 

YOSUA 23;8-11 Ayat ini dikatakan Yosua pada masa tuanya sebelum dia mati.

 

Tetapi kamu harus berpaut pada TUHAN , Allahmu, SEPERTI YANG KAMU LAKUKAN SAMPAI SEKARANG.

Bukankah Tuhan telah menghalau bangsa-bangsa yang besar dan kuat dari depanmu, dan akan kamu ini, seorang pun tidak ada yang tahan menghadapi kamu sampai sekarang.

 

Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang,

 

( bandingkan dengan isi syair Nyanyian Saksi yang diajarkan Musa dalam Ulangan 32:30) 

 

sebab Tuhan Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikanNya kepadamu. Maka demi nyawamu ,   bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu.

 

DALAM ERA YOSUA HAL INI MURKA TUHAN TIDAK TERJADI

 

Dalam fase peperangan:

Yos 21: 43

Jadi seluruh negeri  itu diberikan TUHAN kepada orang Israel, yakni negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah untuk diberikan kepada nenek moyang mereka. Mereka menduduki negeri itu dan….

 

APA YANG DIKATAKAN MUSA KEPADA ORANG-ORANG LEWI PENGANGKUT TABUT ALLAH ITU? FASE YANG DIMAKSUDKAN OLEH MUSA APA AKIBAT YANG BISA TERJADI PADA BANGSA ISRAEL KAPAN TEPATNYA FASE INI TIBA? APAKAH BENAR-BENAR TERJADI DALAM SEJARAH HAL INI?
Ulangan 31:27 sebab aku mengenal kedegilan dan tegar tengkukmu. Sedangkan sekarang, selagi aku hidup bersama-sama dengan kamu, kamu sudah menunjukkan kedegilanmu terhadap TUHAN , terlebih nanti SESUDAH AKU MATI

 

Musa sedang membicarakan FASE PERSIAPAN.

 

( Kapan tepatnya sesudah aku /Musa mati? Tepat di zaman Yosua , jika setelah Yosua mati, tentu disebutkan ‘terlebih nanti sesudah Yosua mati, walaupun sesudah Yosua mati itu juga adalah sesudah Musa mati, namun maksud saya di sini adalah TEPAT SESUDAH MUSA MATI, SESEGERA MUNGKIN SESUDAH MUSA MATI)- YOSUA 23;8-11 Ayat ini dikatakan Yosua pada masa tuanya sebelum dia mati.

 

Tetapi kamu harus berpaut pada TUHAN , Allahmu, SEPERTI YANG KAMU LAKUKAN SAMPAI SEKARANG.

Bukankah Tuhan telah menghalau bangsa-bangsa yang besar dan kuat dari depanmu, dan akan kamu ini, seorang pun tidak ada yang tahan menghadapi kamu sampai sekarang.

 

Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab Tuhan Allahmu,

 

( bandingkan dengan isi syair Nyanyian Saksi yang diajarkan Musa dalam Ulangan 32:30) 

 

Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikanNya kepadamu. Maka demi nyawamu ,   bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu.

 

DALAM ERA YOSUA HAL INI MURKA TUHAN TIDAK TERJADI

 

Dalam fase peperangan:

Yos 21: 43

Jadi seluruh negeri  itu diberikan TUHAN kepada orang Israel, yakni negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah untuk diberikan kepada nenek moyang mereka. Mereka menduduki negeri itu dan….

Ulangan 31:29 Sebab aku tahu, BAHWA SESUDAH AKU MATI, kamu akan berlaku sangat busuk dan akan menyimpang dari jalan yang telah kuperintahkan kepadamu. Sebab itu di kemudian hari malapetaka akan menimpa kamu, apabila kamu berbuat yang jahat di mata Tuhan, DAN MENIMBULKAN SAKIT HATI-NYA dengan perbuatan tanganmu.” –

 

Musa sedang membicarakan FASE KENYAMANAN

 

FASE KENYAMANAN ditandai dengan kata kunci ini MENIMBULKAN SAKIT HATI-NYA

apa akibatnya jika Bangsa Israel seperti itu? Ul 31;29 sebab itu dikemudian hari malapetaka akan menimpa kamu, apabila kamu berbuat yang jahat di mataTuhan.

 

Apa akibatnya jika Bangsa Israel seperti itu? Ul 31;21 Maka apabila banyak kali mereka ditimpa malapetaka serta kesusahan…(#)….(

 

( Kapankan frase menyakiti hati Tuhan itu muncul lagi? Sama sekali tidak pernah ada tercatat di kitab Yosua, bahwa Tuhan itu sakit hati pada bangsa Israel, melainkan nanti frase semacam ini muncul di kitab

 

Hakim-hakim 2: 12

·         Mereka meninggalkan Tuhan, Allah nenek moyang mereka yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, lalu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa di sekeliling mereka, dan sujud menyembah kepadanya, SEHINGGA MEREKA MENYAKITI HATI TUHAN.)

 

Kapan bangsa Israel mulai mengalami malapetaka serta kesusahan…? Di kitab Yosua tidak pernah tercatat bangsa Israel mengalami malapetaka dan kesusahan, namun kalimat yang mengandung kata malapetaka ini baru muncul nanti di kitab Hakim-hakim:

 

Hakim-hakim 2:15

Setiap kali mereka maju, tangan TUHAN melawam mereka dan mendatangkan malapetaka kepada mereka, sesuai dengan apa yang telah diperingatkan kepada mereka oleh TUHAN dengan sumpah, sehingga mereka terdesak.

 

 

YOSUA 23;8-11 Ayat ini dikatakan Yosua pada masa tuanya sebelum dia mati.

 

Tetapi kamu harus berpaut pada TUHAN , Allahmu, SEPERTI YANG KAMU LAKUKAN SAMPAI SEKARANG.

Bukankah Tuhan telah menghalau bangsa-bangsa yang besar dan kuat dari depanmu, dan akan kamu ini, seorang pun tidak ada yang tahan menghadapi kamu sampai sekarang.

 

Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang,

 

( bandingkan dengan isi syair Nyanyian Saksi yang diajarkan Musa dalam Ulangan 32:30) 

 

 sebab Tuhan Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikanNya kepadamu. Maka demi nyawamu ,   bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu.

 

Dalam fase kenyamanan:

Yos 21: 43-45.

 

Dan…..menetap di sana.

Dan TUHAN mengaruniakan kepada mereka keamanan ke segala penjuru, tepat seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenak moyang mereka. Tidak ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi merekal semua musuhnya diserahkan TUHAN kepada mereka. Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dpienuhi; semuanya terpenuhi.

 

Yos 23: 1 Lama setelah TUHAN mengaruniakan keamanan kepada orang Israel ke segala penjuru terhadap semua musuhnya, dan ketika Yosua telah tua dan lanjut umur, …

 

 

 

 

 


KESIMPULAN; semua prediksi Tuhan dan Musa atas bangsa Israel, bahwa segera setelah kematian Musa, bangsa Israel akan menyembah berhala, TIDAK TERJADI.

 

Jadi memang semua nubuatan itu terjadi atau tidaknya tergantung respon kita

Ketika bangsa Israel di bawah kepemimpinan Yosua memiliki respon yang tepat, seperti halnya orang-orang penduduk kota Niniwe dan rajanya memberi respon yang tepat terhadap rancangan Tuhan untuk menunggangbalikkan kota itu, maka Tuhan batal menurunkan hukumanNya atas kota Niniwe itu, maka dapat kita pastikan bahwa YOSUA dipakai Tuhan untuk menjadi seorang pembelok sejarah, sebagaimana Yunus berhasil dipakai Tuhan untuk membuat orang-orang Niniwe bertobat.

 

Nah, sekarang akan kita buktikan lebih jauh apakah benar pada era kepemimpinan Yosua , bangsa Israel benar-benar tidak menyembah berhala Kanaan????

 

 


Apakah bisa dipastikan pada zaman Yosua, bangsa Israel tidak menyembah berhala?

Yosua 24:1-33

Konteks

Pembaruan perjanjian di Sikhem

24:1 Kemudian Yosua mengumpulkan w  semua suku 1  orang Israel di Sikhem. x  Dipanggilnya y  para tua-tua z  orang Israel, a  para kepalanya, para hakimnya dan para pengatur pasukannya, lalu mereka berdiri di hadapan Allah. 24:2Berkatalah Yosua kepada seluruh bangsa itu: “Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Dahulu kala di seberang sungai Efrat, di situlah diam nenek moyangmu, yakni Terah, ayah Abraham dan ayah Nahor, b  dan mereka beribadah kepada allah lain.c  24:3 Tetapi Aku mengambil Abraham, bapamu itu, dari seberang sungai Efrat, dan menyuruh dia menjelajahi seluruh tanah Kanaan. d  Aku membuat banyak keturunannya e  dan memberikan Ishak f  kepadanya. 24:4 Kepada Ishak Kuberikan Yakub dan Esau. g  Kepada Esau Kuberikan pegunungan Seir h  menjadi miliknya, sedang Yakub serta anak-anaknya pergi ke Mesir. i  24:5 Lalu Aku mengutus Musa serta Harun j  dan menulahi Mesir, seperti yang Kulakukan di tengah-tengah mereka, kemudian Aku membawa kamu keluar. k  24:6 Setelah Aku membawa nenek moyangmu keluar dari Mesir dan kamu sampai ke laut, l  lalu orang Mesir mengejar nenek moyangmu dengan kereta dan orang berkuda m  ke Laut Teberau.n  24:7 Sebab itu berteriak-teriaklah o  mereka kepada TUHAN, maka diadakan-Nya gelap p  antara kamu dan orang Mesir itu dan didatangkan-Nya air laut atas mereka, sehingga mereka diliputi. q  Dan matamu sendiri telah melihat, apa yang Kulakukan terhadap Mesir. r  Sesudah itu lama s  kamu diam di padang gurun. 24:8 Aku membawa kamu ke negeri orang Amori t  yang diam di seberang sungai Yordan, dan ketika mereka berperang melawan kamu, mereka Kuserahkan ke dalam tanganmu, sehingga kamu menduduki negerinya, u  sedang mereka Kupunahkan dari depan kamu. 24:9 Ketika itu Balak bin Zipor, v  raja Moab, bangkit berperang melawan orang Israel. Disuruhnya memanggil Bileam bin Beor w  untuk mengutuki kamu. x  24:10 Tetapi Aku tidak mau mendengarkan Bileam, sehingga iapun memberkati kamu. y  Demikianlah Aku melepaskan kamu dari tangannya. 24:11 Setelah kamu menyeberangi sungai Yordan z  dan sampai ke Yerikho, a berperanglah melawan kamu warga-warga kota Yerikho, orang Amori, orang Feris, b  orang Kanaan, orang Het, orang Girgasi, orang Hewi dan orang Yebus, c  tetapi mereka itu Kuserahkan ke dalam tanganmu. d  24:12 Kemudian Aku melepaskan tabuhan e  mendahului kamu dan binatang-binatang ini menghalau f  mereka dari depanmu, seperti kedua raja orang Amori itu. Sesungguhnya, bukan oleh pedangmu dan bukan pula oleh panahmu. g  24:13 Demikianlah Kuberikan kepadamu negeri h  yang kamu peroleh tanpa bersusah-susah dan kota-kota yang tidak kamu dirikan, tetapi kamulah yang diam di dalamnya; juga kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun yang tidak kamu tanami, i  kamulah yang makan hasilnya. 24:14 Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN j  dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. k Jauhkanlah allah l  yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, m  dan beribadahlah kepada TUHAN. 24:15 Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori n  yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, o  kami akan beribadah kepada TUHAN 2 ! p ” 24:16 Lalu bangsa itu menjawab: “Jauhlah dari pada kami meninggalkan q  TUHAN 3  untuk beribadah kepada allah lain! 24:17 Sebab TUHAN, Allah kita, Dialah yang telah menuntun kita dan nenek moyang kita dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan, r  dan yang telah melakukan tanda-tanda s  mujizat yang besar ini di depan mata kita sendiri, dan yang telah melindungi kita sepanjang jalan yang kita tempuh, dan di antara semua bangsa yang kita lalui,24:18 TUHAN menghalau t  semua bangsa u  dan orang Amori, penduduk negeri v  ini, dari depan kita. Kamipun akan beribadah kepada TUHAN, sebab Dialah Allah w  kita.” 24:19 Tetapi Yosua berkata kepada bangsa itu: “Tidaklah kamu sanggup beribadah kepada TUHAN, sebab Dialah Allah x  yang kudus, Dialah Allah y  yang cemburu. Ia tidak akan mengampuni z  kesalahan a  dan dosamu. 24:20 Apabila kamu meninggalkan TUHAN b  dan beribadah kepada allah asing, maka Ia akan berbalik c  dari padamu dan melakukan yang tidak baik d  kepada kamu serta membinasakan kamu, e  setelah Ia melakukan yang baik kepada kamu dahulu.” 24:21 Tetapi bangsa itu berkata kepada Yosua: “Tidak, hanya kepada TUHAN saja kami akan beribadah.”24:22 Kemudian berkatalah Yosua kepada bangsa itu: “Kamulah saksi f  terhadap kamu sendiri, bahwa kamu telah memilih g  TUHAN untuk beribadah kepada-Nya.” Jawab mereka: “Kamilah saksi! h ” 24:23 Ia berkata: “Maka sekarang, jauhkanlah allah i  asing yang ada di tengah-tengah kamu dan condongkanlah hatimu j  kepada TUHAN, Allah Israel.” 24:24 Lalu jawab bangsa itu kepada Yosua: “Kepada TUHAN, Allah kita, kami akan beribadah, dan firman-Nya akan kami dengarkan. k ” 24:25 Pada hari itu juga Yosua mengikat perjanjian l  dengan bangsa itu 4  dan membuat ketetapan dan peraturan m  bagi mereka di Sikhem. n  24:26 Yosua menuliskan o  semuanya itu dalam kitab hukum Allah, p  lalu ia mengambil batu q  yang besar dan mendirikannya di sana, di bawah pohon besar, r  di tempat kudus TUHAN. 24:27 Kata Yosua kepada seluruh bangsa itu: “Sesungguhnya batu s  inilah akan menjadi saksi t  terhadap kita, sebab telah didengarnya segala firman TUHAN yang diucapkan-Nya kepada kita. Sebab itu batu ini akan menjadi saksi terhadap kamu, supaya kamu jangan menyangkal u  Allahmu. v ” 24:28 Sesudah itu Yosua melepas bangsa itu pergi, masing-masing ke milik pusakanya. w 

  • Bukti 1
    • Bagaimana penjelasan Yos 24:14, dan Yos 24:2?
    • yang dimaksud dengan ayat Yos 24:14 yang dilontarkan oleh Yosua kepada bangsa Israel?
      • Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir dan beribadahlah kepada Tuhan.
      • Yang dimaksud adalah….Yos 24:2
    • Beginilah Firman Tuhan, Allah Israel; Dahulu kala, di seberang sungai Efrat, di situlah diam nenek moyangmu, yakni Terah, ayah Abraham dan ayah Nahor, dan mereka beribadah kepada allah lain. Tetapi Aku mengambil Abraham bapamu itu , dari seberang sungai Efrat…dan…
    • Tepatnya pada zaman Yosua, Yosua memperingatkan agar bangsa Israel tidak kembali menyembah allahnya Terah( Ayahnya –Abraham) Jadi yang dibahas Yosua di sini bukan allahnya orang Kanaan, tetapi sejarah allah yang pernah disembah ayahnya Abraham dulu, nenek moyang mereka.
    • Kemudian di Yosua 24:15 , Yosua menantang mereka pada 3 pilihan
      • Menyembah pada allahnya Terah/ di seberang sungai Egrat
      • Menyembah pada allah orang Amori di tanah Kanaan
      • .menyembah /beribadah kepada TUHAN.
    • Lebih jelas kita lihat di Yosua 24 ini ayatnya yang ke 20, perhatikan kata ..

Apabila kamu meninggalkan TUHAN b  dan beribadah kepada allah asing, maka Ia akan berbalik c  dari padamu dan melakukan yang tidak baik d  kepada kamu serta membinasakan kamu, e  setelah Ia melakukan yang baik kepada kamu dahulu.”

  • Bukti 2
    • Yosua 23: 8 Tetapi kamu harus berpaut pada TUHAN, Allahmu, seperti yang kamu lakukan SAMPAI SEKARANG.
    • Jadi pada masa tua Yosua, bangsa Israel masih berpaut pada Tuhan, lihat Yosua 23: 1, bahwa Yosua 23:8 tadi ditulis pada masa tua Yosua.
  • Bukti 3:
    • Yosua 24:31, Orang Israel beribadah kepada Tuhan sepanjang zaman Yosua dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada Yosua, dan yang mengenal setiap perbuatan yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel.
    • Hakim-hakim 2: 7 Dan bangsa itu beribadah kepada TUHAN sepanjang zaman Yosua dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada Yosua, dan yang telah melihat segenap perbuatan yang besar yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel.
    • Kedua ayat tersebut TIDAK BERBUNYI SEPERTI INI:
      • Orang Israel beribadah kepada Tuhan sepanjang zaman MUSA dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada MUSA , dan yang mengenal setiap perbuatan yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel.
      • Dan bangsa itu beribadah kepada TUHAN sepanjang zaman MUSA dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada MUSA, dan yang telah melihat segenap perbuatan yang besar yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel

D i sinilah kita tahu , bahwa Yosua adalah seorang pemimpin yang membelokkan sejarah, seharusnya bangsa Israel akan jatuh dalam penyembahan berhala segera sesudah Musa mati, tetapi pada zaman kepemimpinan Yosua, itu tidak terjadi.

Apa rahasia Yosua untuk menjadi seorang pembelok sejarah???

  1. Di depan pintu kemah pertemuan itu, ketika Tuhan membeberkan kepada Musa, dan didengar juga oleh Yosua, apa yang Tuhan lihat dalam NIAT HATI BANGSA ISRAEL, segala kecenderungan hati mereka, Tuhan juga berfirman kepada Yosua secara khusus

 “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkau akan membawa orang Israel ke negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada mereka dan Aku akan menyertai engkau.” Ul 31: 23

Ternyata ini kunci 1A, 1B, DAN 1C,  yang Yosua pegang: bahwa dari Tuhanlah dia mendapatkan KEKUARAN ( 1A)  dan KETEGUHAN HATI (1B) , sebab Yosua ditunjuk Tuhan untuk membawa orang Israel ke negeri yang dijanjikan oleh Tuhan kepada mereka, dan Yosua mendapatkan PENYERTAAN TUHAN ( 1C).

  1. Kunci kedua adalah, Ulangan 32:45-47

Setelah Musa selesai menyampaikan segala perkataan itu ( hukum taurat= bandingkan dengan Ulangan 1:5, 31:9) kepada seluruh orang Israel, berkatalah ia kepada mereka; “Perhatikanlah segala perkataan  yang kuperingatkan kepadamu pada hari ini, supaya kamu memerintahkannya kepada anak-anakmu untuk melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini. Sebab perkataan ini bukanlah perkataan hampa bagimu, TETAPI ITULAH HIDUPMU, DAN DENGAN PERKATAAN INI AKAN LANJUT UMURMU DI TANAH, KE MANA  ENGKAU PERGI, MENYEBERANGI SUNGAI YORDAN untuk mendudukinya.

Ada dua kunci di sini: ( 2A, 2B)

Jika ingin lanjut umur di tanah sebrang :

  1. Keluarga yang ikut dilibatkan untuk… (kepada anak-anakmu) ( 2A)
  2. Melakukan dengan setia hukum taurat/hukum Tuhan. ( 2B)

Yosua pribadi yang mengasihi Tuhan, dia tidak ingin Tuhan sakit hati dengan sikap bangsa Israel yang dinubuatkan akan membelakangi Tuhan. Yosua pribadi yang mengasihi bangsa Israel, dia tidak ingin bangsa Israel mendapat murka Tuhan.

Oleh karena itulah setelah Yosua memimpin bangsa Israel, dia memegang 2 kunci ini.

Apalagi sebelum dia mulai memimpin, setelah Musa mati, Tuhan berbicara langsung untuk mempertegas kunci-kunci ini:

Yos 1:7 -9

  1. Bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa;
  2. Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri , supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi
  3. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi reungnkanlah itu siang dan malam , supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Apakah menurut kita Yosua termasuk berhasil dan beruntung? Oh ya…semua peperangan dia menangkan, kecuali peristiwa Akhan membuat dia kalah yang pertama kali memerangi Ai, namun setelah itu Ai tetap dikalahkan.

Yos 21:44-45

Dan TUHAN  mengaruniakan kepada mereka keamanan ke segala penjuru, tepat seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka. Tidak ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi mereka, semua musuhnya diserahkan Tuhan kepada mereka. Dari segala yang baik yang dijanjikan Tuhan kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi, semuanya terpenuhi.

Jadi kesimpulannya, apa yang dikatakan Tuhan melalui Musa dan apa yang dikatakan Musa sebelum dia mengajarkan nyanyian saksi:

  • Ul 31;21 Maka apabila banyak kali mereka ditimpa malapetaka serta kesusahan…(#)
  • Ul 31;29 sebab itu dikemudian hari malapetaka akan menimpa kamu, apabila kamu berbuat yuang jahat di mataTuhan.(##)

TIDAK TERJADI PADA ZAMAN YOSUA !! Di zaman Yosua adanya hanya kemenangan dan keberuntungan , keberhasilan dan berkat Tuhan.

KARENA YOSUA BERHASIL MEMBELOKKAN JALANNYA SEJARAH.

DENGAN MELAKSANAKAN 2 KUNCI :

  1. Keluarga yang ikut dilibatkan untuk… (kepada anak-anakmu)
  2. Melakukan dengan setia hukum taurat/hukum Tuhan.

OLEH KARENA ITU TAK HERAN PADA AKHIR HIDUP YOSUA DIA MENGATAKAN SEPERTI INI:

‘Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN’

Keterangan: hal ini terkait dengan penjelasan Apakah Yosua Seorang Pemimpin yang Penakut ? (Dapat dibaca ulang untuk mendapatkan kejelasan lebih lagi mengenai sisi traumatik Yosua, bahwa bangsa Israel menyembah berhala sehingga membuat Tuhan murka tidak terjadi di peristiwa Akhan- itu artinya ada ketakutan-ketakutan Yosua sebenarnya karena nubuatan Tuhan dan Musa itu sungguh-sungguh ( Ulangan 31) , oleh sebab itu Yosua begitu traumatik, namun dia berhasil dipakai Tuhan untuk membelokkan sejarah !) Hal ini juga terkait dengan penjelasan Apakah Yosua menikah? ( lihat bab yang membahas mengenai hal ini)

Untuk lebih jelasnya lagi, sebagai peneguhan, kita dapat melihat pembelokan sejarah ini pada rangkuman perjalanan bangsa Israel yang ditulis oleh Pemazmur , berikut ini:

MAZMUR 106

Kasih setia Allah dan ketegaran hati Israel

106:1 Haleluya! s  Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! t  Bahwasanya untuk selama-lamanya u  kasih setia-Nya 1 .106:2 Siapakah yang dapat memberitahukan keperkasaan v  TUHAN, memperdengarkan segala pujian kepada-Nya? 106:3Berbahagialah orang-orang yang berpegang pada hukum, w  yang melakukan keadilan x  di segala waktu! 106:4 Ingatlah y aku, ya TUHAN, demi kemurahan z  terhadap umat-Mu, perhatikanlah a  aku, demi keselamatan dari pada-Mu, 106:5supaya aku melihat kebaikan b  pada orang-orang pilihan-Mu, c  supaya aku bersukacita d  dalam sukacita umat-Mu, dan supaya aku bermegah bersama-sama milik-Mu e  sendiri.

106:6 Kami dan nenek moyang f  kami telah berbuat dosa, g  kami telah bersalah, telah berbuat fasik. h 

106:7 Nenek moyang kami di Mesir tidak mengerti i  perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib, tidak ingat j  besarnya kasih setia-Mu, tetapi mereka memberontak terhadap Yang Mahatinggi di tepi Laut Teberau. k 

106:8 Namun diselamatkan-Nya mereka l  oleh karena nama-Nya, m  untuk memperkenalkan keperkasaan-Nya. n  106:9Dihardik-Nya o  Laut Teberau, sehingga kering, p  dibawa-Nya mereka berjalan melalui q  samudera raya seperti melalui padang gurun. 106:10 Demikian diselamatkan-Nya mereka r  dari tangan pembenci, s  ditebus-Nya mereka t  dari tangan musuh; 106:11 air menutupi u  para lawan mereka, seorangpun dari pada mereka tiada tinggal.

106:12 Ketika itu percayalah mereka kepada segala firman-Nya, mereka menyanyikan puji-pujian v  kepada-Nya.

106:13 Tetapi segera mereka melupakan w  perbuatan-perbuatan-Nya, dan tidak menantikan nasihat-Nya; x  106:14 mereka dirangsang nafsu di padang gurun, y  dan mencobai z  Allah di padang belantara. a  106:15 Diberikan-Nya kepada mereka b  apa yang mereka minta, dan didatangkan-Nya penyakit paru-paru 2  c  di antara mereka.

106:16 Mereka cemburu d  kepada Musa di perkemahan, dan kepada Harun, orang kudus TUHAN. 106:17 Bumi terbuka e  dan menelan Datan, f  menutupi kumpulan Abiram. g 

106:18 Api menyala h  di kalangan mereka, nyala api menghanguskan orang-orang fasik itu.

106:19 Mereka membuat anak lembu i  di Horeb, dan sujud menyembah kepada patung tuangan; 106:20 mereka menukar Kemuliaan j mereka dengan bangunan sapi jantan yang makan rumput. 106:21 Mereka melupakan Allah k  yang telah menyelamatkan mereka, yang telah melakukan hal-hal yang besar l  di Mesir: 106:22 perbuatan-perbuatan ajaib di tanah Ham, m perbuatan-perbuatan n  dahsyat di tepi Laut Teberau. 106:23 Maka Ia mengatakan hendak memusnahkan o  mereka, kalau Musa, orang pilihan-Nya, tidak mengetengahi p  di hadapan-Nya, untuk menyurutkan amarah-Nya, sehingga Ia tidak memusnahkan mereka.

106:24 Mereka menolak q  negeri r  yang indah itu, tidak percaya s  kepada firman-Nya. 106:25Mereka menggerutu t  di kemahnya dan tidak mendengarkan suara TUHAN. 106:26 Lalu Ia mengangkat tangan-Nya u terhadap mereka untuk meruntuhkan mereka di padang gurun, v  106:27 dan untuk mencerai-beraikan w  anak cucu mereka ke antara bangsa-bangsa, dan menyerakkan mereka ke pelbagai negeri.

106:28 Mereka berpaut pada Baal Peor, x dan memakan korban-korban sembelihan bagi orang mati. 106:29 Mereka menyakiti hati-Nya y  dengan perbuatan mereka, z  maka timbullah tulah a  di antara mereka. 106:30 Tetapi Pinehas b  berdiri dan menjalankan hukum, maka berhentilah tulah itu. c  106:31 Hal itu diperhitungkan kepadanya d  sebagai jasa turun-temurun, e  untuk selama-lamanya.

106:32 Mereka menggusarkan Dia dekat air Meriba, f  sehingga Musa kena celaka karena mereka; 106:33 sebab mereka memahitkan hatinya, g  h  sehingga ia teledor dengan kata-katanya. i 

——————————–PERHATIKAN DI SINI, sampai ayat 32 ini berbicara era kepemimpinan MUSA,

namun perhatikan ayat 34-35 yang merupakan satu kalimat, jadi ayat 34 belum selesai, harus dibaca sampai ayat 35, bahkan berlanjut sampai ayat 36

– mereka tidak memunahkan bangsa-bangsa ( baru terjadi di zaman Hakim-hakim, Hakim-hakim 1: 1 –sesudah  YOSUA MATI, Hak 1: 27,29,30,31,33-)

mereka bercampur baur ( baru terjadi di zaman Hakim-hakim, Hak 1:1, Hak 2: 6-10 sesudah YOSUA MATI, Hak 2:6-mereka belajar cara-cara mereka bekerja-)

mereka beribadah kepada berhala-berhala mereka (baru terjadi di zaman Hakim-hakim, Hakim-hakim 2:6-10, sesudah YOSUA MATI, Hak 2:6b.

Semuanya itu menunjukkan bahwa dari ayat 33 ke ayat 34 ada satu era yang tidak tertulis di Mazmur 106 ini, yaitu era kepemimpinan Yosua, sang pembelok sejarah.

Selama Yosua hidup, bangsa Israel tetap beribadah kepada TUHAN Hak 2:7 ———————-

 

106:34 Mereka tidak memunahkan j  bangsa-bangsa, seperti yang diperintahkan k  TUHAN kepada mereka, 

106:35 tetapi mereka bercampur baur l  dengan bangsa-bangsa, dan belajar cara-cara mereka bekerja.

 106:36 Mereka beribadah kepada berhala-berhala m  mereka, yang menjadi perangkap n bagi mereka. 106:37 Mereka mengorbankan anak-anak lelaki o  mereka, dan anak-anak perempuan mereka kepada roh-roh jahat 3 , p  106:38 dan menumpahkan darah orang yang tak bersalah, darah anak-anak lelaki q  dan anak-anak perempuan mereka, yang mereka korbankan kepada berhala-berhala Kanaan, sehingga negeri itu cemar oleh hutang darah. 106:39 Mereka menajiskan diri r  dengan apa yang mereka lakukan, dan berzinah s  dalam perbuatan-perbuatan mereka. 106:40 Maka menyalalah murka t  TUHAN terhadap umat-Nya, dan Ia jijik kepada milik-Nya u  sendiri.

106:41 Diserahkan-Nyalah v  mereka ke tangan bangsa-bangsa, sehingga orang-orang yang membenci mereka berkuasa atas mereka. 106:42 Mereka diimpit w  oleh musuhnya, sehingga takluk ke bawah kuasanya. 106:43 Banyak kali dilepaskan-Nya mereka, x  tetapi mereka bersikap memberontak y  dengan rencana-rencana mereka, tenggelam dalam kesalahan mereka. 106:44 Namun Ia menilik kesusahan mereka, ketika Ia mendengar teriak z  mereka. 106:45 Ia ingat akan perjanjian-Nya a  karena mereka, dan menyesal b  sesuai dengan kasih setia-Nya c  yang besar. 106:46 Diberi-Nya mereka mendapat rahmat d  dari pihak semua orang yang menawan mereka.

106:47 Selamatkanlah kami, e ya TUHAN, Allah kami, dan kumpulkanlah kami f  dari antara bangsa-bangsa, supaya kami bersyukur g  kepada nama-Mu h  yang kudus, dan bermegah dalam puji-pujian kepada-Mu. 106:48 Terpujilah TUHAN, Allah Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, dan biarlah seluruh umat mengatakan: “Amin! i ” Haleluya!

 

Kembali saya salinkan lagi dua ayat di Mazmur 106:32-33 dan Mazmur 106: 34 dst yang dipisahkan oleh era kepemimpinan YOSUA, sepanjang lebih kurang 50 tahun

106:32 Mereka menggusarkan Dia dekat air Meriba, f  sehingga Musa kena celaka karena mereka; 106:33 sebab mereka memahitkan hatinya, g  h  sehingga ia teledor dengan kata-katanya. i 

———————————————————50 tahun kemudian——————————————————-

106:34 Mereka tidak memunahkan j  bangsa-bangsa, seperti yang diperintahkan k  TUHAN kepada mereka, 

Yosua berhasil menunda terjadinya ayat 34 dalam era kepemimpinannya sepanjang lebih kurang 50 tahun

 

 

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

One thought on “INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION MINGGU 12”

  1. Wah luarbiasa yosua bisa jadi seorang pembelok sejarah, yah paling tidak kita jadi seorang yang bisa merubah kebiasaan jelek kita sendiri dulu kemudian membawa dampak positif disekitar kita sehingga orang lain bisa melihat Yesus dalam diri kita dan memuliakan Tuhan kita, kurang lebih lah kita bisa jadi seperti yosua,,dan Tuhan pasti akan memakai kita lebih lagi seperti yang tidak pernah kita pikirkan pengen dongg. ….yah kalau begitu mari kita pelajari bersama IGJG minggu 12 ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s