INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION- MINGGU 21


MINGGU 21

INCREDIBLE GENERATION

IN= INTIMACY, CRE=CREATIVE, DI= DISCIPLINE, BLE=BLESSING.

JOSHUA GENERATION

MATERI PER KELAS

THEMA; INTIMACY 20

TUJUAN:

Anak-anak IGJG mengenal pribadi Yosua yang berani memperkatakan hal yang tampaknya mustahil, sehingga terjadi mujizat besar. Anak-anak berlatih memperkatakan kalimat iman yang memindahkan gunung.

 

BACAAN GURU

YOSUA 10: 1-27

PENDAHULUAN

Ada banyak sekali peristiwa-peristiwa spektakuler dalam Alkitab, yang terjadi KARENA IMAN YANG DIPERKATAKAN/ DIUCAPKAN/ DOA YANG DIUCAPKAN, dan iman yang diperkatakan itu ternyata dapat melakukan hal-hal yang sangat dahsyat, seperti beberapa contoh di bawah ini; kita melihat bagaimana ELIA mengucapkan kata-kata iman, baik saat berkata-kata , saat bernubuat, saat berdoa, semua dia lakukan dengan iman, sehingga hal-hal yang luar biasa itu terjadi sebagai mujizat yang dahsyat !! Sebenarnya ada banyak contoh lain, tetapi untuk kali ini, kita hanya batasi saja pada ELIA.

BAGI ANAK-ANAK DALAM 7 KELOMPOK lalu minta mereka baca bagian Alkitab yang ditugaskan, lalu mintalah mereka mengisi formulir sbb:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELOMPOK

( KOLOM 1)

BAGIAN ALKITAB

YANG SAYA BACA ( KOLOM 2)

KATA-KATA APA YANG DIUCAPKAN ELIA ( KOLOM 3) APA YANG TERJADI SESUDAH ITU ( KOLOM 4)
1 I Raja-raja 17: 1, 7  Sesuatu apakah yang terjadi, yang sangat dahsyat, SETELAH ELIA BERKATA-KATA DENGAN IMAN pada peristiwa ini?

 

2 I Raja-raja 17: 7-16 Sesuatu apakah yang terjadi, yang sangat dahsyat, SETELAH ELIA BERKATA-KATA DENGAN IMAN pada peristiwa ini?

 

3 I Raja-raja 17: 17-24 Perhatikan, bahwa Elia telah mengatakan perkataan yang berbeda antara yang dikatakannya di ayat 20 dan di ayat 21, dan manakah yang Tuhan dengarkan?  Dan apakah yang terjadi setelah Elia mengatakan perkataan yang kedua di ayat 21? Sesuatu apakah yang terjadi, yang sangat dahsyat, SETELAH ELIA BERKATA-KATA DENGAN IMAN pada peristiwa ini?

 

4 I Raja-raja 18:23-24, 36-38. Sesuatu apakah yang terjadi, yang sangat dahsyat, SETELAH ELIA BERKATA-KATA DENGAN IMAN DAN BERDOA DENGAN IMAN  pada peristiwa ini?

 

5 I Raja-raja 18: 41-45 , bandingkan dengan peristiwa sebelumnya, bahwa Israel sebelumnya mengalami masa kelaparan/ kemarau panjang ( I Raja-raja 17: 1, 7). Sesuatu apakah yang terjadi, yang sangat dahsyat, SETELAH ELIA BERKATA-KATA DENGAN IMAN DAN BERDOA DENGAN IMAN  pada peristiwa ini?

 

6 I Raja-raja 21: 23 adalah perkataan Elia kepada raja Ahab, sebagai NUBUATAN/ berita akan apa yang akan terjadi nanti pada mayat Izebel; bandingkan dengan  yang terjadi di II Raja-raja 9: 35-37 adalah apa yang terjadi dengan Izebel. Untuk bernubuat juga butuh namanya IMAN yang diperkatakan. Sesuatu apakah yang terjadi, yang sangat dahsyat, SETELAH ELIA BERKATA-KATA DENGAN IMAN pada peristiwa ini?

 

7 II Raja-raja 1; 1-17 Sesuatu apakah yang terjadi, yang sangat dahsyat, SETELAH ELIA BERKATA-KATA DENGAN IMAN pada peristiwa ini?

 

 

Setelah mereka diberi waktu membaca, dan menuliskan pada lembar jawaban ini, maka mereka diminta presentasi. Presentasi hanya membacakan KOLOM KE TIGA DAN KOLOM KE EMPAT ( hanya membaca APA YANG DIKATAKAN ELIA dan APA YANG KEMUDIAN TERJADI)

Namun pada saat mereka presentasi, ada 1 orang dari kelompok mereka yang akan jadi ELIA ( dia harus secara spontan, lipsing, mengikuti pengisi suara yang sedang membaca kolom 3  / kalimat yang diucapkan Elia).

Sisanya orang dalam kelompok tersebut; bertugas ; berpura-pura melihat peristiwa spektakuler/ peristiwa dahsyat yang terjadi setelah Elia mengucapkan kata-kata imannya tersebut, seolah-olah peristiwa itu ada di depan mata mereka. Mereka wajib mengekspresikan keheranan/keterkejutan mereka, misalnya berkata “ Waauuuu…” sambil geleng-geleng kepala, dlsb. ( sesuaikan dengan kisah yang berbeda pada tiap kelompok) – jadi BUKAN memperagakan MUJIZATNYA- melainkan HANYA MENGEKSPRESIKAN RESPON ORANG YANG MELIHAT MUJIZAT ITU TERJADI.

Jika anda melibatkan murid, karena jumlah mereka memungkinkan, maka boleh juga disediakan hadiah untuk kelompok terbaik/ penampil terbaik.

Bila anggota kelompok terlalu sedikit, pada saat kelompok presentasi dengan cara membaca kolom 3 dan kolom 4, maka GURU yang akan bertugas LIPSING dan MENGEKSPRESIKAN RESPON TERKEJUT/ HERAN tersebut.


Kesimpulan Guru untuk bagian Pendahuluan ini:

Setelah semua kelompok presentasi:

Waaauuu, mungkin Elia itu adalah manusia SUPER….dia adalah SUPERMAN…!!

Huuu huuui tidak juga ya…

Simak di ayat ini:

Yakobus 5: 17 Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh BERDOA, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.

Kata BERDOA ; dalam ayat ini digunakan kata asli: PROSEUCHOMAI yang juga berarti MENGUCAPKAN DOANYA.

Jadi doa daripada ELIA bukan doa dalam hati, tetapi DOA YANG DIUCAPKAN SAMPAI DIDENGAR OLEH TELINGA.

Bagaimana ya Elia kog bisa mengucapkan kata-kata yang luar biasa berani, tetapi itu benar-benar terjadi?

Dari hasil KEINTIMAN/ KEAKRABAN dengan TUHAN.

Jadi kata-kata yang diucapkan bukan juga kata-kata NEKAT/ BONEK- BONDO NEKAT/ hanya bermodalkan nekat saja, tetapi kata-kata berani yang diucapkan adalah memang seturut dengan KEHENDAK TUHAN.

Jadi bukan kata-kata  yang muncul  dari kebencian; misalnya kita sedang bertengkar dengan teman kita, lalu kita berkata-kata  “ Semoga dia mati kecelakaan!” Itu tidak Tuhan inginkan, karena Tuhan justru ajarin kita mendoakan kebaikan bagi musuh-musuh/ orang-orang yang membenci kita. ( jelaskan ke anak-anak, kata musuh di sini bukan berarti kita memusuhi orang lain, tetapi justru terkadang orang lain yang memusuhi kita. Itu disebut musuh. Tetapi Tuhan tidak ingin kita memusuhi siapa pun, kita harus berdamai dengan semua orang, termasuk orang yang jahat pada kita)

Memang kita tidak akan seperti ELIA meminta Tuhan membakar orang-orang dengan api yang turun dari langit. Tetapi pada era / masa kita sekarang, kita bisa minta Tuhan membongkar kejahatan narkoba, minta Tuhan membuat polisi bisa menangkap pengedar narkoba, dan minta mereka dipertobatkan, dll. Kita juga bisa berdoa agar club malam ditutup, tempat perjudian ditutup, dll. Itu butuh PERKATAAN IMAN, yang DIUCAPKAN. Kita juga bisa dengan perkataan kita MEMBATALKAN KONSER MUSIK IBLIS, yang mungkin direncanakan akan dilaksanakan. Dan masih banyak contoh lainnya.

Jadi kesimpulannya; KEINTIMAN/ KEAKRABAN DENGAN TUHAN AKAN MEMBUAT KITA DAPAT BERKATA-KATA DENGAN IMAN – SESUAI DENGAN KEHENDAK TUHAN, ATAU SESUAI DENGAN APA YANG TUHAN INGINKAN UNTUK KITA KATAKAN- DAN SUATU PERKARA DAHSYAT/ HEBAT PUN BISA TERJADI/ TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BISA TERJADI.

Misalnya; orang tuamu bertengar terus, dan akan bercerai. Maka kamu bisa berkata –kata dengan iman “Dalam nama Yesus, Tuhan perdamaikan kembali papa dan mama, dan aku batalkan semua rencana perceraian, aku perkatakan dengan iman.” Maka tidak mustahil, papa dan mama rukun kembali dan tidak jadi bercerai.

Misalnya; kamu lemah di pelajaran matematika, maka kamu bisa berkata-kata dengan iman “Dalam nama Yesus, berikan aku kepandaian dalam ilmu matematika, dalam nama Yesus, aku bisa mengerjakan ulangan dengan baik dan bisa mengerti semua yang diajarkan guruku. Amin”

Dan masih banyak contoh lainnya. Kita bisa terapkan dalam hidup kita sehari-hari.

 

INTI MATERI

Nah, tadi kan kita sudah belajar bagaimana kata-kata ELIA, yang dikatakan dengan penuh iman, bisa dipakai Tuhan untuk membuat mujizat yang  sangat hebat!! Walaupun dia adalah manusia biasa seperti kita, dia bukan superman !!

Bagimana dengan kisah Yosua?

Yook kita baca di :

YOSUA 10: 1-27 ( kalau waktunya singkat, bisa baca saja langsung di ayat 12-15)

Waaauuuuuuuuuuuu spektakuler/ hebat sekali ya…???

Matahari pun berhenti dan juga Bulan pun berhenti.

Nah sekarang, kita bikin lomba lagi

Kelompok sama seperti tadi, kelompok 1-7

Jika Bapak/Ibu guru membaca perkataan YOSUA di Yosua 10: 12 “Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon !”

Tugas kalian; menunjuk 1 orang dalam kelompok kalian untuk LIPSING ( hanya menggerak-gerakkan bibir) sementara Bpk/Ibu guru yang membacakan kalimat Yosua tersebut ( dengan intonasi yang sangat bagus/ natural sekali), sembil menunjuk pada Matahari dan Bulan.

Sisanya dari kelompok kalian, harus menjadi bangsa Israel yang terheran-heran melihat hal tersebut benar-benar terjadi.

Siapa kelompok yang lipsingnya dan ekspresinya sangat bagus, jadi pemenang lomba ini.

Setelah selesai semua kelompok berlomba, kini saatnya kita bermain imajinasi ya…….

 

Keterangan untuk guru: cerita imajinasi sah-sah saja, bisa dipelajari di tulisan ini:

https://jeniuscaraalkitab.com/2016/08/05/belajar-menjadi-penulis-materi-anak-sesi-11-cerita-imajinasi-dan-cerita-fabel/

 

Guru mempersiapkan :

GAMBAR MATAHARI ( 7 buah untuk 7 kelompok; atau sesuaikan jumlah murid, atau bisa per anak satu gambar) – PILIH GAMBAR YANG TENGAHNYA KOSONG SEHINGGA DAPAT DITULISI. Atau bisa didesignkan gambar matahari yang diberi awan-awan kata-kata/ seperti pada komik.

GAMBAR BULAN ( 7 buah untuk 7 kelompok; atau sesuaikan jumlah murid, atau bisa per anak satu gambar) – PILIH GAMBAR YANG TENGAHNYA KOSONG SEHINGGA DAPAT DITULISI. Atau bisa didesignkan gambar BULAN  yang diberi awan-awan kata-kata/ seperti pada komik.

 

Seandainya Matahari dan Bulan bisa berbicara ; ini hanya seandainya….

Kira-kira apa yang akan mereka katakan; SAAT PERISTIWA ITU TERJADI, di mana matahari berhenti bergerak dan bulan pun tidak bergerak, di tengah langit dan matahari lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.  Tuliskan pada MATAHARI dan tuliskan pada BULAN.

Keterangan untuk guru:

Anak –anak mempelajari di IPA bahwa bumilah yang bergerak mengitari matahari. Namun dalam ayat ini justru mataharilah yang diperintahkan berhenti bergerak.

Karena Alkitab mengatakan hal tersebut maka, kita tidak perlu membahas hal ini, agar tidak menjadi perdebatan sengit.

Kita ikuti saya sama seperti yang dituliskan di Alkitab, bahwa pada saat itu Tuhan mendengarkan permohonan Yosua untuk menghentikan Matahari dan bulan, jadi dalam hal ini yang bergerak bukan buminya, tetapi mataharinya.

Namun pada saat ini memang sedang berkembang konsep flat earth

https://www.youtube.com/watch?v=E9tL-lPsDZM&list=PLZWHWO6wlZjhhfXbUcTpYOkPvUE4j8GA6

Selama anak-anak tidak menanyakan hal ini, abaikan saja, agar mereka tidak bingung antara pelajaran di sekolah dan yang tertera di Alkitab.

Jadi ini untuk pengetahuan guru saja, tidak perlu dilontarkan ke anak-anak. Nanti ada saatnya mereka akan mengerti sendiri mana yang benar atau yang salah.

 

Contoh;

Matahari : “ Waaahhhhh seumur-umur…baru kali ini , hal seaneh ini bisa terjadi !”

Bulan : “Serunya melihat pertempuran dari sini sambil diam saja !”

Dst.

Tiap kelompok diberi kesempatan presentasi , imajinasi mereka seandainya Matahari atau Bulan bisa berbicara, kira-kira apa yang akan mereka katakan dalam persitiwa ini.

 

Tokoh Pembanding

TOKOH pembanding telah dibahas di pendahuluan

 

 

PENUTUP

Guru mengajak anak-anak merekam kata-kata iman anak-anak pada HP mereka masing-masing atau pada HP guru untuk pada kesempatan lain dicopykan ke HP mereka masing-masing.  Sebagai praktek untuk memperkatakan iman mereka, dan mintalah mereka sering memperkatakan imannya tersebut, sampai mujizat Tuhan dinyatakan/ sampai Tuhan menyatakan kehendakNya.

Indikasi pencapaian

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

1 thought on “INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION- MINGGU 21”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s