103. PESTA KOSTUM


PESTA KOSTUM

DSC00907 DSC00908 DSC00909

PESTA KOSTUME

 

Anak-anak dan wali murid diumumkan bahwa minggu depan ada pesta kostume.

Maka anak-anak akan datang dengan berbagai macam kostume yang mereka punya, mungkin mereka akan memakai kostume Hero, kostume Putri Raja,kostume profesi,kostum baju daerah Indonesia atau bahkan kostume Piama/ baju tidur yang unik.

Bila anda tidak menginginkan anak-anak memakai kostume Hero, seperti Superman, Batman,dlll, bisa diberi pengertian di awal seperti ini:

  • HERO/ Pahlawan kita yang sebenarnya adalah Kristus Yesus, tanpa pertolongan Yesus kita tidak akan diselamatkan.
  • Maka Bpk/Ibu tidak menyarankan minggu depan kalian memakai kostume Superman, Batman, dll. karena Superman, batman dll bukan pahlawan yang sesungguhnya, mereka hanya FIKSI/ tokoh khayalan belaka.

 

Acara yang bisa berlangsung adalah :

Mengambil photo dari anak-anak ini. Sebelum acara berlangsung ,atau sesudahnya.

Baju yang dipersiapkan guru sebagai peraga:

  • Baju pesta yang mahal sekali
  • Baju yang sudah robek
  • Baju yang sangat kusut

Saran; baju harus variannya ada baju perempuan dan baju laki-laki. Agar anak-anak memiliki gambaran bahwa baik laki-laki maupun perempuan sama-sama harus bersiap menyongsong kedatangan Yesus yang datang sebagai Raja di atas segala raja, dan Tuan di atas segala tuan.

YANG DIPERSIAPKAN GURU;

  • KOSTUM CADANGAN BAGI ANAK PEREMPUAN DAN BAGI ANAK LAKI-LAKI YANG TIDAK MENDENGARKAN PENGUMUMAN ATAU LALAI MEMAKAI KOSTUM KHUSUS.
  • KECAP
  • BASKOM ( KALAU BISA YANG BERWARNA BENING)
  • BAYCLEAN
  • AIR PERENDAM BAJU
  • BAJU PUTIH/KAOS PUTIH UNTUK PERCOBAAN ILMIAH
  • PENITI/ JEPIT RAMBUT untuk memasangkan kostume tertentu, semisal selendang, penutup kepala, dll.

 

 

KOSTUME APA YANG AKAN KITA PAKAI UNTUK

MENYAMBUT YESUS DATANG KE DUA KALINYA???

 

PEMUTARAN FILM DI AWAL

Yesus akan datang ke dua kalinya, menjemput gereja-Nya. Siapakah gereja-Nya..? Gereja-Nya adalah kita, gereja itu bukan GEDUNGNYA, tetapi gereja adalah kumpulan dari orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus.

 

KOSTUM APA YANG NANTI KITA PAKAI UNTUK MENYAMBUT YESUS DI AWAN –AWAN?

Nah, anak-anak, kita semua pasti memakai kostume/ baju ya…

  • Ada yang memakai baju HERO, misalnya Superman, Batman, dll……..apakah kita nanti ke surga memakai baju-baju hero ini…?? (Anak-anak yang pakai baju hero boleh diminta naik untuk berphoto bersama di tengah-tengah cerita)
  • Ada yang memakai baju DOKTER/ POLISI / dll ….apakah kita nanti naik ke surga memakai baju-baju ini? ( anak-anak yang pakai baju profesi boleh diminta naik untuk berphoto bersama di tengah-tengah cerita)
  • Ada yang memakai baju DAERAH JAWA, MADURA, dll………apakah kita nanti dijemput Tuhan, lalu kita naik ke surga memakai baju-baju daerah ini? ( anak-anak yang pakai baju daerah boleh diminta naik untuk berphoto bersama di tengah-tengah cerita)
  • Ada juga yang memakai baju JAS, BAJU PESTA/ BAJU PUTRI, dll………apakah kita nanti dijemput Tuhan memakai baju-baju seperti ini? ( anak-anak yang pakai baju pesta boleh diminta naik untuk berphoto bersama di tengah-tengah cerita)
  • Atau kita harus pakai baju Maria, Marta, Ruth, Ester, dll seperti tokoh-tokoh Alkitab? Jadi kita harus pakai baju seperti orang Israel? ( anak-anak yang pakai baju ala tokoh Alkitab boleh diminta naik untuk berphoto bersama di tengah-tengah cerita)
  • Atau kita akan pakai baju tidur/ piama seperti ini? ( jika ada yang unik seperti baju piama, dll, disatukan , naik ke panggung untuk diphoto bersama di tengah-tengah cerita)
  • Ataukah kita akan memakai seragam SD, seragam pramuka, atau seragam sekolah kita? ( jika ada yang memakai seragam boleh naik untuk berphoto bersama)
  • Ataukah kita akan memakai baju biasa seperti ini ? ( wali murid yang memakai baju biasa/ baju sehari-hari boleh naik untuk berphoto bersama)

 

  • Wooowwww atau kita harus beli baju semahal mungkin di mall ?( guru menunjukkan baju pesta yang mahal sekali)
  • Bagaimana kalau kita tidak punya uang, untuk membeli baju mahal, apakah kita akan pakai baju yang sudah robek seperti ini? ( guru menunjukkan baju yang sudah robek)
  • Atau kalau kita tidak sempat setrika, boleh tidak kita memakai baju yang kusut seperti ini? ( guru menunjukkan baju yang sangat kusut)

 

Semua jawaban itu salah….!! Kostum yang akan kita pakai untuk menyambut Tuhan Yesus datang ke dua kali adalah JUBAH PUTIH !!

Waaauuuuuuuuuuuu….bagaimana jika kita tidak punya jubah putih…?? Di mana harus beli jubah putih itu?

Ooohhhh bukan jubah putih yang ada di almari pakaian kita !! Bukan !!

Tetapi pada saat itu , kita semua akan diubah dalam sekejap mata !! Pada saat itu kita akan mengenakan pakaian surgawi, seragam surgawi, semua orang yang diangkat akan semuanya pakai jubah warna putih,  pakaian yang tidak dapat binasa, pakaian kudus, pakaian putih yang diberikan Tuhan dari surga, dan tubuh kita yang dapat mati ini akan diberi tubuh baru yang tidak dapat mati. Jadi jubah putih ini tidak perlu beli di toko !! Tuhan yang akan berikan pada kita.

I Korintus 15; 51-53

Tetapi tidak semua orang akan diangkat berjumpa Yesus di awan….hanya yang mendapat jubah putih dan hanya yang mendapat tubuh baru saja…yang dapat naik ke angkasa bersama Yesus nanti.

Nah….Bpk/Ibu akan jelaskan ya…

 

SEBENARNYA APAKAH SIH WARNA BAJU-NYA TUHAN ITU?

Tahukah kalian , apa warna bajunya Tuhan di surga?

Daniel pernah mendapat mengelihatan di Daniel 7:9 dia menuliskan bahwa pakaiannya Tuhan di tahta-Nya adalah PUTIH SEPERTI SALJU

Waaaaaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuuuuu ……………….keren sekali ya…!!

Dan Tuhan Yesus pun, pada saat dimuliakan di atas gunung , pakaian yang Yesus pakai menjadi putih berkilau-kilauan Lukas 9:29

Lukas 9:29 Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan.

Nich Videonya kita saksikan sama-sama ( potong Video hanya sampai Yesus dimuliakan, percakapan selanjutnya dengan Petrus, Yohanes dan Yakobus, tidak perlu kita lanjutkan, agar tidak memakan waktu terlalu banyak, jadi Vocus kita hanya pada Pakaian Yesus )

Putarkan Video ke 2

 

MENGAPA BERWARNA PUTIH

APAKAH ARTINYA?

Mengapa ya pakaian Tuhan di surga dan pada saat Yesus di bumi, dimuliakan di atas gunung, pakaian-Nya juga putih?

————————-( biarkan anak-anak menjawab)

Ya benar !! Karena Allah Bapa, Yesus dan Roh Kudus adalah Allah yang kudus. Kekudusan dilambangkan dengan warna putih:

Wahyu 19:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih! ( lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)

 

TUHAN INGIN KITA HIDUP KUDUS SEPERTI DIA

Jadi, Dia ingin kita juga hidup kudus/ suci

Tuhan ingin kita kudus karena Dia adalah Allah yang kudus

I Petrus 1: 16

Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Karena itu Tuhan juga ingin di hidup kita kita pakai baju putih.

DI Pengkotbah 9;8 ditulis begini:
Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.

Waaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhh, berarti tiap hari harus pakai baju putih donk !! Tidur pakai baju putih, sekolah pakai baju putih, ke gereja harus pakai baju putih…waaaah gimana donk !

Bukan itu maksudnya……….maksudnya, kita tiap hari harus hidup KUDUS/ HIDUP SUCI, karena yang memakai baju putih adalah HIDUP KITA/ HATI KITA.

 

BAGAIMANA CARANYA?

Menerima Yesus sebagai Juruselamat hidup kita, karena Yesus menebus dosa kita yang merah seperti kirmizi , dijadikan putih seperti salju.

Yesaya 1;18 Marilah kita berperkara! –firman Tuhan- Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.

Percobaan ilmiah:

Guru siapkan kaos putih, berikan kecap.

Celup dalam air yang sudah ada baycleannya, maka kain akan putih kembali.

Setelah itu, kita harus berusaha hidup dalam kekudusan/ jauhi dosa/ bertobat dari dosa-dosamu, jangan sengaja berbuat dosa, jangan tinggal di dalam kebiasaan dosa, cepat bertobat, cepat minta ampun, jangan ulangi terus dosa-dosa yang biasa kamu lakukan.

Apa saja itu? ( ini yang dikatakan oleh Yesus di Markus 7:21-13)

  • Pikiran jahat
  • Percabulan
  • Pencurian
  • Pembunuhan
  • Perzzinahan
  • Keserakahan
  • Kejahatan
  • Kelicikan
  • Hawa nafsu
  • Iri hati
  • Hujat
  • Kesombongan
  • kebebalan

Karena ini semua adalah DOSA yang  seperti NODA PADA KAIN PUTIH/ KERUTAN PADA PAKAIAN PESTA.

Baju yang dipersiapkan guru sebagai peraga:

  • Baju pesta yang mahal sekali – TETAPI YANG ADA NODANYA- MISALNYA DITARUH NODA KECAP- WALAUPUN HANYA SETETES. ( guru bisa beli baju pesta di pakaian bekas, dan siapkan kecap)
  • Baju yang sudah robek
  • Baju yang sangat kusut

Nah, orang yang hidupnya suka tinggal di dalam dosa, walaupun sudah menerima Kristus sebagai juruselamat, mereka tidak dapat diangkat naik ke surga, saat Yesus datang kedua kalinya. Mengapa? Karena mereka TIDAK MEMAKAI PAKAIAN PUTIH, tetapi pakaian kehidupan mereka ( hati mereka) penuh dengan dosa / noda/kerutan/robekan.

I Tesalonika 3:13

Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.

II Petrus 3: 14

Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.

Sebab,

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, kelainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang disorga. Matius 7:21

 

Kenapa harus pakai pakaian yang putih bersih? Hidup kudus? Karena di surga nanti kita akan menghadiri PESTA BERSAMA YESUS.

Nah, kalau datang ke pesta itu, harus pakai pakaian pesta yang cantik, tidak boleh ada noda, tidak boleh berkerut, tidak boleh sobek.

Pakaian putih itu ( yang tidak ada noda dan kerutannya) , adalah SERAGAM-nya untuk datang ke pesta itu.

 

Keterangan; untuk guru SM

( kita tidak menyebut pesta perjamuan kawin Anak Domba- karena anak-anak nanti bingung antara pempelai Kristus ( gereja Tuhan) – karena anak-anak punya konsep mempelai itu laki-laki dan perempuan, mereka belum mengerti gambaran bahwa gereja Tuhan ( termasuk kita yang laki-laki atau perempuan) adalah mempelai perempuan-Nya Kristus. )- kecuali anda mengajar di kelas besar, bisa mulai dijelaskan pelan-pelan apa artinya mempelai Kristus, dan apa artinya Perjamuan Kawin Anak Domba.

 

Jadi walaupun kita sudah menerima Kristus sebagai jurusamat, hati kita sudah disucikan seperti salju oleh pengorbanan Kristus di kayu salib, sehingga menjadi putih seperti bulu domba, tetapi jika kita tidak mau hidup kudus, tidak mau taat pada perintah-perintah Tuhan, maka nama kita bisa saja dihapus dari kitab Kehidupan

Wahyu 3:4-5

Tetapi di Sardis, ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan denna Aku dalam pakaian putih, karena mereka adalah layak untuk itu.

BARANGSIAPA MENANG, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian, Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

 

http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Why&chapter=3&verse=5


Why 3:5 
1

Nas : Wahy 3:5

Dengan jelas setiap orang yang telah mengalami kelahiran baru, tetapi kemudian menolak untuk bertekun dalam iman dan untuk menang, maka namanya akan dihapus dari kitab kehidupan

(lihat cat. –> Wahy 2:7).

[atau ref. Wahy 2:7]

Terhapusnya nama dari kitab kehidupan berarti kehilangan hidup kekal itu sendiri (Wahy 2:7,10-11) dan pada akhirnya dihukum dalam lautan api (Wahy 20:15). Inilah yang dikatakan oleh Roh kepada jemaat-jemaat (ayat Wahy 3:6; 13:8; 17:8; 20:12; 21:27; bd. Kel 32:32).

 

[+] Bhs. Inggris

Oleh karena itu anak-anak….kita harus terima salib Kristus, minta dosa kita disucikan, dan setiap hari kita harus hidup KUDUS. Bila kita berbuat dosa, Roh Kudus menegur, kita harus cepat bertobat. Jangan mengeraskan hati, jangan memelihara dosa, jangan tinggal di dalam dosa. Segera bertobat.

Karena hati kita, harus selalu memakai pakaian putih, sehingga saat Yesus datang ke dua kali, kita ternyata dalam keadaan siap, kita ternyata memakai pakaian putih ( di dalam hati kita) dan pakaian putih itu tidak berkerut/ tidak kusut/ tidak sobek, tidak bernoda, tidak bercacat, tidak cemar.

Jangan sampai saat Yesus datang, kita masih suka ;berbohong, mencuri, dendam, tidak mau mengampuni, pikiran –pikiran jahat, cabul, bicara yang sia-sia, malas, memberontak pada papa dan mama, dll.

Huiiiih, kalau itu terjadi, gawat !! Kita ditinggal…huuuuuu hhuuuu sedihnya….!!

MEMPERKATAKAN AYAT MAS:

Pengkotbah 9;8
Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.

 

Jadi ternyata HERO/ Pahlawan kita yang sebenarnya adalah Kristus Yesus, tanpa pertolongan Yesus kita tidak akan diselamatkan.

Maka Bpk/Ibu tidak menyarankan memakai kostume Superman, Batman, dll. Di kemudian hari yaaaa…. karena Superman, batman dll bukan pahlawan yang sesungguhnya, mereka hanya FIKSI/ tokoh khayalan belaka. ( ini penjelasan bagai anak-anak yang sudah terlanjur datang dengan menggunakan kostum Hero)

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

1 thought on “103. PESTA KOSTUM”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s