MISTERI ILAHI

Benar-benar ada kemuliaan Tuhan saat Dia menghendaki adanya suatu rahasia yang sengaja dirahasiakan-Nya dan dibuka pada saat Dia mau membukanya….


Tulisan ini terkait dengan kesaksian hidup anak kami Viciel, yang sudah meninggal, dan kisahnya dapat dibaca di buku ini:

Promo TVC

Puji Tuhan, buku The Victorious Girl telah terbit !!

Khotbah pada saat Ibadah Pemberangkatan Jenazah dari rumah duka.

MISTERI ILAHI

4 Agustus 2011

Pdt. Deni Yoga Trianto

Ayat Pembuka Amsal 25:2A

Kemuliaan Allah ialah merahasiakan sesuatu

Terkadang muncul pertanyaan-pertanyaan seperti ini:

Mengapa harus Viciel ? Mengapa dia lahir seperti ini ? Mengapa dia hidup secepat itu ? Mengapa bukan yang lain ?

Dan barangkali sampai saat ini, sampai Viciel dimakamkan,  jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu belum dapat terjawab, dan masih ada rahasia.

Diagnosa dokter menyebutkan bahwa Viciel menderita Hydrocephalus, yaitu adanya pembesaran kepala karna ada cairan di kepala. Pada hari yang sama 3 Agustus 2011 lalu, ada pasien lain yang juga operasi. Yang membedakan Viciel dari pasien itu adalah, pasien itu hanya menderita Hydrocephalus, sehingga setelah operasi, dia kembali ke kamar biasa, sedangkan Viciel setelah operasi harus pindah ke kamar ICU, karna ada pendarahan otak di kepalanya selain adanya penyakit hydrocephalus. Dokter menanyakan apakah anak ini pernah terjatuh atau terbentur ? Menurut orang tuanya tidak pernah. Darimanakah darah itu? Dan apakah yang menjadi penyebabnya ? Apakah ada salah penanganan saat proses kelahiran ? Sampai hari ini itu tetap misteri.

Kembali pada Firman Tuhan : terkadang Tuhan sengaja menyembunyikan sesuatu. Mengapa ? Supaya kita bergantung pada-Nya, supaya kita bergumul kepada-Nya, supaya kita berharap kepada-Nya.

Cerita Ayub menjadi menarik, karna Ayub yang adalah orang benar, tetapi kemudian diijinkan Tuhan hidup menderita. Ayub mencoba mencari tahu alasan mengapa dia menderita, padahal dia sudah hidup benar. Teman-temannya mencoba mendiagnosa, “karna kamu berbuat dosa…karna kamu melakukan ini, dan itu…” Tetapi sebenarnya itu bukan sebuah diagnosa yang tepat. Yang terjadi sebenarnya adalah, adanya  sebuah dial/ ada sebuah transaksi antara Allah dan Iblis, transaksi terjadi ketika Allah berkata kepada Iblis “Iblis, Aku memberi kuasa kepadamu untuk mencobai Ayub”

Ayub tidak pernah mengerti bahwa di alam roh, di sorga,  sudah terjadi deal antara Allah dan Iblis. Sekarang si Ayub menderita. Cerita itu menjadi menarik karna orang mencoba mencari jawaban dari penderitaaan Ayub, tetapi toh tetap sampai Ayub dipulihkan sekalipun, mereka tetap tidak dapat menemukan alasan mengapa Ayub menderita. Tidak masuk akal kan, orang yang hidup benar, orang yang takut akan Tuhan, mengalami penderitaan bertubi-tubi seperti itu ? Kalau bagi kita yang mengerti jawabannya, itu karna kita sudah membaca kisahnya, tetapi bagi si Ayub yang mengalami peristiwa itu, dia tetap tidak mengerti bahwa pernah terjadi transaksi /pembicaraan antara Tuhan dengan setan, jadi Tuhan sengaja merahasiakan transaksi itu terhadap Ayub. Supaya apa? Supaya Ayub bergumul, berserah dan bergantung pada Tuhan.

Saya percaya, jika kita sudah mengetahui semua perihal hari depan kita, tanggal berapa kita mati, hari ini mungkin kita tidak akan sungguh-sungguh ikut Tuhan, kita akan berfoya-foya saja, ‘toh aku sudah tahu hari matiku, aku nikmati saja dunia ini, hidup berfoya-foya’ begitu mungkin sikap kita jika kita sudah tahu hari mati kita.

Kenapa kita hari ini mencoba mengejar kekudusan, Mengapa hari ini kita mau coba hidup benar di hadapan Tuhan, ditengah dunia yang berdosa, mengapa ? Karna kita tidak tahu hari mati kita, jadi kita harus berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu Tuhan panggil kita.

Jadi ketika ada pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab dalam hidup kita, kita harus sepakat percaya bahwa Yesus adalah jawaban dari semua pertanyaan yang tidak terjawab. Yesus adalah sumber segala jawaban dan Dia akan buka pada akhirnya nanti. Tetapi hari ini jika kita tidak dapat menemukan jawaban dari misteri-misteri kehidupan, itu karna Tuhan ingin supaya kita bergantung dan bergumul kepada Allah.

Jika sejak anak kita bayi, kita tahu anak kita kelak akan jadi dokter, mungkin kita tidak akan mendorong dia belajar musik, hanya mengkonsentrasikan dia pada bidang biology saja.  Tetapi yang terjadi tidak demikian, kita akan tahu bahwa anak kita jadi dokter dalam sebuah perkembangan.

Jika kita tahu suatu saat istri kita si A atau si B, mungkin kita akan hidup free sex, ‘toh nanti aku akan menikah dengan si A’ begitu mungkin pikir kita.

Jadi dalam hidup kita ada banyak hal yang tidak terjawab, karna kembali ke Amsal, ayat mas kita hari ini “Kemuliaan Allah adalah merahasiakan sesuatu”

Jadi ketika kita tidak menemukan jawaban untuk beberapa pertanyaan dalam hidup kita, itu artinya Tuhan sedang menyatakan kemuliaan-Nya.

Yohanes 16:12. Pasal ini adalah pasal terakhir, yang merupakan pasal pamitan Yesus pada murid-murid-Nya, sebelum Ia disalibkan, dan dalam kalimat-kalimat pamitan-Nya, pada murid-murid-Nya Ia berkata seperti ini:

“Masih banyak hal yang harus kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.”

Jadi, Yesus berkata bahwa sebenarnya masih banyak hal yang harus dikatakan Yesus pada murid-murid-Nya, tetapi Ia belum mau mengatakannya, karna Yesus tahu bahwa murid-murid belum dapat menanggungnya, kalau Yesus buka semuanya, murid-murid-Nya belum siap, nanti ada Roh Kudus yang akan memimpin mereka dalam seluruh kebenaran.

Dalam hidup berlaku rumus bahwa apabila kita mengetahui segala sesuatu, itu melalui sebuah proses waktu, perlahan demi perlahan Roh Kudus membuka dan menyingkapkan dan pada akhirnya kita tahu.

Dalam kita Daniel, Daniel diperintahkan untuk memeteraikan sebuah rahasia, yang harus dimeteraikan / disimpan/ disegel sampai akhir zaman. Supaya tidak ada orang yang tahu, tetapi pada akhir zaman, orang akan menyelidiki dan pengetahuan akan bertambah-tambah.

Ulangan 29:29 Hal-hal yang tersembunyi adalah bagi Tuhan Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita, sampai selama-lamanya , supaya kita melakukan segala perkataan hukum taurat ini.

Bagi Ari, Grace dan segenap handai tolan, Saat pertanyaan tak terjawab itu muncul “Mengapa Viciel harus mengalami seperti ini?” mari serahkan pada Tuhan, dan biarkan hal-hal yang masih Dia sembunyikan itu menjadi bagian Tuhan,

Ada saatnya mungkin Dia nyatakan, ada saatnya mungkin Dia buka, tetapi menurut waktu Tuhan.

Soal gumpalan darih itu hari ini masih misteri. Tetapi Ibu Grace bercerita bahwa dia akan membuat janji pertemuan dengan dokter yang mengoperasi Viciel untuk mendiskusikan mengenai dari mana gumpalan darah itu. Tetapi hari ini masih misteri. Serahkanlah pada Tuhan. Dan kalau hasil pertemuan dengan dokter itu, ternyata dokter pun tidak dapat menyimpulkan dari mana datangnya gumpalan darah itu, mari tetap percaya kepada Tuhan.

Sebab Sadrakh Mesakh dan Abednego berkata “Aku tahu Allahku bisa melepaskan aku dari api yang besar ini, tetapi kalaupun tidak, aku tetap percaya kepada Tuhan, aku tidak akan menyembah berhala”

(diintisarikan dan dipublikasikan  atas seijin Bpk Pdt Deni Yoga Trianto)

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s