MEMBENTUK PASUKAN DOA ANAK


MEMBENTUK PASUKAN DOA ANAK

KETERANGAN KLIP DI ATAS:

Rekaman ini terdiri dari dua bagian, yang mana doa regu yang dipimpin guru-guru SM diabil gambarnya pada 2 tahun yang lalu, 2011, tetapi pada perkembangannya dalam 2 tahun hingga 2013 ini, anak-anak sudah semakin besar dan PASDAAN ABRAHAM (pasukan doa anak: ‘Abraham’) yang saya rintis ini kemudian dilanjutkan oleh Ibu Yuplin,dan pada masa sekarang ini, anak-anak yang sudah semakin besar ini (SMP/ pra remaja) telah dapat menjadi pemimpin regu doa.

Sayang sekali pada saat gambar di ambil yang kedua (Juli 2013 ini) , Ibu Yuplin (sebagai pembimbing pasdaan ini) ada halangan sehingga tidak dapat hadir. Saya sangat diberkati dengan pelayanan beliau di pasdaan ini, dalam bimbingannya anak-anak mengalami kemajuan yang sangat pesat sekali !!!

Anak-anak yang mengikuti Pasukan Doa Anak bernama Pasukan Doa Anak Abraham ini, mengalami mujizat dalam study mereka yang mengalami lonjakan nilai secara pesat, sejak mereka bergabung dalam pasdaan ini, dan hal ini juga diungkap oleh orang tua mereka/wali murid

Saya dorong para guru sekolah minggu, mengambil hari di luar hari minggu, untuk mengajak anak-anak berdoa

Ayo , saya dorong bentuk pasukan doa anak di gereja anda, dan lihatlah karya Tuhan lewat anak-anak prajurit cilik ini.

BERDOA

Anak anak balita pun ikut berdoa dipangku mama Berdoa untk kota yogya dgn peta Menggunakan peta sbg media doa Menunjuk negara negara asean di peta dunia Setiap kelompok dibimbing oleh seorang guru

MENGAPA BUKAN DOA PRIBADI SAJA?

  • Kekuatan doa sepakat
    • Matius 18:19 Dan lagi Aku berkata kepadamu: dan lagi Aku berkata kepadamu: jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga
    • Kehadiran Yesus di tengah-tengah kelompok doa
      • Matius 18:20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.
      • Yesus hadir di tengah-tengah JEMAAT ( jamak) dengan BAPA
        • Ibrani 2:12 kata-Nya:”Aku akan memberitakan nama-Mu kepada saudara-saudara-Ku, dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaat, “

MEREKA KAN MASIH ANAK-ANAK?

  • Anak-anak adalah PRAJURIT CILIK  ‘si pembungkam musuh’
    • Bandingkanlah Mazmur 8:3 Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.
    • Dengan Matius 21: 16 lalu mereka berkata kepada-Nya:”Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?” Kata Yesus kepada mereka: “Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?”
    • Tuhan Yesus mengutip Mazmur 8:3 sekaligus menjelaskan arti frase B dalam ayat itu dengan pengertian sbb: puji-pujian anak-anak itu dapat menjadi dasar kekuatan karna lawan-Nya, yaitu si Iblis, dan berkekuatan dapat membungkamkan iblis dan pendendam.
    • Puji-pujian seperti apakah yang keluar dari ocehan anak yang masih menyusu? (ket: Orang Israel memberi ASI pada anak mereka sampai usia 3 tahun)- ARTINYA CELOTEHAN ANAK BATITA (DIBAWAH 3 TAHUN) ialah kosa kata yang masih di pikiran walau pengucapannya mungkin masih belum jelas/ belum lancar/ bahkan belum bisa dimengerti orang dewasa. Maksud daripada pengucapan itu, yang masih di pikiran, itu sudah bisa menjadi senjata peperangan melawan iblis.
    • Terbukti bayi-bayi yang dididik dalam Firman Tuhan, takut akan Tuhan sejak dini, akan mampu menjadi anak pemenang walau tinggal di lingkungan yang tidak mendukung ( contoh Samuel Kecil – di tengah Iman Eli, Hofni dan Pinehas, Musa di tengah –tengah istana MESIR- keduanya mendapat puji-pujian ‘nina bobok-ala Israel’ dari ibunda mereka Hana dan Yokhebet.
    • Bandingkan dengan KEJADIAN 3: 15 Aku akan mengadakan PERMUSUHAN antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya. Permusuhan atau dendam ini akan dimenangkan oleh Hawa dan keturunannya, jika berhasil meremukkan kepala iblis, tetapi kemenangan  iblis apabila berhasil meremukkan tumit sang ibu/ merusakkan jejak ibu yang tidak diikuti oleh anaknya
    • Nama ibunya ialah…..Imamat 24; 11, I Taw 2: 26, 2 Raj 15:2, puluhan kali disebut juga dalam ayat-ayat lainnya, dalam tolok ukur apakah raja itu hidup takut akan Tuhan atau tidak, selalu dikaitkan dengan NAMA IBUNYA IALAH.
    • Buktikan dengan artikel hasil penyelidikan mengenai bayi berikut ini ( lampiran 1), dan tayangan berikut ini. (tayangan 1)
    • Tidak diragukan lagi, anak-anak, bahkan bayi-bayi adalah PASUKAN DOA yang ditakuti oleh si pendendam/ si iblis.

Anda bisa perhatikan dalam tayangan di atas, ayat ini tidak pernah saya ajarkan secara sengaja pada anak saya Melody, akan tetapi karna ayat ini lebih kurang diulang dalam 4 kali dalam sebuah naskah drama natal, saat itu Desember 2012 Melody selalu mengikuti baik latihan maupun pentas dari drama ini, yang dipentaskan 4 kali, di gereja sendiri, di natal Oekumene, di natal BKS Magelang, serta di SIL GPDI Ngadirejo, di parakan.  Jika latihan saja dianggap saja 12 kali ( sekali latihan dua putaran)- dan pentas 4 kali, bisa jadi melody mendengar ayat ini selama 16 kali kali 4 penyebutan ayat dalam naskah = 64 kali.  Tanpa saya sengaja mengajarkan, dia otomatis hafal sendiri, karna tidak pernah tidak, selalu menemani saya melatih para pemain drama, dan pada saat tampil, selalu ikut menonton

Seperti anda ketahui, dalam tayangan tersebut ada beberapa pengulangan ayat, nah di titik tertentu, kata-kata yang diucapkannya tidak jelas bukan? Walaupun di otaknya- semua kosa kata itu sudah ada/ sudah terkonsep- tetapi dalam pelafalan terkadang ada kata-kata yang masih sulit untuk diucapkannya….

inilah yang saya maksud dengan Mazmur 8:3, pada anak batita pun (bayi-bayi dan anak-anak menyusu)- konsep kata-kata yang belum bisa diucapkan di mulut tetapi sudah ada di pikiran itulah yang sudah dapat menjadi suatu SENJATA PEPERANGAN ROHANI MELAWAN IBLIS.

Semoga anda dimampukan Roh Kudus untuk memahami ini.

Untuk diketahui , rekaman ini dibuat saat Melody usia tepat 3 tahun (Desember 2012)

Jadi mulai umur berapa anak-anak bisa ikut PASUKAN DOA?

  • SEJAK BAYI

PERISTIWA-PERISTIWA PENTING DI ALKITAB- TIDAK TERLEPAS KAITANNYA DENGAN ANAK-ANAK

  • Sebagai prajurit cilik mereka dicatat hadir dalam peristiwa-peristiwa penting
    • Ulangan 31: 11-13, pembacaan Hukum taurat setiap 7 tahun sekali, dicatat dalam Alkitab, diperintahkan Tuhan, juga harus dihadiri oleh anak-anak
    • Yosua 8:35, Anak-anak tercatat hadir saat Yosua membacakan hukum Tuhan di gunung Ebal
    • Ez 10:1 Tindakan Ezra berdoa untuk memohon ampun atas dosa bangsanya, dicatat hadir pula di situ anak-anak
    • Neh 12:43. Anak-anak dicatat hadir dalam pentahbisan tembok Yerusalem, yang telah berhasil dibangun kembali di masa Nehemia.
    • Hakim hakim 16: 26 Anak kecil dicatat sebagai yang menuntun Simson menemukan kedua tiang gedung yang dirobohkan di hari matinya bersama musuh orang Filistin
    • II Raja-raja 4: 5 anak-anak ikut terlibat dalam mujizat minyak mengalir untuk menghapuskan hutang
    • II Taw 20:13 anak-anak dicatat ikut dalam doa peperangan rohani dalam pasal peperangan rohani ini
    • Peristiwa 5 roti dan 2 ikan sudah bukan jadi rahasia lagi bahwa ada anak kecil sebagai bagian dari cerita nyata ini.
    • Ada anak kecil yang jadi budak serta memenangkan keluarga perwira Naaman
    • Kisah 23: 16. Ada keponakan Paulus yang menghindarkan Paulus dari usaha pembunuhan

APA YANG MENJADI POKOK DOA BAGI ANAK-ANAK?

  • Pokok Doa International
  • Pokok Doa National
  • Pokok Doa Regional
  • Pokok Doa Kota
  • Pokok Doa Gereja Lokal
  • Pokok Doa Missi
  • Pokok Doa Keluarga
  • Pokok Doa Pribadi

Metode yang menarik anak-anak agar tetap bersemangat saat berdoa:

  1. 1.       Mengajak anak-anak berdoa
  2. 2.       Guru berdoa di depan anak-anak
  3. 3.       Membentuk Pasukan Doa Anak
  4. 4.       Doa sambil memegang PETA dari area yang didoakan
  5. 5.       Menuliskan nama suku yang didoakan di punggung anak-anak, huruf per huruf ( bisa oleh guru atau antar teman) , dalam hal ini, kita memadukan antara Metode Doa dan Metode Sentuhan
  6. 6.       Membuat kartu doa
  7. 7.       Membuat Kunjungan Doa
  8. 8.       Membuat doa missi
  9. 9.       Membuat doa kota
  10. 10.   Mengajak anak-anak doa yel yel
  11. 11.   Mengajak anak-anak doa tari
  12. 12.   Mengajak anak-anak doa nyanyian
  13. 13.   Mengajak anak-anak doa prophetik
  14. 14.   Membuat kliping doa, dengang menggunting data-data suku-suku yang akan didoakan, ,browsing di internet, dll
  15. 15.   Membuat jaringan doa dengan Lembaga Missi
  16. 16.   Membuat acara KONSER DOA UNTUK INDONESIA- dengan membuat :
    1. a.       Peta Indonesia berukuran raksasa
    2. b.      Doa prophetik
    3. c.       Doa dengan kartu pahlawan
    4. d.      Doa dengan memegang poster

                                                              i.      Pancasila

                                                            ii.      Burung Garuda

  1. e.      Doa dengan memegang bendera Indonesia
  2. f.        Doa lewat puisi
  3. g.       Doa lewat lagu
  4. h.      Doa lewat tari
  5. i.        Doa lewat perkusi dan yel yel/ perkataan iman
  6. j.        Doa lewat parade kostum merah –putih
  7. k.       Doa lewat bendera mini dan nama propensi
  8. l.        Doa dengan memegang kartu mentri Indonesia
  9. m.    Doa dengan memegang kartu pakaian adat Indonesia
  10. n.      Doa dengan memegang kartu senjata adat Indonesia
  11. o.      dll
  12. Guru mengajak anak-anak doa keliling
  13. Membuat agenda doa dan chek list untuk doa yang telah dijawab
  14. Membuat doa area
  15. Membuat rantai doa
  16. Membuat ibadah doa khusus
  17. Membuat kotak doa
  18. Membuat doa sahabat
  19. Mengajak anak-anak doa  surat
  20. Mengajak anak-anak doa untuk teman sekelas dan guru-guru di sekolah
  21. Berdoa di pasar
  22. Berdoa di mall
  23. Berdoa di rumah sakit
  24. Berdoa di sekolah
  25. Berdoa di panti jompo
  26. Berdoa di panti asuhan
  27. Berdoa di rumah anak penyandang  cacat YPAC
  28. Berdoa di lapangan
  29. Berdoa dengan Parade Band
  30. Berdoa belaskasihan pada yang menderita
  31. Berdoa dengan Karnafal Doa

Keterangan: yang digarisbawahi adalah yang sudah pernah kami praktekkan di PASDAAN ABRAHAM.

Tips Pembukaan Pasukan Doa Anak:

  1. Adakan pendekatan pada Bpk Gembala, komunikasikan VISI serta MISSI, minta dukungan beliau untuk bantu mengumumkan pada jemaat nantinya jika hari sudah ditentukan
  2. Adakan pendekatan pada Ketua Departement anak di gereja anda, komunikasikan VISI serta MISSI, minta dukungan beliau untuk bantu mengumumkan pada anak-anak dan wali murid  nantinya jika hari sudah ditentukan
  3. Buat satu hari minggu, yang materi ajar pada anak-anak khusus berbicara mengenai pentingnya kita berdoa bersama, berdoa sepakat, dll, dengan kisah nyata yang menarik, disertai ayat mas yang sesuai
  4. Tantang mereka untuk bergabung dalam pasukan doa anak, bersama ribuan anak lainnya di seluruh dunia
  5. Bagi yang menerima tantangan ini, minta mereka berkumpul seusai sekolah minggu dan minta data hari apa saja mereka les/ ekskul dan jamnya, guru sudah mempersiapkan formulir isian terlebih dahulu, sebelum acara ini
  6. Hari dan jam ditentukan, tak lupa memperhitungkan juga kesediaan guru-guru pembimbing kelompok/regu doa
  7. Tunjuk koordinator PASUKAN DOA ANAK
  8. Buat program setiap minggunya
  9. Buat brosur dan memuat foto-foto, umumkan di warta gereja, warta anak, papan pengumuman, dll
  10. Mulailah hari pertama dengan memilih nama pasukan doa ini
  11. Buka forum kesaksian di ibadah raya, akan doa-doa yang sudah dijawab, mujijat yang dialami oleh para pendoa (khususnya peningkatan yang mereka alami dari Tuhan ,setelah mereka bergabung dalam pasukan doa ini). Cara ini akan menambah animo para pengamat yang akan berubah menjadi para peserta
  12. Sediakan snack kecil untuk anak-anak, dan gunakan gereja, rumah, atau di mana saja bisa berdoa.

Kesaksian dari PASUKAN DOA ANAK ABRAHAM , di gereja saya, GPDI Kharisma Kalinegoro, anggota pasukan doa ini, semuanya mengalami peningkatan nilai raport mereka bahkan ulangan harian mereka, setelah mereka rutin berdoa dalam acara PASDAAN ABRAHAM ini.

 

Saya sangat bangga dengan Pasukan Doa Anak Abraham, GPDI KHARISMA KALINEGORO, MAGELANG, di bawah asuhan Ibu Juplin, yang atas permintaan mereka sendiri kini mereka doa dua kali seminggu, yang mana tadinya satu kali seminggu. Yaitu Senin dan Selasa. Saya sangat terharu mendengar berita anak-anak yang sangat suka berdoa ini. Tuhan ..biar apimu membakar terus semangat mereka untuk bisa jadi berkat buat Indonesia dan Bangsa-bangsa lewat doa-doa mereka. Cium hangat dari saya untuk Ibu Juplin, Adik Yossi, Adik Melissa, Adik Nathan, Adik vina, Adik Pipin…dan semua yang bu grace tidak bisa sebut satu persatu, we’ll keep touch in pray.

BERITA KEMAJUAN PASUKAN DOA ANAK ABRAHAM INI SAYA TERIMA DARI IBU JUPLIN , NOVEMBER 2013. SAAT SAYA SUDAH TINGGAL DI KENDARI.

Jika anda ingin membaca mengenai KONSER DOA UNTUK INDONESIA, dapat anda buka di link ini

KONSER DOA UNTUK INDONESIA

LAMPIRAN 1

8 Kecerdasan Otak Bayi

Penulis : Lusia Kus Anna | Senin, 3 September 2012 | 12:30 WIB

http://health.kompas.com/read/2012/09/03/12301797/8.Kecerdasan.Otak.Bayi

shutterstock

Kompas.com – Meskipun tampak mungil dan tidak berdaya, tetapi penelitian menunjukkan bahwa bayi memiliki kecerdasannya sendiri. Berikut adalah 9 macam kecerdasan yang dimiliki bayi sejak mereka lahir.

1. Tahu siapa “bosnya”

Sejak usia 10 bulan, bayi sudah bisa mengenali hirarki sosial dan mampu memahami siapa yang paling “berkuasa”. Yang menarik, para bayi sudah mengetahui konsep tersebut bahkan sebelum mereka menguasai bahasa.

2. Membaca emosi anjing peliharaan

Bahkan sebelum mereka bisa mengucapkan kata “mama”, bayi sudah mampu membaca emosi anjing peliharaan. “Emosi adalah hal pertama yang bayi pelajari dari lingkungannya,” kata Ross Flom, profesor psikologi dari Brigham Young University di Utah.

3. Memahami mood dan emosi

Meski mereka belum bisa bicara, bayi sudah bisa mengetahui apakah orangtuanya sedang gembira atau sedih berdasarkan intonasi suara yang didengarnya. Kemampuan itu mereka miliki di usia 5 bulan.

4. Terlahir untuk menari

Bayi memang menyukai musik. Lebih dari itu, mereka mampu menyesuaikan gerakan tubuhnya dengan musik yang mereka dengar. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, kemampuan untuk bergoyang atau menari adalah bawaan manusia sejak lahir.

5. Meniru aksi 

Sebuah penelitian menemukan, saat bayi berusia 9 bulan, area otak mereka akan ikut aktif saat mereka melihat orang lain melakukan sesuatu kegiatan, misalnya menarik benda. Meski tidak melakukan kegiatan tersebut, saraf-saraf dalam otak tetap aktif.

6. Belajar cepat

Meski sedang tertidur, bayi sebenarnya bisa belajar. Otak mereka memiliki kemampuan seperti spons data dengan menyerap informasi tanpa henti. Karena itu mungkin bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur supaya mereka bisa dengan cepat beradaptasi dengan dunia barunya.

7. Memahami bahasa

Kemampuan bayi dalam memahami bahasa sebenarnya sungguh luar biasa. “Bayi baru lahir bahkan bisa membedakan dua bahasa berbeda dan tanpa kesulitan bisa mempelajari bahasa mana pun,” kata George Hollich, psikolog yang banyak melakukan riset mengenai kemampuan bahasa bayi. Menurutnya, bayi bisa memahami tata bahasa di usia 15 bulan.

8. Mengenali karakter

Mengetahui mana yang suka membantu dan mana yang egois adalah kemampuan yang perlu dimiliki dalam memilih teman. Dan tahukah Anda bahwa kemampuan itu sudah dimiliki manusia di usia dini. Riset menunjukkan bayi berusia 10 bulan cenderung memilih orang yang memiliki karakter gembira dan baik.

POWER POINT UNTUK MATERI INI DAPAT ANDA UNDUH DI SINI:

MEMBENTUK PASUKAN DOA ANAK

Dan ini kesaksian saya seputar pengambilan handycam di Yogyakarta, hari ini, 11 Juli 2013

Oleh-oleh dari Yogyakarta.

Handycam saya sudah lama ngadat…dibengkelkan kog ya dua bulan lamanya baru selesai …huuuiiiiih

Pengen rasanya tidak perlu repot-repot ke Yogyakarta dengan biaya yang tidak murah…jadi nunggu yayangku aja biar kalau pas dia ada di Magelang, bisa mudah ke Yogyanya naik mobil kantor ceritanya…

tapi …tanpa di duga tanpa dinyana, ternyata sesi tambahan yang saya sodorkan pada panitia seminar guru dari CIBUBUR, memilih thema : MEMBENTUK PASUKAN DOA ANAK

Saya kemarin mengadakan persiapan materi, sudah ada sih rekaman anak pasdaan abraham dari gereja kami ( rekaman 2 tahun lalu) – tapi hati saya tergelitik ingin menambahkan dengan rekaman terbaru yang memuat metode metode doa yang selama ini sudah pernah kami laksanakan, dan itu ashik punya, seperti doa sentuhan, doa yel yel, dll

Kalau memang diniatin, mau tidak mau kamis hari ini harus bikin rekaman ke dua, diedit secepat-cepatnya untuk diberangkatkan ke Cibubur hari Jumat….diseminarkan hari Minggu…

Dan dengan segala daya upaya, membawa nonik cantik berusia 3,5 tahun, berangkat dari rumah jam 10 pagi ( pasalnya beresin rumah dulu sebelum berangkat), dengan coba-coba ke travel yang ada- karna sudah coba bell nggak diangkat- eh untung sekali, sudah di atur Tuhan, pas ada mobil siap berangkat dan ada kursi pula…langsung deh naik, tanpa menunggu lama- paling cuma 2 menit di kantor travel, eh mobil datang.

Jadi deh ngirit, nggak perlu naik taxi yang muahal..

Turun di kantor tempat service handycam…syukurlah semua lancar…(pake repot bawa laptop segala untuk nyoba apa data dari handycam bisa masuk ke komp gitu)

Berikut naik taxi ke rumah mama angkatku di YK, ngobrol dan pulang…

Sudah cari nomor travel sana sini nggak dapat, akhirnya berburu bus, diantar kakakku ke JOMBOR (terminal bus)- dapatlah bus ekonomi..(saya sih ndak masalah, tapi nonik cantik ini ndak tahan sumuk/panas)

Tuhan baik, diturunkan-Nya hujan lebat, sehingga ada kesejukan di sepanjang jalan

waktu turun hujan masih lebat akhirnya atas saran bpk sopir dan kenek, saya pun turun di garasi tempat mereka mangkal, sambil menunggu taxi, mereka pun heboh cari payung buat saya, karna saya cukup kerepotan bawa handycam dan laptop..takut terkena hujan. Puji Tuhan, cuma saya penumpang yang turunnya kaya tuan putri, dipayungin…Taxi pun datang, dan sampai di gereja pas jam 16.45, siap merekam anak-anak jam 17.00.

Demi maunya Tuhan…rekoso (susah payah) ambil handycam ke Yogya..ya nggak papa deh ..kalau itu yang memang Tuhan mau..aku rela kog.

Makasih Tuhan, karna ini projeck-Mu, Engkau sediakan travel, pas waktunya, (walau tanpa pesan tiket dulu)- bisa nengok mama saya di Yogya, serta diberi hujan kesejukan pas pulang serta bisa pas jam sampai di gereja….

Tuhan itu emang keren…jalan sama Tuhan emang paling ashiiik !!!

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s