SESI 2 ONE HEART


BINTANG UNTK ISTANA

BINTANG UNTK ISTANA

TANDA UNTUK ORG KUSTA

TANDA UNTUK ORG KUSTA

UANG-UANGAN

UANG-UANGAN

TANDA UNTK ORG KUSTA

TANDA UNTK ORG KUSTA

TANDA UNTK ORG KUSTA 2

TANDA UNTK ORG KUSTA 2

TANDA RUMAH ELISA

TANDA RUMAH ELISA

TAMPAK DEKAT

TAMPAK DEKAT

TAMPAK ATAS

TAMPAK ATAS

SUNGAI

SUNGAI

RUMAH PENDUDUK

RUMAH PENDUDUK

POTONG IKUT LEKUK GAMB

POTONG IKUT LEKUK GAMB

PENANDA RUMAH ELISA

PENANDA RUMAH ELISA

PENANDA KEMAH ARAM

PENANDA KEMAH ARAM

PASAR

PASAR

PANDUAN NOMOR LIDI TANCAP

PANDUAN NOMOR LIDI TANCAP

NOMOR LETAK BARIS LIDI

NOMOR LETAK BARIS LIDI

NOMOR BALIK LIDI TANCAP

NOMOR BALIK LIDI TANCAP

MAKET SIAP PAKAI

MAKET SIAP PAKAI

TAMPAK LEBIH DEKAT

TAMPAK LEBIH DEKAT

LIDI TANCAP TEPI BOARD

LIDI TANCAP TEPI BOARD

GAMBAR LIDI TANCAP

GAMBAR LIDI TANCAP

GAMBAR LIDI TANCAP

GAMBAR LIDI TANCAP

AMANKAN DALAM PLASTIK

AMANKAN DALAM PLASTIK

FOTO DARI SISI LAIN

FOTO DARI SISI LAIN

FLANEL MOTIF

FLANEL MOTIF

DENAH AWAL

DENAH AWAL

BOARD SIAP MAIN

BOARD SIAP MAIN

BOARD TAMPAK ATAS

BOARD TAMPAK ATAS

PAKAI WARNA PUTIH DARI BELAKANG FLANEL UNTUK MOTIV SUNGAI

PAKAI WARNA PUTIH DARI BELAKANG FLANEL UNTUK MOTIV SUNGAI

AKU JUGA MAU

AKU JUGA MAU

AKU YANG DISINI

AKU YANG DISINI

SERUNYA MINTA AMPUN DEH

SERUNYA MINTA AMPUN DEH

TAHUN II, MINGGU KE 24

ONE HEART

SIKAP HATI : BERSATU HATI UNTUK BERKARAKTER MULIA

ONE HEART TO BE KINDNESS

BACAAN GURU :

II RAJA-RAJA 6: 24 –    7: 1 -20

AYAT MAS:

Filipi 2:2

KOMIC ALKITAB:

Sebagai pra cerita : anak-anak mendapat komic Alkitab yang ceritanya mengenai 4 orang kusta ini. Komic Alkitab ini harus mereka baca dan warnai di waktu-waktu sebelum materi ini disampaikan ( di jam istirahat siang, jika anda menggunakan materi ini untuk SIL, atau di bagi di sekolah minggu seminggu sebelum cerita ini disampaikan, dan dijadikan tugas rumah untuk diwarnai, dan hasilnya dikumpulkan minggu depan dan dilombakan)

Komic Alkitab ini dibuat oleh rekan guru sekolah minggu di tempat kami; KAK INTAN ( bagi yang ingin meminta jasa untuk membuat komic Alkitab sesuai dengan judul yang anda minta bisa menghubungi dia di a-mail……………………..dengan jasa Rp 100.000,00 untuk tiap judul ( makasimal 6 halaman ukuran 0,5 folio atau 3 lembar folio bolak balik)

MEWARNAI 4 ORANG KUSTA

Gambar ini juga bisa menjadi aktifitas pendamping bagi kelas kecil ( jika anda menggunakan materi ini sebagai aktifitas SIL/ Sekolah Injil Liburan), anak-anak dapat mewarna sebelum session ini tiba. Sehingga rasa penasaran mereka dibangkitkan mengenai cerita apakah ini (mengingat cerita ini jarang diceritakan)

MAKET KOTA SAMARIA

Beberapa property dari Maket ini berikut penjelasannya , adalah:

  • DENAH AWAL   yang dibuat di komputer sebelum anda memindahkannya di atas Board. Tanpa denah awal ini , tentu anda akan mengalami kesulitan dalam menentukan letak, ukuran dan design kain flanel. Denah ini sudah dicopy per anak (atau bisa juga denah hanya dipegang oleh guru pemandu permainan lidi tancap)
  • GABUS/ STEREOFOAM  (bisa anda pakai yang bekas keranda bunga). Kalau bisa memilih yang ketebalannya cukup, sehingga tidak mudah patah saat dibawa. Perhatikan ukurannya agar bisa muat dibawa dengan mobil ( bila anda akan membawa maket ini menggunakan mobil). Ukuran stereofoam ini dapat anda sesuaikan dengan jumlah murid yang ada. Sebgai gambaran untuk bercerita pada 40 anak ( kelas gabung) saya menggunakan ukuran 100 X 150 cm. Ukuran ini cukup masuk ke mobil Panther.
  • KAIN ALAS  (pilih yang tipis), jangan menggunakan kertas agar saat ditancapkan tidak robek. Kain yang anda pakai tentu saja siap dikorbankan untuk berlubang-lubang setelah aktivitas ini. Kain alas ini tidak memenuhi semua area board/ steorofoam, karna ada bagian yang dikosongkan untuk menancapkan barisan lidi tancap sebelum cerita.
  • KAIN FLANEL sesuai tempat-tempat yang anda butuhkan, misalnya warna kuning untuk istana raja, potong bentuk bintang, warna coklat untuk perumahan penduduk , potong bentuk persegi, dll) Saya juga menyarankan anda membeli kain flanel yang sudah mengandung gambar/ motif untuk memudahkan anda memainkan motif, warna, dan imajinasi anak. Kalau anda perhatikan di sini, saya pun memakai motif jejak kaki anjing untuk memberi tanda letak-letak perkemahan musuh.
  • JARUM PETUL warna untuk mengkaitkan antara kain dengan stereofoam
  • PLASTIK PELINDUNG saat anda membawa ke tempat jauh, sehingga tidak mudah rusak karna tergeser-geser benda lain.
  • GAMBAR LIDI TANCAP , Gambar dapat anda unduh dari power point yang saya buat, kemudian di print , dan saya sarankan untuk anda memperkirakan ukuran gambar yang akan anda print, misalnya ketinggian tembok kota jelas lebih tinggi daripada ketinggian orang ( Raja, Elisa, dll). Untuk itu anda perlu menentukan gambar tersebut akan di print ukuran kertas penuh, atau satu kertas dapat dua gambar, atau tiga bahkan empat. (hal ini bisa diatur saat ada print dari Power Point). Gambar ini kemudian digunting dan saran saya untuk menghemat dana bisa dilaminating sendiri (dengan cara anda membeli plastik laminating, lalu alasi dengan kain dan tutup lagi dengan kain sebelum akhrinya disetrika dengan tingkat kepanasan yang cukup). Tetapi jika anda memilih untuk melaminating di tempat laminating ya itu terserah pada anda. Setelah dilaminating, kini gambar lidi tancap tersebut siap diesolasi rangkap dua pada lidi tancap. Setelah itu ukur untuk membuang sisa lidi tancap jika dianggap terlalu panjang /terlalu tinggi. Anda harus dapat mempunyai gambaran seberapa tinggi tembok, seberapa tinggi kemah, seberapa tinggi orang, dll. Tentu saja orang tidak mungkin lebih tinggi dari tembok atau kemah. Jumlah pengulangan gambar, tidak saya tentukan, misalnya berapa anda harus print gambar tembok kota, dll, karna jumlah ini akan dipengaruhi dari seberapa besar maket yang anda buat. KETERANGAN GAMBAR LIDI TANCAP ( pada power point saya) : gambar pada slide nomor 37 adalah gambar Pengawal Raja, tetapi gambar pada slide nomor 38 adalah gambar khusus Ajudan Raja yang akhirnya mati terinjak-injak)
  • LIDI TANCAP Lidi tancap dapat anda buat dari tusuk sate. Bagian yang runcing diletakkan di bawah, sedangkan bagian yang tumpul diletakkan di atas. Ukur lidi tancap ini seukuran ketebalan steorofom, seberapa dalam anda ingin menancapkkannya, ditambah ketinggian gambar yang anda ingin tempelkan di lidi tancap tersebut. Selebihnya potong dan buang.
  • LABEL HARGA  UNTUK  STIKER PENOMORAN GAMBAR LIDI TANCAP. Anda membutuhkan label harga, untuk menuliskan angka dibalik dari setiap gambar lidi tancap. Tehnik metode Angka ini akan memudahkan anda mencari gambar apa yang nanti akan anda ambil untuk diberikan pada anak-anak untuk ditancapkan pada board sesuai alur cerita. Misalnya tembok kota Samaria, anda beri nomor 1-20 ( jika anda memakai 20 gambar lidi tancap), Raja diberi nomor 21, Elisa diberi nomor 22, dst. Untuk memudahkan, anda perlu waktu ekstra sebelum acara mulai, untuk menancapkan sesuai dengan urutan angka pada tepi board.
  • PANDUAN NOMOR LIDI TANCAP. Anda membutuhkan panduan untuk diprint dan ditempel di area kelas, sehingga anda dapat membaca nomor berapa saja yang saat ini akan diambil untuk ditancapkan. Misalnya sampailah pada cerita mengenai 4 orang kusta di pintu gerbang ; “nah adik-adik sekarang kalian boleh ambil nomor 60-64 untuk ditancapkan di area depan pintu gerbang”. Panduan ini akan memudahkan anda yang bercerita, guru pendamping yang menolong maupun anak-anak yang mengambil sesuai dengan nomor yang dibutuhkan.
  • UANG-UANGAN. Uang-uangan ini akan berguna jika anda menggambarkan seberapa mahalnya kenaikan harga-harga di pasaran. Pakai uang-uangan monopoly atau anda bisa membelinya di toko mainan anak.
  • ALTERNATIF LAIN SELAIN LIDI TANCAP Lidi tancap berujung tajam dan agak membahayakan bagi anak kelas kecil (tetapi bagi anak kelas tengah dan kelas besar tidak menjadi masalah, karna mereka sudah dapat diberi pengertian bahwa tutuk sate itu cukup tajam, mereka perlu berhati-hati). Oleh karna itu, ada alternatif lain, yaitu dengan menggunakan Plastisin (buatan sendiri). Plastisin ini nantinya akan kita pakai untuk menegakkan steak (yang saya sarankan terbuat dari sumpit bambu – yang dapat anda beli di Supermaket) ke atas board maket ini.

PLASTISIN (HOMEMADE)

sumber : Karya INDIRA
judul : Kreasi Plastisin
penerbit : Erlangga for Kids

============================================
Bahan-bahan :
70gr Tepung Terigu (jenis apa saja)
70gr Tepung Tapioka/Kanji
70gr Tepung Beras
180gr Lem Putih
(aku pake merk Lem Rajawali)
Beberapa Pewarna Kue (sengaja pakai pewarna kue, agar  tak terlalu pekat menempel pada tangan/baju, mudah dibersihkan)

DENAH AWAL

Denah awal berikut ini telah dibuat oleh rekan guru sekolah minggu kami KAK DIDIT . Dalam denah ini terdapat titik-titik tempat sesuai naskah Alkitab yang terdiri dari

  1. Tembok kota Samaria
  2. Perkemahan Tentara musuh yang mengepung Samaria
  3. Penduduk Samaria
  4. Pasar di Samaria
  5. Dua orang perempuan mengadukan halnya pada raja
  6. Rumah Elisa
  7. Jalan menuju rumah Elisa
  8. Tempat Elisa Berdiri dan berkata pada Raja
  9. Tempat berdiri perwira ajudan raja
  10. Tempat berdiri raja
  11. Pintu gerbang kota Samaria
  12. Tempat duduk 4 orang kusta
  13. Jalan masuk ke kota
  14. Jalan menyeberang ke perkemahan orang Aram
  15. Jalan orang Aram melarikan diri sampai ke Sungai Yordan
  16. Perkemahan orang Aram
  17. Tempat persembunyian emas dan perak dan pakaian (khusus di bagian ini nanti, pada maket diberi lubang, sehingga gambar emas serta perak (yang dibuat khusus tanpa lidi/steak) dapat diselipkan di dalam lubang kain))
  18. Kemah lain (kemah 2)
  19. Tempar berjaga penunggu pintu gerbang kota
  20. Jalan dari pintu gerbang kota menuju istana raja atau sebaliknya
  21. Istana raja
  22. Tempat tidur raja
  23. Tempat berdiri para pegawai raja
  24. Tempat dua kereta kuda
  25. Jalan dari tiap rumah penduduk menuju pintu gerbang kota
  26. Tempat berdiri ajudan raja di pintu gerbang kota

PERSIAPAN BOARD

Persiapan board sebaiknya dilakukan guru sekolah minggu sebelum anak-anak datang. Board setengah jadi ini nantinya akan sempurna setelah anak-anak menancapkan lidi tancap yang dilengkapi dengan gambar lidi tancap pada board ini.

Cara di atas akan menyingkat waktu. Sehingga ketika anak-anak datang, board sudah setengah jadi. Tetapi jika anda menggunakan materi ini untuk moment special, seperti Sekolah injil liburan, maka pengerjaan board ini dapat anda jadikan aktifitas anak-anak sebelum session tersebut tiba. Dan jika anda membuat beberapa board, maka dapat menjadi materi lomba.

INTI PEMBELAJARAN:

Ceritakan cerita mengenai 4 orang kusta ini berdasarkan cerita yang ada di Alkitab. Power-point sudah siap dipakai.

  • Per anak mendapat satu lidi tancap atau lebih(tergantung jumlah murid yang ada dan jumlah lidi tancap yang anda buat), sebelum mereka nanti menancapkan lidi tancap pada Maket, mereka akan mendapat penjelasan dari guru tentang apa yang harus mereka lakukan nanti
  • Pada saat guru bercerita, maket akan diberi lidi tancap bersama-sama sesuai alur cerita.
  • Ambil lidi tancap sesuai dengan alur cerita dan nomor ( lihat panduan nomor lidi tancap yang dipajang di kelas)

Kesimpulan Akhir Cerita

4 orang kusta ini memiliki satu hati yang sama , yaitu belajar untuk tidak putus asa, tidak menyerah dengan keadaan, dan tidak boleh serakah, walau pada awalnya mereka terjebak dalam egoisme, tetapi pada akhirnya mereka mau mementingkan kepentingan orang banyak , kepentingan orang lain, dan untuk itu mereka harus menempuh perjalanan yang panjang dan melelahkan dan menghadapi bahkan penghinaan dari orang-orang yang memandang mereka dengan sebelah mata.

Kesatuan Hati sangat dirindukan oleh Tuhan Yesus, sampai-sampai Ia berdoa untuk murid-murid-Nya agar  mereka bersatu.

Teladan dari 4 orang kusta ini sungguh baik.

POWER POINT MATERI ONE HEART DAPAT ANDA KLIK DI TAUTAN BERIKUT INI:

ONE HEART PPT

CONTOH PANDUAN NOMOR GAMBAR LIDI TANCAP

( MOHON ANDA SESUAIKAN JUMLAHNYA DENGAN BESAR KECILNYA BOARD YANG ANDA PAKAI, JADI JUMLAH GAMBAR DI CONTOH INI HANYA SEBAGAI SALAH SATU CONTOH SAJA, JADI BUKAN MERUPAKAN ACUAN)

DENAH AWAL KOTA SAMARIA

(DENAH INI MENOLONG SAUDARA UNTUK MENGEJAWANTAHKANNYA PADA BOARD MENGGUNAKAN MEDIA KAIN FLANEL DLL, TANPA DENAH AWAL INI ANDA AKAN MENEMUI KESULITAN UNTUK MEMBUAT MAKET KOTA TERSEBUT)

GAMBAR LIDI TANCAP (SIAP DIPRINT, TETAPI MOHON SESUAIKAN DENGAN JUMLAH TIAP GAMBAR YANG ANDA BUTUHKAN)

KOMIC ONE HEART KARYA KAK OCTA CHRIST 

( BISA ANDA JADIKAN AKTIFTIAS MEWARNAI ATAU BACAAN SEMINGGU SEBELUM MATERI DIBAGIKAN)

MEWARNAI 4 ORG KUSTA

BISA UNTUK AKRIVITAS KELAS KECIL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s