PEKAN ROHANI ANAK SESI 5 UPAH YANG MENANTIKU UNTUK KELAS SMP DAN SMA


SESI 5

UPAH YANG MENANTIKU

UNTUK SMP DAN SMA

 

 

GAME UPAH YANG MENANTIKU

Sesi 5

SESI 5 khusus pembicara

 

 

Tujuan  :

  • Anak-anak mengerti apa upah dari menghormati Bapa
  • Anak-anak mengerti apa upah dari menghormati bapa.
Mat 15:4 Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu;

Kel
 20:12
Hormatilah ayahmu dan ibumu 1 , v  supaya lanjut w  umurmu di tanah x  yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Ef
 6:1
Hai anak-anak, taatilah 1  orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. g
Kol 3:20 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu 1  dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

Ul 5:16 Hormatilah ayahmu p  dan ibumu, q  seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu r dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

 

METODE LELANG

Untuk 40 anak

Persiapan Panitia

Pembagian Kelompok:

  • Kita akan bagi anak anak dalam 4 kelompok. Usahakan pembagian kelompok ini dilakukan sebelum sesi, sehingga tidak memakan waktu banyak pada jam durasi sesi

Persiapan Ruangan:

  • Anak-anak akan duduk dalam BORDER/ garis batas kelompok 1 sampai dengan 4. Garis batas dibuat dari tali rafia yang direkatkan pada lantai menggunakan lakban bening.
  • Tiap garis batas ada warnanya ( bisa dipakai tali rafia) , misal;
    • kelompok 1 dengan garis MERAH
    • kelompok 2 dengan garis KUNING
    • kelompok 3 dengan garis BIRU
    • kelompok 4 dengan garis HIJAU
  • Masing –masing kelompok akan melingkar, dan pembina kelompok akan berdiri di tengah. – LIHAT PILIHAN DENAH 1. ( jika memungkinkan demikian, namun jika tidak memungkinkan, bisa saja duduknnya tidak melingkar, melainkan semua menghadap depan, yang penting di sini adalah, pemimpin lelang duduk di paling depan- LIHAT PILIHAN DENAH 2)

 

PILIHAN DENAH 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PAPAN GAME

PILIHAN DENAH 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Persiapan SDM:

  1. Pembicara akan membacakan soal, dimana SOAL ini adalah MATERI DENGAN THEMA; UPAH YANG MENANTIKU.
  2. Pembicara harus menguasai jalannya game lelang, karena pembicara sekaligus memimpin jalannya lelang
  3. Papan Game akan dilaksanakan oleh 2 orang, 1 orang sebagai penanda giliran kelompok, dan 1 orang lainnya untuk membantu memunculkan KUNCI JAWABAN HURUF.
  4. Sedangkan score tidak perlu dicatat, karena nanti di akhir acara bisa dihitung dari jumlah property kelompok, berupa jumlah krep dan bendera yang mereka miliki.

Persiapan Pembicara:

  1. Soal yang bersifat rahasia

Persiapan petugas Papan Game:

  1. Daftar nama tokoh Alkitab yang ada di kunci jawaban
  2. Pernak pernik papan score
    1. Nama kelompok
    2. Penanda giliran
    3. Jumlah huruf yang ditawar
    4. Kunci jawaban berupa huruf yang dibuka

 

Pemimpin Lelang/ Pemimpin Kelompok

  • Tambahkan KALUNG KERTAS BERTULISKAN; SAYA PEMIMPIN LELANG ( print dengan warna kuning untuk kelompok kuning, print dengan warna hijau untuk kelompok hijau, dst) Tabahkan pelubang kertas, rafia, kalungkan pada pemimpin lelang tiap kelompok.

Property yang dipersiapkan:

  1. Balon Gas
  • Balon gas akan dipajang dengan pemberatnya masing-masing di depan duduknya para kelompok sesuai warnanya, Balon merah di area depan kelompok merah, dst
  • Siapkan 20 balon gas sbb: ( Berdasarkan pengalaman kami , jumlah balon jangan dikurangi, karena jika kurang gasnya, maka dikawatirkan balon tidak bisa terbang, karena rumbai-rumbai yang diikatkan nantinya lumayan berat.)
    • 5 balon warna MERAH, rangkai jadi satu ikatan
    • 5 balon warna KUNING, rangkai jadi satu ikatan
    • 5 balon warna BIRU, rangkai jadi satu ikatan
    • 5 balon warna HIJAU, rangkai jadi satu ikatan

 

  1. Papan Game
    • Papan Game dipersiapkan di depan kelas, alasi dengan kain, print semua perlengkapan papan game , dan siapkan spraymount untuk disemprotkan pada kain, atau bisa juga menggunakan jarum pentul untuk menempelkan kertas pada kain, dan muda dibuka. Semua perlengkapan papan game ada pada power point siap print.

 

  1. Panji-panji/ bendera
    • Siapkan panji-panji/ bendera, terbuat dari sedotan dan origami, lem berbentuk segitiga, sbb:
      • 3 panji warna MERAH ikatkan pada rangkaian balon MERAH
      • 3 panji warna KUNING, ikatkan pada rangkaian balon KUNING
      • 3 panji warna BIRU, ikatkan pada rangkaian balon BIRU
      • 3 panji warna HIJAU, ikatkan pada rangkaian balon HIJAU

 

  1. Kertas Krep
  • Siapkan kertas krep panjang. Mengingat kertas krep bila basah terkena keringat bisa mengotori / menodai baju, maka krep bisa juga ditaruh di tengah lingkaran/ sebagai kekayaan property kelompok.
    • 10 krep warna MERAH ditaruh di tengah lingkaran/ sebagai kekayaan property kelompok.
    • 10 krep warna KUNING, ditaruh di tengah lingkaran/ sebagai kekayaan property kelompok.
    • 10 Krep warna BIRU, ditaruh di tengah lingkaran/ sebagai kekayaan property kelompok.
    • 10 Krep warna HIJAU, ditaruh di tengah lingkaran/ sebagai kekayaan property kelompok.

 

  1. BEL ALAT DAPUR
  • Disediakan bel alat dapur untuk 4 kelompok yang tidak mudah pecah, misalnya panci aluminium, dengan pemukul sendok. Wajan dengan pemukul sutil kayu, dll. Semua harus berupa alat musik pukul, tidak diijinkan yang tiup atau yang petik.
  • Dilarang memakai bel alat musik tiup, untuk menghindari apabila pada saat ditiup macet untuk berbunyi.
  1. HADIAH
  • Hadiah berupa makanan/ snack anak, akan dirangkai panitia dalam bentuk ikat pinggang, kalung, dll

 

ATURAN MAIN

Dirancang oleh Bpk Wellington, guru Sekolah Minggu, GBI Diaspora Sejahtera Kota Wisata Batu, dan Kak Grace Sumilat

 

BIAYA SANKSI; adalah krep yang harus dibayarkan ke panitia, karena kelompok tersebut melanggar aturan

RAMPASAN; adalah krep yang dirampas dari kelompok lain yang benar dalam memberikan jawaban.

UPETI; adalah krep yang disetorkan pada kelompok lain karena kelompok tersebut tidak menawar.

  1. SETIAP kelompok akan mendapat giliran untuk mendapat kehormatan menawar pertama kali, jumlah huruf kunci jawaban yang akan dibuka. Semakin sedikit tawaran, contoh 1 huruf, semakin besar kesempatan untuk menjawab.
  2. Setiap kelompok yang mendapat giliran menawar, WAJIB menawar. Jika tidak akan terkena BIAYA SANKSI 1 krep.
  3. Tiap kelompok boleh mengajukan 1 orang wakil – yang dianggap paling menguasai cerita –cerita Alkitab di PL dan PB. Wakil ini disebut PEMIMPIN LELANG
  4. Pembicara akan mengajukan satu soal, yang jawabannya adalah NAMA TOKOH ALKITAB.
  5. Ketika soal diajukan, soal tidak boleh dipotong dengan jawaban apa pun juga , karena bila itu dilakukan, maka krep pada kelompok tersebut akan diambil 3 sebagai BIAYA SANKSI
  6. Pada game ini berlaku GILIRAN dari kelompok 1, 2 dan kelompok 3, Kelompok yang mendapat giliran mendapat kehormatan boleh menawar pertama kali. Sedangkan kelompok yang tidak mendapat giliran, boleh berebut kesempatan menawar berikutnya dengan kelompok lainnya dengan cara membunyikan bel alat dapur, setelah diberi kesempatan oleh Pembicara untuk membunyikan bel alat dapur.
  7. Kelompok SECARA BERGILIR/ ADIL akan diberi kesempatan penawar pertama kali, BOLEH MENAWAR dengan jumlah huruf kunci jawaban tersedikit, akan MENANG LELANG, dan berhak menjawab. Namun bila ada kelompok lain yang berani menawar jawaban dengan jumlah huruf lebih sedikit, maka kesempatan menjawab akan diberikan pada kelompok lain.  Penawaran pada kelompok lain berdasarkan REBUTAN/ jadi tidak berlaku pada giliran kelompok berikutnya
  8. Wakil dari kelompok ini / PEMIMPIN LELANG ini, BOLEH MENJAWAB dengan cara ; boleh MENAWAR, dengan 1 huruf, 2 huruf, dst, dari jumlah huruf di kurangi satu dari kunci jawaban yang ada. CONTOH , kunci jawaban adalah A-B-I-G-A-I-L ( = 7 HURUF) maka PENAWARAN PALING BANYAK boleh 7-1 = 6 huruf saja.
  9. Semua kelompok yang mendapat kesempatan menjawab dan jawabannya BENAR, berhak mendapat UPETI 1 buah krep dari kelompok yang tidak menawar, dan berhak merampas RAMPASAN sejumlah huruf yang ditawar oleh kelompok lain tersebut.
  10. Semua kelompok yang mendapat kesempatan menjawab dan jawabannya SALAH, maka kesempatan menjawab akan diberikan pada kelompok lain yang berhak menjawab sebagai penjawab selanjutnya, sesuai dengan jumlah huruf yang ditawar.

 

Rundown sbb:

  1. Pembicara akan membacakan Soal
  2. Salah satu kelompok mendapat giliran menawar pertama kali, contoh Kelompok Merah menawar 1 huruf
  3. Setelah itu, ketiga kelompok lainnya, yang bukan mendapat giliran menawar pertama kali, yaitu kelompok Kuning, Biru dan Hijau, SETELAH MENDAPAT KOMANDO DARI PEMBICARA, boleh membunyikan bel, untuk menjadi penawar berikutnya. Ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila jawaban kelompok merah salah, maka kesempatan menjawab bisa diberikan pada kelompok lain.
  4. Namun bila kelompok lain tidak ingin membunyikan bel juga boleh.
  5. Contoh, bel berbunyi secara urut, kuning ( ting), biru ( teng) dan hijau ( tang)
  6. Kelompok mana yang membunyikan bel duluan, boleh menawar berikutnya. Contoh kelompok KUNING, menawar 2 huruf
  7. Kelompok mana yang membunyikan bel berikutnya, boleh menawar berikutnya. Contoh kelompok BIRU, menawar 3 huruf
  8. Kelompok mana yang membunyikan bel terakhir, boleh menawar berikutnya, contoh kelompok Hijau, tidak mau menawar.
  9. Setelah semua kelompok sudah selesai menawar/ tidak menawar juga boleh, maka Pembicara akan memberi kesempatan pada kelompok MERAH, untuk menjawab
    1. Sesuai tawaran, 1 huruf akan dibuka di papan game. Contoh untuk kunci jawaban A-D-A-M, maka 1 huruf akan dibuka huruf A.
    2. Jika jawaban kelompok merah BENAR, menjawab ADAM, maka kelompok Merah akan mendapat 2 rampasan dari kelompok kuning, 3 rampasan dari kelompok biru, dan 1 upeti dari kelompok hijau. ( total mendapat tambahan 6 krep)
    3. Jika jawaban kelompok merah SALAH, maka kesempatan menjawab berikutnya akan diberikan kepada kelompok KUNING ( karena kelompok kuning tadi menawar 2, yaitu di atas 1)
    4. Sesuai tawaran, 2 huruf akan dibuka di papan game. Contoh untuk kunci jawaban A-D-A-M, maka 2 huruf akan dibuka huruf A dan D
    5. Jika kelompok KUNING menjawab dengan BENAR, maka kelompok kuning akan mendapat rampasan 1 krep dari kelompok merah, rampasan 3 krep dari kelompok biru, dan 1 upeti dari kelompok hijau. ( total mendapat tambahan 5 krep)
    6. Jika kelompok KUNING menjawab dengan SALAH, maka kesempatan menjawab berikutnya akan diberikan kepada kelompok BIRU. ( karena kelompok biru tadi menawar 3, yaitu di atas 2)
    7. Sesuai tawaran, 3 huruf akan dibuka di papan game. Contoh untuk kunci jawaban A-D-A-M, maka 3 huruf akan dibuka huruf A dan D dan A
    8. Jika kelompok BIRU menjawab dengan BENAR, maka kelompok biru akan mendapat 1 rampasan dari kelompok MERAH, 2 rampasan dari kelompok kuning, dan 1 upeti dari kelompok HIJAU. ( total mendapat tambahan 4 krep)
    9. Jika kelompok BIRU menjawab dengan juga SALAH, maka berarti SEMUA KELOMPOK YANG SALAH, maka semua kelompok termasuk kelompok HIJAU harus memberikan UPETI kepada panitia. Masing masing 1 krep.
    10. Sedangkan kelompok HIJAU tidak diberi kesempatan menjawab karena mereka tadi tidak membunyikan bel.

CONTOH LAIN

  1. Kelompok BIRU kini mendapat giliran untuk menjadi PENAWAR PERTAMA, menawar dengan 1 huruf saja.
  2. Maka kelompok lainnya tidak ada yang berani menawar, karena mungkin takut krepnya akan terampas.
  3. Jika kelompok BIRU jawabannya benar, maka tiap kelompok lain, akan memberikan UPETI masing-masing 1 krep kepada kelompok BIRU tersebut. Yaitu kelompok merah setor 1 upeti, kelompok kuning setor 1 upeti, kelompok hijau setor 1 upeti.

 

JUAL BELI PANJI/ BENDERA DENGAN KREP:

  • Jika jumlah krep habis, maka yang menjadi rampasan adalah BENDERA/ PANJI-PANJI kelompok yang ada.
  • PANJI dapat diperjual belikan dengan cara BARTER.
  • 1 Panji boleh dibarter dengan KREP dengan warna yang sama pada panitia , dengan harta, 1 panji = 3 krep.
  • Di akhir acara, bagi kelompok yang ingin lebih memperamai RANGKAIAN BALONNYA dengan panji-panji, maka KREP BOLEH DIPAKAI UNTUK MEMBELI PANJI dengan WARNA YANG SAMA dengan harga 3 krep boleh ditukar dengan 1 panji. Contoh Kelompok merah punya 6 krep biru, dia dapat menukar dengan 2 bendera biru. Dst.
  • Di akhir game, kelompok dengan rampasan krep dan panji terbanyak, adalah menjadi pemenang. Berhak melepaskan/ menerbangkan BALON, krep , DAN PANJI PANJI rampasan. ( yang telah diikatkan menjadi satu)
  • Untuk kelompok termiskin krep dan panji, hanya akan melepaskan balon tanpa atribute apa –apa/ tampak sepi.

 

Tata Tertib:

  • Dilarang dibantu oleh MENTOR
  • HP dan semua alat elektronik semuanya dikumpulkan
  • Tidak boleh membuka Alkitab ataupun Alkitab elektronik
  • Semua PEMIMPIN lelang dari masing-masing kelompok harus maju meninggalkan kelompoknya untuk menghadap pemimpin lelang.
  • Pemimpin Lelang dalam memberi Jawaban / tawaran boleh dirundingkan dengan anggota kelompoknya, untuk itu Pembicara memberi waktu sebentar untuk mereka boleh berunding.
  • Jawaban yang sah hanya yang dijawab oleh PEMIMPIN LELANG saja
  • Jawaban pertama dari PEMIMPIN LELANG tidak boleh diganggu gugat/ tidak dapat diganti lagi. Sekali menjawab, jawaban itu yang ditangkap sebagai jawaban.
  • Jika sudah diberi kesempatan menjawab, tetapi macet/ berdiam, maka pembicara akan menyebut 10 detik hitung mundur untuk memberi kesempatan menjawabnya. Jika dalam 10 detik tetap tidak menjawab, maka kelompok tersebut harus membayar BIAYA SANKSI 1 krep pada panitia
  • Jika semua kelompok ternyata tidak bisa menjawab/jawabannya salah, maka semua kelompok wajib setor UPETI masing-masing 1 krep kepada panitia.
  • Jika ada kelompok yang tidak mau menawar, pada saat kelompok tersebut mendapat giliran, maka kelompok tersebut harus memberikan biaya sanksi 1 krep kepada panitia dan tawaran dikembalikan pada kelompok lain secara rebutan dengan cara membunyikan bel alat dapur.
  • Kelompok yang tidak mendapat giliran, diperbolehkan tidak membunyikan bel bila tidak ingin menawar/ tidak ingin menjawab.
  • JAWABAN harus dalam ejaan bahasa Indonesia, sesuai dengan penulisan nama tokoh dalam Alkitab Bahasa Indonesia/ LAI, tanpa kata DAN, TETAPI, MAKA, WALAUPUN, DLL
  • Untuk lebih mempersulit, KUNCI JAWABAN TIDAK DIBERIKAN SECARA URUTAN HURUF DALAM KATA, contoh:
    • N-E-H-E-M-I-A , untuk 5 huruf, akan dikeluarkan : M-I-E-N-H
  • JUMLAH HURUF YANG DITAWARKAN akan diberikan oleh Petugas Papan Game, akan dicantumkan pada Papan Game seperti pada TTS/ Teka Teki Silang

 

 

Pertanyaan dan jawaban bersifat rahasia, hanya diketahui oleh pembicara.

Di materi ini hanya akan diberi SOAL CONTOH

 

SOAL CONTOH:

Siapakah nama manusia pertama yang diciptakan oleh TUHAN?

Tawaran maksimal 3 huruf

Kunci jawaban; Adam

Giliran dari kelompok 1 untuk melakukan penawaran lelang.

 

 

RUNDOWN ACARA:

  1. Mempersiapkan
    1. Balon sesuai area duduk dan warna kelompok
    2. Krep pada tiap kelompok
    3. Krep pada panitia / untuk keperluan jual beli
    4. Papan Score dan semua kunci jawaban, angka tawar, dll. Kain papan, jarum pentul, dll
    5. Hadiah untuk kelompok pemenang
    6. Kalung untuk penanda juru lelang
    7. Bel alat dapur
  2. Mengatur duduk anak-anak sesuai pengelompokan
  3. Doa Pembukaan
  4. Penjelasan Aturan Main
  5. Percobaan bel alat dapur masing masing kelompok
  6. Tiap kelompok diberi kesempatan waktu 5 menit untuk mencipta yel yel singkat, dengan durasi 10 detik. Contoh: Merah… hebat bat bat bat baaaaaaaaaaaaaaaaat
  7. Simulasi singkat dengan 4 guru sebagai pemain, dengan kunci jawaban ADAM. Soal: Siapakah nama manusia pertama? Boleh ditawar dengan tawaran tertinggi 3 huruf ( 4 dikurangi 1)
  8. Game berlangsung
  9. Kesimpulan oleh pembicara
  10. Doa penutup
  11. Penyematan krep pada balon
  12. Penyematan bendera pada balon
  13. Penerbangan balon ke angkasa dengan keluar dari ruangan.

 

 

 

Kesimpulan oleh Pembicara:

Adalah tokoh-tokoh yang benar benar menghormati dan mentaati orang tuanya. Kita bisa lihat sendiri kan seperti apa hidup mereka itu?

Sedangkan ……………. adalah orang-orang yang tidak menghormati orang tua mereka dan tidak taat. Kita juga bisa lihat seperti apa hidup mereka itu.

Oleh karena itulah, ada UPAH yang menanti di balik ketaatan dan penghormatan kita kepada orang tua kita.

Ef 6:1 Hai anak-anak, taatilah 1  orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. g 

Namun ketaatan di sini bukanlah ketaatan mutlak, karena bila orang tua kita mengajak kita berbuat dosa, kita tidak perlu taat pada mereka dalam hal dosa itu.

Contoh, diajak orang tua meledakkan bom untuk mencelakakan orang, kita tidak perlu ikut.

Contoh, diajak orang tua untuk berbohong, kita tidak perlu ikut.

Karena ketaatan kita kepada orang tua adalah DI DALAM TUHAN.

Ketika orang tua kita mengajarkan atau mengajak kita melakukan sesuatu yang DI DALAM TUHAN, maka kita wajib untuk taat, dan ketaatan yang seperti ini ADA UPAHNYA

Yaitu:

LANJUT UMUR

Dan MENDAPAT TANAH daripada TUHAN.

BAIK KEADAANMU

 


Kel
 20:12
Hormatilah ayahmu dan ibumu 1 , v  supaya lanjut w  umurmu di tanah x  yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

 

 

Tinggalkan komentar